RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

Satuan Pendidikan

: ..........................

Kelas / Semester

: II / 1 ( Gasal )

Tema

: 3. Tugasku Sehari-hari

Sub Tema

: 3. Tugasku dalam Sehari-hari di Rumah

Pembelajaran

:1

Alolasi Waktu

: 25 menit

A. Kompetensi Inti
1. Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya
2. Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya
diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, dan guru
3. Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati (mendengar, melihat,
membaca) dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk
ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah
dan di sekolah
4. Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas dan logis, dalam
karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam
tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia.
B. Kompetensi Dasar dan Indikator
Bahasa Indonesia
Kompetensi Dasar :
3.3 Mengenal teks buku harian tentang kegiatan anggota keluarga dan
dokumen milik keluarga dengan bantuan guru atau teman dalam
bahasa Indonesia lisan dan tulis yang dapat diisi dengan kosakata
bahasa daerah untuk membantu pemahaman.
Indikator :
3.3.1

Mengidentifikasi berbagai kegiatan anggota keluarga.

PKN
Kompetensi Dasar :

Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013. Setelah mengamati media gambar berbagai kegiatan Siti. Buku Siswa SD/MI. D. Indikator : 3.184. Materi Pokok Pembelajaran 1. Tema Tugasku Sehari-hari. mengumpulkan informasi.2. Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013. siswa dapat menyebutkan kegiatan pada pagi hari dengan percaya. menanya. Ceramah. c.3. Kegiatan yang sesuai tata tertib dan tidak sesuai tata tertib. Setelah mengamati teks bacaan “Tugasku di Pagi hari”. Tema Tugasku Sehari-hari. Tujuan Pembelajaran 1. siswa dapat menunjukkan beberapa contoh perilaku yang bertentangan dengan aturan yang berlaku dalam kehidupan sehari-hari di rumah dengan percaya diri. menalar. b) Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia 2013. C.133. Metode dan Pendekatan Pembelajaran Metode Pembelajaran : Tugas.1 Menunjukkan beberapa contoh perilaku yang sesuai dengan aturan yang berlaku dalam kehidupan sehari-hari di rumah. dan Diskusi Pendekatan Pembelajaran : Pendekatan Scientific (mengamati. mengomunikasikan) F. Teks “Tugasku di Pagi Hari”. Halaman 129 . Sumber Belajar a) Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia 2013. b. Media dan Sumber Belajar 1. Pohon Pintar 2. Teks “Tugasku di Pagi Hari” 2. Media: a.2 Memahami tata tertib dan aturan yang berlaku dalam kehidupan sehari-hari di rumah dan di sekolah. . Buku Guru SD/MI. E. Halaman 176 . Gambar kegiatan Siti di rumah. Tanya Jawab. 2.

Siswa menyebutkan kegiatan Siti di pagi hari. Guru mengecek kehadiran siswa. (menalar) 6. Guru dan siswa memulai pembelajaran dengan Awal berdoa terlebih dahulu. 4. 2. 4. Siswa membaca teks”Tugasku di Pagi Hari” 3. Siswa mengamati gambar Siti Inti menyapu di kamar (mengamati). Siswa menunjukkan beberapa contoh yang perilaku yang sesuai dengan aturan yang berlaku dalam kehidupan sehari-hari di rumah 15 Menit . Kegiatan 1. Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran Kegiatan Deskripsi Kegiatan Kegiatan 1. Siswa menyebutkan beberapa aturan yang berlaku berkaitan dengan tugas teman dalam kehidupan sehari-hari. 2. Siswa mendengarkan penjelasan dari guru mengenai kegiatan pembelajaran yang akan dilakukan hari ini dan apa tujuan dari kegiatan tersebut dalam bahasa yang sederhana dan mudah dipahami. Guru melakukan kegiatan penyegaran untuk membuat siswa semangat dengan melakukan gerakan pemanasan secara bersama-sama. Guru memberikan motivasi agar siswa Alokasi Waktu 5 Menit bersemangat dalam mengikuti pelajaran yang akan dilaksanakan.G. Siswa mengamati gambar kegiatan Siti di rumah (mengamati) 7. 3. Siswa menceritakan kepada temannya tentang kegiatan di rumah setiap pagi yang biasa dikerjakan (mengkomunikasikan) 5. 5.

Bentuk Instrumen Penilaian a. Siswa memberikan tanda centang (v) untuk kegiatan yang menunjukkan tugas sesuai tata tertib (mengasosiasikan) 10. Penilaian keterampilan : Unjuk kerja dan Observasi 2. Penilaian pengetahuan : Tes tertulis c. Penilaian Sikap 1)Tanggung jawab Kriteria:  Siswa aktif mengerjakan tugas  Siswa dapat menyelesaikan tugas dengan penuh rasa tanggung jawab  Siswa aktif dalam berdiskusi Skor Kriteria 4 Siswa dapat memenuhi ketiga kriteria diatas . dan Menghargai b. Evaluasi (kegiatan pembelajaran yang telah dilakukan) 3. Guru bersama-sama dengan siswa melakukan 5 Menit refleksi atau membuat kesimpulan. Disiplin. Siswa menunjukkan beberapa contoh yang berlaku dalam kehidupan kehidupan sehari-hari di rumah (mengumpulkan informasi) 9. Rasa ingin tahu. Siswa memberikan tanda silang (x) untuk sesuai tata tertib (mengasosiasikan) Penutup 1. Teknik Penilaian a.(mengumpulkan informasi) 8. 2. Guru menyampaikan kegiatan pembelajaran yang akan dilakukan pada pertemuan selanjutnya dan tugas pengayaan 4. Guru menutup kegiatan belajar mengajar dengan berdoa bersama H. Penilaian 1. Penilaian sikap : Tanggung jawab.

3 Siswa memenuhi hanya dua diatas 2 Siswa hanya dapat memenuhi satu kriteria diatas 1 Siswa tidak dapat memenuhi kriteria diatas 2) Rasa ingin tahu Kriteria:  Siswa dapat memperhatikan materi yang disampaikan  Siswa mampu bertanya tentang hal yang kurang jelas  Siswa mampu membuat ringkasan materi yang penting Skor Kriteria 4 Siswa dapat memenuhi ketiga kriteria diatas 3 Siswa memenuhi hanya dua diatas 2 Siswa hanya dapat memenuhi satu kriteria diatas 1 Siswa tidak dapat memenuhi kriteria diatas 3) Disiplin Kriteria:  Siswa datang tepat waktu  Siswa memperhatikan saat pembelajaran berlangsung  Siswa tertib dalam menggunakan alat peraga Skor Kriteria 4 Siswa dapat memenuhi ketiga kriteria diatas 3 Siswa memenuhi hanya dua diatas 2 Siswa hanya dapat memenuhi satu kriteria diatas 1 Siswa tidak dapat memenuhi kriteria diatas 4) Menghargai Kriteria:  Siswa menerima pendapat teman  Siswa mendengarkan teman  Siswa memperhatikan penjelasan guru Skor Kriteria .

MT : Mulai terlihat. MB: mulai berkembang. Penilaian Keterampilan 1) Membedakan contoh kegiatan tertib dan tidak tertib (Cuk (Kur .4 Siswa dapat memenuhi ketiga kriteria diatas 3 Siswa memenuhi hanya dua diatas 2 Siswa hanya dapat memenuhi satu kriteria diatas 1 Siswa tidak dapat memenuhi kriteria diatas Rubrik Penilaian Sikap N o Nam a Sisw a Disiplin Jumla Tanggung Jawab Rasa ingin tahu Menghargai B M M S B M M S B M M S B M M S T T B M T T B M T T B M T T B M 1 2 3 4 1 2 3 4 1 2 3 4 1 2 3 4 h Skor 1 2 Keterangan: BT: belum terlihat. Penilaian pengetahuan 1) Penilaian tentang mengidentifikasi kegiatan Siti yang sesuai tata tertib. SM: sudah Membudaya b.  Instrumen penilaian : Tes Tertulis  Tes tertulis : skor  Skor maksimal : 100 Skor yang diperole h x 100  Penilaian: Skor maksimal Skor yang diperoleh Predikat Klasifikasi 81-100 A SB 66-80 B B (Baik) (San 51-65 C C 0-50 D K c.

a) Penilaian: Observasi (pengamatan) b) Lembar pengamatan membedakan contoh kegiatan tertib dan tidak tertib No Nama Siswa Kriteria 1 Kriteri 2 Terlihat Belum Terlihat Belum (v) terlihat (v) (v) terlihat (v) 1 2 2) Menceritakan tugas di rumah pada pagi hari Penilaian : Unjuk Kerja Rubrik : menceritakan tugasnya pada pagi hari N o Baik Kriteria Sekali 4 Mengetahui Cukup Bimbinga n 3 2 1 Sebagian besar cerita kecil cerita Belum disampaika disampaika mampu n dengan n dengan bercerita lancar lacar Terdenga Terdengar Terdengan Volume r sampai sampai hanya suara seluruh setengah bagian kelas ruang kelas depan kelas Kemampua bercerita n bercerita dengan lancar 2 Baik Sebagian Mampu 1 Perlu Suara sangat pelan atau tidak terdengar .

........... NIP.............. Guru Kelas II NPM.................. ......Kepala Sekolah ..... ....................