You are on page 1of 5

Embriologi Ginjal, Urinary Bladder, dan Urethra

Urogenital system
Perkembangan Urogenital  Berkembang dari intermediate mesoderm pada bagian
posterior
abdominal wall pada minggu ke 4
Akan membentuk Urogenital Ridge
Nephrogenic Cord

1. Perkembangan Ginjal
 Perkembangan memanjang dari Cranial sampai ke Caudal
 Pronephros :
 Berkembang pada minggu ke 4
 Bersifat Rudimentary dan tidak berfungsi
 Beberapa kelompok sel dengan struktur tubular pada bagian leher
 Mesonephros :
 Berawal pada akhir minggu ke 4
 Berfungsi pada waktu yang pendek yaitu selama trimester awal
 Memenjang dari thoracic sampai dengan lumbar
 Memanjang dengan cepat, membentuk S-Shape Loop, dan terdapat
Glomerulus pada ujung medial, juga terdapat Collecting Duct pada sisi lateral
yang disebut dengan Mesonephric atau Wolffian Duct.
 Glomerulus akan dikelilingi oleh Bowman Capsule dan memebentuk Renal
Corpuscle
 Metanephros :

    Berkembang pada minggu ke 5 Merupakan sistem ginjal yang permanen Yang berasal dari uteric bud dan metanephrogenic blastemal Yang akan membentuk collecting dan excretoty system .

Collecting Mesonephric duct Membuat saluran ke arah Mesonephrogenic Blastema Membentuk Primitive Renal Pelvis Bercabang kearah Cranial dan Caudal Membentuk Major Calyces Bercabang menjadi Minor Calyces Membentuk Collecting Tubulus Excretory .

Perkembangan Urinary Bladder Pada minggu ke 5 sampai dengan minggu ke 7 terjadi perkembangan Cloaca yang akan memisahkan pemebentukan Urogenital dan Anal Canal .Pada ujung Collecting Tubulus terdapat Metanephric Tissue Cap Menginisiasi pembentukan Cluster cell Membentuk Renal Vesicle dan pada bagian tengah akan mengalami apoptosis Membentuk S-Shape Tubulus Pada ujung akan terjadi perkembangan pembuluh darah Terbentuk Glomeruli Akan bersatu dengan Bowman Capsule pada bagian Proximal End saluran akan memanjang membentuk Proximal dan Distal Covulated Tubule juga Loop of Henley  Perubahan posisi ginjal  Berawal pada Pelvic Regio dan akan berpindah kearah Cranial yaitu bagian Posterior pada Abdominal Regio dikarenakan hilangnya lengkungan tubuh dan dengan perkembangan pada lumbar dan sacral. 2.

Urorectal Septum akan membentuk Perineal Body Sehingga memisahkan Urogenital dan Anal Canal Akan memebentuk Sinus Vesical : PelvisUrogenital : Phalic : yaitu : Urachus Prostat dan Tumbuh Membrano secara us Part Ventral Diferensiasi Cloaca Perkembangan dari Mesonephric Duct dan Ureter Orginate .