You are on page 1of 23

KEMITRAAN SEKOLAH

DENGAN
PIHAK EKSTERNAL
PUSAT PENGEMBANGAN TENAGA

Kompetensi
1. Menganalisa aspekaspek program
kemitraan sekolah
dengan pihak eksternal;
2. Mengimplementasikan
program kemitraan
sekolah dengan pihak
eksternal.
PELATIHAN PENINGKATAN KOMPETENSI PSKS
TAHUN 2015

2

135’ 25’ 20’ PELATIHAN PENINGKATAN KOMPETENSI PSKS TAHUN 2015 3 .

PETA KONSEP PELATIHAN PENINGKATAN KOMPETENSI PSKS TAHUN 2015 4 .

PELATIHAN PENINGKATAN KOMPETENSI PSKS TAHUN 2015 5 . dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia artinya teman. kawan kerja Kemitraan diartikan sebagai hubungan kooperatif antara orang atau kelompok orang yang sepakat untuk berbagi tanggungjawab untuk mencapai tujuan tertentu yang sudah ditetapkan. Mitra. sahabat.Secara etimologis. kata atau istilah kemitraan adalah kata turunan dari kata dasar mitra.

tenaga sukarela. Meningkatkan kreativitas.Mendapatkan informasi terkini. PELATIHAN PENINGKATAN KOMPETENSI PSKS TAHUN 2015 6 . tenaga ahli. Melaksanakan proyek bersama. Memperoleh bantuan perlatan. Mendapatkan beasiswa. Mendapat kesempatan berbagi pengalaman.

Formal Inormal Bentuk kerjasama yang didasarkan pada satu kesepakatan atau perjanjian yang sifatnya mengikat dan dituangkan dalam dokumen naskah bersama. Didasarkan kesepakatan yang tidak mengikat dan tidak dituangkan dalam dokumen naskah kerjasama. tetapi lebih merupakan sebagai wujud adanya cooperative. kebersamaan. saling menghargai dan menghormati keberadaan dari lembaga masingmasing PELATIHAN PENINGKATAN KOMPETENSI PSKS TAHUN 2015 7 .

PELATIHAN PENINGKATAN KOMPETENSI PSKS TAHUN 2015 8 . Contoh Pengembangan kurikulum dan bahan ajar Standarisasi dan sertifikasi Peningkatan kompetensi guru Lomba keterampilan guru atau siswa Penelitian/proyek bersama Benchmarking Pengembangan kewirausahaan Program sister school Bantuan fisik.Bentuk kegiatan yang telah disepakati untuk dilakukan bersama-sama oleh pihak-pihak yang terkait dalam perjanjian kerjasama dalam kemitraan dan saling menguntungkan. Partisipasi masyarakat dalam pembelajaran.

BNSP. • BSNP. UNEVOC •DU/DI •Masyarakat PELATIHAN PENINGKATAN KOMPETENSI PSKS TAHUN 2015 9 . bagian produksi dsb • Masyarakat: orang tua siswa. tokoh masyarakat LUAR NEGERI Pemerintahpusat/ daerah dari berbagai negara. •Institusi pendidikan/penelitian •Organisasi pendidikan dan pelatihan: SEAMEO VOCTECH .DALAM NEGERI Institusi pemerintah/swasta: • Kementerian di lingkungan pemerintahan. CPSC. • KADIN • DU/DI : pusat pelatihan.

Lembaga Pemerintah. orang tua siswa.Penanaman wawasan berpikir bahwa sekolah adalah milik masyarakat.Pertemuan rutin: DU/DI. PELATIHAN PENINGKATAN KOMPETENSI PSKS TAHUN 2015 10 . komite sekolah. 2.Mengelola bantuan finansial dan non finansial dengan terbuka. 3. tokoh masyarakat lainnya.Strategi pemberdayaan masyarakat: 1. Swasta. alumni.

PELATIHAN PENINGKATAN KOMPETENSI PSKS TAHUN 2015 11 .

NEGOSIASI Proses tawar menawar dengan jalan berunding guna mencapai kesepakatan bersama antara satu pihak (kelompok atau organisasi) dan kelompok atau organisasi yang lain. PELATIHAN PENINGKATAN (Wikipedia) TAHUN 2015 KOMPETENSI PSKS 12 . (KBBI) Bentuk interaksi sosial saat pihak-pihak yang terlibat berusaha untuk saling menyelesaikan tujuan yang berbeda dan bertentangan.

NEGOSIASI suatu cara untuk mencapai suatu kesepakatan melalui disukusi formal. (Kamus Oxford) Negosiasi adalah suatu upaya untuk mencapai PELATIHAN PENINGKATAN KOMPETENSI PSKS TAHUN 2015 13 .

NEGOSIASI PELATIHAN PENINGKATAN KOMPETENSI PSKS TAHUN 2015 14 .

Daftar rujukan 10. Pendahuluan 3.PROPOSAL 1. Unsur-unsur yang terlibat kemitraan 9.Lampiran PELATIHAN PENINGKATAN KOMPETENSI PSKS TAHUN 2015 15 . Perumusan dan pemecahan masalah 4. Metode kemitraan 7. Tujuan dan manfaat kemitraan 5. Judul Proposal 2. Jadwal kemitraan 8. Tinjauan pustaka 6.

MoU harus benar-benar memperhatikan aspek legal.Memorandun of Understanding (M Memorandun of Understanding (MoU) merupakan payung dari kerjasama yang akan dilakukan. PELATIHAN PENINGKATAN KOMPETENSI PSKS TAHUN 2015 16 .

Beberapa hal yang perlu dicermati pada saat membuat MoU adalah: a. c. e. PELATIHAN PENINGKATAN KOMPETENSI PSKS TAHUN 2015 17 . Terdapat kesepakatan kedua belah pihak tanpa dasar paksaan apapun. Masing-masing pihak yang akan terikat dengan surat perjanjian kerjasama ini wajib memberikan identitas yang benar dan jelas. b. d. Objek dalam surat kerjasama diterangkan dengan jelas. Terdapat latar belakang kesepakatan atau retical. Perjanjian kerja sama sesuai dengan hukum yang berlaku serta mengikat kepentingan umum.

yang dijelaskan/dituangkan dalam pasal-pasal dan ayat-ayat. i. g. Adanya tanda tangan kedua belah pihak. Isi perjanjian harus jelas untuk kedua belah pihak.f. dan ada saksi-saksi yang juga wajib menandatangani surat perjanjian. PELATIHAN PENINGKATAN KOMPETENSI PSKS TAHUN 2015 18 . Terdapat juga pembahasan tentang mekanisme penyelesaian apabila terjadi sengketa antara kedua belah pihak h. Terdapat salinan dalam surat perjanjian.

3. 4. 2.Ketentuan lain 12. 5. Identitas kerja sama Program kerja sama Latar belakang kerjasama Maksud dan tujuan kerja sama Tempat dan waktu kerja sama Lingkup kerjasama Pasal-pasal perjanjian kerja sama Tanggung jawab dan kewajiban kerja sama 9.1. 6.Tanda tangan kedua belah pihak PELATIHAN PENINGKATAN KOMPETENSI PSKS TAHUN 2015 19 . Prosedur kerja sama 10.Prosedur penyelesaian masalah 11. 7. 8.

Dibiayai bersama oleh pihakpihak yang bekerjasama. PELATIHAN PENINGKATAN KOMPETENSI PSKS TAHUN 2015 20 . Lembaga donor. Salah satu institusi pelaksana.Pembiayaan bagi pelaksanaa kemitraan dapat bersumber dari berbagai pihak seperti: Pemerintah pusat/daerah.

Rencana tindak disusun dengan maksud untuk memberikan arah tentang apa yang akan dituju.Program tindak lanjut adalah sebuah rencana kerja atau rencana kegiatan yang bersifat spesifik dan operasional untuk jangka waktu yang relatif pendek. kapan akan dilakukan dan bagaimana cara melakukannya. PELATIHAN PENINGKATAN KOMPETENSI PSKS TAHUN 2015 21 .

PELATIHAN PENINGKATAN KOMPETENSI PSKS TAHUN 2015 22 .

PELATIHAN PENINGKATAN KOMPETENSI PSKS TAHUN 2015 23 .