You are on page 1of 58

Peralatan Pada GI

Busbar, Trafo Tenaga, LA, PMT, PMS, CT, CVT

Busbar, Trafo Tenaga, LA

Busbar

Fungsi

titik pertemuan/hubungan antara
transformator daya, SUTT, SKTT, serta
komponen listrik lainnya yang ada pada switch
yard

Jenis Busbar

Sin
gle

Do
ubl
e

Rin
g

Substation Reliability Indices .

.

Sectionalized Single Busbar .

Main & Transfer Bus .

.Transformator Tenaga/Daya  Transformator tenaga  peralatan tenaga listrik yang berfungsi untuk menyalurkan tenaga/daya listrik dari tegangan tinggi ke tegangan rendah atau sebaliknya.

Bagian2 Trafo Tenaga Peralatan bantu Inti besi Tangki konservato r Utama Bushing Proteksi Pendingin Rele Bucholz Tap changer Rele Tekanan Lebih Alat pernafasan dll Kumparan .

Inti Besi  Fungsi  mempermudah jalan fluksi. yang ditimbulkan oleh arus listrik yang melalui kumparan  Terbuat dari lempengan2 besi tipis .

Model Transformator .

.

.

.

Konstruksi Inti Besi .

Kumparan  Kumparan trafo:  beberapa lilitan kawat tembaga berisolasi yang membentuk suatu kumparan  Terdiri dari:  kumparan primer dan kumparan sekunder yang diisolasi terhadap inti besi dan terhadap antar kumparan dengan isolasi padat seperti karton  Fungsi:  sebagai alat transformasi tegangan dan arus .

Minyak Trafo Sebagai media pendingin Sebagai media pengisolasi .

Jenis Minyak Trafo Mineral • bahan dasarnya dari minyak bumi yang diproses dengan cara destilasi Sintetis • diolah dengan proses kimia untuk mendapatkan karakteristik yang lebih baik .

Syarat Minyak Isolasi Baru (SPLN 49 – 1 : 1982) .

Syarat Minyak Isolasi Baru (SPLN 49 – 1 : 1982) .

Bushing  Bushing  sarana penghubung antara belitan dengan jaringan luar Kondukto r Isolator .

Bagian Bushing Isolasi Kondukto r Klem koneksi Asesoris .

Isolasi IEC 60137 tahun 2008 RBP Kondensor Nonkondensor OIP RIP .

.

Mengapa Bushing Diperhatikan? Bagian sistem paling kritis Bagian yg paling menderita panas Sangat sulit dideteksi .

Tangki Konservator  Fungsi:  menampung minyak pada saat trafo mengalami kenaikan suhu .

Silica Gel  Fungsi:  sebagai filter udara luar yg masuk ke dalam konservator agar minyak isolasi tidak terkontaminasi kelembaban dari udara luar yg dapat menurunkan nilai tegangan tembus minyak .

Dehydrating Breather  Fungsi:  Tempat silica gell .

Tangki Konservator Tipe Air Bladder/Cell .

Tangki Konservator Tipe Diafragma .

Pendingin Trafo dialiri arus Beban & suhu sekitar naik Sistem Pendingin Suhu trafo naik .

Jenis Pendinginan Trafo (ANSI)  Huruf pertama: media pendingin internal yg langsung berhubungan dengan lilitan  O = mineral oil or synthetic insulation fluid with a fire point ≤ 300°C/minyak atau fluida sintetis dengan titik pembakaran ≤  300°C  K = insulating fluid with a fire point > 300°C/fluida dengan titik pembakaran > 300°C .

Jenis Pendinginan Trafo (ANSI)  Huruf kedua: mekanisme sirkulasi untuk media pendingin internal  N = Natural convection flow through cooling equipment and in windings  F = Forced circulation through cooling equipment and natural convention flow in the windings (also called “directed flow”) .

pumps (water cooling))/sirkulasi yang dipaksa bisa menggunakan fan untuk udara atau pompa untuk air .Jenis Pendinginan Trafo (ANSI)  Huruf ketiga: media pendingin eksternal  A = Air/udara  W = Water/air  Huruf keempat: mekanisme sirkulasi untuk media pendingin eksternal  N = Natural convection/konveksi natural  F = Forced circulation (Fans (air cooling) .

Jenis Trafo (Berdasarkan Pendingin) .

ONAN .

ONAF .

OFAF .

OFWF .

pendingin trafo type ONAF .

Trafo OFAF .

Tap Changer  Tap changer:  alat yang dapat menyesuaikan/mengubah ratio antara belitan primer dan sekunder sehingga tegangan output/sekunder dapat disesuaikan dengan kebutuhan sistem berapapun tegangan input/primernya .

.

PENEMPATAN OLTC TANGKI KONSERVATOR PROTEKTIVE RELAY BATANG PENGGERAK DIVERTER SWITCH SILICAGEL PENGGERAK MEKANIK TAP SELECTOR .

40 Ohm. 200 Ohm. dan 500 Ohm .NGR  NGR  tahanan yang dipasang seri dengan neutral sekunder pada trafo sebelum terhubung ke ground/tanah  Nilai NGR:  Tegangan 70 KV 40 Ohm  Tegangan 20 KV 12 Ohm.

NGR  Jenis NGR:  Resistance Liquid (air). yaitu bahan resistance adalah air murni . yaitu bahannya terbuat dari logam nekelin dan dibuat dalam panel dengan nilai resistance yang sudah ditentukan. Untuk memperoleh nilai resistance yang diinginkan ditambahkan garam KOH  Resistance Logam. .

Lightning Arrester  LA:  peralatan yang berfungsi untuk melindungi peralatan listrik dari tegangan surja .

.

Karakteristik .

Perkembangan Teknologi LA .

.

Konstruksi LA .

Grading Ring  Grading ring berfungsi  sebagai kontrol distribusi medan elektris sepanjang permukaan LA .

Struktur Penyangga Lightning Arrester  LA dipasang pada ketinggian tertentu dari permukaan tanah. untuk itu diperlukan struktur penyangga yang terdiri dari pondasi dan struktur besi penyangga. .

SEKIAN DAN TERIMA KASIH .