You are on page 1of 7

10 Jenis Hewan Yang Hidup Di Air

1. Paus Pembunuh
Paus pembunuh adalah anggota terbesar
dalam keluarga lumba-lumba. Mereka
adalah pemburu hebat yang panjangnya bisa
mencapai 10 meter. Gigi dan rahangnya
kuat. Makanannya ikan, lumba-lumba,
anjing laut, bahkan juga paus lainnya. Paus
pembunuh dapat berenang cepat. Dengan
sirip melengkung dan ekor kuat, mereka
bisa berenang lebih dari 55 kilometer per
jam dan melompat tinggi di atas air.

2. Gurita
Gurita adalah binatang laut dengan 8
lengan yang disebut tentakel. Setiap
tentakel dapat membelit dan ada alat
penghisapnya. Gurita panjangnya 5,4
meter dan bentangan lengannya
mencapai 9 meter. Mereka hidup
dalam gua di dasar laut. Jika keluar
dari guanya, mereka bisa diserang hiu
atau belut laut.
3. Ikan
Ikan adalah anggota vertebrata poikilotermik
(berdarah dingin) yang hidup di air dan bernapas
dengan insang. Ikan merupakan kelompok
vertebrata yang paling beraneka ragam dengan
jumlah spesies lebih dari 27,000 di seluruh dunia.
Secara taksonomi, ikan tergolong kelompok
paraphyletic .

4. Flamingo

Rangka mereka berfungsi sebagai perlindungan. Hiu kepala martil memangsa hiu-hiu lainnya dan ikan pari. Tidak seperti kebanyakan ikan. Flamingo yang paling besar tingginya 1. dan Asia. Ini memungkinkan otot-ototnya untuk bekerja dengan baik. Amerika Selatan. Kuda Laut Kuda laut adalah jenis ikan yang hidup di laut dari genus Hippocampus dan famili Syngnathidae.Flamingo hidup berkelompok di Afrika. sayapnya besar. ikan bertulang. . Bintang laut tidak memiliki rangka yang mampu membantu pergerakan. lehernya ramping. Dengan satu cuping hidung dan satu mata di setiap pangkal "martil"nya. Bintang Laut Bintang laut merupakan hewan invertebrata yang termasuk dalam filum Echinodermata. dan kelas Asteroidea. 6. gurita. dan kakinya panjang dan kurus. 8. Bintang laut merupakan hewan simetri radial dan umumnya memiliki lima atau lebih lengan. Flamingo termasuk keluarga burung air berkaki panjang 5. Hewan dengan ukuran yang bervariasi antara 16 mm (untuk spesies Hippocampus denise) sampai 35 cm ini dapat ditemukan di perairan tropis dan menengah di seluruh dunia. tetapi juga berarti bahwa hiu putih besar harus memakan banyak daging. Kuda laut merupakan satu-satunya spesies yang jantannya dapat hamil. Pemangsa yang kuat ini telah diketahui membunuh orang dan bisa melaju dengan kecepatan 30 kilometer per jam. dan cumicumi. Hiu Putih Besar Hiu putih besar adalah hiu yang paling menakutkan di lautan. hiu putih besar berdarah panas.5 meter. kepiting dan lobster. mereka mengayunkan kepalanya dari satu sisi ke sisi lain.Warna tubuhnya merah muda. Mereka bergerak dengan menggunakan sistem vaskular air. Hiu Kepala Martil Hiu kepala martil memiliki kepala berbentuk seperti martil. 7.

[1] Terdapat 2 spesies gajah di dunia yaitu: 1. Gajah Afrika (Loxodonta aricana). Salah satu contoh adalah kulit lumba-lumba yang mampu memperkecil gesekan dengan air. 2. sehingga lumba-lumba dapat berenang dengan sedikit hambatan air. Secara ilmiah.9.[ . 10 Jenis Hewan Yang Hidup Di Darat 1. [rujukan?] Gajah adalah binatang menyusui (mammalia) dan merupakan hewan darat terbesar di dunia. termasuk pula buaya ikan (Tomistoma schlegelii). Gajah Asia atau Gajah India (Elephas maximus). kaiman dan gavial. Gajah Gajah adalah salah satu hewan yang ada di Indonesia. Lumba-lumba Lumba-lumba adalah mamalia laut yang sangat cerdas. 10. yakni kerabat-kerabat buaya yang berlainan suku. Meski demikian nama ini dapat pula dikenakan secara longgar untuk menyebut ‘buaya’ aligator. Sehingga banyak teknologi yang terinspirasi dari lumba-lumba. buaya meliputi seluruh spesies anggota suku Crocodylidae. Hal ini yang digunakan para perenang untuk merancang baju renang yang mirip kulit lumba-lumba. selain itu sistem alamiah yang melengkapi tubuhnya sangat kompleks. Buaya Buaya adalah reptil bertubuh besar yang hidup di air.

dan alat industri lain (seperti peremas tebu). pemakan daging (karnivora). Harimau adalah jenis kucing terbesar dari spesiesnya.000 tahun yang lalu[3] atau mungkin sudah sejak 100. Kambing ternak (Capra aegagrus hircus) adalah subspesies kambing liar yang secara alami tersebar di Asia Barat Daya . Harimau Harimau adalah hewan yang tergolong dalam filum kordata (mempunyai saraf tulang belakang). Sapi dipelihara terutama untuk dimanfaatkan susu dan dagingnya sebagai pangan manusia. Kuda Kuda (Equus caballus atau Equus ferus caballus) adalah salah satu dari sepuluh spesies modern mamalia dari genus Equus. sapi juga dipakai sebagai penggerak alat transportasi. jeroan. Hewan ini telah lama merupakan salah satu hewan peliharaan yang penting secara ekonomis dan historis.000 tahun yang lalu berdasarkan bukti genetik berupa penemuan fosil dan tes DNA. berbulu dengan kelenjar susu). 4. seperti kulit. Sapi Sapi atau lembu adalah hewan ternak anggota suku Bovidae dan anaksuku Bovinae. pengolahan lahan tanam (bajak). Kambing Kambing merupakan binatang memamah biak yang berukuran sedang. Hasil sampingan. genus panthera. 6. Anjing Anjing adalah mamalia yang telah mengalami domestikasi dari serigala sejak 15. dan tergolong dalam spesies tigris. 5. dan tanduknya juga dimanfaatkan untuk berbagai keperluan manusia. 3. sub-filum vertebrata (bertulang belakang). dan telah memegang peranan penting dalam pengangkutan orang dan barang selama ribuan tahun.2. keluarga felidae (kucing). Di sejumlah tempat. kelas mamalia (berdarah panas.

and Bali. Felis silvestris catus. Salah satu ciri khas rusa adalah adanya antler (tanduk rusa). adalah sejenis karnivora. dari kerangka kucing di Pulau Siprus. Kucing Kucing.Bos javanicus. Rusa Rusa. dan bukan tanduk. Kucing telah berbaur dengan kehidupan manusia paling tidak sejak 6. yang merupakan pertumbuhan tulang yang berkembang setiap tahun (biasanya pada musim panas) terutama pada rusa jantan (walaupun ada beberapa pengecualian). 9.(daerah "Bulan sabit yang subur" dan Turki) dan Eropa. sambar. Thailand. Laos. Vietnam. namun tanduk pada kambing jantan lebih besar.[3] tetapi bisa juga merujuk kepada "kucing besar" seperti singa. Kamboja. Banteng Banteng atau tembadau (dari bahasa Jawa. adalah hewan yang sekerabat dengan sapi dan ditemukan di Myanmar. 7. Jawa. Kata "kucing" biasanya merujuk kepada "kucing" yang telah dijinakkan. Kambing liar jantan maupun betina memiliki tanduk sepasang. bant ṭèng). atau menjangan (Bahasa Inggris: deer) adalah hewan mamalia pemamah biak (ruminan) yang termasuk familia Cervidae. . harimau. dan macan. 8.000 tahun SM. Banteng dibawa ke Australia Utara pada masa kolonisasi Britania Raya pada 1849 dan sampai sekarang masih lestari. Kalimantan.

10 Hewan Yang Hidup Di Udara 1.). Burung Elang Elang merupakan salah satu dari hewan yang terdapat di seluruh Indonesia. Tidak seperti kera. Kedua macam serangga ini jarang berada jauh-jauh dari air. tempat mereka ber telur dan menghabiskan masa pra-dewasa anak-anaknya. Monyet Monyet adalah istilah untuk semua anggota primata yang bukan prosimia ("pra-kera". eagle atau elang merujuk pada burung pemangsa berukuran besar dari suku Accipitridae terutama genus Aquila. Namanya dalam bahasa daerah adalah papatong (Sd.). kinjeng (Jw. kasasiur (bjn). Monyet diketahui dapat belajar dan menggunakan alat untuk membantunya dalam mendapatkan makanan.). genus Accipiter). 3. 2. Dalam Bahasa inggris. Kalelawar Kelelawar adalah mamalia yang dapat terbang yang berasal dari ordo Chiroptera dengan kedua kaki depan yang berkembang menjadi sayap. baik yang tinggal di Dunia Lama maupun Dunia Baru.10. Sementara itu burungburung pemangsa yang lebih kecil dalam Daftar Burung Indonesia nomor 2 diseb ut Elang-alap (Hawk. monyet biasanya berekor dan berukuran lebih kecil. tjapung 4. Capung Capung atau sibar-sibar dan Capung Jarum adalah kelompok serangga yang tergolong ke dalam bangsa Odonata. Hingga saat ini dikenal 264 jenis monyet yang hidup di dunia. Burung beo . coblang (Jw. seperti lemur dan tarsius) atau kera.

istilah "dara" dan "merpati" dapat saling menggantikan. Dalam percakapan umum. dan Australia timur.Beo. Wilayah persebaran alaminya adalah mulai dari Sri Lanka. Burung Gagak Gagak adalah anggota burung pengicau (Passeriformes) yang termasuk dalam marga Corvus. India. mamiang. 6. Daerah sebarannya ada di seluruh benua dan kepulauan. dengan perkecualian di Amerika Selatan. Ukuran burung cendrawasih mulai dari Cendrawasih raja pada 50 gram dan 15 cm hingga Cendrawasih paruh-sabit Hitam pada 110 cm dan Cendrawasih manukod jambul-bergulung pada 430 gram. Papua Nugini. Burung merpati Merpati dan dara termasuk dalam famili Columbidae dari ordo Columbiformes. Burung Cendrawasih Burung-burung cendrawasih merupakan anggota famili Paradisaeidae dari ordo Passeriformes. sayap atau kepalanya. . Mereka ditemukan di Indonesia timur. Hampir semua jenis burung ini berukuran relatif besar dan berwarna bulu dominan hitam. ke timur hingga Filipina. Himalaya. jawa hingga kepulauan sunda kecil. pulau-pulau selat Torres. 5. 7. terutama bulu yang sangat memanjang dan rumit yang tumbuh dari paruh. yang mencakup sekitar 300 spesies burung kerabat pekicau. suku Corvidae. Burung anggota keluarga ini dikenal karena bulu burung jantan pada banyak jenisnya. atau tiong emas (Gracula) adalah sejenis burung anggota suku Sturnidae (jalak dan kerabatnya).