Resky Amalia Herman

dan radiasi. listrik. Luka bakar merupakan suatu jenis trauma dengan morbiditas dan mortalitas tinggi yang memerlukan penatalaksanaan khusus sejak awal (fase syok) sampai fase lanjut. air panas. bahan kimia.  Luka bakar adalah suatu bentuk kerusakan atau kehilangan jaringan yang disebabkan kontak dengan sumber panas seperti api. .

 Paparan api  Benda  panas (kontak)    Scalds (air panas) Uap panas Gas panas   Aliran listrik Zat kimia Radiasi Sunburn .

 Derajat I  Kerusakan terbatas pada bagian epidermis  Kulit kering. eritema  Nyeri  Tidak ada bula .

 Derajat II  Meliputi epidermis dan sebagian dermis  Terdapat proses eksudasi  Ada bula  Dasar luka berwarna merah/pucat  Nyeri .

 Derajat III  Kerusakan meliputi seluruh dermis dan lapisan yg lebih dalam  Tidak ada bula  Kulit berwarna abuabu dan pucat  Kering  Terdapat eskar  Tidak nyeri .

 Beberapa metode untuk menentukan luas luka bakar: Estimasi menggunakan luas permukaan palmar pasien. . Luas telapak tangan = 1% luas permukaan tubuh.

paha kanan. ekstremitas atas kanan. – Daerah genitalia = 1%. pinggang dan bokong. ekstremitas atas kiri. serta tungkai dan kaki kiri masing-masing 9%. dada. – .• Rumus 9 atau rule of nine untuk orang dewasa Luas kepala dan leher. paha kiri. punggung. tungkai dan kaki kanan.

 Pada anak dan bayi digunakan rumus lain karena luas relatif permukaan kepala anak jauh lebih besar dan luas relatif permukaan kaki lebih kecil.  Rumus 10 untuk bayi  Rumus 10-15-20 untuk anak. .

kaki.• Luka bakar berat (major burn) – – – – – – – Derajat II-III > 20 % pada pasien berusia di bawah 10 tahun atau di atas usia 50 tahun Derajat II-III > 25 % pada kelompok usia selain disebutkan pada butir pertama Luka bakar pada muka. tangan. telinga. dan perineum Adanya cedera pada jalan nafas (cedera inhalasi) tanpa memperhitungkan luas luka bakar Luka bakar listrik tegangan tinggi Disertai trauma lainnya Pasien-pasien dengan resiko tinggi .

dengan luka bakar derajat III kurang dari 10 % Luka bakar dengan luas 10 – 20 % pada anak usia < 10 tahun atau dewasa > 40 tahun. tangan. kaki.• Luka bakar sedang (moderate burn) – – – • Luka bakar dengan luas 15 – 25 % pada dewasa. dengan luka bakar derajat III kurang dari 10 % Luka bakar dengan derajat III < 10 % pada anak maupun dewasa yang tidak mengenai muka. tangan. dan perineum . kaki. dan perineum Luka bakar ringan – – – Luka bakar dengan luas < 15 % pada dewasa Luka bakar dengan luas < 10 % pada anak dan usia lanjut Luka bakar dengan luas < 2 % pada segala usia (tidak mengenai muka.

masuknya cairan ke bula yang terbentuk pada luka bakar derajat II. .• • • PD yg terpajan suhu tinggi rusak& permeabilitas↑  sel darah rusak  anemia Permeabilitas↑  edema  bula yang mengandung banyak elektrolit  volume cairan intravaskuler ↓ Kerusakan kulit akibat luka bakar  cairan ↓ akibat penguapan yang berlebihan. dan pengeluaran cairan dari keropeng luka bakar derajat III.

hipersekre si Disrupsi. sulit bernafas. silia mukosa nekrosis kemudian lepas (sloughing mucosa) + Terbentuk fibrin dan atau partikel karbon bereaksi dengan sekret membentuk cast (mucus plug) Obstruksi lumen (lebih sering dijumpai. terjadi pada hari ke-2 s/d 4 pasca cedera) Gejala berupa suara serak/strid or. gelisah (hipoksik) . terjadi 8 jam pasca cedera) Inflamasi mukosa.Kontak dengan agen kausal Edema mukosa orofaring & laring s/d membran alveoli Obstruksi (jarang dijumpai.

   Kontrol Airway Menghentikan proses luka bakar Pemasangan akses intravena .

.

.

.

Luka bakar derajat III dan adanya komplikasi pada paru paru dimulai dgn 4 mL/ kgBB .  Pada 24 jam pertama penderita luka bakar derajat II dan III memerlukan RL 2-4 mL / kgBB tiap persen luka bakar. separuh sisanya diberikan 16 jam berikutnya. Separuh cairan diberikan 8 jam pertama.

THANKS !!! .

Pasien sekarang tidak sadarkan diri tapi sebelumnya pasien sempat berlari keluar rumah untuk menyelamatkan diri. .Seorang wanita 25 tahun (BB 40 kg) mengalami kecelakaan saat memasak didapur. berdasar merah. terdapat benjolan yang berisi air. dan seluruh tangan kanan. Tampak luka bakar pada seluruh wajah. Luka bakar tersebut nyeri.