You are on page 1of 20

TEORI ATOM

{

Oleh:
Annisa Elysia Pramesti
Nazya Irene Zahira

ATOM SEBAGAI UNIT PEMBANGUN MATERI

Atom adalah unit pembangun segala macam materi. Unsur
terdiri dari sejenis atom, sedangkan senyawa terdiri dari
beberapa jenis atom.

perbandingan massa unsur unsur dalam tiap senyawa dalah tetap . massa sebelum dan massa sesudah reaksi adalah sama dan HUKUM PERBANDINGAN TETAP  yang dikemukakan oleh Joseph Proust yang menyatakan bahwa dalam suatu zat kimia murni. Dia mengemukakan teori berdasarkan HUKUM KEKEKALAN MASSA yang dikemukakan oleh Antonie Lavoiser yang menyatakan bahwa dalam suatu reaksi. Teori Atom Dalton  John Dalton adalah seorang guru kebangsaan inggris.A.

Model Atom John Dalton MODEL ATOM DALTON SEPERTI BOLA PEJAL: .

Reaksi kimia merupakan penataan ulang atom a. Teori Atom . Senyawa terdiri dari dua atau lebih jenis atom 5. Semua materi terdiri dari atom 2. Setiap unsur terdiri dari sejenis atom 3. Atom bagian terkecil suatu unsur yang tak dapat dibagi dan masih mempunyai sifat unsur tersebut . Atom-atom dari unsur yang sama adalah identik 4.Teori Atom Dalton . Atom tak dapat dimusnahkan maupun diciptakan 6. Menyatakan: 1.

B.J. J. . Selanjutnya. Thomson menamakanya elektron. Teori Atom J.Oleh karena berasal dari katode. Berdasarkan hal itu. J Thomson menemukan Elektron. Melalui percobaan dapat ditunjukkan bahwa perpendaran itu disebabkan oleh suatu radiasi yang memancar dari permukaan katode menuju anode. maka radiasi ini disebut sinar katode. Percobaan lebih lanjut menunujukan bahwa sinar  katode merupakan radiasi partikel yang bermuatan listrik negatif. Penemuan elektron berkaitan dengan percobaan-percobaan tentang hantaran listrik melalui tabung hampa. Thomson menyimpulkan bahwa elektron merupakan partikel dasar penyusun atom.Thompson  Dasar eksperimen: Pada Tahun 1900.

atom terdiri dari materi bermuatan positif dan di dalamnya tersebar elektron bagaikan kismis dalam roti kismis. . Sehingga dapat disumpulkan. J Thomson mengajukan model atom yang menyerupai roti kismis. menurut thompson atom adalah bola proton yang diisi dengan elektron. Menurut Thomson. J.Model Atom Thompson   Setelah penemuan elektron pada tahun 1900.

TEORI ATOM THOMSON  Atom berupa bola yang bermuatan positif dengan adanya elektron yang bermuatan negatif di sekelilingnya. .

KELEBIHAN DAN KEKURANGAN   Kelebihan model atom Thomson  Membuktikan adanya partikel lain dalam atom yaitu elektron yang bermuatan negatif . sehingga atom bukan partikel terkecil lagi Kelemahan model atom Thomson  Belum dapat menerangkan bagaimana susunan muatan positif dalam bola dan jumlah elektron .

Elektron beredar mengitari inti pada jarak yang relatif sangat jauh.  Mereka menemukan bahwa sebagian besar partikel alfa dapat menembus lempeng emas tanpa pembelokkan berarti. seolah-olah lempeng emas itu tidak ada. Partikel alfa yang terpantul itu pastilah telah menabrak sesuatu yang sangat padat dalam atom. Teori Atom Rutherford DASAR EKSPERIMEN:  Pada tahun 1910. Mereka menembaki lempeng emas yang sangat tipis dengan partikel sinar alfa berenergi tinggi. yaitu Hans Geiger dan Ernest Marsden. melakukan serangkaian percobaan untuk mengetahui lebih banyak tentang susunan atom. Ernest Rutherford bersama dua orang asistennya. Lintasan elektron itu disebut kulit atom. • Pada tahun 1911. sebagian besar dari massa dan muatan positif atom terkonsentrasi pada bagian pusat atom yang selanjutnya disebut inti atom.C. . Menurut Rutherford. Akan tetapi. bahkan di antaranya dipantulkan. kemudian mereka menemukan bahwa sebagian kecil dari partikel alfa mengalami pembelokan yang cukup besar. Rutherford menjelaskan penghamburan sinar  alfa dengan mengajukan gagasan tentang inti atom.

HASIL EKSPERIMEN DENGAN SINAR ALFA .

1.TEORI ATOM RUTTHERFORD Atom terdiri dari inti atom yang sangat kecil dan bermuatan positif. Atom bersifat netral. 3. sehingga jumllah proton sama dnegan jumlah atom yang mengelilinginya. Inti atom bermuatan positif dan sebagian besar atom berkumpul di intinya Rutherford menduga bahwa di dalam inti atom terdapat partikel netral yang berfungsi mengikat partikel-partikel positif agar tidak saling tolak menolak. 2. . dikelilingi oleh elektron yang bermuatan negatif. 4.

Berdasarkan teori fisika.kelamaan energi elektron akan berkurang dan lintasannya makinlama akan mendekati inti dan jatuh ke dalam inti .KELEBIHAN DAN KELEMAHAN   Kelebihan dari model atom ini   Membuat hipotesa bahwa atom tersusun dari inti atom dan elektron yang mengelilingi inti Kelemahan dari Rutherford  Tidak dapat menjelaskan mengapa elektron tidak jatuh ke dalam inti atom.    gerakan elektron mengitari inti ini disertai pemancaran energi sehingga lama .

D. TEORI ATOM BOHR DASAR EKSPERIMEN Diawali dari pengamatan Niels Bohr terhadap spektrum atom. . Lintasan elektron tersebut berupa lingkaran dengan jari-jari tertentu yang disebut sebagai kulit atom. adanya spektrum garis menunjukkan bahwa elektron hanya beredar pada lintasan-lintasan dengan energi tertentu.

MODEL ATOM BOHR .

M.   Rumus Jumlah Elektron: 2 . Dalam elektron terdapat lintasan-lintasan tertentu tempat elektron dapat mengorbit inti tanpa disertai pemancaran atau menyerap energi. mulai dari 1. L. N. dengan n = 1. dan seterusnya. Lintasan itu. dan seterusnya. yang dinyatakan dengan lambang K. 2. adalah orbit berbentuk lingkaran dengan jari-jari tertentu. Setiap lintasan ditandai dengan satu bilangan bulat yang disebut bilangan kuantum utama (n). 3. yang juga disebut kulit atom. dinamai kulit K.Teori Atom 1. Lintasan pertama. dan seterusnya. 4.

. lintasan yang akan ditempati oleh elektron bergantung pada energinya. Apabila suatu atom mendapatkan energi dari luar (misalnya dipanaskan atau disinari). Pada keadaan normal (tanpa pengaruh luar). elektron menempati tingkat energi terendah. maka electron akan menyerap energi yang sesuai sehingga berpindah ke tingkat energi yang lebih tinggi. dan tidak boleh berada di antara dua lintasan. Keadaan demikian disebut keadaan tereksitasi (excited state). Elektron hanya boleh berada pada lintasan-lintasan yang diperbolehkan (lintasan yang ada). keadaan seperti itu disebut tingkat dasar (ground state).2.

Sebaliknya. Elektron dapat berpindah dari satu kulit ke kulit lain disertai pemancaran atau penyerapan sejumlah tertentu energi.3. . Perpindahan elektron ke kulit lebih dalam akan disertai penyerapan energi. perpindahan elektron ke kulit lebih dalam akan disertai pelepasan energi.

.KELEBIHAN DAN KELEMAHAN TEORI Kelebihan Teori Atom Bohr   Menjawab kelemahan dalam model atom Rutherford dengan mengaplikasikan teori kuantum. yaitu spektrum atom yang lebih rumit apabila atom ditempatkan pada medan magnet. Kelemahan Teori Atom Bohr   Tidak dapat menerangkan efek Zaeman.  Menerangkan dengan jelas garis spektrum pancaran (emisi) atau serapan (absorpsi) dari atom hidrogen.

SEKIAN DAN TERIMAKASIH .