NOVIYANTI SRIKANDI

CORY MARNIKA DAWA
ZULFIKRY TABARA
NURMAYANI
LA ODE MUHAMMAD RUSMAN

(N21109117)
(N21109118)
(N21109103)
(N21100106)
(N21109102)

Lambung atau ventrikulus berupa suatu
kantong yang terletak di bawah sekat
rongga badan.

Lambung terletak dari kiri ke kanan
menyilang di abdomen atas tepat di bawah
diafragma.

Kapasitas normal lambung adalah 1 sampai
2 liter.

bentuknya membulat 3. fundus bagian tengah. daerah pintu masuk makanan dari kerongkongan 2. daerah yang berhubungan dengan usus 12 jari . Kardia bagian atas. Pilorus bagian bawah.Pembagian Lambung Lambung 1.

.

Fungsi mencampur. 3. dan oleh raga . Diatur oleh pembukaan sfingter pilorus yang dipengaruhi oleh viskositas. 2. keadaan fisik. Menyimpan makanan sampai makanan tersebut sedikit demi sedikit dicerna dan bergerak pada saluran cerna. obat-obatan. keasaman.1. Fungsi menampung. Memecahkan makanan menjadi partikel-partikel kecil dan mencampurnya dengan getah lambung melalui kontraksi otot yang mengelilingi lambung. Fungsi pengsongan lambung. aktivitas osmotik. serta oleh emosi.

.

Ritme kerja yang menekan. dan kurang mengonsumsi sayur dan buahbuahan 2. dan diperparah dengan kondisi tubuh seseorang yang tidak fit. tidak teratur. Pola makan yang tidak sehat. .1. stres. sering terlambat makan.

ketidakmampuan sistem pencernaan untuk mencerna dan menyerap lemak. terjadinya malabsorbsi lemak. Adanya infeksi bakteri . 4.3.

1. Perut kembung 2. Tukak Lambung . Sakit ulu hati 4. Radang selaput lendir 5. Gangguan pencernaan (indigesti) 3.

6. Kanker lambung . Radang Lambung ( gastritis) 8. Radang Kerongkongan (reflux oesophagitis) 7. Tukak lambung (ulcus pepticum) 9.

H2-blockers simetidin . Antasida Sistemik Natrium bikarbonat b. Antasida a. Antasida Nonsistemik Aluminium hidroksida  Obat Penghambat Sekresi Asam Lambung a.

b. Penghambat pompa proton Omeprazol c. Antikolinergika pirenzepin d. Analog prostaglandin Misoprostol  zat-zat pelindung ulcus sukralfat .

alginat . Antibiotika amoksisilin  Obat penguat motilitas metoklopramida  Obat penenang meprobamat  Obat pembantu As.

Linn. Kunyit (Curcuma longa Linn.)  Daun Dewa (Gynura segetum (Lour.)  Daun Sendok (Plantago mayor L.)  Kencur (Kaempferia galanga.) .) Merr.

    Memperbaiki pola makanan dan jenis asupan yang bergizi tinggi. makanan pedas dan minuman besoda maupun beralkohol Hentikan merokok . minimal delapan gelas dalam sehari. Ini sangat baik agar sistem pencernaan kita selalu sehat dan bisa beraktivitas dengan semestinya Meminum air putih dalam jumlah yang banyak. Hindari makanan dan minuman yang bersifat merangsang.

 Jangan memaksakan diri untuk makan makanan berat .  Hindari makan dalam posisi berbaring  Beri jeda yang panjang antara jam makan malam dengan waktu tidur. Idealnya tiga jam. Ini untuk menghindari risiko terjadinya reflax/balik sehingga menyebabkan panas di bagian tengah dada. Ini menyebabkan minyak goreng telah jenuh dan berisiko memicu sel kanker. Asam di dalam lambung penuh dan berpotensi kembali ke kerongkongan. Kurangi kebiasaan memakan permen karet. Hal ini dikarenakan gas yang dihasilkan saat mengunyah permen karet tertahan di dalam perut  Kurangi mengonsumsi goreng-gorengan. Banyak penjaja gorengan yang menggunakan minyak berulang kali.

.

dan perih pada perut. mulas. .  Maag atau radang lambung atau tukak lambung adalah gejala penyakit yang menyerang lambung dikarenakan terjadi luka atau peradangan pada lambung yang menyebabkan sakit. Maag adalah kelebihan kadar asam lambung hingga menyebabkan perasaan terbakar di ulu hati.

. Bila terjadi gangguan keseimbangan.Uraian Tentang Penyakit Maag makanan Dicerna dengan bantuan Pepsin Enzim renin Asam lambung Pada orang sehat. maka akan terjadi kerusakan pada mukosa yang menimbulkan rasa sakit (nyeri). terdapat suatu keseimbangan antara enzim dan asam lambung dengan daya tahan mukosa lambung.

Alkohol dan rokok. dan lain-lain. Stres emosi D. F. Jenis makanan C. pembedahan gagal ginjal. Pemakaian obat E. . Adanya penyakit seperti luka bakar. Pola makan B.A.

1. 4. 6. Nafsu makan menurun drastis. Wajah pucat. Suhu bada naik. 3. 7. Sering bersendawa terutama dalam keadaan lapar. 5. . Mual 2. Perih (kembung dan sesak) pada bagian atas perut (ulu hati). Pada saat telat makan mengalami keringat dingin kemudian muntah-muntah (biasanya berwarna kuning) dan rasa sangat pahit di lidah.

Alumunium fosfat 4. Magnesium karbonat 8. Al-Natrium dihidroksikarbonat 6. Magnesium hidroksida 9.1. Al-karbonat basa 5. Natrium bikarbonat 2. Kalsium karbonat 7. Alumunium hidroksida 3. Magnesium trisilikat .

2. . Mengubah pola hidup dan rajin berkonsultasi dengan dokter.1. Menerapkan pola makan dan tidur yang teratur. seperti makanan yang terlalu asam dan pedas juga makanan yang bisa membentuk gas sehingga mengakibatkan perut kembung. 3. Mengurangi mengkomsumsi makanan yang dapat mengganggu lambung.

penderita bisa mengkomsumsi obat sakit maag yang biasanya mengandung antasida. . Hindari stress 5.4. Lakukan latihan fisik secara teratur sesuai kemampuan. Untuk meredakan rasa sakit akibat sakit maag. 6.

Bebandotan ( Ageratum conyzoides) 5. Cocor Bebek (Kalanchoe pinnata Lam.1. Keji Beling (Stachytarpheta mutabilis. Daun Dewa (Gynura segetum) . Vahl.) 2. Sidaguri (Sida rhombifolia) ) 4.) 3.