PROTEKSI ANODIK

Wanda Yunita (03031281320016)

 Perlindungan anodik merupakan penghapusan elektron dari logam dengan mempercepat korosi. Di masa depan. Hal ini dimungkinkan untuk mengurangi kebutuhan paduan untuk jenis korosi tertentu. . perlindungan anodik mungkin akan merevolusi banyak praktek teknik korosi.

Arus luar digunakan untuk menggalakkan terjadinya reaksi anodik. .  Proteksi anodik didasarkan pada pembentukan lapisan film yang protektif dengan menggunakan arus luar untuk mengaktifasi situs anoda. sehingga struktur terkorosi dan membentuk lapisan corrosion product yang protektif di permukaan logam yang dilindungi.

dan aturan umum dalam korosi klasik. .  Penggabungan perlindungan anodik dalam praktek rekayasa korosi terjadi sangat lambat. Dampak yang diproduksi jika sistem katodik proteksi terhubung dengan polaritas cadangan. yang menyatakan bahwa arus anodik terkesan mempercepat korosi. semua cenderung untuk menekan pengenalan teknik perlindungan yang baru. kerusakan yang cepat dari anoda dalam beberapa galvanis.

dan alloy mereka. Keunggulan sistem proteksi anodik adalah bahwa ia dapat digunakan pada kondisi lingkungan yang sangat korosif sekalipun. nikel. .  Proteksi anodik hanya dapat diberlakukan terhadap logam-logam yang berpotensi membentuk lapisan protektif seperti baja. titanium. alumunium. zirconium. kromium. dan bahwa arus yang diperlukan hanya kecil saja.

.

2H2O nM + mH2O O2+ 4H++ 4e- MnOm + 2mH++ 2me- M M + ne- n+ .

dan paduan logam. titanium. kromium. Hal ini biasanya tidak terjadi kecuali untuk logam transisi pasif aktif seperti besi.  Perlindungan anodik didasarkan pada pembentukan lapisan pelindung pada logam oleh arus anodik eksternal yang diterapkan. . Penerapan arus anodik pada logam dapat meningkatkan laju disolusi logam dan menurunkan laju evolusi hidrogen.

Pada stainless steel. atau dengan melapisi benda kerja untuk membentuk permukaan pasif  Contoh : 1. Pd.Jenis Sistem Proteksi Anodik Sistem Proteksi Anodik Galvanik : menambahkan logam mulia seperti Pt.  . Ag.1% Pd atau 0. Pelapisan tipis stainless steel dengan menambahkan sejumlah kecil garam Cu atau Ag ke dalam media korosif. 2. ditambahkan paduan seperti 0.1% Cu. dan Cu sebagai bahan paduan.

  Sistem Proteksi Anodik Elektrolitik : membentuk lapisan tipis pasif dengan cara menaikkan potensial antarmuka ke daerah pasif. nikel. chromium. contoh pada baja. dan paduan-paduannya Akurasi diatur dengan menggunakan potensiostat .

.Perbandingan Perlindungan Anodik dan Perlindungan Katodik Ditinjau dari kuat tidaknya jenis korosi :  Perlindungan anodik dapat digunakan untuk melindungi korosi dari yang lemah sampai korosi yang cukup kuat  Perlindungan katodik hanya dapat digunakan secara terbatas.

dan biaya instalasi yang tinggi. .Ditinjau dari segi instalasi dan instrumen sistem proteksi :  Instalasi dari sistem proteksi katodik relatif murah karena komponen yang sederhana dan mudah diinstal.  Proteksi anodik memerlukan instrumentasi kompleks termasuk potensiostat dan referensi elektroda.

.

Ditinjau dari kekuatan sistem proteksi terhadap korosi :  Kekuatan dari proteksi katodik umumnya lebih rendah  Sistem proteksi anodik pada umumnya lebih kuat. dan mempunyai kekuatan dalam menghantarkan. .

Kelebihan Proteksi Anodik Pertama. Kedua. penerapannya biasanya sama dengan laju korosi dari sistem yang dilindungi. . kondisi operasi untuk proteksi anodik bisa ditetapkan dengan tepat dari laboratorium pengukur polarisasi.

TERIMA KASIH .