You are on page 1of 12

SUCOFINDO INTERNATIONAL

CERTIFICATION SERVICES
a Strategic Business Unit of PT. SUCOFINDO (PERSERO)

EXECUTIVE SUMMARY
VERIFIKASI LEGALITAS KAYU
CV. WAHYU KARYA

SUCOFINDO INTERNATIONAL
CERTIFICATION SERVICES
a Strategic Business Unit of PT. SUCOFINDO (PERSERO)

Executive Summary ini merupakan informasi publik, sedangkan laporan hasil
verifikasi legalits kayu tetap menjadi Rahasia sesuai ISO/IEC Guide 17065 : 2012

Executive Summary VerifikasiLegalitasKayuCV. AnugrahTimberindo

Hal1

Telp d. Standard : Perdirjen BUK Nomor : P.8/VI-BPPHH/2012 Tanggal 17 Desember 2012. Wahyu Karya di Kab. Direktur: Ir. IDENTITAS LV-LK a. Wahyu Karya Hal 2 . Raya Pasar Minggu Kav. Bali Dusun Juntal. Kec. Kec. 106/Menhut-II/2010 tentang Pemberian Izin Perluasan Izin Usaha Industri Primer Hasil Hutan Kayu kepada CV. I Wayan Suyadnya Executive Summary Verifikasi Legalitas Kayu CV. Nyoman Canang Suardana Pesero komanditer: Ir. Bali. Alamat Kantor : : Alamat Pabrik c. Tim Pengambil Keputusan : Irfa Setiawan (Technical Review) 2. SUCOFINDO . Buleleng. 34 Jakarta Selatan c. SUCOFINDO (PERSERO) EXECUTIVE SUMMARY VERIFIKASI LEGALITAS KAYU (VLK) CV. Faks e. WAHYU KARYA Dusun Juntal. Tinga-Tinga. Buleleng. g. Fax : 021-7987015 e. Telepon : 021-7983666 d. Ds. Tinga-Tinga. Tim Audit : Nina Nirmala (Lead Auditor) Cyntia Yuni A (Auditor) Subaktyanu D (Auditor Magang) h. Prov. Gerokgak. Bali 0362-93232 SK. Izin Usaha Industri (IUI) : : : f. WAHYU KARYA 1.SUCOFINDO INTERNATIONAL CERTIFICATION SERVICES a Strategic Business Unit of PT. IDENTITAS AUDITEE a. Ds. Kab. NamaLembaga : PT. Alamat : Graha Sucofindo Lantai B-1 Jl. Kab. Plt Direktur Utama : Sufrin Hannan f. 676/Menhut-II/2010 tanggal 8 Desember 2010 tentang Perubahan Keputusan Menteri Kehutanan nomor SK. Buleleng.SBU SICS b. Gerokgak. Nama Perusahaan b. Pengurus : CV.

tahapan audit. RINGKASAN TAHAPAN Tahapan Waktu Keterangan Konsultasi Publik - Tidak dilakukan konsultasi publik Pertemuan Pembukaan 14 Juli 2014 Disampaikan susunan Tim Audit. metodologi dan prosedur yangserta rencana kerja verifikasi Verifikasi Dokumen dan Penilaian Lapangan 14–16 Juli 2014 Dilakukan pengecekan dokumen bahanbaku. RESUME HASIL PENILAIAN Executive Summary Verifikasi Legalitas Kayu CV. serta observasi lapangan (ujipetik pengukuran kesesuaian bahan baku) Pertemuan Penutup 16 Juli 2014 Disampaikan mengenai hasil sementara penilaian lapangan Pengambilan Keputusan 23 Juli 2014 Direkomendasikan Legalitas Kayu untuk diterbitkan Sertifikat 4.SUCOFINDO INTERNATIONAL CERTIFICATION SERVICES a Strategic Business Unit of PT. SUCOFINDO (PERSERO) 3. ruang lingkup verifikasi. tujuan kegiatan verifikasi. Wahyu Karya Hal 3 . produksi danekspor. kewenangan audit.

Wahyu Karya yang masih berlaku dan sesuai dengan kegiatan usahanya M M e. Wahyu Karya yang telah disahkan oleh pejabat yang berwenang dan sesuai dengan ruang lingkup usahanya  Tersedia Laporan semester II tahun 2013 dan Semester I tahun 2014 pengelolaan dan pemantauan lingkungan sesuai/merujuk pada rekomendasi perubahan RKL terakhir M Tersedia dokumen IUIPHHK CV. Executive Summary Verifikasi Legalitas Kayu CV. Tanda Daftar Perusahaan (TDP) Nilai 3 M Tersedia Akta pendirian CV. Izin Usaha Industri (IUI) atau Izin Usaha Tetap (IUT) atau Tanda Daftar Industri (TDI) h. Tersedia NPWP dan SPPKP CV.1. Surat Izin Usaha Perdagangan (SIUP) atau Izin Perdagangan yang tercantum dalam IUI atau Izin Usaha Tetap (IUT) atau Tanda Daftar Industri (TDI) c. Wahyu Karya dan telah disampaikan ke Dinas Kehutanan secara online (tersedia tanda terima penyampaian RPBBI) Hal4 .SUCOFINDO INTERNATIONAL CERTIFICATION SERVICES a Strategic Business Unit of PT. Wahyu Karya yang masih berlaku dan sesuai dengan kegiatan usaha yang dilakukan Tersedia TDP atas nama CV. SUCOFINDO (PERSERO) Indikator 1 1. Wahyu Karya yang diterbitkan oleh instansi terkait dan sesuai jenis usaha yang dilakukan M Tersedia RPBBI tahun 2013 dan 2014 atas nama CV. Rencana Pemenuhan Bahan Baku Industri (RPBBI) untuk Industri Primer Hasil Hutan (IPHH). Izin HO (izin gangguan lingkungan sekitar industri) d. Wahyu Karya HasilVerifikasi Justifikasi 4 Tersedia Izin HO atas nama CV. Wahyu Karya yang telah telah didaftarkan dalam buku register di kepantireraan Pengadilan Tinggi Negeri Singaraja M Tersedia Surat Izin Usaha Perdagangan atas nama CV. Wahyu Karya yang sesuai dengan dokumen legalitas lainnya (9 digit awal)  Tersedia UKL-UPL atas nama CV. Wahyu Karya masih berlaku dan sesuai dengan kegiatan usaha yang dilakukan. Akte pendirian perusahaan dan perubahan terakhir b.1 Unit usaha pengolahan adalah produsen yang memiliki izin yang sah Standar Verifikasi Verifier 2 a. AMDAL/Upaya Pengelolaan Lingkungan (UKL) – Upaya Pemantauan Lingkungan (UPL)/ Surat Pernyataan Pengelolaan Lingkungan (SPPL)/Dokumen Pengelolaan Lingkungan Hidup (DPLH)/Surat Izin Lingkungan (SIL)/Dokumen Evaluasi Lingkungan Hidup (DELH) M g. NPWP Nomor Pokok Wajib Pajak (NPWP) M f.

Wahyu Karya tidak melakukan pembelian bahan baku kayu impor. perusahaan Perseroan Terbatas kelompok. Wahyu Karya bukan berbentuk merupakan perusahaan tunggal berbentuk CV. Wahyu Karya yang dikeluarkan oleh Koordinator dan Pelaksana Unit Pelayanan Perdagangan a. Dokumen jual beli dan atau kontrak suplai bahan baku dan atau bukti pembelian dan dilengkapi dengan dokumen legalitas hasil hutan/surat keterangan sahnya hasil hutan Berita acara serah terima kayu dan /atau bukti serah terima dan atau berita acara pemeriksaan dan dilengkapi dengan surat keterangan sahnya hasil hutan Kayu impor dilengkapi dokumen Pemberitahuan Impor Barang (PIB) dengan keterangan asal usul kayu. Wahyu Karya bukan sebagai pedagang ekspor. berupa eksportir produsen. Bahan baku impor dilengkapi dengan dokumen asal negara pemanenan kayu yang dibuat oleh eksportir asal bahan baku Dokumen angkutan hasil hutan yang sah Executive Summary Verifikasi Legalitas Kayu CV.1. c.1 Unit usaha mampu membuktikan bahwa bahan baku yang diterima berasal dari sumber yang sah. M Tersedia ETPIK atas nama CV. Wahyu Karya bukan sebagai pedagang ekspor. Wahyu Karya N/A N/A M M N/A M CV. Wahyu Karya bukan berbentuk merupakan perusahaan tunggal berbentuk kelompok. Perusahaan merupakan pemegang ETPIK dengan peruntukan kayu olahan dan mebel dari kayu Dokumen akte pembentukan kelompok NPWP Nomor Pokok Wajib Pajak (NPWP) a. Seluruh penerimaan bahan baku kayu dilengkapi dengan Berita Acara Pemeriksaan Kayu Bulat  Pada periode audit CV. perusahaan Perseroan Terbatas Pada Periode Audit penerimaan bahan baku kayu dilengkapi dengan dokumen kontrak suplai bahan baku dan dilengkapi juga dengan dokumen angkutan hasil hutan yang sah. b. Hal 5 . d. Seluruh penerimaan bahan baku kayu dokumen angkutan hasil hutan yang sah.2 Eksportir produk kayu olahan adalah eksportir yang memiliki izin sah. Perusahaan merupakan pemegang ETPIK dengan peruntukan kayu olahan dan mebel dari kayu Memiliki perjanjian atau kontrak kerjasama dengan IUI atau TDI atau industri rumah tangga/pengrajin yang telah memiliki S-LK N/A CV. Berstatus Eksportir Terdaftar Produk Industri Kehutanan (ETPIK). 2.1.SUCOFINDO INTERNATIONAL CERTIFICATION SERVICES a Strategic Business Unit of PT.n Menteri Perdagangan yang sesuai dengan dokumen pendukungnya dan sesuai dengan poduk yang diekspor 1.1.3 Pedagang Ekspor atau eksportir non produsen yang beranggotakan TDI /Industri Rumah/Pengrajin tangga atau bekerjasama dengan IUI 1. Bahan baku yang digunakan adalah Kayu bulat dari kelompok Meranti. 1. N/A CV. KRC dan sengon   dilengkapi dengan Pada Periode Audit penerimaan bahan baku kayu didukung dengan dokumen angkutan hasil hutan yang sah. SUCOFINDO (PERSERO) Standar Verifikasi Verifier 2 Indikator 1 HasilVerifikasi Justifikasi 4 Nilai 3 1.2. 2.1 Akte pembentukan kelompok (koperasi/ CV/ kelompok usaha lainnya) Berstatus Eskportir Terdaftar Produk Industri Kehutanan (ETPIK) Non-produsen.

2 Unitusahamenerap kansistempenelusu rankayu g. 2. kayu hanyut atau hasil memungut dari sungai dan/atau pantai dilengkapi Nota dan Dokumen Keterangan (Berita Acara dari petugas kehutanan kabupaten) yang dapat menjelaskan asal usul kayu dimaksud N/A Dokumen angkutan berupa Nota untuk kayu limbah industri N/A    2. Wahyu Karya tidak melakukan kontrak . KRC dan sengon Pada periode audit CV. e. Terdapat hubungan yang logis antara input-output dan rendemen Pada Periode Audit Realisasi produksi CV. Wahyu Karya melebihi kapasitas produksi yang diizinkan. M iii. f. kayu hanyut atau hasil memungut dari sungai dan/atau pantai.3 Proses pengolahan produk melalui M a. Wahyu Karya tidak melakukan pembelian bahan baku Kayu bekas/hasilbongkaran. Produksi industri tidak melebihi kapasitas produksi yang diizinkan. Dokumen kontrak kerjasama atau kontrak jasa pengolahan produk dengan pihak lain Executive Summary Verifikasi Legalitas Kayu CV. KRC dan sengon    Kayu bekas/hasil bongkaran. Wahyu Karya tidak melakukan pembelian bahan baku kayu limbah industri Bahan baku yang digunakan adalah Kayu bulat dari kelompok Meranti. Bahan baku yang digunakan adalah Kayu bulat dari kelompok Meranti. Dokumen LMKB/LMKBK/LMHHOK h. Bahan baku yang digunakan adalah Kayu bulat dari kelompok Meranti. Dokumen pendukung RPBBI (SK RKT) M i. Tally Sheet penggunaan bahan baku di awal proses produksi dapat memberikan informasi ketelusuran bahan baku 1. Wahyu Karya M N/A Pada Periode Audit Laporan Mutasi Kayu CV. Wahyu Karya sesuai dengan dokumen pendukungnya yaitu rekapitulasi penerimaan bahan baku .1. Laporan hasil produksi Laporan Mutasi Kayu Pada Periode Audit sesuai dengan 2. Laporan produksi dan Rekapitulasi pemasaran Tersedia SK RKT yang lengkap dan sesuai untuk sumber bahan baku berasal dari IUPHHK Hutan Alam/Hutan Tanaman Tersedia tally sheet penggunaan bahan baku dan hasil produksi di perusahaan. Wahyu Karya tidak melakukan pembelian bahan baku Kayu bekas/hasil bongkaran. Tallysheet penggunaan vahan baku dan hasil produksi. SUCOFINDO (PERSERO) Standar Verifikasi Verifier 2 Indikator 1 HasilVerifikasi Justifikasi 4 Nilai 3  e. Kelebihan kapasitas produksi tidak lebih dari 30% Pada Hal 6 Periode Audit CV. Laporan produksi hasil olahan. KRC dan sengon Pada periode audit CV.1. M ii.SUCOFINDO INTERNATIONAL CERTIFICATION SERVICES a Strategic Business Unit of PT. Kayu bekas/hasilbongkaran dilengkapi Nota dan Dokumen Keterangan yang dapat menjelaskan asalusul kayu dimaksud N/A Hasil uji petik stock bahan baku di lapangan sesuai antara fisik kayu (jenis dan ukuran) dengan dokumen Pada periode audit CV.

Wahyu Karya melakukan Pemasaran kayu kayu gergajian dan plywood ke bertujuan ke wilayah Jawa.dan berdasarkan verifikasi dokumen FAKO untuk pengiriman kayu gergajian dan plywood ke luar pulau Bali menggunakan Truk/Fuso tidak menggunakan kapal.dan berdasarkan verifikasi dokumen FAKO untuk pengiriman kayu gergajian dan plywood ke luar pulau Bali menggunakan Truk/Fuso tidak menggunakan kapal. Wahyu Karya melakukan Pemasaran kayu kayu gergajian dan plywood ke bertujuan ke wilayah Jawa. Dokumenperizinan/legalitas perusahaan jasa/kerjasama pengolahan dalam hal kerjasama dilakukan dengan industri lain c. CV. Adanya pendokumentasian bahan baku. Ada segregasi/separasi produk yang dikerja samakan/ dijasakan d. SUCOFINDO (PERSERO) Standar Verifikasi Verifier 2 Indikator 1 jasa atau kerjasama denganpihak lain (industri lain ataupengrajin/indu strirumahtangga) 3. seluruh proses pengolahan dilakukan oleh perusahana sendiri N/A Pada Periode Audit CV. Wahyu Karya N/A Pada Periode Audit CV. Wahyu Karya melakukan Pemasaran kayu kayu gergajian dan plywood ke bertujuan ke wilayah Jawa.1 Pelaku usaha yang mengirim kayu olahan antar pulau memiliki pengakuan sebagai Pedagang Kayu Antar Pulau Terdaftar (PKAPT). Wahyu Karya tidak tercatat sebagai pemegang pedagang kayu antar pulau N/A Pada periode Audit CV. Wahyu Karya tidak tercatat sebagai pemegang pedagang kayu antar pulau N/A Pada periode Audit CV. Wahyu Karya melakukan Pemasaran kayu kayu gergajian dan plywood ke bertujuan ke wilayah Jawa. seluruh proses pengolahan dilakukan oleh perusahana sendiri b. Wahyu Karya tidak melakukan kontrak kerjasama atau kontrak jasa pengolahan produk dengan pihak lain.2 Pengangkutan kayu olahan yang menggunakan kapal harus kapal yang berbendera Indonesia dan memiliki izin yang sah. Dokumen Laporan PKAPT a. b.SUCOFINDO INTERNATIONAL CERTIFICATION SERVICES a Strategic Business Unit of PT. Wahyu Karya tidak melakukan kontrak kerjasama atau kontrak jasa pengolahan produk dengan pihak lain. Wahyu Karya tidak melakukan kontrak kerjasama atau kontrak jasa pengolahan produk dengan pihak lain. 3.1.1. CV.dan Hal 7 . a.dan berdasarkan verifikasi dokumen FAKO untuk pengiriman kayu gergajian dan plywood ke luar pulau Bali menggunakan Truk/Fuso tidak menggunakan kapal. Wahyu Karya tidak tercatat sebagai pemegang pedagang kayu antar pulau N/A Pada periode Audit CV. proses dan produksi dan ekspor apabila ekspor dilakukan melalui industri jasa/kerjasama. Identitas kapal sesuai dengan yang tercantum dalam SKSKB dan/atau FAKB dan/atau SKAU dan/atau SKSKB cap KR dan/ Executive Summary Verifikasi Legalitas Kayu CV. HasilVerifikasi Justifikasi 4 Nilai 3 kerjasama atau kontrak jasa pengolahan produk dengan pihak lain. seluruh proses pengolahan dilakukan oleh perusahana sendiri N/A Pada periode Audit CV. Dokumen PKAPT b. CV. seluruh proses pengolahan dilakukan oleh perusahana sendiri N/A Pada Periode Audit CV. Dokumen yang menunjukan identitas kapal.

Identitas permanen batang (apabila dalam bentuk kayu bulat) a. Hasil verifikasi teknis (Laporan Surveyor) untuk produk yang wajib verifikasi teknis N/A Pada Periode Audit belum terdapat realisasi ekspor. Wahyu Karya melakukan Pemasaran kayu kayu gergajian dan plywood ke bertujuan ke wilayah Jawa. N/A Pada Periode Audit belum terdapat realisasi ekspor. PEB N/A Pada Periode Audit belum terdapat realisasi ekspor. B/L N/A Pada Periode Audit belum terdapat realisasi ekspor.1. Dokumen lisensi ekspor (V-Legal) N/A Pada Periode Audit belum terdapat realisasi ekspor. Produk yang Executive Summary Verifikasi Legalitas Kayu CV.3 PKAPT mampu membuktikan bahwa kayu yang dipindahtangankan berasal dari sumber yang sah 3.1 Pengapalan kayu olahan untuk ekspor harus memenuhi kesesuaian dokumen Pemberitahuan Ekspor Barang (PEB) a. HasilVerifikasi Justifikasi 4 berdasarkan verifikasi dokumen FAKO untuk pengiriman kayu gergajian dan plywood ke luar pulau Bali menggunakan Truk/Fuso tidak menggunakan kapal. Wahyu Karya tidak tercatat sebagai pemegang pedagang kayu antar pulau SKSKB dan/atau FAKB dan/atau FAKO dan/atau SKAU dan/atau SKSKB cap KR atau Nota b. CV. Produk yang dihasilkan oleh perusahaan seluruhnya dipasarkan lokal f.dan berdasarkan verifikasi dokumen FAKO untuk pengiriman kayu gergajian dan plywood ke luar pulau Bali menggunakan Truk/Fuso tidak menggunakan kapal. Produk yang dihasilkan oleh perusahaan seluruhnya dipasarkan lokal g. Invoice N/A Pada Periode Audit belum terdapat realisasi ekspor.SUCOFINDO INTERNATIONAL CERTIFICATION SERVICES a Strategic Business Unit of PT. Packing list N/A Pada Periode Audit belum terdapat realisasi ekspor. CV. CV. Produk yang dihasilkan oleh perusahaan seluruhnya dipasarkan lokal b. SUCOFINDO (PERSERO) Standar Verifikasi Verifier 2 Indikator 1 Nilai 3 atau FAKO/Nota 3. Produk yang dihasilkan oleh perusahaan seluruhnya dipasarkan lokal c. Wahyu Karya Hal 8 .2. Bukti pembayaran bea keluar bila terkena bea keluar. Produk yang dihasilkan oleh perusahaan seluruhnya dipasarkan lokal e. Produk yang dihasilkan oleh perusahaan seluruhnya dipasarkan lokal d. Wahyu Karya melakukan Pemasaran kayu kayu gergajian dan plywood ke bertujuan ke wilayah Jawa. Wahyu Karya tidak tercatat sebagai pemegang pedagang kayu antar pulau N/A Pada periode Audit CV.dan berdasarkan verifikasi dokumen FAKO untuk pengiriman kayu gergajian dan plywood ke luar pulau Bali menggunakan Truk/Fuso tidak menggunakan kapal. Wahyu Karya tidak tercatat sebagai pemegang pedagang kayu antar pulau N/A Pada periode Audit CV.

Dokumen lain yang relevan (diantaranya: CITES) untuk jenis kayu dibatasi perdagangannya N/A Pada Periode Audit belum terdapat realisasi ekspor.2. Catatan kecelakaan kerja M Tersedia Catatan kecelakaan kerja di CV.2. ii. Kebebasan berserikat bagi pekerja Ada serikat pekerja atau kebijakan perusahaan yang membolehkan untuk membentuk atau terlibat dalam kegiatan serikat pekerja M 4. Wahyu Karya Tersedia Peraturan perusahaan CV.SUCOFINDO INTERNATIONAL CERTIFICATION SERVICES a Strategic Business Unit of PT. Ketersediaan peralatan K3 seperti Alat Pemadam Api Ringan (APAR). Tidak mempekerja-kan anak di bawah umur Ketersediaan Dokumen KKB atau PP M Tersedia Kebijakan perusahaan yang membolehkan untuk ikut atau terlibat dalam serikat pekerja yang tercantum dalam peraturan perusahaan CV.1.1. Wahyu Karya 4. SUCOFINDO (PERSERO) Standar Verifikasi Verifier 2 Indikator 1 HasilVerifikasi Justifikasi 4 Nilai 3 dihasilkan oleh perusahaan seluruhnya dipasarkan lokal h. Prosedur dan implementasi K3 Tidak terdapat pekerja yang masih di bawah umur yang bekerja di CV.2.1.3. Wahyu Karya Hal 9 .2. Implementasi prosedur K3. Wahyu Karya Keterangan : M : Memenuhi TM : TidakMemenuhi N/A : Not Applicable Executive Summary Verifikasi Legalitas Kayu CV. Produk yang dihasilkan oleh perusahaan seluruhnya dipasarkan lokal i. M Tersedia prosedur K3 dan Petugas Penanggung jawab K3 dalam kegiatan operasional lapangan. Alat Pelindung Diri (APD) dan jalur evakuasi M Tersedia peralatan K3 sesuai ketentuan dan kebutuhan serta berfungsi baik dan jalur evakuasi iii. Adanya Kesepakatan Kerja Bersama (KKB) atau Peraturan Perusahaan (PP) 4. Wahyu Karya yang telah mendapatkan pengesahan dari Kepala Dinas Sosial Tenaga Kerja dan Transmigrasi Kabupaten Buleleng Tidak ada pekerja yang masih di bawah umur M 4.

SUCOFINDO (PERSERO) 1. PT SUCOFINDO (Persero) Yerry Taizar Kepala SBU SERCO Executive Summary Verifikasi Legalitas Kayu CV. 26 verifier yang tidak diverifikasi (not applicable). Wahyu Karya Hal10 . Mengetahui. Wahyu Karya. secara keseluruhan dari 49 verifier terdapat 23 verifier sesuai dengan norma penilaian. KESIMPULAN Berdasarkan hasil penilaian di CV.SUCOFINDO INTERNATIONAL CERTIFICATION SERVICES a Strategic Business Unit of PT. Dengan demikian dapat direkomendasikan untuk penerbitan Sertifikat Legalitas Kayu.