You are on page 1of 2

DRAMA KOMUNIKASI TERAPEUTIK

Suatu hari di Jln. Baypass terjadi kecelakaan, seorang gadis yang mengendarai sepeda motor menabrak
tiang pembatas jalan. Gadis itu mengalami luka pada daerah tangan dan kakinya dan ia langsung dilarikan
ke Rumah Sakit sambil meraung-raung kesakitan.
Pasien

: aduh....aduh sakit sekali.

Perawat

: sabar... ya mbak. Sakitnya hanya sebentar nanti setelah diobat

pasti sakitnya hilang.
Selang beberapa menit kemudian, keluarga gadis itu datang dengan wajah yang cemas dan tegang.
Eka

: dedi dimana Arin...?

Dedi

: m.... nggak tahu aku juga. Coba kita cari di ruang UGD mungkin
dia disana.

Sesampainya di ruang UGD, Eka dan Dedi melihat Arin yang masih meraung-raung kesakitan, lalu
mereka menghampiri Arin.
Eka

: Arin....gimana keadaanmu? Apanya yang sakit dan luka?

Arin

: Aduh...semua badanku terasa sakit dari tangan, siku, lutut, kaki...
aduh sakit sekali.

Perawat

: tolong ya mas-mas ini tunggu diluar biar kami bisa mengobati
pasien dengan cepat.

Eka & Dedi

: Baiklah sus.....

Setelah Arin, selesai diobati ia dipindahkan ke ruangan perawatan. Setelah tiga hari kemudian perawat
datang ke ruangan Arin dirawat untuk mengganti balutan lukanya.
Perawat

: Selamat siang mbak, saya perawat Ayu akan mengganti balutan
lukanya mbak. Oh ya mbak gimana rasanya setelah beberapa hari

dirawat disini?
Arin

: Rasanya nyaman kok... udah agak mendingan rasa sakitnya, tapi

saya pingin cepet pulang soalnya udah kangen sama papa &
mama.
Eka

: Iya nih sus... kapan adik saya bisa pulang? Soalnya biayanya
tidak mendukung nih.... udah kere gitu deh...

perawat

: Kalau soal itu tergantung dari kesembuhan adiknya mas......

baiklah mbak saya akan mulai mengganti balutan lukanya mbak.
Arin

: Nggak sakit kan sus... ih aku takut....

Dedi

: Udah...udah nggak apa-apa kok.

Eka : kok pakai diganti segala balutannya? Biarin aja je sus kan nggak usah repot-repot jadinya.udah selesai kok mbak perawatannya.... Perawat : Baiklah mas dan mbak perawatan lukanya telah selesai. Perawat : Mbak balutan luka mbak akan dibuka terus dibersihkan setelah itu Diberi betadine dan ditutup kembali dengan has kemudian diplester... Perawat : Udah. perawat meninggalkan ruangan itu dan drama kami pun berakhir. . Perawat : Tujuan dari penggantian balutan luka untuk mencegah terjadinya Infeksi serta memberikan rasa nyaman pada adik mas.hahaha aku baru tahu nih Perawat kemudian melakukan prosedur pelaksanaan penggantian balutan luka sambil menjelaskan langkah demi langkah kepada pasien... Setelah perawatan selesai. Arin : Udah selesai ya sus... Terima kasih atas perhatiannya... cepet banget........ aduh udah bosen nih. Jadi mbak bias istirahat.. Jadi mbak bisa istirahat agar lekas sembuh. Dedi : oh. Eka : Kok cepet banget sih...begitu toh. kayak kilat Dedi : Iya nih kayak kilat.