You are on page 1of 5

Manusia sebagai manajer Pembangunan

1. E-health
 Pengertian E-Health
Menurut WHO : "the use of information and communication technologies (ICT)
for health to, for example, treat patients, pursue research, educate students, track
diseases and monitor public health"
Menurut Mentri Kesehatan : “Pemanfaatan TIK di sektor kesehatan terutama
untuk meningkatkan pelayanan kesehatan.
 Dukungan Pemerintah dan Contoh Inisiatif
Dukungan pemerintah terhadap program E-health telah dilakukan dalam 2 bentuk
yaitu secara kebijakan dan aplikasi langsung. Secara kebijakan pemerintah
melalui kementerian kesehatan telah mengeluarkan 2 buah keputusan menteri
kesehatan yang berkaitan dengan program E-health tersebut, yaitu KepMenKes RI
No. 374/MenKes/SK/V/2009 tentang SKN dan KepMenKes RI No.
192/MenKes/SK/VI/2012 tentang Roadmap RAPSIKI. Sementara secara
kebijakan pemerintah telah melakukan aplikasi langsung melalui kementerian
kesehatan yaitu peningkatan pelayan kesehatan dengan aplikasi untuk FasyanKes
(SIKDA, Puskesmas, RS) dan untuk Dinas Kesehatan (SIKDA dan DHS2).
E-Health juga mendapat dukungan dari komunitas (individu dan institusi),
diantaranya :

Tingkat internasional
IMIA (International Medical Informatics Association)

Tingkat regional
APAMI (Asia Pacific Association of Medical Informatics)

Contoh : shape memory alloy. dan solar cell Polimer. yaitu cara kondensasi dan adisi. Dibuat dengan dua cara. Memiliki beberapa metode pembuatan. Contoh : clay komposit  Material o Logam. dan non-ferrous. Contoh : biodegradable polymers Komposit. dan amorphous metal Keramik. yaitu polimer sintetis dan polimer alam. particular forming. clay. Material baru dan terbarukan Terbagi menjadi 2. Contoh : mesoporus metal. Diklasifikasi menjadi 2. Diklasifikan menjadi glasses. advance keramik. cement. o Polimer. yaitu inisiasi. dan terminasi. abrasive. refractory. yaitu :  o o o o Material mutakhir Logam. yaitu ferrous. antara lain : glass forming. o Contoh : baja dan besi tuang o Keramik. propagasi. dan cementation.  Keengganan Tenaga Kesehatan untuk menggunakan e-Health 2. . Tingkat nasional PIKIN (Perhimpunan Informatika Kesehatan Indonesia) Kendala yang dihadapi yaitu:  Kesenjangan Digital Masih terbatasnya infrastruktur TIK di beberapa daerah tentunya membatasi penyebaran implementasi e-Health. dimana adisi memiliki 3 tahapan. Terbagi menjadi 2.

dan pembakaran hutan. biomassa. dan gas rumah kaca. dan matriks keramik. matriks karbon dan grafit.dan ekonomi. dan menyetarakan jumlah produksi dengan pengeluaran. Kita harus mampu memamnfaatkan teori-teori manajer alam untuk diterapkan dalam pencapaian pembangunan berkelanjutan ini. sosial. Hal itu dikarenakan keadaan Indonesia yang menjadi negara peringkat ke 3 terpolusi di dunia. sel bahan bakar. Infrastruktur berkelanjutan dilakukan dengan memanfaatkan angin. dan alam sendiri. namun pembangunan ini juga harus memenrhatikan aspek manusia. panas bumi. kesejahteraan manusia. tenaga angin. 3.investasi ulang. Teknologi ramah lingkungan dilakukan dengan menerapkan toilet pengomposan. lingkungan. matriks logam. Pembangunan berkelanjutan sangat diperlukan mengingat banyak sekali masalah di Alam yang menghambat pembangunan di segala bidang. kenaikan suhu bumi. Infrastruktur berkelanjutan melingkupi 3 hal.o Komposit. Kita harus mampu memanfaatkan segala prinsip manajer alam untuk menciptakan pembangunan yang berkelanjutan. tidak melebihi daya tamping sistem. Teknologi Ramah Lingkungan Teknologi ramah lingkungan kini telah dikembangkan. matriks polimer. hidroelektrik. Komposit matriks terdiri atas 4 macam. Hal itu bertujuan untuk menanggulangi permasalahan yang disebabkan oleh polusi. 4. . dan mobil listrik. dan tenaga nuklir. komposit penguat dan komposit matriks. Infrastruktur Berkelanjutan Pembangunan berkelanjutan dilakukan dengan cara mengembalikan ke bentuk asal. Terdiri atas 2 jenis. tenaga surya. Faktor utama penyebabnya adalah polusi udara.

Masalah yang kita hadapi adalah pihak pihak yang tidak sadar akan pentingnya mengelola bumi Indonesia.pdf https://scele.ui.ac.id/berkas_kolaborasi/konten/mpktb_2014genap/081.id/berkas_kolaborasi/konten/mpktb_2014genap/080.id/berkas_kolaborasi/konten/mpktb_2014genap/079. Sebagai manajer pembangunan.ui.ac.pdf https://scele.pdf https://scele.ui.ac.pdf KESIMPULAN Kita sebagai warga atau penduduk Indonesia seharusnya bisa menjaga dan mengelola bumi Indonesia.id/berkas_kolaborasi/konten/mpktb_2014genap/075.Dafpus: https://scele. kita dapat melakukan hal-hal yaitu: .ac.ui.

 Mendukung layanan kesehatan elektronis yang dapat meningkatkan  kualitas pelayanan kesehatan secara umum Memelihara dan menggunakan material-material yang ada sebaik mungkin   untuk generasi yang akan datang Menggerakan infrastruktur berkelanjutan Mengembangkan teknologi ramah lingkungan agar terciptanya lingkungan yang sehat. .