PERTANYAAN GRAND FINAL DUTA MAHASISWA GENRE KOTA BANDUNG TAHUN 2016

By Wenda Alifulloh
PERTANYAAN
1. Mengapa Perempuan Selalu

CLUE
Perempuan dijadikan objek kawin muda karena

Dijadikan Objek Kawin Muda..?

akibat produk Gender yang merupakan paket

Jelaskan !

budaya, dimana mayoritas kebudayaan dunia
menempatkan posisi wanita dengan kedudukan
lemah, dibawah dan pasrah. Karena
pemahaman itulah perempuan lebih mudah
untuk ‘dipemainkan’ sebagai objek kawin

2. Apakah Kawin Muda Melanggar

muda.
Setidaknya hak anak yang dilanggar dalam

Hak-Hak Anak ? Dan Apa Saja

praktik kawin muda yaitu hak tumbuh dan

Sanksinya !

berkembang, hak memperoleh pendidikan, hak
atas sumber penghidupan, hak bebas dari
kekerasan, dan lain sebagainya.
Satu hak saja yang dilanggar akan
menyebabkan banyak hak-hak lain pada
kehidupan normal akan sulit untuk dicapai.
Pelanggaran ini juga
Sanksi UU : Belum ada (tdk diatur dlm UU

3. Langkah – Langkah Apa Yang

Perkawinan). Kita : Sanksi Sosial.
Pandangan sehat General : Ekonomi, Fisik,

Diperlukan Untuk Merencanakan

Sosial dll..

Suatu Keluarga Yang Sehat ?

Cara terbaik bagi remaja untuk merencanakan
Keluarga Sehat adalah dengan menjadi TEGAR
REMAJA dimana Komponen yang terdapat
dalam TEGAR REMAJA sudah sangat tepat
untuk menuju Keluarga Sehat dalam rangka
TEGAR Keluarga.
Tegar Remaja : Melakukan Hidup Sehat,
Terhindar Resiko Triad KRR, Menunda Usia

4. Kenapa Remaja Harus Punya Misi
Berencana ? Jelaskan !
5. Mengapa Remaja Menjadi Sasaran
Program KB ? Jelaskan !

perkawinan dan menjadi model bagi sesama.
Misi berencana ditujukan untuk MENYIAPKAN
REMAJA memasuki dan menjalani hidup
berkeluarga yang sehat berkualitas. (Improve)
KB : Merencanakan Keluarga, Remaja itu fase
sebelum berkeluarga, jadi edukasi KB Tepat

6. Pada Kenyataannya Masih Banyak

untuk remaja.
Membuat PIK-M menjadi tempat bergaul yang

Para Remaja Yang Tidak Mengenal

nyaman, kerahkan semua Sumber daya yang

Anda Adalah Seorang Konselor Sebaya.? 10. 2 8. Bagaimana Pendapat Anda Dengan Banyaknya Kejadian Saat Ini Kawin Cerai . Jangka panjang : Percaya untuk Merencenakan Keluarga. dan masyrakat kurangi ego. banyak penduduk -> Memakmurkan diri. Temen Anda Tersebut Adalah Seorang Pecandu Narkoba. Upaya Anda Sebagai Pengurus PIK Menjadikan organisasi sebagai wadah Terkini Mahasiswa Untuk untuk tujuan kaula muda sasaran PIK-M. Bagaimana Anda Menyikapi Permasalahan Tersebut. Menurut Analisa Anda. Percaya bahwa ‘Mari Ikut KB. Apa Arti Dari Fenomena Tersebut? Jelaskan Beserta Kasus 1 12. Menurut Anda Mengapa BKKBN Membuat Program Tersebut? Jelaskan ! 11. 1. .? anak Cukup’. Salah Satu Teman Anda Datang Kepada Anda Untuk Melakukan Konseling. Pandangan Angkutan kurang nyaman Terjadinya Kemacetan ? Jelaskan ! 3. Ego masing2 Faktor Apa Yang Menyebabkan 2. Apa Yang Membedakan HIV Dan AIDS. Mensosialisasikan Progam Tersebut ? Jelaskan! 7. beli mobil -> makin banyak mobil.? 13. Dekati. Bila Salah Satu Anggota Keluarga Anda Terinfeksi HIV/AIDS Bagaimana Sikap Anda Selaku Remaja GenRe ? Jelaskan ! 9.PIK Remaja/Mahasiswa.. Faktor- 1. BKKBN Mempunyai Program 2 Anak Cukup. Sol : Jangka pendek: Pemerintah kecekan Angkutan. HIV/AIDS Sering Di Sebut Sebagai Fenomena Gunung Es. Sehingga tidak membuat jumlah ledakan penduduk yang besar dimasa mendatang. Bagaimana dimiliki untuk daat menjangkau sasaran PIK-M.

? Sebutkan 12 Macam dan Apa Alasannya. Bahagia.? 21. Mencapai pendidikan dasar. 7.? 23. dan Sejahtera. 6.? 16. malaria dan penyakit menular. Apa Yang Tidak Boleh Saya Lakukan Pada Tubuh Saya. 4. -8 fungsi keluarga-Seks Bebas-HIV/AIDS-NAPZAPUP-LIFE SKILL-Gender-KIE Mendukung ODHA. Jelaskan Apa Yang Dimaksud Dengan Pendidik Sebaya. Mendorong kesetaraan gender dan pemberdayaan perempuan.. Coba Anda Sebutkan 8 Subtansi Program GenRe. Memerangi HIV/AIDS.? Jenis penyakit bermacam2 : RS. dalam rangka TEGAR KELUARGA untuk mewujudkan Keluarga Kecil. Herpes. Coba Jelaskan Pengertian PIK Remaja/Mahasiswa dan Sebutkan Tujuan PIK-Remaja Yaitu Mencapai TEGAR REMAJA/MAHASISWA. Menjamin kelestarian fungsi lingkungan hidup... kencing nanah. 2. Jelaskan Apa Yang Dimaksud Dengan Konselor Sebaya. Menanggulangi kemiskinan dan kelaparan. Sebutkan Apa Yang Dimaksud Dengan MDGs ..? 15. 8. Apa Singkatan Dari BPPKB dan BKKBN. Sebutkan 3 Tindakan Untuk gonore & klamidia. Apa Yang Anda Ketahui Tentang IMS adalah penyakit yang penularannya Infeksi Menular Sex/Penyakit dengan berbagai macam kontak seksual Menular Sex Jelaskan dan Beri dengan orang yang sudah tertular..? 18.. 5. Menurunkan angka kematian anak. 19.14.? 22. Bagaimana Proses Menstruasi Itu Terjadi.? Millenium Development Goals (Tujuan-tujuan Pembangunan Milenium.. 3..? 20.? 17. Mengembangankan kemitraan global ... Contoh Juga Penyebabnya. HIV.. Meningkatkan kesehatan ibu. deklar PBB 2000 NY) : 1. Sebab : parasit (kutu kelamin) bakteri sifilis.

Sahabat Kamu Terkena Narkoba Bagaimana Sikap Kamu Sebagai Remaja GenRe ? 34.. psikis.. Di Kota Bandung Pun Banjir Sudah Jadi Langganan. Fisik Dan Psikis. masa ketika seorang anak mengalami perubahan fisik. Sebutkan Dan Jelaskan 8 Fungsi Keluarga ? 30. Fenomena Banjir Tidak Hanya Di Kota Jakarta. Sebutkan Umur Ideal Perkawinan Bagi Laki-Laki Dan Perempuan ? Jelaskan Mengapa Demikian ! 29. Tumbuh Kembang Remaja Ditandai Dengan Adanya Perubahan. Faktor Apa Saja Yang Mempengaruhi Terjadinya Kawin Muda ?Jelaskan ! 28. 25.? 27. Apa Yang Dimaksud Dengan PUBERTAS.24. Bagaimana Cara Anda Mengajak Teman Sebaya Untuk Bergabung Di PIK Remaja ? 33.? untuk pembangunan. Menurut Anda Bagaimana Menyikapi Masalah Penganguran Dan Bagaimana Solusinya? 36. Apa Yang Dimaksud Pendidik Sebaya Dan Konselor Sebaya ? Jelaskan Tugas Dan Fungsinya ! 31.? 26. Jelaskan Pengertian Masa Transisi Yang Terjadi Pada Masa Remaja. Sebutkan Dan Jelaskan minimal 3 point dari 8 Subtansi GenRe ? 32. Sebutkan Ciri – Ciri Kedewasaan.. dan pematangan fungsi seksual. Jelaskan Yang Dimaksud Dengan Fisik Dan Psikis Tersebut ? 35. Masa pubertasdalam kehidupan kita biasanya dimulai saat berumur 8 hingga 10 tahun dan berakhir lebih kurang di usia 15 hingga 16 tahun. Menurut Anda Fakor Apa Saja Yang .

Adversity Dibawah KEMENKES : Prof. Sugilar. Vokasional. M. dan Skill) dan Berikan Contohnya? beradabtasi dengan lingkungan.I. Shga KIE bisa dikatakan sebagai. Kepala : Dr Surya Chandra Surapaty MPH PhD Kepala Perwakilan : Drs. Kepala BPPKB : Dra.Dr..? 39. Mental.E. Redakan dengan tidak Ribut Menyikapi Fenomena Tentang Lesbian Gay Biseksual Transgender (LGBT). Jelaskan Apa Yang Dimaksud Adv : aksi strategis yang ditujukan untuk Dengan Advokasi dan KIE dan menciptakan kebijakan publik yang bermanfaat Jelaskan Apa Saja Bentuk KIE? bagi masyarakat atau mencegah munculnya kebijakan publik yang merugikan masyarakat. Fisik. 40. SpM. Jelaskan Apa Yang Dimaksud KIE indiidu. dan KIE Masa. KIE Kelompok.Bisa Menyebabkan Banjir Dan Bagaimana Solusinya? 37. Spiritual. Menurut Anda Bagaimana Prespektif. Sebutkan Salah Satu Penyakit HERPES Menular Seksual Yang Anda Ketahui Dan Sebutkan Juga Kenapa Penyebabnya? 38. Entin Kartini. KIE : Gab 3 Konsep K.dr Nila Djuwita Anfasa Moeloek. Serta memungkinkan seseorang untuk menyelesaikan tantangan atau tuntutan dalam hidupnya dengan lebih efektif. KH : Berbagai Keterampilan atau kemampuan Dengan Keterampilan Hidup (Life untuk dapat berperilaku positif. Emosional.Si .