You are on page 1of 30

MANAJEMEN RESIKO

Faizal Akbar
(D621 13 316)
Chairul Wahyu Adha (D621 13 317)
Aisyah Welina
(D621 13 319)
Fauzi Syaiful Adam (D621 13 320)
Sitti Hartina
(D621 13 321)
Zeth Nehemia Taime (D621 13 701)

PENGERTIAN
RESIKO
(Sitti Hartina)

PENGERTIAN RESIKO
KBBI
Resiko adalah akibat yang
kurang menyenangkan
(merugikan,
membahayakan) dari
suatu perbuatan atau
tindakan.

Arthur J. Keown
Resiko adalah prospek
suatu hasil yang tidak
disukai (operasional
sebagai deviasi standar).

. mengembangkan alternatif penanganan resiko. memonitor dan mengendalikan penanganan resiko. mengukur.PENGERTIAN MANAJEMEN RESIKO Djohanput ro (2008) Manajemen resiko merupakan proses terstruktur dan sistematis dalam mengidentifikasi. memetakan.

mengawasi. mengevaluasi.PENGERTIAN MANAJEMEN RESIKO Manajemen Resiko merupakan suatu proses yang logis dan sistematis dalam mengidentifikasi. mengendalikan. dan mengkomunikasikan resiko yang berhubungan dengan segala aktivitas. menganalisa. fungsi atau proses dengan tujuan perusahaan mampu meminimasi kerugian dan Australia/ New Zealand Standards (2008) .

KLASIFIKAS RESIKO (Zeth Nehemia Taime) .

KLASIFIKASI RESIKO Resiko Operasional Resiko Bahaya Resiko Finansial Resiko Strategic KLASIFIKAS I RESIKO .

Risiko yang timbul karena adanya faktor-faktor yang mempengaruhi akibat yang ditimbulkan dari suatu peristiwa. atau kegagalan system.KLASIFIKASI RESIKO Resiko Operasional Resiko Bahaya Risiko yang timbul karena tidak berfungsinya system internal yang berlaku. . kesalahan manusia.

. Resiko Strategi Risiko terjadinya serangkaian kondisi yang tidak terduga yang dapat mengurangi kemampuan manajer untuk mengimplementasikan strateginya secara signifikan.KLASIFIKASI RESIKO Resiko Finansial Risiko yang diderita oleh investor sebagai akibat dari ketidakmampuan memenuhi kewajiban pembayaran deviden atau bunga serta pokok pinjaman.

KATEGORI RESIKO (Aisyah Welina) .

KATEGORI RESIKO ◦ Risiko dapat dikategorikan ke dalam dua bentuk : Resiko Spekulatif Resiko Murni .

Dengan demikian besarnya kerugian dapat diminimalkan.KATEGORI RESIKO ◦ Risiko spekulatif (business risk). ◦ Risiko murni Risiko murni (pure risk) adalah sesuatu yang hanya dapat berakibat merugikan atau tidak terjadi apa-apa dan tidak mungkin menguntungkan. . Salah satu cara menghindarkan risiko murni adalah dengan asuransi. itu sebabnya risiko murni kadang dikenal dengan istilah risiko yang dapat diasuransikan ( insurable risk ). Risiko spekulatif adalah suatu keadaan yang dihadapi perusahaan yang dapat memberikan keuntungan dan juga dapat memberikan kerugian.

MANFAAT MANAJEMEN RESIKO (Chairul Wahyu Adha) .

(Mok et al. Memungkinkan bagi para pembuat keputusan untuk memutuskan berapa banyak informasi yang dibutuhkan dalam menyelesaikan masalah. 1996) . Memudahkan estimasi biaya Memberikan pendapat dan intuisi dalam pembuatan keputusan yang dihasilkan dalam cara yang benar. Memungkinkan analisa yang cermat dari pilihan-pilihan alternatif. Menyediakan pedoman untuk membantu perumusan masalah. Meningkatkan pendekatan sistematis dan logika untuk membuat keputusan..MANFAAT MANAJEMEN RESIKO Berguna untuk mengambil keputusan dalam menangani masalah-masalah yang rumit.

Manajemen risiko mungkin dapat mencegah perusahaan dari kegagalan. Meningkatkan “Public image” perusahaan Manajemen risiko dapat memberikan laba secara tidak langsung dan menunjang peningkatan laba Adanya ketenangan pikiran bagi manajer yang disebabkan oleh adanya perlindungan terhadap risiko murni. (Darmawi. 2005) . merupakan harta non material bagi perusahaan itu.

PROSES MANAJEMEN RESIKO (Faizal Akbar) .

RUANG LINGKUP PROSES MANAJEMEN RISIKO Penentuan Konteks Kegiatan Evaluasi Resiko Identifikasi Resiko Pengendalian Resiko Analisis Resiko Pemantauan & Telaah Ulang Koordinasi & Komunikasi .

PROSES MANAJEMEN RISIKO BERDASARKAN ISO 31000 .

PROSES MANAJEMEN RISIKO BERDASARKAN ISO 31000 ◦ Terdiri dari 3 proses besar : Penetapan Konteks Penilaian Resiko Penangan an Resiko .

.

PENETAPAN KONTEKS ◦ Empat konteks yang ditentukan: Konteks Internal Konteks Eksternal Konteks Manajemen Resiko Kriteria Resiko .

PENILAIAN RESIKO ◦ Terdiri dari: Identifikas i Resiko Analisis Resiko Evaluasi Resiko .

PENANGANAN RESIKO ◦ Terdiri dari: Menghindari Resiko Mitigasi Resiko Transfer Resiko pada Pihak Ketiga Menerima Resiko .

.

KOMUNIKASI DAN KONSULTASI ◦ Adanya komunikasi dan konsultasi diharapkan dapat menciptakan dukungan yang memadai pada kegiatan manajemen risiko dan membuat kegiatan manajemen risiko menjadi tepat sasaran. .

Hasil monitoring dan review juga dapat digunakan sebagai bahan pertimbangan untuk melakukan perbaikan terhadap proses manajemen risiko.MONITORING DAN REVIEW ◦ Hal ini diperlukan untuk memastikan bahwa implementasi manajemen risiko telah berjalan sesuai dengan perencanaan yang dilakukan. .

.

STRATEGI PENANGANAN RESIKO (Fauzi Syaiful Adam) .

STRATEGI PENANGANAN RESIKO Diterima (Risk Retaining) Diabaika n (Risk Ignoring) Dihindar i (Risk Avoidance) Dipindahka n (Risk Transfer) Dibagi (Risk Sharing) Kombina si Dikurang i (Risk Reducing) .

THANK YOU! .