KUMPULAN SOAL DAN PEMBAHASAN LUAS DAERAH

KURVA DENGAN INTEGRAL

1.

Carilah luas kurva

di antara garis x=0, x=4 dan sumbu x.

Tutup Jawaban

2.

Tentukanlah luas yang dibentuk oleh y = sin x, y = 1, x = 0 dan terletak di kuadran 1.

Tutup Jawaban
Kuadran 1 artinya batas integral mulai dari

Tutup Jawaban Supaya lebih mudah.3. Sesuaikan persamaan kurva sehingga menjadi dan . lebih baik kita menghitung luas kurva terhadap sumbu y. Carilah luas yang diarsir dari gambar dibawah ini. Perhatikan gambar di bawah ini. Tentukan luas yang dibentuk oleh garis dan . . Persamaan garisnya adalah dan . lalu cari titik potong nya. Lihat Jawaban 4.

.Lakukan Integral dari kurva kanan dikurang kurva kiri. Gunakan batas integral dari -1 sampai 2.

Melihat gambar yang diarsir.5. gambarlah dulu ketiga garis dan tandai luas yang ingin dicari. . Lalu cari titik potong antara kurva y=1/2 x dengan x+y=6. Carilah luas daerah yang dibatasi oleh garis . cara untuk menyelesaikan adalah dengan membagi 2 daerah seperti gambar dibawah ini Cari terlebih dahulu titik potong antara kurva y=2x dengan x+y=6. dan ! Tutup Jawaban Untuk menyelesaikan soal ini.

Cari luas kurva bagian II.Cari luas kurva bagian I. .

6.Jadi luas yang diarsir adalah Luas Kurva I + Luas Kurva II = 6 cm. pertama carilah titik potong dengan sumbu x. Titik potong dengan sumbu x . Lalu supaya lebih jelas. gambarlah kurva tersebut. Hitunglah luas daerah kurva . yang dibatasi sumbu y dan garis x = 5 ! Tutup Jawaban Untuk menyelesaikan soal ini.

Gambarlah kurva tersebut Dari gambar terlihat bahwa ada 2 daerah dimana yang satu berada di bawah sumbu x dan yang satu di atas sumbu x. dan dari 3-5. . Supaya penjumlahan kedua daerah tersebut benar. yaitu dari 0-3. maka kita perlu untuk memecahkan integral menjadi dua interval.

hasilnya akan salah. Jika titik potong sumbu x lebih dari satu. Ini karena dalam fungsi pangkat 3 terkadang ada fungsi naik dan fungsi turun yang saling meniadakan. perlu dianalisa ada berapa titik potong pada sumbu x nya. Carilah luas kurva dengan menambahkan kedua daerah tersebut 7. Cari titik potong grafik dengan sumbu x (berarti y = 0). Tentukanlah luas daerah yang dibatasi oleh dan sumbu x ! Tutup Jawaban Untuk grafik fungsi pangkat 3.Tanda minus pada luas daerah I perlu diabaikan karena tanda minus hanya menandakan bahwa letak daerah berada di bawah sumbu x. kita perlu melakukan integral secara terpisah untuk masing-masing interval titik potong. Jika kita langsung mengintegral tanpa memecah interval. maka untuk amannya. .

Disini dapat kita lihat bahwa daerah A berada di atas sumbu x dan daerah B di bawah sumbu x. akan didapat hasil = 0. hasilnya kurang lebih seperti di bawah ini. . sehingga kita perlu memecah interval dan mencari masing-masing daerah.Jika digambar. Jika kita langsung menggabungkan kedua daerah tersebut.

yang kita perhitungkan hanya luas daerahnya saja. Untuk menghitung luas. karena letaknya yang di bawah sumbu x.Perhatikan bahwa luas B bernilai minus. . Inilah yang menyebabkan perhitungan integral secara langsung akan saling meniadakan. nilai minus ini harus kita abaikan.