.1 Definisi Tanaman C3

Tanaman C3 adalah tanaman yang mempunyai lintasan atau siklus PCR (Photosynthetic
Carbon Reduction) atau sering disebut siklus calvin yang dapatmenghasilkan asam
organik yang mengandung 3 atom C dan jaringan yangterlibat dalam proses fotosintesis
adalah jaringan mesofil. Lintasan itu dimulaidari pengikatan CO2 dengan RBP dan RuBP
(Sitompul, 1995)
Tanaman C3 adalah kelompok tumbuhan yang menghasilkan senyawa phosphogliseric
acid yang memiliki 3 atom C pada proses fiksasi CO2 oleh ribolusadiphosphat.
(Sinaga, 2010)
C3 plant is A plant that produces the 3-carbon compound phosphoglyceric acidas the first
stage of photosynthesis.
(Anonymous,a. 2010)

2.2 Definisi Tanaman C4
Tanaman C4 adalah tanaman yang menghasilkan asam 4 karbon sebagai produk utama
penambahan CO2.
(Salisburry, 1998)
Tanaman C4 adalah kelompok tumbuhan yang melakukan persiapan reaksigelap
fotosintesis melalui jalur 4 karbon / 4C (jalur hatch- slack) sebelummemasuki siklus
calvin, untuk meminimalkan keperluan fotorespirasi.
(Jati, 2007)
C4 plant are plants that produces the 3-carbon compound phosphoglyceric acidas the first
stage of photosynthesis.
(Anonymous, b. 2010)

2.3 Definisi Tanaman CAM
Tanaman CAM adalah tanaman yang dapat berubah seperti tanaman C3 padasaat pagi
hari (suhu rendah) dan dapat berubah seperti tanaman C4 pada sianghari dan malam hari
(Gardner, 1991)
Tanaman CAM adalah tanaman yang tumbuh di kawasan gurun dan mengambilCO2 di
atmosfer dan membentuk sebagian 4 karbon juga
(Jati, 2007)

(anonymousa.2010) 2. 2011) 2. C4. dan buah pir berduri. Dalam kondisi kelembaban rendah. yaitu antara lain nanas. when the stomata are closed. yang memiliki daun atau batang berdaging. stomata terbuka pada malam hari untuk menyerap CO2. CO2 entering the stomata during the night is converted into organic acids. Ciri-ciri tanaman CAM yaitu : - Fotosintesis terjadi pada mesofil - Fiksasi CO2 terjadi pada malam hari - Siklus calvin (reaksi gelap) terjadi pada siang hari - Biasanya tumbuh di daerah gurun - Stomata membuka pada malam hari dan menutup pada siang hari - Membentuk senyawa 4-carbon (oksaloasetat) untuk menyimpan CO2 (Sinaga. dan CAM (Anonymous.6 Siklus Pada Tanaman C3. c.5 Karakteristik Tanaman CAM Kelompok ini terutama dijumpai pada tumbuhan sukulen. C4. Tumbuhan ini beradaptasi terhadap keadaan kering dengan transpirasi (evaporasi dari permukaan tumbuhan) rendah yang amat diperlukan agar dapat bertahan. dan CAM Sintesis C3 dimulai dengan memfiksasi CO2 ke dalam gula berkarbon lima. dan tertutup pada siang hari untuk mengurangi beban transpirasi tumbuhan. Enzim yang erperan adalah RuBpkarboksilase yang disebut enzim rubisco. Hanya ada beberapa tumbuhan CAM yang termasuk tanaman budidaya. RuBp bersifat tidak stabil sehingga akan segera terpisah menjadi dua molekul phosphoglicerate acid (PGA).4 Perbedaan Tanaman C3.selanjutnya PGA akan diredukdi oleh ATP dan NADPH2 yang dihasilkan dari reaksi terang menjadi molekul phopoglyceraldehide (PGAL) yang berenergi tinggi . Molekul PGA merupakan molekul tidak berenergi tinggi berkarbon tiga yang pertama kali terbentuk.A plant that utilizes the Crassulacean acid metabolism (CAM) as an adaptation for arid conditions. yaitu ribulose biphosphate (RuBp).agave. 2011) 2. which release CO2 for the Calvin Cycle during the day.

yaitu asam oksaloasetat (AOA). tebu. Pada siang hari stomata menutup asam malat mengalami dekarrboksilase menjadi asam piruvat dan CO2. Proses tersebut hanya bisa berjalan dengan bantuan enzim ribulosabifosfat karboksilase oksigenase Karena menghasilkan PGA yang merupakan senyawa 3-C maka disebut kelompok tumbuhan TUMBUHAN C4 Tumbuhan C4 adalah tumbuhan yang umumnya ditemukan di daerah tropis. CO2 akan diikat oleh PEP-karboksilase membentuk oksalo-asetat dan asam malat.Pada tanaman C4 yang pertama kali terbentuk adalah molekul berkarbon empat. Sintesis CAM membantu tumbuhan untuk menghemat persediaan air dengan memisahkan waktu fiksasi CO2 . Pada CAM asam malat dan asam organic lainnya berkumpul pada malam hari dan akan hilang pada siang hari. yaitu phosphoenol piruvat (PEP) dengan perantara enzim PEPkarboksilase. Tumbuhan memiliki kebiasaan saat siang hari mereka tidak membuka stomatanya secara penuh untuk mengurangi kehilangan air melalui evaporasi/transpirasi . Asam piruvat akan menjadi PEP setelah difosforilasi oleh ATP. rumputrumputan. Asam malat berubah menjadi asam piruvat. 111111111111111111111111111111111111111111111111111111111111111111111111 TUMBUHAN C3. reaksi terang dan siklus Calvin. Tumbuhan C4 jenis tumbuhan yang hidup di daerah panas seperti jagung. AOA diubah menjadi asam malat atau asam asparat yang bertujuan agar CO2 dipindah ke diklud Calvin. Pada malam hari stomata terbuka sehingga CO2 dapat berdifusi kedalam daun. Tumbuhan ini melibatkan dua enzim di dalam pengolahan CO2 menjadi glukosa. C4 DAN CAM TUMBUHAN C3 Tumbuhan C3 adalah tumbuhan secara umum kita kenal dengan tumbuhan hijau atau layaknya tumbuhan dengan mekanisme Fotosintesis yang diawali dengan terbentuknya C3 ( PGA) pada reaksi Calvin benson ( Seperti yang diajarkan di SMA) Pada siklus tersebut akan diikat oleh ribulosabifosfat (RuBP) dan membentuk asam fosfogliserat (PGA) yang merupakan senyawa . Sintesis C4 dimulai dengan memfiksasi CO2 kedalam gula berkarbon tiga. Hanya sekitar 5% tumbuhan menggunakan cara sintesis CAM.

tetapi mencegah masuknya CO2. Tumbuhan CAM adalah tumbuhan yang stomatanya membuka pada malam hari dan menutup pada siang hari. 1991). Selanjutnya malat yang terbentuk disimpan dalam vakuola sel mesofil hingga pagi hari. malat dipecah lagi menjadi CO2 dan piruvat. C3 C4 CAM (crassulacean acid metabolism) lebih adaptif pada kondisi kandungan CO2 atmosfer tinggi adaptif di daerah panas dan kering adaptif di daerah panas dan kering . memiliki laju fotosintesis yang rendah bila dibandingkan dengan tanaman C3 dan C4 (Lakitan. kelompok tumbuhan ini membuka stomata pada malam hari dan menutup pada siang hari. Pada siang hari saat reaksi terang menyediakan ATP dan NADPH untuk siklus Calvin-Benson. 1995). Stomata yang menutup pada siang hari membuat tumbuhan mampu menekan penguapan sehingga menghemat air. Logikanya hal ini menghambat laju fotosintesis. CO2 masuk ke siklus Calvin-Benson di stroma kloroplas. Tidak seperti tumbuhan umumnya. dan CAM (crassulacean acid metabolism). Tumbuhan ini mempunyai karakter mampu hidup pada daerah panas dan kering Tumbuhan lain yang tergolong sukulen (penyimpa lingkungan yang suhunya tinggi ( 50 0) biasanya lingkungan gurun Contoh tumbuhannya adalh kaktus dan nanas memiliki adaptasi fotosintesis yang berbeda lagi. C4. tumbuhan dibagi ke dalam tiga kelompok besar. Perbedaan tersebut dapat dilihat pada table di bawah ini. Ternyata para tumbuhan ini telah mengembangkan cara yang cerdas untuk menjaga agar laju fotosintesis tetap normal meskipun stomata tidak membuka penuh.Ini berakibat terjadinya penurunan jumlah CO2 yang masuk ke stomata. sedangkan piruvat akan digunakan untuk membentuk kembali PEP. TUMBUHAN CAM Tumbuhan CAM adalah tumbuhan yang dapat berubah seperti tumbuhan C3 pada saat pagi hari (suhu rendah) dan dapat berubah seperti tumbuhan C4 pada siang hari dan malam hari (Gardner. CO2 di sitoplasma sel-sel mesofil akan diikat oleh PEP dengan bantuan enzim PEP karboksilase sehingga terbentuk oksaloasetat kemudian diubah menjadi malat (persis seperti tumbuhan C-4). Berdasarkan tipe fotosintesis. Saat stomata terbuka pada malam hari. yaitu C3.

fiksasi CO2 terjadi secara langsung oleh siklus Calvin. pada siang hari malat rendah Lintasan karbon dioxida masuk ke siklus calvin secara langsung. tebu. Contohnya adalah gandum. Tanaman c4 hampir sama semua cara kerjanya dengan tanaman c3. anggrek dan nenas Sebagian besar tumbuhan tinggi masuk ke dalam kelompok tumbuhan C3 Fotosintesis terjadi di dalam sel mesofil dan sel seludang pembuluh Reduksi karbon melalui lintasan C4 dan C3 dalam sel mesofil tetapi waktunya berbeda Apabila stomata menutup akibat stress terjadi peningkatan fotorespirasipengikatan O2 oleh enzim Rubisco Pengikatan CO2di udara melalui lintasan C4 di sel mesofil dan reduksi karbon melalui siklus Calvin (siklus C3) di dalam sel seludang pembuluh Pada malam hari terjadi lintasan C4 pada siang hari terjadi suklus C3 Penjelasan ketiga jenis tanaman secara singkat Tanaman c3 biasanya adalah tanaman yang umumnya berada di wilayah dingin. tidak mengikat karbon dioksida secara langsung tidak mengikat karbon dioksida secara langsung Disebut tumbuhan C3 karena senyawa awal yang terbentuk berkarbon 3 (fosfogliserat) Sel seludang pembuluh berkembang dengan baik dan banyak mengandung kloroplas Umumnya tumbuhan yang beradaptasi pada keadaan kering seperti kaktus. bisa berfotosintesis lebih baik dari tanaman c4 di bawah 25 derajat celcius. beras. Pada tanaman c3. .enzim yang menyatukan CO2 dengan RuBP. juga dapat mengikat O2 pada saat yang bersamaan untuk proses fotorespirasi CO2 diikat oleh PEP yang tidak dapat mengikat O2 sehingga tidak terjadi kompetisi antara CO2 dan O2 Pada malam hari asam malat tinggi. Contoh : jagung. tetapi tanaman c4 perlu membentuk molekul c4 dahulu sebelum bisa memfiksasi CO2.

gandum. nenas. dsb. jagung (Zea mays).CAM (Crassulacean-Acid-Metabolism) dilakukan oleh tanaman sukulen. Liliaceae. klad monocots. Tumbuhan c4 Adapaun contoh tumbuhan C4 adalah Tebu (Saccharum officinarum). Tumbuhan CAM (Crassulacean Acid Metabolism) Yang termasuk golongan tumbuhan CAM adalah Crassulaceae. C4. Agaveceae. karena perannya sebagai bahan dasar tequila. Ananas comosus. Di dalamnya tercakup berbagai genus seperti Ananas. klad dikotil sejati inti (core eudicots) namun tidak termasuk ke dalam dua kelompok besar. Bolivia. · Nanas. Bilbergia. Bromeliaceae. · Suku cocorbebek-cocorbebekan atau Crassulaceae adalah salah satu suku anggota tumbuhan berbunga. biasanya hidup di tempat yang kering. Contoh : paku-pakuan. · Agave tequilana. Bedanya dengan tanaman c4 mereka membuka stomata mereka pada malam hari. dan Paraguay Tumbuhan ini termasuk dalam familia nanas-nanasan (Famili Bromeliaceae). biasa disebut agave biru (agave azul). dan kedelai merupakan contoh-contoh tumbuhan C3 yang penting dalam pertanian. klad commelinids (eumonocots). dan Oncidium lanceanum (Anggrek). CONTOH TUMBUHAN C3. . Padi. Cactaceae.) adalah sejenis tumbuhan tropis yang berasal dari Brasil. mezcal atau maguey adalah tanaman agave yang merupakan produk ekonomi penting dari Jalisco. Menurut sistem klasifikasi APG II suku ini termasuk ke dalam bangsa Poales. Kaktus adalah nama yang diberikan untuk anggota tumbuhan berbunga famili Cactaceae. rosids dan asterids. dan tumbuhan tertentu lain tidak mengikat karbon dioksida secara langsung. Meksiko.) Merr.[1] Kaktus biasa ditemukan di daerah-daerah yang kering (gurun). atau ananas (Ananas comosus (L. · Liliaceae adalah salah satu suku anggota tumbuhan berbunga. kaktus. Kaktus dapat tumbuh pada waktu yang lama tanpa air. agave tequila. sebagian besar dalam bentuk fruktosa dan memiliki sifat yang cocok untuk membuat minuman beralkohol. Menurut Sistem klasifikasi APG II suku ini dimasukkan ke dalam bangsa Saxifragales. Tanaman ini menghasilkan gula dalam jumlah tinggi. Menurut sistem klasifikasi APG II suku ini termasuk ke dalam bangsa Liliales. · Suku nanas-nanasan atau Bromeliaceae adalah salah satu suku anggota tumbuhan berbunga. dan Bromelia. teratai. DAN CAM Tumbuhan c3 Kebanyakan tumbuhan yang menggunakan fotosintesis C3 disebut tumbuhan C3.

2. padi. Memiliki sel seludang di samping mesofil. Sekumpulan reaksi tersebut terjadi secara simultan dan berkelanjutan. tebu. Tanaman c4 hampir sama semua cara kerjanya dengan tanaman c3. C4 dan CAM adalah reaksi yang terjadi di dalam proses fotosintesis. dsb. CAM (Crassulacean-Acid-Metabolism) dilakukan oleh tanaman sukulen. Contoh : jagung. malat. Pada siang hari malat berdifusi secara pasif keluar dari vakuola dan mengalami dekarboksilasi. Pati diuraikan melalui proses glikolisis dan membentuk PEP. Fungsi utama dari mengetahui perbedaan tipe ini yaitu dapat diterapkan pada untuk bididaya yang sesuai dengan ketersedian cahaya matahari sehingga tanaman dapat tumbuh secara optimal. Melakukan proses yang sama dengan tanaman C4 pada malam hari yaitu daur Hatch dan Slack. Melakukan proses yang sama dengan tanaman C3 pada siang hari yaitu daur Calvin. dan aspartat ( hasilnya berupa asam-asam yang berkarbon C4). CO2 yang masuk setelah bereaksi dengan air seperti pada tanaman C4 difiksasi oleh PEP dan diubah menjadi malat. Secara umum berada di wilayah dingin. C4 dan CAM yaitu: 1. Bedanya dengan tanaman c4 mereka membuka stomata mereka pada malam hari . 3. Stomatanya membuka pada malam hari. biasanya hidup di tempat yang kering. Sumber energi yang diperlukan berasal dari fase terang fotosintesis. Contoh : paku-pakuan. Sedangkan pada tanaman tipe CAM yang menjadi ciri mendasarnya adalah memiliki daun yang cukup tebal sehingga laju transpirasinya rendah. PGAL yang dihasilkan dapat digunakan dalam peristiwa yaitu sebagai bahan membangun komponen struktural sel. C4 DAN CAM Perbedaan secara dasar pada tanaman tipe C3. teratai. Perbedaan tanaman C3. Contohnya adalah gandum. C3 produk awal reduksi CO2 (fiksasi CO2) adalah asam 3-fosfogliserat atau PGA. Pada tanaman tipe C4 yang menjadi cirinya adalah produk awal reduksi CO2 (fiksasi CO2) adalah asam oksaloasetat.111111111111111111111111111111111111111111111111111111111111111111111111111 PERBEDAAN TANAMAN C3. kaktus. bisa berfotosintesis lebih baik dari tanaman C4 di bawah 25 derajat celcius. Terdiri atas sekumpulan reaksi kimia yang berlangsung di dalam stroma kloroplas yang tidak membutuhkan energi dari cahaya mataharai secara langsung. Memerlukan energi sebanyak 3 ATP. Tanaman c4 juga mengalami siklus calvin seperti peda tanaman C3 dengan bantuan enzim Rubisko. yang terlebih dahulu bereaksi dengan H2O membentuk HCO3 dengan bantuan enzim karbonik anhidrase. untuk pemeliharaan sel dan disimpan dalam bentuk pati. tetapi tanaman c4 perlu membentuk molekul c4 dahulu sebelum bisa memfiksasi CO2. Tiap molekul CO2 yang difiksasi memerlukan 2 ATP. Reaksinya berlangsung di mesofil daun.

Tumbuhan C3 Dalam fotosintesis C3 berbeda dengan C4. sehingga fotorespirasi sangat kecil and G sangat rendah. Contoh tanaman C3 antara lain : kedele.proses pembongkaran karbohidrat untuk menghasilkan energi dan hasil samping. juga dapat mengikat O2 pada saat yang bersamaan untuk proses fotorespirasi ( fotorespirasi adalah respirasi. tanaman C3 mempunyai kemampuan fotorespirasi yang rendah karena mereka tidak . sehingga fotorespirasi terhambat dan assimilasi akan bertambah besar. kentang. Namun tanaman C3 lebih adaptif pada kondisi kandungan CO2 atmosfer tinggi. hasil dari kompetisi antara CO2 dan O2 akan lebih menguntungkan CO2. Pada tanaman C4. kedelai. tanaman C3 akan lebih beruntung dari tanaman C4 dalam hal pemanfaatan CO2 yang berlebihan. PEP mempunyai daya ikat yang tinggi terhadap CO2. Pada tanaman C3. dan CAM (crassulacean acid metabolism). Tanaman C3 dan C4 dibedakan oleh cara mereka mengikat CO2 dari atmosfir dan produk awal yang dihasilkan dari proses assimilasi.Tanaman C3. . C4. Sehingga dengan meningkatnya CO2 di atmosfir. Karena tingginya konsentasi CO2 pada sel-sel bundle sheath ini. seperti gandum. kacang-kacangan. sorgum dan tebu. dll contoh tanaman C4 adalah jagung. sehingga reaksi fotosintesis terhadap CO2 di bawah 100 m mol m-2 s-1 sangat tinggi. dan CAM A. Sebagian besar tanaman pertanian. maka O2 tidak mendapat kesempatan untuk bereaksi dengan RuBP. tumbuhan dibagi ke dalam tiga kelompok besar. Tanaman C3 mempunyai suatu peran penting dalam metabolisme. B. Tumbuhan C4 dan CAM lebih adaptif di daerah panas dan kering dibandingkan dengan tumbuhan C3. CO2 diikat oleh PEP (enzym pengikat CO2 pada tanaman C4) yang tidak dapat mengikat O2 sehingga tidak terjadi kompetisi antara CO2 dan O2. Jika konsentrasi CO2 di atmosfir ditingkatkan. kentang. yaitu C3. laju assimilasi tanaman C4 hanya bertambah sedikit dengan meningkatnya CO2. dan kapas merupakan tanaman dari kelompok C3. Lokasi terjadinya assosiasi awal ini adalah di sel-sel mesofil (sekelompok sel-sel yang mempunyai klorofil yang terletak di bawah sel-sel epidermis daun). kacang tanah.Pengantar Berdasarkan tipe fotosintesis.pada C3 karbon dioxida masuk ke siklus calvin secara langsung. C4. CO2 yang sudah terikat oleh PEP kemudian ditransfer ke sel-sel "bundle sheath" (sekelompok sel-sel di sekitar xylem dan phloem) dimana kemudian pengikatan dengan RuBP terjadi. Struktur kloroplas pada tanaman C3 homogen. yang terjadi pada siang hari) . enzim yang menyatukan CO2 dengan RuBP (RuBP merupakan substrat untuk pembentukan karbohidrat dalam proses fotosintesis) dalam proses awal assimilasi.

Untuk menghasilkan satu molekul glukosa diperlukan 6 siklus C3. karena itu berkuranglahkehilangan airnya.Siklus ini terjadi dalam kloroplas pada bagian stroma. C4 dan CAM C3 Lebih adaptif pada kondisi kandungan CO2 atmosfer tinggi Enzim yang menyatukan CO2 dengan RuBP. karbon dioksida berdifusi ke dalam daun dan diikat oleh sistem PEP karboksilase untuk membentuk OAA dan malat. Pada malam hari jika kondisi udara kurang menguntungkan untuk transpirasi. stomata tumbuhan CAM membuka. Sepanjang siang hari stomata menutup. pada siang hari malat sehingga tidak terjadi rendah Lintasan kompetisi antara CO2 dan O2 . E. C. stomata tumbuhan CAM membuka pada malam hari. Tumbuhan yang menggunakan jalur ini disebut tumbuhan C4 atau tumbuhan 4 karbon. bukanlah senyawa 3-C asam fosfogliserat (PGA). Perbedaan C3. Malat lalu dipindahkan dari sitoplasma ke vakuola tengah sel-sel mesofil dan di sana asam ini terkumpul dalamjumlah besar. melainkan senyawa 4C asam oksaloasetat (OAA). Tanaman C3 dapat kehilangan 20 % carbon dalam siklus calvin karena radiasi. CAM Berbeda dengan gerakan stomata yang lazim. D. jagung (Zea mays). juga dapat mengikat O2 pada saat yang bersamaan untuk proses fotorespirasi C4 CAM Adaptif di daerah panas dan Adaptif di daerah panas dan kering kering CO2 diikat oleh PEP yang Pada malam hari asam malat tidak dapat mengikat O2 tinggi. tetapi menutup pada siang hari. Konsep dasar reaksigelap fotosintesis siklus Calvin (C3) adalah sebagai berikut: CO2 diikat oleh RUDP untuk selanjutnya dirubah menjadi senyawa organik C6 yang tidak stabil yang pada akhirnya dirubah menjadi glukosa dengan menggunakan 18ATP dan 12 NADPH. tanaman ini termasuk salah satu group phylogenik. Metode alternatif fiksasi karbon dioksida untuk fotosintesis ini disebut jalur Hatch-Slack. Tumbuhan C4 Tebu (Saccharum officinarum). dan malat serta asam organik lain yang terkumpul didekarboksilasi agar ada persediaan karon dioksida yang langsung akan diikat oleh sel melalui daur Calvin. Pada tumbuhan ini senyawa pertama yang terbentuk setelah jangka waktu pelaksanaan fotosintesis yang sangat pendek.memerlukan energi untuk fiksasi sebelumnya. dan tumbuhan tertentu lain tidak mengikat karbon dioksida secara langsung.

sehingga fotorespirasi terhambat dan assimilasi akan bertambah besar. Sebagian besar tanaman pertanian. anggrek dan nenas Sebagian besar tumbuhan Fotosintesis terjadi di dalam Reduksi karbon melalui tinggi masuk ke dalam sel mesofil dan sel seludang lintasan C4 dan C3 dalam sel kelompok tumbuhan C3 pembuluh mesofil tetapi waktunya berbeda Apabila stomata menutup akibat stress terjadi peningkatan fotorespirasi pengikatan O2 oleh enzim Rubisco Pengikatan CO2di udara melalui lintasan C4 di sel mesofil dan reduksi karbon melalui siklus Calvin (siklus C3) di dalam sel seludang pembuluh Pada malam hari terjadi lintasan C4 (Siklus HatchSlack) pada siang hari terjadi suklus C3 (Siklus Kalvin) 11111111111111111111111111111111111111111111111111111111111111111111111111 A. kedelai.Karbon dioxida masuk ke siklus calvin secara langsung. temperature sedang dan dengan konsentrasi CO 2 sekitar 200 ppm atau lebih tinggi. Tumbuhan C3 harus berada dalam area dengan konsentrasi gas karbondioksida yang tinggi sebab Rubisco sering menyertakan molekul oksigen ke dalam Rubp . kentang. kacang-kacangan. Tumbuhan C3 Tanaman C3 lebih adaptif pada kondisi kandungan CO 2 atmosfer tinggi. seperti gandum. yang terjadi pada siang hari) . Pada tanaman C3. Disebut tumbuhan C3 karena senyawa awal yang terbentuk berkarbon 3 (fosfogliserat) Tidak mengikat karbon dioksida secara langsung Sel seludang pembuluh berkembang dengan baik dan banyak mengandung kloroplas Tidak mengikat karbon dioksida secara langsung Umumnya tumbuhan yang beradaptasi pada keadaan kering seperti kaktus. hasil dari kompetisi antara CO2 dan O2 akan lebih menguntungkan CO2. Jika konsentrasi CO2 di atmosfir ditingkatkan. juga dapat mengikat O2 pada saat yang bersamaan untuk proses fotorespirasi ( fotorespirasi adalah respirasi. dan juga dengan air tanah yang berlimpah. Tumbuhan C3 tumbuh dengan fiksasi karbon C3 biasanya tumbuh dengan baik di area dimana intensitas sinar matahari cenderung sedang.proses pembongkaran karbohidrat untuk menghasilkan energi dan hasil samping. dan kapas merupakan tanaman dari kelompok C3. enzim yang menyatukan CO2 dengan RuBP (RuBP merupakan substrat untuk pembentukan karbohidrat dalam proses fotosintesis) dalam proses awal assimilasi (enzim rubisco).

Sayang. Tumbuhan C4 Tumbuhan C4 dan CAM lebih adaptif di daerah panas dan kering. dan 2 molekul glikolat akan dioksidasi dengan adanya oksigen. Pada tumbuhan C3. sehingga fotorespirasi sangat kecil and G sangat rendah. dan mengunakannya untuk fotosistensis pada siang harinya. menjadi karbondioksida yang akan menghabiskan energi. B. tanaman C3 akan lebih beruntung dari tanaman C4 dalam hal pemanfaatan CO2 yang berlebihan. . cocok buat taruh di ruang tidur misalnya. dll. Jadi. CO2 yang sudah terikat oleh PEP kemudian ditransfer ke sel-sel “bundle sheath” (sekelompok sel-sel di sekitar xylem dan phloem) dimana kemudian pengikatan dengan RuBP terjadi. PEP mempunyai daya ikat yang tinggi terhadap CO2. Konsentrasi gas karbondioksida yang tinggi menurunkan kesempatan Rubisco untuk menyertakan molekul oksigen. kentang. Karena tingginya konsentasi CO2 pada sel-sel bundle sheath ini. Meski tidak menguarkan oksigen dimalam hari. maka O2 tidak mendapat kesempatan untuk bereaksi dengan RuBP. Contoh tanaman C4 adalah jagung. laju assimilasi tanaman C4 hanya bertambah sedikit dengan meningkatnyaCO2. dengan meningkatnya CO2 di atmosfir. tempat tinggal dan ruangan.CO2 hanya difiksasi RuBP oleh karboksilase RuBP. sehingga reaksi fotosintesis terhadap CO2 di bawah 100 m mol m-2 s-1 sangat tinggi. lebih sehat. . Sehingga. Lokasi terjadinya assosiasi awal ini adalah di sel-sel mesofil (sekelompok sel-sel yang mempunyai klorofil yang terletak di bawah selsel epidermis daun). CO2 diikat oleh PEP (enzym pengikat CO2 pada tanaman C4) yang tidak dapat mengikat O2 sehingga tidak terjadi kompetisi antara CO2 dan O2. sorgum dan tebu. Karboksilase RuBP hanya bekerja apabila CO2 jumlahnya berlimpah Contoh tanaman C3 antara lain : kedelai. namun dengan memakan CO2 yang beredar. Crassulacean acid metabolism (CAM). tanaman ini sudah membantu kita semua menghirup udara bersih. C. Pada tanaman C4. dan bunga lili. Tumbuhan CAM yang dapat mudah ditemukan adalah nanas. kaktus. Karena bila ada molekul oksigen maka Rubp akan terpecah menjadi molekul 3-karbon yang tinggal dalam siklus Calvin. kacang tanah. menyejukkan dan menyegarkan bumi. tanaman ini mengambil CO2 pada malam hari. hanya sekitar 5% tanaman jenis ini. Tumbuhan CAM Tumbuhan C4 dan CAM lebih adaptif di daerah panas dan kering.sebagai pengganti molekul karbondioksida.

Pada hari berikutnya ( siang hari ) pada saat stomata dalam keadaan tertutup terjadi dekarboksilase senyawa C4 tersebut dan penambatan kembali CO2 melalui kegiatan Rudp karboksilase. C4. Perbedaannya ialah bahwa pada tumbuhan C4. atau crassulacean acid metabolism (CAM). tumbuhan ii mengambil CO2 dan memasukkannya kedalam berbagai asam organic. Liliaceae. kedua langkah dipisahkan untuk sementara. Bromeliaceae. Termasuk golongan CAM adalah Crassulaceae. dan Oncidium lanceanum. Dinamakan demikian karena metabolisme ini pertama kali diteliti pada tumbuhan dari famili crassulaceae. dan siklus calvin berlangsung selama siang hari. tumbuhan dibagi ke dalam tiga kelompok besar. C3 lebih adaptif pada kondisi kandungan CO2 atmosfer tinggi enzim yang menyatukan CO2 dengan RuBP. Ananas comosus. Perbedaan Tanaman C3. dan CAM (crassulacean acid metabolism). pada kelompok ini penambatan CO2 seperti pada tanaman C4. Langkah ini terpisahkan pada dua jenis sel. Agaveceae. Perbedaan tersebut dapat dilihat pada table di bawah ini. Jalur CAM serupa dengan jalur C 4 dalam hal karbon dioksida terlebih dahulu dimasukkan kedalam senyawa organic intermediet sebelum karbon dioksida ini memasuki siklus Calvin. Jadi tanamanCAMmempunyai beberapa persamaan dengan kelompok C4 yaitu dengan adanya dua tingkat sistem penambatan CO2. ketika stomata tumbuhan itu terbuka. kedua langkah ini terjadi pada ruang yang terpisah. Pada tumbuhan CAM. juga dapat mengikat O2 pada saat yang bersamaan untuk proses C4 CAM (crassulacean acid metabolism) adaptif di daerah panas adaptif di daerah panas dan kering dan kering CO2 diikat oleh PEP Pada malam hari asam yang tidak dapat malat tinggi. C4 dan CAM Berdasarkan tipe fotosintesis. Cara fiksasi karbon ini disebut metabolisme asam krasulase. Fiksasi karbon terjadi pada malam hari. pada siang mengikat O2 sehingga hari malat rendah tidak terjadi kompetisi . tetapi dilakukan pada malam hari dan dibentuk senyawa dengan gugus 4-C. Cactaceae. yaitu C3. Selama malam hari.Tanaman CAM .

rendah dan aspartat ( hasilnya berupa asam-asam yang berkarbon C4) Terdiri atas sekumpulan reaksi Reaksinya berlangsung Stomatanya membuka kimia yang berlangsung di di mesofil daun.fotorespirasi antara CO2 dan O2 karbon dioxida masuk ke tidak mengikat karbon tidak mengikat karbon siklus calvin secara langsung. anggrek dan nenas Sebagian besar tumbuhan Fotosintesis terjadi di Reduksi karbon melalui tinggi masuk ke dalam dalam sel mesofil dan lintasan C4 dan C3 kelompok tumbuhan C3 sel seludang pembuluh dalam sel mesofil tetapi waktunya berbeda Apabila stomata menutup Pengikatan CO2 di Pada malam hari terjadi akibat stress terjadi udara melalui lintasan lintasan C4 pada siang peningkatan C4 di sel mesofil dan hari terjadi suklus C3 fotorespirasi pengikatan reduksi karbon melalui O2 oleh enzim Rubisco siklus Calvin (siklus C3) di dalam sel seludang pembuluh Produk awal reduksi CO2 Produk awal reduksi Memiliki daun yang (fiksasi CO2) adalah asam 3. malat.CO2 (fiksasi CO2) cukup tebal sehingga fosfogliserat atau PGA adalah asam laju transpirasinya oksaloasetat. dengan bantuan enzim karbonik anhidrase Sumber energi yang Memiliki sel seludang di Pati diuraikan melalui diperlukan berasal dari fase samping mesofil proses glikolisis dan terang fotosintesis membentuk PEP Memerlukan energi sebanyak Tiap molekul CO2 yang CO2 yang masuk 3 ATP difiksasi memerlukan 2 setelah bereaksi dengan ATP air seperti pada tanaman . yang pada malam hari dalam stroma kloroplas yang terlebih dahulu tidak membutuhkan energi bereaksi dengan H2O dari cahaya mataharai secara membentuk HCO3 langsung. dioksida secara dioksida secara langsung langsung Disebut tumbuhan C3 karena Sel seludang pembuluh Umumnya tumbuhan senyawa awal yang terbentuk berkembang dengan yang beradaptasi pada berkarbon 3 (fosfogliserat) baik dan banyak keadaan kering seperti mengandung kloroplas kaktus.

.PGAL yang dihasilkan dapat digunakan dalam peristiwa yaitu sebagai bahan membangun komponen struktural sel. untuk pemeliharaan sel dan disimpan dalam bentuk pati C4 difiksasi oleh PEP dan diubah menjadi malat Tanaman c4 juga Pada siang hari malat mengalami siklus calvin berdifusi secara pasif seperti peda tanaman keluar dari vakuola dan C3 dengan bantuan mengalami enzim Rubisko dekarboksilasi Melakukan proses yang sama dengan tanaman C3 pada siang hari yaitu daur Calvin Melakukan proses yang sama dengan tanaman C4 pada malam hari yaitu daur Hatch – Slack.