You are on page 1of 12

VASKULARISASI COLLI

1 A.Carotis Communis
Setinggi artic. Sternoclavicularis (CIII/IV) pecah menjadi:

A.

Carotis

interna

tidak

mengeluarkan

percabangannya

perjalanannya menuju cranii

A. Carotis Externa
Cabang langsung : a.tyroidea sup./ ima
Bagian anterior:
- a.lingualis
- a. facialis
- a. maxillaris
- a. temporalis superficialis sebagai cabang terminal
Bagian posterior:
– a.pharingea ascenden
– a.occipitalis
– a.auricularis posterior

2 A. Subclavia
Dextra cabang dari truncus brachioCranialicus
Sinistra dari arcus aorta
Dibagi 3 oleh M. scaleni anterior

A. Vertebralis terdiri atas 3 bagian:
- pars vertebralis
- pars cervicalis
- pars intercranialis

A. Thoracica interna

Truncus Tyrocervicalis

Truncus costocervicalis

Vena:

Vena superficialis:
1. V.Jugularis externa

selama

carotis externa memvaskularisasi struktur luar kepala dan sebagian besar leher. digastricus dan m.Vena jugularis interna yang mengalirkan vena dari otak . v. A. B.carotis interna dan a.carotis interna memvaskularisasi struktur dalam kepala.r. stylohyoideus.carotis externa. carotis communis di sebelah lateral trachea dan esophagus.di depan mm.2.subclavia dextra dipercabangkan oleh arteria anonyma (truncus brachiocephalica) ketika di belakang manubrium sterni.omohyoideus memberi cabang-cabang:  Ramus hyoldeus. A.maxillaris interna. V. Jugularis anterior • Vena Profundus . Kira-kira setinggi cornu superius cartilage thyreoidea mempercabangkan a.scaleni longus colli dan n. berjalan menuju Os hyoldeum  Ramus stemocidomastoideus. berjalan ke lateral bawah datang . Berjalan di sebelah dorsal margo posterior ramus mandibulae setelah sampai di medial collum mandibulae bercabang dua sebagai cabang terminal a. leher A.m. Xll. facialis communis dan n.descendens N. kepala. cavitas cranii dan orbita.carotis communis dextra bersama a. sebagian tertutup oleh m.sternomastoideus. Letak A. hypoglossus.disebelah dorsal m. Arteria Carotis Externa Terletak hampir lurus ke kranial. di belakang lobus glandula thyroidea. A. A.omohyoideus. Arteri ini sebagian tertutup oleh venter superior M. Arteria Carotis Communis Arteria carotis communis kanan dan kiri masing-masing bercabang menjadi arteri carotis externa dan arteri carotis interna.temporalis superficialis dan a.vagus.carotis externa memberi cabang: 1.carotis externa melengkung ke depan bawah sampai sebelah lateral lobus glandulae thyreoideae. thyroidea superior : dipercabangkan dari dinding depan tepat permulaan a.

hyoglossus berjalan di atas m. Cabang terminal menuju ke glandula thyreoidea sebagai ramus posterior dan ramus anterior. genioglossus. mylohyoideus dan m. a. ke depan memvaskularisasi dasar mulut. hyoglossus dating di atas m. gusi dan gigi depan dan mempunyai cabang menembus m. genioglossus di belakang gld. berjalan di submucosa larynx beranastomose dengan a. longituditas inferior dan m.pada sternomastoideus c. laryngea inferior d. tertutup oleh venter posterior m. a. hyoideus. Ramus cricothyreoideus dipercabangkan setinggi m. di sebelah medial m. longitudinalis inferior dan m. Lingualis : dipercabangkan dari dinding depan setinggi cornu mayus ossis hyoidei melengkung ke atas di luar m. e. maxillaris externa : dipercabangkan di atas a. ke Os hyoideum b. member cabang-cabang : a. stylohyoideus ke depan seperti huruf S diatas permukaan gld. profunda lingue. dipercabangkan di tepi dorsal m.lingualis. r. laryngea superior. memberi cabang-cabang : . datang di sebelah medial m.sublingualis.cricothyreoideus memvaskularisasi otot-otot larynx. genioglossus beranastomose dengan sisi lain pada frenulum lingue. 2. dorsales lingue. masseter ke daerah muka. A. sublingualis. ke alas depan di alas m. 3. rr. A. thyrohyoideus menembus membrana hyoithyroidea. contrictor pharyngeus medius ke depan sejajar os hyoideum. digastricus dan m. berjalan di sebelah medial m. sublingalis d.submandibularis di antara glandula dan mandibula menyilang basis mandibulae ke atas di tepi depan m. hyoglossus memvaskularisasi radix lingue dan tonsilla palatine c. mylohyoideus beranastomose dengan n.

diantara processus mastoideus dan auricula mempercabangkan a. tonsilla palatina dan palatum molle a. menembus m. berjalan ke lateral dan dorsal sampai pada m. berjalan di dalam m. A. constrictor pharyngeus superior. Occipitalis : dipercabangkan dari dinding belakang dan menurut letaknya terhadap m. A. 7.stelomastoidea.digastricus.occipitalis major dan memvaskularisasi ran oksipital kepala. mylohyomdeus di antara glandula submandibularis ke depan ke regio submentalis beranastomose dengan a. Sternocleidomastoidea : dipercabangkan setelah memperacabangkan a.contrictor pharyngeus superior ke c. berjalan di atas m. X. a. maxillaris externa. a. berjalan ke atas belakang ditutupi glandula parotis. ke medial mengikuti mievator veli palatini dan memvaskularisasi palatum  molle dan pharynx r. temporalis superficialis (dibahas di region muka / keapala) 5.  Medial. palatiana ascendens. labialis inferior.v. angularis 4. melalui sulcus occipitalis ossis temporalis  posterior. sternomastoideus 6. glandularis. A. tonsillaris. terletak di Irigonum caroticum di bawah venter posterior m. XII. d. sublingualis. labialis superior dan a. dipercabangkan dekat pangkal.jugularis interna dan N. ke gld.sternomastoideus. auricularis posterior : dipercabangkan dari dinding dorsal. menyilangi acarotis interna. .submandibularis e. stylopharyngeus di antara otot ini dan styloglossus datang di luar m. keatas menuju m. r. submentalis. Dibagi tiga bagian :  anterior.trapezius bersama n. XI. A.

styloglossus dan stylopharyngeus dan a.auricurales dan r. A. Acarotis interna berjalan di depan mm. Pada dinding sinus terdapat baroreceptor yang dapat terpacu oleh perubahan tekanan darah.jugularis interna terpisah oleh m.carotis externa berjalan ke belakang di sebelah lateral dinding pharynx. medial mstyloglossus dan stylopharyngeus stydatang di basis cranil memberi cabang-cabang rr. di kang v. C.meningea posterior.carotis cranii masuk ke cavum cranii melalui canalis caroticus. 4 s/d VC 1 di sebelah lateral pharynx. Apharyngea ascendens : dipercabangkan dari dinding posterior setelah mempercabangkan a.subclavia a.carotis externa dan interna terdapat bangunan disebut „carotid :glomus caroticus yang merupakan chemoreceptor. A maxillaris interna (dibahas pada regio muka) 9.lingualis.dan a.subclavia brachiochephalicus). yang dapat terpacu oleh perubahan yyn di dalam darah(misalnya pada anoxia akan menyebabkan pacuan terhadap denyut jantung dan respirasi). a.longi capitis dan longi cervicis didepan tuberculum anterius processus transversus VC.anonyma sinistra (truncus dipercabangkan langsung oleh arcus aortae.tympanica inferior. A. D. Dipercabanqan antara a. Subclavia Merupakan pembuluh nadi utama yang memvaskularisasi membrum superius.pharingei. Masing-masing a. occipitalis. berjalan ke kranial antara a. A. Carotis Interna Tepat setetah dipercabangkan arteri ini mengadakan pembesaran disebut sinus caroticus.subclavia dibagi dalam 3 bagian yaitu : . 8. dipercabangkan sedangkan oleh a.rr.

sternomastoideus. sinus petrosus inferior.retromandibularis.pharyngea.membawa darah dan sebagian muka dan atap kepala serta sebagian regio coil superficialis.jugularis anterior.maxillaris.thyreoidea. leher ini berjalan di antara foramen jugulare sampai di belakang extremitas sternalis claviculae.carotis communis. Vena ini mendapat darah dari v. ingularis externa posterior dan v. Vena jugularis Interna dibungkus oleh vagina carotica.auricularis anterior.cervicalis profundi dan jugularis. F. Disepanjang vena jugularis terdapat Inn. sedangkan rdapat ketika vena itu bermuara pada vena bronchocephalica. E. Vena Jugularis Externa Vena jugularis externa merupakan pembuluh darah bahk. Vasa Lymphatica Di leher terdapat lymphonodi cervicalis superficialis dan lymphonodi . v. N.axillaris.facialis. Letak vena ini kira-kira dari angulus mandibulae ke kaukodorsal pada pertengahan clavicula. Vena jugularis externa bermuara pada subclavia.- bagian pertama dan pangkal hingga tepi medial m.omohyoldeus.scalenus sampai di tepi luar costal.temporalis superficialis. di luar m. di sebelah dorsotateral a. V.sternomastoideus dan di bawah platysma myoldeus. G. dan vv. v.XI dan ansa cervicalis. v. venter m. berganti nama menjadi a.scalenus anterior - bagian kedua terletak di belakang otot tersebut - bagian ketiga tenletak di sebelah lateral m. Vena jugularis interna Vena jugularis interna merupakan pembuluh darah balik mernbava darah dan otak.facialis. vv. Vena ini terletak di bawah m. Pada ujung kranial dan kaudal terdapat pembesaran yang disebut bulbus superior dan Bulbus superior terdapat ketika vena itu melalui foramen jugulare. Vena ini mendapat darah dari sinus sigmoideus. v.

dan dari Inn. retropharyingealis dan lnn. . 1.occipitalis. terdapat setinggi cornu majus os hyoldeum. Nodus ini terletak di atas tendo m.submentalis. sternomastoideus dibagi dalam beberapa kelompok yaitu superior. Inn. Dari jaringan lnn.omohyoideus. terdapat disepanjang vena jugularis interna di bawah m. dibaah venter posterior m.servicalis profundi bagian atas Inn. disebut juga nodus juguloomohyoideus. - Dari cavitas nasi dan sinus paranasalis ke lnn.submentahs. mengalir ke lnn. Inn. pada trigonum colli anterior terdapat disepanjang vena jugularis anterior b.cervicalis Jalanya Aliran Lymphe a.cervicalis superficial. submandibularis. berdasar Ietaknya dibedakan menjadi dua bagian: a. disebut juga nodus juulo digastricus. aliran lymphe n. cervicalis profundi media. lnn.cervicaks profundi. Dari jaringan profunda leher dan kepala abran lymphe sebagai berikut: - dari arcus media ke Inn.cervicaks profundi bagian atas. media dan inferior. disebut juga nodus cervicalis transversus = supraclavicularis. superficialis leher lnn. Nodus ini menenima aliran lymphe dan bdah c. a.submandibularis. Inn. Nodus ini menerima ahran Lymphe dan sepertiga dorsal lidah dan tonsila palatina b. pada trigonum colli posterior terdapat disepanjang vena jugularis externa 2. lnn. Lymphonodi (Inn) cervicalis superficialis.submandibularis. cervicalis profundi.digastricus.cervicahs profundi. Nodus ini terletak di fossa supraclavicularis sepanjang a. cervicalis profundi inferior. ini kemudian dialirkan ke Inn. b.cervicalis profundi superior.

cervicaks profundi bagian superior dan media dan ke Inn.cervicalis profundi bagian inferior. . Inn. lnn.paratrachealis.retropharyngealis dan lnn.cervicalis profundi bagian superior.kn.submandibularis dan lnn.cervicalis profundi - dari lidah ke inn.cervicalis profundi.retropharyngeahs - dari glandula thyreoidea ke lnn. - dari palatum dan tonsil ke lnn.pretracheahs dan lnn.submentalis. Innprelaryngeus. dan pharynx ke lnn. Pada akhirnya aliran lymphe daerah leher akan ke lymphonodi cervicabs profundi kemudian ke truncus jugularis kiri bermuara pada ductus thoracicus.

hypoglossus 5. Trapezius Inervasi : N. accesorius 4. M. M.colli N. M. Otot-otot yang superfisial yaitu: 1.stylohyoideus N. 2. digastricus N. mytohyoideus venter posterior oleh R. b. Stylohyoideus Inervasi : R. occipitalis minor 3. Digastricus Inervasi : venter anterior oleh N.Omohyoicieus Origo : Imargo superior scapulae dan ligamentum transversum superior scapulae Insertio : corpus oasis hyoidei c.INERVASI COLLI Otot regio colli dibedakan menjadi: A. mylohyoideus.Sternohyoideus Origo : dataran dorsal manubnun. d. Mylohyoideus Inervasi: N. Platysma Inervasi : R. Otot-otot infrahyoideus a.Sternocleidomastoideus. Inervasi : N. Thyrohyoideus Origo : linea obliqua cartilago thyreoidea Insertio : corpus dan cornu majus Os hyoideum . M. Geniohyoideus Inervasi : N. Otot-otot Suprahyoideus a. facialis. facialls. M. stemi dan articulatio sternoclavicularis Insertio : corpus ossis hyoidei b. M. M.facialis c. M. accesorius dan N.

cutaneus. Xll sedangkan lainnya dari R. a.d. Nn. di sebelah dalam v. Otot-otot yang profundi: 1. N. M. dari sebelah dorsal m. bersifat sensibel yang dikelompokkan dalam R.dada sebelah lateral .sternocleidomastoideus kearah kraniodorsal menuju kulit di daerah oksipital dan temporal. dari sebelah dorsal m. dari sebelah dorsal m. 3.cervicalis I s/d IV. yang dibentuk oleh N. descendens N.sternomastoideus ke kranioventral menyilang otot rsebut di sebelah lateral menuju ke kulit di bawah auricula dan kulit di atas glandula parotis. yang keluar menuju kulit melalui sebelah dorsal pertengahan M. 1. ScaIenus Posterior 2. M. N. Cutaneus colli.sternomastoideus ke kaudal dan dibagi dalam beberapa serabut yaitu. N. Longus CoIli Inervasi : plexus cervicalis dan plexus brachialis Kulit Regio Colli Sebagian besar diinervasi oleh cabang dari plexus cervicalis. dari sebelah dorsal m. M. M. Otot-otot Prevertebralis a.jugularis externa ke kulit diatas clavicula.Sternothyreoideus Inervasi : oleh hypoglossus untuk M. Scalenus Medius c. 4. M. supraclavicularis media ke kaudal ke kulit di atas clavicula.sternomastoideus menyilang di sebelah lateralnya. sternocleidomastoideus. Otot-otot Scaleni (Otot scaleni Inervasi oleh plexus brachialis) a. N. Nn. Longus Capitis Inervasi : plexus cervicalis b.dada sebelah ventral b.jugularis externa ke kulit regio colli anterior. auricularis magnus. M. Scaleni Anterior b. supraclavicularis. occipitalis minor. supraclavicularis anterior ke kaudal ventral menyilang di luar v. Xll. thyrohyoideus dan arcus N. 2.

Membungkus m.Membentuk septum supra  sternalis. Tiga lapis fascia ini akan membentuk vagina carotica atau carotic sheath yang nantinya akan membungkus V.  Fascia Cervicalis dibagi menjadi dua: 1. muscularis plexus cervicalis juga oleh N. Lamina Pretrachealis Terbatas di depan trakea dan dibawaos hyoid. Lamina prevertebralis Melekat pada basis cranii. A. IX. Vagus Sumber : (https://www.google. di sebelah profundus M. VII. Xl dan XII. omohyoid dan infrahyoid. jugularis interna. caroticus comunis dan N. 2. supraclavicularis posterior. Fascia Profundal  Lamina Superfisialis Perlekatan pada bagian depan denganos hyoid. Nn. pharynx dan esophagus.prevertebralesdanm. trapezius.trapezius. Membungkus m. Otot-otot leher diinervasi selain oleh r.ke kaudodorsal ke kulit di atas scapula dan bahu.c. Membungkus  larynx. Selain itu leher juga memperoleh inervasi dan truncus sympathicus.id/url? sa=t&rct=j&q=&esrc=s&source=web&cd=1&cad=rja&uact=8&ved=0ahUK Ewil_qvlvfTKAhXPc44KHa_ZA3wQFggZMAA&url=http%3A%2F . Musculus atau otot sendiri dibungkus oleh suatu lembaran atau pita jaringan fibrosa seperti yang membentang di bawah kulit sebagai pembungkus bagi otot atau berbagai jaringan yang dikenal dengan fascia cervicalis.scaleni.co. Fascia Superfisialis / Fascia Generalis Mengandungi jaringan lemak dalam sekat-sekat jaringan ikat Khas pada platisma.

id%2Fuser%2Farchive%2Fdownload %2F52346%2F49b54d43e39e4fe45f0b38dce658dfcc&usg=AFQjCNHB5hjDxL KMesLDzCFqpzQIMboeww&bvm=bv. .ac.c2E).%2Felisa.d. Universitas Gadjah Mada.ugm.114195076. Diakses pada tanggal 2 Januari 2016.