TEKNOLOGI DIGITAL

Teknologi digital, adalah teknologi yang tidak lagi menggunakan tenaga manusia,
atau manual. Tetapi cenderung pada sistem pengoperasian yang otomatis dengan sistem
komputerisasi atau format yang dapat dibaca oleh komputer. Teknologi digital pada dasarnya
hanyalah sistem penghitung yang sangat cepat yang memproses semua bentuk-bentuk
informasi sebagai nilai-nilai numeris.

Konsep Dasar Digital
Sistem digital merupakan bentuk perkembangan dari sistem analog. Sebuah sistem
digital menggunakan urutan angka untuk mewakili informasi, dan tidak seperti sinyal analog,
sinyal digital bersifat noncontinuous. Secara garis besar, sistem digital memiliki kode dalam
bentuk binary, yang besar atau kecil nilainya diukur oleh jumlah bit, atau yag disebut juga
dengan bandwidht, karena jumlahnya (bit) akan berpengaruh pada akurasi daripada sistem
yang berbasis digital.
Contoh alat yang mengandalkan sistem digital antara lain :

MP3 Player

DVD Player

Kamera digital

Internet

Sinyal digital, analog, dan tentu saja peralatan yang berkaitan, pada umumya tidak saling
kompatibel. Hal ini mengharuskan hubungan antara analog ke digital dan digital ke analog
yang membutuhkan proses konversi. Ini akan membatu kita menggunakan peralatan yang
berbasis analog dan digital dalam keseluruhan sistem komunikasi.

Transmisi Data
Transmisi data merupakan proses untuk melakukan pengiriman data dari salah satu sumber
data ke penerima data menggunakan komputer atau media elektronik. Transmisi data terbagi
menjadi dua yaitu transmisi analog dan transmisi digital.
1.
Sinyal Analog
Bisa disebut juga broadband, adalah gelombang-gelombang elektronik yang bervariasi dan
secara kontinu ditransmisikan melalui beragam media tergantung frekunsinya. Sinyal analog
dapat diubah menjadi sinyal digital dengan dimodulasi terlebih dulu. Sinyal analog
merupakan sinyal yang digunakan untuk menampilkan data analog. Sinyal analog berupa
berbagai macam gelombang elektromagnetik yang langsung, terus menerus dan disebarkan
melalui berbagai media transmisi. Data analog merupakan data yang diimplikasikan melalui
ukuran fisik serta memiliki nilai berulang secara terus menerus dalam beberapa interval. Data
analog menempati spektrum frekuensi yang terbatas. Contoh: suara, radio, televisi.
2.
Sinyal digital
Sinyal digital merupakan sinyal untuk menampilkan data digital. Dara digital merupakan data
yang memiliki deretan nilai yang berbda dan memiliki cara tersendiri. Misalnya teks,
bilangan bulat dan karakter lainnya. Ada beberapa masalah dalam data digital. Data dalam
bentuk karakter yang dapat dipahami manusia tidak dapat langsung ditransmisikan langsung
dalam sistem komunikasi. Data tersebut harus ditransmisikan dalam bentuj biner terlebih
dahulu (bilangan 0 dan 1). Jadi data itu ditransmisikan dalam bentuk deretan bit. Berikut
merupakan beberapa hal yang berkaitan dengan proses ini:
1.
Media Transmisi Data
Untuk melakukan transmisi data diperlukan suatu media, seperti bus, kabel yang biasa
terdapat pada perangkat internal komputer, untuk eksternal komputer dalam transmisi data
dapat menggunakan kabel eksternal (Wired) serta Wi-Fi (Wireless Nirkabel)
a.
Kabel (Wired)
Ada beberapa macam:

Kabel pilin: UTP Wired atau Unshielded Twisted Pair digunakan untuk melakukan
transmisi melalui jaringan komputer. Selain itu ada juga STP atau Shielded Twisted Pair.

Terdapat tiga macam. Dalam proses ini masing-masing alat yang terhubung dapat berkomunikasi menggunakan alat yang menghunbunginya. Unicast: kontak informasi yang terjadi pada suatu alat dengan alat lain.  Serat optik (fiber optic) : mengirimkan informasi menggunakan gelombang cahaya. Arah Kanal Transmisi Penghubung antara dua unit alat untuk mengirimkan data.  Radio  Microwave  Inframerah (Infrared) 2. pemancar televisi. (contoh: printer) b. Point to point: media atau peralatan yang saling terhubung atara satu alat dengan alat lainnya tanpa saling berbagi. Point to multipoint/access multipoint : satu alat dapat terhubung dengan alat lainnya. Koaksial (coaxial cable): terdiri dari dua macam konduktor dan dipisahkan oleh isolator. Jalur Transmisi Data Merupakan suatu alat yang mampu mengirimkan informasi dengan menggunakan peralatan lain. Konfigurasi Jalur Transmisi Data a. (contoh: pemancar radio. penyiaran televisi) 4. b. Multicast: proses komunikasi terjadi melalui satu alat dengan alat lainnya. yaitu: a. Simplex: one way transmission. Broadcast: proses dalam penngiriman data atau informasi dari satu alat ke alat-alat lainnya. penerima bersifat pasif. mengirim email menggunakan mailing list) c. Penerima tidak dapat memberi respon balik terhadap alat pengirim data. Nirkabel (Wireless) Wireless atau Wi-Fi adalah media yang hanya bisa mentransmisikan data dan tidak dijadikan untuk pemandu. b. (contoh: pemancar radio. (contoh: penyiaran radio. Arah transmisi dibagi menjadi tiga: a. Menggunakan alat bantu antena atau transceiver. pemancar televisi) . hanya dapat melakukan komunikasi satu arah saja. 3.

software aplikasi. (contoh: telepon. Inilah beberapa media penyimpanan data: 1. Flash Drive Flash drive merupakan teknologi pengembangan dari zip drive yan menggunakan teknologi flash. alat penyimpanan data (digital storage) pun ikut mengalami perkembangan. untuk penyimpanan hasil install system operasi. (contoh: walkie-talkie) c. pembacaan. Pada harddisk data direkam pada sektor-sektor melalui head yang merupakan medan magnet berasal dari arus listrik 1 dan 0 (on or off). Memori eksternal adalah perangkat keras untuk melakukan operasi penulisan. Flash adalah chip memori yang menyimpan data dan dihubungkan dengan interface USB yang dalam perkembangannya sudah mencapai versi USB 2. handphone) Penyimpanan Data Selain komputer. dan sebagainya. dapat melakukan transmisi dua arah tapi tidak dapat bersamaan. Harddisk paling banyak digunakan sebagai media penyimpanan luar utama. Harddisk Harddisk adalah sebuah media penyimpanan luar yang menggukanan disk (piringan). Full duplex: both way transmission. 2.b. penggunaan flash drive semakin marak karena berukuran kecil tetapi dapat menyimpan data dalam jumlah yang besar . dapat melakukan transmisi secara bersamaan. dan penyimpanan data. Half duplex: either way transmission.1. penyimpanan data. harus bergantian.

dan memakan waktu yang relative lama. Perangkat ini terdiri atas floppy drive dan cartridge floppy khusus. 4. ZIP Drive Keterbatasan kapasitas pada floppy disk mendorong lahirnya tekonologi baru yang disebut dengan Iomega Zip Drive.dan bisa di dapat dengan harga yang terjangkau. Penulisan pada floppy disk dapat dilakukan berulang-ulang.23” dan 3.yang mampu menampung sampai hampir 100MB data. 5. Compact Disc (CD) Terbuat dari resin (polycarbonate). yang sebelumnya tidak dimungkinkan untuk disimpan dalam floppy. Jumlah ini jelas memungkinkan untuk menampung file multimedia dan grafik (biasanya berukuran mega bytes). Informasi direkam secara digital sebagai luban-lubang mikroskopis pada permukaan yang reflektif.5” yang masing-masing memiliki dua tipe kapasitas Double Destiny (DD) dan High Destiny (HD). Floppy Disk Floppy disk drive yang menjadi standar pemakaian terbagi menjadi dua ukuran yaitu 5. Kapasitasnya cenderung kecil dan hanya dapat menyimpan file teks. Proses ini dilakukan dengan menggunakan laser . 3.

Cloud storage adalah sebuah teknologi penyimpanan data digital yang memanfaatkan adanya server sebagai media penyimpanan. . Digital Versatile Disc (DVD) Kapasitas yang dimiliki DVD jauh lebih besar daripada CD-ROM. media penyimpanan data secara online yaitu cloud storage. 6.yang berintensitas tinggi. Informasi dapat dibaca dengan laser berintensitas rendah. Sebelumnya media penyimpanan data adalah harddisk dan seiring berjalannya waktu ada.

Teori atom Dalton didasarkan pada dua hukum. yaitu hukum kekekalan massa (hukum Lavoisier) dan hukum susunan tetap (hukum prouts). ternyata kita harus berhadapan dengan bidang bahasan yang sangat luas 1. A. Atom merupakan bagian terkecil dari suatu materi yang sudah tidak memiliki sifat dasar materi. Pada bagian kulit atom terdapat elektron-elektron bermuatan listrik negatif yang bergerak mengelilingi inti atom. sedang atom itu sendiri merupakan bagian yang terkecil dari sebuah materi. John Dalton mengemukakan mengemukakan pendapatnaya tentang atom. Meskipun demikian. Setiap atom digambarkan sebagai bola yang terdiri atas kulit atom di bagian luar dan inti atom di tengah-tengahnya. Proton bermuatan listrik positif. Teori Atom Dalton Pada tahun 1803. Perkembangan teori atom Teori atom selalu mengalami perkembangan dari waktu ke waktu sesuai dengan penemuan baru. Pada bagian inti terdapat proton dan neutron. Nuklir atau inti atom sebenarnya hanyalah bagian yang sangat kecil dari sebuah atom. teori atom telah berkembang sejak abad sebelum masehi dan menjadi pertanyaan besar di kalangan para ahli filsafat yunani. Lavosier mennyatakan bahwa “Massa total zat-zat sebelum reaksi akan selalu sama dengan massa total zat-zat hasil reaksi”.INTI ATOM DAN IPTEK NUKLIR Pusat dari atom disebut inti atom atau nukleus. Inti atom terdiri dari proton dan neutron. sedang neutron tidak bermuatan listrik atau netral. Sedangkan Prouts menyatakan bahwa “ Perbandingan massa unsur-unsur dalam suatu . Dikatakan tidak memiliki sifat dasar materi karena sifat dari atom-Âatom penyusun materi itu berlainan dengan sifat materi itu sendiri. dalam membahas mengenai ilmu pengetahuan dan teknologi nuklir.

Reaksi kimia merupakan pemisahan atau penggabungan atau penyusunan kembali dari atom-atom. maka harus ada partikel lain yang bermuatan positif untuk menetrallkan muatan negatif elektron tersebut. Dari penemuannya tersebut. oleh karena elektron bermuatan negatif. Atom Dalton B. Atom digambarkan sebagai bola pejal yang sangat kecil. Gambar 1.Thomson memperbaiki kelemahan dari teori atom dalton dan mengemukakan teori atomnya yang dikenal sebagai Teori Atom Thomson yang menyatakan bahwa: “Atom merupakan bola pejal yang bermuatan positif dan didalamya tersebar muatan negatif elektron” . Atom merupakan bagian terkecil dari materi yang sudah tidak dapat dibagi lagi 2. Teori Atom J. Dari kedua hukum tersebut Dalton mengemukakan pendapatnya tentang atom sebagai berikut: 1. suatu unsur memiliki atomatom yang identik dan berbeda untuk unsur yang berbeda 3. J. sehingga atom tidak dapat diciptakan atau dimusnahkan.senyawa selalu tetap”. Atom-atom bergabung membentuk senyawa dengan perbandingan bilangan bulat dan sederhana. Thomson Atom merupakan partikel yang bersifat netral. Misalnya air terdiri atom-atom hidrogen dan atom-atom oksigen 4.

Jika lempeng emas tersebut dianggap sebagai satu lapisanatom-atom emas. didapatkan fakta bahwa apabila partikel alfa ditembakkan pada lempeng emas yang sangat tipis. Atom Thomson C. berdasarkan fakta bahwa 1 dari 20. maka sebagian besar partikel alfa diteruskan (ada penyimpangan sudut kurang dari 1°). Bila perbandingan 1:20.000 partikel alfa akan dibelokkan.000 partikel alfa akan membelok sudut 90° bahkan lebih. . Teori Atom Rutherford Rutherford bersama dua orang muridnya (Hans Geigerdan Erners Masreden) melakukan percobaan yang dikenal dengan hamburan sinar alfa (λ) terhadap lempeng tipis emas. Dari pengamatan mereka.000 merupakan perbandingan diameter.000 lebih kecil daripada ukuran atom keseluruhan. maka didapatkan ukuran inti atom kira-kira 10. karena hampir semua partikel alfa diteruskan 2. Partikel tersebut merupakan partikelyang menyusun suatu inti atom. Rutherford mengusulkan model atom yang dikenal dengan model atom rutherford yang menyatakan bahwa atom terdiri dari inti atom yang sangat kecil dan bermuatan positif. Berdasarkan fakta-fakta yang didapatkan dari percobaan tersebut. maka didalam atom emas terdapat partikel yang sangat kecil yang bermuatan positif. Berdasarkan gejala-gejala yang terjadi. 3. tetapi dari pengamatan Marsden diperoleh fakta bahwa satu diantara 20. Atom bukan merupakan bola pejal.Gambar 2. diperoleh beberapa kesipulan beberapa berikut: 1. dikelilingi oleh elektron yang bermuatan negatif.

Penjelasan Bohr tentang atom hidrogen melibatkan gabungan antara teori klasik dari Rutherford dan teori kuantum dari Planck. Selama elektron berada dalam lintasan stasioner. Elektron hanya dapat berpindah dari satu lintasan stasioner ke lintasan stasioner lain. Menurut model atom bohr. Orbit ini dikenal sebagai keadaan gerak stasioner (menetap) elektron dan merupakan lintasan melingkar disekeliling inti. 3. 2. sebagai berikut: 1. Pada peralihan ini. sejumlah energi tertentu terlibat. dengan n adalah bilangan bulat dan h tetapan planck. Atom Rhuterford D. Besarnya momentum sudut merupakan kelipatan dari h/2p atau nh/2p. Lintasan stasioner yang dibolehkan memilki besaran dengan sifat-sifat tertentu. elektron-elektron mengelilingi inti pada lintasan-lintasan tertentu yang disebut kulit elektron atau tingkat energi. diungkapkan dengan empat postulat. besarnya sesuai dengan persamaan planck. Hanya ada seperangkat orbit tertentu yang diperbolehkan bagi satu elektron dalam atom hidrogen. pakar fisika Denmark bernama Neils Bohr memperbaiki kegagalan atom Rutherford melalui percobaannya tentang spektrum atom hidrogen. Percobaannya ini berhasil memberikan gambaran keadaan elektron dalam menempati daerah disekitar inti atom. Teori Atom Bohr Pada tahun 1913.Gambar 3. Tingkat energi paling rendah adalah kulit . E2 – E1 = hf 1. energi elektron tetap sehingga tidak ada energi dalam bentuk radiasi yang dipancarkan maupun diserap. terutama sifat yang disebut momentum sudut.

Model atom dengan orbital lintasan elektron ini disebut model atom modern atau model atom mekanika kuantum yang berlaku sampai saat ini. Teori Atom Modern Model atom mekanika kuantum dikembangkan oleh Erwin Schrodinger (1926). Daerah ruang di sekitar inti dengan kebolehjadian untuk mendapatkan elektron disebut orbital.Erwin Schrodinger memecahkan suatu persamaan untuk mendapatkan fungsi gelombang untuk menggambarkan batas kemungkinan ditemukannya elektron dalam tiga dimensi. seperti terlihat pada gambar berikut ini.Sebelum Erwin Schrodinger. seperti terlihat pada gambar berikut ini. Atom Bohr E. Bentuk dan tingkat energi orbital dirumuskan oleh Erwin Schrodinger. . seorang ahli dari Jerman Werner Heisenberg mengembangkan teori mekanika kuantum yang dikenal dengan prinsip ketidakpastian yaitu “Tidak mungkin dapat ditentukan kedudukan dan momentum suatu benda secara seksama pada saat bersamaan. Gambar 4. yang dapat ditentukan adalah kebolehjadian menemukan elektron pada jarak tertentu dari inti atom”.elektron yang terletak paling dalam. semakin keluar semakin besar nomor kulitnya dan semakin tinggi tingkat energinya. Model atom dengan orbital lintasan elektron ini disebut model atom modern atau model atom mekanika kuantum yang berlaku sampai saat ini.

Jadi massa suatu atom terkonsentrasi pada inti atom. Karena jumlah electron = jumlah proton. Atom Modern inti atom dan radioaktivitas A. yaitu inti-inti yang memiliki nomor atom sama  Isoton. Isotop. Isoton dan Isobar  Isotop.6 .  A  N = A – Z = menyatakan jumlah netron dalam inti.  Secara umum lambing atom dituliskan  Dengan  X  Z : Nomor atom. Susunan Inti Atom Semua inti atom pada dasarnya tersusun atas :  Proton yaitu partikel bermuatan positif (+1. menyatakan jumlah proton dan netron dalam inti.Gambar 5. maka Z juga menyatakan jumlah proton. 10-19) dengan massa satu satuan massa atom  Neutron yaitu partikel tak bermuatan (netral) dengan massa satu satuan massa atom. menyatakan jumlah electron. yaitu inti-inti yang memiliki jumlah netron sama .  Partikel penyusun inti disebut nucleon : Nama usur atom : Nomor massa.

 Isobar. Tenaga Ikat Inti Telah diketahui bahwa inti terdiri dari proton dan neutron. .makin besar pula energi yang diperlukan untuk memecah unsur iti.007825 sma massa 1 netron = 1. Bila inti-inti berat terbelah menjadi inti-inti yang sedang akan dibebaskan energi. Tenaga ikat nukleon paling besar pada unsur yang nomor atomnya 50. Karena detron terdiri atas 2 nukleon. maka tenaga ikat tiap nukleon adalah 2. Penilaian yang cermat menunjukkan bahwa massa inti yang lebih kecil lebih stabil dari jumlah massa proton dan netron yang menyusunnya.222 MeV Hal ini menunjukkan ketika proton bergabung dengan netron dibebaskan energi sebesar 2.222 MeV p1 + 0n1 ® 1H2 + 2.008665 sma jumlah massa detron + = 2. gaya ini disebut gaya inti (nucleus force). Makin besar tenaga ikat .222/2=1. Detron terdiri atas satu proton dan satu netron massa 1 proton = 1. adanya kesatuan didalam inti disebabkan oleh adanya gaya yang mempertahankan proton itu dalam inti. yaitu inti-inti yang memiliki nomor massa sama B.002387 sma = 2. Ketika inti-inti ringan bergabung menjadi inti-inti yang lebih berat akan disertai dengan pembebasan energi. Karena tenaga ikat tiap nukleon paling besar pada atom yang nomor atomnya 50 dapat ditarik kesimpulan : a.222 MeV 1 Untuk membelah detron kembali menjadi proton dan netron diperlukan energi 2. Massa detron (1H2) lebih kecil dari massa proton dan netron yang menjadi komponenkomponen detron. b.111 MeV.222 MeV disebut tenaga ikat (energi binding) detron. karenanya tenaga sebesar 2.ini berarti makin stabil keadaan unsur itu.016490 sma = 2.222 MeV. Proton didalam inti tolak menolak.014103 sma Perbedaan massa m= 0.

3. c2 (1 sma c2 = 931 MeV) C. . Manfaat Radioisotop 1. Bidang Hidrologi.  Mempelajari kecepatan aliran sungai.  Menyelidiki kebocoran pipa air bawah tanah. hati dan otak Pu-238 : energi listrik dari alat pacu jantung Tc-99 & Ti-201 : Mendeteksi kerusakan jantung Na-24 : Mendeteksi gangguan peredaran darah Xe-133 : Mendeteksi Penyakit paru-paru P-32 : Penyakit mata. Bidang Biologis  Mempelajari kesetimbangan dinamis. Maka energi ikat inti adalah : { (Smassa proton + Smassa netron) – massa inti }. Bidang kedokteran I-131 : Terapi penyembuhan kanker Tiroid.Dengan demikian energi ikat inti di dapat dari adanya perbedaan massa penyusun inti dengan massa intinya sendiri dan perbedaan ini disebut dengan Deffect massa. mendeteksi kerusakan pada kelenjar gondok. tumor dan hati Fe-59 : Mempelajari pembentukan sel darah merah Cr-51 : Mendeteksi kerusakan limpa Se-75 : Mendeteksi kerusakan Pankreas Tc-99 : Mendeteksi kerusakan tulang dan paru-paru Ga-67 : Memeriksa kerusakan getah bening C-14 : Mendeteksi diabetes dan anemia Co-60 : Membunuh sel-sel kanker 2.

barang-barang seni  Meningkatkan mutu tekstil. contoh : kentang dan bawang Bidang Industri  Pemeriksaan tanpa merusak. contoh : Kertas film. 5. contoh : kayu. contoh : Padi  Penyimpanan makanan sehingga tidak dapat bertunas. lempeng logam  Pengawetan bahan.  Mempelajari reaksi pengesteran. Unsur yang selalu memancarkan sinar radiasi tersebut dinamakan unsur radioaktif (isotop radioaktif). contoh : Hama kubis  Pemuliaan tanaman/pembentukan bibit unggul. contoh : mengubah struktur serat tekstil  Untuk mempelajari pengaruh oli dan aditif pada mesin selama mesin bekerja Bidang Arkeologi  Menentukan umur fosil dengan C-14 PELURUHAN Peluruhan radioaktif adalah Peristiwa pemancaran sinar radioaktif secara spontan. 6. Bidang pertanian. . Inti atom yang tidak stabil selalu memancarkan secara spontan sinar radioaktif. contoh : Memeriksa cacat pada logam  Mengontrol ketebalan bahan. sehingga akhirnya akan diperoleh inti atom yang stabil.  Mempelajari mekanisme reaksi fotosintesis.4.  Pemberantasan hama dengan teknik jantan mandul.

Peluruhan Sinar Gamma Suatu inti atom yang berada dalam keadaan tereksitasi dapat kembali ke keadaan dasar (ground state) yang lebih stabil dengan memancarkan sinar gamma.Peluruhan Pada Sinar Radioaktif Peluruhan Sinar Alfa Suatu inti yang tidak stabil dapat meluruh menjadi inti yang lebih ringan dengan memancarkan partikel alfa (inti atom helium). dan pembangkitan energi listrik. Bentuk peluruhan sinar beta yang lain adalah peluruhan proton. Neutron akan meluruh menjadi proton. termasuk propulsi. Peristiwa ini dinamakan peluruhan sinar gamma. Proton akan meluruh menjadi neutron. dan antineutrino. positron. Peluruhan Sinar Beta Salah satu bentuk peluruhan sinar beta adalah peluruhan neutron. panas. dan neutrino. Inti anak memiliki energi ikat per nukleon yang lebih tinggi dibandingkan induknya. tetapi tidak memiliki massa. Pada peluruhan alfa terjadi pembebasan energi. Energi yang dibebaskan akan menjadi energi kinetik partikel alfa dan inti anak. Energi nuklir diproduksi oleh reaksi nuklir terkendali yang menciptakan panas yang . Peluruhan sinar beta bertujuan agar perbandingan antara proton dan neutron di dalam inti atom menjadi seimbang sehingga inti atom tetap stabil. APLIKASI IPTEK NUKLIR Energi nuklir Energi nuklir adalah tipe teknologi nuklir yang melibatkan penggunaan tekendali dari reaksi fisi nuklir untuk melepaskan energi. Antineutrino merupakan partikel netral yang mempunyai energi. Neutrino memiliki sifat yang sama dengan antineutrino. elektron.

Pada konstruksi jalan. dan beton. aspal. energi nuklir menghasilkan sekitar 20. Lihat teknologi reaktor nuklir Saat ini. penggunaan teknologi nuklir berguna untuk menentukan sifat dari bebatuan sekitar seperti porositas dan litografi. penggunaan Teknesium untuk diberikan pada molekul organik. Pencitraan (sinar X dan sebagainya). Aplikasi medis Aplikasi medis dari teknologi nuklir dibagi menjadi diagnosa dan terapi radiasi. Aplikasi industri Pada eksplorasi minyak dan gas. dan lain-lain.8% listrik yang dihasilkan di seluruh dunia (data tahun 2008) dan digunakan untuk menggerakkan kapal induk. Biasanya digunakan cesium-137 sebagai sumber energi nuklirnya.lalu digunakan untuk memanaskan air. Turbin ini digunakan untuk menghasilkan energi listrik dan/atau melakukan pekerjaan mekanis. . dan mengendalikan turbin uap. pengukur kelembaban dan kepadatan yang menggunakan nuklir digunakan untuk mengukur kepadatan tanah. memproduksi uap. pencarian jejak radioaktif dalam tubuh sebelum diekskresikan oleh ginjal. perawatan yang efektif bagi penderita kanker. dan kapal selam. Teknologi ini melibatkan penggunaan neutron atau sumber energi sinar gamma dan detektor radiasi yang ditanam dalam bebatuan yang akan diperiksa. kapal pemecah es.

dan elektron yang dikeluarkan oleh pemercepat elektron. Jenis radiasi yang digunakan adalah sinar gamma.Apikasi komersial Ionisasi dari americium-241 digunakan pada detektor asap dengan memanfaatkan radiasi alfa. Aplikasi lainnya yaitu pencegahan proses pertunasan. Tritium digunakan bersama fosfor pada rifle untuk meningkatkan akurasi penembakan pada malam hari. bakteri. sinar X. atau serangga yang diperkirakan berada dalam makanan. Perpendaran tanda “exit” menggunakan teknologi yang sama. penghambat pemasakan buah. dan peningkatan rehidrasi. . virus. peningkatan hasil daging buah. Pemrosesan makanan dan pertanian Logo Radura digunakan untuk menunjukkan bahwa makanan tu sudah diberikan ionisasi radiasi Irradiasi makanan adalah proses memaparkan makanan dengan ionisasi radiasi dengan tujuan menghancurkan mikroorganisme.

Jenis Energi Berikut adalah beberapa jenis energi Anda dapat pergi melalui itu: Energi Matahari . Banyak kegiatan yang kita lihat di sekitar kita seperti mengangkat sebuah buku. dari mengangkat benda kecil sampai benda besar membutuhkan energi.SUMBER ENERGI sumber energi adalah segala sesuatu di sekitar kita yang mampu menghasilkan energi. Di sekitar kita banyak sekali macam macam sumber energi yang bisa menghasilkan berbagai macam energi. Energi adalah apa yang bertindak sebagai kekuatan di balik pekerjaan atau membuat sesuatu bergerak atau terjadi. memompa air dan berjalan-jalan membutuhkan energi. mengendarai mobil. Pada dasarnya apa pun yang dilakukan.

energi udara panas dll Energi Kimia . Sebagai contoh: pegas yang ditarik.Energi matahari adalah energi yang akan dipancarkan oleh matahari dikenal sebagai energi surya. busur dan anak panah yang dibentangkan dll Energi Panas Energi yang dimiliki oleh benda karena suhu yang dikenal sebagai energi panas. air mengalir dll Energi Mekanik Jumlah energi kinetik dan energi potensial benda dikenal sebagai energi mekanik. Energi Potensial Energi yang mempengaruhi benda karena posisi (ketinggian) benda tersebut yang mana kecenderungan tersebut menuju tak terhingga dengan arah dari gaya yang ditimbulkan dari energi potensial tersebut. Misalnya mobil yang melaju. pemanas dll Energi Kinetik Energi yang dimiliki seperti benda untuk bergerak dikenal sebagai energi kinetik. batu yang terletak di atas bukit. Misalnya energi air panas. air yang disimpan dalam bendungan. Energi surya memiliki banyak aplikasi seperti oven surya. Satuan SI untuk mengukur usaha dan energi adalah Joule (simbol J). peluru bergerak. Energi ini memberikan kita panas dan energi cahaya yang bebas biaya.

Energi Pasang Surut energi yang dihasilkan dari pasang surut air laut dan menjadikannya energi dalam bentuk lain. Energi kimia matahari digunakan untuk menghasilkan arus listrik. Energi Suara Energi objek yang bergetar menghasilkan suara yang dikenal sebagai energi suara. Energi Listrik Energi elektron bergerak dalam konduktor yang terhubung dengan baterai dikenal sebagai energi listrik. Hal ini hanya karena energi suara yang bisa kita dengar. Energi Nuklir Energi yang dilepaskan ketika dua cahaya inti berfusi untuk membentuk inti yang berat atau ketika inti berat terbagi menjadi dua inti ringan yang dikenal sebagai jumlah energi.Energi yang dilepaskan dalam reaksi kimia yang dikenal sebagai energi kimia. Energi nuklir yang dilepaskan sangat besar. terutama listrik. .

Related Interests