You are on page 1of 15

※ MEDIA PEMBELAJARAN

Oleh
Aan Subhan Pamungkas, M.Pd
 HAKEKAT KBM
KOMUNIKAN
KOMUNIKATOR

komunikasi searah, komunikasi
dua arah,
Proses komunikasi tidak selalu dapat
berjalan dengan lancar, bahkan
dapat menimbulkan kebingungan,
salah
pengertian
dan
mungkin
menimbulkan salah konsep.

maka kemungkinan salah satu faktor penyebabnya adalah terjadinya kesalahan komunikasi.※ MEDIA PEMBELAJARAN Jika dalam proses belajar mengajar terjadi hambatan.  PENYEBAB SALAH KOMUNIKASI 1) Guru sebagai komunikator kurang mampu dalam cara menyampaikan pesan 2) Adanya perbedaan daya tangkap para siswa sebagai komunikan 3) Jumlah siswa sebagai komunikan sangat besar. sehingga sukar dijangkau oleh guru sebagai .

Untuk menghindari atau mengurangi kemungkinan terjadinya kesalahan komunikasi. maka harus digunakan sarana yang dapat membantu proses komunikasi. Pemanfaatan multimedia disamping dapat meminimalkan kelemahan-kelemahan yang dimiliki oleh seorang guru dapat juga membantu abstraksi siswa. .

PENGERTIAN MEDIA PEMBELAJARAN media pembelajaran adalah segala sesuatu yang digunakan untuk menyalurkan pesan serta dapat merangsang pikiran. dan kemauan peserta didik untuk belajar sehingga dapat mendorong terjadinya proses belajar serta menjadikan tujuan pembelajaran dapat dicapai dengan mudah. perasaan. perhatian. .

modul. brosur. CD. video/VCD. koran. televisi 8 Objek fisik: Benda nyata. telepon 2 Cetak : Buku pelajaran. LKS. animasi 7 Audio visual gerak: Film gerak bersuara. foto/gambar 3 Audio-cetak: Kaset audio yang dilengkapi bahan tertulis 4 Proyeksi visual diam : Overhead transparansi (OHT) 5 Proyeksi audio visual: Film bingkai (slide) bersuara 6 Visual gerak: Film bisu. siaran radio. model.JENIS MEDIA PEMBELAJARAN 1 Audio : Kaset audio. .

5.STRATEGI PEMBERDAYAAN MEDIA Strategi pemberdayaannya harus memperhatikan kesesuaian media dengan: 1. Karakteristik peserta didik. . 3. 4. Waktu. Tujuan pembelajaran/sifat tugas 2. Karakteristik media. Isi pembelajaran.

7. .STRATEGI PEMBERDAYAAN MEDIA Strategi pemberdayaannya harus memperhatikan kesesuaian media dengan: 6. Ketersediaan. Biaya. 9. 8. Konteks penggunaan. Mutu teknis.

lebih meningkat.Apakah pembelajaran dengan memanfaatkan media/ alat peraga memberikan hasil yang lebih cepat. lebih menarik? .

digunakan pada siswa yang sebenarnya tidak membutuhkan. tidak menunjang konsep.Kegagalan didalam pemanfaatan alat peraga : a. tidak menarik bahkan mempersulit pemahaman konsep . disajikan pada saat yang tidak tepat. c. memboroskan waktu. tidak ada nilai.tercapai. f. generalisasi konsep abstrak dari representasi hal konkret tidak b. d. alat yang digunakan sekedar sajian. e.

dan meningkatkan pengertian konsep dan fakta.MANFAAT MEDIA PEMBELAJARAN Ditinjau dari fungsinya. . (c) Mempengaruhi daya abstraksi. (e) Mampu mengatasi keterbatasan perbedaan pengalaman pribadi siswa. media/alat peraga dapat : (a) Memberikan motivasi belajar. (d) Memperkenalkan. memperbaiki. (b) Memberikan variasi dalam pembelajaran.

MANFAAT MEDIA PEMBELAJARAN Ditinjau dari fungsinya. media/alat peraga dapat : (f) Mampu mengatasi keterbatasan ruang kela (g) Mampu mengatasi keterbatasan ukuran benda. (h) Mampu mengatasi keterbatasan kecepatan gerak benda .

KLASIFIKASI MANFAAT MEDIA PEMBELAJARAN menurut Rahadi (2004:13-16) 1. Manfaat secara umum 2. . Manfaat secara rinci. 3. Manfaat praktis Manfaat secara umum dari media pembelajaran adalah memperlancar interaksi antara guru dengan peserta didik sehingga kegiatan pembelajaran lebih efektif dan efisien.

. (3) proses pembelajaran menjadi lebih interaktif. (5) meningkatkan kualitas hasil belajar. (2) proses pembelajaran menjadi lebih jelas dan menarik. (6) memungkinkan proses belajar dapat dilakukan kapan saja dan di mana saja. (4) efisiensi dalam waktu dan tenaga.MANFAAT SECARA RINCI (1) penyampaian materi pelajaran dapat diseragamkan.

(8) mengubah peran guru ke arah yang lebih positif dan produktif. .MANFAAT SECARA RINCI (7) dapat menumbuhkan sikap positif peserta didik terhadap materi dan proses belajar.

(4) dapat menyajikan peristiwa langka dan berbahaya dalam kelas. (3) membantu mengatasi keterbatasan indra manusia. . (5) memberikan kesan mendalam dan lebih lama tersimpan pada diri peserta didik. (2) Mengatasi kendala ruang dan waktu.MANFAAT PRAKTIS DARI MEDIA (1) Membuat materi pelajaran yang abstrak menjadi konkret.