You are on page 1of 19

PROPOSAL PROGRAM KREATIVITAS MAHASISWA

JUDUL PROGRAM
Satsumaimo - PAKAN PENGUAT WARNA
PADA IKAN KOI (Cyprinus carpio) DARI UBI JALAR KUNING
YANG EKONOMIS

Diusulkan oleh:
Yuni Setyaningrum Wijayanti
135080500111038
Absen 6 (BO6)
2013

UNIVERSITAS BRAWIJAYA
MALANG
2015

.......................................................................................13 5.......................................2 Pencapaian Kesuksesan dalam Berbisnis Satsumaimo..................7 2..................................................................................................................................................................................................1 Pentingnya Kemandirian dalam Berbisnis.......................................................................................................................10 BAB IV INTRAPRENEURSHIP DALAM BERBISNIS...14 DAFTAR PUSTAKA ...1 Latar Belakang...................10 3..7 2............................................4 1......................................................2 RINGKASAN...............................................................6 BAB II KEMANDIRIAN DALAM BERBISNIS........................................................................................................5 1..13 5.....................1 Penerapan Jiwa Intrapreneneurship dalam Berbisnis Satsumaimo......2 Penerapan Attitude yang Baik dalam Berbisnis Satsumaimo..4 1.........................................................................................................................................................................................................10 3............................................................................................................................................................4 Luaran yang Diharapkan................................1 Langkah Memulai Bisnis...................17 LAMPIRAN ...............5 Kegunaan...7 BAB III ATTITUDE DALAM BERBISNIS......................3 BAB I PENDAHULUAN...................................5 1..........18 2 ..................2 Rumusan Masalah......5 1............................2 Penerapan Jiwa Kemandirian dalam Berbisnis Satsumaimo......3 Tujuan....DAFTAR ISI DAFTAR ISI...............12 4.................................12 BAB V LANGKAH MEMULAI BISNIS DAN PENCAPAIAN KESUKSESAN............................1 Pentingnya Attitude dalam Berbisnis......................................................................

Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan Universitas Brawijaya. Email: yunisetyaningrumw.ysw@gmail.com. Satsumaimo .RINGKASAN Yuni Setyaningrum Wijayanti (135080500111038) .Pakan Penguat Warna pada Ikan Koi (Cyprinus Carpio) dari Ubi Jalar Kuning yang Ekonomis. 3 .

Dalam memelihara ikan koi ada beberapa cara untuk meningkatkan kecerahan warna pada ikan koi. Ikan koi yang memiliki corak warna yang cerah memiliki harga jual yang lebih tinggi.1 Latar Belakang Peranan ikan koi sebagai salah satu ikan hias semakin populer dengan semakin banyaknya peminat dan pemelihara ikan koi di Indonesia. Blitar memiliki sentral budidaya ikan koi di Kecamatan Legok (Kominfo JATIM.BAB 1 PENDAHULUAN 1. Menurut Pinandoyo (2005). Produksi ubi jalar kuning di Indonesia melimpah sekitar 1. 2013). 2011).238750 ekor per tahun dan ini memberikan kontribusi untuk menempatkan Indonesia pada posisi ketiga eksportir ikan hias didunia (KKP. Produksi ikan koi terbesar di Indonesia yaitu terletak di Provinsi Jawa Timur tepatnya di Kabupaten Blitar yang menghasilkan jumlah Ikan koi sebanyak 40 juta ekor per tahun dengan luas lahan budidaya ikan koi sebesar 200 hektar. Oleh sebab itu kualitas ikan koi sangat menentukan harga jual ikan tersebut. Ubi jalar kuning merupakan salah satu bahan pangan lokal yang kaya akan beta karoten. Salah satu faktor penting disamping gen ikan itu sendiri adalah bahan pakan. Kandungan beta karoten pada ubi jalar kuning sebesar 9675 SI dalam 100 gram ubi (Imandira. Penggunaan ubi jalar sebagai pakan ikan koi dapat menjadi alternatif 4 . Produksi pada tahun ini mencapai 212. Hal ini dikarenakan selain untuk hobi ikan koi juga sangat berpotensi sebagai lahan bisnis ditambah lagi semakin banyaknya kontes keindahan ikan koi yang ada. 2014).4-17% (Imandira. nilai ekonomis ikan koi ditentukan oleh kualitas pigmen yang dapat dilihat dari corak warna yang ada pada tubuh ikan koi. Kawasan ini sudah menjadi kawasan Minapolitan. 2013). tetapi tingkat konsumsi masih tergolong rendah yaitu sekitar 1. Bahan pakan yang memiliki kandungan gizi dan beta karoten tinggi dapat meningkatkan pigmen pada ikan koi sehingga warna ikan koi akan tampak lebih cerah. Bahan pangan lokal yang kaya beta karoten perlu digunakan untuk pembuatan pakan ikan koi untuk membatu meningkatan kualitas ikan koi.886 ton pertahun.

1.2 Perumusan Masalah Dari belakang diatas didapat rumusan masalah yakni sebagai berikut.5 Kegunaan 5 . Hal ini menunjukkan bahwa pigmen yang terkandung dalam tubuh ikan sangat dipengaruhi oleh karotenoid khususnya beta karoten pada tepung labu kuning (Utami. Membantu meningkatkan kualitas hasil produksi budidaya ikan koi. 2013). Usaha pakan Satsumaimo dapat berkelanjutan dengan membuka rumah produksi.4 Luaran yang Diharapkan Luaran yang diharapkan yakni:  Terwujudnya pakan Satsumaimo dalam bentuk pakan kemasan. dengan semakin besar kandungan karotenoid dalam tubuh ikan.  Mengoptimalkan bahan pangan lokal sebagai pakan ikan. Warna kuning disebabkan oleh adanya sel pigmen atau kromatophor yang disebut xanthophora.  Menarik perhatian pembudidaya ikan koi dengan adanya pakan  penguat warna Satsumaimo. Penambahan karotenoid memberikan pengaruh nyata terhadap tingkat perubahan pigmen merah dan kuning pada ikan koi. Ikut serta dalam pengembangan pemanfaatan bahan lokal. 1. Menumbuhkan jiwa kewirausahaan di kalangan mahasiswa untuk   mendorong terciptanya wirausahawan muda. semakin kontras pula pigmen ikan.optimalisasi pemanfaatan ubi jalar kuning untuk meningkatkan nilai jual ubi jalar kuning karena lebih fleksibel dan praktis dalam pengolahan produk.  Bagaimana formulasi pakan yang tepat dalam pembuatan pakan ikan  koi? Bagaimana   meningkatkan kecerahan warna ikan koi? Bagaimana cara memasarkan produk ke pembudidaya ikan koi? Bagaimana menjaga eksistensi produk di kalangan pembudidaya ikan efektivitas pemanfaatan ubi jalar kuning dalam koi demi keberlanjutan usaha? 1.3 Tujuan Adapun tujuan yang ingin digapai yakni:  Mengetahui pemanfaatan ubi jalar kuning terhadap peningkatan warna  ikan koi. 1.

6 . Memotivasi seluruh mahasiswa untuk dapat membuka lapangan pekerjaan guna membantu meningkatkan kualitas hasil pembudidaya ikan koi di Indonesia. Melatih jiwa muda mahasiswa berkarir di dunia usaha.Dari kegiatan ini diharapkan akan mendapatkan manfaat. diantaranya yakni:  Dapat membuat pakan penguat warna berbahan ubi jalar kuning yang  bernilai ekonomis. Memberikan alternatif pakan bagi pembudidaya ikan koi untuk dapat   menekan biaya produksinya.

dan daya saing agar senantiasa dengan ide-ide kreatif yang ada serta mampu tidak mengandalkan orang lain di dalam menjalankan usaha atau bisnis kita. Hal pertama yang dilakukan dalam memulai bisnis Satsumaimo yakni dengan melihat permasalahan-permasalahan yang ada di lingkungan sekitar kita.2 Penerapan Jiwa Kemandirian dalam Berbisnis Satsumaimo Dalam berbisnis Satsumaimo beberapa hal yang telah dilakukan terkait penerapan jiwa kemandirian dalam berbisnis yakni: 1. meningkatkan semangat. Sehingga.BAB 2 KEMANDIRIAN DALAM BERBISNIS 2. hubungan dan komunikasi kita dengan komunitas. kita dapat memperluas ilmu pengetahuan. maka kita bergantung pada orang lain. 2. inisiatif. kecuali ada pertolongan orang lain. Seorang wiraswasta juga harus dapat melakukan hubungan timbal balik partner bisnisnya agar kelangsungan bisnisnya dapat berjalan dengan baik. kita dapat mengetahui produk atau jasa apa yang dibutuhkan oleh 7 . Dengan demikian. kita tak mampu berbuat. Melihat permasalahan yang ada di lingkungan sekitar. Dalam berwiraswasta sebaiknya dimulai dengan tidak mengandalkan orang lain. keuletan. Jika dalam segala hal. Diharapkan. Orang yang memiliki sikap mandiri tidak mengandalkan orang lain sehingga ia lebih mengoptimalkan kemampuan dirinya sendiri.1 Pentingnya Kemandirian dalam Berbisnis Seorang wiraswasta harus memiliki sikap mandiri untuk memenangkan persaingan pasar. Namun. dengan membangun hubungan tergantung satu sama lain dapat mengembangkan pemahaman kita atas kekurangan dan kelebihan partner bisnis kita. yang tidak kalah penting yakni membangun hubungan saling tergantung satu sama lain yang menggambarkan pentingnya interaksi. tanggung jawab. Kemandirian dalam berwiraswasta diperlukan untuk mengoptimalkan kemampuan kita melalui kerja keras. meningkatkan aura persaingan pasar yang baik serta meninjau sejauh mana bisnis kita telah berjalan.

2. Membangun konsep bisnis Satsumaimo. Satsumaimo telah dianalisis dengan konsep analisis SWOT secara mandiri oleh pengganggas. perlu dilakukan analisis target pasar serta bagaimana cara kita untuk memasarkan produk ke pasar. 8 .masyarakat. Mempelajari konsep dasar bisnis. kita memerluka insting yang kuat serta keyakinan bahwa produk yang kita ciptakan benar-benar dibutuhkan oleh masyarakat luas. Dalam melihat permasalahan yang ada di lingkungan sekitar. Dalam menciptakan produk harus benar-benar melakukan analisis pasar dengan baik agar bisnis dapat berjalan dengan baik serta dapat terus berkembang. proses pengemasan. Salah Satu Konsep Design Kemasan Satsumaimo 3. Setelah mendapatkan ide bisnis yang akan kita ciptakan maka hal yang dilakukan selanjutnya adalah konsep bisnis. Konsep bisnis Satsumaimo dimulai dari membuat formulasi pakan yang terbaik. hingga konsep pemasaran. Selain itu dalam membuat konsep produk. Gambar 1. Dengan menganalisis dengan konsep analisis SWOT kita dapat mengatahui sejauh mana kelayakan usaha serta dapat melakukan antisipasi untuk mengatasi hambatan-hambatan yang ada.

5. kita dapat mendapatkan ilmu yang mungkin belum kita ketahui sebelumnya. Namun. dapat memberi masukan-masukan. segala resiko yang mungkin akan muncul telah diperhitungkan penggagas dengan baik. Satsumaimo juga telah mengalami beberapa kali kegagalan saat melakukan formulasi komposisi pakan yang tepat. Selain itu. Menghadapi kegagalan. penggagas telah memberikan solusi untuk mengatasi berbagai resiko atau pun hambatan yang ada. resiko yang diperhitungkan dengan baik-baik akan lebih banyak memberikan peluang keberhasilan. 8. serta dapat membantu kita saat mengalami kegagalan. 7. Mencari teman sebanyak mungkin. Sehingga bisnis Satsumaimo berjalan lebih efektif dan efisien. Kerja keras memang penting bagi keberhasilan suatu bisnis. Penggagas lebih mengefisienkan waktu dalam menjalankan bisnis ini. Namun. Melakukan konsultasi dengan ahli pakan atau pun pecinta koi. Bagi seorang wiraswasta kegagalan merupakan cambuk baginya untuk terus maju dan berkembang. Dalam pengimplementasian Satsumaimo. Dalam bekerja keras dan bekerja cerdas tentu memerlukan fokus yang baik dalam prospek bisnis ini. Dengan memperbanyak teman. Memperbanyak teman dengan mengikuti suatu forum pecinta koi merupakan salah satu cara penggagas untuk mewujudkan bisnis yang akan digelutinya.4. kita dapat mendapatkan nasehat-nasehat yang baik. Selain itu. Namun penentuan tindakan yang akan diambil tetap berdasarkan suara pemikiran kita dengan pertimbangan nasehat-nasehat tersebut. hal yang tidak kalah penting yakni bekerja cerdas (smart work). Berani mengambil resiko. Satsumaimo telah dikonsultasikan dengan ahli pakan (dosen-dosen pembimbing) atau pun pecinta koi. Berani mengambil resiko yang telah diperhitungkan dengan baik merupakan kunci awal dalam dunia usaha. 6. Dengan memiliki teman kita dapat memperluas jaringan bisnis kita. Kerja keras. hal ini diatasi dengan memupuk semangat yang 9 . Tidak banyak orang yang berani mengambil resiko dalam menjalankan bisnis.

dibarengi dengan kerja keras serta kerja cerdas. Penggagas selalu pada dirinya bahwa kegagalan merupakan suatu keberhasilan yang tertunda. 10 .

Selain itu. Pengamatan yang dilakukan oleh pebisnis mengenai aspek-aspek yang diinginkan oleh konsumen yakni: kualitas barang yang di jual. Oleh karena itu. Seringkali wiraswasta yang tidak memiliki attitude yang baik dikarenakan kurangnya pengetahuan tentang attitude yang relevan dengan bisnis yang digelutinya. Salah satu cara untuk meningkatkan attitude yakni dengan banyak membaca buku-buku dan artikel yang relevan dengan attitude yang benar.BAB 3 ATTITUDE DALAM BERBISNIS 3. seorang wiraswatsa harus fokus pada pengembangan sikap atau attitude mereka agar bisa mendapatkan kesuksesan dalam bisnis itu sendiri. 3.1 Pentingnya Attitude dalam Berbisnis Kegagalan seorang wiraswasta dapat disebabkan karena ia tidak bersikap positif menanggapi apa yang datang pada bisnis. Perjalanan panjang yang harus dilewati pengusaha sukses akan memberikan nilai pelajaran yang luar biasa untuk diambil pelajarannya. membaca sejarah para wiraswatsa yang telah sukses dapat menjadi pilihan. Dengan membaca perjalanan bisnis seorang pengusaha sukses maka akan memberikan kemudahan dalam memahami attitude. dan garansi. 11 . Setiap wiraswatsa harus bisa meningkatkan attitude mereka dalam berbisnis. Sikap-sikap yang benar dalam berbisnis harus mulai dipahami dan bagaimana dampaknya terhadap usaha yang dijalankan. pelayanan penjualan. harga yang kompetitif. Dengan melakukan pendekatan yang baik.2 Penerapan Attitude dalam Berbisnis Satsumaimo Dalam suatu bisnis attitude yang baik sangat menentukan keberhasilan bisnis tersebut. Hal ini akan memberikan pelajaran dan pengalaman kepada mereka. khususnya yang berhubungan dengan perubahan lingkungan bisnis yang harus ditanggapi secara cepat dan tepat. 70% calon konsumen akan membeli produk yang akan dijual.

Yang dimaksud disini adalah ketika penjualan tidak mencapai target hingga jam pemasaran yang telah ditentukan. penggagas juga mewaspadai dan menghindari kejahatan yang mungkin akan dilakukan oleh pesaing bisnis. maka penggagas melakukan pemasaran yang lebih intensif dan melakukan sistem yang penggagas sebut “hutang jual”. Misalnya munculnya produk yang meniru ide yang telah diciptakan. maka target yang belum tercapai akan diakumulasikan diesok harinya. Selain itu. Proses pengenalan produk Satsumaimo dilakukan dengan tidak melebih-lebihkan keunggulan produk serta tidak menjatuhkan produk pakan penguat warna lainnya. 12 . Sehingga konsumen akan lebih tertarik untuk melakukan interview mengenai produk dan melakukan pembelian. Selain itu. Diupayakan.Saat melakukan pemasaran. Dengan demikian. Apabila target penjualan tidak tercapai. Pada saat pengenalan produk. Selain itu. Dalam proses produksi hingga pemasaran. menunjukkan wajah yang ramah merupakan salah satu cara kami menawarkan produk kepada konsumen. Kejujuran kepada kosumen merupakan hal yang penting. baik bagi produsen dan konsumen. penggagas menggunakan bahasa yang baik dan komunikatif. maka lakukan variasi produk yang diciptakan untuk membedakan Satsumaimo dengan produk yang lain. Hal ini dilakukan untuk mengoptimalkan pendapatan sehingga dapat menghasilkan keuntungan yang besar. informasi produk yang disampaikan sesuai dengan kondisi produk yang sesungguhnya sehingga konsumen akan lebih mempercayai produk yang kita tawarkan. penentuan harga pakan Satsumaimo ditentukan dengan berbagai pertimbangan yang adil. penggagas melakukan pendekatan yang baik kepada konsumen (pembudidaya maupun pecinta koi). Berani mencoba hal yang baru merupakan salah satu kunci keberhasilan. kreatifitas untuk melakukan pemasaran dengan cara yang baru akan terasah. perlu pertimbangan yang baik dan tepat untuk menjalankan strategi bisnis yang telah ditetapkan sebelumnya.

Selain itu metode partnership akan diterapkan untuk membidik pesanan dalam jumlah besar dengan pemerintahan atau swasta. dan juga melalui media sosial seperti facebook atau pun website. melalui pendekatan yang baik kepada pembudidaya ikan koi. penggagas juga memberikan hak yang semestinya rekan tim dapatkan seperti pembagian hasil keuntungan. Yang masing-masing tugas kegiatan pemasaran telah dibagikan kepada tim Satsumaimo. Selain itu manajemen strategi pemasaran produk dengan baik juga dilakukan. Dalam rangka menjaga komunikasi yang baik antara penggagas dan rekan-rekan tim. Hal ini dilakukan untuk menjaga komunikasi yang baik serta membangun aura bisnis yang positif.1 Penerapan Jiwa Intrapreneneurship dalam Berbisnis Satsumaimo Dalam rangka pencapaian kesuksesan produk Satsumaimo. 13 . Anggota-anggota ini merupakan rekan-rekan bisnis yang dapat membantu dalam proses produksi hingga pemasaran produk. Promosi dan pemasaran dilakukan dengan ritme yang beraneka ragam untuk meningkatkan penjualan. Satsumaimo juga akan dipasarkan melalui direct selling. Memanusiakan manusia adalah prinsip utama penggagas untuk mewujudkan intrapreneurship. Promosi dan pemasaran Satsumaimo pada tahap awal dengan cara menyebarkan brosur. memudahkan alur pembagian tugas. spanduk yang ditempatkan di tempattempat yang strategis. Sebagai penggagas ide. maka perlu dibentuk suatu tim. Sebagai penggagas. Tim tersebut merupakan aggota-anggota “perusahaan” Satsumaimo. hingga pembagian pendapatan.BAB 4 JIWA INTRAPRENEURSHIP DALAM BERBISNIS 4. waktu kerja dalam menjalankan startegi bisnis. saya juga melakukan pendekatan yang baik kepada rekan-rekan tim. memudahkan pemasaran. rekan pembudidaya ataupun pecinta koi. Kemauan untuk maju dalam pengembangan bisnis Satsumaimo terus dipupuk untuk menjaga komitmen produk. Untuk memperbesar profit. Adapun anggota tim akan direkrut dari rekan sejawat. Penentuan anggota tim dimaksudkan untuk memudahkan alur konfirmasi. saya bekerja sebagai sosok yang professional. serta memberikan kesempatan untuk menyampaikan pendapat.

maka pegadaan alat dan bahan pun dilakukan. yakni: tahap persiapan dan survey pasar. evaluasi kegiatan. penggiling. pengadaan alat dan bahan.1 Langkah Memulai Bisnis Dalam proses produksi Satsumaimo terdapat beberapa tahapan pekerjaan yang perlu dilakukan. promosi. dan air. Ubi jalar kuning yang telah disiapkan dicuci dan dikupas lalu dipotong kecil-kecil. Pakan Satsumaimo dibuat dalam beberapa tahap yakni proses pembuatan tepung ubi jalar kuning dan pembuatan pelet ikan. Adapun alat dan bahan yang diperlukan antara lain: nampan. Sedangkan bahan yang digunakan antara lain: ubi jalar. tepung terigu.). tepung ikan. tepung ikan.BAB V LANGKAH MEMULAI BISNIS DAN PENCAPAIAN KESUKSESAN 5. a. ayakan. Tahap pengadaan alat dan bahan. 5% kuning telur. b. yakni Kabupaten Blitar. alat cetak pellet. Pada tahap ini diawali dengan survey lokasi penjual dan harga bahan baku pakan yang terdekat dengan lokasi target pemasaran. pembuatan produk. dan laporan pertanggungjawaban. Setelah menjadi tepung. timbangan. campur bahan-bahan seperti tepung ubi jalar kuning. Tahap pembuatan produk. Setelah kering ubi jalar digiling dan diayak. Tahap-tahap produksi Satsumaimo (Lampiran 2. pisau. Kemudian. Hal ini dimaksudkan untuk menekan biaya transportasi serta memudahkan melakukan pemantauan agar mendapatkan bahan baku yang berkualitas baik. Tahap persiapan dan survey pasar. telur. Kemudian dicampur 14 . 50% tepung ikan. ubi jalar dikeringkan selama ±3 hari sampai kering. tepung terigu. evaluasi usaha. Setelah dilakukan survey harga dan lokasi. penjualan produk. hingga merata. Pakan akan diproduksi sebanyak 2 ton. Satsmaimo memiliki formulasi 40% ubi jalar kuning. 5% tepung terigu. c.

Tahap ini dilakukan perhitungan pemasukan dan pengeluaran usaha. Setelah pelet kering. Tahap penjualan produk. Tahap evaluasi kegiatan. Penjualan produk akan dilakukan secara langsung atau pun tak langsung. g. Selain itu metode partnership akan diterapkan untuk membidik pesanan dalam jumlah besar dengan pemerintahan atau swasta. Tahap evaluasi usaha. melalui pendekatan yang baik kepada pembudidaya ikan koi. e. Tahap laporan pertanggungjawaban. Promosi pada tahap awal dengan cara menyebarkan brosur. Tahap promosi. Evaluasi kegiatan dilakukan untuk mengetahui sejauh mana usaha ini berjalan. Selanjutnya adonan dicetak dengan pencetak pelet dengan ukuran yang diinginkan dan dikeringkan pelet selama ±1 hari. h. Pakan Satsumaimo tentu akan menjadi pertimbangan tersendiri 15 . Direct selling dilakukan dengan pembudidaya ikan koi secara langsung atau pun melalui pameran kontes ikan koi. f. maka dimasukan dalam kemasan per 250 gr.2 Upaya Pencapaian Kesuksesan Mengingat akan pentingnya pakan dalam suatu kegiatan budidaya. maka tidak menutup kemungkinan bahwa pakan Satsumaimo akan diterima oleh pembudidaya. Sedangkan penjualan secara tak langsung yakni dengan cara menitipkan produk ke koperasi atau pun ke kelompok tani. spanduk yang ditempatkan di tempat-tempat yang strategis. Laporan pertanggungjawaban diberikan setelah akhir periode kegiatan. 5. Dengan dilakukannya direct selling diharapkan dapat memperbesar profit. d.dengan air dan telur sebagai perekat. dan juga melalui media sosial seperti facebook atau pun website. Selain itu evaluasi strategi juga dilakukan guna mengetahui optimal atau tidaknya strategi tersebut.

Tempat pemasaran yang akan menjadi fokus penjualan Satsumaimo antara lain:  Pembudidaya ikan koi  Pedagang pengecer ikan koi  Berbagai kontes ikan koi  Kelompok Tani  Dinas Koperasi Promosi dan pemasaran Satsumaimo pada tahap awal dengan cara menyebarkan brosur.untuk meningkatkan kualitas hasil produksi mereka dengan harga yang terjangkau. dan juga melalui media sosial seperti facebook atau pun website. Setelah usaha ini berkembang dan memiliki tingkat permintaan yang tinggi. Untuk memperbesar profit. langkah yang selanjutnya diambil adalah mematenkan Satsumaimo. Satsumaimo juga akan dipasarkan melalui direct selling. memperluas pemasaran. dan membuat rumah produksi di Blitar. spanduk yang ditempatkan di tempat-tempat yang strategis. Selain itu juga mempertahankan kualitas pakan. Selain itu metode partnership akan diterapkan untuk membidik pesanan dalam jumlah besar dengan pemerintahan atau swasta. melalui pendekatan yang baik kepada pembudidaya ikan koi. memperluas jaringan usaha. 16 .

KKP. diakses pada tanggal 27 September 2015. 17 . Utami D.) Terhadap Kandungan Zat Gizi dan Penerimaan Biskuit Balita Tinggi Protein dan Beta Karoten.id/21986/1/435-ki-fpik-06 a.php/arsip/c/25/Minapolitan-Budidaya-Kab. http://semilir. Y.id/ index. Indonesia Peringkat ke 3 Eksportir Ikan Hias di Dunia http://kominfo. Pengaruh Substitusi Tepung Daging Ikan Lele Dumbo (Clarias gariepinus) dan Tepung Ubi Jalar Kuning (Ipomoea batatas L. T. http://eprints.) Pada Kecerahan Warna Ikan Koi (Cyprinus carpio L. 2013. Variasi Kombinasi Tepung Labu Kuning (Cucurbita moschata D. N. A. Pinandoyo. Pengaruh Berbagai Kadar Carophyll Pink dan Tepung Wortel dalam Pakan Buatan Terhadap Kecerahan Ikan Oscar (Astronotus ocellatus Cuvier). 2014.pdf. Artikel Penelitian Universitas Diponegoro.) Naskah Pulikasi Universitas Atma Jaya Yogyakarta. 2013.) pada Tepung Azolla (Azolla pinnata R. S. F.id/watch/28460 Diakses Pada Tanggal 27 September 2015. A.go.undip.kkp. Aida.DAFTAR PUSTAKA Imandira P. 2005. Profile Minapolitan Budidaya.br. Pranata.go.-Blitar/?category_id Diakses Pada Tanggal 27 September 2015. Kominfo JATIM.ac.jatimprov. 2011.

LAMPIRAN Lampiran 1. Tahap Produksi Pembuatan Produk Perbandingan Komposisi Pakan Ikan 18 .

19 .