You are on page 1of 25

PERANCANGAN

ORGANISASI

1
Konsep dan Proses Manajemen

Perancangan Organisasi

PERANCANGAN ORGANISASI
TIU :
Agar mahasiswa mampu menyebutkan, memahami, mengaplikasikan,
mengembangkan dan mendesain Sistem Organisasi

TIK :
1. Agar mahasiswa memahami Konsep dan Proses Manajemen
2. Agar mahasiswa memahami Perencanaan (Planning)
3. Agar mahasiswa memahami Pengorganisasian (Organizing)
4. Agar mahasiswa memahami Penggerakan (Actuating)
5. Agar mahasiswa memahami Pengendalian (Controlling)
6. Agar mahasiswa memahami Lingkungan Organisasi
7. Agar mahasiswa memahami Perkembangan Organisasi
8. Agar mahasiswa memahami Teknologi Organisasi
9. Agar mahasiswa memahami Birokrasi dalam Organisasi
10. Agar mahasiswa memahami Rentang Kendali
11. Agar mahasiswa memahami Desain Struktur Organisasi
Konsep dan Proses Manajemen

2

Perancangan Organisasi

Pengorganisasian (Organizing) 4. Contoh Kasus Konsep dan Proses Manajemen 3 Perancangan Organisasi . Pengendalian (Controlling) 6.MATERI KULIAH : 1. Desain Struktur Organisasi 12. Perencanaan (Planning) 3. Perkembangan Organisasi 8. Teknologi Organisasi 9. Konsep dan Proses Manajemen 2. Penggerakan (Actuating) 5. Birokrasi dalam Organisasi 10. Lingkungan Organisasi 7. Rentang Kendali 11.

KEHADIRAN & KEAKTIFAN UJIAN TENGAH SEMESTER UJIAN AKHIR SEMETER = 35 % = 30 % = 35 % 4 Konsep dan Proses Manajemen Perancangan Organisasi .TEKNIK PENILAIAN : TUGAS.

Proses & Prinsip Manajemen 5. Keterampilan Manajerial (Prinsip Memimpin) 4. Perkembangan Manajemen 2. Perubahan Pendekatan Manajemen 5 Konsep dan Proses Manajemen Perancangan Organisasi .KULIAH 1 : KONSEP DAN PROSES MANAJEMEN TIK : Agar mahasiswa memahami konsep dan proses manajemen didalam organisasi TOPIK KULIAH : 1. Tingkatan Manajemen 3.

Keterampilan Manajerial (Prinsip Memimpin) 4. Perkembangan Manajemen 2.MANAJEMEN ORGANISASI ADMINISTRASI KEPEMIMPINAN 1. Tingkatan Manajemen 3. Perubahan Pendekatan Manajemen 6 Konsep dan Proses Manajemen Perancangan Organisasi . Proses & Prinsip Manajemen 5.

PERKEMBANGAN MANAJEMEN KLASIK MANAJEMEN KONTEMPORER 7 Konsep dan Proses Manajemen Perancangan Organisasi .1.

ADMINISTRASI Proses kegiatan untuk mencapai tujuan yang dilakukan oleh seseorang ORGANISASI Kerjasama beberapa orang untuk mencapai tujuan MANAJEMEN Usaha untuk mengkoordinasikan semua tugas yang dilakukan oleh beberapa orang dan mengarahkannya kepada tujuan yang hendak dicapai 8 Konsep dan Proses Manajemen Perancangan Organisasi .

Administrative Theory (Henry Fayol) 3. Birocratic Organization Theory (Max Weber) Taylor Lebih memperhatikan masalah praktis Ad. 1). Scientific Management (Ekonomis .KLASIK 1. The Best Way Seleksi Personal Financial Incentive Functional Foremanship (Membagi Tugas Sesuai Fungsinya) Konsep dan Proses Manajemen 9 Perancangan Organisasi . Taylor) 2. FW.

Fayol Masalah-masalah Praktis Ad. Division of Work (Membagi Tugas) Authority & Responsibility  Formal dan Informal Dicipline Unity of Comand Unity of Direction Individual Interest Remuration of Personal (Menjamin Kepuasan. 2). Adil  Sesuai dengan Batas Desentralisasi / Sentralisasi Scalar Chain (Rangkaian Perintah) Order (Perintah yg Jelas pd Bahawan) Equity Menciptakan Loyalitas) Kesempatan Melaksanakan Pekerjaan Inisiatif Espirit de Corps Konsep dan Proses Manajemen 10 Perancangan Organisasi .

3).Weber Bagaimana Membuat Struktur Suatu Perusahaan Ad. Hierarki yang jelas (terdefinisi) Sistem dan Prosedur Aturan yang jelas (formal) Impersonality (hubungan antar personalia) Pemilihan / Penempatan berdasarkan kemampuan) Division of Work 11 Konsep dan Proses Manajemen Perancangan Organisasi .

Menyelidiki basic needs  manusia sudah berubah Manusia ingin berperan Hubungan antar manusia harus dapat terpenuhi 12 Konsep dan Proses Manajemen Perancangan Organisasi .KONTEMPORE R Elton Mayo Perkembangan Teknologi Perkembangan Nilai-nilai yang Dianut Perubahan Hubungan Manusia Kenaikan produktivitas bukan karena hanya fasilitas fisik.

menginginkan kekuasaan atas dirinya sendiri. dan bukan power yang memaksakan bawahan (power over) Chested Barred Tingkah laku karyawan harus diperhatikan Incentive fisik dan non fisik (khususnya untuk non finansial) Sistem komunikasi (organisasi) H. sanksi) Self Control.Mary Parker Fallet (Sarjana Psikologi) Kebebasan Individu = f (kebebasan grup) Pimpinan mempunyai power yang dapat diterima bawahan (power wits). Simon  Manajemen Keputusan Zone of Acceptance = f (incentive . Konsep dan Proses Manajemen 13 Perancangan Organisasi .

factory’s.E)  karakteristik personal. environment.Kurt Lewin (Group Dynamic) Organisasi harus terbuka Behavioral School  B = f (P. Likkert Kelompok Kerja Efektif Mc. Gregor  Teori X dan Y Agrys Manusia mempunyai tahap perkembangan (yang paling berpengaruh pada tahap dewasa) 14 Konsep dan Proses Manajemen Perancangan Organisasi .

MENEGAH Aspek Konseptual Aspek Konseptual Aspek Hubungan antar Manusia Aspek Hubungan antar Manusia Aspek Teknikal Aspek Teknikal Pimp. Misalnya : General Manager. Divisi-divisi Konsep dan Proses Manajemen 15 Perancangan Organisasi . Pimpinan LINE 2. Pimpinan Umum  Bertanggung jawab atas segala aktivitas inti yang dipimpinannya. PUNCAK Aspek Konseptual Aspek Hubungan antar Manusia Aspek Teknikal Menurut Ruang Lingkup Tugas Di Dalam Organisasi Pimpinan Fungsional  Bertanggung jawab terhadap satu kegiatan fungsional. Kepegawaian. TINGKATAN MANAJEMEN 1. Misalnya : Produksi.2. Keuangan. Pimp. Pemasaran.

rekan maupun atasan. peralatan dan teknik suatu bidang tertentu seperti akuntansi. pemasaran dan sebagainya. Keterampilan ini sangat diperlukan dalam membina kerja sama. Keterampilan hubungan antar manusia (Human Skills). 16 Konsep dan Proses Manajemen Perancangan Organisasi . memperoleh partisipasi dan mengarahkan anggota kelompoknya. KETERAMPILAN MANAJERIAL Seorang manajer harus menguasai : Keterampilan Konseptual (Conceptual Skills). yaitu kemampuan untuk bekerja sama. produksi. yaitu kemampuan untuk melihat organisasi secara keseluruhan dan memahami hubungan antar bagian (yang saling bergantung satu sama lain) serta bagaimana ‘letak’ bagian yang dipimpinnya.3. baik bawahan. berkomunikasi dan memotivasi orang lain. yaitu kemampuan untuk menggunakan prosedur. Keterampilan Teknis (Technical Skills).

4. Sedangkan rencana yang dibuat oleh tingkatan-tingkatan lebih rendah berlaku terbatas pada suatu unit atau fungsi dan mencakup jangka waktu pendek. yaitu kurang dari satu tahun. Rencana yang dibuat oleh top management berlaku untuk organisasi sebagai keseluruhan dan dapat mencakup waktu jangka panjang. leading dan controlling yang merupakan satu kesatuan disebut proses manajemen. kemudian penyusunan program-program untuk mencapainya. Perencanaan (Planning) Langkah pertama di dalam planning adalah pemilihan tujuantujuan untuk organisasi itu. PROSES & PRINSIP MANAJEMEN Manajemen yang terdiri dari kegiatan-kegiatan atau fungsifungsi planning. Dalam membuat perencanaan harus berkaitan dengan visi dan misi perusahaan. Sesudah penetapan sasaran untuk unit-unit organisasi itu. Konsep dan Proses Manajemen 17 Perancangan Organisasi . organizing. bagian dan sebagainya. Kemudian penetapan sasaran untuk unit-unit yang lebih rendah (sub units) divisi.

Pengarahan (Leading) atau Penggerakan (Actuating) Setelah rencana dan struktur organisasi telah ditetapkan. Perbedaan tujuan-tujuan memerlukan perbedaan jenis organisasi untuk mencapainya. 18 Konsep dan Proses Manajemen Perancangan Organisasi . maka manajer harus merancang dan menyusun organisasi yang akan dapat melaksanakan rencana dan program itu dengan berhasil.Pengorganisasian (Organizing) Setelah tujuan organisasi dan sasaran unit-unit telah ditetapkan dan program-programnya telah disusun. maka langkah selanjutnya adalah pengisian jabatan atau posisi pada organisasi itu dengan orang-orang yang tepat (staffing) dan menggerakkan mereka menuju pencapaian tujuan yang telah dirumuskan.

Konsep dan Proses Manajemen 19 Perancangan Organisasi . tetapi penetapan standar itu jelas merupakan bagian dari proses perencanaan.Pengendalian (Controlling) Fungsi terakhir ini berkaitan dengan upaya untuk menjamin bahwa kegiatan-kegiatan anggota-anggota organisasi itu dalam kenyataannya berjalan menuju tujuan-tujuan yang telah ditetapkan. Proses manajemen yang dijelaskan di atas merupakan serangkaian kegiatan yang saling berkaitan dan saling mempengaruhi. kecuali organisasi itu baru sama sekali. Fungsi ini meliputi kegiatan-kegiatan berikut : Menetapkan tolok ukur hasil kerja (standar) Mengukur hasil kerja dan memperbandingkannya dengan tolok ukur Mengambil tindakan perbaikan terhadap hasil kerja yang tidak memenuhi tolok ukur tersebut. Sebagai contoh tolok ukur hasil kerja (standar) itu dipergunakan sebagai alat pengendalian tindakan-tindakan pegawai. Dalam kenyataannya berbagai kombinasi fungsi itu berjalan serempak di dalam setiap organiasasi. Disamping itu perlu dicatat bahwa fungsi-fungsi itu tidak perlu terjadi dalam urutan seperti tersebut di atas.

20 Konsep dan Proses Manajemen Perancangan Organisasi . Manajer bertanggung jawab untuk menerapkan disiplin dan meningkatkan moral anak buahnya. pemanfaatan sumber daya dapat berjalan dengan baik.Dalam melaksanakan kegiatan atau tindakan manajemen. diperlukan pedoman agar proses bekerja bersama dengan orang lain. Beberapa prinsip atau pedoman yang praktis tersebut antara lain : Pekerjaan dibagi-bagi habis agar setiap orang melakukan bagian pekerjaan tertentu yang biasa disebut pembagian kerja. Seseorang sebaiknya hanya memiliki satu atasan yang disebut sebagai kesatuan komando. dan dia sendiri harus memberikan contoh. Manajer harus memiliki kewenangan untuk memberikan perintah dan juga harus bertanggung jawab tentang hasil pekerjaannya.

Perlakukan yang adil terhadap pekerja. dari manajer yang lebih tinggi kepada manajer yang lebih rendah.Penghargaan dan imbalan seseorang harus mencerminkan kontribusinya terhadap pencapaian sasaran organisasi. 21 Konsep dan Proses Manajemen Perancangan Organisasi . Manajer harus memacu diri dan anak buahnya agar timbul inisiatif dan kreativitas. Memiliki rencana dan tujuan yang jelas yang memberikan kesatuan arah. Perintah atau instruksi harus mengalir melalui rantai komando.

inovasi dan pertumbuhan dalam unit lini terdepan Pemberian dukungan dan koordinasi untuk menyebarkan keunggulan organisasi ke berbagai unit Penciptaan dan penanaman sense of direction.5. komitmen dan tantangan kepada seluruh jajaran organisasi Kegiatan dan Tugas Kunci - - - Penciptaan dan pemburuan kesempatan baru pertumbuhan bisnis Penarikan dan pengembangan sumber daya dan kompetensi Pengelolaan perbaikan kinerja secara kontinu dalam unit - - - Pengembangan karyawan dan pemberian dukungan terhadap berbagai kegiatan Pengkaitan berbagai pengetahuan. keterampilan. PERUBAHAN PENDEKATAN MANAJEMEN Transformasi Peran dan Tugas Manajemen : Manajer Operasional Manajer Senior Manajer Puncak Perubahan Peran Dari implementor operasional ke entrepreneur agresif Dari pengendali administratif ke coach suportif Dari alokator sumber daya ke pemimpin institusional Nilai Tambah Utama Penggerak kinerja bisnis melalui pemusatan pada produktivitas. dan praktik terbaik yang tersebar lintas unit Pengelolaan tekanan antara sasaran kinerja jangka pendek dan ambisi jangka panjang - - - Pengendalian kembali berbagai asumsi yang selama ini diterapkan dan penetapan horizon perluasan kesempatan dan standar kinerja Pelembagaan serangkaian norma dan nilai untuk mendukung kooperasi dan iklim saling percaya Penciptaan dan pengembangan core purposes dan ambisi (strategic vision) 22 Konsep dan Proses Manajemen Perancangan Organisasi .

intuitif Persuasif. sabar Integratif. Konsep dan Proses Manajemen Suportif. memberdayakan Kemampuan untuk mengembangkan hubungan dan membangun tim Kemampuan untuk merekonsiliasi berbagai perbedaan dan memelihara tegangan 23 Perancangan Organisasi . dan praktik yang tersebar Pengelolaan tekanan jangka pendek dan jangka panjang bersambung ….. persisten - Pengetahuan teknis kompetitif bisnis Pengetahuan sumber daya internal dan eksternal Pemahaman rinci tentang operasi bisnis - Kemampuan untuk mengenal potensi dan membuat komitmen Kemampuan untuk memotivasi dan menggerakkan orang Kemampuan untuk menopang energi organisasional seputar berbagai sasaran yang berat Senior – Management Developers Integrator Berorientasi Orang Pengalaman Organisasional Luas Pengembangan Orang dan Hubungan - - - - - - Pengembangan karyawan dan pemberian dukungan terhadap inisiatif Pengkaitan berbagai pengetahuan. menarik hati Kompetitif. keterampilan. mengembangkan.Kompetensi Manajemen untuk Peran Baru Peran / Tugas Sikap/Karakteristik Personal Pengetahuan / Pengalaman Keterampilan / Kemampuan Operating – Level Entrepreneur Kompetitor Berorientasi Hasil Pengetahuan Pengoperasian Rinci Pemusatan Energi pada Kesempatan - - - - - Penciptaan dan pemburuan kesempatan baru pertumbuhan bisnis Penarikan dan pengembangan sumber daya dan kompetensi Pengelolaan perbaikan kinerja secara kontinu dalam unit - Kreatif. Fleksibel Perseptif. demanding - Pengetahuan orang sebagai individu dan pemahaman cara untuk mempengaruhi mereka Pemahaman dinamika interpersonal di antara beragam kelompok Pemahaman hubungan meansends yang mengkaitkan prioritas jangka pendek dan tujuan jangka panjang - Kemampuan untuk mendelegasikan.

A. 40 (1) 24 Konsep dan Proses Manajemen Perancangan Organisasi .. C. & Goshal. industri. proses dan budaya Pengetahuan luas tentang perusahaan. (1997).. Stretching Open – minded. S.sambungan …. dan masyarakat yang berbeda Keterampilan / Kemampuan - - Kemampuan untuk menciptakan lingkungan kerja yang exiting dan demanding Kemampuan untuk menginspirasi keyakinan dan kepercayaan pada institusi dan manajemennya Kemampuan untuk mengkombinasi conceptual insight dengan berbagai tantangan motivasional Sumber : Barlett. Sikap/Karakteris tik Personal Pengetahuan / Pengalaman Top – Level Leaders Institution – Minded Visionary Pemahaman Organisasi dalam Konteksnya Penyeimbangan dan Tantangan - - - - Peran / Tugas - - Penggalian kembali berbagai asumsi yang selama ini diterapkan dan penetapan horizon perluasan kesempatan dan standar kinerja Pembangunan konteks bagi kooperasi dan saling percaya Penciptaan dan pengembangan core purposes dan ambisi - Challenging. fair Berwawasan. The myth of the generic manager : New personal competencies for new management roles. California Management Review. inspiring - - Pemahaman mendasar tentang organisasi. berbagai bisnis dan operasinya Pemahaman organisasi sebagai suatu sistem struktur.

: Harvard Business School Press.Peran dan Keterampilan Manajerial yang Dibutuhkan Kini dan Masa Mendatang Peran / Tugas Sikap/Karakteristik Personal Agen Perubahan (Change Agent) - Keterampilan manajemen perubahan Keterampilan coaching Kemampuan fasilitas Keterampilan analisis sistem Keterampilan konsultasi Partner Strategik (Strategic Partner) . Konsep dan Proses Manajemen 25 Perancangan Organisasi .Keterampilan perancangan (ulang) proses bisnis .Keterampilan hubungan dan layanan pelanggan . D.Keterampilan perbaikan proses .Keterampilan teknologi informasi Sumber : Ulrich. Boston. (1997). Mass. Human Resource Champions.Keterampilan pengembangan keprimaan operasional Employee Champion - Keterampilan pengembangan manajemen Keterampilan manajemen kinerja Keterampilan pengembangan sumber daya manusia Keterampilan diagnosis lingkungan kerja Administrative Expert .Keterampilan perbaikan berkesinambungan .Keterampilan pengembangan dan pemanfaatan kompetensi .