SATUAN ACARA PENYULUHAN

Topik

: Hipertensi dan Penanganan di Rumah

Sasaran

: Keluarga Ny. E

Tempat

: Rumah Ny. E (Jl. Kerto Raharjo 21 Rt/Rw : 02/04 Ketawang Gede)

Hari/Tanggal

: Jumat, 06 maret 2015

Waktu

: 1 x 30 menit

A. TUJUAN
1. TUJUAN INSTRUKSIONAL UMUM
Pada akhir proses penyuluhan, pasien dan keluarga dapat memahami
penyakit hipertensi dan perawatan di rumah.
2. TUJUAN INSTRUKSIONAL KHUSUS
Setelah mengikuti kegiatan penyuluhan tentang hipertensi selama 30
menit, diharapkan keluarga Ny. E mampu memahami tentang:
1. Pengertian hipertensi
2. Klasifikasi hipertensi
3. Faktor penyebab hipertensi
4. Gejala hipertensi
5. Perawatan di rumah
6. Pencegahan hipertensi
7. Diet hipertensi
B. MATERI
Terlampir
C. METODE
1.

Ceramah

2.

Diskusi

D. MEDIA
1. Leaflet
2. SAP
3. Video Proses Kerja Kantung

Faktor penyebab hipertensi 4. Klasifikasi hipertensi 3. 15 menit KEGIATAN PESERTA Menyebutkan  Memperhatikan materi yang akan diberikan Pelaksanaan :  materi  Menjelaskan penyuluhan Memperhatikan dengan berurutan dan teratur tentang: 1. Pencegahan hipertensi 7. Diet hipertensi  Memberi kesempatan kepada peserta untuk 3.E. Perawatan di rumah 6. Gejala hipertensi 5. Pengertian hipertensi 2. 5 menit KEGIATAN PENYULUH Pembukaan :  kegiatan  Menjawab salam Membuka dengan mengucapkan salam. KEGIATAN PENYULUHAN No WAKTU . 1. 10 menit bertanya Evaluasi :  Bertanya dan menjawab pertanyaan yang diajukan .  Mendengarkan  Memperkenalkan diri  Memperhatikan  Menjelaskan tujuan dari penyuluhan  2.

 Menyimpulkan inti  Menyimak penyuluhan  Menyampaikan secara singkat materi  Bertanya tentang hal yang penyuluhan  Memberi tidak difahami kesepatan kepada keluarga untuk bertanya  Memberikan kesempatan untuk keluarga menjawab pertanyaan 4.  Mengucapkan salam penutup F. KRITERIA EVALUASI 1. Terminasi :  Menyimpulkan materi  Mendengarkan penyuluhan yang telah disampaikan  Mengucapkan terimakasih atas peran  Menjawab salam serta peserta. 2 menit yang dilontarkan. E  Pengorganisasian sebelumnya penyelenggaraan penyuluhan dilakukan . Evaluasi Struktur  Anggota keluarga hadir dalam penyuluhan  Pelaksanaan penyuluhan berjalan sesuai dengan jadwal yang telah ditentukan sebelumnya  Penyelenggaraan penyuluhan dilaksanakan di rumah Ny.

 Kebiasaan merokok.  Kegemukan (Obesitas). B. Evaluasi Hasil  Keluarga mengerti tentang penjelasan yang diberikan  Keluarga mampu menjawab pertanyaan dengan benar MATERI PENYULUHAN HIPERTENSI A. Keluarga mengikuti kegiatan sampai selesai. PENYEBAB HIPERTENSI  Stres atau perasaan tertekan. Tekanan darah ini selalu berubah-ubah tergantung waktu dan keadaan si penderita.2. . Tinggi rendahnya tekanan darah ditentukan oleh dua faktor yaitu curah jantung ( cardiac output ) dan tekanan resistensi pembuluh darah perifer. PENGERTIAN Hipertensi adalah suatu keadaan dimana didapatkan tekanan darah > 150/90 mmHg pada orang yang berusia >45 tahun dan atau lebih dari 130/90 mmHg pada orang yang berusia kurang dari 45 tahun. Evaluasi Proses  Keluarga antusias terhadap materi penyuluhan  Keluarga tidak meninggalkan tempat penyuluhan  Keluarga mengajukan pertanyaan dan menjawab pertanyaan secara benar  3.  Kurang berolahraga.

Rangsangan pusat vasomotor dihantarkan dalam bentuk impuls yang bergerak ke bawah melalui sistem saraf simpatis ke ganglia simpatis.  Konsumsi yang berlebihan atas garam. Dari pusat vasomotor ini bermula jaras saraf simpatis. suatu vasokontriktor kuat. mencetuskan keadaan hipertensi. pada medulla di otak. dan makanan yang berlemak tinggi. Vasokontriksi yang mengakibatkan penurunan aliran ke ginjal. Individu dengan hipertensi sangat meskipun tidak diketahui dengan jelas mengapa hal tersebut bisa terjadi. yang pada gilirannya merangsang sekresi aldosteron oleh korteks adrenal. yang berlanjut ke bawah korda spinalis dan keluar dari kolumna medulla spinalis ganlia simpatis di toraks dan abdomen. dimana dengan dilepaskannya norepinephrin mengakibatkan kontriksi pembuluh darah. neuron preganglion melepaskan asetilkolin. yang menyebabkan vasokontriksi. Medulla adrenal mensekresi epinephrine. Korteks adrenal mensekresi kortisol dan steroid lainnya. kelenjar adrenal juga terangsang. PATOFISIOLOGI Mekanisme yang mengontrol kontriksi dan relaksasi pembuluh darah terletak di pusat vasomotor. alkohol. Hormon ini menyebabkan rtensi Natrium dan air oleh tubulus ginjal. C. Rennin merangsang pembentukan angiotensin I yang kemudian di ubah menjadi angiotensin II. yang dapat memperkuat respon vasokontriktor pembuluh darah.  Kurang mengonsumsi makanan yang berserat dan diet yang tidak seimbang. mengakibatkan tambahan aktivitas vasokontriksi. Pada titik ini. menyebabkan pelepasan rennin. Kelainan kadar lemak dalam darah (Dislipidemia). Pada saat bersamaan dimana system saraf simpatis merangsang pembuluh darah sebagai respon rangsang emosi. menyebabkan peningkatan volume intra vascular. Semua factor ini cenderung . yang akan merangsang serabut saraf pasca ganglion ke pembuluh darah. Berbagai factor seperti kecemasan dan ketakutan dapat mempengaruhi respon pembuluh darah terhadap rangsang vasokontriksi.

Mata kadang berkunang-kunang ( kabur ) 9.Untuk pertimbangan gerontology. TANDA DAN GEJALA Tanda atau keluhan yang dialami : 1. aorta dan arteri besar berkurang kemampuannya dalam mengakomodasi volume darah yang dipompa oleh jantung (Volume sekuncup). Rasa berat ditengkuk 7. Sakit kepala ( pusing) pada bagian belakang terutama bila bangun tidur 2. Susah tidur 8. Tekanan darah melebihi ukuran normal 3. Konsekuensinya. Telinga berdenging 6. . hilangnya elastisitas jaringan ikat dan penurunan dalam relaksasi otot polos pembuluh darah. perubahan sruktural dan fungsional pada sistem pembuluh perifer bertanggungjawab pada perubahan tekanan darah yang terjadi pada usia lanjut. 2002). mengakibatkan penurunan curah jantung dan peningkatan tahanan perifer (Brunner & Suddarth. yang pada gilirannya menurunkan kemampuan distensi dan daya regang pembuluh darah. D. Nyeri dada kadang sesak napas 5. Perubahan tersebut meliputi aterosklerosis. Cepat lelah 4. Kadang mimisan.

sehingga jantung tidak dapat bekerja secara optimal yang mengakibatkan terjadinya gagal jantung.E. Komplikasi dari hipertensi dapat menyebabkan gangguan struktur penyaring ginjal yang mengakibatkan terjadinya penyakit ginjal tahap akhir dimana penderita dapat mengalami cuci darah. Komplikasi pada hipertensi dapat disebabkan oleh tekanan darah yang tinggi. sehingga penderita akan mengalami gangguan berupa sumbatan atau pendarahan otak yang dapat mengakibatkan stroke. Selain itu. terutama pada penderita dengan kadar kolesterol yang lebih tinggi dari normal. serta proses aterosklerosis yang cepat. serta timbul pada usia yang lebih muda. Sedangkan proses aterosklerosis pada penderita hipertensi lebih sering dan lebih hebat. tekanan darah tinggi juga dapat . komplikasi juga dapat terjadi pada otak penderita hipertensi. Selain itu. Hipertensi juga dapat mengakibatkan pembesaran dinding vertical jantung yang akan mengganggu pompa jantung. Tekanan darah yang tinggi dapat menyebabkan kerusakan dinding pembuluh darah sehingga dinding pembuluh darah kehilangan fungsinya secara normal. KOMPLIKASI HIPERTENSI Hipertensi sering disebut dengan silent killer karena tidak menimbulkan gejala.

 Kerusakan otak Tekanan darah yang terlalu tinggi menyebabkan pecahnya pembuluh darah otak (stroke) akibatnya. pecahnya pembuluh darah pada retina sehingga terjadi gangguan penglihatan.  Kerusakan ginjal Tingginya tekanan darah akan membuat pembuluh darah dalam ginjal tertekan.menyebabkan retinopati hipertensif atau perdarahan. pembuluh darah menjadi rusak dan menyebabkan fungsi ginjal menurun hingga mengalami kegagalan ginjal. Biasanya kasus ini terjadi secara mendadak dan menyebabkan keruskan otak dalam beberapa menitt (complete stoke)  Kerusakan jantung (gagal jantung) Tekanan darah yang tinggi memaksa otot jantung bekerja lebih berat untuk memompa darah dan menyebabkan pembesaran otot jantung kiri sehingga jantung mengalami gagal fungsi. darah tercecer dari daerah tertentu otak sedangkan bagian lain otak tidak teraliri cukup sehingga bagian otak menjadi rusak. Berikut hal – hal yang perlu diperhatikan untuk mencegah komplikasi hipertensi antara lain :  Mengendalikan tekanan darah dan memeriksa tekanan darah secara rutin disertai pemeriksaan untuk pemantauan risiko komplikasi  Apabila Anda juga penderita diabetes. Stroke merupakan kematian jaringan otak yang terjadi karena berkurangnya aliran darah dan oksigen ke otak. kendalikan gula Anda  Mengkonsumsi obat secara rutin  Berolah raga  Lakukan pemantauan Laboratorium terhadap hipertensi dengan melakukan test . Akhirnya. Pembesaran otot jantung kiri disebabkan jantung bekerja keras untuk memompa darah.  Kerusakan mata Tekanan darah yang tinggi menyebabkan tertekannya pembuluh darah dan syaraf pada mata sehingga penglihatan terganggu.

kaku. kolesterol. Hasil yang lebih baik lagi tampak pada penderita hipertensi (sebanyak 27 persen dari jumlah peserta penelitian) karena mampu menurunkan tekanan darah sistolik hingga 11 mmHg dan tekanan diastolik hingga 6 mmHg. DASH (Dietary Approach to Stop Hypertension) merupakan diet pengendalian hipertensi yang direkomendasikan oleh American Heart Association berdasarkan hasil penelitian ilmiah yang dikelola National Heart. bahkan tersumbat. kalsium. dan minuman keras. Dalam penelitian diet DASH yang mengikutsertakan 459 orang dewasa dengan tekanan darah sistolik =<160 mmHg dan diastolik 80-95 mmHg. Hal ini sangat berbahaya karena membuat jantung bekerja terlalu keras dan dorongan aliran darah bertekanan tinggi akan merusak pembuluh darah. dan susu. dan mudah mengalami penyempitan. menjadi tebal.DIIT UNTUK HIPERTENSI Tekanan darah tinggi atau hipertensi terjadi jika tekanan darah mengalami kenaikan secara terus menerus sepanjang hari. gula. Anjuran DASH Diet Porsi sehari Ukuran porsi (2000 kalori/hari) Bahan makanan Pangan 3-5 Piring kecil karbohidrat Lauk hewani 1-2 Potong sedang . and Blood Institute (NHLBI) Amerika. buah. Hipertensi yang terjadi selama bertahun-tahun akan menyebabkan komplikasi berupa penyakit jantung. Lung. kopi. terbukti bahwa diet DASH mampu menurunkan tekanan darah sistolik hingga 6 mmHg dan tekanan diastolik hingga 3 mmHg dalam waktu 2 minggu sejak mulai menjalankan diet DASH. serat makanan dari sayuran. serta membatasi lemak jenuh. garam. gagal ginjal. dan stroke. Prinsip utama dari diet DASH adalah menyajikan menu makan dengan gizi seimbang yang kaya akan pangan sumber kalium. magnesium. Apa itu DASH? Perubahan pola makan sangat penting untuk mengendalikan hipertensi.

kentang. ikan asin. kol. ikan Kalsium teri. mangga. wortel. melon. dan daging ayam tanpa kulit Beras merah. lemon. ayam tanpa kulit. susu. susu dan yogurt Tempe. yogurt dan keju rendah lemak Beras (terutama beras merah). sayuran. tempe. bayam. tomat. tomat. daun. sayuran berwarna hijau tua. jeruk. Protein ikan daging kacang-kacangan. yougurt dan keju rendah lemak Bawang Lainnya putih. wortel. seledri. kecap. kacang-kacangan. brokoli. Serat oats. whole wheat. tahu. petis. terasi. anggur. nanas. tomat. Magnesium kentang. telur asin. lalapan hijau MAKANAN Zat gizi Natrium YANG DIHINDARI Bahan makanan Garam meja. jeruk. kacang-kacangan. bandeng presto. pisang. semangka. tauco. ikan. roti. seafood.Lauk nabati Sayuran Buah-buahan Susu/yogurt 2-3 4-5 4-5 2-3 Potong sedang Mangkuk Buah/ptg sedang Gelas MAKANAN YANG DIANJURKAN Bahan makanan Zat gizi Kalium Kentang. apel. pengawet . jeruk. MSG. susu. soda kue/baking powder. dan belimbing Tahu. stroberi.

Lainnya dan daging berlemak Kopi. jeroan. daging berlemak. santan gorengan dari kental. dan makanan yang digoreng dengan suhu tinggi (berlemak Kolesterol trans) Otak. minyak gulai. soft drink. soda. kuning telur. dan pasta. bila dijalani secara teratur akan bermanfaat untuk mencegah osteoporosis. dan Lemak jenuh permen Gajih. KETENTUAN DIET DASH Karbohidrat dari Biji-bijian (6-8 Kali Konsumsi/hari) Yang termasuk didalamnya adalah roti gandum. cake. margarin. gajih. beras. Selain itu karena diet ini tinggi kalsium dari susu dan sumber lainnya. 1 kali konsumsi misalnya 1 lembar roti gandum. 100 gr sereal. Diet DASH juga bermanfaat untuk menurunkan berat badan karena asupan kalori harian dalam diet ini lebih kecil dibandingkan diet normal. Dan lebih baik mengonsumsi pasta atau sereal berlabel mengandung 100% gandum utuh. keju atau krim. makanan yang digoreng berulang kali. minuman beralkohol Sayuran dan buah-buahan dapat mengontrol gula darah dan berperan sebagai antioksidan untuk mencegah kerusakan sel akibat radikal bebas karena itu melaksanakan diet DASH juga bermanfaat untuk menurunkan risiko diabetes dan kanker. sereal. Anda mengonsumsi beras merah ketimbang beras putih karena mengandung indeks glikemik rendah (proses pencernaanya lama sehingga tidak membuat cepat lapar). mentega. . Sebaiknya. dan pemanis buatan yang Gula mengandung natrium siklamat Sirup. Sebenarnya bijian-bijian ini mengandung lemak jenuh yang rendah jadi jangan menambahkan apapun seperti mentega.makanan yang mengandung benzoat. bekas. atau 70 gr nasi/pasta.

meskipun lemak yang . vitamin. dan kacang-kacangan lainnya penuh dengan protein dan mineral seperti magnesium dan potasium. Produk Susu (2-3 Kali Konsumsi/hari) Susu. Pilihlah produk olahan susu yang rendah lemak. Karena itu. Per 1 kali konsumsi Anda dapat menyantap sumber protein ini sejumlah 1 ons saja. dan produk susu lainnya adalah sumber vitamin D dan kalsium. Jika mengonsumsi sayuran beku.Sayuran (4-5 Kali Konsumsi/hari) Tomat. Dalam hal ini. 1 kali konsumsi jumlah yang dianjurkan adalah 1 cangkir. sumber protein yang diperbolehkan adalah bebas lemak. Untuk diet hipertensi dan diabetes. Unggas. tahu dan tempe bisa menjadi pilihan yang sangat baik. yoghurt. wortel. Untuk olahan susu yang rendah lemak. dan magnesium. Untuk 1 kali konsumsi takarannya adalah 1 mangkuk sup untuk sayuran mentah dan ½ mangkuk untuk sayuran yang telah diolah. penting untuk selalu konsultasikan pada dokter jenis buah yang akan dikonsumsi jika Anda sedang dalam pengobatan. Ikan (Kurang dari 6 Kali Konsumsi/hari) Perlu diingat. brokoli. dan sayuran lainnya mengandung serat. Daging Tanpa Lemak. Yoghurt beku yang rendah lemak juga sangat baik apalagi jika ditambah buahbuahan. Kacang-kacangan (4-5 Kali Konsumsi/minggu) Almond. lentil. Perlu diketahui beberapa buah bersifat asam kontradiktif terhadap beberapa obat. sayuran dan buahbuahan memang makanan yang tepat. buahan-buahan mengandung banyak mineral yang diperlukan tubuh. Buah-buahan (4-5 Kali Konsumsi/hari) Seperti halnya sayur-sayuran. potassium. periksalah terlebih dulu kandungan yang tertera pada label. kacang merah. pilih yang mengandung sodium rendah atau tanpa garam. Jenis makanan ini harus dibatasi konsumsinya per minggu sebab kacangkacangan mengandung kalori tinggi dan lemak. keju. Ayam dan sejenisnya bisa dimasak tanpa kulit sedangkan daging harus dibuang lemaknya terlebih dahulu.

terutama bagi penderita gagal ginjal kronik. Per satu kali konsumsi 1 sendok makan gula pasir sudah sangat cukup untuk jelly atau jus Jeruk Nipis Anda. Karena itu. KONSULTASI DAN PERHATIAN Meskipun diet DASH tidak memiliki efek samping. Tetapi kebanyakan mengonsumsi lemak. . namun pelaksanaannya tetap perlu diperhatikan dan dikonsultasikan dengan dokter. sedangkan penderita gagal ginjal disarankan untuk mengurangi konsumsi terjadinya makanan tinggi hiperkalemia kalium. Gula (Kurang dari 5 Kali Konsumsi/minggu) Dalam menjalani diet DASH. juga tidak baik karena akan meningkatkan resiko darah tinggi. Anda tetap bisa menjalani diet DASH dengan mengganti susu dengan yogurt. 1½ ons kacang-kacangan per sekali konsumsi adalah porsi yang dianjurkan. karena laktosa dalam yogurt sudah dipecah oleh bakteri asam laktat sehingga kandungan laktosanya rendah. kembung. Anda tak perlu mengeluarkan segala yang manismanis dari menu diet Anda. dan diare. terutama lemak jenuh. Makanan yang disarankan dalam diet DASH adalah tinggi kalium. mual. dan diabetes mellitus. Per 1 kali konsumsi jumlah yang diperbolehkan adalah 1 sendok teh magarin atau 1 sendok makan mayones rendah lemak atau 2 sendok makan salad dressing. Lemak dan Minyak (2-3 Kali Konsumsi/hari) Lemak masih tetap diperlukan tubuh untuk menyerap vitamin esensial untuk meningkatkan sistem imunitas tubuh. obesitas. bagi Anda yang menderita lactose intolerance (tidak mampu mencerna laktosa dalam susu) kemungkinan akan kesulitan untuk mengikuti diet ini. (kelebihan Kerusakan kalium ginjal dalam akan darah) menyebabkan yang dapat menimbulkan masalah seperti gangguan irama jantung yang dapat berakibat fatal.dikandung adalah lemak baik. Dalam diet DASH dianjurkan untuk banyak mengkonsumsi susu dan produk susu lainnya. Konsumsi susu bagi penderita lactose intolerance akan menyebabkan kram perut. Namun demikian.

asinan).  Gunakan rempah segar sebagai pengganti garam untuk menambah rasa. saus cabai. dan pengawet.TIP MENGURANGI KONSUMSI GARAM  Kurangi konsumsi makanan siap saji. agar kelebihan natrium bisa dilepas oleh tubuh. kaldu blok instan. dan camilan (aneka snack asin) yang mengandung banyak garam. acar. bumbu instan. seledri. saus tomat. makanan beku (sosis. ayam goreng). oregano. Aneka rempah-rempah seperti kemangi. terasi.  Batasi penggunaan bumbu masak yang mengandung garam seperti kecap. bawang putih. petis. dan tauco. sudah mencukupi untuk memberikan aroma alami dalam masakan. sayuran yang diawetkan (sawi asin.  Biasakan membaca label makanan kemasan sebelum membeli. paterseli. perhatikan apakah makanan tersebut memiliki kandungan garam dalam jumlah yang tinggi. makanan kalengan (sardin. nugget. .  Perbanyak minum air putih. MSG. lada dan pala. kornet).