P. 1
BAB I

BAB I

|Views: 75|Likes:
Published by agusazka6103
penelitian tindakan kelas
penelitian tindakan kelas

More info:

Published by: agusazka6103 on Apr 17, 2010
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOC, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

06/09/2010

pdf

text

original

BAB I PENDAHULUAN A.

LATAR BELAKANG Upaya meningkatkan mutu pendidikan di Indonesia telah lama dilakukan,berbagai inovasi dan program pendidikan telah dilaksanakan.Antara lain penyempurnaan kurikulum,pengadaan buku ajar,buku referensi bahkan pengadaan multimedia disekolah.peningkatan mutu guru dan tenaga kependidikan melalui berbagai pelatihan,penataran,peningkatan kualifikasi pendidikan juga telah dilaksanakan.Dari berbagai indicator menunjukkan bahwa upaya tersebut belum menunjukan bahwa mutu pendidikan meningkat secara signifikan. Ilmu kimia merupakan ilmu yang diperoleh dan dikembangkan berdasarkan eksperimen yang mencari jawaban atas pertanyaan apa,mengapa,bagaimana gejala alam; khususnya yang berkaitan dengan komposisi,struktur dan sifat,transformasi dinamika dan energenetika zat yang melibatkan ketrampilan dan penalaran.Ilmu kimia merupakan produk temua sains dan proses.Oleh sebab itulah dalam penilaian dan pembelajaran kimia harus memperhatikan karakteristik ilmu kimia sebagai produk dan proses. Dirasakan oleh para pendidik,banyak siswa yang kurang berminat pada pelajaran kimia.Ilmu kimia merupakan salah satu mata pelajaran yang sering dianggap sebagai pelajaran yang “ sulit “.Apabila anggapan tersebut terus melekat,maka akan berakibat pada penurunan hasil belajar.Padahal pada tahun ajaran 2007 / 2008 ini mata pelajaran kimia merupakan salah satu mata pelajaran yang diujikan secara nasional.Oleh karena itulah perlu adanya inovasi pembelajaran menggunakan metode dan pendekatan yang bervariasi agar lebih menarik dan mudah dimengerti. Selama ini para siswa umumnya menerima pelajaran kimia dengan metode ceramah dan diskusi tanpa dikenalkan dengan model pembelajaran yang menggambarkan proses yang mendekati kenyataan yang sebenarnya.Bertolak dari sulitnya mengajarkan kimia khususnya pada topik-topik yang abstrak mendorong penulis untuk mencari alternatif cara mengajar kimia sehingga mampu menumbuhkan minat siswa intuk belajar kimia. Dengan timbulnya rasa senang belajar,diharapkan penguasaan siswa terhadap mata pelajaran kimia menjadi lebih baik.Pada akhirnya akan meningkatkan prestasi belajar siswa pada mata pelajaran kimia.

Pada topik-topik abstrak yang sulit dijelaskan dengan cara diskusi informasi dikelas dapat dijelaskan secara visualisasi melalui komputer. Misalnya pada topik ikatan kimia. Pada topik ini akan digambarkan bagaimana terjadinya ikatan ion dan kovalen khususnya pada proses pelepasan dan penangkapan electron valensi. Penulis menggunakan program komputer berupa; Bahasa pemrograman Basic,PowerPoint,Word dan untuk perhitungan menggunakan program Excel. Program ini telah penulis gunakan disekolah tempat penulis bertugas. Hasil belajar menunjukkan peningkatan yang cukup signifikan.

B. IDENTIFIKASI MASALAH Masalah yang akan dibahas pada karya tulis ini adalah “Bagaimana Penggunaan Komputer sebagai alat Bantu dalam pemahaman ikatan ion dan ikatan kovalen ?” C. TUJUAN 1. Menarik minat siswa dalam pembelajaran kimia 2. Membantu guru dan siswa dalam memahami konsep kimia yang abstrak 3. Menambah wawasan guru dan siswa dalam pemanfaatan Teknologi Informasi (komputer)

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->