You are on page 1of 8

CAKUL HISTOLOGI INTEGUMENTUM (KULIT

)
PROF. B
CAKULED BY: BONTOR
Hai hai kali ini kuliah Prof. B yg pada waktu itu dia belum sarapan karena pembantunya
pulang kampung sehingga gak ada yg siapin sarapan... Gak ada masalah? Gak ada masalah?
Mari kita simak....
PENDAHULUAN
Kulit itu dibagi jadi dua: Kutan dan Subkutan.. Kutan sendiri dibagi dua lagi menjadi:
Epidermis dan dermis yang akan kita bahas satu persatu..
EPIDERMIS
-

Merupakan epitel skuamus kompleks dengan kornifikasi
Tebalnya sekitar 0,04 – 2 mm
Pada telapak tangan dan kaki tebalnya sekitar 0,75 – 1,2 mm
Sebagai pelindung
Epidermis melakukan regenerasi yg dimulai dr lamina basalis yang mengalami
mitosis, setelah itu migrasi ke permukaan yg memakan waktu kurang lebih 30 hari
lalu terjadilah kornifikasi (proses di mana keratinosit menjadi korneosit)
Gambarnya seperti ini:

Secara mikroskopis, epidermis dibedakan menjadi:
a. Stratum basale (regenerasi)
b. Stratum spinosum
c. Lapisan diferensiasi yg terdiri dari:
o Stratum granulasum (mitosis=pembuatan sel baru)
o Stratum lusidum
d. Stratum korneum (termpat maserasi)

spt tembok yg ditempelin kerikil2 gitu) D. Stratum spinosum/s. filamen mengisi sitplasma yg berfungsi mempertahankan kohesi  Mitosis terjadi di stratum basale dan stratum spinosum. Stratum korneum  Teridiri dari 5 – 20 lapis sel gepeng berkeratin  Mengalami keratinisasi dan terjadi sel tanduk  Tanpa inti. E. transluen dan eosiofilik  Intinya tidak nampak  Terdapat filamen keratin dalam sitoplasma  Di dalam sel-sel lapisan deferensiasi timbul: o Granula berlemak (keratohialin) o Bundel filamen Dapat bersatu membentuk tanduk dan resistan thd asam dengan alkalis yg melepas desmosom/sel e (sel epitel). Stratum granulosum  Terdiri dari sel-sel poligonal gepeng.A. intinya di tengah. malphigi ini mengandung sel-sel induk C. gepeng tipis. dengan sitoplasma . coba aja. Stratum spinosum (stratum Malphigi)  Stratum ini terdiri dari sel-sel kuboid/sedikit gepeng. Stratum lusidum  Stratum ini bersifat transluen  Terdiri dari sel epidermis. sehingga kalo kulit kita terkenal alkali pasti langsung rusak. sitoplasmanya mengandung granula keratohialin (basofilik kasar=granula protein)  Granula protein terlihat ketika di cap basofil karena mengandung gugus fosfat  Mengandung granula lamelar (granula yg tersusun di lamelar.  Pada anak kecil hrs dijauhkan dr sinar UV karena dpt menghambat pertumbuhan dan mengganggu mitosis  Terdapat sel Langerhans (sel sistem imun) yang mampu mengumpulkan antigen  Terdapat keratinosit (sel epitel) dan diskus Merkeli (akhiran saraf sensor sentuhan) B. Stratum basale (Stratum germinativum)  Terletak di atas lamina basalis (perbatasan antara epidermis dengan dermis)  Terdapat sel induk di dalamnya sehingga ada mitosis untuk pembaruan sel-sel epidermis  Epidermis diperbarui setiap 15 – 30 hari tergantung usia dan epidermis bagian tubuh mana  Mengandung filamen keratin  Terdapat melanosit yg menghasilkan pigmen melanin dan sel epitel (keratinosit yg terletak supranuklear) untuk melindungi lamina basalis dari sinar ultraviolet yg dapat mengganggu mitosis.

. Dikumpulkan di vesikel kompleks Golgi. Ini gambar melanogenesis. - Melanogenesis dalam melanosit Tirosinase di sintesis di retikulum endoplasmik kasar... Tempat melanin dikumpul membentuk melanosom III.. Keratin mengandung 6 macam polipeptida (apa aja????) MELANOSIT - Sel epidermis khusus terdapat di bawah atau di antara sel stratum basale dan dalam folikel rambut Melanosit inilah yg dpt merubah warna rambut Berasal dari krista neuralis Nih gambarnya... Vesikel bebas di sebut melanosum II. *Yang membentuk tangan warna putih ada titik2 hitamnya itu yg namanya melanosit... Granula melanin bermigrasi ke ujung cabang melanosit kemudian pindah ke keratinosit stratum malphigi . Aktivitas trosinase hilang dan menjadi granula melanin.

- - Badan sel bulat mengandung lanjutan protoplasmatis. 2 – 8 % sel epidermis Makrofag dari sumsum tulang Mampu mengikat. Terdapat di antara sel-sel stratum basale dan stratum spinosum Sintesis melanin di dalam melanosit Granula melanin dimasukkan ke keratinosit dan mengumpul supranuklear dalam sitoplasma untuk melindungi inti dari pengaruh sinar radiasi matahari yg merusak sel Langerhans yg dpt menyebabkan gangguan sistem imun pula Bentuknya seperti bintang Terdapat di stratum spinosum. kelenjar keringat. Ada kelenjar yg tdk tercantum yakni kelenjar axilla (odorivera) karena bau shg histologi males meneliti wkwkwk Terdapat saraf sensibel maupun otonom (tidak ada parasimpatis. mengolah dan mengumpulkan antigen pada limfosit T yg berperan dalam reaksi imunologis kulit Luka bisa tumbuh asal melaninnya gak habis DERMIS - - Dermis terdiri dari jaringan ikat untuk mengikat epidermis ke jaringan subkutan (hipodermis) Tebal maksimum dermis adalah 4 mm Di permukaan ada tonjolan2 disebut papila dermis yg banyak terdapat di kulit yg sering mengalami tekanan Dermis mengandung vasa darah dan limfe Terdapat folikel rambut. yg ada hanya otonom simpatis) Batas antara epidermis dan dermis adalah lamina basalis Bagian bagiannya adalah: A. setelah itu ada otot VASA DARAH . Stratum retikulare  Terdiri dari jaringan ikat padat dan tebal  Terdapat serabut kolagen I  Banyak serat sedikit sel  Terdapat anyaman serabut elastis JARINGAN SUBKUTIS (HIPODERMIS) - Terdiri dari jaringan ikat longgar Mengandung sel-sel lemak Fascia superfisialis yg termasuk integumentum yg di bawahnya ada lemak (panikulus adiposus). sel mast. dan makrofag  Lekosit akibat terjadinya ekstravasasi (keluar dari pembuluh darah)  Ada serabut kolagen B. Stratum papilare  Terdiri dari jaringan ikat longgar dengan fobroblas. kelenjar sebasea.

arektor pili namun tidak semua. glans penis/klitoridis dan labia minora tidak ada rambutnya Pertumbuhannya dipengaruhi hormon Awal pembentukan: Invaginasi epidermis lalu membentuk folikel rambut setelah itu ujung melebar (bulbus rambut). Hampir semua pny M. telapak kaki. di dasarnya terdapat papila dermis yg mengandung banyak kapiler. berfungsi untuk: a. umur. jenis kelamin dan bagian tubuh Pada telapak tangan. bibir. dan penyebarannya tergantung ras. Pengatur suhu dan konversi panas o Anastomose arteriovenosa dipersarafi oleh saraf simpatis dan parasimpatis (kenapa kok pas di dermis gak parasimpatis tapi pas di vasa darah malah ada?) RAMBUT - Rambut berasal dari invaginasi epidermis dan berkeratin Warna. Sekilas gambarnya..arektor pili (otot polos) utk menegakkan rambut. Pengatur tekanan darah (Jika tekanan darah tinggi/rendah akan diatur) c. ukuran.- - - Vasa darah dan vasa limfatika jumlahnya banyak Arteria membentuk pleksus (anyaman saraf) o Antara stratum papilare dan stratum retikulare o Antara dermis dan jaringan subkutis Vasa membentuk 3 pleksus o Dua pleksus sesuai dengan pleksus arteri o Satunya lagi pleksus di pertengahan dermis Anastomose arteriovenosa. Pengaturan aliran darah b... * Ket: yg warna merah itu M. Contoh yg punya: bulu kuduk .

kontraksinya membantu mengeluarkan sekret  Dipersarafi oleh saraf adrenergik . nyaman. terdapat sel yg menghasilkan kutikula rambut. Untuk itu kita harus mandi utk membersihkan sel-sel mati tsb. pigmen masuk ke sel-sel medula da korteks. Oleh karena adanya pigmen maka warna rambut bisa bervariasi Cidera pada papila dermis menyebabkan rambut hilang. Sebum keluarnya dengan cara digosok  Kelenjar sebasea = kelenjar holokrin yg produknya dilepas bersama sel-sel mati (terdiri dari campuran lipid: trigliserid. Ex: kepala kena cidera yg menyebabkan sedikit botak. bila berkontraksi maka bulu tegak Warna rambut itu akibat aktivitas melanosit yg terdapat di antara papila dan sel-sel akar rambut. namun fungsinya menyerupai otot). squalene kolesterol dan sesternya). dikelilingi mioepital (bukan otot.  Kelenjar ini berfungsi pada saat mulai pubertas. seringlah digosok gosok kulitnya utk mempengaruhi kelenjar tersebut. Inti mengkerut. lebih kecil dari bagian sekresi yg berada di dalam dermis. Ke tepi. B. Langsung ke permukaan epidermis (glans penis/klitoris dan bibir)  Asini terdiri dari lapisan basal sel epitel gepeng yg berproliferasi dan berdeferensiasi dan selanjutnya mengisi asini dalam bentuk sel-sel bulat dengan tetes lemak dalam sitoplasmanya.- - - (cont) Sel-sel puncak yg ada di papila dermis tadi membentuk sel-sel besar bervakuola menjadi medula rambut. Wkwkw  Utk yg punya anak/bayi. bermuara di kulit  Salurannya tidak bercabang. Kelenjar sebasea  Terdapat dalam dermis  Kelenjar asiner dengan beberapa asini bermuara ke dalam saluran pendek yg berakhir di: a. sel-sel terisi lemak dan pecah yang disebut sebum (sekret kelenjar Sebasea berpindah ke permukaan kulit). Kelenjar keringat  Kelenjar keringat merokrin = kelenjar tubuler simpleks bergelung (berputar). lilin. terdiri dari sel-sel kuboid menjadi sel silindris tinggi dan selanjutnya menjadi lapisan sel gepeng berkeratin mirip sisik (lapisan tepi) Terdapat M. Lalu sel-sel akar rambut membelah menjadi selsel fusiform. Bagian atas folikel rambut b. berkelompok lalu berkeratinkorteks rambut. maka untuk selanjutnya rambut di tempat luka itu hilang dan tidak tumbuh Mitosis dalam folikel rambut dipengaruhi oleh hormon KELENJAR KULIT A.arektor pili yg tersusun miring melekat pada dermis. dan mengurangi penyakit. pada anak-anak belum  Fungsi untuk mengatur sekresi Testosteron dan Kombinasi androgen ovarium dan adrenal  Untuk itu di bibir ada minyaknya sehingga gak perlu diberi pelembab lagi utk para cewek.

Melanosit: o Kulit aksila. Jumlah pembuluh darah di dalam epidermis b. karoten yg menyebabkan kulit menjadi kuning di muka telapak tangan/kaki dan menjadi lebih nyata bila ditambah dengan makan makanan yang mengandung banyak karoten o Melanin Perubahan warna kebiruan yg meningkat (sianosis) di kulit (peredaran arterial) dikarenakan karena defisiensi oksigen. Aksi sinar. termis. sisi tengah paha. disebabkan. o Warna kulit dipermukaan:  Darah venous ( ½ trunkus bawah punggung tangan)  Darah arterial (raut muka. anus.6 m2 pada orang dewasa. Sel gelap. Warna darah di kutan. kulit perianal. Permukaan basal tidak menyentuh lamina basalis. dan saluran keluarnya di epitel kuboid berlapis Komponen utama cairan: air. FUNGSI KULIT Dengan luas 1. awal tidak berbau selanjutnya berbau akibat dekomposisi bakteri o Disarafi oleh saraf adrenergik WARNA KULIT Warna kulit disebabkan oleh: a. dan kemis 2. Sel bening: granula sekretorisnya gak ada. dan labium mayor o Terdapat di dalam dermis dan hipodermis yg muara duktus di folikel rambut o Menghasilkan sekret kental. melapisi sebagian besar permukaan lumen. genital eksterna. Pengatur suhu: o Konstriksi vasa darah . berfungsi utk transfer garam dan cairan transepitelial. urea. areola mamae. pantat) c. amonia dan asam urat Berfungsi:  Absorbsi Na untuk mencegah kehilangan ion Na  Menyejukkan permukaan  Organ ekskretori pembantu untuk membuang sampah-sampah cair Cairan dalam bagian sekresi --> ultra filtrat plasma darah Kelenjar keringat apokrin di ketiak (odorivera). mempunyai fungsi: 1. secara perlahan terjadi pigmentasi melanin o Infiltrasi karoten ke epidermis. Proteksi: mekanis. berbentuk piramid.     Bagian sekresi terdiri dari: a. telapak tangan/kaki. ½ atas punggung. Granula: glikoprotein di sitoplasma apikal b. NaCl.

3. 6. 5. 4. o Ekskresi cairan dari kelenjar Keseimbangan air Fungsi sensoris (reseptor) Komunikasi yakni saraf otonom Fungsi imun sebagai fungsi pertahanan (imun) SELESAIIIIIIIIIIIIIIIIIII TERIMA KASIH MOHON DILENGKAPI YANG KURANG LENGKAP YA KOREKTOR WKWKWKWKWKWK .