SYARI'AT
(ILMU FIQH M E N U R U T T H A R I K A T AL-QADIRIYAH).

Disimpulkan oleh

PROF. DR. H . A B O E B A K A R ATJEH

Diterbitkan oleh
YAYASAN SERBA BAKTI PESANTREN SURYALAYA PUSAT
1976.

Dipersembabkan untuk: Marsyid dan Segenap ihwan Yayasan Serba Bakti Pesantren Suryalaya. .

Dr.PONDOK PESANTREN SURYALAYA Desa Tanjungkerta — Kecamatan Pagerageung — Kabupaten Tasikmalaya KATA SAMBUTAN Syukur dan kegembiraan yang tia'da terhingga kami panjatkan kepadaM U Yaa Ilaahii. Rakhmat dan kebahagiaan semoga selalu dilimpahkan kepada Junjunan Alam Nabi Besar Muhammad S. H . semoga saja buku ini akan dapat disambung lagi khususnya didalam membuat amaliah-amaliah Nafilah (Nawafil) yang terdapat didalam Kitab aslinya. Amien. isinya tepat sesuai dengan apa yang tercantum dalam Kitab aslinya. Mungkin sudah tidak asing lagi bagi sekalian ikhwan TQN Pesantren Suryalaya. III . ikhwan Pesantren Suryalaya. kepada penyimpul Kitab yang diberi nama SYARIAT (Ilmu FIQH menurut Thareqat Al-Qodiriyah) ini yaitu Yth. sertia menembus kepada seluruh umatnya. Beliau adalah salah seorang sahabat kami. Hanya tidaklah mungkin untuk menyimpulkan keseluruhannya didalam buku yang sesingkat ini. Demikian pula setelah kami membaca bab demi bab dari pada buku ini. dan keridloanMUlah yang senantiasa kami cari. sehingga setiap karangan beliau mengenai Thoreqat dan Tasowwuf tepat sebagaimana yang dijalankan oleh pemuka-pemuka Tasowwuf yang pernah ada.a. beliau curahkan untuk mendalami Ilmu Agama demi untuk syiarnya Agama Islam. tidak sebagaimana sebahagian orang yang mengatakan bahwa Tasowwuf itu bukan dari ajaran Islam. Bapak Prof. Beliau adalah seorang akhli di Indonesia dalam Ilmu Perbandingan Agama dengan segala seluk beluk madzhab-madzhabnya. Beliaupun akhli pula dalam Ilmu Filsafat dan Tasowwuf termasuk pula thoreqat lainnya. semoga kami dapat mencapai mahabbah serta ma'rifat kepadaMU. Amien.w. Hal tersebut dikarenakan beliau berkeyakinan bahwa Tasowwuf adalah : suatu yang bersumber dari pada Islam. K . Aboebakar Atjeh. Semoga hasil karya beliau diterima Tuhan dan bermanfaat bagi kita sekalian dan semoga pula Allah memanjangkan umurnya yang penuh terisi dengan amal saleh guna mengeluarkan Karangan yang lainnya dalam Bidang Agama. Hampir didalam seluruh usianya.

D r . yang tópÏÏ menSggalkan ilmu serta amal jariyyah yang bermanfaat bagi ummat manusia. yang dibawa o eh anak kami H Adang Iskandar ketika memenuhi tugas Pemerintah didalam mengikuti T . C . yang mana Bapak Aboe= telalii berulang kali membuktikan karyanya yang sangat diperlukan. o eh kam khususnya dan segenap ikhwanul Muslimin pada umumnya.dalam A S S S t m a n f a l t a n dan ^ ^ i ^ ^ ^ m r ^ tutur kata Tuan Syekh didalam Kitab " A L F A T H U R R O B B A A N I 1 . H . " ^ Akhirnya kami ucapkan banyak terima kasih kepada semua fihak yang turut serta mendorong dan membantu terjelmanya Buku ini baik dorongan mSriü maipun materiil. ShohibulwafaTajul'arifm) IV . Tuan Syekh sendin Sak mengnendaki apabila kita T A ' A S U B (fanatik) terhadap salah satu r n a ï z h T d S F i q h . Sesungguhnya Kitab tersebut kepunyaan k a ™ e n d S S a n dari Y t h Guru Thoreqat Qodiriyyah Naqsyabandiyyah SyekhMuhammad Abas Abdullah dari Sudan. dan terutama para ikhwan T Q N Pesantren Suryalaya. K a m i ucapkan syukur Alhamduiillah. Selaniutnya ingin kami tujukan sambutan i n i kepada segenap ikhwan T O N Pesantren Suryalaya. Suryalaya. akan tetapi yang lebih harus ditekankan yaitu d. Sesepuh Pondok Pesantren Suryalaya ( K . dari anak W " * * » * seUv lu mendoakan ibu bapaknya untuk keselamatan dl dunia dan akhirat. K .Adapun nama lengkap dari P ^ J ^ ^ f ^ ^ ^ ^ ^ kan oleh Bapak Prof. Aboebakar Atjeh ini yaitu G H O N N l Y A i U TTTHOLIB1 THOR1Q1 H A Q " . H . 1 Juli 1976 Wassalam wr. Semoga amal-amal ini menjadi amal yang solen. di bidang Kesehatan. Amien yaa Robbal'Aalamin. hendaknya isi dari pada buku tan menjadt dasar pegangan dalam mempelajari Ilmu Fiqh guna amalan-amalan lahinyyah seh i r L f seraoak demi setapak kita dapat mencontoh sebagaimana penghu u 5 f mengSk S a a f p i i n t a h Alla'h dan RosulNYA. K a m i panjatkan do'a kehadlirat Ilaahi Rabbi. wb.

Assalamu'alaikum wr.1SLAMIC C E N T E R INDONESIA CABLE ADDRf SS : ISLAM1CCENTER JAKARTA MASJID AUWABIN K W f T A N G . wb. Dr. dan lain-lain. tetapi juga dalam pelaksanaan Tasawwuf Islam terjadi beberapa aliran.MAJLIS TA'LIM A L HABIB AU A L HABSY1 . Memang didalam Islam. Muhammad Alhabsyi. Ilmu Fiqh menurut Tharikat Qadiriyah". Mudah-mudahan kitab ini berfaedah untuk umum. bahwa yang dinamakan "Tharikat" itu adalah mengandung ajaran Islam yang lengkap. Prof. Tharikat Al-Haddadiyah. Qusyairyyah. sampai dalam ibadat ibadatpun merawati agar ia selalu mencari kedekatan dengan penciptanya.L E M S A G A PENDfDIKAN ISLAM . H . karena adanya kemerdekaan berfikir dan ber-ijtihad terhadap Qur'an dan Sunnah. seperti tharikat Qadiriyah dari Tuan Syeikh Abdul Qadir Al-Jailani. V . Aboebakar Atjeh ini terbukalah pintu buat umum untuk melatih diri dalam ibadah dan zikrullah yang sebaik-baiknya. bukanlah sesuatu klinik-an. berjudul "Syariat. Zikrullah. Aboebakar Atjeh tersebut dijelaskan serba serbi mengenai Ilmu Fiqh yang terdapat dalam ajaran dan latihan Tharikat Qadiriyah itu. Dalam kitab Sdr. Ketua Islamic Center Indonesia KHS. terutama untuk negara kita Indonesia. zikir dan takarrub kepada Allah. san gat menyenangkan hati saya. dan terhindarlah orang-orang yang selalu mengucapkan kata-kata yang rendah artinya bagi penganut aliran-aliran sufi itu. masing-masing memilih mana yang terbaik dan terdekat dalam pendidikan tauhid dan akhlak. karena kitab itu menunjukkan kepada umum. Tharikat Naqsyabandiyah. yang tidak melakukan amal ibadat menurut rukun Islam yang lima. Jl_ KRAMAT II N O . 73-77-79 PHONE 54941 JAKARTA PUSAT - INDONESIA SEPATAH KATA. terjadi beberapa Mazhab Fiqh.RI. dalam bermacam bentuk. bahwa tharikat-tharikat dalam tasawwuf Islam itu memperbanyak tawajjuh. Cuma kita dapati. Wassalam. Dengan adanya kitab karangan Sdr. Wabillahi Taufiq wal Hidayah. yang dinamakan tharikat. Aboebakar Atjeh. Anggota DPA . menurut ajaran Rasulullah dan Sahabat-sahabatnya. Kitab Sdr.P E R P U S T A K A A N I S L A M . yang selalu diharapkan akan persatuan ummatnya. Semuanya mewajibkan lancar menyebut dan mengingat nama Allah.

.

dengan persoal'an-persoalan Mu'amalat. Jakarta. juga sudah saya singgung Sejarah lahirnya Mazhab "Al-Ja'fari. meskipun masing-masmg memegang mazhab yang disukainya. dsb. karangan sseorang alim besar Syi'ah. yang terbit di Semarang. 1972. "Ilmu Fiqh Islam dalam Lima Mazhab" dengan sebuah sambungan. perdagangan. alangkah baiknya. yang memberikan sepatah kata penghargaan. Sayang saya harus menambah kitab. yang lebihtua umurnya darioada aliran-aliran dalam Mazhab Ahlus Sunnah Wal Jama'ah. terdapat beberapa buku. Pengarang. karangan Al-Jaja' iri selalu saya gunakan pada waktu saya memberikan pelajaran Ilmu Fiqh pada Perguruan-perguruan Tinggi. terutama Habib Ali Al-Habasyi. W assa1 am . Blora. dikte dan koreksi. kepada pegawaï Percetakan "Islamic research Institut dan teman-teman saya yang lain. seperti nïengenai perkawinan. dan dalam karangan saya. sebenarnya sudah saya mulai membicarakan dasar-dasar pemikiran. Jakarta 1969. VII . Mudah-mudahan semua mendapat ganjaran dari Tuhan. penerbitan Yayasan "Baitul Mal". yang banyak membantu dalam urusan ketikan. tatkala saya menerima dan Bagdad. Dalam karangan saya Serie Perbandingan Mazhab "Ahlus Sunnah Wal Jama'ah". kepunyaan keluarga Shahab. Memang "Kitab Al-Fiqh 'Alal Mazahibil Arba'ah". Muhammad Jawwad Mughniyyah. yang melahirkan empat Mazhab Fiqh dari Ahlus Sunnah Wal Jama'ah. Mazhab Ahlil Bait". Saya mengucapkan terima kasih yang tidak terhingga kepada keluarga M . agar mereka tahu perbedaannya antara satu sama lain aliran. Kemudian. Sjahrijah Supandi. Asad dan Ahmad Shahab.PENDAHULUAN. bahagian Filsafat perkembangan hukum dalam Islam. 1967) dan AlAhwalusy Syakhshiyyah 'alal Mazahibil Khamsah". dan meminjam dari Perpustakaan "Islamic Research Institute". Mudah-mudahan dengan do'a dan bantuan saudara dapat buku itu saya selesaikan dengan segera. yang dapat menghilangkan letih dan lelah saya dalam mempersembahkan amal saleh ini. jika dari semua buku yang tersebut diatas itu saya perbuat keringkasan untuk masyarakat Islam kita. yang didalamnya terdapat perbandingan hukum fiqh dan Mu'amalat dalam lima Mazhab. "Syiah Rasionalisme dalam Islam". diantaranya Ny. yaitu pertama bernama "Al-Fighq 'Alal Mazahibil Khamsah" (Bairut. Lalu timbullah pikiran saya. dimana nanti dikupas perbandingan kehma mazhab Islam itu.

Al-Hadis . Kitab : A Warif A-Ma'arif Kitab : Djami'ul Usul fil Aulia 6. 7. 5.„ _ Sayyid Abdul Qadir Al-Jailani 4. Dan lain-lain kitab yang tercantum dalam buku ini.D A F TAR BAHAN B AC A A N 1. Kitab : Zuhrul Islam Kitab : Syarah Aqidah ibnal Hajib 8. . Al-Qur'anul Karim 2.

DAFTAR ISI halaman Kata Sambutan dari K . URUSAN IBADAT Perkara Shalat • Kelima Shalat Pardhu Sembahyang Dum'at Shalat led (shalat dua hari Raya) Shalat Istiharah Shalatul kifayah Shalat Istisqa (shalat minta hujan) 43 45 48 49 51 52 52 53 IX . Peradaban Fakir dalam kepakirannya 10. H . Setelah dari pada adab murid terhadap Guru 3. Dr. H . Persahabatan Dengan Orang Asing 6. Muhammad Alhabsyi Pendahuluan dari Prof.S.H. Thariqat 2. Persahabatan Dengan Orang Kaya 7. Aboebakar Aceh Daftar isi III V VII 9 1. THAREQAT QADARIYAH 1. Shohibul Wafa Tajul'arifin Sepatah kata dari K. Adab Orang Kaya Terhadap Orang Miskin 8. THAUHID Mengenal Pencipta Keyakinan terhadap Al-Qur'an Asma Allah Mengenai Iman Mengenai Islam Tentang Dosa besar Keyakinan Mengenai kadar Iman kepada Nabi melihat Tuhannya Umat Muhammad AhliBit'ah 33 35 36 37 37 38 39 39 39 40 41 4. Manaqib 11 13 15 2. Pergaulan dengan keluarga dan Anak 21 23 27 28 29 29 30 30 30 30 31 31 3. Adab terhadap Syeikh 2. PENGERTIAN TASAUF Mutasawwif dan Sufi Adab dalam Tharekat 1. Persahabatan ikhwan 5. Persahabatan dengan Fakir Miskin 9. Adab Syeikh terhadap murid 4.

MUNAKAHAT Munakahat Pernikahan Syarat-syarat nikah Walimatul Urus Amar Makruf nahi munkar Mengenai Wara 85 87 88 88 89 89 90 7. 93 95 95 96 97 99 101 105 109 UI . Adab Tidur. PENUTUP Faedah Tasawwuf Kepentingan Tharekat 9. Perjalanan Makan minum. Masuk Masjid Masuk Rumah.Shalat Khusuf (sembahyang Gerhana) Shalat Khauf (shalat dalam peperangan) Qasar Shalat Jama' Shalat Shalat Rasul Bermacam-macam sembahyang Sunat Sembahyang Zenajah Shalat Rawatib Sembahyang Siang dan Sembahyang Malam Sembahyang Tasbih Zakat Shiyam atau Puasa Ibadat Haji dan Umrah 54 54 55 55 56 58 59 60 60 64 65 66 69 5. buang air besar dan kecil Bersuci dari hadas besar 8. URUSAN M U A M A L A T Adab berpakaian. Berdiri menghormati Rawatan Badan. mandi. berusaha yang halal Adab bepergian dan bersahabat Berbuat baik kepada Ibu Bapak Memberi nama dan gelar Tindakan kalau amarah 75 77 78 80 83 83 83 6. . ADAB DAN A H L A K Perkara Salam. X LAMPIRAN HurufArab .

11 .THAREKAT QADIRIYAH.

.

yang dibaca oleh rakyat pada waktu-waktu tertentu. tempat melakukan suluk dan latihan-latihan Sufi. kemudian sesudah beralih kegemarannya kepada ilmu tharekat dan hakekat menunjukkan keramat dan tanda-tanda yang berlainan dengan kebiasaan sehari-hari. Diceriterakan bahwa ada seorang lagi puteranya. kadang-kadang disebut Al-Jili. berjanji akan meneruskan dan menyiarkan ajarannya itu. Ibn Batutah menceriterakan. Dalam kitab Shorter Encyclopaedia of Islam. dan latihan latihan yang dilakukan dalam beberapa zawiyah di Bagdad itu sesuai dengan ajaran-ajaran yang terdapat dalam ribath Syeikh Abdul Qadir Jailani. R .1. Taqiyuddin Muhammad Al-Yunani terkenal sebagai seorang penyiar tarekat qadiriyah yang ternama di Baalbek. Seorang dari padanya ialah A l i bin Al-Haddad. (1166 M ) . Syeikh Abdul Qadir Jailani. 561 H . karena katanya ia mewakili Abdul Qadir sendiri. dan terjemahannya dalam bahasa Indonesia tersiar luas dinegeri kita. bahwa dalam masanya sudah mulai dipergunakan orang Zawiyah tempat melakukan latihan-latihan suluk. kemudian dilanjutkan pula oleh anaknya Abdul Salam :mgl. tertulis pada pinggir kitab Ihya karangan Al-Ghazali (Cairo. Orang dapat membaca sejarah hidup dan keanehan-keanehannya dalam kitab yang dinamakan Manaqib Syeikh Abdul Qadir Jailani. seorang alim dan zahid. 13 . Abdul Qadir sendiri tidak menganggap penting perolehan khirqah itu. sehingga dengan demikian ajarannya itu lama kelamaan merupakan satu mazhab Sufi. bernama Abdul Razzaq (11341206/7 M ) seorang yang sangat zuhud dan salih. k i ta dapati sejarah perkembangan tarekat ini. 1213 M ) . Tharekat ini di gerakkan oleh Syeikh Abdul Qadir Al-Jailani. karangan H . konon untuk mendapatkan berkahnya. Ia mempunyai sebuah ribath sufi di Bagdad. asli tertulis dalam bahasa Arab. Madrasahnya itu diteruskan oleh anaknya Abdul Wahab (1157-1196 M . THARIQAT. apakah mu'jizat dan keramat itu terdapat dasar-dasar pemikirannya dalam Islam saya ceritakan pada salah satu kesempatan lain. A . dan tiap murid yang telah menamatkan ajarannya sudah beroleh ijazah khirqah. yang akan menuntun manusia menempuh jalan menuju Tuhan dan Rasulnya. Demikianlah diceriterakan oleh Suhrawardi dalam kitabnya Awarif A-Ma'arif. ) . yang kemudian terkenal di Jaman dengan gerakkannya. tetapi sebagaimana yang tersebut kitab Bahdjatul Asrar. yang lain bernama Muhammad Batha' ini. misalnya dalam kitab saya Pengantar Sejarah Sufi dan Tasawwuf. Pertanyaan. Gibb. sedang Muhammad bin Abdus Samad adalah seorang yang dianggap keramat di Mesir. 1306). bertempat tinggal di Baalbek. tetapi memperkembang juga tarekat ini di Syria. Sesudah ia wafat dalam th. dianggap qutubul 'aqtab. Sejak dalam masa hidupnya sudah ada beberapa orang yang telah menyempurnakan ajarannya dan pergi menyiarkan ajaran itu ketempat lain. yang ketika itu lebih penting dari pada Zawiyah. A d a yang menerangkan bahwa murid-murid diwajibkan memakai namanya. karena pembentukan jiwa dan budi pekerti sudah cukup baginya menjadi penutup ajarannya. mula pertama seorang ahli fiqh yang terkenal dalam mazhab Hambali.

misalnya Le Chatelir dalam risalahnya Confréries musulmanes du Hedjaz. bahwa meskipun bernama Qadiriyah. mereka dengan keluarganya lari ke Marokko. 1196 M ) . juga tentu dari ulama-ulama Indonesia yang hendak menempuh tarekat dan beroleh ijazahnya. tanah Arab. kadang-kadang tarekat ini sudah dimasuki oleh faham-faham lain dalam pertumbuhannya. Dalam pada itu adanya ribath Qadiriyah di Mekkah sudah berdiri sejak masih hidupnya Syeikh Abdul Qadir Jailani. E . juga seorang alim sufi yang umurnya mencapai 183 tahun (536-721 H . dimana terdapat mesjid Syeikh Abdul Qadir yang bersejarah. kelihatan Mesjidil Haram secara mengharukan. tetapi menjalankan amal ibadat sebagai seorang muslim yang ta'at dan salih.Bahwa anak-anaknya turut dengan giat menyiarkan tarekat ini sebenarnya dapat dipahami. Kuburan-kuburannya terdapat di Fez sebagai "Keturunan Djailaniyangmulia" (Syurafa Jilala). dan banyak didatangi orang dari segala pojok bumi. duduk bersimpuh diatas sebuah batu gunung ditengah-tengah terik matahari di Mekkah. Diceriterakan. pasti beroleh kesempatan naik haji. Mereka pindah ke Sepanyol. sebuah desa di Sindjar). misalnya di Guines. tentu sudah dipengarühi oleh keyakinan aliran-aliran lain. H a l ini tentu tidak sesuai dengan pendirian Syeikh Abdul Qadir sendiri sebagai seorang Hambali. Selanjutnya. yang sekarang oleh Abdullah bin Muhammad Al-Adjami. Ribath yang terdiri diatas bukit jabal Qubis di Mekkah sangat terkenal sebagai pusat tarekat ini di Mekkah. Tarekat Qadiriyah mempunyai juga zikir-zikir. bahwa penyiaran tarekat ini di Asia kecil dan Istambul terjadi oleh Ismail Rumi. Ada keyakinan orang. ) . bahwa ia pernah bertemu dengan salah seorang anaknya. Turkestan dan India. bahwa tarekat ini masuk dalam daerah Berber di Afrika Utara dalam abad ke-XII M dan mendapat sokongan dari pada pemerintah Fathimiyah. bahwa dari puncak Djabal Qubis itu. A d a penganutnya yang berkeyakinan demikian rupa sehingga menempatkan AH bin A b i Thalib diatas kedudukan Nabi Muhammad. diterangkan. Dengan demikian kita lihat. yang mendirikan tempat khalawat besar serta empat puluh buah takiyah. maka oleh karena itu banyaklah orang menitip pesanan agar ia dipanggil dari Mesjid Abdul Qadir Jailani itu. pertama Ibrahim (mgl. 14 . Halladj pernah berkhalawat diatas Djabal Qubis. dan disana banyak terdapat rumah-rumah tempat tinggal ulama-ulama tarekat dan tempat khalawat. tempat mengumpulkan dan memberi makan orang miskin. Barangkali keadaan inilah yang menarik orang-orang tarekat itu disana untuk berkhalawat. Memang Djabal Qubis ini saya kenal selama lima tahun saya di Mekkah diwaktu saya kecil. menerangkan. di Djiyal. Saya masih ingat. Kounta dan Tembaktu. tetapi tidak berapa lama sebelum jatuh kota Granada (1492 M ) . di Wasit th. bahwa barang siapa yang mendengar panggilan temannya dari Masjid Djabal Qubis itu. Mercier menerangkan dalam kitabnya Histoire de I' Afrique Septentrionale diantara lain. W i rid-wirid tarekat Qadiriyah yang sebenarnya termuat dalam kitab "Al-Fujadat Al Rabbiniyah". bahwa penyiaran tarekat ini di Afrika Tengah dan Selatan sangat cepat tersiar. Mesir. Diceriterakan pula. meskipun IbnTaimiyah pernah menerangkan. Tetapi penyelidikan ahli-ahli ketimuran barat. kedua Abdul Aziz (mgl. bahwa tarekat ini masuk ke Fes ialah oleh karena usaha anak-anak Abdul Qadir. wirid dan hizib-hizib tertentu. yang memerintah sekitar 1171 M . bahwa ada beberapa orang anaknya dalam masa ayahnya masih hidup sudah menyiarkan ajaran ini di Marocco.

bahwa aulia Allah itu tidak pernah merasa takut dan gentar". dengan semboyan pada kulitnya sebuah ayat Qur'an^ang berbunyi: "Ketahuilah. dan mengatakan bahwa Abdul Kadir itu adalah guru dalam mazhab Syafi'i dan Hambali. dan meskipun pusatnya tarekat ini boleh dikatakan terdapat di Bagdad. terutama ceritera mengenai keyakinan bahwa sesudah kekuasaan Tuhan hanya terdapat kekuasaan Syeikh Abdul Qadir. juga merupakan sebuah organisasi atau pergerakan. anak Abdullah dst. Manaqib Syeikh Abdul Qadir A l . bahwa menyebut-nyebut dan mengingat Syeikh Abdul Qadir Jailani itu. Bacaan itu biasanya didahului dengan bacaan fatehah. tak ada hingganya. Imam Sarbuni menceriterakan dalam kitabnya Thabaqat. kesalehannya. menyebabkan Ibn Taimiyah.w. Ceritera-ceritera keramat ini. yang tidak menyebut namanya karena takut ria dan takabur. yang juga bermazhab Hambali menyerang pendapat pengarang-pengarang itu dalam usaha membersihkan diri Syeikh Abdul Qadir. menyebabkan turun rahmat Tuhan kepadanya.Jailani. pekerjaan pekerjaan istimewa yang terus-menerus dilakukan Syeikh Abdul Qadir Jailani dari dalam kuburnya. bahwa tanda-tanda luar biasa dari kekeramatan Syeikh Abdul K a 15 . tetapi yang terutama ditonjol-tonjolkan ialah budi pekerti yang baik. ucapan-ucapan Ibn Arabi yang dikuatkan oleh Ibn Wardi dalam kitab tarichnya. Ibn Taimiyah menyerang dengan kitab "Al-Djawab As-Sahih" dan Ibrahim Sjatibi menyerbu dengan kitabnya "AI-I'tisam". Kuburan Syikh Abdul Qadir Jailani ini terdapat di Bagdad. Pengarang kitab ini. Imam Nawawi menceriterakan tentang keramat ini dalam bukunya bernama Bustanul Arifin. M a k a terjadilah kegemaran terhadap bacaan ini yang sangat luas di tengah-tengah bangsa kita. dicetak dalam bahasa Indonesia berhuruf Arab pada percetakan Syayyid A l i Al-Aidrus. Keramat Raya Jakarta. Ibunya bernama Fatimah anak Sayyid Abdullah As-Suma'i Al-Husaini. tentang tasawwufnya. bahwa yang mendorongkannya menyusun Manaqib ini ialah ucapan Syeikh Adawi Al-Hamazawi. MANAQIB. sehingga terjadilah peperangan dalam filsafat tasawwuf yang hebat sekali. Apa sebenarnya isi Manaqib itu ? Isinya ialah sebahagian besar mengenai riwayat hidupnya. dengan gambar Kubah Qutub Rabbani yang besar dan megah di Bagdad itu. Dikatakan bahwa Syeikh Abdul Qadir itu anaknya A b u Saleh. yang biasa dibaca orang seluruh Indonesia pada hari-hari terpenting dalam kehidupan sesuatu keluarga. yang selalu berusaha mengumpulkan dan mengirimkan bantuannya kepusat untuk keperluan amal yang tertentu. sehingga Qadiriyah juga selain merupakan sebuah tarekat. tetapi cabangcabangnya terdapat diseluruh dunia. kemenakan Nabi Muhammad s. mengatakan. Tentang keramatnya sangat banyaknya. kezuhudan-nya dan keramat atau keanehankeanehan yang didapati orang pada dirinya. 2.Dalam kalangan mereka yang sangat mengagung-agungkan kekeramatan Syeikh Abdul Qadir Djailani terdapat ahli filsafat Ibn Arabi. sampai hubungannya kepada Hasan anak A l i bin A b i Thalib.a. yang menceriterakan panjang lebar dalam kitab "Al-Futuhat AI-Makkijah".

Pada waktu itu pula mendadak datang pada gurunya seorang laki-laki yang tidak dikenal olehnya. Peristiwa ini mengejutkan dia dan kembalilah dia pulang. yang menjaganya anaknya. Dimana saja. Pada waktu masih kanak-kanak Sayyidina Abdul Kadir tak suka bermain-main dengan anak-anak lain. agar ibunya suka membaktikan dirinya kepada Tuhan serta suka mengirimkannya untuk pergi ke Bagdad meneruskan pelajarannya. Gurunya minta kepada para muridnya. Syeikh Abdul Kadir sejak kecil kepada fakir miskin. Pada suatu hari. bahwa Abdul Kadir dikelak kemudian hari akan mencapai suatu tingkatan yang tinggi dalam kebatinan dan kerohanian. 16 . kemana ia mau pergi. Kekuatan jiwa batin yang dinyatakan sejak bayinya itu berjalan terus sampai nampak dalam sepak terjangnya seharihari dalam kehidupan yang suci. menjauhkan segala perbuatan ma'siat. seorang anak yang jujur. sehingga hal itu menjadi tanda-kedatangan bulan puasa pada tiaptiap tahun. Tiap-tiap kali ia mendengar suara itu. Begitulah Abdul Kadir hidup dan belajar di kota Djailan sampai berusia 18 tahun. menyatakan yang dia mendengar dari pada Malaikat. yaitu pada hari Arafah bagi kaum Muslimin yang naik haji atau sehari sebelum hari Idul Adha. Ia berdiri 'dibelakang bajak dan sapi bajaknya didepannya. Ceritera-ceritera dalam Manaqib ini sesuai dengan beberapa uraian yang ditulis oleh Rusly Akhmad dalam kitabnya berhuruf latin. agar kepadanya diberikan kelonggaran tempat tersendiri untuk duduk belajar. Ibunya dan kakeknya Sayyidina Abdullah Suma'i kedua-duanya Wali juga memberikan didikan yang sesuai dengan bakat dan kedudukan sebagai seorang Wali. Setelah itu ia memohon kepada ibunya. pergilah Abdul Kadir keladang untuk meluku. Konon ibunya tatkala pergi mengaji dikelilingi oleh Malaikat. gemar belajar dan beramal tidak berkeputusan. Kemudian sapi menoleh kebelakang dan berkata kepadanya bahwa bukan beginilah tujuan hidupnya dilahirkan didunia ini. Boleh dikata bahwa Abdul Kadir dilahirkan dan di didik dalam ayunan dan lingkungan keluarga Sufi. kembalilah ia kepangkuan ibunya dan mencari perlindungan dari padanya. Ketika ia berumur 10 tahun. dia diperintahkan mengaji. bernama Syeikh Abdul Kadir Djailani. Sekembali dirumah nya naik diatas atap rumah dan dengan mata hati bathini dia melihat suatu majlis yang amat besar di Arafah itu. manakala beliau berpikir-pikir akan bermain-main maka terdengarlah olehnya suara yang menanyakan padanya. Selanjutnya dikemukakan ceritera mengenai kasih sayang.dir sudah dirasakan ibunya sejak dalam kandungan. 1962). penerbitan Pena Mas (Jakarta. cinta kepada ibu bapaknya. Dalam waktu itu beliau telah menerima didikan sepantasnya bagi seorang pemuda dari sesuatu keturunan baik-baik dan otaknya meningkat begitu tajam dan begitu cerdasnya sampai sesuatu pelajaran yang seharusnya dihafal dalam waktu sedikitnya satu minggu olehnya dapat dihafal dan difahamnya dalam waktu satu hari saja. diantaranya ia tidak mau menyusu pada siang hari pada akhir bulan Sya'ban dan dalam bulan Ramadhan.

perjalanan yang sukar. itu. Kecintaan ibunya. apa yang dia punyai. bahwa Abdul Kadir tidak berkata bohong kepada siapa dan dalam keadaan bagaimanapun juga. dan Abdul Kadir turut didalamnya. Harus diingat pula disini. dijahit dalam bajunya. maka dia tidak menghalang-halangi kehendak anaknya untuk berbakti kepada Tuhan dengan kebaktian yang sebesar-besarnya. kemudian berpisahlah ibu dengan anak. maka tatkala hampir kalifah itu memasuki kota Bagdad. ibunya meminta suatu janji dari anaknya. maka segeralah segala sesuatu yang perlu untuk perjalanan yang jauh itu disiapkan. dijawabnya. pangkat dan nama. apakah yang terjadi ? Enam puluh penyamun berkuda merampok kafilah itu habis-habisan. Setelah ibunya menyetujui permohonan ia tadi dan mengizinkan untuk berangkat ke Bagdad. Uang bekal 40 dinar oleh ibunya dimasukkan dalam baju anaknya. 17 . mengingat bahwa dia sudah tua dan suaminya. lalu dijahit agar tak mudah hilang atau dicuri orang. Tetapi sebelum berpisah. kemewahan. kekayaan. apakah dia akan dapat bertemu kembali dengan anaknya yang ia cintai dan ia didik dengan kasih mesra itu ? Tetapi karena ibunya itu adalah seorang wanita yang bersih hati dan ta'at. ayah Abdul Kadir telah lama meninggal dunia. pada waktu itu Bagdadlah sebuah pusat kota ilmu yang terkenal oleh seluruh kaum Muslimin dan didatangi oleh para pemuda dari seluruh penjuru dunia Islam. berbahaya dan jauh. rumah dan tempat kelahirannya. Maka timbullah pertanyaan dalam hatinya. bahwa anaknya itu sejak kecil tak pernah berdusta. Abdul Kadir berkeinginan keras untuk menambah pengetahuan dan meningkatkan kerohaniannya dalam bergaul dengan lain-lain wali beserta orang-orang suci di Bagdad. Janji itu dipersembahkan kepada ibunya. karena sangka mereka pemuda ini tak punya apa-apa. menganiaya atau galak pada Abdul Kadir. kedua-duanya dengan hati yang amat berat. Penyamun tadi lalu lapor kepada pemimpinnya apa yang telah dia dengar dari pemuda itu. bahwa dia mempunyai 40 dinar. Kemudian ada salah seorang penyamun datang bertanya padanya. itu semuanya bagi Abdul Kadir tak menjadikan halangan atau mengurangkan keinginan untuk mencari tambahan ïlmunya. bahwa perpisahan itu tidak untuk mencari harta. Setelah beberapa hari kafilah itu berangkat. Ketika ibunya mendengar permohonan anaknya. maka keluarlah air matanya. walaupun ibunya telah tau benar. lagi pula akan berdiam dalam suatu tempat dimana tidak ada teman dan sanak famili.Sebagai diketahui oleh umum. Kemudian Abdul Kadir menggabungkan diri pada suatu kafilah yang akan berangkat menuju ke Bagdad. berjalan dengan selamat. tetapi melulu untuk berbakti kepada Tuhan yang Maha Esa semata-mata. Tetapi apa anehnya ? Semua perampok tadi tak ada yang memperdulikannya.

Syeikh Abdul Kadir tak berani masuk kedalamnya. dijawab olehnya. Setelah Abdul Kadir menghadap dan ditanya oleh pemimpin penyamun itu. karena ia merasa dalam hati kecilnya bahwa ia selama hidupnya sampai disaat itu. sebuah kitab kecil yang tertulis dalam bahasa Indonesia berhuruf Latin. supaya barang-barang dikembalikan kepada yang punya masing-masing diantara kafilah itu dan dilanjutkan perjalanan kafilah itu dengan selamat ke Bagdad. bahwa pada suatu kali. Lalu dipeluknya dan berkata : "Tuhan sudah menjadikan engkau kepala dari segala wali-wali". Pemimpin penyamun lalu menyuruh mengiris jahitan bajunya. Anak buah penyamun itu seluruhnya mengikut jejak langkah pemimpinnya dan kembalilah mereka dalam masyarakat biasa mencari nafkah dengan halal. bahwa benar apa yang telah ia katakan tadi. Demikian saya catat beberapa ceritera dari karangan Rusly Achmad mengenai Syeikh Abdul Kadir Jailani. Kemudian terdengar suara yang memerintahkan ia masuk kota Bagdad itu. Dijawab oleh Abdul Kadir dengan tenang. dan jujur. tak akan berkata bohong pada siapapun dan dalam keadaan bagaimanapun juga. apakah sebabnya dia berkata yang sebenarnya itu. sedang seorang pemuda ini tidak berani melang gar janji terhadap ibunya. Melihat uang itu hati penyamun itu tidak menjadi suka cita. kemudian menanyakan lagi pada Abdul Kadir. Seketika itu juga pemimpin penyamun tadi berjabat tangan dengan A b dul Kadir dan berjanji dengan bersikap sopan dan sungguh akan memberhentikan pekerjaan menyamun ini yang diakuinya sendiri sebagai suatu perbuatan yang hina dan jahat. dan oleh karena itu dapatlah dibaca oleh golongan terpelajar dan dicapai dengan mudahnya. Syeikh Hammadu Dibas pada suatu hari menunggu muridnya Abdul Kadir dalam ruang pengajaran.Lalu diperintahkan oleh pemimpin penyamun tadi supaya pemuda itu dihadapkan padanya. Dan oleh karena pintu tertutup. sehingga semalaman itu ia tidur diluar. maka keluarlah 40 dinar itu. 18 . yang memerintahkan ia menunggu pada salah satu tempat sampai ia kembali. Lebih jauh Imam Taqiyuddin menceritakan. terus-menerus telah melanggar perintah-perintah Tuhannya. Mendengar jawaban itu pemimpin penyamun tadi bercucuran air mata dan menangis dengan tersedu-sedu. Kemudian diperintahkan oleh pemimpin penyamun tadi pada anak buah nya. apakah benar apa yang telah dikatakan tadi. dan setelah jahitan baju itu tersayat. tetapi terpesona sejenak. tatkala Syeikh Abdul Kadir memasuki kota Bagdad ia bertemu dengan Nabi Khaidir. bahwa beliau telah berjanji kepada ibunya. sampai Dibas pada pagi harinya membuka pintu itu mendapat Syeikh Abdul Kadir diluarnya. Syeikh Abdul Kadir konon menunggu pada tepi sebuah jalan selama tujuh tahun lamanya dan selama itu ia hidup dengan makan rumput.

karena keramatnya jatuh murca sekaliannya. Barulah setan itu memper lihatkan dirinya dan mengakui kelemahannya sambil berkata : "Sudah tuju puluh orang ahli tarekat kusesatkan. misalnya mengenai keselamatan harta A b dul Muzaffar sebanyak 700 dinar. karena sesudah ia berguru pada Dibas. mengenai kealiman-nya dalam ilmu pengetahuan. tetapi engkau tidak dapat aku perdayakan". bahwa dari dalam bajunya keluar ular. ceritera pernah menciptakan seekor ayam hidup dari pada sepotong tulang untuk memberi makan seorang anak yang sedang menderita kelaparan. Diceriterakan orang. Ia mengusirnya dengan kata-kata yang keji. karena ia bermimpi berbuat zina. lima lautan langit dan li19 . ceritera seorang yang mengadukan nasibnya kepadanya. hai Khanis !". bahwa gurunya dimasa yang telah sudah Syeikh Abdus Salam bin Musyisy. dan dari lautan Futuwah A l i bin A b i Thalib. ceritera seekor burung mati yang dihidupkannya kembali hanya dengan membaca Bismillah. Dan oleh karena itu Izzuddin bin Abdus Salam berkata. yang demikian itu katanya disebabkan karena Abdul Kadir pada suatu hari ditanyakan orang siapa gurunya. tetapi tidak ada yang dosa murid-muridnya. makam Abdul Kadirkah atau makam Abul Hasan Asy-Syazili. mengenai siapa yang lebih tinggi. ceritera seorang Nasrani yang masuk Islam ditangannya. yang berkata padanya. bahwa cahaya yang berkata itu tak lain dari setan. yang dijawabnya bahwa ia sudah mengetahui lebih dahulu karena ia sudah melihat tertulis pada Luh Mahfuz dan sudah diminta keampuhan Tuhan. ceritera Khalladi pernah menemui tiga ratus enam puluh orang wali. karena orang Nasrani itu bermimpi bertemu Nabi Isa. bahwa tidak ada seorangpun yang walipun yang dapat mengatasi kedudukan Syeikh Abdul Kadir Jailani. selanjutnya pernah menyembuhkan seorang perempuan sakit hanya dengan menyuruh mengucapkan pada telinganya "enyahlah engkau. sedang sekarang ia meminum ilmu dari pada sepuluh lautan. Ber kata Syamsuddin Al-Hanafi. yang memerintahkan dia masuk Islam pada Syeikh Abdul Kadir Jailani karena ia sebaikbaiknya wali. pertama bahrun nubuwah ke-ilmuan Nabi yang tidak habis-habisnya. yang tidak mati sebelum tobat kepadanya. bahwa ia pada suatu hari kedatangan cahaya didadanya yang kilau kemilau dan yang berkata : "Akulah Tuhanmu !" Tetapi Syeikh Abdul Kadir Jailani tahu. tatkala ia lapar bersama Syeikh Abdul Muzafar dll. bahwa Allah telah memperlihatkan kepadanya ketinggian kedua makam itu. yang dengan berkat Syeikh Abdul Kadir dapat diselamatkan dari pada perampokan di jalan ke Syam. ilmu A l i bin A b i Thalib yang tidak dapat dihingga. Dalam pada itu orang Sufi mempertengkarkan. dari lautan Nubuwah Nabi Muhammad. ia dapati makam Asy-Syazali lebih tinggi dari makam Abdul Kadir.Manaqib banyak sekali menceriterakan hal-hal yang bersangkut paut dengan kekeramatan Abdul Kadir. ceritera mengenai beberapa orang yang akan bersoal jawab dengan dia. kedua bahrul futuwah. ia beroleh dua lautan ilmu. Pernah murid-muridnya menceriterakan. bahwa ia seorang wali yang tidak dapat dipertakut-takuti. bahwa ia pernah mengatakan tiap orang yang menghadapi sesuatu mala-petaka akan terhindar dari bahaya itu jika menyebut namanya dan bertawassul kepadanya. Tetapi tatkala ditanya yang demikian itu kepada Syazili maka jawabnya. Lalu ia menjawab bahwa dimasa yang telah lampau gurunya itu Syeikh Hammadu Ad-Dibasi. ceritera ia memungut buah apel dari angin. tetapi sekarang ia meminum ilmunya itu dari dua lautan.

TrtZ**? r l\ P " " i i t yang Hma terdiri dari gurunya. rela taSSSS tSl T? ü ^ S Ï S SEn 8 P° * Qadiriyah yang hma "emelihara kehormataTkedga memelihara hikmah. keempat melaksanakan maksud.r dan batin. Djibra tl u ' . Ah dan Nabi Muhammad. mengatakan bahwa ahli-ahli Ha kekat menetapkan bahwa makam Abdul Kadir j a i l a n i lebih tingfi daH p a t A1 Ka Pokok-pokok dasar tarekatnya sama banyaknya dengan Syazili sama sama hma buah. Usman. keseluruhnya ditujukan kepada Tuhan Allah se7ata-mata 20 dalam ï S ^ SK ah *"* **** SCnang l^LKT^ \** **** ^ - a t a U b S e d a n a n ^ k o k d a n t a r e k k b a l i .msyakhanuwi dalam kitabnya Djami al Usul fil Auba» (Mesir 1331 H. ^ h Um m 1Z A l d a T an R l a u t a n h l a n S e d a l i m a ^ ^ x Z ^ U ^ ! ^ .). yaitu taqwa k e S " Tuhan lah. Umar.7 ' ?! ? ° ' " 8 dibumi adalah Abu Bakar. mengikut Sunnah dalam perka aan dan r S b u ï a n menjauhkan dm dari makhluk didepan dan dibelakang. Pokok tarekat Syazili terdiri dari lima. dan kelima menèf gungkan mkmat.

21 .PENGERTIAN TASAWWUF.

.

tingkat permulaan. sedang sufi ialah orang yang memotong jalan tharekat. (perjalanan orang-orang Sufi). tidaklah ditujukan untuk mengupas ilmu pengetahuan. Adapun perkataan mutasawwif itu yaitu orang yang berusaha keras untuk menjadi seorang "sufi". Jadi dengan mudah dapat dibedakan. sejarah dan falsafatnya. dan melaksanakan kebangkitan hati dan jiwa dalam mencari yang hak serta meninggalkan seïain dari pada Tuhan itu. Iradhah itu merupakan pendahuluan tiap-tiap tugas. serta bersifat dengan keaslian secara sederhana. inilah orang sufi yang sebenarnya. yang merupakan keuntungan dunia dan akhirat. Apabila seseorang hamba Allah meninggalkan adat kebiasaan. Pada tempat ia harus mengupas perkataan tasawwuf. karena takut membubung dan menjadi jemu. tetapi mereka yang sudah belajar kenal dengan kesusastraan tasawwuf. berjalan dalam ikatan perjalanannya yang terpuji. maka tatkala itu iradhahnya tinggal menyendiri padanya. karena "Al-Ghaniyah" dan kitab-kitabnya yang lain. Dengan demikian orang yang bersifat jahid dan menyerah diri kepada takdir Tuhan. maka ia dinamakan mutasawwif. Inilah permulaan tharekat tiap-tiap salik. apa yang dimaksudkan oleh pengarang dengan perkataan "mutasawwif' dan "sufi". apa arti iradhah. Mungkin barangkali disengaja tidak memberikan uraian ilmiah itu. yang masdarnya melahirkan perkataan tasawwuf) secara tharekat orang sufi. dan hidup kesedikitan. dan wali-wali serta orang orang salih sejak dahulu kala. "Thariqus Sufiyah" atau perjalanannya orang-orang Sufi. Adapun yang dinamakan iradhah ialah meninggalkan segala kebiasaan sehari-hari. bukan akhlak yang kotor. Sekarang saya ingin kemukakan lebih dahulu. dalam karangannya "Al-Ghaniyah" ini. dan membiasakannya. oleh Kuthubul Aqthab ini diartikan dengan "perjalanan pencinta-pencinta Tuhan yang benar dari hawa nafsu yang sesat kepada pemegangan teguh akhlak yang indah. Lalu dikupasnya. yang diikutinya oleh kehendak. kemudian oleh perbuatan. ialah pendidikan dan pemupukan iman dan jalan kembali kepada Tuhan Yang Maha Esa. S. 23 . dan berjihad bersungguh-sungguh untuk menjadi orang sufi itu. dan sudah sampai kepada yang dituju. selalu berada dalam persoalan hakikat dengan tidak terhenti hatinya kepada salah seorang makhluk. lekas dapat menangkap. ia menguraikan "Thariqus Sufiyah". M a k a apabila ia memberatkan dirinya untuk tujuan tersebut dan memakai pakaian (takallafa.MUTASAWWIF DAN SUFI. Abdul Qadir Al-Jailani. ataswajan tasawwafa. bersih dari pada segala sifat yang tercela. tidak menguraikan arti tasawwuf dan pengambilan asal perkataannya. lalu mereka masuk kedalam rombongan abdal dan ahli-ahli kewalian. taqammasa. Berbeda dengan kitab-kitab tasawwuf yang lain Sulthan Aulia. bahwa mutasawwif itu ada dalam tingkat mubtadi. tingkat tertinggi. yang tidak usah diterka atau diperdebatkan lagi karena perjalanan ini sudah ada pada Nabi-nabi. Uraiannya akan saya takhirkan dibelakang ini. Mutasawwif itu termasuk golongan pemelihara sari'at dalam tharekat wasal. seperti kebanyakan pengarang-pengarang kitab tasawwuf yang lain. murid dan murad. sedang sufi adalah dalam tingkat muntahi. dengan Nabi Muhammad sebagai penutup. bahwa yang terpenting ditujukan dengan kitabnya itu. yaitu seseorang yang suci dari pada segala dosa jiwanya.

negaranya. Maka ia lalu beramal dengan Qur'an dan Sunnah. ia tidur sambil ta'at kepada Allah. taat kepadanya. bahwa penciptaan itu ialah Allah. tidak kepada yang lain". tidak dan kamu mabuk dengan kecintaanmu itu saja. terdengar pada telinganya khabar dari pada Tuhan. ia dimasukkan segera kedalam ke-ta'atan kepada Allah. tama'ninahnya meningkat. sedikit tidurnya. ia melihat dengan nur Allah. ia lalu menjadi orang-orang yang dipercayai Allah. kecintaannya. Adapun yang dinamakan murid ialah seseorang yang mempunyai sifatsifat yang demikian itu. berjinak-jinak dengan dia. maupun dalam hadis-hadis. berbicara dengan Allah. tetapi Allah yang dipujinya. bersungguh-sungguh dalam mencintai Allah. ia mandi dengan air rakhmat Allah. tidak berbalik muka kepada yang lain. melainkan ia melihat. yang tidak dapat pada selain Allah. yang membakar segala apa yang ada disana. sabar dari pada kemaksiatan. dan tiap-tiap yang dikehendaki tertuju kesana iradhahnya. dan bermurah tangan dengan kurnia A l lah. Dan iradhah inilah nama permulaan yang diturunkan kepada tiap-tiap yang mempunyai keinginan berbuat. tidak memperhatikan siapa dan apa yang lain. ia tinggal tenang menghadap Allah. diperlihatkan kepadanya rahasia khusus. yang menyebabkan semua bergerak. diberi bernama dengan nama yang tidak diketahui orang seorangpun melainkan Allah. lalu iapun masuk kedalam golongan khawaf. mematahkan segala sesuatu yang dapat menghambat ia berhubungan dengan Allah. yang mengikuti garis-garis besar yang berat dalam menempuh jalan kepada Allah. insyaf akan dirinya selama-lamanya. ia melihat ciptaan Allah pada seluruh makhluknya. Baik dalam Qur'an. diadakan untuknya perumahan didekat Allah. men jadi suhada' Allah. dan didekatkan kepada mengenai Allah. ikhlas untuk Allah. berhalawat dengan Allah. tidak memuji hamba Allah. sedikit bicaranya. ialah pelaku satu-satunya. Dan iapun diberi gelar dengan gelar istimewadiantara pencinta-pencinta Allah. "Murad". ia berbicara penuh dengan hikmah Allah. mengharapkan perkenan pekerjaannya oleh Allah. dikir kepada Allah.pencahari Tuhan. menahan diri dari pada yang lain. sebagai titik tolak menghadapkan dirinya kepada A l lah. dan tidak lekang iradhahnya itu sampai terpercik kedalam hatinya bara api ketakutan. memelihara nama Allah. berdampingan dengan mereka. autat bunyi Allah. dan rahasia-rahasianya. dan membutakan mata kamu dari pada kecintaanmu kepada yang lain. sebaliknya Rasulullah menyuruh bersabar dengan mereka. malu terhadap Allah. dan oleh karena itu tidak diperkenankan mengganggu dan menjauhkan diri dari mereka yang dengan iradhahnya menyerukan Tuhannya pagi dan petang. melihat dengan Allah. 24 . Nabi berkata : "Cintamu kepada sesuatu membuat kamu buta. berteman dengan mereka dengan ketenangan jiwanya. menasihati teman sejawatnya. dan keluarganya. Tiap-tiap yang dicintai itu dikehendaki. hasil penciptanya. memilih perintah Allah. pelayanan yang lunak-lembut. rela dengan kehendak Allah. dan berhasillah dia masuk dalam golongan pencinta Allah dan pada waktu itu dinamakan lah ia. bahwa yang dikehendaki dengan iradhah itu adalah wajah Tuhan. maka iapun mendengar langsung dari Allah. kelakuannya menjadi tenang. Dan jelas sekali bahwa yang dimaksudkan dengan hakikat iradhah ialah iradhah wajah Allah Subhana hu wa ta'ala. sedikit makannya. memperbanyak segala sunatsunat. jelas dilukiskan Tuhan. M a ka berubahlah murid yang demikian itu. tunduk. pembebas hambanya. dihilangkan semua yang menutupi. bersepi-sepi.

M a k a dengan aku ia mendengar sesuatu. Murid berdiri melaksanakan perintah Allah. dengan aku ia melihat sesuatu. sedang murad sudah sampai (wasala. tidak lain dari pada apa yang ditujukan dengan iradhahnya. Murid orang yang menuntut. dan murad melalui pemeliharaan Tuhan. dan murad maudibah. Musa dalam tingkat murid dan Muhammad dalam tingkat murad. Murid berjalan dan meningkat. dengan aku ia berbicara. sedang murad tidak memperhatikan amal tetapi ia melihat taufik Tuhan dan kurnianya. Murid melalui siasat ilmu. M a k a jadilah hatinya lemari rahasia A l lah Dan inilah murad Allah Ta'ala.a. Maka apabila aku mencintainya. sedang murad didekati Allah. penghabisan perjalanan Musa ke Jabal Thursina. sehingga aku mencintainya. firman Allah : "Senantiasa hambaku yang mu'min dapat mendekati kepadaku dengan segala sunat-sunat. karena ia sudah berhubungan dengan Tuhan. sedang murad memelihara murid dalam kenaikan tingkatnya. Murid pada tingkat permulaan dan murad pada tingkat puncak penghabisan. karena murid gampang dan murad terbang.Inilah yang pernah diceritakan Nabi Muhammad s. Tidak lain dari pada bahwa murid dan murad itu satu juga. jika ia tidak termasuk dalam golongan murad. dengan aku ia berakal dan dengan aku ia berlapang tangan " (Al-Hadis). balagha) kepada Tuhannya yang dicari ketingkat yang tinggi itu. sedang Nabi M u hammad terbang ke Aras dan ke Lhuh Mahfud. yang membuat dia menjadi pengabdi Tuhan yang terdekat. lalu ia beroleh tiap-keindahan dan kecantikan. dalam sebuah hadis Qursi. maka aku penjadi pendengarannya. yang membuat tenang gerak-geriknya mengenai sahwatnya. 25 . penglihatannya. murid melihat amalnya. lidahnya. dan hatinya. yaitu Tuhan Allah se-mata-mata. murid mendekati Allah. Ini-lah seorang hamba Allah yangdiangkat oleh akal kebijaksanaan yang besar.w. tangannya. kakinya. dan murad berdiri dengan gerak Allah. murid mujahadah. Murid ingin dipelihara. kehalusan dan kesucian. ia termasuk dalam golongan murid.

.

Dan hendaklah calon pengikut tharekat itu rela menderita kehinaan terus-menerus. Adab terhadap Syeikh. Lain dari pada itu. majelis ulama. dan menahan putus asa. tidak juga meskipun telah tercapai kemuliaan baginya selama ia belum mendekati Tuhannya. Tabi'in. kemudian kejinakan yang menenangkan hati. dapat menghilangkan kebangkitan syahwat yang me-nyala-nyala dan kelazatannya. yaitu harus mempunyai i'yatikad yang syah. (Qur'an). Mudah-mudahan segala pekerjaannya yang demikian itu membaca kemenangan yang lengkap baginya dan kejayaan yang tak habis-habisnya. jujur dan benar. dan lapar yang terus-menerus. tabiatnya yang membatu. sebagai syarat keNabian dan ke-Rasulan melahirkan mu'jizatnya. ia akan merasa enak suluk dalam hakikad. Sesudah itu tidak kurang pentingnya bersikap sadaq. M a k a dengan i'yatikad yang demikian itu. sehingga ia tetap dalam perjalanannya mengenai tharekat. dan dengan jihad atau perjuangan. dan : "Apakah engkau akan memerintahkan orang lain berbuat kebajikan. Adapun yang mula-mula wajib bagi mubtadi (calon pengikut tharekat). Tuhan Allah berfïrman : "Mereka yang berjuang dalam garis-garis kami. Tuhan memperingatkan : "Wahai orang yang beriman. Rasul-Rasul. M a k a dengan demikian pertama-tama wajiblah mubtadi ini berpegang sungguh-sungguh kepada Al-Qur'an. dan tidak meletakkannya. kemudian bersungguh-sungguh dalam amal. dan karena orang yang benar itu tidak kembali. mendekati Syeikh-Syeikh. Sunnah dan beramal dengan keduanya. sedang ia bersedia menahan lapar untuk membiarkan orang lain kenyang. sehingga ia tidak mengangkat sebuah kakinya dalam perjalanan kepada Tuhan itu. penyelewengan dirinya. dalil-dalil dan tuntunan-tuntunan. keramat itu tidak jadi apa. pertunjuk. yaitu hendaklah ia mempunyai akidah Salaf as-Salih. Ahlus Sunnah pada hari-hari pertama. sahabat. memuliakan teman-temannya dengan pemberian. buah dan tanda-tanda sampai kepada Tuhannya. Dan apabila sudah wusul kepada-Tuhannya. hingga ia beroleh hidayah. karena dia adalah termasuk kekuasaan. sedang engkau lupa akan dirimu. Kemudian wajiblah ia membersihkan niat dan janjinya bersama Allah. baik yang diperintahkan atau yang dilarang. akan kami tunjukkan jalannya kearah itu. seorang Mubtadi akan beroleh ilmu hakikad. tetapi syarat kewalian mewajibkan ia menutup kekeramatannya. menahan membenci dan mengecam manusia lain. meskipun telah terbuka baginya keramatnya. yang merupakan dasar dalam tha rekat ini. Kedua-dua perkara terakhir ini se-akan-akan merupakan kedua sayapnya. Lain dari pada itu seyogianya ia tidak mengharap-harapkan terkabulnya sesuatu permintaannya kepada 27 . Sunnah Nabi-Nabi. hawa nafsu yang pêsat. 1. yang digunakan terbang dalam tharekat untuk men capai Allah Ta'ala. baik mengenai usul atau mengenai furu'. mengapa engkau mengatakan sesuatu yang engkau tidak kerjakan". kecuali dengan Allah selama belum sampai kepada Allah dengan kehendaknya itu. sedangkan engkau membaca Qur'an i t u " (Qur'an).ADAB D A L A M T H A R E K A T . Aulia dan Siddiqin. yang dapat beroleh istirahat batin dalam menghadapi perkara-perkara yang sulit.

juga suatu adab yang tidak baik. kesadaran. yang telah mendahulukan kami dengan imannya. seperti yang sudah diterangkan mengenai murid. beroleh pemeliharaan Tuhan dan perlindungannya. kecuali jika sangat penting. tidak dari pintu belakang. karena diatas muka bumi ini. mem pelajari adab-adab yang baik. dengan majelis-majelisnya. Sirri As saqati. Diantara adab murid ialah bahwa ia tidak berbicara didepan Syeikhnya. kelihatan tanda pada mukanya. terutama dalam pergaulan dengan sahabatnya. Yang paling wajib mengenai adab dengan syeikhnya. ia meminta ampun kepada Tuhan untuknya. Setelah dari pada adab murid terhadap guru. ialah meninggalkan perselisihan paham padalahirnya terhadap gurunya itu. kecuali pada 28 . Lihatlah bagaimana baik hubungannya antara guru dan murid. dari pada wali-wali dan abdal. antara Adam dan Malaikat. dan diantara lain juga selalu bergerak dan diam untuk keletihan mengunjungi Syeiknya. dengan A b u Qasim al Junet dan lain-lain wali. Dan jika datang kepadanya. Apabila dia melihat ada sesuatu yang diperbuat Syeikhnya bertentangan dengan syariat. ambillah contoh dari pada Wali-wali dan Abdal. dan berdo'a agar gurunya itu ber-oleh taufiq. iaboleh memberikan khabar kepadanya. 2. tetapi dengan memberikan contoh-contoh dan isyarat-isyarat. Jikalau tidak ada sesuatu ke-uzuran atas perbuatan gurunya itu. ampunilah kami dan saudara-saudara kami. lebih baik ia meminta ampun Tuhan untuknya. tidak boleh membuka sajadah dihadapan gurunya. jangan berlebih lebihan. mendekatinya.Tuhan. Ia tetap terus menghormati Syeikhnya dan menganggap keagungannya. Ia terus lemah-lembut terhadapnya. tabi' dan matbu'. kembali kepadanya. dan mengikis habis pertentangan dalam hatinya dan dalam kebatinannya. Dan apa bila ia melihat ada sesuatu aib padanya. Ambillah contoh dari Nabi dan sahabat-sahabatnya. sekali-kali juga ia kasih tahu kepada orang lain. Banyak membaca dan memahami isinya firman Tuhan yang berbunyi : "Tuhan kami. atau perasaan tidak senang. seperti antara Hasan Basri dan murid-muridnya. dengan budaknya. yang dikurniai oleh Tuhannya. Syeikh dan murid adalah sahib dan mashub. dengan saudaranya. dan jangan kamu jadikan dalam hati kami rasa yang tidak enak bagi mereka yang beriman itu. tetapi memeriksa apa yang merupakan sebab perobahan gurunya itu. Utbahtul Gulam. lalu tatkala itu membawalah perubahan kepada hatinya. jangan ia memutuskan hubungannya dengan gurunya itu. karena yang demikian itu merupakan dia lama-kelamaan masuk kedalam rombongan kecintaan Tuhan. menunjukkan sesuatu hadiah yang disanggupinya. dan tidak ditujukan langsung kepadanya. dengan murid-muridnya. memasuki rumah Syeikh itu dari pintu depan. pada hari-hari kurnia Tuhan baginya. orang yang berakal. kebatinan dan niatnya. Apabila Syeikhnya amarah. jangan ia menunjukkan kekurangan adabnya. sejak dari Adam sampai hari k i amat. karena engkau pengampun dan pengasih. hendaklah ia menutup ke-aiban itu. kecuali beroleh ampunan bagi semua dosa yang telah sudah. Ambillah contoh yang baik antara Adam dan Allah. ia tidak melahirkan sejarah hidupnya dihadapan gurunya. dan hubungan Nabi-Nabi lain. ilmu.

dan ia memelihara rahasia gurunya dalam berhikmah kepada Allah. Apabila guru membicarakan sesuatu persoalan. lebih dari pada gurunya. 4.waktu Sembahyang. untuk meng hindarkan kurang sedap perasaan gurunya. tetapi ia ambil ucapanucapan gurunya untuk diterimanya dan diamalkan dengan sebaik-baiknya. Lain dari pada itu adalah diantara adab yang terpenting dari seorang murid terhadap gurunya. membiarkan ia duduk dengan orang-orang besarnya dengan sesenangsenangnya. bahwa seluruh kebajikan seorang murid adalah terletak dalam keadaan ia diam. sebagaimana tersebut dalam sejarah wali-wali. ia melayaninya dengan lemah lembut dan kasin sayang. 3. maaf-memaafkan. dan tidak memangkukan padanya. penuh dengan taubat dari pada mengurangi harga ucapan gurunya. dan jika sudah selesai segera digulungnya tikar sembahyang itu. Syeik mendidik muridnya sebagai seorang ibu mengasuh anaknya. membenarkan dan beri'yatikad. keringanan. seorang murid harus diam. Ia berdo'a mudah-mudahan Tuhan menerima. membantu mereka dalam berhikmah. terutama pada waktu kekurangan murid itu melakukan latihan amal. atau seorang bapak yang penuh kasih sayang dan bijaksana menghadapi anaknya dan pesuruh-pesuruhnya. yang dilihatnya lebih berhak memperoleh bantuannya dari pada orang lain. Apabila ia melihat ada kekurangan dalam jawaban gurunya. seorang murid tidak boleh menambah. Terhadap ikhwan harus selalu melahirkan kesepakatan 29 . Seorang murid harus selalu siap sedia buat berhikmat kepada gurunya. apalagi ia mengemukakan kesalahan gurunya dalam membicarakan persoalannya. Ia mengambil dan memberikan pelajaran yang mudah. bahwa tidak seorangpun yang lain dalam kampung itu yang lebih aula tempat mengambil manfa'at. pencinta-pencinta ulama yang terdapat dalam dunia tharekat. sehingga menjadi tabiaat baginya. meskipun ia tahu dan dapat memberi jawab. kelihatan muka safa dan ilmu sebagai kurnia Tuhan. sehingga orang lain tidak mengetahuinya dari mulutnya. pertama mengharapkan amalnya diterima Allah. Seorang murid duduk tenang mendengar pelajaran gurunya. apa yang belum sanggup dikerjakan murid itu. tetapi bersyukur kepada Tuhan dari kurnianya kepada gurunya itu dari pada keutamaan. bahwa ia meyakini. Ia diam. sebagai kurnia cahaya Allah. jika didapati pada diri murid itu mujahadah dan ajimah yang benar. dan tidak memperdulikan tabiat murid itu. Ia tidak berbicara dan memperbanyak uraianjnya. maka hal ini harus terjadi dalam kemurahan tangan. Adab Syeikh terhadap murid. Seorang Syeikh wajib mengajar murid dengan adab. ilmu dan cahaya. berangsur-angsur ia memerintahkan. Jika terlalu berat diberikan kepadanya rukhsah. nasehat-menasehati. Persahabatan Ikhwan. Keringkasannya. Adapun persahabatan dengan ikhwan. dan kemudian dikembalikan kepada kegiatan yang sebenarnya.

Persahabatan dengan fakir miskin.tentang ucapannya atau perbuatannya. 5. Dalam bersahabat dengan orang asing. ialah mengayakan mereka dan mendahulukan mereka dari pada dirimu. Adab orang kaya terhadap orang. 8. bahwa ia orang yang sempit. K i ta lebih baik percaya kepada Tuhan. Persahabatan dengan orang kaya. 30 . dan perlihatkanlah kepada mereka bahwa dirimu dibawah mereka. dan mengatakan dirinya. mem perdamaikan antara mereka. jangan kita mengganggu cita cita mereka. kita haruslah memelihara rahasia kita. maafkan pada zahirnya. meskipun tidak disetujui pendirian itu. menjauhkan perselisihan paham dan perdebatan yang tidak berfaedah. Dalam bersahabat dengan orang-orang kaya. 6. memberi faedah untuk diri temannya itu. meskipun apa yang dibencinya itu. Persahabatan dengan orang asing. dan menjauhkan diri dari pada membuka aib mereka. sehingga hatinya itu lama-kelamaan berubah menjadi baik kembali. hubungan diri dengan mereka. apa yang mereka punya. Jangan meyakini. Lain dari pada itu hendaklah kita menjaga keselamatan harta bendanya. hilanglah sepertiga agamanya". kemudian tidak boleh hasad dan hakad terhadap mereka. Begitu juga kita harus sabar menghadapi akhlak mereka yang kurang baik. dan banyak membantu fakir miskin. menjauhkan apa yang dibencinya. dan melihat kepada mereka dengan lemah lembut dan penuh kasih sayang. keluarkan dari hati mu sifat-sifat yang buruk. bahwa diri kita lebih mulia dari pada mereka. bahwa kita harus merahasiakan kepada mereka peraturan-peraturan tharekat kita. orang miskin dan sebagainya untuk merendah diri. tunjukkan ikhsan dan akhlak tinggi. bahwa mereka adalah orang-orang yang damai. Diantara adab terhadap fakir miskin. jika tidak hilang percekcokan antara sesamanya. tinggalkan pergaulan dengan mereka se-sedikit mungkin. seperti yang dilarang oleh Nabi : "Barang siapa minta belas kasihan dari orang kaya. hendaklah kita ingat halhal yang tidak boleh kita ambil dari padanya. Yang penting juga diketahui. kalau disampaikan juga kepadanya. misalnya harus kita tinggalkan tama' mereka dalam usaha. 7. engkau lebih baik memelihara agamamu. bahkan kita lahirkan. Diantara lain yang terpenting juga ialah memelihara hati ikhwan. Apabila ada seorang yang berlain paham dengan mereka. dalam makanan dan minuman. miskin hendaklah bahwa orang kaya itu berperasaan lemah lembut. mendatangi. jungan mengharapkan belas kasihan orang. dalam berpakaian dan hidup senang dalam majelis-majelis ditunjukkan kehormatan kepada mereka.

tentang ridho. haruslah sesuai dengan selera mereka. jikalau permintaannya lekas kabulkan. mutu ahlak yang baik. jangan sampai ia makan haram. dengan penuh kasih sayang. juga. selalu menggembirakan mereka. selalu mengajar mereka berakhlak baik. tidak menghadapi meja makan kecuali bersama-sama. yang dinamakan oleh Nabi Ahlul Qur'an. bahwa ia fakir. Diantara adab persahabatan dengan fakir. memberi nafakah kepada mereka yang cukup. jangan menceriterakan banyak kesukaran keluarganya. Jangan bergaul dengan orang kaya untuk merasakan kelezatan kekayaannya. sebagai orang yang berhikmat kepada keluarganya. Seorang fakir harus insaf. Diantara adabnya ia menunjukkan akhlak dan mutu tinggi kepada orang orang kaya yang datang kepadanya. dll. tidak mengeluh pada manusia tapi memohon taufiq Tuhan dengan sabar. jangan sampai mengurang-ngurangi untuk disimpan dan disembunyikan. tentang yakin. Adapun adab seseorang terhadap keluarga dan anaknya penting sekali. Lain dari pada itu hendaklah ia wara'. dan selalu menunjukkan kepada mereka bahwa orang fakir yang salih adalah keluarga Tuhan. Apabila ia berbelanja untuk makanan. 10. jangan banyak mengeluh dan meminta. 31 . Peradaban fakir dalam kefakirannya. bahwa kamu jangan menarik mereka berdebat. selalu berusaha untuk kemaslahatannya. Ahlullah. Terutama minta diperhatikan pergaulan dengan tetangga-tetangga yang miskin. Pergaulan dengan keluarga dan anak. dll. Seorang yang baik kelakuannya bertindak sebagai wakil keluarganya. tentang kebaikan keluarganya. memper hatikan tentang hal-ihwal fakir. tentang kurnia Tuhan kepada mereka untuk menerangkan hatinya dan meringankan anggautanya dalam menjalankan perintah Tuhan. tentang ma'rifat. jangan banyak ia meminta-minta kepada manusia. sebagai seorang hamba melayani Tuannya. menjaga penunaian perintah Allah dan ta'at kepadanya. kalau dia berbuat dosa. harus berlaku lemah-lembut. Pekerjaan serta ucapan yang baik-baik. Juga termasuk tugas bekerja sekeras-kerasnya untuk kebahagiaan keluarga dan anak-anak waktu sekarang dan waktu dimasa yang akan datang.Banyak wali-wali yang bersahabat dengan fakir miskin sampai berpuluhpuluh tahun. diantaranya harus memakai ahlak yang bermutu tinggi. selalu bersyukur atas nikmat Tuhan. jangan menurut selera sendiri saja. sebab-sebab mau kaya dan mau banyak harta benda. tetapi banyak meminta kepada Tuhan. meminta mudah rezekinya dan memudahkan usahanya. tentang sabar. 9. sebaliknya ia harus hidup sederhana jangan mengatasi orang lain dalam putus asa atau membunuh diri. usahanya. tidak dihadapi dengan tingkah laku dan ucapan yang kasar-kasar. tetapi perlihatkanlah selalu kepadanya muka manis dan tangan yang ringan. lekas taubat pada Allah nantikan turunnya kemurahan Tuhan. jangan meminta kepada Allah menukarkan kefakirannya dengan kekayaan atau memperlihat-lihatkan penghidupannya.

tawakkal. 32 . Syaihul Waqti wat Thariqah. Al-Quthubur Rabbani. ridho dan benar.). hingga ia merasakan enam akibat. Qaddasallahu sirrahu wa Asfadha alaina wa alal Muslimina barakatahu wa birrahu" dalam kitab "Al-Ghaniyah li Thalibi Thariqil H a q " . (Mesir. I I : 203). perintahlah kepadanya pergi kepasar dan suruhlah ia berusaha". sabar. Kata Muhammad bin Fadhal: 'Tstirahat itu ialah terlepas dari pada kesentau saan manusia". Diantara nasehat-nasehat terakhir.t. Kata Zun Nun Al-Misri : " A l l a h tidak mengangkat seseorang hamba dengan sesuatu keangkatan yang baik bagi Tuhan. wa Ma'danis Suluki wal Hakikah. ia sebenarnya menghinakan agamanya". Pertama ditutup pintu nikmat dan dibuka pintu kesukaran. karena ketujuh perkara ini adalah dasar-dasar tharekat kita (hal. Ketiga ditutup pintu kesenangan dan dibuka untuknya pintu berjihad ber-sungguh-sungguh. baik perangai. Syayidi Abdul Qadir Al-Jailani. Sye ikhhut Thariqah Al-Qadiriyah. melainkan sesudah mengubah keangkatan itu menjadi penghinaan dirinya". Kedua ditutup pintu kebesaran dibuka untuknya pintu kehinaan. t. Kelima ditutup pintu kekayaan dan dibuka pintu fakir. syukur. Demikianlah beberapa catatan dari pada peninggalan Sulthan Aulia. sama pentingnya dengan perkara-perkara mujahadah. dan dibuka pintu persiapan untuk mati". Kata A b u U mar bin Najid : "Barang siapa mengkeramatkan dirinya. Dan keenam ditutup pintu cita-cita. Kata A b u A l i Al-Ruzabari: "Apabila seorang Sufi berkata sesudah lima hari "saya lapar". Keempat ditutup pintu tidur dan dibuka pintu ber jaga.Dan inilah diantara hal-hal yang sangat perlu difikirkan oleh pengikutpengikut tharekat. pengarang mengemukakan ucapan Ibrahim bin Adham : "Seorang lelaki tidak dapat mencapai derajat salihin.

33 .TAUHID .

.

dalam peradilannya. bukan jauhar yang dapat diraba. seperti dikatakan dalam A l Qur'an "tidak ada yang sama dengan dia. bahwa seseorang harus mengetahui dan meyakini. azali tidak luput selama-lamanya bermahkota rahasia dan perkasa. tidak beranak dan tidak mempunyai ibu bapak. ia aktip. yang tinggal kekal adalah Tuhanmu. lemah lembut. melihat dengan penglihatannya. mengetahui dengan ilmunya. tidak pula gelap gulita. meninggi. berbuat baik. tidak kelihatan. tidak terikat kepada mahluk. pelaksana permulaan dan kesudahan segala sesuatu. tidak Tuhan lain. ia melaksanakan segala sesuatu sejak dari langit kebumi. bersemayan diatas Aras. meningkat tinggi. yang terbatas. yaitu Allah untuk langit lebih tinggi. sehari lamanya seribu tahun bagi manusia. berkehendak dengan iradahnya. ia mempunyai kurnia yang mulia. segala sesuatu diketahui dengan ilmunya. berdiri sendiri. perkasa. ia menghindarkan segala kemudaratan dan bala. tidak mempunyai susunan atau alat pancaindra. tunggal yang disembah. bahwa Allah itu satu tunggal. sebagai sabdanya : "Tiap apa yang ada fana. bijaksana. tidak ada yang membantu. baginya dipakai nama-nama yang agung. Dan bahwa Allah itu hidup dengan hidupnya. mengetahui isi dan lubuk hati. bukan cahaya yang cemerlang. perbuatannya tidak dapat dibandingkan dengan perbuatan manusia. dan meningkat kelangit. berkuasa dengan kodratnya. Adapun mengenai pencipta yang Maha Agung dan Maha Kuasa. dan lain-lain sebagaimana firmannya yang benar. penolong. menetapkan rezeki mereka dan ajalnya. terkemuka dalam mengurniakan sesuatu pemberian dengan nikmatnya. bahwa Tuhan itu "mempunyai Aras yang kokoh. Dan bahwa Allah Ta'ala itu adil dalam hukumnya. memberi makan. dan membalik pemandangan. bukan Tuhan yangtaat kepada manusia. tidak memakan tempat. pengampun yang tersembunyi. menentukan pekerjaan manusia. ia itu sangat mendengar dan maha melihat.MENGENAL PENCIPTA. untuk bumi lebih luas. melihat dengan terang semua benda. tidak tanpa nyata. berbicara dengan kalamnya. ia mengetahui seluruh apa yang bergerak. bahwa Tuhan itu akan membalas amal manusia yang berbuat baik. pemurah. dapat menghancurkan seluruh isi bumi. ia harus. tidak ada tenaga lain yang membantunya. tidak bisa terdahulu apa yang ditakhirkan. tidak bertubuh dan berbadan yang dapat disentuh. tidak dapat diperbandingkan. bukan pembentukan dan benda. melarang dengan larangannya. mempunyai kekuasaannya sendiri yang tidak dapat dilihat dengan mata. lahir dan batin. bukankah dapat mengetahui dengan mudah pencipta itu. memerintah dengan perintahnya. pusat kurnia rezeki bagi hambanya. dari padanya keluar kata-katanya yang indah dan amal yang saleh. perkasa. dan tidak bisa yang terakhir untuk maju kedepan diluar kekuasaannya. tidak ada yang sama sesuatupun dengan Tuhan Allah itu. mendengar dengan pendengarannya. mengetahui segala perkara yang ada. ia mengetahui rahasia dan apa yang tersembunyi. yang mempunyai kebesaran dan kemuliaan. hidup tidak mati. berkuasa. dengan tanda-tanda dan dalil-dalil secara ringkas. tidak dapat ditinjau. pencipta. selalu giat. tidak ada yang serupa. mengobahi segala ihwal mahluknya pada tiap hari. lengkap dalam ciptaan. bukanlah manusia itu yang berbuat. yang tidak dapat digambarkan oleh hati dan zihin manusia. memberitahu dengan pemberitahuannya. tidak ada serikat. Diantara lain dikemukakan. tidak mempunyai tabiat. tidak tidur. pencipta dan tempat kembali segala 35 . dapat menangkap pengertian sesuatu. manusia mengikutnya. yaitu. berbuat apa yang disukainya. dan tidak diberi makan.

mengampuni. dan ditulis. bagaimanapun dibaca. atau bacaannya. turunnya dengan bahasa Arab yang nyata".w. tidak dapat dikarang semisalnya. Pernah ditanya kepada Imam Ahmad Ibn Hanbal tentang orang yang mengatakan bahwa lafat Qur'an itu makhluk. bukan bikinan. bukan baharu. memberi rahmat. atau dalam dada penulis. keluar padanya kembali hikmah padanya. bahwa Qur'an itu adalah kalamullah. juga menjadi kafir. memarahi dan mengasihani. mencintai dan membenci. Segala hukum kembali kepada Tuhan. memberi ampunan. atau yang membicarakannya. pembacaannya yang makhluk. Yang demikian itu karena bahwa Qur'an yang mulia itu berasal dari Tuhan. batu tulis dari kanak-kanak yang mempelajarinya. menciptakan dan melahirkan. sampaikan apa yang diturunkan kepadamu dari pada Tuhanmu". tidak kikir. d l l . bermacam-macam lafat. belas kasihan. tidak diperkenankan Sembahyang di belakangnya. seperti firman Tuhan : " M a k a turunlah roh Amin atas hatimu.a. apabila tidak dibunuh. yang diriwayatkan oleh Usman bin Affan. Jangan dipergauli. tidak dapat dilebihkan. tidak syah menjadi wali dalam sesuatu pernikahan. agar kamu menjadi orang yang memberi khabar pertakut. tertawa dan gembira. seperti orang murtad. menghidupkan dan mematikan. Qur'an itu ialah Mazhab ahli Islam. karena sangat panjang. tidak dapat diganti. Nabi berkata dalam sebuah hadis. serta ceritera-ceritera lain yang ada hubungannya dengan ajaran meng-esakan Tuhan dalam segalagalanya. sifat ketauhidan Tuhan. dengan memberi alasan Qur'an dan Sunnah. atau lafat Qur'an itu makhluk. atau bacaannya. Dan yang dinamakan kalamulah itu ialah Qur'an yang mulia. maka ia menjadi kafir terhadap Allah. seperti keutamaan Allah atas seluruh makhluknya". Keyakinan terhadap Al-Qur'an. yangdibawa turun oleh Jibril kepada Rasulullah s. jangan makan bersama. menyudahi segala larangannya.. tidak diterima sahadatnya. tidak dapat diubah. dan bagaimanapun terjadi bermacam-macam qiraat. murka dan marah. dan juga akan kembali kepadanya kalamullah yang tersimpan dalam dada mereka yang menghafalnya. pidatonya wahyunya. mengambil tindakan. bahwa keutamaan Qur'an itu dari pada segala ucapan yang lain. Jawabnya hukumnya kufur. tidak dapat dikurangi. tidak disembahyangkan apabila ia mati. diperhatikan. Menurut A b u 36 .yang hidup. barang siapa berkata bahwa Qur'an itu kalamullah. bukan bikinan. Inilah yang disampaikan Rasulullah kepada ummatnya. Dan berkata lagi. sebagaimana yang ditugaskan oleh Allah sendiri dengan katanya : "Wahai Rasul. untuk mengikuti segala perintah Allah. tidak lupa. atau ibaratnya makhluk. ia tetap kamulah kalamulah dan merupakan sifat dari pada sifat zatnya. memberikan sesuatu kepada makhluknya dan mencegah pemberian itu. Saya tidak salin semua. Oleh karena itu barang siapa yang menganggap bahwa Qur'an itu makhluk. jangan didekati tetapi dijauhkan diri dari padanya. turun dari Tuhan dan hikmahnya kembali kepada Tuhan. kitabnya. apabila ia taubat diampuni. atau ibaratnya makhluk. Semua ini berisi ibadat menjalankan segala perihtahnya. bukan makhluk. D i a disuruh tau* bat tiga kali. jangan dinikahi. Tiap hamba Allah wajib meyakini.

pengetahuan tentang Allah dengan sifatnya. Dan kalau diberikan Tuhan Taufiq orang-orang beriman itu akan terjadi seperti dalam firman Allah : "Adapun mereka yang ber-Iman. bahwa iman itu bisa bertambah dan berkurang. A b u Hurairah. dalam surat Al-Imran. bahwa iman itu dapat bertambah dan berkurang. Dan dapat juga dikatakan bahwa iman itu yaitu agama dan syariat serta keyakinan. bahwa Iman itu diucapkan dengan lidah.Darda' Nabi pernah ditanya tentang Qur'an. dan dapat berkurang dengan maksiat. Sesudah membicarakan panjang lebar tentang Qur'an dan hukum-hukum terhadap mereka yang menganggap makhluk. tersebut dalam firman. Kita harus menganggap nama Allah itu benar dan dinamakan "Asma'ul Husna". Tafsir yang luas terdapat mengenai Asma dan sifat Tuhan itu dalam kitab Ja'far bin Muhammad As-Sadiq. A b u Hurairah menceriterakan. dan beroleh kabar gembira". bertambah lemah karena jahil. karena bahwasanya agama itu adalah apa yang diyakini dari pada pekerjaan taat. Iman itu dapat bertambah dengan taat. siapa yang mengucapkan masuk surga. Al-Assyari menentang. seratus kurang satu. bahwa Nabi pernah berkata. yaitu ilmu syariat. Imannya bertambah-tambah". bahwa Allah itu mempunyai sembilan puluh sembilan nama. berbunyi. Mengenai Iman. yang mengatakan Qur'an dengan segala-galanya itu makhluk. dalam surat Al-Furqan. Yang demikian ini adalah sifat iman. dalam surat Qulhu-wallahu ahad. bahwa Qur'an itu kalamullah. Dan apa yang bisa mengurangi Iman. Dan banyak sekali keterangan-keterangan yang menentang aliran mu'tajilah. dalam surat Az-Zurriyat. dengan alasan agama dan ceritera-ceritera Salaf. dalam surat Al-Baqarah. bahwa mereka adalah kafir. dalam surat Nisa'. Tiap orang Islam wajib ber'keyakinan. maka keterangan sampai kepada persoalan. serta menjauhkan diri dari pada yang terlarang dan yang diharamkan. maka Imannya itu bertambah-tambah. barang siapa menghafalkan masuk surga. diakui dengan hati dan diamalkan dengan segala rukun-rukunnya. dan A b u Darda'. dalam surat Al-Hadid. Lalu diuraikan semua nama-nama Tuhan. semua terdapat dalam A l Qur'an. yang terdapat dalam Fatihah. 37 . At-Thur. Dan dalam firman : "Gunanya ialah untuk meyakinkan mereka yang mempunyai kitab. bertaburan disana-sini. Iman itu dalam bahasa biasa adalah membenarkan dengan hati dan menguasai dengan ilmu. dapat bertambah kuat dengan Ilmu. " D a n apabila dibaca kepada mereka ayat-ayat Tuhan. tetapi ada yang meriwayatkan sebanyak seratus empat belas nama. menjaga jangan sampai tergelincir serta berbuat maksiat. yang mengatakan bahwa Allah itu mempunyai tiga ratus enam puluh nama. Asma Allah. Ia menjawab. seluruh perkara taat dan yang wajib dan sunnat. Sebuah pendapat yang diriwayatkan dari pada Ibn Abbas. bagaimana kita menganggap Asma Allah yang sembilan puluh sembilan banyaknya. dan orang yang beriman itu bertambah-tambah imannya. bukan bikinan atau makhluk.

karena takut kepada pedang. mengajarkan kamu semua akan agamamu". yakinilah. Adapun Islam itu yaitu tidak lain dari pada jumlah iman. sekarang ceritakan kepadaku tentang Iman ?" Rasulullah berkata : "Bahwa engkau percaya berimman kepada Allah. tetapi melahirkan majikannya. M a k a laki-laki itu lalu menyandarkan lututnya kepada kedua lutut Nabi. Umar Ibn Hattab pernah menerangkan. dan bahwa engkau akan melihat seorang miskin yang tidak berpakaian. Muhammad itu Rasulullah. bahwa Allah itu melihat engkau". dan pada akhirnya harus percaya bahwa kadar baik dan buruk dari A l l a h " . tidak ada bekas perjalanan pada dirinya. kemudian dirikanlah Sembahyang. yang diriwayatkan dari pada Ibn Umar. dan jika kamu tidak dapat melihatnya. yang dijawab oleh Rasulullah : "Ikhsan itu adalah. 38 . seorang gembala kambing. siapa yang bertanya itu ?" Dan tatkala kami katakan. kepada kami : "Tahukah kamu. Ia berpendirian kepada sebuah hadis. Kemudian orang itu minta dikhabarkan pula tentang Sa'ah (hari kiamat). berpakaian putih. kepada malaikatnya. dan kemudian naik haji ke-Baitullah. dan kemudian bayarlah Zakat. kepada kitabnya. kemudian percaya dengan adanya hari kemudian. Dengan demikian Jibril itu dalam ajarannya membedakan pengertian antara Islam dan Iman. dan kemudian berpuasa bulan Ramadhan. dan melaksanakan ibadat yang lima macam tersebut didalamnya. Tiap-tiap iman Islam. Imam Ahmad bin Hanbal menerangkan bahwa Iman itu bukan Islam. bahwa ia berkata. yang dijawab oleh Rasulullah : "Bahwa diantaranya ialah seorang ibu bukan melahirkan anaknya. M a k a oleh karena itu pengertian ini mengenai semua ketaatan. Bukanlah tiap-tiap orang muslim itu mukmin terhadap Allah karena kadang-kadang ada orang yang masuk Islam. Orang itu berkata : "Benar apa yang engkau katakan itu. rambutnya sangat hitam. dan bukan tiap-tiap Islam itu iman. dikhabarkan kepadanya tentang Ikhsan. Adapun Iman itu adalah suatu nama yang diberikan untuk menunjukkan perbuatan dan ucapan-ucapan. yang oleh Rasulullah dijawab : "Tidaklah orang yang ditanya itu lebih mengetahui dari pada orang yang bertanya". seakanakan kamu melihatnya. mengeluarkan kepalanya dari rumahnya yang bertingkat". jika sanggup berjalan kesana". kepada Rasulnya. tidak seorangpun yang mengenai diantara mereka yang duduk dekat Rasulullah.Mengenai Islam. sambil bertanya : "Wahai Muhammad ! Ceritakan kepadaku tentang Islam" Nabi berkata : "Bahwa kamu mengucapkan sahadat: Tidak ada Tuhan melainkan Allah. Dikala itu datanglah kesana seorang lakilaki. dan meletakkan kedua telapak tangannya keatas paha Nabi. bahwa engkau menyembah Allah. Umar berkata : "Saya senang sambil mendengarkan pembicaraan i t u " . bahwa Allah dan Rasulnya yang lebih tahu. sedang tiap-tiap orang mukmin adalah orang yang sudah menyerah diri dan menerima pimpinan Allah Ta'ala. Kemudian Rasulullah berkata. yang datang kepadamu. Dan Islam itu tidak lain dari pada mengucapkan dua sahadat dengan ketenangan hati. bahwa ia pada suatu hari berada dekat Rasulullah. Kemudian orang itu meminta pula. Kemudian orang itu minta dikhabarkan tanda-tandanya. Rasulullah berkata : "Orang itu ialah Jibril. karena Islam itu artinya menyerah diri dan menerima pimpinan.

ialah tidak menentang Allah dalam pekerjaan semua hambanya. yang mendatangi mayat dengan pertanyaan-pertanyaannya. Hal ini menunjukkan. maka ia sesungguhnya telah berbuat bit'ah. bahwa Iman itu ada tujuh puluh pasal. seperti yang dikatakan golongan Khawarij (Al-Ghaniyah 1: 73 dst. tetapi percaya betul-betul terhadap pembahagian kurnianya dalam kelimpahan rezeki. terbuka. Seorang mu'min musti percaya dengan kadar baik dan buruk dari pada Allah. sebagai disebutkan Allah Ta'ala dalam firmannya : "Sesungguhnya ia telah melihat tempat yang terakhir". ia jadi kafir karena bertentangan dengan Qur'an. yang berpendirian. (Hal. sebagai dalam Qur'an" pada "Sadratil Muntaha". dan barang siapa berkata bahwa Iman itu bukan makhluk.). dan yang paling rendah ialah membuang rintangan ditengah jalan. bahwa Qur'an itu adalah makhluk dan hadis. manisnya hukum Allah dan pahitnya. melihat Tuhannya pada malam Isra' dengan dua mata kepalanya.a. bahwa Nabi s. seperti yang telah dikatakan Nabi. Keyakinan mengenai Kadar. Nabi menafsirkan : "Aku melihat Tuhanku dengan keagungan namanya. dan bahwa dosa besar itu menghilangkan taat. Nabi Muhammad pulang balik antara Nabi Musa dan Tuhannya. Tiap orang yang berbuat dosa besar dengan ber-Iman. 1: 71). ia dikeluarkan lagi dengan rachmat Tuhan. bahwa pendirian tauhid dalam tharekat Qadiriyah ini. tahan sabar terhadap bala. memohonkan keringanan Sembahyang sampai tinggal lima waktu. dan syukur terhadap nikmat. tawakkal. diterangkan bahwa percaya kepada kadar. apakah dia makluk atau bukan makhluk. apabila dosa itu sudah selesai hukumannya. kalau ia mengatakan bahwa Qur'an itu makhluk. memang dimasukkan Allah kedalam Neraka atas dosanya itu. tidak syak wasangka. tidak dapat menerima keyakinan Mu'tazilah. Demikian juga seorang mu'min wajib percaya adanya Munkar wa Nakir. mengaku tidak ada daya upaya diri dalam semua usaha. bukan dengan hatinya. karena Iman itu sampai kepada yang kecil-kecil.w. yang mengatakan dosa besar itu mengabadikan seseorang mu'min yang berbuat dosa besar dalam neraka. Iman kepada Nabi melihat Tuhannya. ia menjawab : "Barang siapa yang mengatakan bahwa Iman itu makhluk. Wajib seseorang Islam ber-Iman. tidak sama dengan pendirian Mu'tazillah dan pendirian Qadariyah (bukan Qadiriyah). Lain dari pada itu diterangkan dalam tharekat Qadiriyah ini.Sesudah diberikan beberapa alasan mengenai Islam dan Iman menurut Qur'an dan Sunnah. Tatkala Imam Ahmad ditanya orang tentang Iman. yang terutama ucapan "La Ilaha Illallah". kurnia nikmat bagi mereka yang ta'at dan ber-Iman. seperti membuang rintangan-rintangan yang dapat menghambat teman berjalan dibelakang. meninggalkan sakwasangka. bukan dalam mimpi. Tentang Dosa Besar. dan wajib percaya dengan adanya ajab kubur buat orang yang maksiat dan kafir. tetapi tidak abadi disana. 39 . sembilan kali pada malam Mi'rat itu. bahwa seseorang menjadi kafir. nafakah hidup. membersihkan yang hak serta meninggalkan tuhmah dalam segala halihwal.

anak Hasyim.Selanjutnya hendaklah percaya. dan A l i setahun. akan kebangkitan dari dalam kubur. yang dapat memberi minum orang-orang yang ber-Iman. lebih manis dari madu. misalnya pada timbangan dosa dan pahala. sampai kepada Zin sekalipun. dan yang mengartikan.a. beragama dengan agama mereka dan menjauhkan diri terhadap mereka. bahwa ummat Muhammad itu seluruhnya adalah ummat yang baik dan utama. yaitu A b u Bakar. seribu empat ratus laki-laki. dibawah pohon "Bai'atur Ridwan".sahabat Nabi. Abdurrahman bin Auf. adanya safa'at Nabi M u hammad s. Dan tidak boleh mengikuti ahli Bit'ah. selama keempat-empat Hulafah Urasyidin itu memerintah. Ahlus Sunnah meyakini. bukan menimbang dosa amal. sajaknya dan susunan-katanya serta iramanya yang indah. berkumpuJ dipadang masyar. Dan diantara mereka ada yang lebih utama yaitu Hulafa'ur Rasyidin. dan yang dinamakan Jama'ah. Ahlul Islam meyakini. segala sesuatu yang disepakati oleh sahabat . Pesuruh Allah. Ahlus Sunnah percaya. bahwa arti timbangan atau Mizan itu adalah keadilan. Usman 12 tahun. Semua itu sambung-menyambung sampai kepada Raja-raja Banni Umayah dan Bani Abbas. yang sejak hidup didunia telah dipastikan masuk Surga. dan percaya akan adanya timbangan dosa dan pahala. bahwa ada sepuluh orang sahabat Nabi yang terutama. bahwa Allah Ta'ala mengadili hambanya yang mu'min dengan hisab pada hari kiamat. warnanya lebih putih dari susu. Lain dari pada itu mereka percaya. pertama A b u Bakar.w. Penghulu segala Rasul. A l i . bahwa diantara Mu'jizat yang diturunkan kepada'Nabi Muhammad. begitulah pengikut Muhammad dibawah panji-panji Rasullullah sendiri. dan percaya akan keutamaan Ahli Badar. pada waktu melalui sirath (jembatan) diatas neraka. Wajib bagi tiap-tiap orang Islam yang mu'min mengikut Ahlus Sunnah wal Jama'ah. seperti Mu'zijat Aisya dalam menghidupkan orang mati. Sa'id.a. diucapkan dan diputuskan oleh Nabi s. Penutup segala Nabi-Nabi. Mu'zijat mana seperti tongkat untuk Musa. Sa'ad. yaitu empat orang. menjadi pokok bahasa Arab. Yang dikatakan Sunnah adalah segala yang dilakukan. dapat mengeluarkan mereka dari neraka. Barang siapa meminumnya seteguk tidak haus selama-lamanya. bukan orang kafir. dan bahwa ia diutus kepada seluruh manusia. menyembuhkan sufa' dan buta. Ahlus Sunnah percaya. 40 . anak Abdul Muthalib. Usman. tiap-tiap umat berkumpul dibawah panjipanji Nabi-nya. Umar sepuluh tahun. Umar. A b u Ubaidah bin Zarrah. Ommat Muhammad. Lebih luas safa'at Nabi Muhammad itu diperoleh pada tiap-tiap kejadian. yang memerintah sesudah Nabi. bahwa bagi Nabi kita ada kolam air dihari k i amat itu dipadang masyar. sampai kepada mereka yang ber-Iman. yang jumlahnya tiga ratus tiga belas orang. sesuatu yang ditentang oleh Mu'tazillah. sejak mereka bertemu dengan Nabi. adanya perhitungan. membenarkannya dan bersumpah setia dengan Nabi di Hudaibiyah. Zubair. yang bahasanya tersusun sangat indah. Thalhah. kebajikan dan kejahatan pada hari kiamat. ialah Al-Qur'an. untuk umatnya yang berdosa besar dan dosa kecil. Murji'ah dan Khawarij. selama telah memerintah dua tahun.. Ahlus Sunnah meyakini.w. bahwa Muhammad itu adalah anak Abdullah.

bahwa akidah dan Iman dalam tharekat Qadiriyah ialah akidah sepanjang Ahlus Sunnah wal Jama'ah.Ahli Bit'ah. yang semuanya adalah orang-orang yang terlalu ta'asyub (Chaauvinisjeb). golongan Qadariyah (Mazhab aliran bukan tharekat). golongan Nasibiyah. yang dinamakan juga Musybihah. golongan Jahmiyah. yang pernah menuduh Nabi tukang sihir. Dengan uraian yang pendek diatas itu. orang gila. tukang syair. Yang termasuk ahli Bit'ah juga kafir-katïr Mekkah. bukan akidah Ahli Bit'ah. seperti golongan Zindiq. Kedalam pembicaraan ahli Bit'ah ini dimasukkan ahli-ahli aliran yang menentang akstar (tradisi sahabat) dan diberikan alamat-alamatnya. 41 . kelihatanlah. dan orang-orang yang harus difitnahi. golongan Mujibirah (penganut aliran Jabariyah). golongan Rafidhah.

.

URUSAN IBADAT 43 .

.

dan Tuhan mengampuni apa yang sudah dikerjakan dari pada maksiat itu sebelumnya.PERKARA SHALAT. sebagai firmannya : " H a i Muhammad. ia sudah masuk dalam Agama Islam. karena ucapan itu pengakuan dan amal. karena ucapan itu pengakuan dan amal itu kenyataan. Dalam pendahuluannya pengarang menyebutkan. dikemukakan sebagai berikut: Barang siapa ingin hendak masuk kedalam agama Islam. Segala sesuatu mengenai ibadah dalam tharekat ini terdapat dalam kitab "Al-Ghaniyal l i Thalibi Thaliqil H a q " . Sepintas lalu dapat kita lihat. karena memang pelaksanaan sari'at dalam tharekat Qadiriyah bersamaan dengan mazhab Syafi'i dan termasuk dalam ikatan Ahlus Sunnah wal Jama'ah. dan meiepaskan segala keyakinan lain. Sebagaimana dan mendalam membicarakan kepada fadilat dan adab dalam persoalan sari'at. lebih dahulu ia mengucapkan dua kalimat syahadat. tatkala keduanya masuk Islam. dan apa bila mereka sudah mengucapkan kalimah itu. Sebagai pokok-pokok yang terpenting sebelum melakukan ibadah. seperti yang pernah diperintahkan oleh Nabi kepada Sumamah anak asal dan Qais bin Asim. mandi". Tuhan mengampuninya segala dosa yang telah sudah" dan sabda Nabi : " A k u diperintahkan berperang dengan manusia. kemudian mandilah kamu". bahwa jika mereka menghentikan segala perbuatan yang terlarang. terpeliharalah darahnya dan harta bendanya. merampas harta bendanya. ucapan itu tanda luar dan amal itu adalah jiwanya". memaki orang. Ia harus ber'iyatikad dalam hatinya ke-ke Esaan Allah Ta'ala. maka ia tidak diterima oleh A l l a h " . sebagai firmannya : "Bahwa agama yang dibenarkan pada sisi Allah ialah Agama Islam" dan firmannya : "Barang siapa menghendaki selain dari pada Islam sebagai agamanya. kecuali ada haq dan perhitungan lain terhadap A l l a h " . juz I dan II. yaitu syahadat tauhid dan syahadat Rasul. Apa bila seseorang sudah melakukan dan memahami yang demikian itu. Sesudah itu diwajibkan kepada orang itu salat. Nabi Muhammad menerangkan : "Islam itu mewajibkan sesuatu sebelumnya. Dan dalam sebuah riwayat yang lain Nabi berkata : "Buanglah dari badanmu bulu kekufuran. kecuali keyakinan dalam agama Islam. katakan kepada mereka yang kafir itu. 45 . serta memperhatikan ahlak dan adab orang-orang salih dalam melaksanakannya. hingga aku berhenti. mengenai fardhu dan sunat dengan memegang kepada dasar Qur'an dan Hadis Nabi. Kemudian mewajibkan juga mandi bagi mereka yang ingin menganut agama Islam. karena Iman itu terdiri dari pada ucapan dan amal. karena agama Islam itu adalah satu-satunya agama yang dibenarkan oleh Allah Ta'ala. bahwa dianggapnya perlu untuk memperkenalkan kepada pengikut-pengikutnya segala adab sara' itu. karangan Quthubur Rabbani Sayyid Abdul Qadir Al-Jailani. bahwa uraian tentang fiqh dalam tharekat ini banyak bersamaan dengan fiqh dalam mazhab Imam Syafi'i. M a k a haramlah baginya membunuh orang. apa bila mereka mengucapkan kalimah syahadat" L a Ilaha Ilallah".

cucilah kaki kamu sampai kedua mata kaki". ^sudah memadai. Bersuci itu ada yang pardu dan ada yang supat. mencuci hidung dan memasukkan air kedalam lubang hidung. menutup badan dengan pakaian yang suci. kecuali jika orang itu puasa. tatkala ia berke hendak mengambil air wudhu. 46 . sedang kedua jari-jarinya yang basah itu dimasukkan kedalam kuping dan diluar kuping.Ada beberapa syarat sebelum mengerjakan salat. Adapun tempat niat itu dalam hati. Adapun mencuci kaki hendaklah sampai kepada kedua mata kaki. menyela-nyela janggut dengan basahan air. berniat dan masuk waktu bagi tiap-tiap sembahyang. semuanya ada sepuluh. Dan tiap-tiap pekerjaan tadi dilakukan sekali-sekali saja. Dan jika diringkaskan dengan i'yatikad saja. sebelum kering air pada bahagian badan yang pertama dicuci. sebagaimana disusun dalam Al-Qur'an menurut firman Allah : "Wahai orang yang beriman. mengambil air baru untuk mencuci telinga. dari kuping kekuping yang lain. hal itu lebih utama dikerjakan. yaitu menenggelamkan tangan kedalam air dan menyapu kepalanya mulai dari depan serta menarik kedua tangannya kebelakang dan mengembalikan lagi ketempat permulaan. Sesudah itu berkumur-kumur. yang dinamakan mua'lat. mencuci mulut sebersih-bersihnya. Adapun yang kesembilan ialah menjaga tertib pencucian segala anggauta itu semuanya. menghadap qiblat. cucilah muka kamu dan tangan kamu sampai kesifcu-siku. apabila kamu berdiri hendak sembahyang. yaitu memasukkan air kedalam mulut. berdiri melakukan sembahyang diatas tempat yang suci. dari batas rambut kepala sampai kepada dagu dan janggut-janggutnya. memutarkan air itu dalam mulut dan mengeluarkannya kembali. Adapun yang kesepuluh ialah. apa bila di ucapkan dengan lidahnya serta ber'iyatikat dalam hati. Adapun perkara yang sunat. atau tayamum tatkala tidak ada air. pertama mencuci telapak dan punggung tangan sebelum memasukkan tangan itu kedalam bejana (atau kolam). Adapun tayamum itu dikerjakan dengan menampar kedua tangannya atas tanah yang suci. yaitu pertama kali niat. Diantara lain bersuci dengan air yang bersih. Adapun yang perdu menurut mazhab ada sepuluh. menyapu rambut dengan air. menggosok gigi. yaitu menyebüt nama Allah. bahwa orang yang akan melakukan sembahyang itu berniat mengangkat hadas dengan pekerjaan bersuci. yaitu mengikutkan berturut-turut pencucian yang kedua kepada yang pertama. kemudian mendua dan meniga kalikan basuhan wudhu. Sesudah itu membaca bismillah. memulai pencucian dengan belahan kanan. Apa bila ini semua sudah selesai. sambil berniat melakukan sembahyang perdu. membasuh kuduk. yaitu memasukkan air dalam lubang hidung dan mengeluarkannya. karena tayamum itu tidak dapat mengangkat hadas. sekali pukul dengan membuka jari-jari tangannya dan menyapu mukanya dengan perut jari-jari itu dan punggung tangan melalui lengan. dan sapulah kepala kamu (dengan tanganmu yang basah). Kalau dia bertayamum dibolehkan sembahyang. Sesudah itu baharulah mencuci kedua lengan sampai ke siku-siku. barulah orang itu mencuci mukanya sendiri. dan menyela-nyela jari-jari tangan dan kaki. Kemudian membasuh hidung. membasuh dalam mata.

dan kemudian niat keluar dari sembahyang dengan salam. tasyahhud akhir dan duduk. yaitu dengan pengetahuan yang yakin atau yang dapat menolak perbasangka. yaitu di i'yatikadkan. Adapun yang wajib sembilan buah. tasyahhud awal dan duduk. atau sekitarnya. takbirratul ihram. seyogiyanya harus menghadapkan muka kepada Ka'bah setepat-tepatnya. arah angin. Kemudian ada lagi yang disebut Hai'ah. Tetapi jika berjauhan. meskipun kain sutera itu suci. kecuali kalau hatimu hudur". membaca istigfar pada duduk antara dua sujud. masuklah orang itu melakukan salat. i'yatidal. Didalam sebuah hadis Rasulullah berkata kepada Sitti Aisyah : "Tidak mendapat apaapa dari pada salatmu. Apa bila semua syarat ini sudah terpenuhi. tasbih pada ruku'. salawat kepada Nabi serta pada akhirnya melakukan salam. atau setepat mungkin menurut keterangan.yang lafatnya tidak berbeda dengan lafat. sampai selesai sembahyang itu. ta'azul dan membaca basmalah. sebanyak lima belas. Begitu juga dengan kain yang dirampas atau dicuci. yaitu takbir selain takbiratul ihram. Mengenai sembahyang ini fiqh Qadiriyah mengemukakan beberapa rukun. dan summah. yaitu cara. Adapun yang sunat itu adalah empat belas. Adapun menghadap qiblat. Adapun tempat sembahyang hendaklah suci pula dari pada segala najis. bahwa sembahyang itu diwajibkan oleh Allah Ta'ala. duduk antara dua sujud dan tamakninah. yaitu iftitah. matahari. ruku'. bintang. meletakkan tangan kanan diatas tangan kiri diatas pusat. Jika dengan kain sutera sembahyang menjadi batal. ruku'.. jika orang itu sembahyang di Mekkah. kemudian diletakkan tikar sembahyang diatasnya. pada waktu angin ribut dan lain-lain. sehingga telapak tangannya dan jari-jarinya setentang bahunya. tasmi' tahmid pada waktu bangkit dari ruku'. sujud dan tamakninah. ada lima belas buah : Mengangkat tangan pada waktu iftitah sembahyang. dan tamakninah. mengeraskan bacaan dan amin atau melunakkan suara itu pada siang hari.Adapun menutup badan hendaklah dengan kain yang suci. dll. Tempat niat itu dalam hati. meletakkan tangan diatas kedua lutut 47 . dan tidak dibolehkan menggunakan lafat yang lain. terutama pada hari berawan. ujung jarinya ditentang telinganya. kecuali kain sutera. Kemudian sampailah pembicaraan kepada niat. syah sembahyang-nya. dan melakukannya dengan tidak ria. Dan sesudah ketahuan waktunya lalu diserukan azan dan qamat. membaca surat dan membaca do'a-do'a lain dalam sujud dan ruku'. yang dimulai dengan lafat "Allahhu Akbar". Jika najis itu sudah kering karena angin atau panas matahari. melihat kepada tempat sujud. dan bangkit dari ruku'. Kemudian perlu diketahui masuk waktu salat. yaitu berdiri. membaca Al-fatihah. Kemudian hatinya harus hadir dan tetap kepada Allah. yang dapat menutupi auratnya dan bahunya dari segala macam kain. sebagaimana yang dikemukakan oleh mazhab Syafi'i dalam kitab-kitab fiqhnya. penetapan arah Ka'bah itu cukup dengan i'jitihad. membaca amin. tumaninah. dan sujud. lalu berdiri sembahyang disitu.

kemudian ia Sembahyang Asyar tatkala bayang-bayang matahari dua kali sepanjang tonggak. lalu disambung dengan Zakat lebih dahulu. dan apabila meninggalkan sesuatu yang wajib karena lupa. Shalat Zuhur empat rakaat. pertama shalat Fajar atau Subuh dua rakaat. "Inilah hadis yang meriwayatkan waktu-waktu Sembahyang. dan apabila meninggalkan salah satu rukun dengan sengaja atau lupa. kemudian ia Sembahyang Zuhur tatkala bayang-bayang tonggak sepanjang tonggak. kemudian ia Sembahyang Isya' tatkala bayangan merah matahari sudah hilang. kemudian ia Sembahyang Maghrib tatkala orang yang berpuasa berbuka. dan ia Sembahyang Isya' pada waktu sepertiga malam pertama. yaitu terdiri dari lima raka'at sehari semalam. Shalat Maghrib tiga rakaat. Dari sebuah hadis yang berasal dari Ibn Abbas. dan Shalat Isya' empat rakaat. Dan ayat-ayat serta hadis-hadis yang lain untuk menguatkan perintah wajib tentang kelima Shalat fardhu itu. kemudian ia Sembahyang dengan saya Asyar tatkala bayang-bayang tonggak telah melewati panjangnya. batal sembahyangnya. Kelima Shalat Fardhu. yang uraiannya seperti sudah dikatakan diatas hampir bersamaan dengan uraian dalam kitab kitab fiqh Syafi'iyah. dikala sore dan dikala pagi. Oleh karena itu dalam fiq Qadiriyah ini.pada ruku'. tetapi jika ditinggalkan dengan sengaja. meletakkan tangan waktu sujud melewati lutut. sambil berkata : Y a M u hammad. duduk iftiras pada antara dua sujud yang pertama dan tasyahhud awal. sesudah uraian Syahadat. Penetapan ini sebagaimana yang diperintahkan oleh Allah kepada Nabi Muhammad pada malam Mi'rat. pengarang menguraikan serba-serbi mengenai Shalat ferdhu bagi penganut tharekat Qadiriyah. kemudian ia Sembahyang Magrib tatkala orang puasa berbuka. bayarkan Zakat. meletakkan tangan kiri atas paha kiri terbuka semua. sedang sebelumnya berbeda-beda rakaatnya. pada waktu masuk matahari dan pada waktu tengah hari". kecuali telunjuk. dan ruku'lah bersama-sama orang-orang yang ruku' kepada Tuhan". Lain dari pada itu juga firman Allah : "Bahwa sembahyang itu diwajibkan berwaktu-waktu kepada segala orang yang mu'min". inilah waktu yang digunakan oleh Nabi-Nabi sebelum engkau. duduk tawaruk pada yang kedua. dengan jumlahnya tujuh belas rakaat. tidak batal sembahyangnya dan tidak usah sujud karena lupa. Kemudian ia Sembahyang Fajar tatkala aku berangkat. dengan jari-jarinya terkepal. batal sembahyangnya. dan sesudah itu barulah rukunrukun Islam yang lain. digunakan ayat Qur'an : " M a h a Suci Allah. Ia Sembahyang dengan saya Zuhur tatkala tergelincir matahari. Dan pada akhirnya Jibril memalingkan mukanya kepadaku. Mengenai waktu. sembahyangnya tidak diterima. meletakkan tangan kanan atas paha kanan. Apa bila rusak salah satu dari pada syarat yang sudah disebutkan dengan tidak uddur. meninggikan punggung tatkala ruku'. dapat ditambal dengan sujud sah wi. Dalam jilid ke-II dari kitab tersebut. pada duduk terakhir. Shalat Asyar empat rakaat. 48 . Dan apa bila ditinggalkan salah satu sunat atau hai'ah. Dalil wajib-nya ialah firman Allah : "Dirikan olehmu akan Shalat.. memperlihatkan perbedaan dan membuka dua lutut pada sujud. kemudian ia Sembahyang Fajar tatkala orang yang puasa telah diharamkan makan dan minum. Baginya kembali segala pujian dilangit dan dibumi. Nabi berkata : "Jibril mengimami saya Sembahyang dekat Ka'bah.

yang diiringi dengan tiga rakaat Sembahyang Witir. dua rakaat sesudah Maghrib dan dua rakaat sesudah Isya'. Apabila penduduk sesuatu kampung mendengar Azzan dari kampung lain atau kota lain. yang membolehkan ia meninggalkan Jum'at 49 . apabila ia tinggal dalam negeri dan bermukim dalam sebuah negeri atau desa. tatkala ia diberi kebebasan keluar dari perut ikan. dan menyebutkan segala macam do'a serta fadilat-fadilat yang mengiringi Sembahyang-sembahyang itu. wajib penduduk kampung itu mendatangi tempat wajib Jum'at. Sembahyang Jum'at. dengan menyebutkan Surat-Surat Al-Qur'an yang dibacanya pada tiap-tiap rakaat. Saya tidak sebutkan disini. dua rakaat sebelum Zuhur dan dua rakaat sesudahnya. dan sabda Nabi : "Barang siapa yang meninggalkan Jum'at tiga kali berturut-turut dengan tidak ada uzur.Dalam sebuah hadis diceriterakan. dan tinggalkan jual beli". yang mula-mula melakukan Shalat Zuhur adalah lbrahim.w. tidak dibolehkan mereka ketinggalan dari pada melakukan Sembahyang Jum'at itu. karena saya ingin hindarkan kesukaran menulis jika tidak dengan huruf Arab. sampai ia Mi'rat. kecuali jika ada uzur. baligh. tatkala ia diperkenankan taubat oleh Tuhan. dan Shalat Isya' (Ttmah) oleh Yunus bin Mata. Adapun pokok kewajiban melakukan Sembahyang Jum'at ini ialah firman Allah dalam Al-Qur'an : "Wahai mereka yang beriman ! Apabila dipang gil untuk mengerjakan Sembahyang pada hari Jum'at. yaitu dua rakaat sebelum Shalat Subuh. Bagi tiap-tiap orang yang diwajibkan melakukan Sembahyang lima waktu. dan Shalat Asyar oleh Ya'qub. Kemudian dijelaskan cara Nabi Sembahyang yang tidak berbeda dengan uraian diatas. Sembahyang Jum'at itu diwajibkan juga. dimana diwajibkan Shalat seperti yang dikerjakan oleh umat Islam sehari-semalam lima waktu. Shalat Maghrib oleh Daud. oh Tuhanku !" Diceriterakan bahwa Shalat yang mula-mula diwajibkan kepada Nabi kita Muhammad ialah Syalat Fajar dan Maghrib. Dan apabila desa itu tidak mempunyai empat puluh orang laki-laki yang semacam itu. Tentang sunat Rawatib yang berhubungan dengan Sembahyang lima waktu sehari-semalam. dibutakan Allah hatinya". hendaklah segera kamu pergi untuk mengingat Allah itu. wajib pula melakukan Jum'at.a. yang jaraknya antara kedua tempat itu satu farsah. siapakah yang mula-mula mengerjakannya ?" Nabi menjawab : "Bahwa orang yang mula-mula melakukan Shalat Fajar itu adalah Adam. dan merdeka. Kepada Yunus Tuhan bertanya : " A k u telah mengazabkan kamu. tatkala Jibril menceriterakan kepadanya tentang Yusuf. : "sesungguhnya Allah telah mewajibkan kepadamu Sembahyang Jum' at pada hari Jum'at". sebagaimana biasa diajarkan oleh Syeikh dan Mursyid dalam menempuh tharekat Qidiriyah. ialah tiga belas rakaat. yang didalamnya terdapat empat puluh laki-laki yang berakal. kemudian ia berkata : "Saya rela dan saya rela. Dan juga menjadi dasar kewajiban Jum'at ini ialah sabda Nabi Muhammad s. adakah engkau rela ?" Yunus bangkit dan Sembahyang empat rakaat. tatkala ia terlepas dari pembakaran api Namrud.pagi dan dua rakaat malam. lalu ia melakukan Shalat itu dua rakaat. bahwa ada seorang Ansal bertanya kepada Nabi tentang Shalat Fajar.

pada tiap-tiap rakaat sebanyak lima puluh kali. atau ia diperlukan untuk sesuatu tugas. dan riwayat yang lain hma puluh. Diantara syaratnya juga ada dua Hutbah. sehingga habis waktu Jum'at. apabila seseorang masuk kedalam mesjid. Dan sesungguhnya kebanyakan Ulama Arif Billah mengatakan bahwa sembahyang sunat sebelum solat Jum'at itu sebanyak 12 rakaat dan sesudahnya 6 rakaat. • Sembahyang Jum'at itu adalah dua rakaat. dan Azzan ini wajib pada tharekat kami. atau karena tak tahan kencing dan buang air besar. atau takut ditahan oleh orang yang membenkannya plutang. yang ada pada masa Rasulullah. atau makanan sudah disajikan dan ia mau makan karena lapar atau ia takut ditangkap oleh sesuatu kekuasaan. atau ketifuran. tidaklah ia duduk. dalam zamahnya. ia tidak akan mati. dan meninggalkan jual-beli". bahkan diriwayatkan. karena firman Allah : "Apabila dipanggil untuk Sembahyang hari Jum'at. sama dengan waktu yang digunakan untuk Sembahyang hari raya. banjir. yaitu Surat Jum'at sesudah Fatihah pada rakaat pertama dan Surat Munafiqun pada rakaat kedua. segeralah kamu pergi untuk mengingat Allah. Hendaklah seseorang yang akan melakukan Sembahyang Jum'at. takut ketinggalan rombongan. untuk kemasy lahatan umum. takut bahaya atas jiwa dan hartanya. yang berkewajiban Jum'at. baik secara berjama'ah. dibaca dalam rakaat-rakaat itu. sebanyak empat rakaat. Inilah Azzan (pada Mimbar). tidak ada sesuatu yang sunat sebelumnya. Jikalau waktunya sudah habis. yaitu sekedar memberi tahu kepada orang-orang dalam kota dan desa. sesudah Azzan pada Mimbar (Azzan ke-dua). Adapun Azzan dimenara. Uzur itu misalnya sakit. atau takut hujan. sekurang-kurangnya dua rakaat. Apabila seseorang masuk kedalam Mesjid Ja'mi. bersama Imam. Azzan ini tidak membatalkan jual-beli. sebanyak-banyaknya enam rakaat. sebagai yang pernah diriwayatkan dalam Hadis Nabi oleh sahabat-sahabatnya. dan riwayat yang lainlagi tiga orang. sedang dia tidak membawa uang. atau ada keluarganya yang terdekat takut mati pada waktu ditinggalkannya. atau ia dalam perjalanan. sehingga disediakan tempatnya dalam Surga" (riwayat Ibn Umar). Disunatkan Jahar dengan bacaan surat.dan meninggalkan Jama'ah. Waktunya sebelum condong matahari. sehingga ia meninggalkan Jum'at dan Jama'ah. ia Sembahyang saja Zhohor. takut mengotorkan pakaian dan tempat. jika waktunya terluang. Diantara syaratnya hadir empat puluh orang laki-laki. Disunatkan bahwa. baik sendirinya. tidak ada orang yang menjaga harta bendanya takut hilang. dan angin ribut. menjauhkan jual beli. dilakukan sesudah Hutbah. menurut riwayat yang lain lima puluh. bahwa Azzan yang lain itu sunnat. lalu melakukan Shalat. "Qulhu wa llah hu Ahad" dua ratus kali. sedang Azzan yang lain wajib kifayah saja. Adapun sesudahnya ada Shalat Sunat. Ada riwayat dari Nabi mengatakan : "Barang siapa berbuat demikian. Azzan itu diperintahkan oleh Halifah Usman bin Afan. 50 . sebelum ia Sembahyang dua rakaat.

dan riwayat ini berasal dari Umar. Nabi berkata : "Apabila salah seorang kamu masuk kedalam Mesjid. Sebelum Sembahyang diserukan : "Asalatu Jami'ah". Adapun Shalat dua hari raya itu adalah ferdhu kifayah. pada rakaat yang kedua " H a l Ataka". Jikalau semua penduduk mufakat meninggalkannya. memakai pakaian yang megah. 51 . karena tidak ada pemotongan. Sembahyang hari raya itu terdiri dari dua rakaat. Tetapi kembali kepada keluarganya. Awal waktu Shalat ini yaitu apa bila sudah naik matahari. memakai wangi-wangian yang harum. Diantara syarat-syaratnya ialah orang yang melakukannya termasuk penduduk yang tetap. karena pemotongan korban. Sunat mendahulukan waktu pada Sembahyang Adha. Apabila segolongan penduduk daerah itu mendirikan Sembahyang. bahwa "Imam kita" Ahmad (bin Hambal) melarang Sem bahyang Sunnat. dan habis waktu itu apa bila matahari sudah condong. tidak meninggalkan Sembahyang "Tahiyattul Masjid". Nabi berkata : " H a r i Raya itu adalah hari makan dan minum. yang ada cuma Mazhab Imam Syafi'i. sebelum Sembahyang dua rakaat "Tahiyat-tal Masjid". Tidak apa-apa Sembahyang ini dihadiri oleh wanita. berkumpul memperlihatkan kelakuan yang lemah lembut dalam kalangan keluarganya. Abdullah bin Abbas. Lebih utama mendirikan Sembahyang Hari Raya itu pada suatu padang. Disunatkan mendatangi tempat Sembahyang pagi-pagi hari. karena ada riwayat. dan hari tasyriqu. diperkenankan. serta pada sesudah itu Surat "Sabbihis". maka janganlah ia duduk sebelum ia Sembahyang dua rakaat". seperti dalam Sembahyang Jum'at. Jika mereka Sembahyang dalam Mesjid. hendaknya janganlah duduk lebih dulu. Lebih utama keluar kepadang tempat Sembahyang itu berjalan kaki. Dikemukakan. begitu juga sebelumnya. jumlah yang mengerjakan dan izin mendirikannya dari Imam. Tetapi pada waktu Rasulullah Sembahyang dalam Mesjid. maka terhapuslah kewajiban Sembahyang. dan memperbanyak hadiah kepada mereka. Apabila sudah selesai dari pada takbir membaca ta'awuz dan Surat Al-Fatihah. dan Ibn Umar mengenai Sembahyang Rasulullah itu. sambil mengangkat tangan pada tiap-tiap takbir.SHALAT 'IED (SHALAT DUA HARI RAYA). bahwa Nabi tidak Sembahyang sebelum atau sesudah Shalat Ted. tetapi apabila masuk kedalam Mesjid. jika Sembahyang 'Hari Raya itu dilakukan di Mussala' (Lapangan). dan pada rakaat kedua lima takbir sebelum membaca Fatihah dan Surat. kembali kerumah melalui jalan lain. jangan melakukan Sembahyang-sembahyang Sunat yang lain. Apabila melakukan Sembahyang Hari Raya. makruh hukumnya dilakukan dalam Mesjid. kecuali karena uzur. maka terhapuslah kewajiban bagi yang lain. dimulai dengan takbir. maka Imam berkewajiban menghukum mereka sampai mereka taubat. Disebutkan bahwa Imam A h mad tidak membuat syarat yang demikian itu. dan mentakhirkan waktu 'Iedul fitri. sesudah do'a Iftitah dan sebelum membaca Ta'awuz tujuh takbir pada rakaat pertama.

Diceriterakan oleh Muhammad bin Al-Munkadir dari Zabir bin Abdullah. Rasulullah berkata : " A p a bila salah seorang kamu menghadapi suatu perkara atau menghendaki sesuatu. bahwa ia berkata. apa yang aku sukai dan aku benei". dan tidak ada harapan lain bagiku kecuali kepada pertolonganmu. wahai Tuhanku yang maha murah". dan keyakinan belum tetap padaku. dan aku memohonkan kepadamu dari keutamaanmu yang luas. misalnya keluar untuk sesuatu keperluan (dari rumahmu). Banyak do'a-do'a sesudah Sembahyang Istikharah ini. bahwa pekerjaan yang aku hadapi sekarang ini. dan mudahkanlah bagiku. jika tidak baik. dimana engkau berkuasa. dan akhiratku. dan lebih utama dia Sembahyang empat rakaat. Qulhu wallah sebelas kali. karena engkau mengetahui lebih dahulu dari pada pengetahuanku. baik bagiku untuk agamaku. apabila telah memutuskan cita-citanya untuk berangkat. SHALAT ISTIKHARAH. atau naik haji. Terutama lagi jika dikumpulkan keluarga dan sahabatnya. bahwa aku mau bepergian sekarang. kemudian barulah ia bersalam. hendaklah ia Sembahyang dua rakaat selain dari pada Sembahyang ferdhu. tumpahkanlah kepadaku apa yang engkau sangka baik.Apabila tidak terburu dapat melakukan Shalat 'led. dengan tidak bertakbir. Kemudian ia membaca do'a : Wahai Tuhanku aku ini meminta diterangkan dengan Ilmu-mu dan minta diberikan kuasa dengan kuasamu. sebagaimana Rasulullah mengajarkan mereka surat-surat dari Al-Qur'an. teruskanlah bagiku dengan kekuasaanmu. dan yang engkau melihat dengan jelas. atau ziarah. bahwa sanya engkau mengetahui segala yang gaib. dan mudahkanlah bagiku untuk menolaknya. dan aku rela apa yang engkau citakan. kecuali dengan engkau. dan Allah itu sangat mendengarkan lagi mengetahuai" sebanyak lima puluh kali. tumpahkanlah kepadaku rahmatmu. bahwa Rasulullah mengajarkan mereka Shalat Istiharah dikala menghadapi sesuatu kejadian. Kebanyakan do'a-do'a itu disesuaikan dengan maksud mereka yang bercita-cita itu. tidak ada usaha yang aku dapat kerjakan. aku tidak berkuasa. saya tidak salin semua. Ia membaca pada rakaat-rakaatnya Fatihah sekali. jauhkanlah pekerjaan itu dari pada-ku. serta kurniakanlah berkah bagiku dalam melaksanakannya. Tuhanku jika engkau ketahui. boleh mengqadanya. misalnya untuk berdagang. dimana engkau mengetahui sedang aku tidak mengetahui. seperti Shalat Dhuha. serta akibatnya baik untukku. karena tidak cukup tempat dan waktu. Shalatul Kifayah ini terdiri dari pada dua rakaat pada sembarang waktu. gunanya untuk meminta kelapangan dan keselamatan. Bagi tiap-tiap orang. SHALATUL KIFAYAH. dan ayat Qur'an yang terjemahnya " M a k a Tuhan akan mencukupkan bagimu dari tindakan mereka. Juga banyak sekali do'a-do'a dibelakang Shalat ini. bahwa ia berkata di samping dua rakaat itu do'a : "Wahai Tuhan. kecuali memohon keutamaanmu. Demikianlah tersebut lengkap dalam kitab "Al-Ghaniyah". baik segera maupun kemudian. 52 . duniaku. tidak ada daya upaya yang dapat aku sandarkan kepadanya. tetapkanlah pendirianku untuk menyembah engkau.

sedang pada rakaat kedua sesudah takbir qiyam. bahwa yang dilakukannya hendaklah bersih dan suci dari segala hadas dan kotoran. yang pada suatu kali keluar melakukan Shalat minta hujan. dibukanya hutbah itu dengan takbir seperti pada hutbah Hari Raya. Nabinya dan Agamanya. merendah diri meminta sesuatu permohonan. Pada rakaat yang pertama sesudah Takbiratul Ihram. yang dapat didengar oleh makluk semua. tempatnya. lalu dipukulnya. Begitu juga disunatkan mereka bertawassul kepada orang-orang yang zahit. karena ialah yang menyebabkan terhambat hujan. Dan karena itu digunakan keluar memakai baju yang sederhana. Apabila sudah hutbah lalu menghadap Qiblat. Sembahyang itu di Imami oleh Imam atau pembantunya. karena Tuhan tahu segala-galanya. Shalat ini sama dengan Sembahyang hari raya dalam segala sifatnya. untuk Allah Ta'ala. karena tidak ada hujan dan tergantung hujan dilangit adalah siksaan dan maksiat buat kami anak Adam. bertakbir lima kali. baik besar atau kecil. orang-orang yang terutama dan ahli-ahli Agama. dan dia membaca ayat-ayat Qur'an pada Hutbahnya serta minta ampun kepada Tuhannya. sebelum Sembahyang pun dibolehkan Hutbah itu. orang-orang yang saleh. yang diperintahkan hanya berdo'a saja. orang orang yang lemah. baik yang dirahasiakan maupun yang terang-terangan. dua rakaat banyaknya. tetapi ia tidak dapat menjawab. meiepaskan nazar. haruslah malu terhadap Tuhan. M a k a Sembahyanglah orang-orang yang minta hujan itu demikian. seperti dalam Sembahyang Hari Raya. bahwa Imam keluar kepadang seperti keluar pada waktu Sembahyang Hari Raya pagi-pagi hari. menuaikan kifarat memperbanyak sedekah dan puasa. yang hanya dapat menurunkan hujan dari langit. Berniat keluar dari kezaliman dan dari rampasan haq. Kemudian Hatib berhutbah. sehingga turun hujan. anak-anak dan teman-teman sekelilingnya. perasaan yang gundah gulana. Dan diceriterakan pula. lalu dipegangnya tangan paman Nabi Sayyidina Abbas serta menghadap qiblat dan berkata : "Wahai Tuhanku inilah paman Nabi kami. M a k a apabila dia berhutbah juga. bahwa mereka tidak kembali. dan yang dibahu kiri dibalik kebahu kanan. maka ditukarlah selendangnya yang disebelah bahu kanan dibalik kebahu kiri. kecuali zin dan insan. Adapun Shalat Istisqa itu dalam tharekat ini sunat hukumnya. maka iapun berteriak. serta perbuatan itu ditiru oleh semua yang mengikuti sembahyang itu. Diceriterakan.SHALAT ISTISQA (Shalat minta Hujan). Bahwa keluar bersama mereka orang-orang tua. jangan mencela Tuhan dengan memperbanyak dosa. karena pada waktu itu keadaan fakir. lalu dilaknatkannya orang itu. A d a riwayat yang mengatakan tidak disunatkan hutbah. 53 . orang-orang yang alim. curahkanlah hujan untuk k a m i ! " . Disunatkan untuk Sembahyang ini. diperbanyak selawat kepada Nabi. dan hukumnya. meskipun dalam Halawat. perasaan yang husu' dan tadaru'. tidak pakai Azzan dan tidak pula pakai qamat. membayar zakat. Caranya. bercita-cita hidup baik yang tetap sampai mati. kecuali tidak disunatkan memakai harum-haruman. semua bertakbir enam kali. yang mengatakan tidak disunatkan hutbah. karena ada riwayat dari pada halifah Umar bin Hattab. memperbaharu taubat. kami bertawassul dengan dia kepadamu. bahwa seseorang kafir mati. dikuburkan dan datang kepadanya Munkar dan Nakir bertanya kepadanya tentang Tuhannya.

Apabila kamu melihat yang demikian itu. kemudian ruku' lagi. Tentang Sembahyang ini disebutkan. 54 . mengangkat kepalanya. lalu ia datang kepada Nabi ditempat Sembahyang. tidak menunjukkan kedua gerhana itu bagi kematian seseorang atau hidupnya. apabila bangkit dari sujud berdiri yang pertama seperdua dan pada berdiri yang terakhir. membaca Fatihah. Sejak lahir gelap kehitam-hitaman dan kekurangan cahaya matahari dan bulan. sekurang-kurangnya membaca " Q u l huwallahu ahad". tempat biasa orang Sembahyang Jum'at. kemudian ia sujud. membaca Surat An-Nisa'. Waktunya sejak gelap (kusuf) sampai kepada terang kembali. sambil mengulang-ulang dalam ruku' itu tasbih. bahwa Rasulullah s. Shalat Khauf ini dibolehkan mengerjakannya. dua pertiga pada waktu tegak berdiri pertama sepertiga. memanjangkan berdiri.Apabila sudah selesai. bahwa ia sunat Muakad. ia Sembahyang dengan mereka dua rakaat. menukar balikkan selendangnya. itulah waktu Sembahyangnya sampai terang-benderang kembali. Kemudian barulah ia bangkit berdiri kembali. dimulai dengan takbiratul Ihram. Jika ia tidak menyenangkan cara tersebut. membaca Fatihah dan membaca Surat Al-Baqarah. pernah keluar dengan manusia minta hujan. yaitu yang keempat sepertiga. jika ada empat syarat.a. kemudian ruku' panjang dan bangkit lagi serta membaca Fatihah dan Surat A l . tetapi jika ia Sembahyang becsama orang lain. karena pada tiap tiap sujud dibaca seratus ayat. maka kembalilah mereka kepada keluarganya masing-masing dan membuka selendangnya. dan sesudah mengangkat kepala. mengeraskan bacaannya pada kedua rakaat itu. Kemudian Rasulullah berkata : "bahwa matahari dan bulan itu adalah dua buah tanda dari pada tanda-tanda Tuhan. dan Gerhana bulan dinamakan khusuf. ta'awwuz. kemudian mengangkat kepalanya sambil membaca "Sami'allah". boleh dilebihkan pada tiap-tiap rakaat dengan satu ruku'. kemudian ia mengeraskan bacaannya dalam Sembahyang. berdo'a minta hujan dan mengangkat tangan serta menghadap qiblat (lihat do'a).M a Idah. pembacaan Qur'an boleh diganti dengan ayat-ayat lain sepanjang itu. Hal ini kalau ia Sembahyang sendiri. Dasar dari pada Sembahyang kusuf ini ialah sebuah hadis yang diriwayatkan oleh Sitti Aisyah. sekedar panjang seratus ayat. Menurut riwayat Ubbad bin Tamim dari pamannya. SHALAT KHUSUF (SEMBAHYANG GERHANA». Nabi bertakbir dan orang banyakpun bertakbir. disunatkan meringankannya. lalu sujud dua kali dan panjang. kemudian membaca lagi Fatihah dan Surat Al-Imran. bahwa ia berkata : "Pernah kejadian gerhana matahari pada masa Rasulullah. Kemudian ia ruku'. Pertama bahwa musuh yang kita hadapi itu membolehkan (mubah) diperangi. begitu juga ia lakukan pada rakaat kedua". kegelisahan kamu itu tumpahkan kepada Sembahyang : Shalat Khauf (Shalat dalam peperangan). hendaknya lama. Semua jumlahnya empat rakaat dan empat sujud. Gerhana matahari dinamakan kusuf. Bacaan pada pendirian kedua. do'a Iftitah. memanjangkan ruku'. Sembahyang ini sunat dikerjakan dalam Masjid ja'mi. Panggilannya cukup dengan : "As-salatu jami'ah". Sembahyang ini dikerjakan bersama Imam sebanyak dua rakaat.w.

yaitu enam belas fasah. yaitu 16 farsah. sambil berniat berpisah. untuk dibagikan atas dua regu. kemudian ia berkata bagi penduduk Mekkah : "Semua kamu Sembahyang empat rakaat. baris yang lain berpisah dan pergi menghadap musuh. Maka lali Sembahyang ia satu rakaat. dapat dipendekkan (Qasar) jadi dua rakaat. Boleh dipilih. yaitu kira-kira empat puluh delapan M i l . dan ia melakukan qasar shalat. begitu juga dengan Maghrib dengan Isa'. Seorang yang melakukan Shalat yang demikian harus berniat pada takbiratul Ihram. dan Sembahyang satu rakaat untuk sendirinya. Demikianlah ganti berganti mengenai berdiri dan duduk atau antara menyerbu dan Sembahyang. dan satu regu lagi berdiri dibelakangnya. Karena tidaklah dibolehkan bagi makmun akan memisahkan diri dari Imamnya. Jama* antara dua shalat ini dibolehkan antara Zhohor dan Asar. Umran Ibn Hassin menceriterakan. 55 . Keempat bahwa angkatan Islam cukup banyak. kecuali selama orang qamat. Demikianlah Nabi memperbuat Sembahyang khauf itu dalam perang Jatuh Riqa'. Jama' Shalat artinya mengumpulkan shalat dari dua waktu menjadi satu waktu sekaligus. apabila seseorang melakukan Sembahyang Qadha. Begitu juga Ibn Umar pernah tinggal di AzzarBeyan selama enam bulan dan dia Sembahyang hanya dua rakaat. jika perjalanan seseorang jauh. apabila sudah terjauh dari rumah atau kemah keluarganya). selama dalam perjalanan. Satu regu menghadapi musuh didepan. karena dalam niatnya sudah akan melakukan Sembahyang itu penuh. Tidak dibolehkan qasar. kecuali dengan niat. Tidak dibolehkan pada perjalanan yangpendek. kami adalah orang yang sedang musafir. setengah ceritera mengatakan selama lima belas hari. tidak diperkenankan qasar. bahwa Nabi pernah tinggal di Mekkah delapan belas hari. antara Maghrib dan Isa'. dan ia mengqasar shalat. Keharusan ini diberikan. Ketiga tidak memungkinkan diserbu langsung. bahwa ia pernah menghadiri perang Fatah Mekkah bersama Rasulullah.Kedua bahwa musuh itu berada tidak disebelah Qiblat. Jika satu baris Sembahyang. dan tidak boleh berjauhan antara dua macam shalat yang dijama' itu. Begitu juga orang yang bermukim yang tetap tempat tinggalnya. ia berpisah. Jika sembahyang sunat diantara kedua Shalat ferdhu yang dijama'. batal jama'nya. dan Rasulullah tidak Sembahyang kecuali dua rakaat. Shalat-shalat yang berjumlah empat rakaat. apa Asar dipindahkan kepada Zuhur (Jama' taqdim). Nabi pernah ada di Tabuk dua puluh hari. Jama' Shalat. Qasar Shalat. sekurang-kurangnya tiap-tiap regu tiga orang keatas. Syaratnya ialah bahwa perjalanan seseorang itu jauh. apabila berdiri regu kedua. Sembahyang yang empat rakaat menjadi dua rakaat. orang yang musafir tetapi perjalanannya itu merupakan maksiat. Diriwayatkan. apa Zuhur dipindahkan kepada Asar (Jama' takhir). begitu juga sahabat-sahabatnya. Dan hukumnya harus (jaiz.

Kemudian dengan tidak menyentuh air mandi. Rasulullah mengatakan : "Apabila basah sepatu kamu. apa yang pernah diceriterakan Sitti Aisyah tentang Sembahyang yang di kerjakan Nabi". Sembahyang seperti dalam musafir. dan ia berwudhu secara sempurna. kemudian ditambah dua rakaat. Adapun pokok hukum jama' ini karena kesukaran-kesukaran. Kalau dijama' takhir. demikian juga orang yang sakit. kata Sitti Aisyah ia tidak mandi lebih dahulu. ia ambil air Sembahyang dan ia lalu Sembahyang". Kata Sitti Aisyah : "Adalah Nabi pada permulaan malam ia tidur lebih dahulu. kemudian di tambah dua rakaat. kemudian aku pergi berbaring dekat Rasullulah yang meletakkan tangan-kanannya keatas kepalaku serta memintal kupingku. yaitu lima kali dua rakaat. serta menyapu muka dengan tangannya. bahwa jama' dan qasar tidak berkehendak kepada niat. kemudian ditambah dua rakaat. pembantu Ibn Abbas. Apakah hukum jama' dengan tidak ada hujan atau angin keras. Diantara sahabat-sahabat ada yang berpendapat. kemudian ditambah dua rakaat. Hukum orang yang sakit sama dengan hukum orang musafir tentang jama'. kemudian pada akhir malam ia bangun. ada dua keterangan. M a i munah. Adapun Shalat. Jika ia tidak berjunub. yang dikerjakan Rasulullah s. Kemudian ia keluar dan sembahyang Subuh". Kemudian ia pergi sembahyang dua rakaat. dari Ibn Abbas. Sebuah Hadis dari pada Kar'ab. dibolehkan antara Magrib dan Isya'. sepatunya. Saya katakan kepadanya : "Wahai Aba Umar. yang diperoleh manusia pada musim hujan sampai basah kuyup pakaiannya. lalu sembahyang dua rakaat secara ringan (artinya tidak panjang-panjang membaca ayat Qur'an). ceriterakanlah kepadaku. SHALAT RASUL. Demikian lama ia berbaring sehingga datang tukang Azzan dan ia bangun kembali. niat pada waktu yang pertama.w. A p a bila ia mendengar panggilan pertama. tidak perlu lagi niat pada waktu kedua. Jika ada keperluannya ia bergaul dengan isterinya. tetapi kemudian barulah ia mandi. Berkata Ibn Abbas : " A k u kerjakan seperti yang dikerjakan Rasulullah. Abu Ishaq menceriterakan saya datang kepada Al-Aswad bin Yazid. kemudian ia bangun dan mendatangi cerek yang tergantung. dan kemudian ia lakukan sembahyang witir. Barulah kemudian ia berdiri kembali lalu ia Sembahyang. kemudian ia membaca sepuluh ayat Qur'an pada akhir Surat Al-Imran. bahwa Rasulullah tidur seluruh malam pada isterinya Ummul Mu'minin. hingga manusia itu sukar baginya memakai dan menanggalkan. Apakah boleh karena hujan antara Zuhur dan Asar. juga ada yang membolehkan dan ada yang tidak. diantaranya Sayyidina Aboe bakar. barulah ia berbaring. tersebut dalam Hadis Muttafaq 'alaihi.a.Sunat boleh dikerjakan sesudah melakukan kedua-dua ferdhu yang dijama' itu. ia tidur. luar biasa indahnya dan banyaknya. yang berbaring bersama disamping Rasulullah dan keluarga-keluarganya sepanjang malam. yang menjadi saudara dan teman saya. Rasulullah tidur sampai separuh malam. ringan atau berat. 56 . barulah ia bangun dan duduk. Adapun Jama' karena hujan.

kemudian sujud dan berdiri untuk Tuhannya. dari Muhammad bin Ahmad bin Abil Fawaris. lakukanlah tahajjud sunat itu.. Kemudian diserukan lagi : "Hendaklah bangun mereka yang gemar memuji Allah pada waktu susah dan 57 . Kemudian diserukan lagi : "Bangunlah siapa-siapa yang tidak dimabukkan oleh usaha dagang dan jual beli. sehingga melupakan zikrullah". walau dua rakaat sembahyanglah". walau empat rakaat sembahyanglah. dari A b u Bakar. bahwa memang sedikit mereka yang mau bangun malam. Tentang sembahyang malam ini Allah berkata dalam Qur'an. kata Sitti Aisyah : "Belum pernah aku dapati Nabi pada akhir-akhir sahur kecuali ia tidur bersama aku".Sebuah hadis dari Abu Salamah dari Sitti Aisyah. inipun sedikit jumlahnya. kemudian berdo'a kepada Tuhannya takut dan tama' " . yang aku lupa". Berturut-turut diceriterakan oleh Syeikh A b u Nasyar dari ayahnya. setelah itu diserukan : "Bangunlah orang ' orang yang pada kering lumbungnya karena tidur. bahwa Sitti Aisyah pernah berkata : "Nabi adalah sangat menggemari amal". Dari pada A b u Salamah. Nabi mengatakan. dari Ahmad bin Yusuf. bangunlah dan sembahyanglah kamu". dari pada Ibn A b i Habib. M a k a bangunlah mereka.. karena ia telah memperingatkan aku kepada ayat-ayat yang dibacanya. Tuhan Allah pada hari Qiamat mengumpulkan orang yang terdahulu dan yang kemudian. dari Ahmad bin Ibrahim bin Mulhan. yang menceriterakan bahwa Rasulullah sembahyang pada malam hari tigabelas rakaat dan dua rakaat Fajar. kecuali sesudah diserukan : "Wahai. mudah-mudahan Tuhanmu akan menganugrahkan kepadamu "Maqam M a h m u d " (kedudukan yang terpuji)". dan witir dengan satu rakaat. dari Harrak.embahyang malam. Oleh karena itu tidak ada seorangpun dari keluarga rumah tangga yang ingat akan sembahyang malam. dari pada A b u Hurairah. Dan diriwayatkan bahwa Nabi pernah sembahyang pada malam hari dua belas rakaat. Dan dari Urwah. berkata A i syah : "Bahwa Nabi pernah mendengar seorang laki-laki membaca Qur'an pada malam hari. jumlahnya sedikit.. dan . kemudian ia berdo'a kepada Tuhannya dengan penuh taqwa dan tama' " . dari Al-Laits. Ahlil Bait. Dari pada Al-Hasan dijelaskan. yakni sesudah witir. karena takut akan akhirat dan mengharapkan rahmat Tuhannya ?" Pada tempat yang lain Tuhan berfirman : "(Diantara hamba yang baik) adalah mereka yang tidur. dari Urwah dari Sitti Aisyah. "Apabila ia ada mendengar teriakan". dan pernah diceritakan orang bahwa Nabi sembahyang malam hari sepuluh rakaat dan dengan witir satu rakaat. Saya katakan kepadanya : "Malam apa ia beramal itu ?" Jawab Siti Aisyah. dari Aisyah. dengan suara yang indah dan nyanyian Qur'an". sujud dan berdiri. dan pada malam hari ia bangun ia lakukan tahajjud. diterangkan bahwa Rasulullah pernah berkata : "Tidaklah Allah meng-Azaankan (memberitahukan) bagi sesuatu. seperti ia menyampaikan azan itu bagi Nabi. sembahyang pada waktu sahur dan minta ampun kepada Tuhan. M a k a bangunlah mereka. Allah berkata pula : "Adakah orang yang tunduk pada tengah malam. bahwa Rasulullah pernah berkata : " B a ngunlah s. lalu ia berkata bahwa mudah-mudahan Allah akan memberi rakhmat kepadanya. Dari Masruq. Firman Tuhan : "Sebelum kering junubnya ia berbaring.

jumlah inipun sedikit dibandingkan dengan orang banyak. dan memikirkan tentang penciptaan langit dan bumi itu (sambil berdo'a) wahai Tuhan kami. Rasulullah ?" Berkata N a b i : "Wahai Bilal. Sembahyang hari Kamis sesudah Asar. bahkan mengalir kelembungnya. Tuhan yang telah menurutkan kepadaku pada malam h a r i : "Bahwasanya kejadian tujuh petala langit dan bumi. Sembahvang hari Selasa' Sembahyang hari Rabu. beribadatlah pada siang hari dan bersiap-siaplah untuk ibadat malam hari. tetapi aku juga ingin mencari kesenanganku". Uraian tentang Sembahyang Sunat dan do'a-do'a yang berhubungan dengan Sembahyang-sembahyang sangat banyak disebut dalam kitab " A l .senang". yang diberi berdalil dengan ayatayat Qur'an dan Sunnah Nabi ialah diantara lain mengenai Sembahyang malam dengan wirid-wiridnya. sungguh menjadi tanda bagi mereka yang mempunyai akal. sebelum dinihari atau sesudah terbit matahari. yaitu yang herzikir kepada Allah sambil berdiri. sambil berbaring. Rasulullah masih berkata : " H a i Aisyah. kebadannya. Sembahyang Taubat! Sembahyang siang. Shalat Dhuha. Kemudian Rasulullah berdiri lalu membaca Qur'an dan menangis sampai mengalir air mata kepada kedua bahunya. dan apabila tinggal tigapuluh ayat atau empatpuluh ayat. Sitti Aisyah berkata : "Tidak pernah saya lihat Rasulullah sembahyang sesuatu pada malam hari sambil duduk hingga hari tuanya. keutamaan Sembahyang Witir dengan do'a-do'anya dan fadilat-fadilatnya' Sembahyang seluruh malam. tidaklah engkau jadikan sekalian itu percuma. Pada waktu itu datanglah Bilal yang berkata : "Aduhai. Sembahyang hari Kamis. apakah tidak baik aku menjadi hamba Tuhan yang bersyukur. bebaskanlah kami ini dari pada azab neraka". M a k a bangunlah mereka. dan sangat panjang-panjang serta susunan susunan kahmatnya yang mantap dan mengharukan. demi Allah. karena tukang tidur akan datang rugi. kemudian dia berbaring dan menangis dengan membaca Al-Qur'an. Pernah Sitti Aisyah berkata. Diantara uraian-uraian yang penting. dan Sembahyang pada waktu meninggalkan Mesjid Sembahyang hari Ahad. Al-Ghaniyah ini. Shalatul Auwabbin. perbedaan malam dan siang. bukanlah Allah sudah mengampuni engkau ya. Sembahyang hari Senen. kemudian ia duduk ia membaca lagi. kemudian baru ia ruku' " BERMACAM-MACAM SEMBAHYANG SUNAT. tetapi selalu dia sembahyang duduk. sehingga air matanya mengalir ketanah. sehingga basahlah air matanya. ia terus bangun dan dia baca ayat itu. Sembahyang menjelang Isa'. dan tidak seorangpun tidur sepanjang malam kecuali dikencingi oleh saitan pada kupingnya". Maha suci engkau. Sembahyang masuk Mesjid. tidak dapat kita petik dalam risalah pendek ini. Sembahyang hari Jum'at! 58 . Banyak amal-amal Rasulullah yang diceritakan oleh Sitti Aisyah. tidaklah engkau izinkan kepadaku akan aku beribadah kepada Tuhanku ?" A k u katakan : "Demi Allah aku senang melihat ibadahmu. Semua itu tidak saya sebutkan dalam risalah kecil ini. bahwa Rasulullah pada suatu malam tidur sampai melekat kulitnya dengan kulitku. Sembahyang Rasulullah dengan segala riwayat dan faddad-fadiladnya serta bacaan-bacaannya. Sembahyang Tahajud. Berkata Rasulullah : "gunakanlah makanan sahur untuk berpuasa pada siang hari.G h a niyah". sambil duduk.

Sembahyang hari Sabtu, Sembahyang malam, yaitu malam Ahad, malam Senin, malam Selasa, malam Rabu, malam Kamis, Sembahyang tasbih, Sembahyang Istikharah, Sembahyang kifayah, Sembahyang Ttqa dalam bulan
Syawal, Sembahyang menghilangkan Azab kubur, Shalat hazat, dll. terpaksa
saya tinggalkan karena kekurangan waktu dan tempat untuk membicarakannya, dan oleh Sulthan Aulia pengarang kitab itu juga disebutkan, bahwa Shalat-Shalat, do'a-do'a dan wirid-wirid yang panjang lebar itu, diuntukkan " L i l
Aqwiya' " (bagi wali-wali yang kuat).
SEMBAHYANG ZENAJAH.
Shalat Zenajah biasa disebut orang juga Sembahyang Mayit, hukumnya
ferdhu kifayah. Untuk mengatur, siapa yang lebih utama melakukan shalat
zenajah ini, dalam tarekat Qadiriyah di sebutkan, bahwa yang paling utama
untuk itu ialah mereka yang diwasiatkan oleh mayat sebelum mati, kemudian
orang-orang yang berkuasa, kemudian itu mereka yang terdekat kekeluargaannya. Imam berdiri ditentang bawahan dada, wanita di pertengahan, dan jika ada orang lain di tentang kepala mayat. Jika banyak orang orang yang melakukan Sembahyang itu dan bermacam-macam tingkat keperibadiannya, dipilih yang lebih utama dibelakang Imam. Jika banyak laki-laki, wanita dan
hamba sahaya dan anak-anak, didahulukan pria, kemudian hamba sahaya,
kemudian anak-anak, kemudian wanita.
Diriwayatkan bahwa anak-anak lebih didahulukan dari pada hamba
sahaya, kemudian menurut keutamaan yang lain, seperti mereka yang ahli
Qur'an, ahli Agama dan yang wara'. Sebelum melakukan Sembahyang, Imam melihat sejenak kekanan dan kekiri, serta menyamakan shaf, seperti
yang biasa diperbuat pada macam-macam Sembahyang yang lain. Kemudian
dia mengucapkan Istigfar, bertaubat dari dosanya, kemudian menghadirkan
hatinya, menenangkan anggauta-anggautanya badannya, agar do'anya diterima Tuhan.
Lalu dimulailah shalat zenajah itu. Diantara sifatnya, diniatkan bahwa
ia Sembahyang untuk mayat itu ferdhu kifayah, tidak perlu disebut, bahwa
mayat itu laki-laki atau perempuan. M a k a ia bertakbirlah empat kali, pada
kali yang pertama ia membaca Al-Fatihah untuk zenajah itu, sesuai dengan
hadis yang diriwayatkan oleh Ibn Abbas, kemudian pada takbir kedua ia
berselawat kepada Nabi, sebagaimana selawat yang terdapat dalam tasahhud
tiap-tiap sembahyang, sebagaimana yang diriwayatkan oleh Mudjahid, kemudian ia bertakbir lagi ketiga kali, dimana ia berdo'a untuk mayat, bagi dirinya, bagi orang tua dan bagi semua orang Islam. Do'a itu bermacam-macam, boleh dipilih mana suka. Kemudian ia memberi salam sekali kesebelah
kanan. Jika ia memberi salam dua kali, itupun boleh. Yang terakhir ini adalah menurut Mazhab Syafi'i, dan yang satu kali adalah menurut Imam A k h mad, sebagaimana pernah dilakukan oleh enam orang sahabat Nabi, yaitu A l i
bin A b i Thalib, Abdullah bin Abbas, A b i Umar, Ibn A b i Aufa, A b u Hurairah
dan Wailah Ibnal As-qa'. Juga terdapat riwayat, bahwa Nabi pernah Sembahyang zenajah, dan ia hanya memberi salam sekali saja kekanan.
Sesudah itu berdo'a dan banyak macam-macam do'anya.

59

SHALAT RAWATIB.
Shalat yang mengiringi Sembahyang" ferdhu lima waktu, dinamakan
Sunat Rawatib. Sunat Rawatib ini ada tiga belas rakaat, dua rakaat sebelum
Shalat fajar (Shalat Subuh), dua rakaat sebelum dan dua rakaat sesudah Zuhur, dua rakaat sesudah Maghrib dan dua rakaat sesudah Isa, dan kemudian
ia Sembahyang witir.
Tidak disebut ada sembahyang sunat sebelum Asyar dan sesudah Asyar
(lih. hal. 116, jilid II).
Tetapi pada waktu membicarakan Sembahyang Rasulullah, ada disebutkan, bahwa menurut hadis A b u Nasar dari ayah.nya, dengan Isnad dari Syahal, dari ayahnya, dari A b u Hurairah, bahwa Nabi berkata : "Barang siapa
Sembahyang pada tiap-tiap hari dua belas rakaat, Tuhan Allah akan membuat untuknya sebuah rumah dafam Surga, yaitu dua rakaat sebelum Fajar, empat rakaat sebelum Zuhur dan dua rakaat sesudahnya, dua rakaat sebelum
Asyar dan dua rakaat sesudah Maghrib. Sedang Sa'id Ibnal Musayap dari Sitti Aisyah, Rasulullah pernah berkata : "Senantiasa untuk mereka yang sembahyang empat rakaat sebelum Asyar, Tuhan Allah wajib memberi ampunan
bagi mereka" (hal. I I : 109).
Dalam membicarakan umumnya Shalat sunat, Muhammad bin Ibrahim
dari Abdullah bin A b i Sa'id, dari Thaus, dari Abdullah bin Abbas, menerangkan bahwa Rasulullah pernah berkata : "Barang siapa sembahyang sesudah Mahrib empat rakaat sebelum ia berbicara dengan orang lain, orang itu
akan diangkat Allah kepada tingkat orang-orang tinggi, dan orang itu seakan
akan mendapat malam Lailatul Qadar di Masjidil Aqsa, yakni Masjid Baital
Maqdis, ... dan barang siapa Sembahyang sunat empat rakaat sesudah Isya
akhir malam, seperti ia mendapat pahala Lailatul Qadar dalam Masjidil Haram, dan barang siapa Sembahyang empat rakaat sebelum Zhuhur, empat
rakaat sesudahnya, Tuhan Allah mengharamkan badannya dimakan api Neraka untuk selama-lamanya, dan barang siapa Sembahyang empat rakaat sebelum asyar, Tuhan Allah akan membebaskan ia dari api Neraka (hal. II :
109)".
Kedalam Sembahyang Wirid yang kelima sesudah Asyar, sampai masuk
matahari, disunatkan berzikir dengan tasbih, tahlil, Istigfar dan bertafakur
tentang dunia, dan membaca Al-Qur'an, karena Shalat sunat dilarang mengerjakan pada waktu itu.
Dalam sebuah hadis Qursi oleh Al-Hasan, diterangkan Nabi berkata :
"Tuhan Allah berkata : Wahai Anak Adam berzikirlah terhadapku sesaat sesudah Shalat Fajar, dan sesaat sesudah Asyar, Tuhan Allah akan melindungi
kamu dari pada kejadian-kejadian diantara dua waktu i t u " .
SEMBAHYANG SIANG DAN SEMBAHYANG M A L A M .
Kitab "Al-Ghaniyah" ini tidak saja menerangkan rukun-rukun dan
syarat-syarat Sembahyang, yang wajib dan yang sunat, tetapi, sepanjang yang
saya baca dan lihat, uraiannya ditujukan juga untuk memperdalam Iman dalam macam-macam Sembahyang yang dikerjakan Nabi Muhammad dan yang
diceriterakan oleh sahabat-sahabat mengenai Sembahyang Nabi itu, dengan
maksud mendidik anggota tharekat al-Qadiriyah meningkat kearah orangorang sufi yang saleh. Oleh karena jarang hal-hal yang demikian itu diuraikan
60

dalam ilmu fiqh Mazhab, kebanyakan orang-orang Islam yang tidak mengetahui hal ini, menganggap aneh, seperti tidak beralasan, padahal inilah riadhah orang-orang dan wali-wali Allah yang saleh dari dalam masa Nabi.
Oleh karena itu baik Shalat ferdhu dan sunnat, diuraikan demikian rupa
untuk mereka yang ingin melatih dirinya dengan iman yang kuat dan rasa husu' yang memuncak dalam syarat-syarat itu.
Oleh karena itu sembahyang-sembahyang itu dibagi atas dua macam wirid, yaitu shalat siang dan shalat malam, yang dalam kedua-duanya termasuk
ferdhu dan sunat.
Adapun yang termasuk wirid siang, ada lima macam, yaitu pertama-tama adalah sembahyang pada waktu keluar fajar yang kedua sampai keluar
matahari, dan kedua sembahyang Dhuha, sampai condong matahari, ketiga
sembahyang empat rakaat sesudah condong matahari dengan bacaan Qur'an
yang baik dan satu kali salam. Untuk sembahyang ini tersebut dalam Atsar,
bahwa pintu langit dibuka untuk mereka yang mengerjakan shalat itu. K e empat sembahyang antara Zhuhur dan Atsar, dan kelima sembahyang sesudah Atsar sampai masuk matahari.
Adapun Wirid pertama sembahyang siang itu, mereka yang melakukannya, hendaklah duduk sesudah Sembahyang Fajar sampai keluar matahari,
berzikir, membaca Qur'an, membaca tasbih, bertafakur, belajar Ilmu pada
orang alim.
Adapun sembahyang sesudah Atsar sampai kepada masuk matahari, karena
pada waktu itu dilarang Sembahyang sunat, maka dikerjakan wirid-wirid
yang lain. Sebuah hadis yang diriwayatkan oleh A b u Umamah, Rasululkh
berkata : "Saya membiasakan duduk bersama-sama teman saya, berzikir kepada Allah, dari sesudah shalat Fajar sampai keluar matahari, karena zikir
pada waktu itu besar artinya, dan saya bertahlil (u-hallillah) karena yang
demikian hu lebih aku cintai dari pada memerdekakan dua orang budak, dan
bahwa aku berzikir terhadap Allah Ta'ala sesudah sembahyang Atsar hingga
masuk matahari, lebih aku cintai dari pada memerdekakan empat orang budak dari anak Ismail". Anas menceriterakan bahwa Rasulullah pernah berkata : "Jangan kamu tidur lagi, bangunlah mencari rezekimu". Tatkala orang bertanya kepada Anas apa artinya ucapan ini, ia menjawab : "Apabila
kamu sudah Sembahyang Fajar (Subuh), ucapkanlah tiga puluh tiga kali, " A l
hamdulillah", begitu juga "Subhanallah" dan begitu juga " L a ilaha illallah
wallahu A k b a r " . Dalam hadis yang lain diperintahkan, bertasbih tiga puluh
tiga kali, bertahmid tiga puluh tiga kali dan bertakbir tigapuluh empat kali,
kemudian diselesaikan dengan : " L a ilaha illallah wahdahu lasyarikalah, lahul mulku, walahulhamdu, yuhi wa yumitu, wahuwa hayul layamu, biarihil
hairu, wa huwa alla kulli sain qadir". Ucapan ini diulang lagi sesudah Atsar
dan pada waktu tidur.
Mengenai wirid yang kedua, dinamakan Shalat Dhuha atau Shalatul A u wabbin. Disunatkan tetap mengerjakannya. A b u Hurairah menceriterakan
bahwa Rasulullah berkata : "Sembahyang Dhuha itu adalah Sembahyang auwabbin, yaitu sembahyang orang yang kembali kepada Tuhan". Yang paling
banyak mengerjakan sembahyang Dhuha ialah Nabi Daud. Menurut A b u Hurairah Nabi pernah berkata : "Sebuah pintu Surga dinamakan Dhuha.
Pada hari Qiamat dipanggil orang : mana mereka yang tetap Sembahyang
Dhuha masuklah ke Surga dengan rahmat Tuhan melalui pintu i n i " . Dalam
61

karena tidak baik membuat Sembahyang berbareng dengan terbit fajar. dengan ganjaran aman badannya dari api neraka. hanyalah terdiri dari pada ucapan tasbih. Orang-orang Salaf senang berbaring sesudah Witir dan sebelum sembahyang Subuh. bahwa ia tidur lebih dahulu pada akhir malamnya. Disunatkan untuk mereka yang mengerjakan sembahyang malam. Pertama Sembahyang sebelum Isya'. karena ketiduran pada pagi hari itu makruh hukumnya. bertafakkur. sehingga bilal datang membangunkan dia untuk sembahyang. Adapun sembahyang malam diuraikan sebagai berikut. memperbaiki ruku' dan sujud. II. diantara lain ia mengikuti cara demikian ialah A b u Hurairah. Kelima Sembahyang pada waktu Syahur terakhir sebelum keluar Fajar kedua. Tuhan Allah akan menghidupkan hatinya. karena Sembahyang sunat terlarang pada waktu sebelum masuk matahari. yaitu waktu yang dicegah padanya sembahyangr Tentang fedilat sembahyang malam ditegaskan. ialah Sembahyang sebelum Zhuhur dan sesudahnya. diterangkan. Adapun wirid yang kelima antara Atsar sampai masuk matahari. Sembahyang malam minggu. sekurang-kurangnya dua rakaat. Demikian lupa ia ketiduran. Sudah dibicarakan dalam pembicaraan sunat Rawatib. menurut Ummu Habibah empat rakaat sebelum Zhuhur dan empat rakaat sesudahnya. Keempat Sembahyang pada waktu pertiga malam terakhir. Ketiga Sembahyang tengah malam. keutamaannya diceriterakan oleh Annas bin Malik bahwa ia mendengar Rasulullah berkata : "Barang siapa sembahyang pada malam Ahad. karena yang demikian itu dapat menghilangkan menguap dan mengantuk pada pagi hari. jld. membaca Al-Qur'an. dan kebanyakan sahabat mengerjakannya dua belas rakaat. Wirid yang keempat Sembahyang empat rakaat antara Zhuhur dan A t sar. tahlil istigfar. pada halaman 159. Sembahyang malam ini berhasil dengan melakukan lima macam sunat. Orang bertanya kepada Sitti Aisyah. ada yang mengerjakan delapan rakaat. tafakur tentang dunia. Dalam hadis Nabi. Pada waktu itu membaca Qur'an. bahwa tidur pada akhir malam itu. tidak mengerjakan sembahyang. orang-orang yang sembahyang Subuh duduk sesudah Sembahyangnya menanti waktu mereka Sembahyang Dhuha bersama dalam Mesjid. pada waktu mati hati-hati orang lain". duapuluh rakaat. manakah diantara sembahyang yang sangat dicintai oleh Rasulullah. kedua sesudah Isya' terakhir sampai waktu tidur. bahwa ia sesudah Witir pada akhir malam. menghilangkan warna muka yang kuning dan pucat. mengucapkan Istigfar. Sembahyang Dhuha itu. Adapun wirid yang ketiga. ia berkata. sebagai berikut. dan membaca pada tiap-tiap raka62 . Ceritera yang lain menerangkan. yang sebagaimana diriwayatkan oleh Ibn Abbas.zaman pemerintahan Umar bin Hattab dan A l i . dengan melamakan berdiri. Rasulullah pernah berkata : "Barang siapa menghidupkan Sembahyang antara Zhuhur dan Atsar. berbaring diatas lumbung kanan.. bahwa Rasulullah Sembahyang empat rakaat sebelum Zhuhur. sehingga ada diantara mereka menganggap sunat berbuat yang demikian itu.

" Sahadad Tauhid. meskipun ia mati pada hari Senen. " Q u l hu wallah hu A h a d " tujuh puluh lima kali. membaca " Q u l 'Auju bi Rabin Nasi" sepuluh kali. turunlah dari langit tujuh puluh ribu Malaikat. yang lebar dan panjangnya tujuh kali seluas b u m i " . Ayatui K u r s i lima kali. pada rakaat kedua Tahmid satu kali. " Q u l huwallah". 63 . yaitu A b u Umamah. Mengenai Sembahyang malam Selasa. "Qulhu-wallahhu A h a d " dua puluh satu kali. Allah Ta'ala akan memberikan pahalanya. Surat Samadiyah lima kali. Istigfar lima belas kali. dan sesudah malam membaca lagi "Ayatui Qursi" lima belas kali. sebelas kali. "Qulhu wallahu Ahad" empat puluh kali. yang dibaca pada awal rakaat Fatihah sekali. selawat kepada Nabi tujuh puluh lima kali. dan bersama-sama masuk surga ber-sama Nabi-Nabi itu. " Q u l 'Auju bi Rabbil falaqi" sekali. yang dibacakan pada tiap-tiap rakaat Fatihah sekali. "Qulhu wallah hu A h a d " tiga puluh kali. dan pada rakaat yang keempat " T a h m i d " satu kali. Allah Ta'ala akan mendirikan untuknya sebuah rumah dalam Surga. ada riwayat dari Nabi yang berkata : "Barang siapa sembahyang pada malam Selasa dua belas rakaat. Istigfar untuk dirinya dan ayahnya dan ibunya seratus kali. yang berbunyi: "Barang siapa Sembahyang pada malam Rabu dua rakaat. beroleh pahala sebanyak kali ia bedo'a itu. dan sebagainya. dan diberikan dia pahala naik haji dan umrah. Dari riwayat lain. Ada hadis dari Nabi tentang sembahyang pada malam Rabu.at "Alhamdulillah" sekali. pada rakaat yang ketiga dibaca Tahmid satu kali. hal itu menjadi kewajiban bagi Allah untuk memperkenankan permohonannya. dan apabila sudah selesai dari Sembahyangnya ia baca Astagfirrullah lima belas kali. Surat Nasyar lima kali. dan kemudian membaca lagi. Allah Ta'ala menulis namanya pada daftar ahli Surga. dihadiahkan pahalanyabagi kedua orang tuanya. meskipun ia seharusnya masuk Neraka. Istigfar dan Tasbih seratus kali. serta dibangkitkan Allah nanti pada hari Qiamat bersama-sama dengan orang yang ber-iman. kemudian mengemukakan apa hazatnya. dibaca pada rakaat pertama Tahmid satu kali. yang pada tiap-tiap rakaat ia baca Fatihah satu kali. segala dosanya yang terang-terangan diampuni. yang menuliskan pahala baginya sampai hari Qiamat. pada rakaat yang kedua membaca Fatihah satu kali. " Q u l 'Auju bi Rabbil Falaqi" sepuluh kali. "Qulhuwallahu A h a d " sebanyak lima puluh kali. kemudian membaca tasyahhud dan salam. "Astagfirullah" bagi dirinya dan kedua orang tuanya tujuh puluh lima kali. surat Samadiyah lima belas kali. dan " Q u l 'Auju bi Rabbin nasi" sekali. sebagai mana ia memberikan pahala ibadad kepada golongan Siddiqin dan Syuhada'". membaca " L a haula dst. ada Rasulullah berkata : "Barang siapa sembahyang pada malam Senen dua rakaat dengan bacaan Fatihah. selawat kepada Nabi seratus kali. Adapun dasar keutamaan Sembahyang sunat pada Malam Kamis adalah sebuah hadis diriwayatkan oleh A b u Shalih dari pada A b u Hurairah. yang menceriterakan Rasulullah pernah berkata : "Barang siapa Sembahyang pada malam Kamis pada waktu antara Maghrib dan Isya' sebanyak dua rakaat. Sembahyang ini dinamakan juga "Shalat Hazat". Mengenai sembahyang malam Senen adalah didasarkan kepada riwayat A'masy dari Anas. yang menyampaikan Rasulullah berkata : "Barang siapa sembahyang pada malam Senen empat rakaat. "Ma'uzatain lima kali. niscaya matinya adalah pahala mati syahid".

lama dan baru. Dalilnya itu diriwayatkan oleh Syeikh A b u Nasar. Dan apa bila dilaksanakan sekalian itu berhasillah dengan niatnya apa yang tersebut. ia akan mendapat keutamaan untuk itu seluruhnya dari pada Allah. dengan kurnia-nya. dari Ishak bin A b i Israil. yaitu pada seluruh malam dan siang. bahwa Nabi berkata : "Barang siapa Sembahyang pada malam Sabtu antara Maghrib dan Isya' dua belas rakaat. mengeluarkan sedekah dan melakukan semua ibadad. Apabila engkau sudah selesai dari bacaan itu pada rakaat pertama. baik yang tidak kelihatan maupun yang kelihatan. ma'uzatain sekali-kali. kemudian ia sembahyang dua rakaat sunat. kemudian ia sembahyang lagi sepuluh rakaat. dari Ib Abbas yang menerangkan Rasulullah pernah berkata kepada Abbas bin A b dul Muttalib : "Wahai Abbas. sebagai Qadha. puasa. secara berjama'ah. bukankah engkau dicintai. yang dibacakan pada tiap-tiap rakaat Tahmid sekali. Wahai pamanku. diriwayatkan oleh A b u Hafas Umar bin Ahmad. bukankah engkau sudah dimasukkan kedalam sepuluh perkara. Samadiyah sekali. Diperingatkan bahwa mereka yang melakukan shalat-shalat sunat. kemudian engkau ruku'. 15 kali. kemudian engkau angkatkan 64 . diceritakan oleh Jabir bin Abdullah. yang mengatakan Nabi pernah berpesan : "Barang siapa Sembahyang pada malam Jum'at Isya' pada waktu larut malam. kemudian ia Shalat Witir tiga rakaat. bahwa engkau sembahyang empat rakaat. nas-nya ialah dari Anas bin Malik. yang jika engkau kerjakan diampuni semua dosamu. dibangunkan Tuhan baginya sebuah istana dalam Surga. dan tidak melakukan yang lain. bukankah kepadamu sudah dianugrahkan Tuhan. segala dosamu segala kesengajaanmu. diriwayatkan dari pada Abdullah bin Muhammad Al-Baghawi. rahmatnya dan kemuliaannya. dan Abul Fatah. dan sedang ruku' engkau ucapkan sepuluh kali. bahwa Nabi pernah berkata : "Barang siapa Sembahyang pada malam Jum'at antara Maghrib dan Isya' dua belas rakaat. dikurniainya.Mengenai Shalat pada malam Jum'at. dari ayahnya. awal dan akhirnya. yang semua itu akan mewajibkan Tuhan mengampuninya". Sembahyang Tasbih itu bukan tidak ada dalilnya. dari riwayat Musa bin Abdul Aziz. S E M B A H Y A N G TASBIH. Adapun Sembahyang pada Malam Sabtu. dan ia akan terlepas dari pada sifat-sifat orang Yahudi. dan sunat. yang pada tiap-tiap rakaat engkau membaca Fatihah dan Surat-surat Qur'an. sesudah menunaikan hukum-hukum fardhu. tahun puasa pada siangnya dan sebanyak itu Sembahyang malamnya". Diriwayatkan oleh Katsyir bin Salamah dari pada Anas bin Malik. seakan-akan ia sudah menghadiri dan mencapai malam "Lailatul Qadar". dari Al-Hikam bin Aban. pada waktu kecil dan besar umurmu. yang dibacakan pada tiaptiap rakaat itu Fatihah dan Surat Samadiyah sebelas kali. dan ia sendiri seperti bersedekah pada tiap-tiap orang mu'min yang wanita dan peria. dari Ikrimah. Hamdalah. A l lahhu Akbar. dan sebagai penutup pengganti ferdhu. hendaklah engkau berdiri dan membaca Tasbih. maka pahaïanya seakan-akan ia hamba Allah yang pernah ber-ibadad 12 kali. Haihalah. engkau ucapkan sekali lagi. melainkan berniat melakukan semua Ibadadnya yang di ferdhukan kepadanya dengan Sembahyang-Sembahyang ini. kemudian ia tidur atas lumbung kanan. dan A b u Muhammad Al-Hasan bin Muhammad Al-Khilal. dan mukanya ke Qiblat. Muhammad bin Ahmad bin Abil Fawaris.

maka zakatnya setengah dinar. A d a yang meriwayatkan. bahwa kewajiban Zakat itu disebutkan sesudah keterangan mengenai kewajiban Shalat. bahwa dalam semua rakaat ini yang empat kali dibacakan tiga ratus Tasbih. Kepada siapa zakat itu harus diberikan ? Juga dalam fiqh Qadiriyah ini mempunyai delapan asnaf. seperti tersebut dalam Al-Qur'an. yaitu. dan kepada Umar bin A l . Setengah ulama berceritera. Pada suatu riwayat lain dibaca pada rakaat pertama Fatihah.A s . jika tidak sanggup setahun sekali. dan pada rakaat yang ketiga Fatihah.-karena seper-sepuluhnya (usyur) adalah dua dinar. dikeluarkan dari usaha dagang. Dipersilahkan melihat uraian tentang zakat dalam kitab-kitab mazhab Syafi'i. tetapi belum sempurna untuk memenuhi segala keperluannya. juga diambil urutan seperti dalam Al-Qur'an itu. amiIin. selama sujud itu engkau baca sepuluh kali. Seseorang diwajibkan zakat jika ia cukup banyak mempunyai harta yang diharuskan mengeluarkan zakat-nya. dan pada rakaat yang keempat Fatihah dan Surat Samadiyah".kepalamu dari pada rakaat sambil mengulang lagi bacaanmu sepuluh kali. jika tidak juga sanggup seumur hidupmu sekali". sehingga jumlahnya menjadi seribu dua ratus macam tasbih. dan Surat Sanbihi Isma rabbikal a'la. atau empat puluh ekor kambing. kemudian engkau angkat kepalamu dan membaca lagi sepuluh kali lagi. kemudian engkau sujud. atau yang senilai dengan harga tsb. tiga puluh ekor sapi. yaitu mereka yang mempunyai miliknya. Diwajibkan zakat mas dan perak seper-empat usur. Dalam hadis yang lain A b u Nasar menceriterakan. Hamba sahaya tidak diwajibkan zakat. sekali pada malamnya dan sekali pada waktu siangnya. kemudian engkau sujud dan ulang bacaan itu sepuluh kali. bahwa Shalat Tasbih ini sunat dikerjakan dua kali pada hari Jum'at. kedua miskin. Uraian tentang wajib zakat ini sama dengan uraian dalam kitab-kitab Fiqh Mazhab fiqh yang lain. Begitu juga kena kewajiban zakat itu jika ia memiliki lima ekor unta. dan pada rakaat kedua Fatihah dengan Surat "Iza zulzilad". dan jika engkau sanggup engkau sembahyang pada tiap-tiap hari sekali. Begitulah perhitungan zakat-zakat yang lain. jika tidak sanggup tiap Jum'at sekali. " Y a ayuhal kafirun". mereka yang ditugaskan dan mengumpulkan zakat. sehingga semuanya berjumlah tujuh puluh lima kali pada tiap-tiap rakaat yang empat kali itu. ZAKAT. untuk diserah65 .. Jika seseorang mempunyai duapuluh dinar mas. Sudah kita katakan bahwa berhubung dengan uraian dalam Qur'an. maka dalam fiqh Qadiriyah ini. bahwa Nabi pernah mengamanatkan ini juga kepada Ja'far bin A b i Thalib. yaitu jika ia memiliki dua puluh mayam (mitsqal) dari mas atau mempunyai dua ratus dirham uang kertas. dan seperempatnya itu setengah dinar. Pertama fakir. yaitu mereka yang tidak cukup harta bendanya untuk kehidupannya. kemudian engkau angkat kepalamu dari sujud serta engkau baca lagi. jika tidak sanggup sebulan sekali.

gunanya untuk menyelamatkan diri. baik sedikit atau banyak. pada hari raya dan malamnya. wajib dikeluarkan dari makanan yang terdapat dalam sesuatu negeri. maknya.". pamannya.II. karena ada hubungannya dengan Sejarah ibadat ini. dimulai dengan Adam a. Dalam menafsirkan "sebagaimana yang diwajibkan kepada mereka sebèlum kamu". Ja'far As-Sadiq berkata : "Kelezatan yang tersebut dalam seruan Tuhan itu. anaknya. zabib. yaitu budak-budak yang ingin hendak menebus dirinya agar merdeka. tidak berhubungan dengan isteri atau suami. kelima riqab.a. saudara laki-laki. Sementara kita menggunakan perkataan "puasa" untuk ibadat dalam bulan Ramadhan. Adapun zakat fitrah dikeluarkan. bahwa Abdul Malik bin Harun bin antara. bapaknya. bulan Ramadhan. atau untuk menghindarkan niat jahatnya kepada orang Islam. maka ada lagi yang sunat dikeluarkan yaitu sadakah tatawa'. bukalah telingamu untuk mengerjakan apa yang diperintah dan menjauhkan diri dari pada segala apa yang dilarang". dan meninggalkan segala pekerjaan yang dapat menimbulkan dosa. saudara perempuannya. ketujuh sabilillah. d l l . keenam gharimin. dari kurma. meskipun mereka kaya. menurut tertib. dikala menerangkan fadilat bulan Ramadhan. hari-hari kesukaran hidup. Hasan alBasri berkata : "Apabila kamu mendengar firman Tuhan" wahai mereka yang beriman dst. tenang dan diam dan dalam istilah berarti menahan diri dari pada kebiasaan makan dan minum serta jima'. Shiyam atau Puasa. dapat menghilangkan keletihan dalam beribadat". beribu biji-bijian. yaitu banyaknya satu sa' atau lima kilo sepertiga takaran Irak. dikatakan mereka adalah umat-umat yang terdahulu. gandum atau tepungnya.. dari ayahnya dan dari neneknya. yang akan diberikan pahala besar nanti pada hari akhirat. berhak mendapat bahagian zakat Ibn Syabil. pengarang mengemukakan. yang berlaku setiap waktu. dari pada kelebihan makanan seseorang dan keluarganya. mu'alafah. pada hari-hari raya Hari Asyura. Asal arti Shiyam dalam bahasa Arab yaitu menahan diri. mereka yang terlantar dalam perjalanannya. didahulukan yang terdekat. dalam bahasa Arab ibadat ini dinamakan "Shiyam" atau "Shaum". terutama baik dalam bulan-bulan yang mulia. Apabila kewajiban zakat ini sudah dipenuhi. Perintah itu terutama tersebut dalam al-Qur'an : "Wahai mereka yang beriman ! Diwajibkan kepadamu Shiyam. bulan Sya'ban. Dalam jilid yang ke. baik malam atau siang.. sebagaimana pernah diwajibkan kepada mereka sebelum kamu. yaitu orang-orang kafir yang ditarik hatinya kepada Islam dengan memberikan harta benda kepadanya. seperti beras. jagung. yang terambil dari pada bahasa Sansekerta. dan anak-anak pamannya. untuk dirinya. karena perintah syari'at. menerangkan : "Pada suatu hari saya datang kepada Rasulullah. yaitu mereka yang berhutang tetapi tidak sanggup membayarkan hutangnya itu. agar kamu taqwa kepada Tuhan".kan kepada Imam. isterinya teman serumah. kira-kira di66 . diceriterakan. mengapa perkataan Shiyam itu digunakan.s. yaitu mereka yang sedang melakukan pertahanan dan tidak mendapat bayaran dari Imam-nya atau raja-raja. harta benda. Apabila barang makanan ini tidak ada. seperti bulan Rajab. pernah mendengar A l i bin A b i Thalib r. keluarga.

ialah puasa Asyura. puasa " H a r i Putih". Jibril berkata : "Berpuasalah kamu pada tiap-tiap bulan. pada hari yang kedua. Abuzar Al-Ghafari pernah menceriterakan.w. Allah akan memberimu pahalanya. dan pada hari yang ketiga dengan pahala seratus ribu tahun". 15 !".tengah hari. tgl. disebutkan puasapuasa dahulu itu. Zabur Dawud diturunkan pada delapan belas malam dalam bulan Ramadhan.15. 24 dari bulan Ramadhan". baik tiga puluh hari atau dua puluh sembilan hari. mengatakan. serta ditambah beberapa hari.a. Saya memberi salam kepada dia yang dijawabnya. Injil Isya' diturunkan pada malam tiga belas dalam bulan Ramadhan. yang disebutkan dalam Al-Qur'an. Sa'id bin Umar bin As. selama dua puluh tiga tahun.14 dan hari yang ke. A l i bertanya. akan dianugrahkan kepadamu pahala puasa sepuluh ribu tahun. manakah harihari itu 1" Jawab Nabi : "Hari-hari itu ialah dalam tiap-tiap bulan. Antara berkata kepada A l i : " A p a sebabnya hari-hari ini dinamakan Hari Putih (ayyamul abiyadh) ?" A l i menjawab ( : "Tatakala Allah mengeluarkan Adam dari Sorga ke Bumi. diletakkan dalam Baitil Izzah dari langit dunia. pada "'hari pertama. Taurat Musa diturunkan enam malam sesudah bulan Ramadhan. akan dibalas dengan tiga puluh ribu tahun. dan tgl. pada tgl. tidak pandai berhitung dan tidak mencatat perkara bulan. sehingga menjadi jumlahnya empat puluh hari lamanya. Hasan Al-Basri dan ulama-ulama tafsir. Kemudian Nabi menerangkan pula bahwa Qur'an itu dapat menjadi pentunjuk bagi 67 . Kemudian Nabi s. berkata : " A l l a h akan memberikan pahala ini kepadamu dan kepada mereka yang beramal sesudah engkau". Nabi berkata : "Saya dan umat saya buta huruf. Tatkala Adam mengiyakan. yang sampai sekarang masih berjalan dalam kalangan orang mu'min. 13. dan oleh karena itu menyempurnakan bulan itu tiga puluh hari. Nabi menyuruh aku duduk dekatnya serta ia berkata : "Wahai A l i ! Berpuasalah pada tiap-tiap bulan tiga hari. A l i bertanya : "Apakah pahala secamam ini khusus untukku atau juga untuk manusia umum". dan Furqan diturunkan kepada Nabi Muhammad s.w. berkata : " H a i A l i ! Orang ini ialah Jibril.w.a. menerangkan bahwa orang-orang yang berpuasa sebelumnya itu ialah orang-orang Nasrani. bahwa ia pernah mendengar dari Ibn Umar. Kemudian datanglah Jibril kepadanya berkata : " H a i Adam ! Apakah engkau senang. dan Adam termasuk orang-orang yang mula-mula berpuasa. M a k a berpuasalah Adam dan putihlah kembali badan A dam itu. tanggal 13. 14. yang dilakukannya pada hari-hari yang sangat panas atau sangat dingin. Lain dari pada itu dengan mengemukakan riwayat. sampai badannya hitam. ia dipanaskan oleh matahari. agar badanmu diputihkan kembali ?". hari ke. semua hari itu dinamakan hari Putih". Dalam menceriterakan bulan Ramadhan. Ia memberi salam kepadamu.a. sedang ia duduk dalam kamarnya. ia menerangkan bahwa Qur'an itu diturunkan secara jumlah dari Luh Mahfud pada malam Lailatul Qadar dalam bulan Ramadhan. tgl. Rasulullah s. kemudian diturunkan keperluan kepada Nabi kita Muhammad. bahwa Nabi berkata : "Suhuf Ibrahim diturunkan pada tiga malam sebelum Ramadhan. bahwa sahabat ini pernah bertanya kepada Ibn Abbas. lalu aku menjawab salamnya. dikemukakan sebuah riwayat dari Athiyah ibnal Aswad. Adapun puasa yang wajib hanyalah puasa bulan Ramadhan. kemudian dipindahkan antara musim panas dan dingin. Sejak itu dinamakan Puasa pada hari-hari tsb.

yaitu apabila sudah pasti masuk bulan. karena maksud saya hanya membicarakan fiqh-nya saja. atau sampurna bulan Sya'ban tiga puluh hari. Dan jika ia tidak juga sanggup. Tidak saya perpanjang disini. tidak makan. yang mewajibkan kepadanya kifarat (yaitu memerdekakan seorang budak mu'min. Dalam bulan Ramadhan tidak dibolehkan mempergauli perempuan yang masih muda. Beginilah tiap-tiap malam sampai akhir bulan. Tentang fadilat ini dikupas panjang lebar bersama dengan do'a-do'a. tidak boleh berdusta. Jika ia berbuat demikian batal puasanya. tidak melakukan bekam pada dirinya. tidak boleh mengadu domba orang lain. Tetapi yang lebih baik pada permulaan malam. dan zikir-zikir. yang lebih afdal dimundurkan berbuka puasa itu. bahwa "ia puasa seluruh bulan". seseorang yang hendak berpuasa. maka menjadi harganya seratus tujuh puluh tiga dirham dan sepertiga dirham. tidak mengorek-ngorek mulut sampai muntah atau mengeluarkan mani. bagimu aku berpuasa. kecuali pada hari mendung. dll. dan berisi keterangan-keterangan tentang halal dan haram. maka hendaklah ia berpuasa. maka ia berpuasa berturut-turut dua bulan lamanya. Begitu juga sunat mentaqkhirkan Sahur. karena ada riwayat Nabi yang menganjurkannya : "Apa bila seseorang kamu puasa dan kedepannya dihidangkan makanan. yang tidak ada cacat celanya dan yang mudarat dalam pekerjaannya. serta melakukan qada atas puasa yang batal itu. memaki-maki. ia tidak diwajibkan apa-apa. serta memperbaiki amalnya yang ketinggalan.manusia dalam menjauhkan diri dari kesesatan.. Disunatkan cepat berbuka puasa. menjauhkan diri dari pada bau enak masak-masakkan. meskipun mughrim yang dihalalkan. minum dan ji'ma. bagi tiaptiap orang sebanyak satu mud makanan. dan wajib menahan dirinya sampai masuk matahari. baik dengan melihat sendiri rembulan (hilal). Apabila sudah subuh hari. Jika ia tidak sanggup berbuat demikian. meniatkan puasanya. hendaklah ia berkata : "Dengan nama Allah ! Wahai Tuhan. sebagai berikut. atau disaksikan oleh seorang laki-laki yang adil. syah adanya dalam suatu riwayat yang da'if. maka pada waktu manapun juga pada malam hari sejak masuk matahri sampai tepat sebelum terbit fajar yang kedua. Maksudnya ayat ini. Apabila sudah masuk bulan Ramadhan wajib atas orang Islam berpuasa. dengan rezkimu aku berbuka. Apabila tidak juga sanggup sesuatupun dari pada ancaman tersebut. jika rembulan ditutupi oleh awan. bahwa "ia besok pagi dalam'bulan Ramadhan berpuasa". Maka apabila tidak terdapat yang demikian itu dipindahkan kepada makanan yang biasa dalam negerinya. Maha 68 . dan menjauhkan diri dari pada menyikat gigi sesudah condong matahari. begitu juga tidak menyampaikan sesuatu dalam mulutnya. batas-batas hukum dan dapat memperbedakan antara yang hak dan yang batal. kecuali disebabkan ketakutan. atau dengan air dan kemudian ia mengucapkan do'a pada waktu berbuka. boleh dekat terbit fajar. yaitu sekilo sepertiga ukuran Irak. Kecuali jima'. maka ia wajib memberi makan enam puluh orang miskin. serta segala sesuatu yang harus dikerjakan oleh penganut-penganut tharekat. Yang terbaik bagi seseorang berbuka puasa itu dengan buah kurma. atau setengah sak buah kurma atau gandum. hendaklah ia menahan diri dalam seluruh hari itu. cuma Istigfar kepada Tuhan dan Taubat. mengunyah-ngunyah sesuatu untuk mengharumkan mulut. tidak boleh mempergunjingkan orang. Jika orang itu berniat pada permulaan malam dalam bulan Ramadhan. karena firman Allah : "Barang siapa di antara kamu melihat bulan.

Suci Engkau dan segala puji bagimu. dan sesudah ia naik Haji kembali kerumah1) Hal ini menurut Mazhab Hanafi. jika ada utang-piutang dibayarnya lebih dahulu. seseorang wajiblah menunaikan ibadat haji dan umrah itu segera (alal faul) 1). Dalam sebuah Hadis yang lain Rasulullah s. tetapi kecuali dalam mesjid. hendaklah diselang-selingi dengan hari Jum'at. bahwa Nabi berkata : "Barang siapa puasa. Tuhan menjauhkan dia dari Neraka. Asal jangan dia sibuk dengan urusan sendiri. Tuhan akan menjadikan antaranya dan antara api Neraka Jurang selebar antara langit dan b u m i " (riwayat A b u Said Ad-Hudri). Dalam uraian mengenai Ibadat Haji dan Umarah. Dan banyak sekali hadis-hadis yang lain yang dikemukakan mengenai fadilat puasa ini. misalnya membaca Qur'an. Dalam masa beri'yatikaf itu ia berbuat amal. apabila dia berakal normal. dan terus-menerus sampai waktu ia wafat. keluarganya hendaklah mempunyai tempat yang layak.a. karena Bardad pada masa dahulu sangat dipengaruhi oleh Mazhab Hanafi. meskipun satu hari. atau tatkala dia takut dari fitnah dan penyakit-penyakit yang berat. seperti mandi junub. rupanya dipilih fadilat layak untuk kehidupan orang-orang salih. apabila ia mempunyai perbekalan yang cukup. tempat orang bersembahyang Jum'at dan Jama'ah. seperti menjauhkan burung terbang tinggi". tidak wajib segera (faul). dalam keadaan sehat badannya kuat berjalan. sebagaimana yang kita bertemu acap kali dalam ilmu syariat itu. Jika Mazhab Syafi'i. dibicarakan dalam jilid yang ke. Syah beri'yatikaf dalam masa tidak berpuasa. dan lebih banyak ditekankan kepada kehidupan rohani. lebih baik ia diam. yaitu bahwa Haji itu wajib sesudah orang masuk Islam. dan berfikir. kalau dirasa perlu. Mengenai fadilat-fadilat puasa dengan segala wirid dan doa-doanya. tasbih. Dan dibolehkan ia keluar dari tempat i'yatikaf. kalau tidak ia berzikir. cukup perbekalan dalam perjalanan untuknya dan untuk keluarga yang ditinggalkan sampai mereka kembali dari haji. mulai halaman 84 dari kitab "Al-Ghaniyah". yang menerangkan bahwa Nabi beri'yatikaf pada sepuluh hari terakhir dari tiap-tiap bulan Ramadhan. perjalanan yang aman dan tidak ada musuh dalam perjalanan itu yang dapat mencegah dia sampai perjalanannya ke Mekkah. : Apabila sudah memenuhi syarat Haji. apabila ia sudah sampai umur.II. buang air besar buang air kecil. apabila ia merdeka. 69 . Ibadat Haji dan Umrah. pernah berkata barang siapa puasa sehari diatas jalan Allah. karena engkau mendengar dan mengetahuinya". Amal beri'yatikaf ini terambil dari sunnah Nabi serta sahabat-sahabatnya. tahlil. Disunatkan melakukan I'yatikaf. Diantara lain dikemukakan sebuah hadis. kita dapati keterangan dalam fiqh Qadiriyah sbb. Y a Allah terimalah amal kami ini. makan dan minum. riwayat Amar bin Rabiah dari Salam bin Qais. sesudah ditinggalkannya. dari pada kepada hukum fiqh. karena ayat Qur'an mengatakan "Man Ista tha'a Ilaihi Syabilah" (artinya jika mereka sanggup berpergian kesana). Selanjutnya dalam waktu yang luas ia mengerjakan haji itu. tetapi ikhlas untuk Allah. tetapi yang baik sampai berpuasa. perbuatan dan amal yang tidak perlu. Ia menjauhkan dirinya dari pada ucapan.w. Boleh mengajar ilmu pengetahuan atau mengajar bacaan Qur'an atau sesuatu yang lain yang bermanfaat. Apabila ia hendak beri'yatikaf beberapa hari.

Jika tidak cukup syarat-syarat itu. tidak sekutu bagimu. bau-bauan apapun juga. begitu juga segala kerajaan yang langit ini milikmu. ia didenda dengan memotong kambing. jika keluarganya menderita. apabila yang demikian itu dilakukan sebelum . saya hendak melakukan umrah atau haji atau kedua-duanya sekali gus. Dan ia Sembahyang dua raka'at. Apabila sampai kepada mikat (tanda perbatasan tanah Arab) yang diakui dalam sara'. tidak memakai kain yang berjahit. atau mencukur tiga lembar rambut kepalanya atau bulu badannya. dan Zulhalifah. ia berdo'a untuk dirinya. jika ia melakukan haji tamatu'. sedang ia keluar rumah untuk naik haji. dan tatkala pulang kekampungnya. jika hutang-hutangnya tidak dibayar. tidak boleh mendekati isterinya atau mempergauli budaknya. serta ia berniat Ikhram dalam hatinya. ibadat ini lebih afdal. maka wajiblah ia membayar 70 . tatkala bertemu dengan teman-teman. apabila ia selamat dari pada segala pertengkaran sudah selesai dari haji. dan apa bila hal ini dikerjakan. aku memohonkan kepadamu. Ia berselawat kepada Nabi. jika ia datang dari Yaman. yang artinya : "Ta'at kepadamu. Tidak boleh melakukan perkawinan untuk dirinya atau untuk orang lain. dan terimalah ibadat itu dari padaku dan bebaskan dari pada kesukaranku". dan Zuhfah. mudahkan bagiku. dan waktunya sesudah Ikhram. yaitu Zatu Irak. maka didenda untuk tiap-tiap kuku atau bulu satu mud makanan. apabila ia berbuat demikian itu batallah hajinya. dan tidak boleh mencukur rambut. apa yang disukainya. kecuali tidak mendapat selendang dan sepatu. dan ia mengucapkan talbiyah dengan umrahnya. maka ia lalu mandi. tidak ada yang sama dengan engkau !" Talbiyah ini diucapkan dengan suara yang keras. Kemudian ia memakai bau-bauan yang harum. tatkala menghadapi malam atau pagi hari. Jika tidak ia memotong kambing. atau haji Ifrat artinya haji dan umrah sendiri-sendiri. tidak menutup kepalanya. M a k a jika ia memotong tiga kuku. masih ada kelebihan harta benda untuk ongkos-ongkos dijalan dan dirumahnya. dan dikeluarkan untuk pakir-miskin (satu mud kira-kira satu kaleng susu beras). dengan segala putih bersih. kalau dia datang dari Barat. pada waktu mendengar orang lain mengucapkan talbiyah itu. pada waktu turun kedalam lembah berair. dan tiap sesudah Sembahyang lima waktu. jika ia tidak mendpat air. wajib ia memotong seekor kambing. lalu ia tayammum dan pakai selendang untuk selendang dan kain pinggang. Apabila dikerjakan yang demikian itu dengan sengaja. wajib dicucikan dan denda dengan memotong seekor kambing. pada badannya dan pada pakaiannya. dalam Masjidil Haram. maka apabila ia kerjakan yang demikian itu serta inzal. Apabila ia memakai kain ikhram. Dan tidak juga diperkenankan pada waktu haji Istima'. sesudah mengucapkan talbiyah itu. karena ia tidak memberi makan keluarganya. jika ia datang dari Nejed. atau haji dan umrah bersama. Qiran. tidak memakai sepatu yang menutup mata kaki. wahai Tuhanku aku ta'at kepadamu. maka ia berdosa dan berbuat salah.melempar Jumrah 'Uqbah. Kemudian juga tidak boleh memotong kuku. pada waktu beroleh kehormatan. terpenuhilah ferdhu haji itu" (Hadis). dan tidak boleh melihatnya. umrah. Y a lamlam. karena Nabi pernah berkata : "seseorang laki-laki akan berdosa.nya. di Makkah di Madinah dan di Masjidil Aqsya'. Disyaratkan bahwa ia berkata : "Wahai Tuhanku. Begitu juga tidak boleh memakai baubauan lagi dalam waktu ikhram itu. Kemudian ia mengucapkan talbiyah. bahwa segala puji dan nikmat adalah kepunyaanmu. jika ia datang dari Timur. jika ia datang dari Madinah.

kecuali bahwa Allah Ta'ala memperkenankan kamu dalam thawaf itu berbicara". dan yang semacam itu. dari padamulah datang keselamatan. seperti ular. karena Nabi pernah berkata : "Thawaf sekitar Ka'bah itu adalah merupakan salat. memasuki Masjid ini dari pintu yang bernama "Bani Syabah" (biasa disebut pintu "Babus Salam" Besar). Begitu juga tidak boleh berburu dan memotong kayu di Madinah. kecuali ditukarkannya dengan sepotong pakaian. dan mengangkat kedua tangannya tatkala melihat Ka'bah. seperti nyamuk.kifarat. jika mungkin. kemudian ia mendekati Hizil Aswad. Selanjutnya diterangkan. sambil berlari kecil. kebesaran. yaitu memotong seekor kambing. kemegahannya dan kebajikannya. wahai Tuhan kami. boleh orang yang thawaf itu berdo'a apa yang dia suka untuk dirinya. Kemudian ia mulai tawaf. karena haram hukumnya. monyet. Dan pada akhirnya. dll. meskipun seekor merpati. denda seekor sapi. dengan tubuhnya bersih dari segala hadas. disapu dengan tangannya dan diciumnya. segala binatang yang dapat memberi mudarat kepada manusia. tikus. Apabila dia sampai kepada Hizil Aswad barulah dihitung thawaf sekali keliling. jika pohonnya besar. tambahilah kemulyaannya. singa. Tetapi dibolehkan membunuh. najis dan menutup aurat. M a k a apabila sampai ke Masjidil Haram. ketinggian dan kemegahannya. dengan selamat ! Wahai Tuhan kami tambahlah kebesaran Ka'bah ini. Dan do'a lain-lain. kebesarannya untuk orang yang haji atau umrah kepadanya. bahwa selama sekitar pekerjaan haji. macan. jika pohon kecil dengan seekor kambing. dendanya seekor sapi. 71 . tidak boleh memakan daging buruan orang lain. keagungan. serta membetulkan kain selendang Ihramnya. "Thawaf Qudum. kemudian ia bersedekah sebagaimana sanggup. Tiap-tiap keliling ada do'anya yang tertentu. Kemudian tidak dibolehkan selama mengerjakan haji memotong kayu atau menumbangkannya. yang sama dengan do'a tawaf umumnya. Thawaf itu dilakukan dengan niat. baik untuk dimakan atau tidak. Ia mengelilingi Hizil Ismail. maupun menyuruh berburu. dengan arah Ka'bah disebelah kirinya. lalat dan segala binatang buas yang merugikan diatas muka bumi. kalajengking. dendanya (dam).. apa bila ia menyapu dengan tangannya. dan jika ia memotongnya itu seekor keledai Har. Thawaf itu tujuh kali keliling. atau membantu menyembelih binatang buruan itu. begitu juga dibolehkan membunuh semut merah. dan segala puji kembali kepada Allah semuanya . hidupkan kami.. ia didenda dengan seekor unta. dibuka bahu kanan dan ditutup bahu kiri. adalah seekor sapi. hingga sampai kepada "Rukun Y a m a n i " dan tidak diciumnya. Ia mengelilingi Ka'bah. tidak boleh berburu binatang yang boleh dimakan. Apabila sudah selesai thawaf itu dilakukan Sembahyang sunat dua rakaat secara ringan. dan memasuki Mekkan dari bahagian kota yang tinggi. seperti memegangnya atau meminjamkan pisau kepada orang yang memotongnya. sambil berdo'a. maka tangannya-lah yang dicium serta dikucup serta ia berkata : "Bismillahi Waulahu Akbar". hanya di-isyaratkan saja dengan tangan. yang biasa diucapkan oleh penganut-penganut Mazhab Imam Syafi'i.. kemuliaannya ketinggiannya. Apabila waktu terluang dan memungkinkan masuk ke Mekkah beberapa hari sebelum hari Arafah.. yang disunatkan ialah bahwa ia mandi dengan sempurna. tiap merpati dendanya satu ekor kambing. " . dan apa bila yang dipotong itu sapi Har buruan atau semacamnya. anjing gila. serta ia berdo'a : "Wahai Tuhanku engkaulah juru selamat.

dan Imam sudah berhotbah menerangkan kepada manusia apa yang ia suka tentang Wuquf dan tempatnya. bahwa calon haji itu sesudah meninggalkan wukuf di Arafah ia keluar ke Muzdhalifah dan Sembahyang disana bersama Imamnya. diam dari ucapan tarbiyah pada tiap-tiap butir batu yang dilemparkannya. ia melempar Jumrah Aqobah dengan tujuh batu. dan thawaf. Dan sesudah hari Tasyrik sampai sesudah condong matahari. dan sesudahnya sembahyang dua rakaat dibelakang Maqam (Ibrahim). mandi disana. berniat thawaf. Kemudian dia ikhram di Makkah untuk haji. dan hendaknya kelihatan putih telapak tangannya. seperti yang pernah diriwayatkan dari pada Nabi. yang dizamak kedua-duanya. Disunatkan ia mandi kemudian sembahyang Fajar (Subuh). Apabila sudah selesai thawaf itu. di sudahi dengan bukit Marwah. kemudian ia Sembahyang Zuhur dan Asyar. Apabila ia sudah masuk kedalam Wadi M i n a . Dalam rakaat yang kesatu dibaca Fatihah dan Y a Ayuh al Kafirun. ia pergi kepadang Arafah. Apabila sudah keluar matahari. tidur sebentar serta kemudian shalat Subuh. dan pada rakaat kedua Fatihah dan Qulhuwallahu A had. sesudah condong matahari. kemudian ia meneruskan perjalanannya ke M i n a . yang dinamakan " S a ' i " . yang besarnya sebesar-besar biji jagung atau sebesar peluru. Apabila ia meninggalkan Arafah. jika ia sanggup. Asyar. Perjalanan itu dari bukit Safa ke Bukit Marwah sebanyak tujuh kali. sambil bertakbir pada tiap-tiap pelemparan batu itu sambil mengangkat tangan. atau sembahyang sendiri keudian ia bermalam di Muzdhalifah itu dan memungut batu disana sebanyak tujuh puluh butir.Isya'. bahwa tatkala ia melempar batu. tahlil dan takbir serta do'a khusus. ia tinggal di Makkah sampai hari "Tarwiyah". karena pekerjaan Sa'i itu telah 72 . jika ia menghendaki yang demikian. Dan disana bersungguh-sungguhlah ia berdo'a sebanyak-banyaknya. Jika ia seorang wanita. Kemudian ia membaca do'a. ia lalu Sembahyang di Muzdhalifah dan menginap disana. yaitu tanggal 8 Bulan Zulhijjah. menghadap K a ' bah melalui arah Jabal Rahmah. Dan sesudah selesai dengan pekerjaan ini. Lain jalan diterangkan. disana ia shalat Zuhur. berwudhu dan thawaf yang terkenal dengan nama "Thawaf Ziarah". cukup dengan menggunting beberapa lembar rambutnya. berkorban. Sesudah itu barulah ia keluar kebukit Safa melalui pintu Mesjid. dan sesudah ia mendaki serta melihat Ka'bah ia bertakbir tiga kali. Kemudian ia kembali kepada Hajar Aswad dan mengecupnya. bertolak dari Arafah dsb. dan apabila sudah condong matahari. Kemudian ia meneruskan perjalanannya ke Makkah.dibelakang Makam Ibrahim. ia datang ke Mina. dimana ia melempar Jumrah. Apabila matahari sudah terbit dan menguning cahayanya. ia berangkat ke Mina dan segera masuk kedalam daerah Wadi Mahsar. shalat Maghrib dan Isya yang dizamak. lalu ia melakukan Sa'i antara Safa dan Marwah. Maghrib. Ia memperbanyak bacaan tahmid dan salawat. serta pelemparan batu itu sesudah keluar matahari dan sebelum condong matahari itu. kemudian memotong rambut atau memendekkannya. dan dia berhenti disana sebentar. bercukur. dan. kemudian ia meneruskan ke Masy'aril Haram. Apabila sudah melempar lalu menyembelih qurban (hadyu). Jika thawaf tadi "Thawaf Qudum". orang haji itu barulah mencukur rambutnya.

bermalam di Mina. Asyar. Diterangkan. dan berdo'a. menggunting sedikit rambut atau mencukur seluruhnya. melempar Jumrah. Apabila ia ingin masuk Bait (Ka'bah). 73 . dalam tahun itu atau pada yang akan datang. Mengenai Umrah diterangkan. seperti yang pernah diriwayatkan dalam setengah Hadis. sa'i antara Safa dan Marwah. tiap hari dengan duapuluh satu butir batu. bahwa melihat kepada Ka'bah itu adalah Ibadah juga !" Kemudian ia berdo'a. Kemudian ia melemparkan Jumrah Wustha yang diletakkan disebelah kirinya. Adapun yang wajib pada Ibadat Haji itu adalah lima perkara. untuk melempar selesai ketiga-tiganya Jumrah pada Hari Tasyrik. kemudian halal-lah baginya sesudah membuka Ihram itu. jika ia sanggup. Jika seseorang meninggalkan salah satu dari pada kewajiban ini. thawaf tujuh keliling. kedua Wukuf. dan dari Mesjid Khaif disebelah kirinya. yaitu dengan memotong seekor kambing. yaitu bermalam di Muzdhalifah. hendklah dengan kaki telanjang. pertama Ihram. untuk Umrah itu ia keluar ke "Tan'im" . bahwa seseorang yang akan melakukan ibadat ini. ia harus menghadap Qiblat. mencukur rambut. Kemudian ia keluar dari Mina pergi ke Mekkah dan ia Sembahyang disana Zuhur. yang dapat ditebusnya dengan "Sujud Sahwi". Begitulah ia kerjakan dalam tiga hari Tasyriq. Apabila ketinggalan dari pada salah satu rukun ini. Jika ia berada di Makkah. dan Jumrah itu sebelah kirinya. diterangkan bahwa Haji itu akan batal dengan bersetubuh dengan perempuan atau mempergaulinya sampai inzal. memakai bau-bauan Sembahyang dua rakaat. Kemudian ia kembali ke Mina dan dia bermalam disana tiga malam lamanya.terpenuhi dengan ibadat Sa'i pada waktu Thawaf Qudum. bahwa rukun haji itu empat macam. dengan niat beroleh Ilmu dan keampunan Tuhan. dan Isya' dan ia tidur disana. Rasulullah pernah berkata : "Inilah air Zamzam untuk diminum !". Ia mandi. Sementara itu ia selalu melihat kepada Ka'bah. Ia harus i ngat dikala melemparkan Jumrah itu. Kemudian ia melemparkan Jumrah Terakhir. sembahyang sunnat. sampai sesudah seperdua malam. harus ditebusnya dengan denda (dam). sedang ia menghadap Qiblat sedang ia menghadap Qiblat. dimana ia harus Ihram lagi dan membayar denda (dam)nya tidak harus segera. untuk tiap-tiap Jumrah tujuh batu. maka rusaklah haji itu dan harus diulangi kembali. dan kemudian meminum air Zamzam. Jumrah yang lebih jauh letaknya dari Makkah. haruslah Ihram pada Miqat Syar'i. sudah halal-!ah apa yang diharamkan dalam waktu Ihram. sambil berdo'a dan membaca surat Al-Baqarah. Maghrib. seperti meninggalkan sesuatu yang wajib dalam Sembahyang. Ia mulai dengan Jumrah pertama (Jumrah A'qabah). disanalah ia mulai Ihram. Maka dengan sempurnanya Ibadat itu. Diantara keterangan-keterangan yang merusakkan haji. Kemudian ia pergi ke Sumur Zamzam dan dia minum airnya serta berdo'a tatkala meminum air itu. dan Thawaf Wida' (thawaf tatkala meninggalkan Makkah). ketiga Thawaf Ziarah dan keempat Sa'i antara Safa dan Marwah.

mandi karena wukuf di Arafah. dan mandi untuk thawaf Wida'. Sa'i. tidak ada denda apa-apa: Adapun rukun Umrah itu tiga. Dan adapun yang sunat pada Umrah ini yaitu mandi tatkala Ihram. berhenti pada "Masy'aril Haram" . serta memperbanyak do'a disana. dan menginap di M i n a tiga hari tiga malam. mencium kedua rukun itu. Mungusap dua rukun pada Ka'bah. Kemudian ia memberi salam kepada kedua sahabat Nabi. yaitu mandi untuk ihram.Adapun sunat Haji ada lima belas. dan ia Ziarah kepada kuburan Suhada'. Kemudian ia Sembahyang dua rakaat dan ia duduk istirahat. pertama Ihram. Yang diwajibkan ialah pada Ibadat ini. Mimbar disebelah kirinya dan ia memberi salam serta berdo'a khusus. berhenti pada Jumrah ketiga. membaca do'a dan zikir yang diperintahkan dalam syari'at pada waktu thawaf dan Sa'i. seperti pada pertama kalli. yang berkubur disebelah kanannya. mengucapkan zikir. naik kebukit Safa dan Marwah. mandi karena masuk Makkah. mandi karena melempar Jurhrah-Jumrah pada hari M i na. yaitu mengunjungi Mesjid Nabi dt Madinah. dan apabila engkau ambil jiwaku. ia datang sekali lagi ke Mesjid Nabi terus ke kuburan dan memberi salam kepadanya. Kemudian ia pergi Sembahyang di Masjid Quba. dan kemudian ia meninggalkan Mesjid Nabi itu dengan do'a : "Wahai Tuhan ku janganlah kamu jadikan kedatanganku ini yang terakhir untuk ziarah kubur Nabi-Mu. yaitu Abu Bakar dan Umar dengan do'a khusus. Ketiga berlari kecil ditengah thawaf. Apabila ia ingin keluar dari Madinah. dan keempat mencukupkan tujuh keliling thawaf. yaitu mencukur rambut saja. hendaklah atas cara yang dicintainya dan perjalanannya. Jikalau ia ingin boleh mengusap mimbar untuk berkah. berjalan tegap waktu Sa'i. membaca Fatihah. 74 . mandi karena bermalam di Muzdhalifah. Kedua Thawaf Qudum. dan ketiga Sa'i antara Safa dan Marwah. Sesudah ini semua datanglah sesuatu Ibadah yang sunat. Apabila seseorang meninggalkan satu diantara sunat-sunat ini. Disunatkan bahwa ia Sembahyang antara kubur dan Mimbar d i "Raudah". memberi salam kepada sahabat-sahabatnya. Terimalah do'a-ku ini wahai Tuhanku yang mempunyai penuh limpah belas kasihan!". ia dianggap sudah meninggalkan sesuatu keutamaan. kemudian langsung mendatangi kubur Nabi. mandi karena Thawaf Ziarah. dengan menjadikan dinding kesebelah Ka'bah dibelakangnya kubur dihadapannya. berjalan biasa pada waktu Sa'i dan sembahyang dua rakaat sesudah thawaf. kedua thawaf sekitar Ka'bah. mendengar hotbah. Pada waktu masuk ia berselawat.

75 .U R U S A N M U ' A M A L A T .

.

Adapun yang diharamkan kepada tiap-tiap pribadi yang mukallaf ialah memakai pakaian yang dicuri atau dirampas kepunyaan orang lain. pakaian yang dapat melindungi badan manusia itu dari pada panas dan dingin serta segala macam kemudaratan yang lain. ada yang wajib ada yang sunat (Al-Ghaniyah. bahwa ia pernah menasehatkan. sebagaimana yang diriwayatkan oleh A b u Daud dengan isnad Sa'id bin Ubaidah. dan yang haram atas pribadi. terutama jika ia memakan makanan yang berbau. hendaklah ia mendahulukan kaki kanan dan mengakhirkan kaki kiri. yang memantaskan pemakainya dan tidak mengurangkan kehormatannya. 1: 31). jika hendak berbaring berwudhu-lah sebagai wudhu untuk sembahyang. pertama haram bagi tiap-tiap mukallaf. yaitu memakai selendang atau tutup badan. dan seutama-utama warna pakaian adalah pakaian putih. maka tidak boleh ia membuka bahunya dari pakaian yang indah. dari hadis yang diriwayatkan oleh Al-Barra' bin Azib. ketiga makruh. Wajib ia memakai pakaian demikian dan tidak boleh meninggalkannya karena merusakkan dirinya yang haram hukumnya. haram atas pribadi. baik . haram untuk laki-laki yang sudah baligh. memakai pakaian ini ada dua macam. Seutama-utama pakaian adalah yang menutup badan. Adapun yang makruh. Bahagian yang kedua untuk hak Makhluk. keempat mubah. sutera atau kapas diluar dari kakus. sebagaimana dianjurkan Nabi. membasuh mulutnya. Disunatkan bagi orang yang ingin tidur memadami lampunya. dan kelima bersih dari segala macam itu. tidak haram kepada yang lain misalnya kain sutera mubah buaf wanita. Apabila seseorang hendak masuk ke dalam Mesjid. tidak haram untuk pribadi yang lain. yaitu memakai baju yang terlalu panjang. yaitu apa yang sanggup mereka pakai dari pada pakaian-pakaian yang diharuskan. Adapun yang berdasarkan untuk hak Allah. menutup pintu kamar tidurnya. dibolehkan memakainya oleh laki-laki yang baligh dalam peperangan dengan orang Musrik dan Jihad dengan mereka. yaitu menutup aurat dari pada pandangan manusia. membaca "Bismil- 77 . Khusus bagi penganut tharekat qadiriyah. jika berada ditengah-tengah perkumpulan manusia. baik untuk orang hidup maupun untuk kafan orang mati. Adapun yang sunat terbagi atas dua bahagian. Adapun yang bersih semuanya yaitu tiaptiap pakaian yang biasa dipakai manusia pada waktu keluar rumah. Adapun yang khusus untuk hak manusia. sepérti ia pakai pada hari-hari raya. Adab tidur. sebagaimana sudah diterangkan mengenai hukum telanjang. Adapun yang wajib ada dua macam. dan pakaian laki-laki untuk perempuan. membaca "Bismillah". Dimakruhkan memakai pakaian perempuan untuk laki-laki.Adab Berpakaian. Masuk Masjid. karena Nabi pernah melaknatkan orang yang seperti itu. Ada lima perkara mengenai adab berpakaian ini. kedua berdasarkan hak manusia khusus. pertama berdasarkan hak Tuhan. pertama sebagai hak A l lah. hendaklah berbaring kesebelah kanan dan membaca do'a-do'a dan zikir.

Apabila ia batuk-batuk kedua Malaikat mendekati. janganlah ia duduk lebih dahulu sebelum ia sembahyang dua raka'at. atau diam. hendaklah ia mendahulukan kaki kiri dan mentakhirkan kaki kanan serta membaca "Bismillah" dan selawat kepada Nabi. kepadanya kembali seluruh puji-pujian. menjaga harta-bendanya. sebagaimana pernah Nabi menasehatkan yang demikian itu kepada Annas bin Malik. memperbaiki segala sesuatu didalam rumahnya. Dan apabila ia membuka pintu serta membaca "Bismillah". sehingga merusakkan juga agamanya. berlaku lemah lembut terhadap tetangganya. tidak boleh berbicara selain dari pada apa yang perlu. apabila ia makan. yang berkata : "Barang siapa mencari dunia secara halal. dan ia berkuasa atas segala sesuatu". dan memperbaiki kehidupannya sehari-hari dan pada malamnya. Tiap-tiap mereka yang masuk kedalam Mesjid. Apa bila yang demikian itu tidak di kerjakan. dan semua rombongan saitan berlarian pergi. Sesudah membaca do'a-do'a. Apabila telah masuk sembahyang ia sembahyang sunat. sisa-sisa setanpun pergi. dan masuk bersama dia kedalam rumah dua orang Malaikat. Apabila orang itu pulang kerumahnya. apabila ia keluar dari rumahnya. kedua Malaikat itupun pergi. dan bertakbir 33 kali. buruk dengan ahlinya. pada hari kiamat wajahnya itu sebagai bulan pada malam purnama. setujuilah orang ini. selama ia di rumah berhari-hari dan bermalam. tidak berserikat baginya. berusaha yang halal. bermanis dalam ucapannya. kemudian pada akhirnya untuk bilangan seratus dia sudahi dengan : "Tidak ada Tuhan melainkan Allah. Masuk rumah. satu tunggal. ia memiliki seluruh kerajaan. sedangkan Iblis mengerahkan tujuh puluh saitan untuk merusakkan keamanan. karena ia kembali dengan usaha yang baik". yang membuat kejelekan dalam rumahnya pada pandangannya dan pada pendengarannya. pendeknya segala-segalanya dirusakkanlah adanya. tidak boleh berceritera perkara keduniaan. Dan apa bila orang mukmin itu duduk berdirilah Malaikat dibelakang kepalanya.' Adapun tentang usaha yang baik. seluruh diri dan jiwanya menjadi baik. Dan barang siapa mencari dunia secara 78 . kemudian kembali kepada keluarganya. Ada ceritera yang menerangkan bahwa seorang mukmin. yang masuk bersama dia ke-rumah adalah setan. Apabila seseorang masuk rumah tempat tinggalnya. kurnia dari pada Tuhan kami" hancur leburlah segala saitan itu dan berdirilah kedua Malaikat seorang disebelah kanannya dan seorang disebelah kirinya. Apabila sudah selesai dan ingin keluar. pada penghabisan sembahyang disunatkan bertasbih 33 kali bertahmid 33 kali. dan menjaga sanak keluarganya. minumlah ia minuman yang baik. atau ia duduk dengan mengucapkan zikir. pernah diriwayatkan oleh Abu Hurairah dari pada Rasulullah. Tuhan menyuruh dua orang Malaikat menjaga pintunya. kedua Malaikat itu berdo'a : "Wahai Tuhanku. hendaklah ia lebih dahulu batuk-batuk dan berdo'a : "Mudah-mudahan sejahtera untuk kami kurnia dari Tuhan kami".lah" dan berselawat kepada Nabi. dan sembahyang ferdhu berjema'ah. makanlah ia makanan yang baik apabila ia minum. Apabila ia berkata do'a "Sejahtera atas kami. Lain dari pada itu juga disunatkan selalu berada dalam kesucian.

Dan diriwayatkan lagi dari pada Rasulullah bahwa ia berkata : "Sesungguhnya Allah mencintai tiap orang mukmin yang berusaha menjadi bapak keluarga. Dan berkatalah anaknya Sulaiman berdo'a : "Wahai Tuhanku ! Engkau telah mengkurniai kepadaku kerajaan. yaitu Ulama. lalu terjadilah tangannya itu seolah-olah berminyak dan berkanji. untuk menyembah aku. yaitu dusta. Ulama itu adalah warisan Nabi-Nabi. untuk menutupi badannya. kedua yaitu hati yang bersih dari pada keinginan meni79 . berikanlah ia kepadaku. berlaku tamak. bahwa yang dinamakan " 'afiat" (kesejahteraan dan kesehatan) itu disebabkan sepuluh perkara. Lalu berolehkan ia dan keluarganya kekayaan dan kehidupan yang mencukupi dari pada hasil pandai besinya itu. siapa yang harus diikuti oleh orang banyak ? Dan apabila tentara bersikap sombong dan ceroboh. tidak berusaha didunia dan tidak beramal untuk akhirat". Maka Sulaiman itu adalah orang yang pertama yang bekerja dengan giat sungguh-gungguh. Adapun Raja-raja itu adalah mereka yang mengurus keperluan manusia. bahwa pernah disampaikan kepadanya. dan mengambil dunia saja. bagaimana dapat manusia itu mempercayainya ? Dan apabila pada saudagar tidak ada tiga buah sifat. Maka Allah mewahyukan kepadanya : "Wahai Sulaiman ! Bahwa seseorang berusaha dengan tangannya untuk menghilangkan laparnya. ia akan menemui Allah nanti pada hari kiamat. pertama lidah yang bersih dari tiga perkara. Diriwayatkan dari Rasulullah : "Tiap laki-laki yang meminta-minta untuk dirinya. Maka dengan sendirinya. ia tentu akan merupakan fakir dunia dan akhirat. yang amat murka kepadanya. yang diikuti oleh manusia. sedang ia sekarang mengusahakan pandai besi. tidak bekerja. dalam melaksanakan baju besi. sedang Usahawan itu ialah orang-orang yang diamanahkan Tuhan untuk memperbaiki kehidupan manusia dan memakmurkan bumi ini. yang kemudian diperdagangkannya. dan tentara itu yaitu Tentara Allah di atas muka bumi yang menentang kekufuran. meskipun kurang aku bersyukur kepadamu. yang memberi petunjuk kepada makhluk mengenai amal akhirat. sembilan perkara terletak dalam usaha mencari penghidupan. Raja-raja. Setelah ahli hikmah berkata. Dan diceriterakan oleh Tsabit Al-Banani. Maka datanglah kepadanya Jibril mengajarkan amalan khu sus yang dapat memberi kegiatan bekerja sungguh-sungguh. dan hanya satu terletak dalam ibadat. bahwa Nabiyullah Daud meminta kepada Tuhan. apabila yang musti memelihara manusia itu menjadi macan. dialah yang lebih bersyukur kepadaku dari pada engkau". untuk tidak engkau berikan yang demikian itu kepada seseorangpun sesudah daku. Tentara dan usahawan. dan tidak mencintai seorang yang berpangku tangan saja. tunjukilah daku sebagai seorang yang lebih bersyukur dari padaku". siapa lagi yang harus memelihara keamanan kambing ? Dan apabila ulama meninggalkan ilmu pengetahuan. maka kapankah mereka akan menang dari pada musuh negara ? Dan jika usahawan menghianati manusia.halal tapt secara tamak dan secara sombong serta memperlihat-lihatkan kenikmatannya kepada orang. Dan sekarang aku memohon kepadamu. agar akan dijadikan berusaha dengan tangannya. Maka berkata Sulaiman : "Jadikanlah usahaku dengan tanganku sendiri". bahwa tidak dapat berdiri agama dan dunia sebenar-benarnya kecuali dengan empat macam golongan manusia. yang belum pernah engkau berikan kepada seseorang sebelum daku. Diceriterakan. Tuhan akan membukakan kepadanya tujuh puluh pintu kemiskinan". berolok-olok dan bersumpah.

dan bahwa kami akan kembali kepada Tuhan kami". kehidupan duka cita. dan ketiga jiwa yang dapat memelihara tiga perkara. kuat beribadat untuk menyempurnakan perintah-perintah terhadap akhirat. pergi berperang. tetapi aku adalah temanmu pada tiap usahamu yang haram itu". Pernah dinasehatkan orang. Perjalanan itu hendaklah. Apabila ia sudah naik ke atas kendaraannya. dan ampuni. kerelaanmu. maka setanpun berkata : "Semua ini menyebabkan aku berteman dengan engkau. maka lebih dulu ia sembahyang dua raka'at. ada tersebut dalam sebuah hadis dari Nabi : "Sering ber-uzlah hendaknya kamu. bahwa jika seseorang manusia berusaha kotor. maka sesudah habis sembahyang dua raka'at. mudahkan kepada kami perjalanan ini dan perpendek antara yang jauh. hasad dengan tetangganya dan teman-temannya. Tentang bepergian dan bersahabat. Dan apa bila ia kembali dari perjalanan ia sembahyang dua raka'at serta berkata : "Kami ini adalah orang yang kembali orang yang taubat. untuk menjauhkan diri dari pada kejahatan". Tuhanku. Adapun wara' yaitu orang yang sungguh-sungguh menganut agamanya. diterangkan sebagai berikut. Apa bila seseorang berkehendak bepergian. Tetapi uzlah bagaimana ? Nabi berkata : "Seorang mu'min yang tinggal di rumahnya. dan berkata "Dengan nama Allah". karena engkau berkuasa atas segala sesuatu. Seutama-utama manusia adalah seorang laki-laki yang ber-uzlah. Begitu juga arti uzlah yang digunakan oleh sahabat-sahabat Nabi dan keluarganya. Jama'ah dan menuntut Ilmu siang malam untuk keridhaan Tuhan. Tuhanku. bukan uzlah yang berarti meninggalkan masyarakat dan tidak mau berusaha untuk dirinya dan umum. ia berdo'a pula : "Mahasuci engkau. Adab bepergian dan bersahabat. Sabtu atau Senin. aku berlindung kepadamu dari pada susah payah perjalanan. 'jika sekiranyd dapat. Adapun pengertian "al-wahdah" dan "al-uslah" (mengesakan Tuhan dan menjauhkan diri dari manusia banyak). Kemudian apabila ia ingin bepergian. Maka hendaklah tiap orang menjauhkan dirinya dari yang haram. maka dengan demikian ia sendiri menjadi teman orang yang berbuat haram itu. janganlah ia duduk bersama mereka. janganlah menyuruh orang lain berbuat haram. wahai Tuhanku. lalu ia berdo'a : "Tuhanku sampaikanlah kehendakku dengan kebajikan. 80 . dengan kekuasaanmu. dan tiap yang kami perlukan. pindah dari satu negeri ke negeri yang lain. karena uzlah itu ibadat jua adanya". pada pagi hari Kamis. dan berkeinginan untuk makan sendiri. karena Nabi berbuat yang demikian itu. Tuhanku. naik haji. atau memohonkan kepada Tuhan sesuatu hajat. yang memudahkan bagi kami perjalanan ini. yaitu Jum'at. engkau adalah teman dalam perjalanan.pu. wakil dalam keluarga dan harta benda serta anakanakku. orang yang menyembah serta memuji Tuhan kami". janganlah ia makan makanan yang diusahakannya secara haram. kemudian ia memohonkan hajatnya dalam do'a. kejahatan pandangan dalam kekeluargaan dan anak-anak serta harta benda". aku tidak akan meninggalkan engkau. Jauhkanlah dirimu dari usaha yang haram. tatkala engkau berusaha demikian rupa. dan dari orang yang berbuat haram.

Jika tidak demikian ia harus membawa tang gungannya itu. tidak minta dibantu oleh seseorang lainpun. ia mengakutkan teman seperjalanan nya. memelihara persahabatan yang baik. Hendaklah ia selalu menjaga dalam perjalanannya menggunakan lidah yang baik. apabila ia kekurangan bekal. karena mengetahuinya itu wajib. ia menyebutkan sesuatu tentang diri temannya dengan lunak lembut. janganlah ia melagak berupa pemimpin bagi manusia. seperti perdagangan atau perguruan. bersikap lunak lembut apabila temannya kelihatan marah. Dan hendaklah ia memberi perlindungan atas tiap-tiap sesuatu. dan meninggalkan keluarganya yang akan menjaganya selama ia bepergian. semuanya itu sesudah paham hukum-hukum mengenai ilmu kelima ibadat. karena tempat-tempat ini adalah tempat-tempat ular dan macan. menasehatkan kepada yang baik-baik dan selalu bermusyawarah dengan teman seperjalanannya itu. tidak turun dari jalan atau turun kedalam rawa. nama bangsanya. Dan jika ia diikuti orang. jangan menghinakan mereka. atau tempat yang mulia atau yang diperkenankan. karena hal itu makruh. dan dengan asma Allah al-Husna. selalu ia menunjukkan keindahan penerimaannya. segera ia merendah diri kepadanya. ialah ia menanyakan nama temannya. atau tempat-tempat yang disinggahi. keutamaan atau ferdhu kifayah. bahwa kedua ibu bapaknya rela akan kepergiannya. berbicara yang bersifat menghibur. memberikan kemurahan tangan kepadanya. semuanya yang engkau ketahui dan yang tidak aku ketahui dari pada kejahatan makh81 . nama negerinya. yang tidak dapat ditantang oleh seorang yang baik atau seorang yang jahat. ia menerangkan kepada pengikut itu kekurangan-kekurangannya. tidak mengeluarkan diri dari rombongan perjalanan. apabila ia bermaksud akan bepergian dari negerinya. mengem balikan apa yang hilang dari padanya. bahwa ia menghilangkan dendam kesumat dengan musuh-musuhnya. apabila ada orang lain yang berkuasa dalam perjalanan itu. dan jangan ia berlaku menutupi sesuatu rahasia. Yang pertama-tama wajib diperhatikan seseorang.Apabila seseorang keluar untuk bepergian. sebagai nasehat bukan sebagai penyesalan dan merendah diri sangat. membantu temannya apabila perlu. apabila ada orang lain yang memimpin. dengan memakai adab berteman. memeliharanya dan perjalanannya apabila ia tidur. berbuat manfa'at bagi teman-temannya. dan menderita kesukaran-kesukaran serta memadami perbantahannya. Dan seyogiyanya perjalanannya itu dalam garis-garis taat kepada Tuhan. Lain dari pada itu ia harus bersung guh-sungguh dalam keadaan suci pada masa perjalanan itu. serta yang lain itu mubah. pamannya. tidak menunjukkan kedudukannya. dan berusaha berbuat hikmat kepada sahabt-sahabatnya dalam perjalanan itu. meninggalkan sifat-sifat yang tercela dan memakai sifat-sifat yang terpuji. Dan jika kedudukannya tinggi. karena yang demikian itu berarti meninggalkan hawa nafsunya dan mengharapkan kerelaan Tuhannya. kecuali jika sangat perlu. tidak mengeluh kepada temannya. jangan ia hidup sendiri saja. meninggalkan segala perselisihan. seperti naik haji atau ziarah kepada seorang Syeikh. baik neneknya. hendaklah dia diam. dan tidak membuka rahasianya. dan segala percekcokan umumnya. keindahan timbal balik. Yang penting juga diperhatikan oleh seseorang. Hendaklah ia mempergauli sahabat-sahabatnya dalam perjalanannya dengan kelakuan yang baik. memberikan air minum apa bila temannya haus. Apabila ia duduk ditempat-tempat itu atau ia tidur disana ia berkata : " A k u berlindung dengan Allah dan dengan firmannya yang lengkap.

luk, dan dijauhkan hendaknya dari kejahatan yang turun dari langit, dan
yang naik kelangit, dan dari kejahatan yang bersebaran di bumi dan apa yang
keluar dari padanya, dan dari pada fitnah pada siang hari dan malamnya,
dan dari pada perjalanan malam dan siang kecuali perjalanan yang engkau
tunjukkan dengan kebajikanmu, Wahai Tuhan yang maha pemurah, dan jauhkanlah dari pada kami tiap-tiap binatang yang fnenentang, bahwa Tuhanku menjaga jalan yang lurus".
Hendaklah diperhatikan pada kendaraannya jangan ada pembunyian
genta, karena Nabi berkata pada tiap-tiap genta itu ada setan, dan ia menerangkan, bahwa Malaikat itu tidak akan menyediakan dirinya secara lemah
lembut, menemani orang yang mempermain-mainkan genta dan lonceng.
Disunatkan bahwa tiap orang yang akan bepergian membawa tongkat.
Maimun bin. Mihran meriwayatkan sebuah hadis dari Ibn Abbas, katanya :
"Pegang tongkat, karena itu sunnah Nabi-nabi dan alamat orang yang mu'min". Hasan al-Basri berkata, bahwa pada tongkat itu melekat enam perkara, sunnah Nabi-nabi, keindahan orang saleh, senjata terhadap musuh ular
anjing dan sebagainya, bantuan kepada orang yang da'if, menakutkan orang
yangmunafik, dan menambah wibawa dalam kebajikan. Dan pernah dikatakan, orang mu'min itu dapat menghalaukan setan dengan tongkatnya, dan
menundukkan orang munafik dan orang yang jahat. Dan tongkat itu dapat
juga dijadikan tanda Qiblat apabila seseorang sembahyang, dan banyak manfa'at yang lain-lain, seperti yang tersebut dalam Al-Qur'an mengenai kissah
M u a dengan tongkatnya.

Tidak dibolehkan membikin kotor dalam mesjid, dan dimakruhkan bekerja didalamnya, seperti menjahit, jual-beli dsb. Dan dimakruhkan mengangkat suara, kecuali berzikir, dalam mesjid, tidak diboleSkan berludah didalamnya, makruh membuat ukir-ukiran didalam mesjid, tetapi dibolehkan
mengapuri yang baik.
Tidak boleh dijadikan mesjid itu tempat tinggal, atau tempat menumpang, kecuali jika terpaksa untuk tamu dari jauh atau untuk orang ber-i'tikaf, karena nabi s.a.w. pernah memerintahkan menempatkan dalam mesjid
utusan Bani Abdu Qais, dan Bani Tsaqif.
Tidak dilarang bersyair atau berkasidah pada waktu sepi didalamnya.
Dibolehkan memperbanyak bacaan Qur'an dan mengucapkan tasbih,
karena mesjid itu memang diuntukkan buat dikir dan Sembahyang. Dimakruhkan memindah tanah-tanah mesjid ketempat lain. Begitu juga makruh
membawa anak-anak dan orang gila kedalam mesjid, wanita yang ber-haid,
karena mengotorkan mesjid. Jika seorang berjunub dalam mesjid, dibolehkan
berwudhu dan tinggal dalam mesjid sampai ia beroleh kesempatan mandi.
Yang terutama ia bertayammum untuk junub.
Dalam menggunakan suara dibolehkan bersyaïr, asal syair itu tidak mem
buat olok-olok dan menimbulkan hal-hal yang terlarang. Membaca Qur'an
makruh, kalau bacaan itu salah, dan merupakan suara lagu-lagu serta nyanyian. Karena buah dari bacaan Qur'an itu ialah menanam takut kepada A l lah bagi orang yang mendengarnya.
Binatang-binatangyang berbahaya dibolehkan membunuhnya.
82

Berbuat baik kepada ibu bapak.
Berbuat baik kepada kedua orang tua itu wajib hukumnya, sebagaimana
Tuhan menjelaskan dalam Al-Qur'an :
"Jikalau salah seorang dari pada keduanya sudah lanjut umurnya, janganlah
amu hardik dan bentak-bentak mereka. Berbicaralah kepada keduanya deïgan ucapan yang mulia .... pergaulilah keduanya dalam dunia ini secara baik".
Banyak hadis-hadis yang juga menyuruh berbuat baik kepada kedua orang tua. Ibn Abbas pernah berkata : "Barang siapa pagi-pagi hari sudah
marah-marah kepada kedua orang tuanya, pada sore harinya Tuhan menyediakan dua buah pintu terbuka untuk jalan mereka masuk ke dalam neraka.
Dan barang siapa sore-sore hari marah bagi orang tuanya, esok paginya disediakan Tuhan dua pintu untuk masuk kedalam neraka". Menurut Abdullah
bin Umar, Rasulullah pernah berkata : "Kerelaan Tuhan (kepada kita) bergantung kepada rela kedua orang tua kita. Dan kemarahan Tuhan terletak
dalam kemarahan dua orang tua kita kepada kita". Dari Abdullah bin Umar
juga ada sebuah ceritera, yang menerangkan bahwa ada seorang laki-laki
menghadap Nabi dan menerangkan, bahwa ia mau turut ber-jihad. Nabi bertanya, apa orang itu punya kedua orang tuanya, yang di jawab masih punya.
Lalu Nabi menerangkan : "Berjihadlah untuk ibu bapakmu, dan sifat berbuat baik kepada ibu bapamu, bahwa engkau mencukupi apa yang diperlukannya, menghindarkan segala kesukaran dan penderitaannya, bersikap lemah
lembut kepadanya seperti kamu menghadap anak kecil, jangan menggunakan
barang-barangnya, berhikmatlah sebanyak mungkin sebagai engkau melakukan sembahyang sunat dan puasa sunat, dan minta ampunlah kepada Tuhan
bagi keduanya dengan Istigfar pada kesudahan Sembahyangmu, jangan kamu biarkan dia cape, menderita, tidak mengangkat suaramu tinggi-ginggi,
jangan berbuat sesuatu yang bertentangan dengan kehendaknya, kecuali jika
bertentangan dengan agama, karena Rasulullah berkata : "Tidak usah ta'at
buat makhluk, jika ketaatan itu berarti maksiat kepada Allah".
Dan lain-lain ajaran yang baik terhadap kedua orang tua. Tetapi tidak
wajib ditaati kalau ia menyuruh meninggalkan segala ibadat wajib, seperti
naik haji, Sembahyang lima waktu, zakat, membayar kifarat, meiepaskan nazar, berjina, minum arak, membunuh sumpah palsu, merampok dan merampas, seperti yang sudah diterangkan dalam hadis tersebut diatas.
Memberi nama dan gelar.
Manusia dilarang memberi nama anaknya dan gelarnya dengan nama
Nabi Muhammad s.a.w. dan gelarnya, tetapi dibolehkan jika dipakai salah
satu dari pada nama dan gelar itu.
Tindakan kalau amarah.
Disunatkan bagi seseorang yang amarah, jika ia sedang berdiri, bahwa ia
duduk, dan jika ia sedang duduk, bahwa ia berbaring dan mencuci badan dan
mukanya dengan air dingin.
Tidak boleh segera datang duduk dalam sesuatu lingkungan orang yang
sedang bicara, kecuali dengan izin mereka. Makruh duduk antara perhndungan dan panas mata hari.
83

Kemudian banyak dijelaskan fadilat-fadilat membaca surat-surat dari A l
Qur'an dan do'a, dengan cara-caranya dan menulis ayat-ayat Qur'an atau
membacanya bagi orang-orang yang sedang sakit sambil menziarahinya, cara
mengobati orang sakit, berbekam atau minum obat dll., sambil memberi peringatan bahwa mengobati sesuatu yang haram, seperti hammar, racun,
bangkai dan sesuatu yang najis, tidak dibolehkan, sesuai dengan pesan Rasulullah yang pernah berkata : "Bahwa Tuhan tidak menjadikan penyembuhan
sesuatu penyakit umatku dengan barang-barang yang haram.
Diantara yang penting juga kita ketahui dalam pergaulan melalui ajaran
tharekat ini ialah, bahwa tidak diperkenankan seorang wanita bersepi-sepi
dengan seorang laki-laki, yang bukan muhrimnya, karena nabi mengatakan
bahwa dalam jumlah laki-laki dan perempuan itu mesti ada setan yang akan
menemaninya dan menggodanya. Tidak diperkenankan melihat wanita
muda, kecuali untuk salah satu kesaksian atau pengobatan sakit. Dibolehkan
melihat seorang perempuan tua untuk keperluan-keperluan tsb. tidak diperkenankan dua laki-laki dan dua perempuan yang semuanya telanjang bulat
berkumpul pada suatu tempat, sebagaimana tidak dibolehkan seorang melihat aurat orang lain, kecuali untuk salah satu keperhian pemeriksaan kesehatan.
Dianjurkan juga agar berlaku lemah lembut terhadap pembantu laki-laki atau perempuan, tidak diberatkan mereka dengan pekerjaan yang tidak
dapat dikerjakannya. Kepadanya diberi pakaian yang pantas, diberi makan,
jika perlu dikawinkan dan memberikan syarat-syarat perikemanusiaan yang
lain.

84

M U N A K A H A T . 85 .

.

karena sebuah hadis yang diriwayatkan oleh Abu Hurairah berbunyi: "Orang menikahi seseorang wanita karena empat perkara. serta ceritera-ceritera orang-orang yang saleh. Dan Rasullullah pernah berkata kepada Jabir bin Abdullah. karena aku bangga banyak ummatku dibelakang hari". tiga. ketiga karena cantiknya dan keempat karena Agamanya. bahwa isteri Rasulullah Maimunah pernah menerangkan pesan Nabi sbb. Diantara adab-adab nikah ialah bahwa tiap-tiap orang yang akan kawin berniat menurut perintah Allah. ialah memelihara kehormatannya. dan sebaik-baik wanita dari umat saya adalah mereka yang terbaik terhadap suaminya. yang berperang membela Allah dengan sabarnya dengan menyerah diri seluruhnya kepada Allah. ada pun yang térbaik adalah karena Agamanya". diantara lain katanya : "Apabila seseorang manusia kawin. Begitu juga suami hendaknya mengurus isterinya lebih baik. maka ia telah mencapai separuh dari pada agamanya". memelihara agama dan menyempurnakari pesan-pesan Rasulullah dalam hadisnya. Dan ini juga sebabnya. yang tersebut dalam Al-Qur'an : "Kawinilah janda-janda dalam kalanganmu dan wanita-wanita yang saleh". bahwa ia sudah kawin dengan seorang janda. Rasulullah berkata : "Mengapa tidak kamu kawin dengan seorang perawan. Dianjurkan kawin dengan calon-calon diluar keluarga. bahwa percekcokan dibelakang hari menjadikan permusuhan dan putus hubungan keluarga. 87 . yang kamu dapat bersenda gurau dengan dia". dengan diberikan alasan-alasan Qur'an dan Sunnah. Menurut Imam Ahmad. Bahwa yang sangat dimurkai Tuhan diantara yang mubah ialah menjatuhkan Talak. : "Sebaik-baik suami dari pada umat saya ialah mereka yang terbaik menghadapi isterinya. dan anaknya.M U N A K A H A T . jika mereka hidup damai keduanya. dan beroleh pahala karena:mengikuti perintah Allah. Diriwayatkan oleh Ubbadah bin Kasir dari Abdullah Al-Hariri. dan kepada suami isteri yang baik itu dikurniai "Hurul „'ain". agar tidak mengakibatkan. karena mereka adalah temannya. dan sampai empat orang. Abu Daud mewajibkan perkawinan mutlak. Disyaratkan dalam hadis nikah agar beranak pinak. Dan Rasulullah sendiri berpesan : "Bernikahlah kamu dan melahirkan keturunan. Dan dalam firman yang lain Allah berkata. sedang pahala yang paling besar dikurniyai Allah adalah sabar terhadap suaminya dan anak-anaknya serta pendidikan anak-anaknya. Dengan kedua ayat ini dan hadis tersebut ditetapkan wajib kawin. maka agama Islam melarang mengawini wanita sekaligus kakak-beradik. pertama karena hartanya. Diantara sifat-sifat yang baik yang harus dimiliki oleh wanita. dikurniai Allah bagi tiap-tiap wanita yang semacam itu pada tiap hari dan malam sebanyak pahala seribu orang sahid. yang telah diterimanya dengan kesaksian Allah untuk halal bergaul dengan dia. Dan dalam memilih wanita hendaklah dicari yang kuat agamanya dan akal. terutama untuk membasmi perzinahan. seperti kehormatan kepada Nabi Muhammad dibandingkan dengan manusia biasa. Dan banyak ahlak-ahlak dan adab antara suami isteri yang indah-indah disediakan Tuhan. kedua karena keturunannya. yang tatkala ia menerangkan kepada Rasulullah. menyuruh mengawini wanita-wanita yang baik dua.

Dan apabila akad nikah sudah terjadi. Disunatkan akad nikah pada hari Jum'at atau Kamis. dan tidak ada sebab-sebab murtad. dan tidak boleh meninggalkan rumah tangga. dan baru didekati sesudah mandi dari haid dan dari nifas sesudah empat puluh hari. Dilarang mempergauli wanita pada waktu ia lagi haid dan nifas. Syarat-syarat nikah. yang adil. yang merdeka. Dan disunatkan mengucapkan Hutbah itu sebelumnya. Apabila telah sempurna syarat-syarat nikah. tetapi jika uzur dibolehkan melebihi. Apabila seorang laki-laki meminta kepada isterinya untuk mendekatinya. Pernikahan itu boleh dilakukan sendiri oleh keluarganya atau diwakilkan kepada orang lain. bagi siapa yang sanggup. yang Islam.a. sunat diperkenankan. Dan isteri harus taat kepada suaminya. 88 . isterinya berhak minta ia pulang. apakah dapat diperbaiki. barulah diminta kepada wanita itu izinnya untuk dinikahkan. paling lama empat bulan. dari pada kedua keluarganya. tetapi tidak diperkenankan. Dan jika ia tidak mau akan diminta pertolongan hakim. barulah diangkut dua orang hakim. Apabila dia sudah enam bulan meninggalkan isterinya. merusakkan wajahnya. "jika aku tidak takut sirik. dan sudah ketahuan maharnya. maka isterinya itu dianggap melakukan maksiat terhadap Allah. ada kufu'. bahwa sesabar mungkin suami harus menghadapi isterinya. Mengenai perselisihan dan percekcokan rumah tangga diterangkan. Jika tidak dapat juga diselesaikan persoalan suami-isteri itu. untuk memeriksa perselisihan rumah tangga itu. tetapi jika diundurkan boleh juga. Kemudian diterangkan juga akan cara-cara dan do'a-do'a yang digunakan waktu berkumpul dengan isteri. Nikah. Jikalau pihak perempuan mengemukakan permohonan untuk meringankan belanja. dan jika tidak dengan bahasa yang mereka fahami.w. Adapun hutbah nikah yang terbaik yang seyogiyanya digunakan oleh penganut tharekat ini ialah hutbah yang pernah diucapkan oleh Abdullah bin Mas'ud. Kemudian lalu diucapkan hutbah nikah dan dipersilahkan wali menurut cara yang sunat untuk melakukan nikah itu. apabila tidak ada wali mujbir. Dilarang menjauhkan diri dari perdekatan dengan isteri. sehingga Rasulullah pernah berkata. sebagaimana yang diajarkan kepadanya oleh Nabi Muhammad s.Pernikahan. sunat bagi orang-orang yang hadir mengucapkan : "Moga-m'oga diberkahi Allah bagimu dan dikumpulkan dalam suasana baik dan afiat. dan pada sorenya lebih baik dari pada pagi harinya. tidak boleh memukul mukanya. dll. itu diakad dengan bahasa Arab. yaitu ada wali yang adil. ada saksi yang adil. Jikalau tidak ada air boleh digunakan tayammum. Kemudian diucapkan Ijab dan kabul. Oleh karena demikianlah besar hak suaminya terhadap isterinya". akan ku perintahkan isteri sujud kepada suaminya. atau dipisahkan dengan perceraian.

yang mengetahui yang demikian itu. Keempat bahwa ia dalam melakukan tugasnya. penuh asih sayang. hendaklah lemah lembut. tenang. 89 . Diantara syaratnya yang akan menegor sesuatu kesalahan itu haruslah berkuasa. Ketiga bahwa amar makruf dan nahi munkar yang dilancarkannya. dan keluarganya. minum arak. meninggikan kalimah Allah. sabar. dan kepada keadaan yang biasa terjadi dalam masyarakat. pada hari pertama. inipun sudah dianggap kurang baik. atau seorang rakyat biasa berdasarkan kepada hadis pembasmi kemungkaran. ada kemungkaran yang harus diubah oleh ulama. karena berulang-ulang disebutkan dalam Al-Qur'an dan Sunnah. dan melupakan dirimu sendiri. tidak dicari-cari dan dibongkar. jangan salah terka. Kelima supaya dia bekerja giat dan jujur sesuai dengan perintahnya kepada orang lain. Jika seorang tidak dalam berpuasa memakan makanan itu. apa yang diperintahkan dan dilarang itu. pertama orang yang bertindak itu harus mengetahui apa yang merupakan amar dan apa yang merupakan nahi. tidak ria. boleh ia meninggalkan perjamuan itu. membegal dll. yang dinamakan "Walimatul urus" sepanjang Sunnah. merupakan pemimpin yang bisa memberi petunjuk. dan berkuasa dia untuk menyelesaikannya. Dalam membasmi dan melakukan nahi munkar dan amar makruf. tidak sum'ah. dan merasa sayang kepada saudaranya yang diperbaiki. terutama jangan sampai membawa kepada kerusakkan yang lebih besar dan mubarat pada dirinya.. tidak boleh kurang dari seekor kambing dan apapun makanan yang disajikan diperbolehkan. hendaklah sesuai dengan ajaran Qur'an dan Sunnah. harta bendanya. merendah diri. dengan memberi nasihat. diterangkan bahwa ada kemungkaran yang harus diubah oleh penguasa. apakah kamu tidak berpikir ?" Selain dari pada itu. Disunatkan pada perkawinan mengadakan selamatan. dan jika ia puasa tidak usah turut makan. dan mubah pada hari ketiga. sedang kamu membaca Qur'an. ada ditentukan beberapa syarat. maupun terhadap ulama. seorang Alim. dengan tingkah laku yang baik. dan memelihara dirinya. seperti wajib sembahyang lima waktu. karena Allah berkata : "Apakah kamu memerintah kepada manusia dengan kebajikan. baik terhadap umum larangan itu ditujukan. Perintah ini termasuk perintah yang penting. Kesalahan dilihat yang lahir. yang merdeka. seorang Kadi. Tidak berbeda apakah ia menegor itu seorang Imam. Am ar makruf nahi munkar. dan akal. dan ada kemungkaran untuk umum cukup menentang dengan hati saja. dan sunat pada hari kedua. tidak bernafsu. Amar makruf nahi munkar itu wajib untuk tiap-tiap orang Islam. bijaksana dalam mengobati orang gila. kedua bahwa niatnya hanya untuk Allah semata-mata dan untuk meninggikan Agama Allah. yang mukallaf. makan riba. Zakat. mencuri. Haji. kuat hatinya dalam mengobatipenyakit. merampok. puasa bulan Ramadhan. Wajib memperkenankan undangan selamatan perkawinan ini oleh seorang Islam. Wajib memakan makanan selamatan perkawinan. dan tidak dispioni.Waümatul Urus. dan yang munkar seperti haram zina.

bahwa apabila seseorang sudah terlepas kezaliman hamba Allah (karena ia baik melakukan ibadad dan mu'amalat serta beradab dan berakhlak sebagaimana yang diajarkan. diluar syari'at. pen. Apabila ia dapati syara' itu membolehkan. Nabi pernah memperingatkan : "Hendaklah engkau menjadi wara' . Juga Ibn Mas'ud menerangkan bahwa Nabi pernah beramanat: "Tidaklah boleh seorang hamba Allah mencari harta bendanya dari pada yang haram. Menurut Umran Ibnal Husain. dan hentikanlah apa yang aku larang kepadamu. Jabir bin Abdullah menceriterakan bahwa Rasulullah pernah memperingatkan : "Wahai manusia. agar engkau menjadi pula manusia yang paling baik ibadadnya". dari pintu mana ia masuk kedalam neraka". Dan Nabi kita berkata : "Kebajikan Islam bagi seseorang ialah meninggalkan apa yang tidak berguna untuknya". gunakanlah apa yang halal bagimu. agar engkau menjadi manusia yang terkaya". karena takut ia akan hisab-hisab yang berkepanjangan pada hari qiamat. bahwa Allah Ta'ala malu akan meng-hisab hambanya yang wara' dihari qiamat. Dan tidaklah ada berkah baginya mengeluarkan uang yang demikian itu begitu juga meninggalkan sebagai warisan. tidak seorangpun diantaramu yang mati. kecuali Allah menambah kedekatannya kepada Neraka". Rasulullah memperingatkan : "Tinggalkan apa-apa yang dapat meragukan engkau kepada apa-apa yang tidak meragukan engkau 1" Nabi berkata juga : "Barang siapa yang tidak memperdulikan dari mana datang makanan dan minumannya. Dalam kitab "Al-Ghaniyah" ini diterangkan. ia diberi pahala. K e pada A b u Hurairah. Tuhan Allahpun tidak memperdulikannya. kecuali jika sudah habis rezekinya. bersenanglah engkau dengan apa yang aku kurniakan sebagai rezekimu. M a k a janganlah kamu berebut-rebutan dalam mencari rezeki.t. ia memasuki tharekat Wara'. dan perindahkanlah jalanmu dalam mencari rezeki.MENGEN AL WARA'.w. karena hisab pada hari qiamat itu di untukkan bagi penyelesaian hamba Allah dan hak-haknya dari sesamanya dan dari mau'amalat. kecuali dengan izin syara'. apalagi yang akan dihisab pada dirinya ? Dalam hadis pernah diterangkan. 90 . yang pernah berjalan didunia antara manusia dengan manusia. tunaikanlah apa yang telah aku wajibkan kepadamu. Adapun seseorang yang menghisab atas dirinya didunia. dan diringankan padanya hisab pada hari qiamat. agar engkau menjadi manusia yang paling baik beribadad. dari orang lain dan dari azab Allah s. Dimaksudkan dengan isyarat ini ialah menghentikan segala sesuatu dan meninggalkan kelanjutan pelaksanaannya. mengambil dari makhluk apa-apa yang mustahak baginya dan tidak mengambil apa yang bukan haknya.. lebih baik bertaqwalah kepada Allah. bahwa Nabi pernah menyampaikan dalam sebuah Hadis Qursi : "Wahai hambaku. agar engkau menjadi manusia yang paling wara' . ia terlepas didunia dan diakhirat. dan tolaklah apa yang diharamkan kepadamu". karena dengan jalan inilah. dan timbanglah dirimu sebelum engkau menghadapi timbangan". M a k a oleh karena itu Nabi kita berkalikali memperingatkan : "Hisablah dirimu sebelum engkau dihisab nanti. dikerjakannya dan jika tidak.) Dan sudah menghususkan dirinya untuk ibadah terhadap Tuhan sema•ta-mata. dengan mengharap sesudah bersedekah dengan uang itu. dihentikannya serta mencari pekerjaan yang lain.

dan. bahwa orang-orang yang duduk bersama Allah esok hari qiamat adalah ahli wara' dan ahli zuhud.Hasan Al-Basri berkata : "Sebesar biji sawi dari pada wara' . bahwa tidak ada orang yang paling dekat kepada Tuhannya sebagai mereka yang wara'. yang khas berwara' dalam. bahwa wara' itu adalah permulaan zuhud. yaitu menahan diri dari pada penyelewengan kemauan dan mata. Abu Sulaiman Ad-Darani 'berkata. Hasan bertanya lagi : " A p a penyakit-penyakit agama ?". jatuhlah ia kedalam yang haram. A b u Usman mengatakan. tetapi antara keduanya banyak perkara-perkara yang syubhat. A b u Hurairah menerangkan. yang melakukan tugasnya disekeliling telaga. pertama wara' wajib. kedua wara' takut! Adapun wara' wajib yaitu menahan diri dari pada berbuat ma'siat kepada Allah. Ibrahim bin Adham mengatakan : " W a r a ' itu ada dua macam. dan wara' bathin.meninggalkan sorga. Hasan berhenti disitu sambil bertanya : " A p a yang dapat menguasai Agama ?" M a k a budak itu berkata : " W a r a ' " . tetapi orang yang menjaga larangan Tuhan akan selamat. sabar itu kemenangan dari pada api neraka. bahwa pahala wara' itu adalah keringanan mengenai hisab. sabar dan syukur. Sementara Syufian Ats-Tsauri berkata.wara' yang khas dan khusus. dan batas-batas Islam untuk itu ialah wara'. sementara khasul khawas ditujukan wara'-nya dalam meninggalkan selain Tuhan". wara' khusus menahan diri dan hawa dan nafsu yang dapat menggerakkan syahwat dan lezat. Hasan kagum melihat anak-anak itu. Wara' umum dilakukan terhadap yang haram. Yahya bin M u ' a z menerangkan : " W a r a ' itu ada dua macam. tidak beroleh sesuatupun atau sampai kepada Tuhan untuk menerima pemberian". Barang siapa takut akan syubhat itu. Bukankah dalam badan manusia itu terdapat segumpal darah. bahwa seseorang tidak melakukan gerak kecuali untuk A l lah. seperti seorang gembala. dan barang siapa yang tidak takut. Umum berwara' dalam meninggalkan dunia. yaitu wara' mengenai zahir. sebagaimana kana'ah adalah pinggiran ridha. Dijawabnya : "Thama' " . Dan Nu'man bin Bisyir mendengar Rasulullah berkata : "Yang halal sudah nyata. tawadhu'. lebih baik dari pada seribu kali berat dari pada puasa dan Sembahyang". A b u Musa Al-Asy'ari berkata : "Bagi tiap-tiap segala sesuatu ada batasnya. apabila darah irii baik baiklah seluruh badan nya. yang syubhat. dan yang harampun sudah nyata. Adapun wara' ialah tampuk penguasa. ditakuti akan jatuh kedalamnya. terlepaslah ia untuk kebahagiaan agamanya. Pada suatu hari Hasan Al-Basri memasuki kota Makkah. dan syukur itu ialah kejayaan dalam surga". dan wara' takut itu ialah menahan diri dari perkara-perkara syubhat yang diharamkan Allah. Yahya bin Mu'az pernah juga mengatakan : "Barang siapa yang tidak meninjau secara pelik mengenai wara'. menyandarkan dirinya kepada Ka'bah sambil memberi pelajaran kepada manusia. yang tidak diketahui oleh kebanyakan manusia. Ia melihat beberapa budak-budak dari anak dan keturunan A l i bin A b i Thalib. yaitu bahwa tidak dimasukkan kedalam hati kecuali Allah semata-mata". Yunus bin Ubaillah menerangkan bahwa wara' itu artinya keluar dari tiap-tiap syubhat serta memperhitungkan dirinya pada tiap-tiap tindakan. darah itu ialah hati manusia". " A k u lihat tidak ada yang lebih 91 . Kepada Nabi Musa diwahyukan Tuhan.

dengan ruku' dan sujud yang baik. karena firman Allah : "Jauhkanlah dirimu dari pada sakwasangka. janganlah engkau menyulam dengan menggunakan cahaya lampu i t u " . seperti firman Tuhan : "Janganlah setengah kamu mempergunjingkan temanmu yang lain". Tidak sempurna wara' . turutlah jalan ini. kecuali ia menganggap wajib atas dirinya sepuluh perkara : Pertama memelihara lidah dari pada mempergunjingkan orang lain. dan tidak merusakkan masyarakat". dan jangan kamu turut jalanjalan lain. agar mereka menjaga matanya". Tuhan berkata : "Janganlah segolongan kamu menyuruh orang lain bekerja dengan tidak berupah". karena firman Allah : "Bahwa hal ini ialah jalanku yang lurus dan tetap. M a k a menangislah Imam Ahmad dan berkata : " D a r i rumah kamulah keluar ajaran sifat wara'. jika engkau diberi petunjuk untuk ber-iman". karena firman Allah : "Peliharalah Sembahyang-sembahyang itu dan pelihara juga Sembahyang wutsha dan tunduklah kepada Tuhan". karena firman Allah : "Bahkan Allah yang mengkurniakan sesuatu kepadamu. wara' dalam halawat. Kesembilan ialah menjaga pelaksanaan Sembahyang lima waktu pada waktunya. hendaklah dalam keadilan" . Ketujuh bahwa ia menggunakan harta bendanya untuk kebajikan tidak untuk kebatalan. karena firman Allah : "Beritahukan kepada orang mu'min. Keenam bahwa ia mengakui kurnia Allah kepadanya. Wahai anakku. Keempat menutup mata dari pada melihat yang haram. kami ini menyulam diatas tingkat rumah kami dengan menggunakan cahaya lampu resmi dari pemerintah. Ma'ruf Al-Karakhi mengatakan : "Jagalah lidahmu dari pada memuji-muji orang. karena dapat mencerai beraikan kamu dari pada jalan Tuhan A l l a h " (lih. dan mengeluarkan kata-kata yang tegas terhadap orang yang ditakuti". Kedelapan jangan mencari ketinggian dalam kedudukan atau takabur. karena firman Allah : "Kampung akhirat itu kami sediakan bagi mereka yang tidak menghendaki ketinggian atau sombong diatas muka bumi ini. Ketiga menjauhkan diri dari pada memaksa dan merugikan. karena firman Tuhan : "Apabila kamu mengatakan sesuatu. bermurah tangan waktu miskin. karena setengah dari pada sakwasangka itu berdosa". Konon pada suatu kali datanglah seorang kakak yang perempuan dari Bisyir Ibnal Haras Al-Hafi kepada Imam Ahmad bin Hanbal dan bertanya : "Wahai Imam. Dan kedua menjauhkan diri dari pada sangka jahat. apa bolehkah itu apa tidak ?" Imam Ahmad berkata: " K a u ini siapa ?" Perempuan itu berkata : "Saya ini saudara Bisyir Ibnal Haras". karena firman Allah : " D a n mereka apabila berbelanja tidak memboros dan tidak berbelanja pada yang maksiat atau untuk mencegah orang ta'at kepada A l l a h " . yaitu berkata benarlah padanya. Kesepuluh istiqamah (berpegang tetap) kepada sunnah dan jama'ah. sebagaimana kamu menjaga lidahmu itu dari pada mencaci orang". 92 .mudah dari pada wara' untuk meninggalkan apa yang tersisip dihatinya". 1: 150). Kelima berkata benar. Berkata Bisyir Ibnal Haras : "Sehebat-hebat amal ada tiga.

A D A B DAN A K H L A K . 93 .

.

dan memotong kuku. selain pada waktu haji dan Umrah. bercelak. yaitu menjaga kebersihan. sesudah taqwa kepada Allah dan yakin kepadaNya. Diajarkan dalam perjalanan atau pada waktu dikampung. yaitu mencukur sebelah membiarkan sebelah.AKHLAK DAN ADAB. air dan hitan. Dalam memberi keterangan mencukur rambut. dsb. menggosok gigi. Tentang adab dikatakan dalam kitab Sultanul Aulia "Al-Ghaniyah" itu sebagai berikut: Memulai memberi salam itu sunat dan menjawabnya sunat Muakkad. mencebok denga. orang yang berkendaraan memberi salam kepada orang yang sedang berjalan dan yang sedang duduk. lima pada kepalanya dan lima pada badannya. bagi kedua ibu bapak. yaitu membersihka-i bulu ari-ari. berjabat salam mencium tangannya dan mendudukkan dia pada tempat duduknya. Nabi berdiri menghormati anaknya. Orang yang berjalan memberi salam kepada orang yang duduk. menggunting kumis dan membersihkan janggut. apabila masuk kerumah anaknya Fatimah. Perjalanan. mencuci hidung. Rasulullah berkata pada orang banyak : "Berdirilah menghormati pemimpinmu !" Sebuah ceritera yang diriwayatkan oleh Sitti Aisyah. Dalam sebuah hadis yang lain Rasulullah pernah berkata : "Apabila datang kepadamu seorang yang mulia dari golonganmu. Yang lima pada kepalanya yaitu berkumurkumur. seperti yang tersebut dalam hadis Imran bin Hassin. menyisir rambut. Disunatkan berdiri bagi pembesar yang adil. menggunting kumis. Seorang tua memberi salam kepada anak-anak sunat. bahwa beliau pernah mengirimkan Saad untuk mengurus penduduk Bani Qaridhah. Dan yang lima perkara pada badan. Berdiri menghormati. 95 . karena hai itu bersifat mengajar. membersihkan gigi. mencintai keindahan. Salam seorang laki-laki kepada perempuan muda beha hukumnya makruh. Alasannya ialah hadis yang diriwayatkan dari pada Rasulullah. bagi ahli-ahli agama dan orang-orang yang wara' dan orang-orang yang mulia dalam masyarakat. makruh^Begitu juga makruh apa yang dinamakan fazak. hormatilah dia. karena yang demikian itu dapat menumbuhkan cinta dan kasih sayang dalam hati". Begitu juga apabila Fatimah masuk ketempat Nabi. Dan kemudian diberi penjelasan dengan dasar-dasar sunnah secara panjang lebar. Ada sepuluh perkara yang menjadi pembawaan manusia. Diantaranya dikatakan juga bahwa wanita sunat memberi salam antara mereka. Perkara salam. Fatimah berdiri menghormatinya. bahwa Rasulullah. begitu juga menghitamkan rambut yang sudah putih. Yang datang memberi salam kepada orang yang duduk atau menanti. orang se-orang memberi salam kepada orang banyak. Rawatan badan. yaitu tujuh' perkara. mencium tangannya dan mempersilahkan duduk pada tempat duduknya. mencabut bulu ketiak.

memasuki dengan kaki kiri dan keluar dengan kaki kanan. dimulai dengan menyebut nama Allah dan mengucapkan sukur pada waktu selesai. Umumnya terlarang mandi telanjang bulat. memakai sepatu. tidak membuang air kecil diatas batu. begitu juga tidak boleh membakar menyan dalam pendupaan emas dan perak. diantaranya ia berkata kepada tuan rumah : "Orang-orang yang puasa itu berbuka dan makan makanan saudara selaku orang baik. dan telah memberi petunjuk bagi kami dari perbuatan yang sesat". Apabila seseorang berbuka puasa dirumah orang lain. Sunat memenuhi panggilan selamatan perkawinan. aku berlindung dengan Allah dari pada segala kekotoran dan segala najis saitan". dan kalau ditolak meninggalkan rumah yang dikunjungi itu. memakai pakaian semuanya didahulukan dengan kanan. Makan minum. yang layak untuk menimbulkan nafsu makan. Makan hendaknya bersama-sama. Banyak sahabat-sahabat Nabi yang tidak mau mandi bersama-sama di tempat umum. Disunatkan memegang sesuatu dengan tangan kanan. Buang air besar dan kecil. begitu juga makan dan minum. memulai air Sembahyang. Karena cara yang tersebut itu dapat memberi berkah untuk makanannya dan dapat menjauhkan godaan-godaan saitan. sampai kelihatan aurat. seperti cincin membaca bacaan-bacaan yang ada nama Allah. Pada waktu makan memegang suap dengan tangan kanan dan meramasnya. Kalau ia buang air besar ditengah padang. Mandi hendaklah demikian rupa. Hendaklah makan itu dengan adab. Tidak boleh makan dalam tempattempat dan dengan alat-alat yang terbuat dari emas dan perak. disunatkan memberi salam. sehingga tidak kelihatan orang lain. dengan saudara-saudara. tidak boleh menghadap matahari. Mandi. tidak berkata-kata. atau bulan. ia tidak boleh menghadap Qiblat dan trdak boleh membelakanginya. Tetapi pada suatu tempat yang tidak bisa dilihat orang hukumnya cuma makruh. Diluar tempat dibaca : "Dengan nama A l lah. tidak ketawa pada waktu keluar najis. Sunat berbicara dengan teman-teman bersama makan atau bercerita. Pada waktu makan. dan akan dipuji oleh Malaikat". Ditempat mandi tidak boleh membaca Qur'an. Apabila hendak masuk kedalam tempat buang air besar. apa yang disukai makanlah. tidak dilihat orang auratnya. bersalam. Berjual beli dalam tempat mandi itu makruh. kepada saudara akan diberi Tuhan Rahmat. menanggalkan semua apa yang dapat mengingatkan atau menyebut nama Allah. tidak menjawab salam orang atau menjawab kata-katanya. Kemudian barulah ia masuk. meminta izin masuk. atau di bawah pohon-pohon yang berbuah 96 .Jika hendak masuk kerumah orang. apa yang tidak disukai tinggalkan. Lalu ia berdo'a : "Segala puji bagi Allah yang telah menganugrahi makanan dan minuman untuk kami segala orang Islam. bersama ulama. dan tidak segan makan dengan orang miskin dan orang kaya. tidak mengangkat kepala kelangit.

Kemudian barulah mengambil wudhu secara sempurna. kemudian dituangkan air keatas kepalanya tiga kali. jika seluruhnya lengkap dari pada segala yang merusakkan bersuci secara hadas kecil. karena uzur. Jika tidak demikian harus dimulai lagi wudhu untuk sembahyang. mengucapkan "Bismillah". tetapi untuk tempat orang berteduh. karena telah dihukumkan terangkat kedua-dua hadasnya".atau tidak berbuah. sampai membasahi pangkal rambutnya. dengan demikian seluruh perbuatan wudhu masuk dalam mandi. kecuali bahwa ia niatkan sekali-gus mandi dan berwudhu. Adapun yang sebahagian dari pada cara bersuci hadas besar ialah. ia telah boleh sembahyang dengan kesucian ini. Adapun yang sempurna yaitu ia berniat mengangkat hadas besar atau zunub. ia mencuci kedua tangannya tiga kali. kemudian ia mencuci mukanya tiga kali. berniat. Rasulullah menasihatkan : "Gosok seluruh rambut dan selang seling. dll. tapi berniat. kemudian barulah ia mandi dan sesudah mandi ia mencuci kedua belah kakinya. yang sempurna dan yang sebahagian. bahwa ia berkata Rasulullah. Kemudian mengucapkan "Bismillah" pada waktu mengambil air. bahwa seseorang mencuci lebih dahulu faraj-'nya. dan menggosoknya dengan kedua tangannya seluruh badan. Tiap-tiap pekerjaan dalam mandi dan wudhu itu ada zikir-zikir yang sunat. tidak boleh pada air yang sedang mengalir. sebagaimana pernah diceriterakan oleh Sitti Aisyah. Bersuci dari hadas besar. karena keduanya wajib pada hadas besar dan hadas kecil. apabila menghendaki mandi zunub. karena dibawah tiap-tiap rambut itu ada zunub. ia mencuci lengannya tiga kali. Ada dua macam. kemudian ia berkumur dan mencuci hidung tiga kali. mencuci segala kotoran-kotoran yang melekat. Kemudian menyirami badannya seluruhnya sebanyak tiga kali dengan air. dan kalau tidak berniat tidak tercapai wudhu dan tidak syah sembahyang orang itu. 97 . melihat pada waktu dan tempat. Dan dengan mandi secara ini tidak diperkenankan sembahyang. Kemudian baru ia mencuci kedua kakinya. Boleh ia istinja dengan air atau dengan tiga buah batu yang bersih. yang terpaksa saya tinggalkan menulis dan menterjemahkannya. meratakan air keseluruh badannya serta berkumur-kumur dan mencuci hidung. Melafatkan niat itu serta meyakini dengan hatinya adalah lebih utama. membasuh kedua tangan nya tiga kali. tidak boleh buang air diatas jalan. kemudian mengambil air dengan tangan kanannya lalu disiram kesebelah kiri. Dan mentakhirkan mencuci kedua kakinya menyapu kepalanya tiga kali dengan air. Dan mulailah dengan sebelah kanan kemudian berpindah kepada tempat yang hendak dicuci. sampai dibasahi oleh air seluruhnya.

.

99 .PENUTUP.

.

Apakah Tasawwuf itu ? Barang kali adalah Ibn Khaldun orang yang terbaik menjelaskan arti Tasawwuf itu. yang telah banyak berjasa sesudah jatuh Baghdad kedalam tangan mereka yang ingin menghancurkannya sebagai pusat peradaban Islam. seperti Ibn Arabi dan Ibn Faridh dengan bahasa Arab. Tatkala pandangan hidup banyak tertumpahkan kepada dunia dalam abad yang ke. Ia berkata bahwa asal TasaWwuf itu — artinya Tharekat Tasawwuf — ialah tercekun dan sungguh-sungguh melaksanakan Ibadat serta meninggalkan segala perkara yang lain untuk kembali kepada Allah dan tidak begitu mementingkan urusan dunia dan keindahannya. apa yang dinamakan üisankamil. maka orang-orang Sufi. Sejenis khusus untuk ahli-ahli fiqh dan ahli-ahli fatua. mengenai perasaan wajad. ialah meiepaskan diri dari pada kelezatan. karena tasawwuf tidak banyak menghendaki penggunaan akal dan pembahasan yang berlarut-larut. 1964). yang terpenting ialah membangkitkan rasa cinta untuk memimpin diri sendiri dengan tidak ada pengawasan dan tekanan dari luar. untuk berada dalam suatu tempat yang sunyi. tetapi yang pokok ialah membangkitkan kembali hati dan semangat umat Islam yang telah patah karena kekalahan Baghdad itu oleh Hulagu Khan dari Persia. Maka menjadilah syari'at agama Islam itu terbagi atas dua jenis. sehingga manusia itu dengan cara begini dapat meningkat kepada kedudukan. dan oleh Jalaluddin Ar-Rumi dengan bahasa Persi. bahwa dalam Tasawwuf itu terdapat adab-adab yang khusus. dari pengumpulan harta benda. Oleh karena itu bidangpya luas sekali. Dalam waktu yang singkat tidak ada jalan lain. serta manusia merasakan hidup yang jaya dalam menjerumuskan dirinya kedalam dunia. yang ingin diisi kepada manusia banyak oleh tokoh-tokoh Sufi. yaitu menurut apa yang dapat diterima oleh kebanyakan ulama.II Hijrah dan masa sesudahnya. dan sejenis khusus dilaksanakan oleh golongan Sufi dalam pembicaraan mengenai Mujahadah. guna beribadat. dari satu tingkat perasaan kepada tingkat perasaan yang lebih tinggi. jika arti ini tidak menunjukkan hakikat yang sebenarnya. karena tujuan bahasa ialah akan mencapai arti yang sebenarnya. dalam tharekatnya dan dalam cara meningkatkan perkara-perkara itu dari suatu zauq kepada zauq yang lain. dari rebutan pangkat dan kedudukan. yang ingin melihat kehidupan suci pada hari-hari pertama kelahiran Islam. jilid ke IV (Cairo. Tasawwuf itu ialah zuhud. Keadaan ini terdapat bertahun-tahun dalam kalangan Sahabat Nabi dan orang-orang Salaf. Pengarang kitab ini mengatakan. serta istilah-istilah yang digunakan oleh orangorang Sufi itu.FAEDAH TASAWWUF. Muhasabah jiwa. kembali kepada perbaikan ibadah dengan nama Tasawwuf. maka tidaklah dapat dipahami dengan mudah makna dan hakikat sesuatu yang diucapkan itu. 101 . sebagaimana pernah dipetik oleh Ahmad Amin dalam kitabnya "Zuhrul Islam" . serta sebanyak mungkin memisahkan diri dari makhluk yang banyak. Keyakinan inilah dan metode inilah. percik permenungan. barangkali tasawwuf itu adalah satusatunya cabang ajaran Islam. Kemudian Ibn Khaldun berkata pula. tetapi dari keyakinan iman kepada Allah. karena jalan yang pendek adalah tasawwuf. Demikian kata Ibn Khaldun.

karena Pemerintah Hindia Belanda lebih mementingkan tharekat dan ditakutinya. maka lahirlah hakekat yang tidak lain dari pada perbaikan keadaan atau ahwal sedang tujuan yang terakhir ialah ma'rifat yaitu mengenai dan mencintai Tuhan dengan sebaik-baiknya. istana-istana yang pe102 . dengan peraturan yang dinamakan "GuruOrdonnantie 1925" . siapa guru-gurunya dan kitab-kitab apa yang diajarkannya. kedua "Pengantar Jlmu Tharekat".Sayapun turut menyiarkan terjemahan pokok-pokok ajaran Sufi itu. bahwa syari'at itu hanya peraturan belaka. yang sudah dibangunkan berabad-abad. seakan-akan suatu pekerjaan yang dibuat-buat dan tersiasia dalam kehidupan Islam. betapa perhatian ahli-ahli pikir Eropah terhadap tasawwuf. yang pada keinginan saya harus diulas satu persatu. Sampai kepada waktu terakhir orang belum begitu biasa menggunakan perkataan "Tasawwuf' itu. yang mewajibkan tiap-tiap pengajian. Bukan saja gedung-gedung besar yang megah. karena dalam tharekat itulah umat Islam di didik secara mendalam. "menyerahkan dirinya kepadanya seperti mayat yang sedang dimandikan". karena perkataan "Tharekat" lebih terkenal dalam kalangan umat Islam Indonesia. yang merupakan urat-nadi dan jiwa bagi Islam sewaktu-waktu ia dalam keadaan mundur dan lemah. dengan segala perobahannya. bahkan yang ketiga hampir terbit semua jilid. Terutama dinegeri kita ini pada waktu yang akhir sangat banyak kaum terpelajar mencemoohkan tarekat. taat kepada guru dan iman yang membantu terhadap Allah Ta'ala. agar kita mempunyai pandangan yang luas tentang Sejarah Tasawwuf ini. tarekatlah yang merupakan perbuatan untuk melaksanakan syari'at itu. bahwa murid-murid pengikut tharekat itu sewaktu-waktu dapat digerakkan untuk mengadakan pemberontakan terhadap pemerintah Belanda itu. diantara lain disebabkan salah satu bai'at mereka kepada guru. Lalu Pemerintah Belanda mengadakan peraturan untuk mengontrolnya. Tidak ada kejadian yang lebih sakit dan lebih banyak menumpahkan air mata dari pada kehancuran Bagdad yang berturut-turut oleh Djengis Khan dan Hulagu Khan diratakan dengan bumi. Apakah mereka sudah kenal tarekat atau tasawwuf itu dari dekat ? Saya akan mengemukakan disini. hancur lebur. sebagaimana mereka mencemoohkan tasawwuf umumnya. keadaan yang membuat Pemerintah Kolonial sangat hawatir. Mempelajari tasawwuf dengan tidak mengetahui dan melakukan tarekat merupakan suatu usaha yang hampa. apabila syari'at dan tarekat ini sudah dapat dikuasai. untuk diketahui ditanah air kita di Indonesia. pertama "Sejarah Sufi dan Tasawwuf'. Tetapi semua kitab-kitab itu baru merupakan pendahuluan. Seluruh kebudayaan Islam. Telah dua buah buku saya keluar mengenai Ilmu Tasawwuf. termasuk tarekat. terutama guru-guru. yaitu "Wasi'at Ibn Arabi. Mengapa dalam kitab itu saya tulis khusus mengenai tarekat ? Karena tarekat ïtu merupakan bahagian terpenting dari pada pelaksanaan tasawwuf. mengenai Hakikat dan Ma'rifat dalam Tasawwuf'. karena mereka melihat dalam didikan batin ini tersembunyi kekuatan umat Islam yang tidak terhingga. terutama tharekat. Hal ini sudah pernah saya tulis dalam kitab saya tersebut diatas. Dalam ajaran tasawwuf diterangkan. mendaftarkan dirinya. Hal itu disebabkan.

seperti Ibn Battutah. Inilah kata-kata yang dapat menggambarkan perasaan pemerintah Kristen. pengarang. serta anak-anaknya dan kekayaannya jatuh kedalam tangan musuh atau mati terkubur dalam pelariannya dipulau Kaspiah. Tetapi Biskop Winchester memberi jawaban kepada utusan Islam itu : "Biarkan anjing-anjing ini berkelahi satu sama lain dan terpotong-potong oleh tangannya sendiri. dan oleh karena jawabannya kurang memuaskan. Seluruhnya musnah. tidak dapat menulis apa-apa lagi dalam bukunya. hancur menjadi abu. penterjemah dan kitab-kitab yangberharga. diinjak dengan tapak kaki kuda. 189). Pengarang-pengarang. Tak ada seorangpun menyangka. dibedah dan dibelek perutnya dengan alasan mencari permata yang ditelah. Bagdadpun menderrta nasib yang sama. 1952). Kerajaan Khawarizm yang megah hancur lebur.nuh dengan ahli-ahli pikir. tidak ada gedung-gedung yang dapat berbicara lagi. Persangkaan baik sebagai seorang Islam memang digunakan oleh Khalifah. Van Brakel Buys. 103 . Balch dan kota-kota sekitarnya. dipermainkan pada ujung tombaknya. bahwa tujuan yang pertama dari pada serangannya ialah menghancurkan Bagdad dengan Khalifahnya. yang tiap lembar bacaan sampai sekarang dapat membangkitkan ketakutan dan menegakkan bulu roma. yang mengakibatkan Khan Mongol dapat dikatolikkan oleh Willem van Rubruck. Ia mengirimkan utusannya kepada kerajaan Kristen yang sama-sama menyembah Tuhan Yang Esa. Manusia sampai kepada perempuan dan kanak-kanak yang tidak berdosa menjadi permainan tentara Mongol yang bersifat kebinatangan itu. dengan satu pimpinan dan penggembalaan" (Prof. Samarkand. dengan tentaranya yang berlipat ganda lebih kuat dan kekejamannya lebih dari neneknya. pembunuhan habis-habisan yang tak ada taranya. lalu diserbulah kota Bagdad dan dihancurkannya. dijadikan umpan peluru dan tameng senjata musuh Mongol dalam peperangan yang tinggal. Ibn Asir meratapi kejadian itu dalam kitab sejarahnya. Perampokan. mereka mencari hubungan dengan musuh untuk menghancurkan Islam (hal. karena semuanya sudah merupakan onggokan batu dan kecantikan serta kemegahan yang sudah lenyap. yang seabad kemudian mengunjungi Bukhara. perempuan dan anak-anak boleh dikatakan musnah dibawah tapak kaki kuda bangsa Mongol yang kejam itu. Hulagu mengirimkan dalam September 1257 ultimatum kepada Khalifah Al-Mus-ta'sim (1242-1258). beberapa saat sesudah ia mengangkat anaknya Djalaluddin sebagai penggantinya. Dr. bahwa kerajaan Islam dapat bangkit kembali. tetapi juga seluruh manusia laki-laki. Lalu bekerja samalah kota Mongol Qaraqorum dan Eropah Barat. Tetapi Djengis Khan mati dalam tahun 1227. Dalam salah satu pertemuan dengan pembesar-pembesarnya diputuskan. R. dan dengan demikian menghancurkan seluruh Islam dimuka bumi ini sampai kepada bibit-bibitnya. dan cucunya Hulagu Khan naik menjadi raja dalam tahün 1253. penyembelihan. agar diatas keruntuhan itu dapat berdiri dengan megah gereja Katholik. "Djalaluddin Rumi" Amsterdam. tidak ada sebuah kitabpun ketinggalan dari pembakaran unggunan api. dan raja dengan ibu dan istrinya. Dari pada membantu orang Islam yang sama menyembah satu Tuhan.

pada itu perlambang Islam hancur. Jeritan anak-anak dan wanita yang tidak berdosa menyeramkan bulu roma. is echter blind gebleven voor de verborgen ader. Ia tersembunyi didalam lubuk Islam yang dalam. dan urat nadinya itu ialah-Tasawwuf dan ajaran Sufi.Belum ada suatu bagian sejarah manusia yang demikian menyeramkan bulu roma. Hulagu berdiri menepuk dada dengan congkaknya diatas 800. Ratusan ribu jilid buku di lemparkan orang kedalam api dan tidak terhitung jumlahnya ulama-ulama dan cerdik pandai dibunuh secara kejam. sebagaimana yang terjadi dengan penyerbuan Hulagu ke Bagdad itu. bahwa sumber kekuatan Islam itu tidak terletak dalam kekuatan luar. Mayat manusia berhamburan dijalan dan dilorong-lorong. Die ader is de Mohammedaanse mystiek. pusat keindahan dan ilmu pengetahuan musnah dalam api dan darah. Ia mulai dengan membalas dendam kepada Kristen dan Yahudi yang berkhianat. Rencana Tuhan berjalan kembali. sebagai musuh Islam yang terbesar. Kitab-kitab dapat dibasmikan oleh manusia. Rencana manusia gagal. Dan kemudian ia menyiarkan kembali ajaran Islam dan memperdengarkan azan diatas menara kembali bertalu-talu. die de rotsbodem van de Islam doortrekt. jika ada yang selamat beberapa orang sudah hampir-hampir tidak berupa manusia lagi. disamping sorak-sorai kawanan perampok dan perampas yang tidak mengenai prikemanusiaan. pasti ia keliru katanya. tetapi iman dalam dada orang yang bertuhan tidak mudah dikikis dikeluarkan. Dalam tahun 1265 Hulagu mati di Maraga dekat danau Umiyah.yang berpendapat demikian. semua naskah-naskah ilmu pengetahuan yang berharga.a waktu sudah mulai ramai pula dikerjakan orang. Lalu pikiran orang Barat diarahkan kepada menyelidiki ilmu Tasawwuf dan Sufi. melihat kekanan dan kekiri dan akhirnya bangkit berdiri kembali dengan keyakinan Islam. Sembahyang lir-. Siapa. Bagdad menjadi rata dengan bumi : Lebih dari. kata Brakell Buys dalam komentarnya terhadap kehidupan dan karya Rumi).000 mayat kaum muslimin yang terpelajar. karena mereka tahu masyarakat Islam sesudah hancur Bagdad bangkit kembali dengan ajaran Sufi yang disiarkan secara diam-diam. dan pengajian di sana-sini dihidupkan dengan tidak ada sesuatu perintah dan paksaan. bercampur aduk dengan bangkai-bangkai binatang dan runtuhan apa yang ada dalam kota Bagdad itu. terpilih dengan urat nadinya. bahwa Islam itu sudah dibasmi sampai kepada akar-akarnya. barang-barang berharga dan kesenian yang tidak ada tara dan nilainya. bahwa Islam tidak akan bangkit kembali. dalam berbagai bentuk dan corak ("Wie zo denkt. Apakah dengan demikian Islam sudah musnah dan tidak bangkit kembali ? Khan Ghazan mengeluarkan kepalanya dari celah-celah keruntuhan itu. dalam beberapa hari musnah sama sekali. Dengan ini orang hendak meyakinkan. dan dengan tindakan ini juga diyakini. Berabad-abad lamanya umat Islam dengan sabar dan penuh pengorbanan mengumpulkan kekayaan jasmani dan rphani. tetapi semua kemewahan. Dimana letak sumber kekuatan itu ? Dalam kitab-kitab yang tidak terbilang jumlahnya ? Dalam mesjid-mesjid yang penuh dikunjungi orang ? Dalam sekolah-sekolah yang membicarakan masalah secara ilmiyah ? Atau dalam ibadat-ibadat yang merupakan latihan bathin sehari-hari ? Orang barat mencari sumber ini dan sebahagian mendapati. bahkan tidak terbilang banyak manusia yang disembelih dan tengkoraknya dijadikan menara dan tugu kemegahan. 104 . meer bekend onder de naam van het Soefisme".

jika kesempatan ini kita berikan kepada orang Eropah. yang melahirkan pada masa yang telah lampau tindakan-tindakan yang sangat merugikan kepada umat Islam. Massignon dan lain-lain. dan lain-lain. Goldziher. Ma'ruf Al-Karachi. Ketakutan orang Barat. terutama Pemerintah kolonial. itulah yang menyebabkan lahirnya beberapa kecurigaan terhadap gerakan tarekat dalam Islam itu. Nicholson. menyatakan bahwa alam ini tidak ada yang ada hanya Allah. bahwa kekuatan yang terbesar terletak dalam cinta terhadap Tuhan Zun Nun Al-Misri (mgl. apalagi bahaya untuk sesuatu pemerintah atau masyarakat. menyalin dan menulis kitab-kitab besar untuk menggugah bangsanya melihat kepada titik kekuatan Islam. tidaklah saya dapati. dan berapakah pula dari anak-anak kita yang mempelajari kehidupan tokohtokoh Sufi dalam Islam dari pihak orang-orang Islam sendiri seperti Ghazali. berdarah Arab bercampur Persi. Kita kenal dua orang diantara putera Persi yang terbesar. Orang Barat mencari kekuatan ini. yang kuburannya terdapat dekat Tugris. Wensinck. Ahmad Al-Hawari dari Syria sepaham dengan beberapa pendapat agama lain. Ajaran Sufi dengan mudah hidup di Mesir. agar bangkit bergerak sebagai pahlawan-pahlawan Tuhan diatas muka bumi ini. untuk menciptakan kebahagiaan dan perdamaian. 875). Abu Slaiman Ad-Darami (mgl. Abu Yazid AlBistami (mgl.Memang Qur'an menjadi sumber pokok. sesuatu kerugian. Fariduddin Attar dan Djalalu'ddin Rumi. sedang kita sendiri tidak mengetahui apa-apa tentang diri kita itu. Sesudah hancur Bagdad. sesuai de105 . dalam masa pemerintahan raja-raja Fatimyah Al-Hakim. memang Sunnah merupakan penjelasan yang penting. seperti Zaki Mubarak. O'leary. menanam keyakinan dan membangkitkan kembali manusia-manusia Islam yang badannya telah remuk-redam diinjak tapak kaki kuda Hulagu. Snouck Hurgronje. yang ditimbulkan oleh tasawwuf dan tarekat itu. yang memukul canang disana-sini dalam sya'ir-sya'irnya dan gubahan kata yang indah tentang badai dan taufan yang pernah menenggelamkan Bagdad. Ada berapa orangkah pemuda Islam Indonesia yang sudah membaca karangankarangan pujangga Barat itu. dan yang terakhir. KEPENTINGAN THAREKAT. Dari beberapa kitab-kitab mengenai tasawwuf. Mc Donald. 860) berpendapat bahwa tidak ada sesuatupun yang dapat terlaksana kecuali dengan kehendak Tuhan. Al-Bahy. yang mempelajari pusat kekuatan kita. bahwa manusia itu mengenai dirinya sebagai hak apabila ia telah meiepaskan selubung kebenaran. Al-Harawi. yang sampai ketangan saya. dan hidup pula ceritera-ceritera mengenai Nabi Isa yang mengagumkan. 850). Ibn Al-Djauzi. Muhasibi. yang dapat meresapkan ajaran Sufi itu dengan sajaksajak dan susunan kalimat-kalimat yang indah. Penya'ir-penya'ir ini hampir semua berdarah Persi. Ajaran-ajaran ini dituangkan kembali dalam bentuk filsafat olëh Ibn Al-Arabi (1165-1240). Al-Qusyairi. yang ingin melihat "Bagdad" hidup dan bangkit kembali. seperti Donaldson. Sangat sayang. menyiarkan disana-sini di Persi. ulama-ulama tidak putus asa untuk menghidupkan kembali kaum Muslimin sebagai suatu bangsa yang kuat. yang hidup dekat Damaskus mempelajari ma'rifatullah dan memperbandingkannya dengan gnesis dari Hellenisme dan Christtendom. Tetapi Tasawwuf adalah urat nadi dari pada pelaksanaan ajaran-ajaran itu. Tasawwuf Islam mengajarkan hidup sederhana (zuhud) dan akhlak-akhlak yang mulia.

ngan sumber pengambilan dari pada tasawwuf itu, yaitu Al-Qur'an, Sunnah
dan kehidupan Nabi Muhammad. Dalam pada itu tharekat merupakan pelaksanaan dari pada ajaran-ajaran itu, dimulai dengan menanam keyakinan
yang membatu terhadap adanya Allah atau iman dan tauhid, sebagai sumber
taqwa yang terpokok. Orang dapat membaca secara ringkas dan tegas kupasan Renold A . Nicolson dalam karangan-karangannya " A n Histórical Inquiry
concerning the Origin and Development of Sufism", Journal of the Royal
Asiatic Society; 1906, "Asceticism (muslim)". Ency. of Religion and Ethics,
Vol. 2,1909 and. ed. 1930, "Sufis" , Ency. of Religion and Ethics. 1921, 2nd.
ed. 1934, Vol 12, "the Goal of Muhammedan Mysticism". Journal of the Royal Astatic Society Jan. 1913 dan "The Idea of Personality in Sufism". Cambridge University Press. 1923. yang dikumpulkan oleh Abul ' U l a Afifï, guru
besar dalam persoalan filsafat, dimana ia membenarkan bahwa tasawwuf itu
tidak lain dari pada mengajarkan hidup sederhana sepanjang Islam, terutama
ditengah-tengah kemabukan manusia dalam masyarakat kebendaannya. Pelajaran zuhud dalam Islam itu bersumber dari pada jaran Nabi, yaitu zuhud
pada hari-hari permulaan Islam, yang meletakkan batas-batas dan syarat
yang sempurna untuk mencapai zuhud itu, seperti kewajiban berpuasa, meng
haramkan minuman keras, melakukan sembahyang lima waktu pada tiap-tiap hari, dan mengerjakan ibadah haji.
Semua kewajiban ini diajarkan pelaksanaannya dalam tharekat sebagai
zikir dan riadhah. Bukan sifat zuhud saja, tetapi juga sifat-sifat dan akhlak
yang lain, yang mempunyai nilai keutamaan diajarkan pelaksanaannya dalam
tharekat, seperti taubat, sabar, syukur, khauf, raja', faqar, tauhid, tawakal,
hub, raghba, qurub, ridhah kasad, ikhlas, muraqabah, muhasaba, tafakkur,
dan zikkrul maut semuanya diajarkan oleh Syeikh dan Mursyid, dalam tharekat sebagai riadha dan mujahadah.
Memang nama umum untuk pelajaran kerohanian dalam Islam ini, biasa
di sebut tasawwuf, seperti tasawwuf ibadat, tasawwuf akhlak, tasawwuf zikir
dan do'a, tasawwuf hakikat, untuk dijadikan adat dan sifat yang tetap, seperti menahan lapar untuk membersihkan hati, menghancurkan syahwat yang
bersifat ma'siat, memelihara kesehatan badan, belajar benar dan jujur, belajar bermurah tangan, belajar membasmi dosa-dosa lidah dan ucapan, menjauhkan diri dari perdebatan dan berlaku ria', menjauhkan diri dari riba dan
hamimah dengan riadha', sebagai yang pernah diuraikan dalam kitab " A l - L a
ma' " atau oleh Al-Ghazali dalam karyanya yang terbesar "Ihya Ulumud
D i n " , baik mengenai usaha-usaha dalam membiasakan akhlak Sufi, maupun
dalam membicarakan persoalan-persoalan hakikat bagi murid dan murad
(baca Ahmad Asy-Syarbashi, "Al-Ghazali wat Tasawwuful Islami"). Tetapi
segala-segalanya itu diajarkan dan dilaksanakan dalam tharekat.
Dalam kitab "Tentang Tasawwuf Islam" karya Nicolson, yang diterjemahkan kedalam bahasa Arab dan diberi komentar oleh Abul ' U l a Afifi diterangkan bahwa tharekat itu sudah lahir sejak abad yang ke-IV M , dan pada
permulaan Islam, tetapi yang kelihatan kemajuannya ialah sebelum perang
Mongol (kira-kira th. 1258 M ) , pada abad pertengahan, diadakanlah peraturan-peraturan oleh golongan tasawwuf dan tharekat i n i . Untuk tharekat
biasa kita dapati, pertama pertemuan pada waktu murid masuk kedalam tharekat, dengan pesan-pesan yang resmi.
Kadang-kadang kita dapati, bahwa murid sebelum memasuki tharekat itu,
memerlukan waktu yang panjang dan sukar sebagai persiapan. Kedua berpa-

106

kaian dengan pakaian yang khas. Ketiga murid itu kadang-kadang terpaksa
melakukan perkara-perkara yang sukar dalam khalawat, dalam melakukan
sembahyang, dalam melakukan puasa dan riadha-riadha yang lain. Keempat
memperbanyak zikir, kadang-kadang ada yang dilakukan dengan nyanyian
dan gerak badan yang bermacam-macam, untuk memperoleh wujud dan jazad Kelima keyakinan beroleh kekuatan rohani, yang terjadi diluar adat kebiasaan, sebagai kurnia Tuhan, dan keenam memuliakan dan taat kepada
mursyid atau Syeikh tharekat. Ketujuh beroleh ijazah atau khilqah.
v

Dalam tharekat Qadiriyah terdapt cara yang sangat sederhana sekali,
karena belum banyak dipengaruhi oleh
tambahan-tambahan dibelakang oleh Syekh-Syeikh tharekat yang tidak ter*
hitung banyaknya.
Dan pada akhirnya kita lihat dalam dunia tasawwuf ini, seperti yang dikemukakan oleh Ahmad Amin dalam kitab "Zuhrul Islam", IV, Cairo, 1954,
bahwa memang benar tasawwuf itu adalah semangat kegiatan (nuz'ah), bukan firqah, aliran atau Mazhab yang tersendiri, seperti Mu'tazilah, Syi'ah,
Ahlus Sunnah, yang berdiri sendiri-sendiri. Tetapi dalam tasawwuf kita bertemu seorang Mu'tazilah yang mengikutinya tasawwuf itu, atau seorang
Syi'ah yang sufi, atau seorang Sunni yang Sufi, bahkan penganut tasawwuf itu
mungkin juga seorang Nasrani, Jahudi atau Buddha, menyetujui tasawwuf.
Fakhrur Razi berpendapat, tidak ada batas-batas yang terpisah dalam
keyakinan tasawwuf itu, sejak dahulu kala.
Diantara pengarang-pengarang Islam kita dapati ada ulama yang menganggap bahwa tasawwuf itu termasuk golongan ahli sunnah. Ibn Sabki dalam
kitabnya "Syarah Aqidah Ibnal Hajib" , berkata : "ketahuilah bahwa Ahlus
Sunnah wal Jama'ah itu, sepakat semuanya tentang kewajiban, keharusan
dan kemustahilan, yang diletakkan Tuhan kepada umat Islam, meskipun mereka berbeda-beda pahamnya dalam cara pelaksanaannya (tharekat), dan pokok-pokok yang dapat membawa untuk mencapai suruh dan tegah Tuhan itu.
Dalam Islam terdapat tiga golongan besar :
Pertama dinamakan Ahlul Hadis, yang tempat dan pokok pegangannya
ialah dalil-dalil sima'i: Qur'an, Sunnah dan Tjma.
Kedua Ahlun Nazril Aqri, yaitu golongan Asy' Ariah, Hanafiyah, golongan Abul Hasan Al-Asy Ari, dan golongan Abu Mansyur Al-Maturidi,
semuanya sepakat tentang dalil akal, yang merupakan pokok-pokoknya, dalam menyelesaikan hukum-hukum, yang tidak terdapat dalam dalil sima'i.
Ketiga Ahlul Wujdan Wal Ksyaf, yaitulah golongan orang-orang Sufi.
Pokok-pokok pendiriannya mula pertama adalah pokok-pokok pendirian Ahlul Najar wal Hadis, dan pada penghabisannya ialah Kaf dan Ilham, yaitu keteguhan dan menanti ilham Tuhan kepadanya dalam menempuh dan menjalankan pengajaran Islam.
Orang inilah yang dimaksudkan oleh Sulthanul Aulia, S. Abdul Qadir
Al-Jailani dengan nama "Thalibi Thariqil Haq".

107

LAMPIRAN. 109 .

.

LAMPIRAN. 109 .

.

111 .

112 .

113 .

114 .

115 .

116 .

117 .

118 .

119 .

120 .

121 .

120 .

121 .

122 .

123 .

124 .

125 .

126 .

127 .

128 .

129 .

130 .

.

.Somber laya Offset Bandung.

.

.Sumber Jaya Offset Bandung.