Metode Perhitungan Curah Hujan

1. METODE RATA-RAT A ARITMATIK
Cara yang paling sederhana untuk perhitungan rata – rata arimatik (aljabar) dari ratarata curah hujan yang diperoleh dari alat penakar hujan yang digunakan. Cara ini dianggap
cukup memadai untuk digunakan di daerah yang relative landai dengan variasi curah hujan
yang tidak terlalu besar serta penyebaran alat penakar hujan diusahakan seragam. Kedaan
seperti ini sering tidak dapat dijumpai sehingga perlu cara lain yang lebih memadai.

Keterangan :
R

= Curah hujan rerata tahunan ( mm )

N

= Jumlah stasiun yang digunakan

R1 + R2 + R3 +Rn

= Curah hujan rerata tahunan di tiap titik pengamatan (mm)

2. METODE POLIGON THIESSEN
Metode ini digunakan secara luas karena dapat memberikan data curah hujan yang
lebih akurat, karena setiap bagian wilayah tangkapan hujan diwakili secara proposional oleh
suatu alat penakar hujan. Dengan cara ini, pembuatan gambar polygon dilakukan sekali saja,
sementara perubahan data hujan per titik dapat diproses secara cepat tanpa menghitung lagi
luas per bagian poligon.

Keterangan :
R

= Curah hujan rerata tahunan (mm)

a1 a2 a3 a4 3. yaitu garis yang membagi dua sama persis dan tegak lurus garis Menguhubungkan ketiga garis berat dari segi tiga sehingga membuat titik berat yang akan membentuk polygon. Rata-rata dari garis-garis isohyets yang berdekatan yang termasuk bagian-bagian daerah itu dapat dihitung.R3 = Curah hujan rerata tahunan di tiap titik pengamatan (mm) Rn = Jumlah titik pengamatan A1.R1.R2. Curah hujan daerah dihitung menurut persamaan: Keterangan : . Luas bagian daerah antara dua garis isohyets yang berdekatan diukur dengan planimeter.A2 = Luas wilayah yang dibatasi polygon A = Luas daerah penelitian Cara membuat polygon Thiessen     Mengambil peta lokasi stasiun hujan di suatu DAS Menghubungkan garis antar stasiun 1 dan lainnya hingga membentuk segi tiga Mencari garis berat kedua garis. METODE GARIS ISOHYET Peta Isohyet digambarkan pada peta topografi berdasarkan data curah hujan (interval 10 – 20 mm) pada titik pengamatan di dalam dan sekitar daerah yang dimaksud.

Penakar Hujan Obs ini merupakan jejaring alat ukur cuaca terbanyak di Indonesia. Sebuah alat yang digunakan untuk menakar atau mengukur hujan harian. Kelebihannya teknik perhitungan curah hujan dengan menggunakan metode ini menguntungkan karena memungkinkan dipertimbangkannya bentuk bentang lahan dan tipe hujan yang terjadi. . Penakar Hujan OBS Alat ini lebih dikenal dengan dengan nama Penakar Hujan OBS atau Penakar Hujan Manual. Rn = Curah hujan rata-rata tahunan pada bagian A1. A2 A3 A1 A5 A4 4. Curah hujan pada titik perpotongan dihitung dari perbandingan jarak titik ke garis-garis isohyets yang terdekat. Ketelitian cara ini agak kurang apabila dibandingkan dengan isohyet. ALAT-ALAT PENGUKUR CURAH HUJAN 1. sehingga dapat menunjukkan besarnya curah hujan total secara realistis. di kalangan pertanian dan pengairan biasa disebut ombrometer. Kekurangannya jika titik-titik pengamatan itu banyak sekali dan variasi curah hujan di daerah bersangkutan besar. Garis – garis potong (biasanya dengan jarak 2-5 km) berupa kotak digambar pada peta isohyets. . METODE GARIS POTONGAN ANTARA (Intersection line method) Merupakan penyederhanaan dari cara isohyets. …. Rata-rata jarak curah hujan titik-titik perpotongan di ambil sebagai curah hujan daerah. A2. An Cara ini adalah cara rasoinal yang terbaik jika garis-garis isohyets dapat digambarkan dengan teliti. A2 = Luas bagian antar dua garis isohyets R1. R2. maka pada pembuatan peta isohyets ini akan terdapat kesalahan-kesalahan dari si pembuat (individual error).R = Curah hujan rerata tahunan A1.

termasuk alat yang mudah dan akurat memantau curah hujan. . Rain Gauge Netta Stratus Manual Alat ini diproduksi untuk cuaca di Amerika Serikat. ini pengukur hujan akan untuktahun cuaca buruk dan matahari penuh tanpa memudar atau korosi. Pengamatan dengan menggunakan alat ini dilakukan setiap hari pada jam-jam tertentu mekipun cuaca dalam keadaan baik/sedang cerah. Pengamat cuaca resmi di seluruh negeri bergantung pada standar-standar untuk pelaporan cuaca yang akurat.2. tahan polikarbonat UV. berdiri 3. Dibangun dari tugas berat. Alat ini dipakai di stasiun-stasiun pengamatan udara permukaan. Penakar Hellman Penakar hujan jenis hellman ini merupakan suatu alat penakar hujan berjenis recording atau dapat mencatat sendiri. Alat ini mencatat jumlah curah hujan yang terkumpul dalam bentuk garis vertical yang tercatat pada kertas pias.

Related Interests