You are on page 1of 22

MEDIASI

Alternatif Penyelesaian Sengketa Medis
By;Indriyati OR

KASUS



Seorang Wanita,28 tahun mengeluh nyeri perut
bag kanan,dan perdarahan pervaginam,datang
ke sebuah IGD RS
Setelah melakukan pemeriksaan,dokter umum
yang bekerja di IGD RS tersebut mendiagnosis
pasien tadi dengan ;
1.suspect abortus imminens
2.observasi abdominal pain suspect
appendicitis akut
Dengan DD ; adnexitis,ISK,BSK
Lalu pasien dikonsulkan kepada Sp.OG dan Sp.B

sakit pasien tiak berkurang.dan curetage.TERJADI PENUNTUTAN KELUARGA PASIEN TERHADAP RS yang melakukan operasi appendictomy dan curetage.  Ternyata.pasien pindah RS atas permintaan keluarga.  Di RS lain.Lanjutan kasus Pasien tersebut dilakukan appendictomy.  Setelah 3 hari dirawat.pasien tersebut didiagnosis KET  BEBERAPA BULAN KEMUDIAN.  .

pendahuluan Selama 1994-2004 kasus sengketa medis yang diadukan ke Majelis Kehormatan Etika kedokteran (MKEK) IDI Wilayah JATENG tercatat 68 kasus.  Di jepang.14-21 kasus di tahun 1998 menjadi 24-35 kasus setelah tahun 1999  .  Di DKI Jakarta 2004-2006 menangani 23 aduan sengketa medis.

sengketa adalah perbedaan pendapat yang telah mencapai ekskalasi tertentu atau mengemuka.pertengkaran. .Definisi    Sengketa . Sengketa dalam pengertian yang luas adalah hal lumrah dalam kehidupan bermasyarakat.kepentingan.dan keinginan yang berbeda terhadap peristiwa atau situasi tersebut.perbantahan.atau dapat diartikan sebagai pertikaian dan perselisihan. sesuatu yang menyebabkan perbedaan pendapat.yang dapat terjadi saat dua orang atau lebih berinteraksi pada peristiwa atau situasi dan mereka memiliki persepsi. Jadi.

any professional misconduct or unreasonable lack of skill or fidelity in professional or fiduciary duties.  .evil practice or illegal or immoral conduct.Sengketa Medis dalam hukum Dikenal sebagai istilah Malpraktik  Malpractice.

Beberapa hal yang perlu direnungkan dan dievaluasi Sisitem perundangan di Indonesia  Standar pelayanan profesi kesehatan  Komite medik RS  Pendekatan kedokteran atau kesehatan dan ilmu hukum secara proposrional  Kasus ‘’peti es”  Character assasination  Negative defensive professional practice  .

 Jalur Pengadilan seringkali menghasilkan satu pihak sebagai pemenang dan pihak lain sebagai pihak yang kalah. Jalur Litigasi 2. Bahkan muncul kritik civil procedure was neither efficient nor fair . Jalur Non litigasi/konsensual/non ajudikasi.Bentuk bentuk Penyelesaian Sengketa Dalam proses penyelesaian sengketa dapat digunakan dua jalur : 1.

Mediasi langkah win win solution Maka muncul ide untuk menyelesaikan sengketa dugaan malpraktik tersebut secara win-win solution.  .  Proses mediasi merupakan salah satu bentuk alternative dispute resolution (ADR) atau alternatif penyelesaian masalah.salah satunya adalah dengan mediasi.

.Definisi    Mediasi adalah cara penyelesaian sengketa melalui proses perundingan untuk memperoleh kesepakatan para Pihak dengan dibantu oleh mediator. Mediasi dapat dilakukan melalui jalur pengadilan maupun di luar pengadilan. Mediator adalah pihak netral yang membantu para Pihak dalam proses perundingan guna mencapai berbagai kemungkinan penyelesaian sengketa tanpa menggunakan cara memutus atau memaksakan sebuah penyelesaian.

Prosedur mediasi di pengadilan : Peraturan Mahkamah Agung RI (Perma) nomor 01 tahun 2008 Sehingga pengadilan tidak hanya bertugas dan berwenang memeriksa.  .tetapi juga berkewajiban mengupayakan perdamaian antara pihakpihak yang berperkara.mengadili dan menyelesaikan perkara yang diterimanya.

dapat menjadi salahsatu instrumen efektif  3.sambil menunggu peraturan perundangan yang berlaku  .Konsiderans yang mendasari Perma nomor 01 tahun 2008 1. Mediasi merupakan salah satu proses penyelesaian sengketa yang lebih cepat dan murah  2. sesuai dengan hukum acara yang berlaku  4.

Aspek mediasi Aspek urgensi/motivasi  Aspek prinsip  Aspek Substansi  .

TAHAPAN MEDIASI Menjalin Hubungan dengan para pihak yang bersengketa  Memilih strategi untuk membimbing proses mediasi  Mengumpulkan dan menganalisis informasi latar belakang sengketa  Menyusun rencana mediasi  .

Membangun kepercayaan dan kerjasama diantara para pihak  Memulai sidang mediasi  Merumuskan masalah dan menyusun agenda  Mengungkapkan kepentingan yang tersembunyi  Membangkitkan pilihan penyelesaian sengketa  .

 .Menganalisis pilihan penyelesaian sengketa  Proses tawar menawar akhir  Mencapai kesepakatan formal.

Jenis perundingan Positional based bargaining  Interest best based bargaining  .

Kiat strategi perundingan berdasar kepentingan P  I  O  C  .

Circle of conflicts .

 Hal positif???  Hal negatif????  .Penutup Mediasi merupakan salah satu alternatif penyelesaian sengketa medik.

Pendekatan yang dilakukan sesuai dengan peta konflik  ???????? .

...Terima kasih.... ...