SATUAN ACARA PENYULUHAN (SAP

)

PERAWATAN POST KURETASE
DI RUANG FLAMBOYAN RSUD UNGARAN

Disusun Oleh:
RENY TJAHJA HIDAYATI
P17420113025

PROGRAM STUDI DIII KEPERAWATAN SEMARANG
JURUSAN KEPERAWATAN SEMARANG
POLITEKNIK KESEHATAN KEMENKES SEMARANG
2015

Tujuan Umum Setelah mendapatkan pendidikan kesehatan. Mampu menjelaskan tujuan kuretase c.Perkenalan . Tujuan Khusus a.Pengertian kuretase .Memberi salam .Kontrak waktu . 2. Mampu menjelaskan perawatan post kuretase B. 21 Mei 2015 Sasaran : Ny. K Tempat : Ruang Flamboyan (Nifas) Waktu : 30 menit A. klien dapat mengetahui tentang perawatan pada ibu post kuretase.SATUAN ACARA PENYULUHAN (SAP) Pokok bahasan : Kuretase Sub Pokok Bahasan : Perawatan Ibu Post Kuretase Hari/Tanggal : Kamis.Tujuan kuretase .Menjelaskan tujuan yang ingin dicapai .Dampak setelah kuretase . Mampu menjelaskan dampak setelah kuretase d.Memberikan kesempatan pada ibu untuk bertanya . TUJUAN 1. Mampu menjelaskan pengertian kuretase b.Perawatan post kuretase .Apersepsi pengetahuan ibu tentang perawatan post 2 15 menit Pelaksanaan kuretase Menjelaskan . KEGIATAN No 1 Waktu 5 menit Kegiatan Pembukaan Keterangan .

Memberikan pujian pada ibu . Tanya jawab E.Memberikan salam penutup C. Ibu dapat menyebutkan pengertian kuretase 2. Ceramah 2. Ibu dapat menyebutkan serta melaksanakan perawatan setelah kuretase Lampiran Materi . METODE 1. MEDIA Flip Chart (lembar balik) F. Ibu dapat menyebutkan tujuan kuretase 3. EVALUASI Kriteria evaluasi: 1.Melakukan evaluasi dengan memberi pertanyaan .3 10 menit Penutup .Memberikan simpulan dari materi . MATERI Terlampir D. Ibu dapat menyebutkan dampak setelah kuretase 4.

atau sisa plasenta yang tertinggal sesuia persalinan. Pendarahan hebat c. Misalnya: a. Dengan alasan medis. Pemeriksaan kesuburan/infertilitas . Pendarahan peraginam yang tidak teratur b. sehingga dapat diketahui penyebab dari perdarahan abnormal yang terjadi. Janin di dalam rahim sstelah proses persalinan d. Kasus keguguran b. atau sisa jaringan c. Infeksi rahim e. ( Dr. Tujuan Menurut ginekolog dari Morula Fertility Clinic. B. Taufik Jamaan. akan memunculkan gangguan seperti nyeri dan pendarahan. Jakarta. Hamil anggur e. Jika tidak dibersihkan.KURETASE A. Jaringan bisa berupa janin yang mengalami abortus. endometriosis. selaput rahim. atau janin yang dinyatakan tidak berkembang maupun sudah meninggal. Misalnya : a. Tertinggalnya sisa jaringan plasenta(ari-ari). Pengertian Kuret adalah tindakan medis untuk mengeluarkan jaringan dari dalam rahim. RS Bunda. Kuret dapat dilakukan supaya rahim bersih dari jaringan yang tidak semestinya berada bahkan tumbuh didalamnya. H. Kuret sebagai diagnostik suatu penyakit rahim Ini bertujuan untuk mengambil sedikit jaringan lapis lendir rahim. Jaringan itu sendiri bisa berupa tumor. Sp. tujuan kuret ada dua yaitu: 1.OG ) Kuret atau kuretase merupakan tindakan medis untuk mengeluarakan jaringan atau sisa jaringan dari dalam rahim dengan fungsi diagnostik atau terapetik. Kecurigaan akan kanker endometriosis atau kanker rahim d. Menghilangkan polip rahim 2. Kuret sebagai terapi Intinya. tidak ada cara lain jaringan semacam itu harus dikeluarkan. kuret ditempuh oleh dokter untuk membersihkan rahim dan dinding rahim dari benda-benda atau jaringan yang tidak diharapkan.

Untuk itu jaringan harus diambil dengan bersih dan tidak boleh tersisa sedikit pun. dikhawatirkan akan mengganggu kelancaran siklus haid. Banyak dokter kesulitan melakukan pembersihan dalam sekali tindakan sehingga ada jaringan yang tersisa. muncul luka. Namun bila kuret tidak dilakukan dengan baik. cerukan. Rahim berlubang Kuretase memungkinkan terjadinya perlubangan pada dinding rahim.C. Infeksi Jika jaringan tersisa di dalam rahim. Infeksi 3. dia akan memberi tahu kepada si ibu. hanya sekitar 1%. karena pada saat hamil dinding rahim sangat lunak sehingga beresiko tinggi terjadi lubang akibat pengerokan sisa-sisa jaringan 2. Kanker Sebenarnya kecil kemungkinan terjadi kanker. Gangguan Haid Jika pengerokan yang dilakukan sampai menyentuh selaput otot rahim. bisa saja memicu munculnya kanker. dikhawatirkan akan mengganggu kesehatan rahim. maka kuret kedua harus segera dilakukan. dikhawatirkan terjadi perdarahan. Disebut kanker trofoblast atau kanker yang disebabkan oleh sisa plasenta yang ada di dinding rahim. Perdarahan Bila saat kuret jaringan tidak diambil dengan bersih. Sindrom asherman . Cerukan di Dinding Rahim Pengerokan jaringan pun harus tepat sasaran. Biasanya hal ini terjadi pada kasus jaringan yang sudah membatu. Efek samping dari tindakan kuretase 1. kuman senang sekali dengan daerah-daerah yang basah oleh cairan seperti darah.” 2. Dampak setelah kuretase Berikut adalah dampak yang bisa timbul setelah dilalukan kuretase: 1. Bila ada sisa kemudian terjadi perdarahan. “Jika terjadi perdarahan maka segera datang lagi ke dokter. ada sisa yang tertinggal kemudian tidak mendapatkan penanganan yang tepat. dikhawatirkan bisa memicu terjadinya infeksi. jangan sampai meninggalkan cerukan di dinding rahim. 5. 3. 4. Jika menyisakan cerukan. Sebab. Namun biasanya bila dokter tidak yakin sudah bersih.

Beristirahat Istrirahat berguna untuk mengurangi kelelahan fisik dan psikologis setelah dilakukan kuret. mengalami pendarahan berlebihan atau terdapat pengeluaran cairan dari vagina yang berbau busuk. Keluar flek 5. Perawatan post kuretase 1. Namun. kram atau sakit punggung. bila ada gejala infeksi atau pendarahan setelah tindakan kuret. Karena lengket jaringan selaput lendir rahim tidak terbentuk lagi akibatnya pasien tidak mengalami haid lagi. Umumnya. Diharapkan. Menurut Kanadi. Meminum obat yang sesuai resepkan dokter secara teratur 9. Tidak perlu istirahat total di tempat tidur. Siapa tahu telah terjadi komplikasi. Mual dan pusing Nyeri D. Hindari mengangkat beban karena dikhawatirkan akan menyebabkan pendarahan 5. Perhatikan tanda-tanda vital 3. Jangan ditunda. Waspadai demam bila setelah kuret Ibu demam menggigil. 2. Sebaiknya lakukan aktivitas sehari-hari seperti biasanya. Hanya saja. Minum air putih secukupnya sangat dianjurkan agar terhindar dari dehidrasi 8. segeralah kembali ke dokter. peredaran darah akan lancar dan bentuk rahim kembali normal seperti sediakala. hindari aktivitas yang terlalu banyak membutuhkan tenaga. Cek perdarahan 4. jika tidak terjadi komplikasi waktu pemulihannya antara satu hingga dua minggu. Menjaga asupan makanan dengan gizi seimbang 7.Sindrom asherman adalah terjadinya perlekatan pada lapisan dinding rahim. bila ibu malas beraktivitas malah dapat memperlama masa pemulihan. atau ada tidaknya komplikasi saat tindakan. Menghindari hubungan intim dalam jangka waktu tertentu. 10. hal ini untuk menghindari trauma 6. 4. pemulihan fisik sangat bergantung pada usia kehamilan. Istirahat dapat diperpanjang sesuai saran dokter. Lakukan kontrol ke dokter secara berkala untuk menghindari infeksi yang mungkin terjadi . sakit sekitar perut.