You are on page 1of 21

MODUL PENGENALAN

DAN PETUNJUK PRAKTIS

Google

SketchUp 8

MIRSYAD HUSAIN, ST
2015

Pada modul ini kita akan membahas mengenai:
1. Pengenalan Dasar Sketchup (View Command and Shortcut)
2. Setup Unit
3. Import Object
4. Drawing Object
5. Modelling Object
6. Finishing Object
7. Export Object

default tools icon working area .(red hidden lines) .Z+-up (blue).(blue hidden lines) .X+(red). Y-(green hidden lines) measurement / ukuran .default perspective view .Y+(green). X. Z.

[R] Tape Measure – [T] PAN (geser viewpoint) . dll.[H] .SHORTCUT SkethUp didesain agar TANGAN KANAN memegang mouse untuk create object. Jadi lebih nyaman bekerja tanpa TANGAN KANAN harus terinterupsi untuk menekan tombol ikon.[O] Move – [M] Rotate – [Q] Line – [L] Scale – [S] Circle – [C] Zoom Extents – [Shift+Z] Arc – [A] Paint Bucket – [B] Rectangle . sedangkan TANGAN KIRI menekan tombol keyboard shortcut yang diinginkan. BASIC VIEW COMMAND DEFAULT SHORTCUT COMMAND Select – [Spacebar] Push/Pull – [P] ZOOM (memperbesar/memperkecil .[Z/Scroll] Eraser – [E] Offset – [F] ORBIT (memutar viewpoint) . editing.

precision 0.SETUP UNIT Google SketchUp bekerja pada unit nyata dalam kehidupan.01 m .00 m. Pemilihan unit tersebut dilakukan sesuai dengan gambar yang anda ingin buat. jadi anda dapat bekerja dengan berbagai jenis satuan panjang. dan centang enable length snapping dan masukkan 0. Untuk pemilihan unit yang dipakai yaitu Window > Model Info > Unit. pada kolom format pilih format decimal dan meters.

masuk ke menu FILE > Import. Pada aplikasi Google SketchUp. 2. .SIMULASI 3D SEDERHANA IMPORT OBJECT 1. 3. kemudian tekan Open. Pilih file jpeg layout peta yang ingin dibuatkan simulasi 3Dnya. Klik Use as Image.

Tarik pointer ke arah samping. langkah selanjutnya adalah men-skala-kan gambar tersebut ke ukuran yang sebenarnya.Setelah menekan Open. tiap grid peta mewakili 50 meter. akan muncul gambar layout peta yang dipilih. Arahkan pointer ke titik pusat axis (sumbu). (Dalam contoh. kemudian klik. 3 grid berarti 150 meter). kemudian tekan Enter. 2. 1. 2 Titik Pusat Axis 1 3 Ukuran . dan ketikkan ukuran atau panjang gambar sebenarnya.

1. Digitasi salah satu sisi jalan menggunakan Line [L] atau menggunakan Arc [A]. Arc . atau sesuai dengan kebutuhan dan kenyamanan dalam bekerja. . Hal pertama yang sebaiknya di digitasi (digambar) dalam pembuatan simulasi 3D adalah jalan. kemudian bangunan. Circle .DRAWING OBJECT Drawing object dilakukan dengan menggunakan beberapa drawing tools berupa Line Rectangle .

select seluruh garis yg anda telah buat. kemudian offset ke sisi seberang jalan dan ketikkan lebar jalan. [F] . pada contoh 8 m.2. Offset Ukuran Lakukan langkah tersebut untuk jalan yang lain. Setelah salah satu sisi jalan telah didigitasi.

3. Surface Closed Polyline otomatis menjadi surface!! . Buat garis di kedua ujung garis jalan untuk membuat surface.

4. Untuk membuat simpang jalan. gunakan Arc [A]. . kemudian hapus garis-garis yang tidak perlu.

ataupun Rectangle sesuai kebutuhan dan kenyamanan anda. Ingat. Langkah selanjutnya adalah digitasi bangunan menggunakan Line. Arc.5. Circle. surface tidak terjadi apabila ada garis yang terputus!! Layout 2D sudah jadi!! .

anda sebaiknya sering menggunakan shortcut view command yaitu Orbit [O]. . Angkat/Extrude satu persatu bangunan dengan ketinggian yang diinginkan menggunakan tools Extrude (Push/Pull) (dalam contoh ketinggian tiap lantai adalah 5 meter).MODELLING OBJECT Modelling object dilakukan dengan menggunakan editing tools berupa Extrude (Push/Pull) Rotate [P]. ataupun [Q]. Move [M]. Untuk kemudahan dalam melakukan modelling 3D. Lakukan hal yang sama untuk jalan. Hasilnya akan seperti gambar di bawah: [P]. Pan [H]. View command memudahkan kita untuk melihat perspektif object yang ingin kita bentuk ataupun yang telah dibentuk. dan Zoom [Scroll].

misalnya: aspal. kendaraan. dll 1. dll. Jenis Material . lantai bangunan. pohon. dan penambahan ornamen lain ke dalam simulasi yang dibuat seperti manusia. Paint Bucket [B] Tool ini berfungsi untuk memberi rendering pada permukaan objek. rumput.FINISHING OBJECT Finishing object dilakukan dengan tools Paint Bucket [B].

klik Window > Component. anda juga bisa memilih component yang anda punya atau yang telah di download yang tersimpan pada komputer anda.2. Component (Ornamen Tambahan) Tool ini berfungsi untuk menambahkan komponen seperti manusia. klik icon details > open or create a local collection dan buka direktori dimana component anda tersimpan. Setelah muncul kotak dialog component. pohon. Dari kotak dialog component. Untuk menambahkan component. kendaraan. furniture dll. Icon Details . anda boleh memilih component standar yang telah disediakan oleh sketchup.

ON FACE . Apabila objek snap ini sudah muncul. artinya objek itu sudah berada tepat di atas surface. yang harus diperhatikan adalah penempatan harus tepat di atas SURFACE lansekap yang ditunjukkan dengan munculnya objek snap berwarna biru bertuliskan ON FACE pada permukaan bawah objek komponen.Penambahan objek komponen dilakukan dengan klik pada gambar objek yang diinginkan kemudian drag ke permukaan lansekap. Ketika menempatkan objek.

Tambahkan component lain yang anda butuhkan untuk memperindah simulasi 3D anda. anda cukup klik icon navigation dan memilih direktori yang ada pada kolom recent maupun favorite. . Anda dapat memilih kembali direktori yang telah anda gunakan sebelumnya tanpa mencari direktori seperti sebelumnya.

otomotais object akan ter-copy. . Tambahkan semua component yang anda inginkan untuk memperindah simulasi 3D anda. kemudian tekan CTRL pada keyboard anda. kemudian tekan Move [M]. anda cukup select object yang ingin di-copy. usahakan pointer mengklik daerah yang bersentuhan dengan surface.Jika anda ingin meng-copy component yang telah ada pada model.

hal pertama yang harus dilakukan adalah menentukan view perspective yang anda inginkan untuk dijadikan gambar. karena nantinya gambar yang akan ter-Export adalah view perspective yang tampil pada lembar kerja anda.EXPORT OBJECT Setelah semua component telah ditambahkan. Kemudian tekan menu File > Export > 2D Graphics . dan anda ingin mengubahnya menjadi sebuah gambar.

dan kemudian tekan Export. .Setelah itu akan muncul kotak dialog Export 2D Graphics. anda cukup menentukan direktori file tempat anda ingin memyimpan. kemudian ubah nama file foto.

langit belum ada.Berikut contoh hasil simulasi 3D yang telah saya buat pada lokasi yang sama dengan sedikit tambahan editing photo di photoshop. jadi anda harus menambahkannya pada photoshop atau aplikasi editing photo lainnya. SEKIAN DAN TERIMA KASIH SELAMAT MENCOBA!! . Pada hasil Export pada Sketchup.