You are on page 1of 7

HUBUNGAN SOSIAL BUDAYA DENGAN KESEHATAN

Makalah
diajukan untuk memenuhi salah satu tugas mata kuliah Fundamental Of Nursing 2
yang dibimbing oleh Ibu Dewi Srinatania

disusun oleh kelompok 2

KELAS A
PROGRAM STUDI S1 KEPERAWATAN
STIKEP PPNI JAWA BARAT
BANDUNG
2013

Nama anggota kelompok 2: Asep Ramdan : 043-315-13-1-006 Astrian Fatwasari Soeherman : 043-315-13-1-007 Dea Fairuz Hasna Latifah : 043-315-13-1-008 Dela Sonya Fadhilah : 043-315-13-1-009 Diah Krisnawati : 043-315-13-1-010 Restu Nugraha : 043-315-13-1-032 Rika Rahmatika Ulpah : 043-315-13-1-033 Rini Nopitasari : 043-315-13-1-034 Sani Sri Wulandari : 043-315-13-1-035 Siska Widiyanti : 043-315-13-1-037 .

Oleh karena itu kritik dan saran yang membangun penyusun harapkan demi kesempurnaan makalah ini. 11 Desember 2013 Penyusun i . Penyusun menyadari bahwa masih banyak kekurangan dalam makalah ini. Dalam makalah ini penyusun membahas tentang “ hubungan sosial budaya dengan kesehatan” Terimakasih kepada semua pihak yang membantu dalam menyelesaikan makalah ini.KATA PENGANTAR Puji syukur penyusun panjatkan kehadirat Tuhan yang Maha Esa. karena berkat limpahan dan karunia-Nya sehingga penulis dapat menyelesaikan makalah ini dengan baik dan tapat pada waktunya. Akhir kata semoga makalah Bandung.

...............................................................................................................................................................................DAFTAR ISI KATA PENGANTAR...i DAFTAR ISI................................................................ii ii .....................

budaya. c. bisa dikatakan bahwa budaya adalah pemrograman kolektif yang menggambarkan suatu proses yang mengikat setiap orang segera setelah kita lahir didunia. 2. 3) Mitchel . b.1 Latar Belakang A. yang merupakan bentuk jamak dari buddhi (budi atau akal) diartikan sebagai hal-hal yang berkaitan dengan budi dan akal manusia. Kata budaya dalam kamus besar bahasa Indonesia diartikan sebagai pikiran. termasuk didalamnya pernyataan intelektual dan nilainilai artistik yang menjadi ciri khas masyarakat. Definisi sosial.BAB I PENDAHULUAN 1. Secara tata bahasa. sebagai berikut: 1) Andreas Eppink Kebudayaan adalah segala sesuatu atau tata nilai yang berlaku dalam sebuah masyarakat. Pengertian sosial menurut beberapa tokoh. sosial budaya. Dari beberapa pendapat di atas dapat disimpulkan bahwa sosial adalah suatu sifat dasar yang dimiliki oleh setiap imdividu untuk berinteraksi dengan lingkungannya. dan kesehatan 1. Ruth Aylett Sosial adalah sesuatu yang dipahami sebagai sebuah perbedaan namun tetap inheren dan terintegrasi. Engin fahri I Sosial adalah sebuah inti dari bagaimana para individu berhubungan. dinamakan kebudayaan dari masyarakat tersebut. atau adat istiadat. Lewis Sosial adalah sesuatu yang dicapai dihasilkan dan ditetapkan dalam interaksi sehari-hari antara warga negara dan pemerintahannya. yaitu buddhaya. Sedangkan budaya menurut beberapa tokoh ahli adalah. pengertian kebudayaan diturunkan dari kata budaya yang cenderung menunjuk pada pola pikir manusia. Pengertian budaya Secara umum budaya atau kebudayaan berasal dari bahasa sanskerta. 2) Mofstede Budaya diartikan sebagai pemrograman kolektif atas pikiran yang membedakan anggota-anggota suatu kategori orang dari kategori lainnya. akal budi. walaupun masih juga diperdebatkan tentang pola berhubungan para individu tersebut. yaitu: a. Dalam hal ini.

Pengertian sosial budaya Setelah mengetahui pengertian sosial dan budaya secara garis besar pengertian sosial budaya adalah segala sesuatu yang dihasilkan/diciptakan oleh manusia untuk kelangsungan kehidupan bermasyarakat. Ada empat komponen penting yang harus terpenuhi agar manusia dapat dikatakan sehat seutuhnya. moral hukum dan perilaku yang disampaikan oleh individu individu dan masyarakat. yang menentukan bagaimana seseorang bertindak. standar. pengetahuan. memiliki selera makan yang baik dan seluruh fungsi organ tubuh berjalan normal sebagaimana mestinya. Sehat jasamani. keterampilan dan sebagainya. B. berperasaan. Kesehatan mental berhubungan erat dengan kesehatan jiwa dalam pepatah: “Men Sana in Corpore Sano. Kesehatan mensyaratkan keadaan prima pada diri manusia secara mental dan fisik sehingga manusia tersebut siap berinteraksi maupun bersosialisasi dalam lingkungan sosialnya.” Yang artinya di dalam tubuh yang sehat terdapat jiwa yang sehat pula. rapi dalam berpakaian. Istilah kesehatan sendiri berasal dari konsep mental hygiene yang berarti kejiwaan (dari bahasa Yunani). sikap. merupakan keadaan pikiran dan jiwa manusia yang terkontrol dan bahagia. tidak bau. Pengertian Kesehatan Kesehatan merupakan keadaan sejahtera pada diri manusia yang meliputi aspek badan (raga) jiwa dan keadaan sosial sehingga manusia dapat hidup dengan produktif secara ekonomi dan sosial. yakni keadaan manusia dalam penampilan yang bersih. 4. kepercayaan. Kesehatan perlu dipertahankan dengan perawatan diri yang meliputi aspek pikiran.Budaya merupakan seperangkat nilai nilai inti. Pengaruh aspek sosial terhadap kesehatan . kondisi tubuh. Kata “mental” sama dengan makna kata “psyhe” yang dalam bahasa Latih berarti psikis atau jiwa. mata bersinar. bisa tidur dengan nyenyak. 3. 2. dan memandang dirinya serta orang lain. yakni sebagai berikut: 1. tidak gemuk. Dari beberapa pendapat diatas dapat disimpulkan bahwa budaya adalah suatu hasil pola pikir manusia yang digunakan untuk pedoman dalam berinteraksi dengan lingkungannya. Sehat mental.