You are on page 1of 5

Pembedahan merupakan tindakan pengobatan yang menggunakan

teknik invasive dengan
membuka atau menampilkan bagian tubuh yang akan ditangani melalui
sayatan yang diakhiri
dengan penutupan dan penjahitan luka. Pembedahan dilakukan karena
beberapa alasan seperti
diagnostic ( biopsy, laparotomy eksplorasi), kuratif (eksisi massa tumor,
pengangkatan apendiks
yang

mengalami

inflamasi),

relative

(memperbaiki

luka

multiplek),

rekonstruksi dan paliatif .
Pembedahan menurut jenisnya dibedakan menjadi dua jenis yaitu bedah
mayor dan bedah minor.

Pembedahan hewan coba

merupakan suatu perlakuan dimana praktikan

dapatmengamati bagian internal dari suatu hewan coba. . Melalui perlakuan ini, maka
akan diketahui anatomi internal dari hewan coba tersebut . hewan coba yang
digunakan dalam praktikum ini adalah tikus. Tikus dipilih karena struktur anatomi
tikus hampir sama dengan struktur anatomi manusia selain itu juga
perkembang biakan tikus juga yang sangat cepat Dalam praktikum kali ini
tikus

dibedah

dengan

menggunakan

alat

bedah

seperti

gunting bedah, pinset, pisau dan yang lainnya, kemudian amati organorgandalamnya dan ambil tiap bagiannya.
Metode pada praktikum ini dilakukan dengan cara tikus dibagi menjadi 2
kelompok masing masing kelompok 2 ekor . sebelum dilakukan pembedahan , terlebih
dahulu tikus dianastesi menggunakan eter sampai tikus dalam kondisi yang tidak sadar.
.Anastesi dilakukan untuk membantu dalam proses pembedahandimana
anastesi akan mampu menghilangkan rasa nyeri akibat pembedahan.
Setelah

anastesi

selesai

tempatkan

tikus

pada

papan

bedah

lalu

fungs utama jantung adalah memompa darah keseluruh tubuh sambilmembawa oksigen dan zat gizi.Bilik memberi tenaga yang mendorong darah ke paru-paru dan sistem sirkulasitubuh. Setelah hati terambil akan terlihat pancreas dan ginjal ambil keduanya. pada jantung yakni dua serambi (atrium) dan duabilik (ventrikel).terlentangkan tikus rentangkan keempat kakinya dan tancap dengan jarum. empat ruang. serong ke atas menuju pangkal kaki depan daan serong kebawah menuju pangkal kaki belakang. Kemudian basahi bagian sekitar perut tikus menggunakan air . Pada dasarnya. Selanjutnya buka rongga dada. Setelah organ bagian atas terambil lanjutkan ke isi perut angakt seluruh bagian usus lalu potong lambung duodenum jejunum dsn ileum. fungsi serambi adalah sebagai tempat lewatnyadarah dari luar jantung ke bilik. diatas diafragma. Jadi. Di dalam rongga dada juga terdapat paru paru paru dibawah tulang rusuk . membawa serta memurnikan darah yangmengandung hasil metabolisme . Setelah semua organ dapat diambil dan diamati didapatkan organ berupa : 1. Akan tetapi. serambi juga dapat berfungsi sebagaipemompa yang lemah sehingga membantu aliran darah dari serambi ke bilik. ambil jantung tikus terlebih dahulu agar tikus tidak merasakan kesakitan ketika diambil bagin organ yang lain . jantung Jantung terletak diatas rongga dada sebelah kiri. Pemotongan ke berbagai arah ini ditujukan agar memudahkan dalam pengambilan organ pada tubuh tikus. pisahkan hati yang melekat pada rongga dada balikkan hati dan potomg pada jaringan ikatnya. potong tulang rusuk ambil parunya. Lanjutkan pemotongan kearah kaki kiri dan kanan. setelah jantung terambil. angkat kulit perut dengan pinset kemudian potong dengan gunting tepat dibawah pinset. Jantungmempunyai empat ruang yang terbagai sempurna dan terletak di dalam ronggadada serta terbungkus oleh pericardia.

mengubah zat buangan dan bahan racununtuk di ekskresi dalam empedu dan urin. Ginjal Ginjal terletak pada dinding posterior abdomen di belakang peritoneum padakedua sisi vertebra thorakalis. mempertahankan keseimbangan garam-garam dan zat-zat lain dalamtubuh 4.hal ini karena adanya lobus hepatis dexter yang besar. cabat itu disebut bronkiolus.. Paruparusebelah kanan terdiri atas tiga kelompok alveolus dan merupakan dua belahanparu. Didalam paru-paru.sedangkan bronkus sebelahkiri bercabang dua. Paru paru paru-paru terletak di dalam rongga di kanan dan kiri jantung.2.paru (dua lobus). mempertahankan suasanakeseimbangan cairan. mempertahankan keseimbangan kadar asam dan basa daricairan tubuh. bronkus sebelah kanan bercabang tiga.Fungsi utama dari paruparu adalah dengankarbondioksidadaridarah 5. Ginjal memegang perananpenting dalam pengeluaran zat-zat toksis atau racun. menghasilkan enzim glikogenik glukosa menjadi glikogen 3. memproduksi garam empedu untuk pencernaan lemak. hati Hati merupakan organ homeostasis yang memainkan peranan penting dalamproses metabolisme dalam manusia dan hewan. Lambung menukaroksigendari udara . Hati berwarna coklat kemerahandan terletak di bawah diafragma yaitu di dalam rongga abdomen.Fungsi hati antara lain mengubah zat makanan yang diabsorpsi dari usus dan yangdisimpan di suatu tempat dalam tubuh. Setiap ginjal terbungkusoleh selaput tipis yang disebut kapsula fibrosa terdapat cortex renalis di bagianluar yang berwarna cokelat gelap dan medulla renalis di bagian dalam yangberwarna cokelat lebih terang dibandingkan korteks. Ginjal kanan sedikit lebih rendah dari ginjal kiri.

yang terletak di kolon asendens. kolon sigmoid (berhubungan dengan rektum). Terdiri dari 3 bagian yaitu kardia. fundus.sebagai organ imunoligik dan secsra aktif berperan dalam sekresi immunoglobulin(suatu kekebalan tubuh) yang memiliki/ berisi kelenjar limfoid Penutup . Apendiks (usus buntu) merupakan suatu tonjolan kecil berbentuk sepertitabung. Usus besarmenghasilkan lendir dan berfungsi menyerap air dan elektrolit dari tinja. Lambungberfungsi menampung makanan. menghancurkan dan menghaluskan makananoleh peristaltic lambung dan getah lambung 6. 8.Sekum ini berfungsi menampung makanan yang sifatnya lebih cair. menyerap karbohidrat dalam bentuk monosakarida. kolon transversum. pada perbatasan kolon asendens denganusushalus. kolondesendens (kiri). Banyaknya bakteri yang terdapat di dalam usus besarberfungsi mencerna beberapa bahan dan membantu penyerapan zat-zat gizi. Makananmasuk ke dalam lambung dari kerongkongan melalui otot berbentuk cincin(sfinter) yang bisa membuka dan menutup. Sekum Sekum merupakan kantung besar dan buntu atau sering disebut apendiks padamausia. dalam keadaan normal sfintermenghalangi masuknya kembali isi lambung ke dalam kerongkongan. Usus besar Usus besar terdiri dari kolon asendens (kanan). berfungsimenyerap protein dalam bentuk asam amino. Usus halus Usus halus berfungsi untuk menerima zat-zat makanan yang sudah dicernauntuk diserap melalui kapiler-kapiler darah dan saluransaluran limfa. antrum. Di dalam usus halus terdapat kelenjar yang menghasilkan getahusus yang menyempurnakan makanan 7.Lambung merupakan organ otot berongga yang besar dan berbentuk sepertikacang keledai.

untuk kedokteran dan uji coba 3.com/29-fungsi-organ-internaltubuh-manusia. 4. 2016.ugm.html. 29 Fungsi Organ Tubuh Manusia bagian dalam. PEMILIHAN METODE (Analisis Obat Dalam Berbagal Sampel Biologis) elisa.A.mengetahui organ-organ mereka -untuk penelitian . 7 maret 2016-03-22 Anonym 2013.sridianti. paru paru hati ginjal lambung dan usus. Organ organ yang dapat diambil ketika melakukan pembedahan tikus yaitu jantung. I. Toksikologi Pangan. Dapus Sridianti. Pembedahan hewan coba dilakukan untuk .1. 30 maret Donatus. http://www.mengetahui susunan dari organ dalam hewan (suatu hewan) .ac. Setiap organ organ tersebut memiliki fungsi masing masing.id .untuk sarana medis (seperti operasi pada hewan kecelakaan atau semacamnya) . 2. PAU Pangan dan Gizi Universitas Gadjah Mada : Yogyakarta . 1990. Edisi I. Pembedahan hewan coba merupakan tindakan yang menggunakan teknik invasive dengan membuka atau menampilkan bagian tubuh hewan coba yang akan ditangani melalui sayatan.