Presentation

Langkah-langkah presentasi

Presentasi ;
adalah salah satu cara menyampaikan gagasan
kepada audiens dengan tujuan mendidik,
mengenalkan produk, memberi motivasi,
memberi penjelasan, membuat ajakan, dan lain
sebagainya. Presentasi yang baik dan berhasil
tidak hanya dapat membuat audiens betah
mengikuti presentasi tersebut sampai akhir,
tetapi yang lebih penting lagi bahwa tujuan
presentasi tersebut tercapai.

Bagaimana ?? .cara melakukan presentasi yang efektif.

. Buat Persiapan yang Baik Siapkan bahan presentasi jauhjauh hari. Anda sebaiknya menghapalkan urutan sub topik yang akan di bahas.1. hal ini memberi anda kesempatan untuk mematangkan persiapan dan meningkatkan penguasaan materi.

Menjaga penampilan juga berarti menghargai audiens anda. Perhatikan Penampilan Anda Penampilan yang rapi dan menarik akan lebih mudah menarik simpati audiens untuk terus memperhatikan anda dan apa yang anda bicarakan. .2.

grafik. Tampilan table. Manfaatkan tayangan slide untuk membuat presentasi anda lebih efektif dan efisien dengan menampilkan tabel. dan ilustrasi dapat membuat pembicaraan anda lebih singkat dan menjadikan presentasi anda lebih menarik. grafik. atau video. . ilustrasi. animasi. Maksimalkan Penggunaan Alat Bantu  Saat ini presentasi dibantu dengan tayangan slide pada layar proyektor.3. gambar.

Sesekali mintalah audiens untuk merespons apa yang anda sampaikan.4. . Tunjukkan bahwa anda ingin membangun komunikasi dengan semua peserta presentasi. Ciptakan Interaksi dengan Audiens  Saat berbicara lihatlah ke arah peserta presentasi. misalnya dengan bertanya apakah mereka setuju dengan pandangan anda atau apakah mereka paham dengan apa yang baru anda jelaskan. Jangan melihat monitor komputer atau membaca teks pada tayangan slide.

Gunakan humor yang sesuai dan tidak berlebihan. atau mengurangi rasa bosan atau kantuk. Humor dapat membantu mencairkan suasana canggung. Selingi Dengan Humor yang Sesuai  Para pembicara professional selalu dapat mengisi presentasinya dengan selingan humor.5. .

.6. Bicara Dengan Jelas dan Bahasa yang Baik Berbicaralah dengan jelas dan menggunakan bahasa yang baik dan benar supaya para pendengar dapat dengan mudah memahami penjelasan anda.

cukup dibahas secara singkat. Sisakan waktu untuk sesi tanya jawab. . Atur waktu pembicaraan sehingga semua bahan presentasi dapat disampaikan sesuai dengan jadwal. Gunakan Waktu Secara Efisien Setiap presentasi akan dibatasi oleh waktu.7. Beberapa materi yang mudah dipahami.

. Fokuskan pada Masalah Pokok Kurangi pembicaraan dan pembahasan yang tidak penting. Berikan penekanan dan porsi lebih banyak pada pembicaraan inti yang penting dan ingin diketahui oleh audiens.8.

Pandangan Pertama ???? Awal/asal mula/Pembukaan?????? .

. Pembukaan presentasi yang baik merupakan langkah awal kesuksesan sebuah presentasi.Pembukaan .

efek awalan (Primacy Effect). Pembukaan yang baik akan menarik perhatian audiens. . Apa yang Anda sampaikan di awal ketika membuka presentasi akan menjadi informasi yang paling diingat. Karena itu kekuatan presentasi salah satunya terletak pada pembukaan yang baik dan menarik serta penutupan presentasi yang meyakinkan.

Membuka Presentasi Fakta  5. Membuka Presentasi Menyampaikan Maksud  2.5 Cara Membuka Presentasi yang Baik dan Menarik  1. Membuka Presentasi  4. Membuka Presentasi atau Pernyataan Dengan dan Tujuan Dengan Sebuah Dengan Cerita Dengan Data atau Dengan Kutipan . Membuka Presentasi Pertanyaan  3.

Apa saja yang harus dilatih agar saat berbicara di depan umum bisa lebih percaya diri? . kemampuan tersebut harus dilatih.Karier . Untuk itu. ??? Berbicara di depan umum bisa menentukan karier seseorang.

. Namun kemampuan tersebut berbeda-beda bagi setiap orang.  Kemampuan presentasi adalah salah satu keterampilan yang perlu diasah untuk bisa memperlancar seseorang berbicara di depan umum. Tak jarang banyak ide-ide besar dan bagus menjadi tidak dapat dijalankan karena seseorang gagal dalam mengkomunikasikan ide tersebut pada saat presentasi.Kemampuan .

. dan lainlain. seperti melakukan pembelian.>berhasil??? presentasi yang sukses adalah presentasi yang dapat menggerakkan orang untuk bertindak. menandatangani perjanjian kerja sama.Sukses.

Caranya . Emosional (emotional).  5. Batasi waktu presentasi. Mengesankan dan mudah diingat (memorable).  3.  1. Banyak melakukan latihan. Mudah dimengerti (understandable)  2. .  4.

.Langkah-langkah menampilkan presentasi secara cerdas dan meyakinkan. tiga tahap yaitu.  tahap membawakan dan  tahap evaluasi.  tahap persiapan.

dan latihan. menyusun materi. mengenali situasi dan mengenali audiens.1. menetapkan tujuan. . menentukan pendekatan yang digunakan.  Dalam tahap persiapan ada beberapa hal yang harus Anda lakukan diantaranya adalah menentukan topik.Tahap Persiapan . menyusun desain slide.

Tahap Membawakan Dalam membawakan presentasi Anda bisa menggunakan struktur tiga bagian. pembahasan dan penutup.2. . yaitu pembukaan.

Tahap Evaluasi  Ini adalah satu kebiasaan positif yang harus Anda lakukan setelah selesai melakukan presentasi.3. Dan yakinlah ini akan memberikan dampak positif untuk presentasi Anda selanjutnya. Dimaksudkan untuk mengevaluasi mana-mana yang tidak berjalan sesuai rencana. . mana yang harus mendapat perbaikan dan mana yang harus dipertahankan.

yaitu . . periksa kondisi ruangan. peralatan pendukung dan hal-hal teknis yang lain.Sebelum tampil ada beberapa hal yang harus Anda lakukan . datang lebih awal.

SUKSES.TERIMA KASIH... .. SELAMAT MENCOBA DAN BERLATIH.......

Related Interests