You are on page 1of 17

Teori evolusi memandang perubahab bergerak secara linear dari masyarakat

primitif menuju masyarakat maju. Dan bergerak perubahan itu mempunyai tujuan
akhir. Sedangkan teori fungsionalisme, memandang masyarakat sebagai sebuah
sistem yang selalu berada dalam keseimbangan dinamis. Perubahan yang terjadi
dalam unsur sistem itu akan diikuti oleh unsur sistem lainnya dan membentuk
keseimbangan baru.
Revitalisasi adalah upaya untuk memvitalkan kembali suatu kawasan atau bagian
kawasan yang dulunya pernah vital/hidup, akan tetapi kemudian mengalami
kemunduran/degradasi. Skala revitalisasi ada tingkatan makro dan mikro. Proses
revitalisasi sebuah kawasan mencakup perbaikan aspek fisik, aspek ekonomi dan
aspek sosial. Pendekatan revitalisasi harus mampu mengenali dan memanfaatkan
potensi lingkungan (sejarah, makna, keunikan lokasi dan citra tempat).

eori Ekonomi Kapitalisme (Teori Ekonomi Klasik)
Pada hakekatnya Teori Modernisasi dan Pembangunan dibangun di atas landasan
kapitalisme. Pandangan kapitalisme bersumber dan berakar dar pandangan Filsafat Ekonomi
Klasik dari Adam Smith yang dituangkan dalam karyanya yang berjudul: Wealtl a/Nations
(1776). Di samping Adam Smith, yang serins disebut sebagai tokoh perintis pandangan ekonoff
klasik adalah dua pemikir ekonomi lainnya, yaitu David Ricardo dan James Mill. Nama lain
yang dapat dimasukkan sebagai pengikut dan pemikir ekonomi klasik adalah Jeremy Bentham,
Thomas Robert Malthus dan J.B. Say. Keseluruhan filsafat pemikiran penganut ekonomi klasik
tersebut dibangun di atas landasai filsafat ekonomi liberalisme yang memberikan landasan
terhadap kebebasan individu (personal liberty), hak milik pribadi (private property), dainisiatif
individu serta usaha swasta (private interprise) (Fakih, 2001).
Ada beberapa pandangan yang dianggap sebagai sisi positif dari sistem ekonomi kapitalis
(Suharnadji dan Waspodo, 2004:13) :

Pertama, membatasi atau memberi peranan sangat minimum kepada pemerintah atau laissez
faire memungkinkan terwujudnya kemakmuran/ kebebasan berproduksi, membeli, menjual, dan
berinvestasi akan memberi kesempatan untuk menjadi kaya bagi semua pelaku ekonomi. Pada

bahkan melahirkan negara-negara kaya di belahan bumi utara dan negara miskin di belahan bumi selatan. karena negara tidak diperke-nankan mengkonsentrasikan kekuasaan politiknya di tangan para birokrat. Hukum ekonomi berlaku secara universal. Mereka juga percaya pada kondisi full employment yakni suatu kondisi ekonomi akan berjalan secara lancar dan selalu menyesuaikan diri. 2 . dan mereka sangat mempercayai hukum pasar yaitu supply creates its own demand. Sistem kapitalesme menyebabakan terjadinya eksploitasi dan penindasan yang panjang. Revolusi Industri di Inggris telah menciptakan dasar-dasar ekspansi ekonomi ya dilandasi semangat ilmu pengetahuan dan teknik dirumuskan tata cara baru produksi barang yang lebih efisien. Keempat. Sedangkan sisi buruh kapitalisme telah melahirkan bentuk-bentuk kekerasan dan pelanggaran HAM. 2004:15) Tetapi apapun kritik yang dilontarkan kepada teori Kapitalisme pada kenyataannya teori ini diterapkan oleh hampir sebagian besar negara negara industri maju dan negara-negara berkembang yang sedang mengalami proses modernisasi. Teori ini dianggap mampu mendorong kemajuan suatu bangsa karena dilandasi oleh prinsip-prinsip kompetis kebebasan dan demokratisasi meskipun masih dibutuhkan adaptasi dan penyesuaian-penyesuaia pada masing-masing negara. Teori Evolusi Teori Evolusi atau teori organik lahir pada abad ke-19 sesaat setelah Revolusi Industri Inggris dan Revolusi Politik Perancis. karena kekuasaan ekonomi dan politik dipisahkan (Salmi. Sistem ekonomi inilah yang menjamin kebebasan yakni kapitalisme yang kompetitifjuga menyediakan kebebasan politik. perusahaan yang bebas merupakan sebuah faktor penting untuk menciptakan kesamaan (equality). Kedua.saat yang bersamaan. Ketiga. Jika setiap orang mempunyai kesempatan untuk memanfaatkan sumber daya yang tersedia untuk berproduksi dan memasarkan produknya sehingga dua belah pihak yang terlibat menjadi kaya. jika tanpa intervensi pemerintah. sistem ini juga percaya bahwa pemenuhan kepentingan pribadi berarti memenuhi kepentingan masyarakat. dinamika pertumbuhan yang cepat dan besarnya peranan sektor swasta menjamin berlang-sungnya demokrasi. 1993). Dengan kata lain mereka sangat yakm kepada harmony of interest. sistem kapitalisme sangat percaya kepada kekuatan ekonomi pasar yang diletakkan di atas sistem persaingan atau kompetisi. dan tumbuhnya kelompok yang termarjinalkan dalam sistem ekonomi (Salmi dalam Suharnadji dan Waspodo. yang pada akhirnya berakibat pada peningkatan produktifitas .

Pada awalnya modernisasi sebenarnya suatu gerakan sosial yang bersifat revolusioner. yakni dengan memahami hukum alam dan eksperimentasi ilmiah. Meskipun teori ini tidak menyinggung secara langsung tentang perubahan sosial dan pembangunan. Asumsi ini memberikan argumentasi kuat bahwa masyarakat yang dicita-citakan adalah masyarakat modern. Teori ini muncul pertama kali tahun 1930-an yang dikenal dengan nama teori Struktural Fungsional. Meskipun pada awalnya perkembangan teori evolusi ini berpangkal dari pikiran Frederich Hegel tetapi filosof Perancis Auguste Comte-lah yang menjadikan teori evolusi menjadi pengetahuan ilmu sosial positivistik. dan seperti menjadi gerakan global yang mempengaruhi semua aktivitas manusia melalaui proses yang bertahap . Herbert Spencer melihat sebagai masyarakat militer dan masyarakat industri serta Emile Durkheim mengamati dengan solidaritas mekanik dan organik. Teori Fungsionalisme Tokoh penting dari teori Fungsionalisme adalah Talcott Persons dan Robert Merton. sedangkan fase ketiga adalah positif atau scientific. organisasi maupun perusahaan swasta AS serta negara liberal lainnya. Alur pikir dari teori evolusi adalah masyarakat akan berkembang dari masyarakat sederhana (primitive) menuju ke masyarakat modern (complex) dan memerlukan proses jangka panjang fase demi fase. Menurut Comte bahwa perubahan masyarakat adalah melalui fase-fase teknologi yaitu suatu bentuk masyarakat yang dikuasai oleh pendeta dan diperintah oleh militer. tetapi berkaitan erat dengan beberapa teori pembangunan seperti human capital teori dan teori modernisasi. Tokoh lainnya yang termasuk penganut evolusi. dan disebut sebagai bentuk dari tujuan masyarakat yang bernilai baik dan sempurna yang di dalamnya terdapat apa yang oleh teori evolusi disebut sebagai kemajuan/ kemanusiaan. dari masyarakat primitive ke masyarakat maju. sistematik.dan perluasan pasar dunia. yang didasarkan pada pemikiran-pemikiran filosofis. Para penganut teori ini berasumsi bahwa masyarakat akan menjalani perubahan secara linear atau seperti garis lurus. 4. di antaranya Tonies yang menggunakan istilah Gemenschaff (masyarakat paguyuban) dan Gesselschaff (masyarakat patembayan). dan peradaban. Pada fase ke dua meta-fisika. Teori Modernisasi Teori modernisasi dan pembangunan pada dasarnya merupakan sebuah gagasan tentang perubahan sosial yang dalam perjalanannya telah menjadi sebuah ideologi. 3. Perkembangan ini akibat dukungan dana dna politik dari pemerintah. berwatak kompleks (melalui banyak strategi dan disiplin ilmu).

Pada kenyataannya di Perguruan Tinggi penggunaan istilah modernisasi sering tumpangtindih dengan pembangunan sehingga modernisasi dianggap memilki arti yang sama dengan pembangunan.masyarakat pematangan pertumbuhan atau kedewasaan dan akhirnya mencapai masyarakat modern yaitu masyarakat konsumsi masa tinggi (high mass consumtion). ekonomi bahkan agama (Fakih. 2001). Fernando Hendrique Cordoso (Fakih. Tokoh teori ketergantungan antara lain Paul Baran. pendidikan. Andre Gunder Frank. merupakan kritik dari teori modernisasi yang dianggap sebagai penindas dan agen utama penyebab kemiskinan pada negera dunia ketiga. antropologi. Selanjutnya Santos membedakan ketergantungan menjadi 3 jenis: . Ketergantungan yang bersumber pada kehidupan ekonomi suatu negara. Buah pikiran tentang pertumbuhan diurikan secara rinci oleh Rostow yang melihat pembangunan sebagai proses evolusi perjalanan yang panjang dari tradisional menuju modern. psikologi. 3. 2001). ketergantungan dapat dilihat dari indikator (Suharnadji dan Waspodo. Theotonio dos Santos. Menurut teori ketergantungan kemiskinan di dunia ketiga adalah akibat dari struktur perekonomian dunia yang bersifat eksploratif terhadap yang lemah. yang kemudian dikenal dengan the five stage scheme. Maka surplus dari negara Dunia Ketiga beralih ke negara-negara industri maju karena perdagangan dunia yang bebas justru merupakan wadah praktek eksploitasi (Budiman. kemudian berkembang menjadi masyarakat pra kondisi tinggal landas. Menurut Dos Santos. baik yang terjadi di dalam maupun luar negeri 2. Adanya proses dan faktor yang membawa hubungan yang berada di sentral atau pusat dan pinggiran sebagai suatu rangkaian struktural yang eksploitatif.menuju homogenesis dan bersifat progresif. 2004:53). Sedangkan pandangan Rostow tentang teori perubahan sosial diuraikan dalam the stage of economic Growth. Menurut Rostow perubahan sosial terbagi dalam lima tahapan. 2004:54-55): 1. lantas berkembang ke masyarakat tinggal landas. 2004:22). Teori ini pada akhirnya dipergunakan di kalangan interdisiplin sehingga melahirkan aliran modernisasi sosiologi. Adanya faktor-faktor yang mempengaruhi dan menentukan proses kehidupan ekonomi tersebut berupa dimensi internal dan eksternal. masyarakat tradisional. Teori dependency (ketergantungan) yang muncul sebagai paradigma baru dan dianggap sebagai oposisi terhadap praktek kapitalisme. (Suharnadji dan Waspodo. dalam Suharnadji dan Waspodo.

2000:6). 2004:53) menyatakan bahwa ketergantungan merupakan sebuah konsep pertukaran yang tidak adil karena terjadinya peralihan surplus dari negara pinggiran (periphery) ke negara pusat (centre) sebagai akibat hubungan perdagangan yang timpang. Ketergantungan industri – keuangan. tetapi dimulai dari manusia dengan pendidikan. berkembang konsep pembangunan alternatif yang lebih menonjolkan prinsip keberagaman. namun sifat hubungan dapat disejajarkan/dianalogkan dengan hubungan majikan dan pembantu. sedangkan environmentalis sesuangguhnya menarik untuk dipraktekkan tetapi kurang mamapu menjawab tantangan struktural yang dihadapi. dimana perusahaan multinasional (TNCs) dari negara pusat mulai menanamkan modal dalam kegiatan industri yang produknya ditujukan ke pasar dalam negeri dari negara pinggiran. maka paradigma environmentalis (Deep Ecology) menempatkan manusia sebagai bagian dari alam. 2. 2000:6) serta memiliki rasa percaya diri. yang sringkali dimiliki pengusaha lokal tetapi teknloginya di tangan perusahaan multinasional. melalaui penanaman modal baik langsung maupun bekerja sama dengan penguasa lokal untuk menghasilkan bahan baku. 2002: 37). Dengan demikian pembangunan alternatif berbasis masyarakat. pemenuhan kebutuhan dasar manusiadimana manusia berperan dan mendapat manfaat dari masyarakatnya sendiri. yang berorientasi pada persamaan hak organisme dan alam.1. Dengan demikian penguasaan terhadap surplus industri dilakukan melalaui monopoli teknologi industri. yang dibangun dari anggpan bahwa pembangunan tidak dimulai dengan barang. terutama berkaitan dengan upaya mengatasi kemiskinan dan mengurangi ketergantungan hutang luar negeri (Baiquni. Ketergantungan kolonial yaitu ketergantungan dalam dominasi politik dalam bentuk penjajahan. organisasi dan kedisiplinannya (Sharpley . Meskipun negara pusat dan pinggiranmerupakan saling ketergantungan. serta berorientasi pada ekonomi tanpa pertumbuhan. dimana fokus pembangunan adalah masyarakat akar rumput. Disatu sisi developmentalis banyak dikritik karena cenderung memiskinkan berbagai kelompok masyarakat. Sebagai jawaban tidak bisa diterapkannya paradigma developmentalis atau enviromentalis secara terpisah. pemanfaatan yang disesuaikan dengan daya dukung. (Streeten dalam Sharpley . Tokoh teori ketergantungan lainnya Samir Amin (dalam Suharnadji dan Waspodo. Dengan demikian pengendalian dilakukan dalam bentuk kekuasaan industri dan keuangan. 3. dimana negara pinggiran secara politis merdeka tetapi dikuasai negara pusat. . Masing-masing paradigma nampaknya memilki cara pengorganisasi masyarakat dan kepemerintahan yang bertolak belakang satu sama lain. Jika paradigma developmentalis (Frontier Economy) lebih berorientasi pada pertumbuhan tanpa memperdulikan dampaknya. Ketergantungan teknologi industri.

terutama ajaran Adam Smith yang dituangkan dalam karyanya Wealth of nation (1776). teori evolusionisme serta teori fungsionalisme. pemilikan pribadi (private property) dan inisiatif individu serta usaha swasta (private enterprise). Mereka percaya pada kebebasan individu (personal liberty). pada dasarnya bersumber dan berakar pada pandangan filsafat ekonomi klasik. Teori-teori yang Mempengaruhi Kemunculan Teori Modernisme dan Pembangunan Latar belakang teori modernisasi dan pembangunan sangat dipengaruhi oleh tiga teori sosial dan ekonomi yang digunakan sebagai fondasi dan landasan dalam teori ini. Filsafat penganut ekonomi klasik dibangun di atas landasan filsafat ekonomi liberalisme. . Pandangan kapitalisme jika digali secara teoritik. Pembangunan berkelanjutan memerlukan proses integrasi ekonomi dan ekologi melalaui upaya perumusan paradigma dan arah kebijkan yang bertumpu pada kemitraan dan partisipasi para pelaku pembangunan dalam mengelola sumber daya seoptimal mungkin (Baiquni. A.Pembangunan berkelajutan dipandang sebagai aternatif pembangunan yang mencoba menjembatani paradigma developmentalis atau enviromentalis. Teori-teori yang menjadi landasan dalam teori-teori modernisasi dan pembangunan tersebut adalah teori ekonomi klasik. Berikut adalah berbagai macam refleksi dari teori-teori yang melatarbelakangi lahirnya teori modernisasi dan teori pembangunan tersebut : 1. 2002: 37). Teori Ekonomi Kapitalis Teori perubahan sosial modernisasi dan pembangunan pertumbuhan pada dasarnya dibangun di atas landasan kapitalisme.

Teori Evolusi Teori evolusi atau teori organik adalah warisan pengaruh zaman pencerahan khususnya yang menonjol pada zaman itu dan yang berdampak pada pemikiran manusia tentang perubahan sosial. mereka juga percaya pada kondisi full employment yakni suatu kepercayaan bahwa ekonomi akan berjalan secara lancar dan selalu menyesuaikan diri jika tanpa inervensi pemerintah.Ada sejumlah pandangan dari para pemikir ekonomi klasik yang mempengaruhi teori-teori perubahan sosial dikemudian hari. Ketiga. dan berjalan melalui sebab yang sama. Pertama. mereka percaya kepada harmony of interest. Kedua. Teori ini lahir setelah revolusi industry dan revolusi Prancis pada awal abad ke-19. mereka menitikberatkan pada kegiatan ekonomi . immanent. Keenam. kontinyu. 2. dereksional. Dengan kata lain. . suatu keharusan. Teori ini berdasarkan pada enam asumsi tentang perubahan. Para ekonom klasik adalah generasi pemikir yang pertama member perhatian pada pertumbuhan dan pembangunan ekonomi. mereka juga percaya kepada ekonomi pasar yang diletakkan di atas sistem persaingan atau kompetisi bebas dan kompetisi sempurna. para pemikir ekonomi klasik percaya kepada laissezfaire yakni kepercayaan akan kebebasan dalam bidang ekonomi yang member isyarat perlunya membatasi atau member peranan sangat minimum kepada pemerintah dalam bidang ekonomi. khususnya industri. mereka percaya bahwa memenuhi kepentingan individu akan berarti memenuhi kepentingan masyarakat. Mereka percaya bahwa hokum ekonomi berlaku secara universal. yakni bahwa perubahan dilihat sebagai natural. Kelima.

Interelasi tersebut dianggap bisa terjadi karena adanya konsensus. bahwa masyarakat dipandang sebagai sutu system yang terdiri atas bagian yang saling berkaitan (agama. yakni akan melalui suatu proses panjang menuju masyarakat maju. dan suatu pola yang non normatif dianggap akan . 3. dari masyarakat primitif menuju ke masyarakat maju.Menurut teori evolusi. pendidikan. Teori mereka sebenarnya sangat sederhana. Setiap anggota tubuh mempunyai fungsi spesifik. Parsons memberikan contoh organ tubuh manusia sebagai perumpamaan memahami mekanisme masyarakat. Setiap bagian tersebut dikatakan secara terus menerus mencari keseimbangan dan keselaran diantara mereka. Teori ini muncul pertama pada tahun 1930-an yang dikenal dengan teori structural-fungtionalism. Teori Fungsionalisme Teori fungsionalisme muncul sebagai kritik terhadap teori evolusi. keluarga. Seperti halnya organ tubuh. Tubuh manusia mempunyai berbagai bagian yang saling berhubungan dalam suatu sistem. dan sebagainya). Hal ini mempengaruhi asumsi mereka selanjutnya bahwa masa depan manusia sudah dapat dipastikan. masyarakat akan berkembang dari masyarakat sederhana menuju ke masyarakat modern dan memerlukan proses jangka panjang melalui fase demi fase. mekanisme fungsional antar bagian masyarakat juga berfungsi demi stabilitas dan pertumbuhan masyarakat. struktur politik. Penganut teori ini berasumsi bahwa masyarakat akan berubah secara linear atau seperti garis lurus. dengan tugas masingmasing untuk menjaga stabilitas dan pertumbuhan. Teori fungsionalisme dikembangkan oleh Robert Merton dan Talcott Parsons.

Teori modernisasi dan pembangunan pada dasarnya merupakan sebuah gagasan tentang perubahan sosial dalam perjalanannya telah menjadi sebuah ideologi. Jika hal tersebut terjadi. Perang dingin merupakan bentuk peperangan ideologi antara kapitalisme dan sosialisme. Akibatnya menjadikan teori modernisasi tidak hanya sekedar merupakan “industri yang sedang tumbuh” tetapi telah menjadi sebuah aliran pemikiran. bahkan telah . Modernisasi menjadi penemuan teori yang terpenting dari perjalanan kapitalisme yang panjang dibawah kepemimpinan Amerika Serikat. Teori ini lahir dalam suasana ketika dunia memasuki “perang dingin” antara Negara-negara komunis di bawah pimpinan Negara Sosialis Uni Sovyet Rusia (USSR) dengan Negara-negara barat pimpinan Amerika Serikat. setiap bagian akan cepat menyesuaikan diri untuk mencapai keseimbangan lagi. Dengan demikian dalam konteks perang dingin tersebut teori modernisasi terlibat dalam peperangan ideologi. Semua itu menjadikan modernisasi dan pembangunan sebagai suatu gerakan ilmuwan yang antar disiplin ilmuilmu sosial yang memfokuskan kajian terhadap perubahan sosial di Dunia Ketiga sangat berpengaruh. B.melahirkan gejolak. Teori Modernisasi dan Pembangunan Teori modernisasi lahir di tahun 1950-an di Amerika Serikat dan merupakan respon kaum intelektual terhadap Perang Dunia yang bagi penganut evolusi dianggap sebagai jalan optimis menuju perubahan. Perkembangan ini adalah akibat dari dukungan dana dan politik luar biasa besarnya dari pemerintah dan organisasi maupun perusahaan swasta di Amerika Serikat serta Negara-negara liberal lainnya.

Teori ini dipergunakan di kalangan interdisiplin sehingga lahirlah aliran modernisasi dalam sosiologi. Bahkan modernisasi juga berpengaruh dalam pemikiran keagamaan dikalangan pemimpin dan pendidikan keagamaan. dan bahkan agama. sistematik. Pengaruh modernisasi di dunia ketiga sangat luas. melalui proses yang bertahap untuk menuju suatu homogenisasi dan bersifat progessif. psikologi. Selain itu modernisasi juga berwatak kompleks (melalui banyak cara dan disiplin ilmu). Untuk memahami lebih rinci apa yang dimaksud dengan teori modernisasi dan pembangunan.menjadi sebuah ideologi. Itulah mengapa modernisasi dan pembangunan dijadikan satu aliran teori. Modernisasi juga sangat mempengaruhi banyak pemikiran kalangan organisasi non-pemerintah. ekonomi. Dalam kenyataannya di dunia akademik penggunaan istilah modernisasi sering ditukabalikkan dengan istilah development atau pembangunan. berikut akan diuraikan pandangan teoritis para tokoh teori ini. sehingga modernisasi mempunyai kesamaan arti dengan pembangunan. tetapi dikalangan birokrasi yakni para perencana dan pelaksana progam pembangunan di negara-negara dunia ketiga. 1. Rostow: Teori Pertumbuhan Ekonomi . antropologi. pendidikan. menjadi gerakan global yang akan mempengaruhi semua manusia. tidak saja pada kalangan akademisi diperguruan tinggi. Modernisasi sebagai gerakan sosial sesungguhnya bersifat revolusioner (perubahan dari tradisi ke modern).

Rostow. Dalam buku tersebut Rostow menjelaskan bagaimana perunahan sosial dalam lima tahapan pembangunan ekonomi terjadi. 2. Dalam bukunya. seorang ekonom Amerika Serikat. yakni masyarakat industri yang disebutnya sebagai masyarakat konsumsi masa tinggi (high mass consumption). teori modernisasi Mc Clelland berangkat dari perspektif psikologi sosial. kemudian berkembang menjadi prakondisi tinggal landas. kemudian masyarakat pematangan kebutuhan. Jika teori pertumbuhan Rostow lebih merupakan teori ekonomi. dan akhirnya modern yang dicita-citakan. Teorinya mempengaruhi model pembangunan di hampir semua dunia ketiga. Itulah makanya pikiran Rostow pertama dituangkan dalam makalah secara jelas dalam manifesto non-komunis. Pandangan Rostow tentang teori perubahan sosial diuraikan dalam bukunya yang berjudul The Stage of Economic Growth. Dalam tulisanyang berjudul The Stage of Economic Growth: A Non-Communist Manifesto. McClelland (1984) .WW. The Achievement Motive in Economic Growth. Pikiran Rostow pada dasarnya dikembangkan dalam konteks perang dingin serta membendung pengaruh sosialisme. menjadi bapak teori pembangunan dan pertumbuhan. Tahap pertama adalah masyarakat tradisional. Rostow membentangkan pandangannya tentang modernisasi yang dianggapnya sebagai cara untuk membendung semangat sosialisme. lantas diikuti masyarakat tinggal landas. McClelland: Motif Prestasi dan Pertumbuhan Ekonomi David Mc Clelland sering dianggap sabagai salah satu tokoh penting dalam teori modernisasi.

untuk meraih kesempatan. pendeknya dorongan internal untuk membentuk dan merubah nasib sendiri. 3. Dalam hal perkembangan budaya. Menurut teori ini. Teori McClelland didasarkan pada studinya yang dilandaskan pada teori psikoanalisis Freud tentang mimpi. yang dinamakan the need for achievement (N’ach) yakni nafsu untuk bekerja secara baik. McClelland melakukan studi di Amerika yang memfokukan pada studi tentang motivasi dengan mencatat khayalan orang melalui pengumpulan bentuk cerita dari sebuah gambar. Teori Penciptaan Tenaga Kerja Teori penyerapan tenaga kerja lahir sebagai refleksi atas kritik terhadap teori pertumbuhan. tetapi dorongan kerja demi memuaskan batin dari dalam. mengapa beberapa bangsa tumbuh secara pesat dibidang ekonomi sementara bangsa yang lain tidak? Umumnya bertumbuhnya ekonomi selalu dijelaskan lebih karena faktor “eksternal” tetapi bagi McClelland lebih merupakan faktor “internal” yakni pada nilai-nilai dan motivasi yang mendorong untuk mengeksploitasi peluang. Kesimpulannya bahwa khayalan ada kaitannya dengan dorongan dan perilaku dalam kehidupan mereka. bekerja tidak demi pengakuan sosial ata gengsi. Pertanyaan yang ingin dijawabnya adalah. McClelland lebih tertarik melihat aspek pertumbuhan ekonomi ketimbang pertumbuhan semua aspek budaya. kaitannya dengan bagaimana perubahan sosial terjadi.memberikan dasar-dasar tentang psikologi dan sikap manusia. dalam kenyataannya penerapan di negara-negara Dunia Ketiga telah .

Chenery : Redireksi Investasi Chenery adalah penganut teori modernisasi dan pembangunan pada Bank Dunia. mereka melakukan revisi yang tidak mendasar yakni dengan memberikan tekanan pada peranan penting dari pembentukan modal. Oleh karena itu disarankan agar kebijakan pertumbuhan haruslah diorientasikan pada penyerapan tenaga kerja. Mereka berpendapat bahwa orang miskin harus memiliki modal yang besar untuk menaikkan penghasilan sehingga mencukupi kebutuhan dasar mereka. Mereka menyarankan perlunya dilakukan reorientasi terhadap formasi dan arus modal dari usaha yan ditujukan pada skala besar. Sebagai jawaban.melahirkan pengangguran. Latar belakang lahirnya pendekatan penciptaan tenaga kerja sebagai revisi atas teori pembangunan pertumbuhan ini adalah hasil dari misi kunjungan dan studi badan PBB Internasional Labour Organization (ILO) ke beberapa negara seperti Kolombia. menjadi investasi yang . Kenya. Gagasan mereka muncul sebagai respon atas kritik semakin luasnya jurang antara orang miskin dan kaya pada proses pembangunan pertumbuhan sebagai akibat langsung yang ditimbulkan oleh teori modernisasi dan pembangunan. dan Sri Lanka. yang ternyata penerapan teori pembangunan pertumbuhan di negaranegara tersebut selain mencapai pertumbuhan. 4. proyek terpusat. Pedekatan mereka yang dikenal dengan redirecting Investment yang dimunculkan oleh Chenery dan teman-temannya di Bank Dunia. Studi ini membuktikan bahwa pertumbuhan tidak serta-merta menyelesaikan masalah pengangguran. juga pada saat yang sama naiknya angka pengangguran.

air. 5. Dia mendukung bahwa pemenuhan basic needs dilihat sebagai prinsip untuk mengorganisasi pemikiran dan usaha pembangunan. Elemen utama dari system yang terlibat untuk pemenuhan basic needs diidentifikasi. kebutuhan ini harus dilihat dalam kaitannya dengan keseluruhan sistm ekonomi dan sosial dari makanan dan barang-barang produksi. 6. selanutnya masingmasing elemen harus dianalisis sebagai system yang harus dipahami. Teori Pemenuhan Kebutuhan Dasar (Basic Needs) Mungkin orang pertama mengemukakan basic needs adalah Mahbub ul Haq dari Bank Dunia. kredit dan seterusnya. pendidikan dan partisipasi dalam pengambilan keputusan. presiden The Overseas Development Counsil. Irma Adelman berpendapat bahwa . Ul Haq menamakan strategi ini sebagai serangan langsung terhadap kemiskinan. Tujuan atau target harus mencapai kebutuhan dasar bagi semua rakyat di mana pun. Kemudian strategi alternatf untuk mengefektifkan elemen ini dapat dipilih. Namun. tempat tinggal. kesehatan.berhubungan langsung dengan orang miskin: pendidikan. Paul Streeten dari Bank Dunia juga mendukung strategi basic needs. penyerapan tenaga kerja. Orang kedua adalah James Grant. kesehatan. pakaian. Kebutuhan ini termasuk makanan. Pengembangan SDM (Human Resource Development) Tiga pendekatan selanjutnya berdasar asumsi redistribusi aset sebagai suatu prakondisi. kesehatan. pendidikan. dan perbaikan gizi.

7. mereka akan membeli lebih banyak makanan. Pembangunan Pengutamaan Pertanian (Agricultural First Development) Agricultural First Development adalah salah satu model pembangunan kapitalisme yang lebih dikenal sebagai model pendekatan yang dikembangkan oleh John Mellor tentang pertmbuhan dan pemerataan. Dia mengajukan jalan human resource development untuk mencapai pertumbuhan dengan pemerataan. Negara yang lebih besar akan menghasilkan tenaga kerja dan barang-barang skill-intensive untuk keperluan pasar domestic. Tenaga kerja akan diserap oleh industrialisasi yang akan memberikan penghasilan yang akan membawa pada demand untuk barang-barang yang diproduksi serta akan menjamin distribusi hasil secara luas. Bersamaan dengan penciptaan sumber daya manusia itu. yang sesungguhnya mendukung gagasan Adelman tentang perlunya land-reform sebelum pertumbuhan yang adil dapat dicapai. dengan harga stabil. Masyarakat berpenghasilan rendah di Negara berkembang menghabiskan penghasilan mereka untuk barang pertanian. Jika penghasilannya naik. Negara kecil akan memproduksi barang untuk pasar internasioanal. sementara itu. lapisan bawah 40-60 % penduduk di negara ini menjadi semakin buruk. Pertanian memainkan dua peran: pertama. langkah selanjutnya adalah industrialisasi sumber daya secara intensif dan strategi pertumbuhan.revolusi bukanlah pilihan negara-negara miskin. dia harus mensuplai. dan studinya menunjukkan bahwa dalam arti absolute. mereka akan . dan jika hasil pertanian tidak naik.

Namun. irigasi dan lain sebagainya.menaikkan harga produk pertanian. Upah harus naik dan naikknya upah akan menghambat orang lain untuk mendapat pekerjaan atau terbukanya lowongan kerja. menyarankan arena internasional harus menjadi pilihan sebelum semua startegi di atas akan berhasil. 8. seperti Mahbub ul Haq. melalui riset biologi: bibit baru. Beberapa elemen saran Mahbub ul Haq adalah redistribusi kredit internasional sehingga . Dengan demikian. usaha itu tidak bisa dikonsepkan dari situasi internasional. karena sumber-sumber yang dibutuhkannya bergantung pada arena internasional. Tata Ekonomi Dunia Baru (The New International Economic Order) Segenap strategi teori pembangunan di atas memusatkan perhatian pada usaha di dalam negeri Dunia Ketiga sendiri. menaikkan hutang luar negeri. Melibatkan tingkat keterbukaan masing-masing Negara. meningkatkan hasil pertanian adalah pilihan esensial dalam pendekatan ini. Mellor menyarankan dalam rangka mencapai keadaan ini harus dilakukan perubahan teknologi dalam pertanian. dan menaikkan perdagangan internasional. agaknya sulit jika harga pertanian stabil dan rendah. pupuk baru. Sejumlah analisis. melainkan menaikkan pembelajaan petani. pestisida. diperlukan persyaratan penting untuk infrastruktur padat modal yang harus disediakan dari tiga sumber: tingkat tabungan domestik dan hasil produk domestik. Naiknya input pertanian tidak akan menaikkan penyerapan tenaga kerja. Peran kedua pertanian adalah untuk mensupali tenaga kerja.

berikan fasilitas bagi Negara berkembang dalam hal prosesing. tetapi buatlah cara otomatis melalui pajak internasional sehingga secara mudah kredit didapatkan. ul Haq melihat arena internasional menjadi lebih positif dalam pembangunan-suatu peran yang mungkin akan menyebabkan pertumbuhan dan pemerataan pembangunan. sehingga mereka akan mendapat nilai tambah lebih besar. transportasi dan kemudian ekspor.negara berkembang mendapatka sumber modal. dan akhirnya dilakukan restrukturisasi lembaga internasional yang memberikan kesempatan berbicara kepada negara berkembang. . Dengan perubahan ini. perbesar jumlah bantuan luar negeri.