Alat Musik Tradisional Riau dan Kepulauan Riau

GPS Wisata Indonesia 16.26

Oleh Tri Agus Yogawasista

Umumnya kita pasti senang mendengar musik. Seperti yang kita rasakan
bahwa dengan mendengarkan musik dapat memberikan efek relaksasi pada
pikiran dan perasaan kita. Musik itu sebenarnya merupakan susunan nada
yang dibunyikan dengan alunan dan irama tertentu yang dipadu begitu
harmonis sehingga menghasilkan bunyi-bunyian yang indah. Sejak zaman
dahulu musik sudah menjadi bagian dari kehidupan manusia, tidak terkecuali
di tanah Melayu Riau. Tanah Melayu adalah salah satu daerah yang memiliki
alat-alat
musik
yang
unik.
Perlu diketahui juga bahwa mendengarkan musik itu tidak hanya dirasakan
oleh orang-orang di zaman sekarang. Bahkan dari zaman dahulu orang juga
sudah mengenal musik. Seperti yang sudah saya tulis sebelumnya ternyata di
setiap daerah atau provinsi di Indonesia terdapat beragam peninggalan

budaya-budaya para pendahulu kita, tidak ketinggalan budaya yang
ditinggalkan
itu
adalah
dalam
bidang
kesenian
dan
musik.
Termasuk juga di Provinsi Riau yang merupakan salah satu provinsi yang ada
di pulau Sumatera yang terkenal dengan kebiasaan hidup suku melayu di
sana. Dalam hal bermain musik, orang melayu terdahulu juga punya beberapa
peninggalan alat-alat musik tradisional. Mari kita ketahui lebih jauh lagi.
1. Rebana

http://alatmusiktradisional.com
Rebana adalah sejenis alat musik pukul yang terbuat dari kulit dan kayu.
Rebana asal Riau ini umumnya berbentuk bulat pipih. Ukuran besar kecilnya
beragam,
ada
yang
kecil,
sedang,
dan
ada
yang
besar.
Rebana biasa digunakan untuk mengiringi penyanyi yang melantunkan lagulagu yang biasanya berimana padang pasir, seperti kasidah, hadroh, dan
gambus. Bahkan sampai saat ini, pemain musik modern pun ada yang masih
mengguna
rebana.
2. Gambus

blogspot. .com) Gambus juga merupakan salah satu alat musik tradisional Riau jenis petik. Bahkan tidak jarang yang menggunakan bahasa Arab ketika bernyayi dengan diiringi alat musik gambus dan gendang.Gambus (http://wirawandwilazuardy. gambus biasanya digunakan untuk mengiringi senandung lagu-lagu berirama timur tengah. Senar pada gambus berjumlah antara 3 sampai 12 senar. Hampir mirip seperti mandolin. Sampai-sampai muncul istilah orkes gambus yang pernah populer di tanah air. Hampir sama dengan rebana.

Kordeon Kordeon (http://wirawandwilazuardy. Kompang .com) Kordeon adalah salah satu alat musik yang biasa dimainkan dengan cara dipompa dan digendong. Namun suara yang dihasilkan begitu merdu. 4.riaudailyphoto. Cukup sulit untuk memainkan jenis alat musik satu ini.Gambus (http://www.blogspot.com) 3.

com) Kompang merupakan alat musik Melayu yang paling populer karena kompang banyak digunakan dalam berbagai acara-acara sosial seperti pawai hari kemerdekaan.com) .blogspot. Selain itu alat musik ini juga digunakan untuk mengiringi lagu gambus. 5.Kompang (http://ikrarittelkom. Marwas Marwas (http://www.riaudailyphoto. Kompang memiliki kemiripan dengan rebana tetapi tanpa cakram logam gemerincing di sekelilingnya.

Bebano Bebano (http://www.Marwas. adalah alat-musik jenis gendang yang sangat berfungsi dan berarti sebagai pengatur tempo atau rentak. 7.com) Bebano adalah musik perkusi yang mengiringi Bukoba (koba) yaitu tradisi lisan yang biasa didendangkan pada saat perhelatan seperti pernikahan. Genggong . merwas.riaudailyphoto. 6. atau disebut juga dengan meruas.

Genggong (http://archive. terbuat dari pelepah pohon enau yang di ambil kulit luarnya yang keras. Gendang Panjang Gendang Panjang (http://wirawandwilazuardy. Gendang .com) Gendang yang dikenal di India dengan nama dhol ini kedua sisinya ditutup oleh kulit binatang dan satu sisinya lebih kecil daripada sisi lainnya.blogspot. Ada juga yang terbuat dari tembaga dan besi.id) Genggong merupakan sebuah alat musik tradisional berbentuk tipis dan kecil.kaskus.co. 8.

panjang selalu dimainkan 2 buah. Merupakan alat musik jenis harpa mulut yang banyak tersebar di Indonesia. Alat musik ini dimainkan sebagai hiburan pada waktu senggang. yaitu induk untuk gendang dengan ukuran besar yang bermembran kulit kerbau dan anak untuk gendang yang berukuran lebih kecil dan bermembran kulit kambing. Gambang Camar (*) . Kedua membran dalam gendang panjang diikat dengan tali dari rotan. Genggong Suku Talang Mamak (*) Alat musik ini terbuat dari kayu. Ukuran gendang panjang ratarata sekitar 21 inci dan terbuat dari kayu marbau yang keras dan tahan lama.

Gambang Camar dimainkan saat peringatan hari besar Islam dan acara hiburan sehari-hari. yang terdiri dari enam bilah kayu hitam yang ditempatkan pada rak bersayap. Gambang Camar termasuk jenis alat musik silofon. Gedombak (*) .Alat musik ini terbuat dari kayu dan logam.

Gedombak sejenis gendang menyerupai piala. kulit binatang dan rotan. gong tetawak. Gendang ini dibunyikan untuk mengiringi teater mak yong yang populer di daerah Riau. Gendang Nobat (*) . breng-breng (gong pipih) dan ceracap (tepuk bambu). Gedombak dimainkan bersama dengan nafiri.Alat musik ini terbuat dari kayu.

Kata nobat berasal dari bahasa Persia yaitu "nau" yang berarti sembilan dah "bat" yang berarti alat musik. kulit binatang dan rotan.Alat musik ini terbuat dari kayu. Alat musik tersebut dianggap sakral dan algu-lagunya tidak boleh dimainkan sembarangan. dua gendang nobat. dan gong maha guru. bahkan alat musik ini tidak . Alat ini terdiri dari gendang negara. Gendang Nobat merupakan salah satu perangkat dari alat musik Melayu. serunai. nafiri. dua kopok-kopok.

Para pemain gendang nobat berasal dari keluarga kerajaan atau keluarga yang telah ditunjuk. rotan dan kulit binatang. Gendang Silat (*) Alat musik ini terbuat dari kayu. . Gendang nobat merupakan reflika dari gendang nobat Kesultanan Indragiri yang aslinya disimpan oleh keluarga Sultan Mahmud ke-25.boleh dilangkahi. Gendang Silat berupa gendang berkepala ganda. Gendang nobat dimainkan pada saat penobatan Sultan Indragiri Narasinga II pada tahun 1473 M dan juga penobatan sultan-sultan selanjutnya. Gendang ini disakralkan dan menjadi regalia Kesultanan Indragiri. sebagai penentu dan pengubah gerak pada tari silat. Alat musik ini digunakan sebagai pengatur irama dalam mengiringi lagu.

Bunyinya terdengar sayup-sayup sampai. perkahwinan Diraja dan upacara . hari keputeraan Sultan. mengiringi istiadat-istiadat istana. istiadat pertabalan. Nafiri dimainkan dalam musik nobat dalam majlis hiburan kaum kerabat diRaja (kerajaan).Nafiri (*) Nafiri ialah sejenis alat tiup horn seperti seruling yang dibuat dari perak dan berukuran panjang 32 inci atau 33 cm.

Rebana (*) Rebana adalah sebuah alat musik pukul yang terbuat dari kayu dengan salah satu sisinya ditutup menggunakan kulit kayu. Rebana biasa digunakan untuk mengiringi nyanyian dan tarian rakyat. Alat musik tradisional asal Riau ini umumnya berbentuk bulat pipih dengan berbagai ukuran dari yang besar sampai kecil. Alat musik rebana ini sangat terkenal sejak zaman kerajaan Melayu Kuno yang sering digunakan saat upacara pernikahan. Gong (*) .sambutan Raja.

Gong ini digunakan untuk alat musik tradisional. Wayang Kulit Melayu dipakai 2 buah gong. Yang induk bernada C dan gong anak bernada G.Gong merupakan sebuah alat musik pukul yang terkenal di Asia Tenggara dan Asia Timur. disamping itu sejenis gong kecil yang lantang suaranya disebut Canang yang . Sejenis Gong yang agak tebal sisinya disebut Tetawak yang biasanya dipakai untuk mengiringi tarian joget. Mendu. Untuk Menora. Juga dipergunakan untuk mengiringi teater tradisional semacam Makyong.

Gong Melayu terbuat dari gangsa dan berbusut. Gong yang tidak berbusut (gong ceper) menunjukkan pengaruh dari Siam atau Cina. Ada juga Gong yang besar yang disebut “Mong” bernada C yang dipakai bersama-sama 2 buah Tetawak dan Mong menyelinginya. Gong dianggap mempunyai tenaga gaib sehingga pantang dilangkahi. Gong yang lebih kecil disebut Telempong atau Kromong berdiameter 6 ½ inci diletakkkan pada sebuah alat dengan mukanya ke atas yang dipukul dengan kayu. Kegunaan telempong ini ialah mengulangi melodi dasar. .dipakai untuk menyampaikan berita.

Nafiri ini adalah jenis alat musik tiup. Kita dapat melihat permainan alat musik ini bersama dengan pertunjukkan makyong yang merupakan sebuah bentuk kesenian tradisional yang saat ini masih dimainkan dan diwariskan di propinsi Riau. nafiri juga digunakan sebagai alat komunikasi masyarakat melayu. Selain sebagai alat musik.jpg Nafiri merupakan alat musik tradisional yang berasal dari propinsi Riau di pulau Sumatera yang bentuknya mirip dengan terompet.bp. Terutama untuk memberitahukan tentang adanya bencana. 2.bp.blogspot.ALAT-ALAT MUSIK TRADISIONAL RIAU 1. Cara memakai alat musik nafiri yaitu dengan ditiup. dan nada yang keluar sesuai dengan tiupan yang kita berikan.jpg . Gambus image: http://1.blogspot. Nafiri image: http://2.com/-iiV3SZPnB0o/Ulj15o56MI/AAAAAAAAATg/5DrTNzkhgvk/s320/gambusmarwas.com/dhlZ2nPm7Kw/Ulj1YzWQK4I/AAAAAAAAATY/VIox8caQh0E/s1600/nafiri. dan berita tentang kematian.

semula berfungsi sebagai sarana hiburan yang lebih religius dimainkan individu dirumah atau hiburan bagi nelayan di atas perahu.blogspot. 3. Cara memakai alat musik gambus yaitu dengan dipetik dan sama cara memakainya dengan alat musik gitar. dan lebih berkembang dari sebelumnya. Rebana image: http://4. Pergeseran nilai spiritual dan kebersamaan dalam masyarakat Melayu di Riau yang terjadi pada waktu ke waktu menyebabkan perubahan pandangan masyarakat terhadap kesenian Gambus dan Zapin. Alat musik ini sangat terkenal sejak zaman kerajaan Melayu Kuno.com/TfmYk8hiWHY/Ulj2bF9DQxI/AAAAAAAAATs/CirsvX2lxYI/s320/rebana-qasidah. Selain itu Rebana juga digunakan sebagai alat komunikasi sederhana pada .Gambus adalah salah satu jenis instrumental musik tradisional yang terdapat hampir di seluruh kawasan Melayu.jpg Rebana adalah sejenis gendang satu muka yang digunakan untuk mengiringi tarian dan nyanyian rakyat. Perubahan fungsi telah menggeser lagu yang bernuansa Islami menjadi lagu-lagu yang lebih sekuler. Gambus Melayu Riau merupakan adopsi dari Gambus al' Ud. Rebana sering digunakan saat upacara pernikahan. Gambus ini adalah jenis alat musik petik. Musik Gambus beralih fungsi menjadi pengiring Zapin di pentas.bp.

zaman itu karena bunyinya yang cukup keras.com/-1Bt82O3x4vo/Ulj6LHqbjSI/AAAAAAAAAUE/_xk4KDxpLw/s1600/220px-Bagian_biola. Cara memakai alat musik rebana yaitu dipukul dengan tangan dan nadanya sesuai dengan cara pukulan tangan orang yang memainkannya. terdapat di daerah Riau.com/-DCgEoyLBIk/Ulj3mXXXueI/AAAAAAAAAT4/sajbbq8F6Is/s320/gandung_talempong2. Talempong (Calempong) image: http://3. Biola image: http://2. berbentuk bundar. Talempong ini berbentuk bundar pada bagian bawahnya berlobang sedangkan pada bagian atasnya terdapat bundaran yang menonjol berdiameter lima sentimeter sebagai tempat untuk dipukul. 5.blogspot.bp. Jumlah pukulan pada rebana ubi memiliki makna tersendiri yang telah dipahami oleh masyarakt saat itu.blogspot. Talempong ini memainkanya harus dibutuhkan kejelian dimulai dengan tangga pranada DO dan diakhiri dengan SI. perunggu. Talempong biasanya digunakan untuk mengiringi tarian pertunjukan atau penyambutan. atau besi.gif . 4. Talempong juga digunakan untuk melantunkan musik menyambut tamu istimewa. Cara memakai alat musik talempong yaitu dipukul dengan sepasang kayu pada permukaan yang menonjol. Talempong memiliki nada yang berbeda-beda.bp.jpg Talempong adalah alat musik perkusi yang terbuat dari logam.

Deretan instrument musik tersebut adalah kelompok alat musik inti yang mengisi orkestra simfoni kuno. Cara memakai alat musik biola yaitu digesek dengan dawai dan nada-nadanya yang keluar sesuai dengan kunci yang digunakan pada tali senar. . Perbedaannya terletak pada ukurannya.Biola termasuk salah satu alat musik dawai yang dimainkan dengan cara digesek. dan Contrabass. Biola Gaya Melayu Riau. Cello. namun cara berbunyi dan cara resonansinya sama. Alat musik dawai keluarga biola yang lain adalah Viola.