PENERAPAN HUKUM ARCHIMEDES

PADA KAPAL SELAM
Diajukan untuk memenuhi tugas mata kuliah Fisika Dasar I yang
dibimbing oleh Rianita Puspasari,ST.

Disusun oleh
Ripaldi Wijaya

1510631140122
Kelas D

PROGRAM STUDI TEKNIK INDUSTRI
FAKULTAS TEKNIK
UNIVERSITAS SINGAPERBANGSA KARAWANG
2015

So in this occasion. Archimedes is one of the salah satu hukum yang adapada fluida laws that exist in a static fluid. kapal selam. Hukum archimedes menyatakan Archimedes bahwa “ sebuah benda yang tercelup submerged objectpartly or fully in the sebagian atau seluruhnya kedalam zat liquid will experience an upward force cair akan mengalami gaya ke atas equal to the weight of liquid removal. Banyak penerapan sekali archimedes There are so many examples of the contoh application of archimedes in everyday dalam life. law states when that “ a yang besarnya sama dengan berat zat cair yang dipindahkannya”. as well as submarines.ABSTRAK ABSTRACT Fluida adalah zat yang dapat mengalir dan dapat memberikan Fluid is a substance that can sedikit flow and be able to provide little hambatan terhadap perubahan bentuk resistance to deformation ketika ditekan. seperti halnya is a ship that moves under water. penulis berharap dapat membantu help the academics in understanding para akademisi dalam memahami konsep the archimedes dalam kehidupan sehari- everyday life hari 3 concepts of archimedes in . statis. the author hope to Pada kesempatan ini. Kapal selam merupakan kapal yang bergerak di bawah air. Submarine kehisupan sehari-hari. Archimedes merupakan pressed.

atas berkat rahmat dan Izin-Nya lah penulis dapat menyelesaikan makalah yang berjudul Penerapan Hukum Archimedes Pada Kapal Selam. Ibu Rianita Puspasari. Rekan-rekan program studi Teknik Industri angkatan 2015 3.KATA PENGANTAR Puji syukur kehadirat tuhan Yang Maha Esa.terutama kepada yang terhormat 1.ST. Selaku dosen mata kuliah Fisika Dasar I 2. Semua pihak yang tidak bisa disebutkan satu persatu pada kesempatan ini. Makalah ini jauh dari kesempurnaan karena itu kritik dan saran nya terhadap makalah ini sangat penulis harapkan agar makalah ini bisa menjadi lebih baik dan bermanfaat bagi semua pihak Karawang. Tak lupa ucapan terimakasih penulis sampaikan kepada semua pihak yang telah membantu dalam menyelesaikan Makalah ini. Tugas ini disusun dalam rangka memenuhi tugas mata kuliah Fisika Dasar I. 11 januari 2015 4 . yang telah bersedia memberikan bantuan moral maupun materil dalam proses penyelesaian makalah ini Semoga tuhan Yang Maha Esa membalas atas segala bantuan yang telah diberikan.

......... 2 1..........................................1 Latar Belakang .........................3 Gaya angkat ke atas ...............................5 Melayang ................................4 Manfaat ........................................................................................ ..... 2 1.....................................................2 Archimedes ....................................1 Penjelasan dan penguraian tentang kapal selam ................................................................................4 Terapung`........................................ 1 1....8 2...... i KATA PENGANTAR ..........................3 2.................. iv BAB I PENDAHULUAN 1.................................. 2 BAB II LANDASAN TEORI 2......................................8 2..............................8 2.........................................................................................6 Tenggelam .....................2 Konsep Archimedes bekerja pada Kapal Selam ............9 BAB III PEMBAHASAN 3.. ii DAFTAR ISI .............................................................. iii DAFTAR GAMBAR ..........................Penyusun DAFTAR ISI ABSTRAK ..............................................................................3 Tujuan Penilitian ............................................................3 2................................1 Fluida Statis ...................................................................................................................................................................... 10 3.................... 11 5 .2 Rumusan Masalah ..................

....2 Saran ................. .................5 3......7 3................................................................................................15 DAFTAR GAMBAR 3.........................................................................................11 3......... 14 4.................... 14 DAFTAR PUSTAKA ......3 3....5 Gambar Bagian-bagian Kapal selam ............................................................................................2 Gambar Benda Melayang ........................................................................ 6 3...............................................................................12 6 .........1 Gambar Benda dalam Tiga Kondisi ..........4 Gambar Benda Tenggelam .......3 Gambar Benda Terapung ....6 Gambar Kapal Selam di Tiga Kondisi ......BAB IV PENUTUP 4.......................1 Kesimpulan ......................

7 .

melayang dan 1 . Mengapa Fisika sangat penting dalam kehidupan kita? Tentu karena banyak peristiwa dalam kehidupan kita yang melibatkan ilmu Fisika baik kita sadari maupun tan. Ilmu fisika akan berguna bagi manusia apabila sudah diwujubkan dalam bentuk hasil teknologi. Aktifitas manusia dalam kehidupan tidak lepas dari gejala atau fenomena alam. Disadari maupun tidak disadari dalam aktifitas manusia selalu berhadapan dengan fenomena alam. Kebanyakan manusia dalam melakukan aktifitasnya tidak memperhatikan gejala alam yang terjadi. yang menjadi pertanyaan kita adalah Bagaimana bisa kapal selam dapat diposisikan dalam keadaan terapung. Manusia memperhatikan hal-hal yang berkaitan dengan tujuan yang hendak dicapai. Beberapa konsep fisika dapat tergabung dalam satu bentuk peralatan sebagi hasil teknologi.1 Latar belakang Ilmu fisika dapat diterapkan dalam kehidupan untuk digunakan manusia. Terutama masih banyak orang yang beranggapan bahwa Fisika hanya mempelajari rumus. Penemuanpenemuan terbaru dalam bidang fisika akan memperbaiki teknologi yang sudah ada.BAB I PENDAHULUAN 1. Bahkan Fisika merupakan ilmu dasar yang sangat dibutuhkan oleh cabang ilmu-ilmu lain. Dan tak sedikit yang tidak menyadari bahwa banyak peristiwa bahkan hal-hal yang sangat dekat dengan kita melibatkan ilmu Fisika. Banyak orang yang beranggapan bahwa Fisika hanya sekedar ilmu biasa yang hanya mempelajari ilmu alam tanpa ada penerapannya. Salah satu dari ilmu fisika yang akan dibahas dalam makalah ini adalah“Kapal Selam”. Ilmu fisika akan mendasari perkembangan peralatan yang digunakan manusia. Semakin kita memahami Fisika kita akan mengetahui bahwa Fisika mempunyai cakupan yang luas. Dalam arti ada peralatan yang hanya menggunakan satu konsep fisika dan ada yang lebih dari satu konsep fisika.pa kita sadari.

Bagaiamana konsep archimedes bekerja pada kapal selam ? 1. Menambah wawasan dan informasi kepada penulis tentang hukum archimedes dan penerapannya dalam kehidupan sehari-hari.3 Tujuan Adapun tujuan dari penulisan makalah ini adalah : a.tenggelam di dalam air? Bagaimana cara kerja kapal selam itu sebenarnya? Halhal inilah yang akan dibahas dalam makalah kali ini.2 Rumusan masalah Adapun yang menjadi rumusan masalah dalam makalah ini adalah : a. Mengetahui cara kerja dari kapal selam b. Bagaimana penjelasan dan penguraian dari konsep archimedes ? b. 1. Menambah informasi dan wawasan tentang kapal selam dan cara kerjanya c.1 Fluida statis 2 .4 Manfaat Manfaat yang bisa diambil dari penulisan makalah ini adalah : a. Mengetahui Penerapan hukum archimedes pada kapal selam 1. BAB II LANDASAN TEORI 2. Sebagai sumber referensi bagi para akademisi mengenai konsep archimedes dan penerapannya dalam kehidupan sehari-hari b.

benda yang dicelupkan sebagian atau seluruhnya kedalam fluida akan mendapat gaya angkat ke atas oleh fluida. Konsep terapung. sedangkan gas tidak memiliki bentuk maupun volume yang tetap. benda-benda yang terapung dipermukaan air. pertama kali diteliti oleh Archimedes. yang besarnya sama dengan berat fluida yang dipindahkan. cairr.2 Archimedes Kita tentunya pernah atau bahkan sering melihat kapal yang berlayar di laut. Berat benda dalam fluida lebih kecil dibandingkan berat benda di udara.Wujud zat dibedakan menjadi tiga macam. atau batuan-batuan yang tenggelam didasar sungai. dan tenggelamnya suatu benda di dalam fluida. yaitu zat padat. Fluida adalah zat yang dapat mengalir dan dapat memberikan sedikit hambatan terhadap perubahan bentuk ketika ditekan. zat cair memiliki volume tetap tetapi bentuknya berubah sesuai wadhnya. melayang. Pernyataan ini adalah bunyi hukum Archimedes. dan gas. zat padat mempunyai bentuk dan volume tetap. Gambar 3. Fluida yang dalam keadaan diam disebut fluida statis 2. Istilah fluida mencakup zat cair dan gas karena zat cair atau zat gas seperti udara dapat mengalir. Makin besar volume zat cair yang dicelupkan kedalam zat cair. Besar gaya ke atas ini disebut 3 .1 Menurut Archimedes. Berdasarkan bentuk dan ukurannya. makin besar gaya keatas yang dialami oleh benda itu. misalnya zat cair dan gas. Zat cair dan gas tidak mempertahankan bentuk yang tetap sehingga keduanya memiliki kemampuan untuk mengalir.

Munculnya gaya apung ini diakibatkan oleh tekanan zat cair yang meningkat terhadap kedalaman. dan nilainya dapat ditulis dalam persamaan: Fa = W u . dan terapung. melayang.W a Fa = gaya keatas yang di alami benda (N) Wu = berat benda di udara (N) Wa = berat benda di air (N) Fa = Mf g = ρf Vbt g Mf = massa fluida yang dipindahkan oleh benda (kg) ρf = massa jenis fluida (kg/m3) Vbt = volume benda yang tercelup dalam fluida (m3) g = percepatan gravitasi (m/s2) apabila sebuah benda padat dicelup kedalam zat cair.2 4 .  Melayang Gambar 3.gaya apung. maka ada tiga kemungkinan yang terjadi pada benda tersebut yaitu tenggelam.

maka berat jenis benda tersebut sama dengan berat zat cair sehingga gaya ke atas yang dialami benda akan sama dengan berat benda Fa = ρf Vbt g Fa = Wb ρf Vbt g = ρbenda Vbt g ρf = ρbenda  Terapung 5 . tetapi tidak menyentuh dasar zat cair. Sebuah benda akan melayang dalam zat cair apabila gaya ke atas yang bekerja pada benda sama dengan berat benda Fa = W Jika benda dicelupkan kedalam zat cair dan ternyata seluruh bagian benda itu berada di bawah zat cair.Benda melayang terjadi apabila seluruh bagian benda tercelup kedalam zat cair.

Gambar 3. ρb = V bf Vb ρf ρb = h bf hb ρf 6 .3 Benda terapung terjadi apabila sebagian benda tercelup di dalam zat cair. Pada kasus terapung. Berat benda yang mengapung dalam zat cair sama dengan berat zat cair yang didesak oleh benda sehingga gaya ke atas yang di alami benda lebih besar daripada berat benda. Fa > Wbenda Fa = Wb ρb = ρf ρf Vbt g = ρb Vb g bagian benda yang tercelup = Vbt = Vb ρb ρf ρb ρf Benda yang dicelupkan ke dalam fluida dan memiliki massa jenis yang lebih kecil daripada massa jenis fluida akan terapung (ρb < ρf ). Jika volume yang tercelup sebesar V f . Massa jenis benda yang terapung dalam ffluida memenuhi persamaan berikut. maka gaya ke atas oleh zat cair yang di sebabkan oleh volume benda yang tercelup sama dengan berat benda Fa = W Jika sebuah benda dicelupkan ke dalam zat cair dan ternyata sebagian dari benda itu akan muncul di permukaan air dan sebagian lagi di bawah permukaan air. dapat diketahuibahwa berat jenis benda tersebut lebih kecil dari pada berat jenis zat cair. volume benda yang tercelup dalam zat cair lebih kecil dari pada volume benda seluruhnya.

ρb > ρ f Wbf = Wb .Vbt = volume benda yang tercelup dalam fluida (m 3) Vb = volume benda (m3) hbf = tinggi benda yang tercelup dalam fluida (m) hb = tinggi benda (m) ρb = massa jenis benda (kg/ m3) ρf = massa jenis fluida (kg/ m3)  Tenggelam Gambar 3.Fa Wbf = (ρb . Sebuah benda akan tenggelam kedalam suatu zat cair apabila gaya ke atas yang bekerja pada benda lebih kecil dari pada berat benda Fa < W b Jika benda dicelupkan kedalam zat cair dan ternyata seluruh bagian benda itu berada di dasar bejana.ρf ) Vb g 7 . dapat diketahui berat jenis benda lebih besar daripada berat zat cair sehingga gaya ke atas yang di alami benda lebih kecil dari pada berat benda.4 Benda tenggelam terjadi apabila seluruh bagian benda berada di bawah permukaan zat cair.

Sebuah benda akan melayang dalam zat cair apabila gaya ke atas yang bekerja pada benda sama dengan berat benda 2. maka gaya ke atas oleh zat cair yang di sebabkan oleh volume benda yang tercelup sama dengan berat benda 2. tetapi tidak menyentuh dasar zat cair.3 gaya angkat ke atas Gaya angkat ke atas atau biasa di sebut sebagai gaya apung terjadi karena tekanan zat cair yang meningkat terhadap kedalaman 2. Sebuah benda akan tenggelam kedalam suatu zat cair apabila gaya ke atas yang bekerja pada benda lebih kecil dari pada berat benda 8 .5 melayang Benda melayang terjadi apabila seluruh bagian benda tercelup kedalam zat cair.Wbf = berat benda dalam fluida (N) Wu = berat benda di udara (N) 2. Jika volume yang tercelup sebesar Vf .4 Terapung Benda terapung terjadi apabila sebagian benda tercelup di dalam zat cair.6 tenggelam Benda tenggelam terjadi apabila seluruh bagian benda berada di bawah permukaan zat cair.

1 Kapal selam Apa itu kapal selam? Kapal selam adalah kapal yang bergerak di bawah permukaan air. Jerman memiliki kapal selam yang populer dengan sebutan U-Boat yang merupakan ringkasan bagi Unterseeboot. Sebagian besar Angkatan Laut memiliki dan mengoperasikan kapal selam sekalipun jumlah dan populasinya masing-masing negara berbeda.BAB III PEMBAHASAN 3. mulai ditugaskan dalam Perang Dunia I sebagai sistem senjata yang mematikan bagi Angkatan Laut 9 . kapal selam juga digunakan untuk ilmu pengetahuan laut dan air tawar dan untuk bertugas di kedalaman yang tidak sesuai untuk penyelam manusia. Selain digunakan untuk kepentingan militer. umumnya digunakan untuk tujuan dan kepentingan militer.

kapal selam mengalami gaya apung sama dengan berat kapal selam. negara yang populer menggunakan kapal selam sebagai kekuatan utama Angkatan Laut adalah Uni Soviet/Rusia. Akibatnya. Berikut ini beberapa tipe kapal selam baik yang bertenaga diesel maupun nuklir. Dalam keadaan tersebut. yaitu menggunakan prinsip penerapan hukum archimedes terkait dengan terapung.2 Konsep archimedes bekerja pada kapal selam Kapal selam bekerja berdasarkan prinsip yang cukup sederhana. air dalam rongga dipompa keluar sehingga rongga hanya terisi udara. Amerika dan Rusia memang masih yang terbaik. Kapal selam memiliki beberapa bagian yang membuat kapal selam dapat terapung di dalam air. kemudian menghilang dengan cepat. Selain Jerman. kapal selam akan naik ke permukaan dan mengapung. Jika katup udara pada rongga dibuka kembali. Sehingga terkenal dengan sebutan U-Class. Jika kapal selam akan muncul ke permukaan dari keadaan tenggelam. Di zaman sekarang ini kapal selam masih menjadi salah satu arsenal tempur yang masih ditakuti. Urusan kapal selam memang dua negara ini. Kemampuan kapal selam yang bisa menyerang secara diam – diam sehingga sulit terdeteksi lawan. baik teknologi maupun pendanaan. volume air dalam rongga akan bertambah sehingga kapal selam akan tenggelam. kapal selam dalam keadaan melayang. Katup akan ditutup jika kapal selam telah mencapai kedalaman yang diinginkan. melayang dan tenggelam. 3. karena mereka punya segalanya. Dengan demikian.lawan terlebih-lebih pada Perang Dunia II. bagian-bagian tersebut adalah 10 . kapal selam mulai tenggelam. Akibatnya.

11 . yang terletak di dasar tangki ballast yang memungkinkan air laut masuk kedalam tangki pemberat. tangki ballast berfungsi menyimpan udara dan air.5     Tangki Ballast berfungsi untuk menyimpan udara dan air Katup udara. Sewaktu air lautmasuk melalui katup-katup yang terletak dibawah tangki pemberat. Air laut jauh lebih berat daripada udara. Jika kapal selam dikehendaki menyelam pada kedalaman tertentu. air laut tersebut mendorong udara di dalam tangki keluar melalui katup-katup pada bagian atas.Gambar 3. sehingga berat total kapal selam menjadi lebih besar dan itulah yang membuat kapal selam terbenam kedalam air laut. yang dikenal sebagai “ lubang-lubang angin”. yang berfungsi memompa air keluar dari ballast dan di ganti dengan udara Kapal selam di desain memiliki tangki ballast ( trim ). maka awak kapal harus mengatur volume air laut dalam tangki pemberat sedemikian rupa sehingga berat total sama dengan gaya ke atas. Pada saat tersebut kapal selam melayang pada ke dalaman tertentu dibawah permukaan laut. berfungsi untuk memasukan air ke dalam ballast ( tangki ). Untuk dapat membuat kapal selam siap untuk menyelam kedalam air laut. Hal ini dilakukan dengan membuka katup-katup besar yang dikenal dengan “kingston”. Tangki Kompresor udara. beratnya harus ditambah sehingga lebih besar dari pada gaya ke atas ( w > Fa ). Katup air. berfungsi untuk memasukan udara ke dalam ballast ( tangki).

Udara jadi jauh lebih ringan daripada air laut sehingga berat total kapal selam menjadi lebih ringan dan kapal selam itu pun naik. lubang-lubang angin ditutup dan udara dipompakan ke dalam tangkitangki pemberat. 12 . Kapal selam ketika akan menyelam. kapal selam dapat menyeimbangkan gaya apung dengan beratnya. semakin dalam masuk ke dalam air maka tekanan hidrostatisnya akan semakin besar. Syarat benda dapat melayang di dalam air adalah ketika gaya apung benda sama besar dengan berat benda tersebut.Gambar 3. Namun kapal selam akan pecah dan hancur jika terlalu dalam menyelam karena sesuai prinsip tekanan hidrostatis yaitu.6 Ketika kapal selam siap untuk muncul ke permukaan atau mengapung kembali. membuka katup air dan menutup katup udara sehingga air laut masuk ke dalam tangki ballast dan membuat berat kapal selam bertambah serta tenggelam hingga ke kedalaman yang diinginkan. Karena masih memiliki udara dari tangki kompresor udara. Udara ini menekan air laut sehingga air laut keluar melali katup-katup bagian bawah atau melalui kingston. Dapat dikatakan bahwa tangki ballast ketika berisi udara berfungsi sebagai pelampung kapal selam sehingga kapal selam dapat terapung.

dapat disimpulkan sebagai berikut : 13 .1 Kesimpulan Berdasarkan permasalahan dan hasil penelitian di atas.BAB IV PENUTUP 4.

Hukum archimedes menyatakan bahwa sebuah benda yang tercelup sebagian atau seluruhnya kedalam zat cair akan mengalami gaya angkat ke atas yang besarnya sama dengan berat zat cair yang dipindahkan d. Untuk lebih memahami pengaplikasian hukum archimedes ini diperlukan peragaan atau praktik secara langsung menggunakan model yang sederhana b. Dalam praktiknya kapal selam menggunakan prinsip terapung. 4. 14 . Dalam archimedes dikenal istilah gaya angkat ke atas. dan tenggelam dari archimedes sehingga kapal selam bisa beroprasi di lautan. Fluida itu sendiri merupakan salah satu cabang dari ilmu fisika yang membahas tentang suatu zat yang dapat mengalir b.melayang.2 Saran a. Archimedes adalah bagian dari fluida statis.a. Materi ini bisa digunakan dalam proses pembelajaran karena merupakan dasar fisika. Gaya angkat ke atas atau biasa di sebut sebagai gaya apung terjadi karena tekanan zat cair yang meningkat terhadap kedalaman c.

com/.org/wiki/Kapal_selam https://nurazizah441. Fisika 2 SMA/MA Kelas XI..wikipedia.. Bambang./cara-kerja-kapal-selam Ruwanto.DAFTAR PUSTAKA https://id. Jakarta: Yudistira 5 .wordpress..com/2013/04/.blogspot../fisika-teknik-kapal-selam ilmufisikadanpendidikanevaluasi. 2007.