P. 1
Miracle of Enzyme

Miracle of Enzyme

|Views: 1,581|Likes:
Published by EDY_HRT

More info:

Published by: EDY_HRT on Apr 27, 2010
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as PPT, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

07/31/2015

pdf

text

original

The Miracle of Enzyme

Self Healing Program
Meningkatkan Daya Tahan Tubuh ² Memicu Regenerasi Sel

Hiromi Shinya, MD
Guru Besar Kedokteran Albert Einstein College Of Medicine , AS Diresumekan Oleh : SUTISNA

Bandung, 4 Februari 2009

Tentang Penulis :
Nama : Hiromi Shinya, MD Lahir : Jepang Tahun 1935 Profesi : Dokter Bedah Spesialisasi : Gastroenterologist (Bagian dari ilmu kedokteran yang mempelajari sistem pencernaan dalam perut termasuk sistem perjalanan makanan mulai dari mulut sampai anus. Riwayat Hidup : Hampir separuh hidupnya didedikasikan sebagai dokter bedah di Jepang dan sat ini bekerja sebagai Head of The Endoscopic Center pada Beth Israel Medical Center di New York, AS. Profesor bedah pada klinik Albert Einstein College of Medicine di Yeshiva University Vice-chairman of the Japanese Medical Association di AS. Pencetus teknik colonoscopic modern, Sebagai author of The Enzyme Factor,

Perhatian : 

Buku ini ditujukan hanya sebagai referensi, bukan sebagai pedoman medis. Informasi yang disajikan dalam buku ini dirancang untuk membantu mengambil keputusan mengenai kesehatan anda. Buku ini tidak dimaksudkan sebagai pengganti perawatan apapun yang mungkin telah disusun oleh dokter anda yang paham akan kebutuhankebutuhan anda secara spesifik. Jika menduga bahwa anda memiliki masalah kesehatan, kami mendorong anda untuk mendapatkan perawatan medis yang kompeten.

Mengapa kita sebaiknya : 
  

 

Tidak minum susu sapi ? Membatasi minum teh hijau ? Makan buah dan minum jus 30 ± 60 menit sebelum makan utama ? Minum 2-3 gelas air sejam sebelum makan ? Detoksifikasi menggunakan kopi ? Tidur siang 5 menit, setelah makan siang ?

Pendahuluan 

Sesungguhnya tubuh manusia adalah sebuah unit kesatuan yang segalanya saling berhubungan, contohnya, efek sebuah lubang yang tidak ditambal pada suatu gigi saja akan menyebar keseluruh tubuh. Sama halnya dengan makanan yang tidak dikunyah dengan benar akan membebani lambung dan usus, menyulitkan pencernaan, menghambat penyerapan nutrisi-nutrisi vital, dan berakibat pada berbagai masalah diseluruh tubuh. Satu masalah kecil mungin sekilas tampak tidak relevan, tetapi tidak jarang masalah kecil dapat berakhir pada penyakit yang serius. Kesehatan kita didukung oleh berbagai tindakan yang berlangsung secara biasa dalam kehidupan kita sehari-hari, makan, minum, olah raga, beristirahat, tidur dan menjaga keadaan pikiran yang prima.Jika suatu masalah muncul dalam salah satu dari bidang ini, masalah itu akan mempengaruhi seluruh tubuh. Dengan adanya saling keterkaitan didalam tubuh manusia, enzim pangkal akan menjalankan fungsinya untuk menjaga home-ostasis tubuh- yaitu keseimbangan yang dibutuhkan untuk hidup yang sehat. Sayangnya masyarakat modern kini dibanjiri oleh faktor-faktor yang dapat menggerus enzim pangkal ini. Alkohol, tembakau, obat-obatan,bahan tambahan makanan, zat-zat kimia pertanian, polusi lingkungan, gelombang elektromagnetik dan stress secara emosi adalah beberapa faktor yang dapat menguras enzim ini.  

Keajaiban Enzim ² Kunci Rahasia Kehidupan (1/3) 

Tubuh kita memiliki kemampuan luar biasa untuk menyembuhkan diri sendiri dan kesehatan jangka panjang adalah hasil dari tingkah laku dan kebiasaankebiasaan yang sehat. Memperbaiki gaya hidup sehari-hari jauh lebih penting daripada mengandalkan keampuhan operasi atau obat-obatan. Hampir semua penyakit adalah akibat dari kebiasaan-kebiasaan yang terakumulasi selama beberapa waktu. Yang menentukan kesehatan seseorang adalah akumulasi harian ha-hal seperti makanan, air, olah raga, tidur, kerja dan stres. Jika memang seperti ini maslahnya, pertanyaannya adalah gaya hidup sepeprti apakah yang harus kita jalani agar kita dapat hidup panjang dan sehat?. Bahwa jika sistem pencernaan seseorang bersih, tubuh orang tersebut dapat melawan penyakit jenis apapun dengan mudah., dilain pihak jika sistem pencernaan seseorang tidak bersih, orang tersebut akan rentan menderita suatu penyakit. Jadi, seseorang yang sehat memiliki karakterisik lambung dan usus yang baik sementara karakterisitik orang yang tidak sehat adalah sebaliknya. Nyata terlihat bahwa menjaga karateristik lambung dan usus yang baik berhubungan langsung dengan menjaga kesehatan seseorang secara keseluruhan.   

Keajaiban Enzim ² Kunci Rahasia Kehidupan (2/3)
Permasalahannya adalah, apakah yang harus dilakukan (atau dihindari) oleh seseorang untuk menjaga karakteristik lambung dan usus yang baik? Dari hasil penelitian rupanya telah ditemukan adanya keterkaitan erat antara kesehatan dan cara-cara tertentu untuk makan dan hidup. Dari hasil penelitian tersebut menunjukkan bahwa seluruh tubuh dan fungsinya yang tak terhitung banyaknya dan merupakan rangkaian menuju hidup panjang dan sehat terangkum dalam apa yag dinamakan enzim. Enzim adalah sebuah istilah generik untuk katalis protein yang dibentuk didalam sel makhluk hidup. Dimanapun terdapat kehidupan, didalam tumbuhan maupun hewan, enzim selalu ada. Enzim ikut ambil bagian daam seluruh aktivitas yang diperlukan untuk mempertahankan kehidupan, yaitu untuk sintesis dan penguraian, transportasi, ekskresi, detoksifikasi dan penyediaan energi. Makhluk hidup tidak akan dapat mempertahankan kehidupan tanpa adanya enzim.

Keajaiban Enzim ² Kunci Rahasia Kehidupan (3/3) 

Makan daging memang mempercepat pertumbuhan, dan pendewasaan anak-anak dalam beberapa dekade yang lalu mungkin memang berkat adanya peningkatan dalam asupan protein hewani. Meskipun demikian, juga ada perangkap berbahaya dalam menyantap daging. Begitu anda mencapai usia tertentu, pertumbuhan tubuh anda berubah menjadi sebuah fenomena yang disebut menua. Menyantap daging meungkin memang mempercepat pertumbuhan, tetapi juga akan mempercepat proses penuaan.

Pengertian Enzim :
Enzim : adalah satu atau beberapa gugus polipeptida (protein) yang berfungsi sebagai katalis (senyawa yang mempercepat proses reaksi tanpa habis bereaksi) dalam suatu reaksi kimia. Enzim bekerja dengan cara menempel pada permukaan molekul zat-zat yang bereaksi dan dengan demikian mempercepat proses reaksi. Percepatan terjadi karena enzim menurunkan energi pengaktifan yang dengan sendirinya akan mempermudah terjadinya reaksi. Sebagian besar enzim bekerja secara khas, yang artinya setiap jenis enzim hanya dapat bekerja pada satu macam senyawa atau reaksi kimia. Hal ini disebabkan perbedaan struktur kimia tiap enzim yang bersifat tetap. Sebagai contoh, enzim -amilase hanya dapat digunakan pada proses perombakan pati menjadi glukosa.

Jumlah Enzim Adalah Kunci Kesehatan

Terdapat dua kategori enzim, yaitu : ‡ Enzim yang dibuat dalam tubuh yang diproduksi oleh bakteri-bakteri usus. ‡ Enzim yang datang dari luar tubuh dalam bentuk makanan. Enzim dapat cepat terkuras melalui : ‡ Konsumsi alkohol dan tembakau ‡ Terlalu banyak makan ‡ Konsumsi makanan yang mengandung bahan makanan tambahan ‡ Penggunaan obat-obatan ‡ Makanan basi yang memproduksi racun dalam usus besar ‡ Sinar ultraviolet dan gelombang elektromagnetik yang menghasilkan radikal bebas. ‡ Stress secara emosi.

Beberapa Asupan Tinggi Protein Yang Berbahaya Bagi Kesehatan :
1. Racun Dalam Daging Tempat Berkembang Biaknya Sel-Sel Kanker. Setiap sel mengandung DNA (deoxyribonucleic acid atau asam deoksiribonukleat), suatu zat kimia yang berisi peta tubuh dan fungsi-fungsinya. Produk sampingan beracun dari pencernaan lemak dan protein hewani yang berlebihan dapat merusak DNA dan mengubah sel-sel menjadi sel kanker. Sel-sel kanker mulai berkembang biak dengan sendirinya. Darah kita mengandung sel-sel darah merah, sel-sel darah putih dan limfosit. Sel-sel darah putih dan limfosit menyerang musuh-musuh seperti bakteri dan virus., menghancurkan mereka atau menjadikan mereka tidak berbahaya lagi. Jika sel-sel ini rusak, mekanisme pertahanan garis depan tubuh akan berhenti berfungsi serta dapat berakhir dengan infeksi dan munculnya sel-sel abnormal atau sel-sel kanker.

Beberapa Asupan Tinggi Protein Yang Berbahaya Bagi Kesehatan :

2. Protein Menyebabkan Reaksi Alergi Protein yang belum diuraikan menjadi nutrisi memasuki peredaran darah melalui dinding usus sebagai zat yang tidak dikenal. Hal ini sering terjadi pada anak-anak yang masih kecil. Tubuh bereaksi terhadapnya sebagai zat yang tidak dikenal dan menimbulkan reaksi alergi. Alergi protein seperti ini paling sering disebabkan oleh susu dan telur. Mengkonsumsi protein hewani secara berlebihan dan reaksi alergi yang dihasilkannya adalah penyebab meningkatnya kasus-kasus dermatitis atopik, kaligata, penyakit kolagen, kolitis ulserativa dan penyakit crohn.

Beberapa Asupan Tinggi Protein Yang Berbahaya Bagi Kesehatan :
3. Kelebihan Protein Menyebabkan Kerja Hati dan Ginjal Lebih Berat. Protein berlebih dalam tubuh harus diuraikan dan disingkirkan melalui urine dan menimbulkan beban yang sangat berat bagi hati dan ginjal. Konsumsi Protein yang Berlebihan Menyebabkan Defisiensi Kalsium dan Osteoporosis. Saat asam amino dibentuk dalam jumlah besar, darah menjadi dan membutuhkan kalsium untuk menetralisirnya. Dengan demikian, konsumsi protein yang berlebihan menyebabkan berkurangnya kalsium. Terlebih lagi, kadar fosfor dalam daging sangatlah tinggi dan darah harus menjaga rasio kalsium dengan fosfor antara 1:1 dan 1:2. Makanan yang meningkatkan jumlah fosfor akan menyebabkan tubuh mengambil kalsium dari gigi dan tulang untuk menjaga keseimbangan tersebut. Juga jika seseorang memiliki banyak fosfor dan kalsium dalam tubuh, fosfor dan kalsium itu bersenyawa membentuk kalsium fosfat. Tubuh tidak dapat menyerap senyawa ini, maka senyawa inipun dikeluarkan, menambah semakin berkurangnya kalsium sehingga tubuh rentan terhadap osteoporosis. Inilah sebabnya masyarakat di negara-negara yang memiliki kebiasaan makan kaya protein hewani menderita osteoporosis : tulang-tulang yang keropos akibat penipisan jumlah kalsium.

4.

Beberapa Asupan Tinggi Protein Yang Berbahaya Bagi Kesehatan :
5. Kelebihan Protein Dapat Menyebabkan Kekurangan Energi Energi dalam tubuh besar dibutuhkan untuk mencerna makanan. Protein yang berlebih tidak dapat dicerna sepenuhnya dan karena itu tidak diserap sehingga menyebabkan pembusukan didalam usus dan timbulnya poduk-produk sampingan yang beracun. Energi dalam jumlah yang sangat besar dibutuhkan untuk menghilangkan racun dari zat-zat ini. Pada saat energi dalam jumlah besar digunakan, sejumlah radikal bebas terbentuk. Radikal bebas bertanggung jawab atas terjadinya proses penuaan, kanker, penyakit jantung dan aterosklerosis.

Beberapa Asupan Tinggi Protein Yang Berbahaya Bagi Kesehatan :
6. Kelebihan Protein Mungkin Ikut Menjadi Penyebab ADHD Pada Anak-Anak Penelitian beberapa tahun belakangan ini menunjukkan adanya peningkatan jumlah anak-anak yang memiliki rentang perhatian pendek yang cenderung mengalami ledakan-ledakan kemarahan. Makanan dan nutrisi dapat menimbulkan dampak besar pada tingkah laku anak dan kemampuannya untuk beradaptasi secara sosial. Ada kecenderungan anak-anak baik di rumah maupun disekolah untuk mengkonsumsi makanan olahan. Makanan-makanan ini banyak mengandung zat tambahan, bahkan makanan olahan cenderung menyebabkan tubuh bersifat asam. Protein hewani dan gula pun semakin banyak dikonsumsi sementara sayuran dihindari. Protein hewani dan gula membutuhkan lebih banyak kalsium dan magnesium sehingga menyebabkan defisiensi kalsium dalam tubuh. Defisiensi kalsium mengganggu sistem saraf dan ikut menjadi penyebab kegelisahan dan iritabilitas (sifat lekas marah)

Diet Keajaiban Enzim 

Anda adalah apa yang anda makan, demikian kata pepatah. Penyakit, hidup dan kesehatan adalah hasil dari yang anda makan sehari-hari. Pada tahun 1996, Departemen Kesehatan, Tenaga Kerja dan kesejahteraan Jepang memutuskan untuk mengubah nama yang pada saat itu dikenal sebagai ´penyakit usia dewasa´, seperti kanker, penyakit jantung, penyakit lever, diabetes, penyakit pembuluh darah otak, hipertensi dan hiperlipidemia (kolesterol tinggi) menjadi ´penyakit gaya hidup´. Melalui pemeriksaan ulang hubungan antara makanan dan kesehatan, terbukti bahwa penyakit-penyakit ini disebabkan oleh kebiasaan-kebiasaan gaya hidup, bukan karena usia. Orang-orang yang tanpa diragukan akan menderita penyakit gaya hidup pada suatu saat dalam hidupnya biasanya merokok, mengkonsumsi alkohol setiap hari, mengkonsumsi banyak daging dan hampir tidak pernah mengkonsumsi sayur-sayuran dan buah-buahan serta mengkonsumsi produk-produk hasil susu seperti susu, yughort dan mentega terutama sejak usia belia.   

Diet Keajaiban Enzim 

Jenis penyakit yang diderita akan bergantung pada kecenderungan genetis dan lingkungannya. Contohnya, yang secara genetis memiliki pembuluh darah arteri yang lemah akan menderita hipertensi, arteriosklerosis atau penyakit jantung, dan yang memiliki ginjal yang lemah mungkin akan menderita diabetes. Pada wanita, fibroid, kista indung telur dan penyakit pada payudara dapat berkembang menjadi kanker, sementara pada pria, kelenjar prostat yang membesar (hipertrofi prostat) dapat berkembang menjadi kanker prostat. Walaupun jenis penyakit bergantung pada faktor-faktor genetis dan lingkungan, tanpa dapat disangkal orang yang memiliki gaya hidup seperti ini akan menderita suatu jenis penyakit. 

Diet Keajaiban Enzim
Tidak ada penyakit keturunan, yang ada adalah penyakit karena kebiasaan. 

Banyak orang yang ketika memasuki usia setengah baya atau tua menderita penyakit yang sama dengan orang tuanya seperti diabetes, hipertensi, jantung dan kanker. Kebiasaan-kebiasaan dirumah secara tidak disadari terpateri dalam benak anak-anak selama dibesarkan. Kesukaan akan jenis-jenis makanan makanan tertentu, cara memasak, gaya hidup dan nilai-nilai beragam antara satu keluarga dengan keluarga lainnya. Namun orang tua dan anak-anak yang tumbuh dalam rumah tangga yang sama memiliki kesukaan yang hampir sama. Dengan kata lain, anak-anak cenderung menderita penyakit yang sama dengan orang tuanya, bukan karena mewarisi gen yang menyebabkan penyakit itu, melainkan karena mereka mewarisi kebiasaan-kebiasaan gaya hidup yang menyebabkan penyakit tersebut.

Diet Keajaiban Enzim 

Menyembuhkan sindrom Sleep Apnea dengan kebiasaan. Banyak kebiasaan sehari-hari yang dapat menyebabkan penyakit. Namun beberapa penyakit dapat disembuhkan jika kebiasaan sehari-hari sedikit diubah. Salah satu contohnya adalah sleep apnea atau apnea tidur, yaitu suatu penyakit saat pernapasan terhenti berkali-kali saat tidur. Saat seseorang tidur, otot-ototnya melemas, ketika seseorang tidur terlentang, pangkal lidah orang tersebut mengendur kebawah sehingga menyebabkan saluran pernapasan menyempit. Orang-orang yang menderita sleep apnea mengalami penyempitan saluran pernapasan yang parah dan karena saluran pernapasan mereka menutup sementara, napaspun terhenti. Mereka merasa tercekik saat napas terhenti yang menjadikannya terbangun berkali-kali dalam semalam. Hal ini dapat disembuhkan dengan menghindari memasukkan apapun ke dalam perut empat atau lima jam sebelum tidur, intinya pergilah tidur dengan perut kosong. Banyak yang tidak terbiasa melakukan hal ini dan hal inipun dikarenakan kebiasaan kita dimana waktu makan berdekatan dengan waktu menjelang tidur. Namun jika tidak dapat menahan rasa lapar pada malam hari, menyantap sedikit buah segar yang banyak mengandung enzim sekitar satu jam sebelum tidur adalah pilihan terbaik.

Kebiasaan-Kebiasaan Makan Yang Dianjurkan 

Kunyahlah Makanan dengan Baik ; kunyahlah setiap suap makanan sebanyak 30-70 kali, mengunyah seperti ini akan mengeluarkan sekresi aktif air liur yaitu enzim yang berikatan baik dengan cairan lambung, air empedu dan membantu proses pencernaan. Makanlah biji-bijian utuh yang ditanam secara organik jika memungkinkan ; Kacang polong mengandung lebih banyak protein daripada daging dan banyak unsur lain termasuk vitamin, mineral dan selenium. Konsumsilah hanya daging hewan yang bersuhu tubuh lebih rendah dari suhu tubuh manusia; Hewan yang bersuhu tubuh tinggi seperti sapi dan ayam tidaklah baik karena lemaknya akan membeku didalam aliran darah manusia. Sebaiknya santaplah ikan, karena minyak ikan berbentuk cair didalam tubuh kita dan bahkan melancarkan aliran dalam arteri, bukan menyumbatnya.  

Kebiasaan-Kebiasaan Makan Yang Dianjurkan 

Hindari makan atau minum sebelum tidur pada malam hari ; makanlah 4-5 jam sebelum tidur pada malam hari. Saat lambung kosong, tersedia asam keras berkadar tinggi yang membunuh bakteri helicobacter pylori juga bakteri jahat lainnya sehingga menciptakan lingkungan usus yang seimbang yang kondusif bagi penyembuhan diri, ketahanan dan kekebalan tubuh. Membatasi cairan dan makanan sebelum tidur juga membantu mencegah masalah aliran balik asam dan sleep apnea. Minumlah 8-10 gelas air yang baik setiap hari; Konsumsilah karbohidrat berkualitas; Karbohidrat mudah dicerna dan diserap sebagai sumber energi langsung. Karbohidrat yang berkualitas mengandung serat makanan, vitamin dan mineral, semua unsur yang membantu metabolisme sel secara efisien, aliran darah dan penyingkiran hasil buangan. Konsumsilah minyak ikan ; kandungan minyak ikan (omega 3) dapat menurunkan trigliserida darah sehinga mengurangi terjadinya penyumbatan.   

Kebiasaan-Kebiasaan Makan Yang Dianjurkan 

Kurangilah ketergantungan pada obat dengan mengubah menu makanan dan berolah raga selagi mungkin; Ketergantungan pada obat, termasuk obat yang didapat dari resep dokter bisa berbahaya bagi keehatan karena obat membebani hati dan ginjal. Banyak kondisi kronis seperti arthritis, encok, diabetes dan osteoporosis dapat diatasi dengan diet dan berolahraga. Konsumsilah makanan berserat tinggi agar pembuangan lancar dan mencegah penyakit yang berhubungan dengan usia. Minumlah suplemen secukupnya ; mengkonsumsi makanan alami yang seimbang dan tersinkronisasi dengan bioritme tubuh sangatlah penting. Namun penambahan suplemen nutrisi mikro dapat meminimalkan timbulnya penyakit yang berhubungan usia. Namun mengkonsumsi terlalu banyak suplemen dapat mengakibatkan pengaruh negatif terhadap sistem kekebalan tubuh, meningkatkan radikal bebas dan menyebabkan perubahan pada lemak yang terdapat dalam hati, jantung dan ginjal.  

Tujuh Kunci Emas untuk Hidup Sehat

Tujuh Kunci Emas untuk Hidup Sehat

1. Menu Makan Yang Baik a. 85% - 90% makanan nabati

50% biji-bijian utuh, beras merah, pasta yang terbuat dari gandum utuh, sereal, roti yang terbuat dari gandum utuh, kacang-kacangan (kacang kedelai, kacang merah, kacang garbanzo, lentil, kacang pinto, kacang dara, kacang hitam, kacang putih dan kacang merah muda. 30% sayuran hijau dan kuning serta umbi-umbian, termasuk kentang, wortel, ubi jalar, ubi bit serta sayuran laut. 5%-10% buah-buahan, biji dan kacang.

Tujuh Kunci Emas untuk Hidup Sehat

b. 10%-15% protein hewani (tidak lebih dari 85-115 gram per hari) Ikan jenis apapun, tetapi sebaiknya ikan kecil karena ikan besar mengandung banyak merkuri. Unggas : ayam, kalkun, bebek Sapi, domba muda harus dibatasi atau dihindari Telur Susu kedelai, keju kedelai, susu beras, susu almond.

Tujuh Kunci Emas untuk Hidup Sehat Keunggulan Susu Kedelai
Bagaimana Kolesterol menyerang ? Kolesterol pada dasarnya adalah lemak atau lipida yang diproduksi oleh hati dan berasal dari daging dan makanan lemak jenuh. Ada 2 macam kolesterol, yaitu : 1. LDL (Low Density Lipoprotein) ; Lipoprotein berdensitas rendah 2. HDL (High Density Lipoprotein) ; Lipoprotein berdensitas Tinggi. LDL merangsang penumpukkan plak kolesterol pada dinding arteri Gejala : Lemas, sakit kepala dan pegal2 yang diakibatkan karena metabolisme tubuh yang buruk. HDL berfungsi mengikis kolesterol, mengirimnya ke hati untuk selanjutnya dipecah dan dikeluarkan.

Tujuh Kunci Emas untuk Hidup Sehat

Manfaat kedelai bagi kolesterol : Lesitin HPF (High Purified Fraction) yang terdapat dalam kedelai membantu pembentukan HDL yang berguna untuk mengurangi penggumpalan pada sel darah dan mengemulsi kolesterol dalam darah. Lesitin HPF memiliki kadar Fosfatidikolin Optimal (75%) mengandung asam lemak esensial yang tidak dapat diproduksi dalam tubuh dan harus dikonsumsi melalui makanan atau minuman. Mengandung isoflavon mengikis kolesterol dengan meningkatkan HDL.

Tujuh Kunci Emas untuk Hidup Sehat

Makanan tambahan untuk menu makan : Teh herbal Tablet rumput laut (kelp) Bee Pollen dan propolis madu. Suplemen enzim Suplemen multivitamin dan mineral

Tujuh Kunci Emas untuk Hidup Sehat

Makanan dan bahan-bahan yang harus dihindari atau dibatasi dalam menu makan : Produk-produk susu seperti susu sapi, keju, yoghurt dan produk susu lainnya. Teh hijau Jepang, teh Cina, teh hitam Inggris (batasi hanya 1-2 cangkir per hari) Kopi Makanan yang manis-manis dan gula Nikotin Alkohol Cokelat Lemak dan minyak Garam meja biasa (gunakanlah garam laut yang mengandung mineral)

Tujuh Kunci Emas untuk Hidup Sehat
Rekomendasi Tambahan Mengenai Makanan : Berhentilah makan dan minum 4-5 jam sebelum tidur Kunyahlah setiap suap 30-50 kali Jangan makan pada sela-sela waktu tidur kecuali makan buah utuh (sepotong buah utuh boleh dimakan 1 jam sebelum tidur jika rasa lapar membuat anda tidak bisa tidur karena buah utuh dapat dicerna) Makanlah buah dan minum jus 30-60 menit sebelum waktu makan Konsumsilah biji-bijian dan sereal utuh yang tidak digiling Konsumsilah lebih banyak makanan yang mentah atau dikukus sebentar, Memanaskan makanan lebih dari 480C akan membunuh enzim. Jangan makan makanan yang teroksidasi (buah-buahan yang sudah berubah warna menjadi coklat sudah mulai teroksidasi) Konsumsilah makanan fermentasi Jagalah disiplin dengan makanan yang anda santap, ingat : Anda adalah apa yang anda makan.

Tujuh Kunci Emas untuk Hidup Sehat

2. Air Yang Baik Air sangat penting bagi kesehatan. Minumlah air yang memiliki kekuatan reduksi yang besar, yang belum terpolusi oleh zat-zat kimia. Mengkonsumsi air yang baik seperti air mineral atau air sadah, yang mengandung banyak kalsium dan magnesium menjaga tubuh pada pH basa yang optimal. Orang dewasa sebaiknya minum setidaknya 6-10 gelas air per hari. Minumlah 1-3 gelas air setelah bangun tidur di pagi hari. Minumlah 2-3 gelas air sekitar 1 jam sebelum waktu makan.

Tujuh Kunci Emas untuk Hidup Sehat

3. Pembuangan yang Teratur Mulailah suatu kebiasaan harian untuk menyingkirkan polutan dari usus dan untuk secara teratur membersihkan sistem anda, Jangan gunakan obat pencahar. Jika pergerakan usus anda lambat atau untuk menyingkirkan racun dari hati, pertimbangkan untuk menggunakan enema kopi. Enema kopi lebih baik untuk detoksifikasi seluruh tubuh karena tidak melepaskan radikal bebas ke dalam aliran darah seperti halnya beberapa metode detoksifikasi yang lain.

Tujuh Kunci Emas untuk Hidup Sehat

4. Olah Raga Secukupnya Olah raga yang sesuai dengan usia dan kondisi fisik penting untuk kesehatan, tetapi olah raga secara berlebihan dapat melepaskan radikal bebas dan membahayakan tubuh. Olah raga yang bagus : Berjalan kaki (4 km), renang, tenis, bersepeda, golf, penguatan otot, yoga, bela diri dan aerobik.

Tujuh Kunci Emas untuk Hidup Sehat

5. Istirahat yang Cukup Tidur pada waktu yang sama setiap malam dan dapatkan 6-8 jam tanpa terputus. Jangan makan atau minum 4-5 jam sebelum waktu tidur, jika lapar atau haus, makanlah sepotong kecil buah 1 jam sebelum tidur, karena buah cepat dicerna. Lakukanlah tidur singkat setelah makan siang selama lebih kurang 30 menit.

Tujuh Kunci Emas untuk Hidup Sehat

6. Pernapasan dan Meditasi Lakukan meditasi Berpikir positif Tarik napas dalam-dalam dari perut 4 atau 5 kali per jam. Membuang napas harus 2 kali lebih panjang dari menarik napasnya, dengan menarik napas panjang membantu menyingkirkan racun dan radikal bebas dari dalam tubuh. Kenakan pakaian longgar yang tidak menyesakkan nafas. Dengarkan tubuh anda dan perlakukan diri anda baik-baik

Tujuh Kunci Emas untuk Hidup Sehat

7. Kebahagian dan Cinta Kebahagian dan cinta akan meningkatkan faktor enzim tubuh Saling menghargai sesama Tertawalah Menyanyilah Menarilah Hiduplah dengan penuh gairah dan hadapi hidup, pekerjaan dan orangorang yang anda cintai dengan sepenuh hati.

Jadi, mengapa kita sebaiknya :
Tidak minum susu sapi ? Membatasi minum teh hijau ? Makan buah dan minum jus 30 ± 60 menit sebelum makan utama ? Minum 2-3 gelas air sejam sebelum makan ? Detoksifikasi menggunakan kopi ? Tidur siang 5 menit, setelah makan siang ? 

  

 

Fakta Tentang Susu      

Tidak ada makanan lain yang sulit dicerna selain susu karena menggumpalnya kasein yang membentuk kira-kira 80% dari protein yang terdapat dalam susu langsung menggumpal menjadi satu begitu memasuki lambung sehingga sulit dicerna. Komponen susu yang dijual ditoko telah dihomogenisasi dan menghasilkan radikal bebas. Susu yang telah dipasteurisasi tidak mengandung enzim-enzim yang berharga, lemaknya telah teroksidasi dan kualitas proteinnya telah berubah akibat suhu yang tinggi dalam prosesnya. Susu yang banyak mengandung zat lemak teroksidasi mengacaukan lingkungan dalam usus, meningkatkan jumlah bakteri jahat dan menghancurkan keseimbangan flora bakteri dalam usus. Jika wanita hamil minum susu, anak-anak mereka cenderung lebih mudah terjangkit dermatitis atopik. Terlalu banyak minum susu sesungguhnya menyebabkan osteoporosis.

Membatasi minum teh hijau  

Teh hijau banyak mengandung antioksidan dapat membunuh bakteri dan memiliki efek antioksidan yang positif. Karena banyak mengandung antioksidan, efeknya adalah menderita masalah lambung.

Makan buah dan minum jus 30 ² 60 menit sebelum makan utama 

Buah termasuk juga jus (juice) mengandung banyak enzim yang dapat dicerna dengan baik dengan menyantapnya sebelum makan, fungsi sistem pencernaan menjadi lebih baik dan kadar gula darah meningkat sehingga mencegah terlalu banyak makan.

Minum 2-3 gelas air sejam sebelum makan 

Air yang memasuki mulut diserap oleh sistem pencernaan sebelum diangkut menuju sel-sel diseluruh tubuh melalui pembuluh darah, semakin banyak air menyebabkan darah mengalir lebih baik sehingga mendorong efisiensi metabolisme. Air yag baik juga memiliki efek mengurangi kadar kolesterol dan trigliserida dalam darah. 

Detoksifikasi menggunakan kopi

Kopi berfungsi untuk menyingkirkan racun dari hati. Enema kopi lebih baik untuk detoksifikasi seluruh tubuh karena tidak melepaskan radikal bebas ke dalam aliran darah seperti halnya beberapa metode detoksifikasi yang lain.

Tidur siang 5 menit, setelah makan siang 

Power Nap ; Tidur sejenak untuk memulihkan tenaga. Istirahat singkat mengijinkan tubuh untuk menyeimbangkan diri (homesotasis) Istirahat dan tidur mengembalikan fungsi ±funsi seluruh tubuh yang sudah lemah seperti aliran darah, aliran getah bening, sistem saraf dan sekresi internal agar kembali normal. 

KESIMPULAN   

Pada prinsipnya kesehatan jangka panjang adalah hasil dari tingkah laku dan kebiasaan-kebiasaan yang sehat. Memperbaiki gaya hidup sehari-hari jauh lebih penting daripada mengandalkan keampuhan operasi atau obatobatan. Hanya tubuh yang dapat menyembuhkan dirinya sendiri, sedangkan dokter hanya menciptakan ruang bagi terjadinya penyembuhan tersebut. Sebagian Besar Penyakit Disebabkan oleh Kebiasaan, Bukan Keturunan.

Walau bagaimanapun kita harus sadar, bahwa tidak ada manusia yang sehat 100%,

Namun yang Harus Selalu Diingat Kita Sebagai Manusia Hanya Dapat Berikhtiar, Segalanya Tuhanlah yang Menentukan

Sekian dan Terimakasih`~

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->