Rencana Pelaksanaan Pembelajaran

Mata Pelajaran
Kelas/Semester
Pertemuan ke
Alokasi Waktu

:Bahasa Inggris
: VII/1
:1
: 2 × 45 menit

A. Standar Kompetensi

Memahami makna dalam percakapan transaksional dan interpersonal
sangat sederhana untuk berinteraksi dengan lingkungan terdekat

Mengungkapkan makna dalam percakapan transaksional dan
interpersonal sangat sederhana untuk berinteraksi dengan lingkungan
terdekat

B. Kompetensi Dasar

Merespon makna dalam percakapan transaksional (to get things done) dan
interpersonal (bersosialisasi) yang menggunakan ragam bahasa lisan
sangat sederhana secara akurat, lancar, dan berterima untuk berinteraksi
dengan lingkungan terdekat yang melibatkan tindak tutur: menyapa orang
yang belum/sudah dikenal, dan memperkenalkan diri sendiri/orang lain

Mengungkapkan makna dalam percakapan transaksional (to get things
done) dan interpersonal (bersosialisasi) dengan menggunakan ragam
bahasa lisan sangat sederhana secara akurat, lancar, dan berterima

Melakukan interaksi dengan lingkungan terdekat yang melibatkan tindak
tutur: menyapa orang yang belum/sudah dikenal dan memperkenalkan diri
sendiri/orang lain

C. Indikator

Merespon ungkapan; menyapa orang yang belum/sudah dikenal dan
memperkenalkan diri/orang lain
Menggunakankan ungkapan menyapa orang yang belum/sudah dikenal
dan memperkenalkan diri/orang lain.
Karakter yang dikembangkan
1. Dapat dipercaya ( Trustworthines)
2. Rasa hormat dan perhatian ( respect )
3. Tekun ( diligence )
4. Tanggung jawab ( responsibility )
5. Berani ( courage )

D. Tujuan Pembelajaran
 Siswa dapat merespon ungkapan menyapa orang yang belum/sudah
dikenal dan memperkenalkan diri/orang lain
 Siswa dapat menggunakankan ungkapan menyapa orang yang
belum/sudah dikenal dan memperkenalkan diri/orang lain.
E. Materi Pokok
 Menyapa orang yang belum/sudah dikenal

1

Mis.
A: Hello, what’s your name?
B: Hello Miss Ina, my name’s Riko.
A: Excuse me, is your name Nurul?
B: Yes, it is.
 Memperkenalkan diri/orang lain
Mis.
Tigor, please meet my friend, Nurul. Nurul, this is Tigor
Hello Tigor, pleased to meet you
Pleased to meet you too.
F.

Metode Pembelajaran/Teknik:
Three-phase technique

G. Langkah-langkah Kegiatan
 Kegiatan Awal (10’)
 Guru memperkenalkan diri dan menyapa murid-murid nya
 Guru menanyakan keadaan murid
 Guru bertanya mengenai identitas muridnya
Misalnya Hello class, I’m your english teacher. My name’s Ina
Damayanti but you can call me, Miss Ina.
 Kegiatan Inti (70’)
Eksplorasi
 Siswa mendengarkan percakapan on air ‘listen and write’ dan
melengkapinya
Elaborasi
 Siswa mendiskusikan isi percakapan yang didengarnya
 Siswa menentukan informasi yang benar atau salah
 Siswa melengkapi dialog singkat berikutnya
 Siswa mendengarkan percakapan singkat mengenai cara menyapa
orang yang sudah dikenal/belum dan mempraktekkannya
 Siswa mendengar dialog tentang memperkenalkan
diri/memperkenalkan orang lain dan mempraktekkannya
Konfirmasi
 Siswa membuat percakapan singkat berdasarkan situasi yang
diberikan dan mempraktekkannya, yang dipilih secara acak.
 Siswa mendapat feedback dari guru
 Kegiatan Akhir (10’)
 Siswa mereview ungkapan yang digunakan untuk menyapa orang
yang belum/sudah dikenal dan memperkenalkan diri/orang lain
H. Sumber/Bahan/Alat
 Buku EOS 1
 Kaset/CD
 Tape Script dari EOS 1
I.

Penilaian

2


Teknik: Tes lisan, tes tertulis dan unjuk kerja
Bentuk: Pertanyaan lisan, Melengkapi dialog dan unjuk kerja

Mengetahui
Kepala Sekolah

…………………,….
Guru Mata Pelajaran

______________________
NIP.

__________________
NIP.

3

lancar. lancar. 4 . Berani ( courage ) D. Kompetensi Dasar  Merespon makna dalam percakapan transaksional (to get things done) dan interpersonal (bersosialisasi) yang menggunakan ragam bahasa lisan sangat sederhana secara akurat. dan memperkenalkan diri sendiri/orang lain  Mengungkapkan makna dalam percakapan transaksional (to get things done) dan interpersonal (bersosialisasi) dengan menggunakan ragam bahasa lisan sangat sederhana secara akurat. Tekun ( diligence ) 3. Tujuan Pembelajaran  Siswa dapat merespon ungkapan menyapa orang yang belum/sudah dikenal dan memperkenalkan diri/orang lain  Siswa dapat menggunakankan ungkapan menyapa orang yang belum/sudah dikenal dan memperkenalkan diri/orang lain. menyapa orang yang belum/sudah dikenal dan memperkenalkan diri/orang lain Menggunakankan ungkapan menyapa orang yang belum/sudah dikenal dan memperkenalkan diri/orang lain. Standar Kompetensi  Memahami makna dalam percakapan transaksional dan interpersonal sangat sederhana untuk berinteraksi dengan lingkungan terdekat  Mengungkapkan makna dalam percakapan transaksional dan interpersonal sangat sederhana untuk berinteraksi dengan lingkungan terdekat B. Indikator   Merespon ungkapan. Rasa hormat dan perhatian ( respect ) 2.Rencana Pelaksanaan Pembelajaran Mata Pelajaran Kelas/Semester Pertemuan ke Alokasi Waktu : Bahasa Inggris : VII/1 :2 : 2 x 45 menit A. Karakter yang dikembangkan: 1. dan berterima  Melakukan interaksi dengan lingkungan terdekat yang melibatkan tindak tutur: menyapa orang yang belum/sudah dikenal dan memperkenalkan diri sendiri/orang lain C. dan berterima untuk berinteraksi dengan lingkungan terdekat yang melibatkan tindak tutur: menyapa orang yang belum/sudah dikenal.

my name’s Riko.. A: Hello. My name’s Rico.  Memperkenalkan diri/orang lain Mis. Materi Pokok  Menyapa orang yang belum/sudah dikenal Mis. Shanti. Hi. Nurul. what’s your name? B: Hello Miss Ina. Tigor. Nurul. this is Tigor  Grammar The present simple of ‘ to be’ F. Penilaian  Teknik: Tes lisan.E. Metode Pembelajaran/Teknik Three-phase technique G. please meet my friend. Sumber/Bahan/Alat  Buku EOS 1  Kaset/CD  Tape Script dari EOS 1 I. Langkah-langkah Kegiatan  Kegiatan Awal (10’)  Guru mengabsen siswa  Siswa mereview ungkapan yang digunakan untuk menyapa orang yang belum/sudah dikenal dan memperkenalkan diri/orang lain  Kegiatan Inti (70’) Eksplorasi  Siswa mempelajari penggunaan to be  Siswa mendapat latihan dari guru mengenai penggunaan to be  Siswa mendengarkan percakapan dan mempraktekkannya Elaborasi  Siswa mempelajari dan mendiskusikan tingkat formal yang digunakan untuk menyapa  Siswa mendengarkan percakapan mengenai leave-taking dan mempraktekkannya  Siswa membaca contoh-contoh ungkapan lain yang digunakan untuk leave-taking Konfirmasi  Siswa melengkapi dialog dengan ungkapan yanng tepat  Siswa melengkapi dialog singkat berikutnya  Kegiatan Akhir (10’)  Siswa menjawab pertanyaan guru mengenai ungkapan-ungkapan yang digunakan untuk greetings and leave-taking H. is your name Nurul? B: Yes. A: Excuse me. it is. tes tertulis 5 .

dan berterima untuk berinteraksi dengan lingkungan terdekat yang melibatkan tindak tutur: menyapa orang yang belum/sudah dikenal.…. menyapa orang yang belum/sudah dikenal dan memperkenalkan diri/orang lain Menggunakankan ungkapan menyapa orang yang belum/sudah dikenal dan memperkenalkan diri/orang lain Karakter yang dikembangkan: 1. dan memperkenal-kan diri sendiri/orang lain  Mengungkapkan makna dalam percakapan transaksional (to get things done) dan interpersonal (bersosialisasi) dengan menggunakan ragam bahasa lisan sangat sederhana secara akurat. lancar. NIP. Kompetensi Dasar  Merespon makna dalam percakapan transaksional (to get things done) dan interpersonal (bersosialisasi) yang menggunakan ragam bahasa lisan sangat sederhana secara akurat. lancar. Tekun ( diligence ) 3. dan berterima  Melakukan interaksi dengan lingkungan terdekat yang melibatkan tindak tutur: menyapa orang yang belum/sudah dikenal dan memperkenalkan diri sendiri/orang lain C. Bentuk: Pertanyaan lisan. Melengkapi dialog Mengetahui …………………. Kepala Sekolah Guru Mata Pelajaran ______________________ __________________ NIP. Rencana Pelaksanaan Pembelajaran Mata Pelajaran Kelas/Semester Pertemuan ke Alokasi Waktu :Bahasa Inggris : VII/1 :3 : 2 x 45 menit A. Rasa hormat dan perhatian ( respect ) 2. Indikator   Merespon ungkapan. Tanggung jawab ( responsibility ) 6 . Standar Kompetensi  Memahami makna dalam percakapan transaksional dan interpersonal sangat sederhana untuk berinteraksi dengan lingkungan terdekat  Mengungkapkan makna dalam percakapan transaksional dan interpersonal sangat sederhana untuk berinteraksi dengan lingkungan terdekat B.

Langkah-langkah Kegiatan  Kegiatan Awal (10’)  Guru mengabsen siswa  Guru mereview materi yang telah disampaikan pada pertemuan sebelumnya. have nice weekend. see you later. Berani ( courage ) D.  Siswa mendapat feedback dari guru  Siswa melakukan class survey untuk mengenal temannya Konfirmasi  Siswa melengkapi tabel yang tersedia  Siswa melakukan monologue.  Leave taking: Good bye.4.  Kegiatan Inti (70’) Eksplorasi  Siswa mendengarkan percakapan dan mempraktekkannya ‘ listen and say: listen the conversation and practice them with yoour friends’  Siswa dipilih secara acak untuk mempraktekkannya di depan kelas Elaborasi  Siswa melengkapi percakapan berdasarkan informasi yang didapat dari gurunya ‘ complete the conversations with the correct expressions’  Siswa memprakktekkan dialog singkatnya. yang dipilh secra acak oleh guru. Sumber/Bahan/Alat  Buku EOS 1  Kaset/CD  Tape Script dari EOS 1 7 . Metode Pembelajaran/Teknik: Three-phase technique G. Tujuan Pembelajaran  Siswa dapat merespon ungkapan menyapa orang yang belum/sudah dikenal dan memperkenalkan diri/orang lain  Siswa dapat menggunakankan ungkapan menyapa orang yang belum/sudah dikenal dan memperkenalkan diri/orang lain E.  Kegiatan Akhir (10’)  Siswa mendapat feedback dari guru. H. responses (it was good to see you. good night. Materi Pokok  Saying goodbye  What to say: ending a conversation ( it was nice to meet you). memperkenalkan temannya yang dipilih secara acak. F.

dan memperkenal-kan diri sendiri/orang lain  Mengungkapkan makna dalam percakapan transaksional (to get things done) dan interpersonal (bersosialisasi) dengan menggunakan ragam bahasa lisan sangat sederhana secara akurat. Penilaian  Teknik: Unjuk Kerja  Bentuk: Melakukan monologue sederhana Mengetahui Kepala Sekolah Pelajaran …………………. NIP. :Bahasa Inggris : VII/1 :4 : 2 x 45 menit Standar Kompetensi  Memahami makna dalam percakapan transaksional dan interpersonal sangat sederhana untuk berinteraksi dengan lingkungan terdekat  Mengungkapkan makna dalam percakapan transaksional dan interpersonal sangat sederhana untuk berinteraksi dengan lingkungan terdekat B. Rencana Pelaksanaan Pembelajaran Mata Pelajaran Kelas/Semester Pertemuan ke Alokasi Waktu A.…. Guru Mata ______________________ __________________ NIP. lancar. dan berterima  Melakukan interaksi dengan lingkungan terdekat yang melibatkan tindak tutur: menyapa orang yang belum/sudah dikenal dan memperkenalkan diri sendiri/orang lain 8 . Kompetensi Dasar  Merespon makna dalam percakapan transaksional (to get things done) dan interpersonal (bersosialisasi) yang menggunakan ragam bahasa lisan sangat sederhana secara akurat. lancar. dan berterima untuk berinteraksi dengan lingkungan terdekat yang melibatkan tindak tutur: menyapa orang yang belum/sudah dikenal.I.

 Tell us. Berani ( courage ) D. Karakter yang dikembangkan: 1. Tujuan Pembelajaran  Siswa dapat merespon ungkapan menyapa orang yang belum/sudah dikenal dan memperkenalkan diri/orang lain  Siswa dapat menggunakankan ungkapan menyapa orang yang belum/sudah dikenal dan memperkenalkan diri/orang lain. Indikator   Merespon ungkapan. F. Ina: hello.. Please call me Ina. His name’s Made Suwartana. Rasa hormat dan perhatian ( respect ) 2. We can call him Made. C. Metode Pembelajaran/Teknik: Three-phase technique Langkah-langkah Kegiatan  Kegiatan Awal (10’)  Guru mengabsen siswa  Guru mereview penggunaan kalimat yang digunakan untuk memperkenalkan orang lain  Guru mengarahkan siswa pada materi possessive adjectives  Kegiatan Inti (70’) Eksplorasi  Siswa membaca penjelasan mengenai possessive adjectives  Siswa mendiskusikan penggunaaan possessive adjective  Siswa mengerjakan latihan  Siswa mendapat feedback dari guru Elaborasi  Siswa mendengarkan percakapan dan mempraktekkannya  Siswa dipilih secara acak untuk mempraktekkannya  Siswa melengkapi percakapan berdasarkan gambar yang tersedia  Siswa membuat percakapan singkat berdasarkan gambar tokoh yang tersedia 9 . G. Menggunakankan ungkapan menyapa orang yang belum/sudah dikenal dan memperkenalkan diri/orang lain.He’s from Bali. Tekun ( diligence ) 3. E. I’m Ina tobing. Materi Pokok  Listen to the conversations and practice it with your friends Misal. menyapa orang yang belum/sudah dikenal dan memperkenalkan diri/orang lain. What’s your name? Made : Made Suwartana .. I have a friend.

yang dipilh secara acak oleh guru. Sumber/Bahan/Alat  Buku EOS 1  Kaset/CD  Tape Script dari EOS 1 I. 10 . Penilaian  Teknik: tes lisan  Bentuk: pertanyaan lisan Mengetahui Kepala Sekolah Pelajaran ______________________ __________________ NIP.  Siswa mendapat feedback dari guru Konfirmasi  Siswa mendengarkan dialog singkat berikutnya tentang finding someone dan mempraktekkannya  Siswa melengkapi dialog  Siswa mendengarkan dialog singkat berikutnya tentang spellings dan mempraktekkannya  Siswa mendengarkan tape dan menulis kata yang didengarnya  Kegiatan Akhir (10’)  Siswa ditanya oleh guru untuk megeja namanya masing-masing H. ………………….…. Siswa memprakktekkan dialog singkatnya. Guru Mata NIP.

lancar. :Bahasa Inggris : VII/1 :5 : 2 x 45 menit Standar Kompetensi  Memahami makna dalam percakapan transaksional dan interpersonal sangat sederhana untuk berinteraksi dengan lingkungan terdekat  Mengungkapkan makna dalam percakapan transaksional dan interpersonal sangat sederhana untuk berinteraksi dengan lingkungan terdekat B. Kompetensi Dasar  Merespon makna dalam percakapan transaksional (to get things done) dan interpersonal (bersosialisasi) yang menggunakan ragam bahasa lisan sangat sederhana secara akurat.Rencana Pelaksanaan Pembelajaran Mata Pelajaran Kelas/Semester Pertemuan ke Alokasi Waktu A. dan berterima untuk berinteraksi 11 .

Indikator   Merespon ungkapan. Dapat dipercaya ( Trustworthines) 2. menyapa orang yang belum/sudah dikenal dan memperkenalkan diri/orang lain.dengan lingkungan terdekat yang melibatkan tindak tutur: menyapa orang yang belum/sudah dikenal. dan berterima  Melakukan interaksi dengan lingkungan terdekat yang melibatkan tindak tutur: menyapa orang yang belum/sudah dikenal dan memperkenalkan diri sendiri/orang lain C. dan memperkenalkan diri sendiri/orang lain  Mengungkapkan makna dalam percakapan transaksional (to get things done) dan interpersonal (bersosialisasi) dengan menggunakan ragam bahasa lisan sangat sederhana secara akurat. Materi Pokok  Menyapa orang yang belum/sudah dikenal Mis. Karakter yang dikembangkan: 1. Langkah-langkah Kegiatan  Kegiatan Awal (10’)  Guru mengabsen siswa  Siswa mengetahui bahwa pada pertemuan ini akan akan mempelajari knowing one’s age  Siswa mendengarkan tape/CD tentang angka dan melafalkannya dengan benar  Kegiatan Inti (70’) Eksplorasi  Siswa dipilih oleh guru untuk melafalkan angka-angka  Siswa mendengarkan percakapan dan mempraktekkannya 12 . F. Menggunakankan ungkapan menyapa orang yang belum/sudah dikenal dan memperkenalkan diri/orang lain. Tanggung jawab ( responsibility ) 5. lancar. Berani ( courage ) D.  Knowing one’age Listen and say these numbers with the right stress Listen and say. Tujuan Pembelajaran  Siswa dapat merespon ungkapan menyapa orang yang belum/sudah dikenal dan memperkenalkan diri/orang lain  Siswa dapat menggunakankan ungkapan menyapa orang yang belum/sudah dikenal dan memperkenalkan diri/orang lain. E. We can call him Made. Metode Pembelajaran/Teknik: Three-phase technique G. Tekun ( diligence ) 4. I have a friend. His name’s Made Suwartana. Rasa hormat dan perhatian ( respect ) 3. Listen to the coversations and practice them with your friends.

…. Rencana Pelaksanaan Pembelajaran Mata Pelajaran Kelas/Semester Pertemuan ke Alokasi Waktu A. 15 or 50  Siswa mendengarkan percakapan dan mempraktekkannya  Siswa berkelompok bertanya-jawab tentang alamat tinggalnya Konfirmasi  Siswa mendengarkan pengucapan kalimat dengan baik dan melafalkannya  Siswa mendengarkan kata-kata berikutnya dan melafalkannya kembali  Siswa membedakan pelafalan dua kata yang mirip bunyinya  Kegiatan Akhir (10’)  Siswa mereview pelajaran pada pertemuan ini H. NIP. Penilaian  Teknik: Unjuk kerja  Bentuk: Melafalkan kata Mengetahui Kepala Sekolah Pelajaran …………………. Siswa dan guru mempraktekkan percakakan tersebut Elaborasi  Siswa melakukan class survey untuk mengetahui umur temantemannya  Siswa mendengarkan tape/CD tentang angka selanjutnya dan melafalkannya dengan benar  Siswa membedakan bunyi kata yang mirip. Sumber/Bahan/Alat  Buku EOS 1  Kaset/CD  Tape Script dari EOS 1 I. Guru Mata ______________________ __________________ NIP. mis. :Bahasa Inggris : VII/1 :6 : 2 x 45 menit Standar Kompetensi 13 .

Tanggung jawab ( responsibility ) 5. Tekun ( diligence ) 4. it is. dan berterima untuk berinteraksi dengan lingkungan terdekat yang melibatkan tindak tutur: menyapa orang yang belum/sudah dikenal. Karakter yang dikembangkan: 1. menyapa orang yang belum/sudah dikenal dan memperkenalkan diri/orang lain. lancar. Shanti. lancar. A: Excuse me. what’s your name? B: Hello Miss Ina. Rasa hormat dan perhatian ( respect ) 3. this is Tigor 14 . is your name Nurul? B: Yes. Nurul. E. Dapat dipercaya ( Trustworthines) 2.  Memperkenalkan diri/orang lain Mis. please meet my friend.. Hi. Menggunakankan ungkapan menyapa orang yang belum/sudah dikenal dan memperkenalkan diri/orang lain. Nurul. Berani ( courage ) D. dan memperkenal-kan diri sendiri/orang lain  Mengungkapkan makna dalam percakapan transaksional (to get things done) dan interpersonal (bersosialisasi) dengan menggunakan ragam bahasa lisan sangat sederhana secara akurat. my name’s Riko. Memahami makna dalam percakapan transaksional dan interpersonal sangat sederhana untuk berinteraksi dengan lingkungan terdekat  Mengungkapkan makna dalam percakapan transaksional dan interpersonal sangat sederhana untuk berinteraksi dengan lingkungan terdekat B. A: Hello. Materi Pokok  Menyapa orang yang belum/sudah dikenal Mis. dan berterima  Melakukan interaksi dengan lingkungan terdekat yang melibatkan tindak tutur: menyapa orang yang belum/sudah dikenal dan memperkenalkan diri sendiri/orang lain C. Indikator   Merespon ungkapan. Kompetensi Dasar  Merespon makna dalam percakapan transaksional (to get things done) dan interpersonal (bersosialisasi) yang menggunakan ragam bahasa lisan sangat sederhana secara akurat. My name’s Rico. Tujuan Pembelajaran  Siswa dapat merespon ungkapan menyapa orang yang belum/sudah dikenal dan memperkenalkan diri/orang lain  Siswa dapat menggunakankan ungkapan menyapa orang yang belum/sudah dikenal dan memperkenalkan diri/orang lain. Tigor.

alamat dan nomor telpon dari 10 temannya Konfirmasi  Siswa melaporkannya kepada guru  Kegiatan Akhir (10’)  Siswa mendapat tugas dari guru untuk bekerja kelompok membuat radio interview berdasarkan situasi yang tersedia. Sumber/Bahan/Alat  Buku EOS 1  Kaset/CD  Tape Script dari EOS 1 I.F. H. Langkah-langkah Kegiatan  Kegiatan Awal (10’)  Guru mengabsen siswa  Siswa mereview ungkapan-uangkapan yang digunakan untuk menyapa orang yang belum/sudah dikenal dan memperkenalkan orang lain  Kegiatan Inti (70’) Eksplorasi  Siswa mendengarkan percakapan dan melengkapinya Elaborasi  Siswa mendiskusikan isi percakapan tersebut  Siswa menjawab pertanyaan mengenai isi percakapan tersebut  Siswa mencari informasi tentang nama. Metode Pembelajaran/Teknik: Three-phase technique G.…. Rencana Pelaksanaan Pembelajaran Mata Pelajaran Kelas/Semester :Bahasa Inggris : VII/1 15 . __________________ NIP. Penilaian  Teknik: Unjuk Kerja  Bentuk: Tanya-jawab Mengetahui Kepala Sekolah …………………. Guru Mata Pelajaran ______________________ NIP.

Menggunakankan ungkapan menyapa orang yang belum/sudah dikenal dan memperkenalkan diri/orang lain. Indikator   Merespon ungkapan. Karakter yang dikembangkan 1. menyapa orang yang belum/sudah dikenal dan memperkenalkan diri/orang lain. Kompetensi Dasar  Merespon makna dalam percakapan transaksional (to get things done) dan interpersonal (bersosialisasi) yang menggunakan ragam bahasa lisan sangat sederhana secara akurat. Berani ( courage ) D. lancar. lancar. dan berterima untuk berinteraksi dengan lingkungan terdekat yang melibatkan tindak tutur: menyapa orang yang belum/sudah dikenal. Rasa hormat dan perhatian ( respect ) 3. Tekun ( diligence ) 4. Langkah-langkah Kegiatan  Kegiatan Awal (10’) 16 . Tujuan Pembelajaran  Siswa dapat merespon ungkapan menyapa orang yang belum/sudah dikenal dan memperkenalkan diri/orang lain  Siswa dapat menggunakankan ungkapan menyapa orang yang belum/sudah dikenal dan memperkenalkan diri/orang lain.Pertemuan ke Alokasi Waktu A. dan berterima  Melakukan interaksi dengan lingkungan terdekat yang melibatkan tindak tutur: menyapa orang yang belum/sudah dikenal dan memperkenalkan diri sendiri/orang lain C. :7 : 2 x 45 menit Standar Kompetensi  Memahami makna dalam percakapan transaksional dan interpersonal sangat sederhana untuk berinteraksi dengan lingkungan terdekat  Mengungkapkan makna dalam percakapan transaksional dan interpersonal sangat sederhana untuk berinteraksi dengan lingkungan terdekat B. Tanggung jawab ( responsibility ) 5. Dapat dipercaya ( Trustworthines) 2. Metode Pembelajaran/Teknik: Three-phase technique G. E. Materi Pokok Music corner’ as long as you love me’ F. dan memperkenalkan diri sendiri/orang lain  Mengungkapkan makna dalam percakapan transaksional (to get things done) dan interpersonal (bersosialisasi) dengan menggunakan ragam bahasa lisan sangat sederhana secara akurat.

Guru Mata Pelajaran ______________________ NIP. Sumber/Bahan/Alat  Buku EOS 1  Kaset/CD  Tape Script dari EOS 1 I. Rencana Pelaksanaan Pembelajaran 17 .  Guru mengabsen siswa Guru mereview materi yang telah disampaikan pada pertemuan sebelumnya  Kegiatan Inti (70’) Eksplorasi  Tiap kelompok menunjukkan percakapan yang telah mereka buat  Tiap kelompok memperhatikan kelompok lainnya Elaborasi  Siswa mendapat feedback dari guru  Siswa mendengarkan lagu dan menyusun liriknya Konfirmasi  Siswa mendiskusikan susunannya  Kegiatan Akhir (10’)  Siswa bernyanyi bersama H. __________________ NIP. Penilaian  Teknik: Unjuk kerja  Bentuk: Melafalkan kata Mengetahui Kepala Sekolah ………………….….

Metode Pembelajaran/Teknik: Three-phase technique G. lancar dan berterima untuk berinteraksi dengan lingkungan terdekat  Mengungkapkan langkah retorika dalam teks tulis fungsional pendek sangat sederhana dengan menggunakan ragam bahasa tulis secara akurat. membuat kartu identitas E. lancar dan berterima yang berkaitan dengan lingkungan terdekat  Mengungkapkan makna gagasan dalam teks tulis fungsional pendek sangat sederhana dengan menggunakan ragam bahasa tulis secara akurat. Indikator   D. lancar dan berterima untuk berinteraksi dengan lingkungan terdekat C. Kompetensi Dasar  Merespon makna yang terdapat dalam teks tulis fungsional pendek sangat sederhana secara akurat.   : Bahasa Inggris : VII/1 :8 : 2 x 45 menit Standar Kompetensi Memahami makna dalam teks tulis fungsional pendek sangat sederhana yang berkaitan dengan lingkungan terdekat Mengungkapkan makna dalam teks tulis fungsional pendek sangat sederhana untuk berinteraksi dengan lingkungan terdekat B.Mata Pelajaran Kelas/Semester Pertemuan ke Alokasi Waktu A. Materi Pokok : Indentity card F. Mengidentifikasi informasi kartu identitas Membuat kartu identitas Tujuan Pembelajaran  Siswa dapat mengidentifikasi informasi kartu identitas  Siswa dapat. Langkah-langkah Kegiatan  Kegiatan Awal (10’)  Guru mengabsen siswa  Siswa mengetahui bahwa pada pertemuan ini akan mempelajari jenisjenis kartu identitas  Siswa menyebutkan jenis-jenis kartu identitas  Kegiatan Inti (70’) Eksplorasi  Siswa mengidentifikasi jenis-jenis kartu identitas  Siswa mengidentifikasi bagian-bagian dari kartu identitas Elaborasi  Siswa membaca suatu kartu identitas dan menjawab pertanyaannya 18 .

__________________ NIP. I. 19 . Guru Mata Pelajaran ______________________ NIP.…. Siswa membedakan tiap jenis kartu identitas Konfirmasi  Siswa membuat kartu identitas dari karton/kertas yang dibawanya  Kegiatan Akhir (10’)  Siswa mendapat tugas membaca teks tentang Bill Gates dan menjawab pertanyaannya H. Sumber/Bahan/Alat  Buku EOS 1  Kaset/CD  Tape Script dari EOS 1  Karton/kertas berwarna Penilaian  Teknik: Unjuk kerja  Bentuk: kartu identitas buatan sendiri Mengetahui Kepala Sekolah ………………….

lancar. dan berterima. What’s this in english? B: Oh. Rasa hormat dan perhatian ( respect ) 2. dan berterima untuk berinteraksi dengan lingkungan terdekat yang melibatkan tindak tutur: meminta dan memberi informasi. Indikator   Merespon ungkapan meminta dan memberi informasi Menggunakan ungkapan meminta dan memberi informasi Karakter yang dikembangkan 1. lancar. dan berterima untuk berinteraksi dengan lingkungan terdekat yang melibatkan tindak tutur: meminta dan memberi informasi. Tanggung jawab ( responsibility ) 4.Made. 20 . lancar.  Mengungkapkan makna dalam percakapan transaksional (to get things done) dan interpersonal (bersosialisasi) dengan menggunakan ragam bahasa lisan sangat sederhana secara akurat.Rencana Pelaksanaan Pembelajaran Mata Pelajaran Kelas/Semester Pertemuan ke Alokasi Waktu A. Look at the label. Berani ( courage ) D. C. Tekun ( diligence ) 3. it’s marker. Tujuan Pembelajaran  Siswa dapat merespon ungkapan meminta dan memberi informasi  Siswa dapat.   B. Materi Pokok Meminta dan memberi informasi Mis.  :Bahasa Inggris : VII/1 :9 : 2 x 45 menit Standar Kompetensi Memahami makna dalam percakapan transaksional dan interpersonal sangat sederhana untuk berinteraksi dengan lingkungan terdekat. A: Excuse me.  Mengungkapkan makna dalam percakapan transaksional (to get things done) dan interpersonal (bersosialisasi) dengan menggunakan ragam bahasa lisan sangat sederhana secara akurat. It’s a board marker. Mengungkapkan makna dalam percakapan transaksional dan interpersonal sangat sederhana untuk berinteraksi dengan lingkungan terdekat. menggunakan ungkapan meminta dan memberi informasi E. Kompetensi Dasar Merespon makna dalam percakapan transaksional (to get things done) dan interpersonal (bersosialisasi) yang menggunakan ragam bahasa lisan sangat sederhana secara akurat.

misalnya name. We need it for our lesson today. Sumber/Bahan/Alat  Buku EOS 1  Kaset/CD  Tape Script dari EOS 1 Penilaian  Teknik: Unjuk kerja  Bentuk: Percakapan 21 . Look at the cover.  Siswa mendengarkan dialog singkat tentang bertanya dan memberi informasi tentang benda-benda di kelas. G.  Siswa mempraktekkan dialog dengan temannya Elaborasi  Siswa mengidentifikasi benda-benda yang ada di kelas  Siswa melakukan tanya-jawab dengan temannya dengan melihat model percakapan dibuku  Siswa mendiskusikan plural forms  Siswa mengerjakan latihannya Konfirmasi  Siswa berkelompok melakukan tanya-jawab mengenai benda-benda dikelasnya  Siswa menunjukkannya di depan kelas  Kegiatan Akhir (10’)  Siswa mendapat feedback dari guru H. Metode Pembelajaran/Teknik: Three-phase technique Langkah-langkah Kegiatan  Kegiatan Awal (10’)  Guru menanyakan kabar kepada siswa dan mengingatkan apa yang telah dipelajari pada pertemuan sebelumnya. what’s that? Wow. there.F. Mis. A. It’s an English-Indonesian dictionary. that’s a thick book B: It’s dictionary. I. school.  Guru memberi gambaran apa saja yang akan dipelajari pada bab Going to School. Miss Ani.  Siswa diminta untuk mendengarkan ‘on air’  Siswa mendiskusikan isinya  Siswa menjawab pertanyaan mengenai percakapan tersebut  Kegiatan Inti (70’) Eksplorasi  Siswa mendengarkan dan melafalkan kata-kata dengan benar.

Rasa hormat dan perhatian ( respect ) 3. Guru Mata Pelajaran ______________________ NIP. lancar. Tekun ( diligence ) 4. Rencana Pelaksanaan Pembelajaran Mata Pelajaran Kelas/Semester Pertemuan ke Alokasi Waktu A. Tanggung jawab ( responsibility ) 5. Berani ( courage ) 22 . __________________ NIP. dan berterima  Mengungkapkan makna dalam percakapan transaksional (to get things done) dan interpersonal (bersosialisasi) dengan menggunakan ragam bahasa lisan sangat sederhana secara akurat. C. dan berterima untuk berinteraksi dengan lingkungan terdekat yang melibatkan tindak tutur: meminta dan memberi informasi dan memerintah/melarang.  :Bahasa Inggris : VII/1 : 10 : 2 x 45 menit Standar Kompetensi Memahami makna dalam percakapan transaksional dan interpersonal sangat sederhana untuk berinteraksi dengan lingkungan terdekat Mengungkapkan makna dalam percakapan transaksional dan interpersonal sangat sederhana untuk berinteraksi dengan lingkungan terdekat Kompetensi Dasar Merespon makna dalam percakapan transaksional (to get things done) dan interpersonal (bersosialisasi) yang menggunakan ragam bahasa lisan sangat sederhana secara akurat. Dapat dipercaya ( Trustworthines) 2.   B. lancar.Mengetahui Kepala Sekolah ………………….…. Indikator     Merespon ungkapan memerintah/melarang Merespon ungkapan meminta dan memberi informasi Menggunakan ungkapan meminta dan memberi informasi Menggunakan ungkapan memerintah/melarang Karakter yang dikembangkan 1. dan berterima untuk berinteraksi dengan lingkungan terdekat yang melibatkan tindak tutur: meminta dan memberi informasi dan memerintah/melarang  Mengungkapkan makna dalam percakapan transaksional (to get things done) dan interpersonal (bersosialisasi) dengan menggunakan ragam bahasa lisan sangat sederhana secara akurat. lancar.

I see.D.  Siswa diminta untuk mendengarkan Prohibiting.     Tujuan Pembelajaran Siswa dapat merespon ungkapan meminta dan memberi informasi Siswa dapat merespon ungkapan memerintah/melarang Siswa dapat menggunakan ungkapan meminta dan memberi informasi Siswa dapat. A: oh. Materi Pokok Listen and say: A: Butet. Metode Pembelajaran/Teknik: Three-phase technique G. Langkah-langkah Kegiatan  Kegiatan Awal (10’)  Guru mengingatkan siswa tentang materi yang disampaikan di pertemuan sebelumnya. F. Elaborasi  Siswa mempelajari ungkapan yang digunakan untuk menyatakan letak benda  Salah satu siswa mencoba mengingat letak benda pada gambar yang tersedia  Siswa lainnya mengevaluasi kebenaran letak benda tersebut  Siswa menjawab pertanyaan guru mengenai letak benda-benda di kelasnya  Siswa mendengarkan dialog berikutnya dan mempraktekkannya  Siswa mendapat instruksi dari guru dan melaksanakannya  Siswa mengerjakan latihan preposition of place: It’s under the table. 23 . do you see my pencils? B: They’re over there. B: No problem. Listen and say. menggunakan ungkapan memerintah/melarang E. Thanks. A: Where? B: Under the table.  Siswa melakukan game berpasangan  Siswa diminta mengerjakan latihan berkaitan dengan Giving Instructions.  Siswa mereview ungkapan-ungkapan yang digunakan untuk menanyakan benda-benda di kelas  Siswa menjawab pertanyaan guru tentang letak benda-benda di kelasnya  Kegiatan Inti (60’) Eksplorasi  Siswa mendengarkan dialog singkat dan mempraktekkannya dengan teman  Siswa mendengarkan dan melafalkan kalimat dengan intonasi yang tepat  Siswa diminta untuk mendengarkan Listen and say : Giving Instructions.

24 . __________________ NIP. Complete the conversations with the correct expressions provided in the box. Kegiatan Akhir (20’)  Siswa bermain game Sumber/Bahan/Alat  Buku EOS 1  Kaset/CD  Tape Script dari EOS 1 I.   H. Penilaian  Teknik: Responding  Bentuk: Instruksi lisan Mengetahui Kepala Sekolah …………………. Siswa diminta mengerjakan Practice.…. Guru Mata Pelajaran ______________________ NIP. Konfirmasi Siswa diminta untuk membuat dialog singkat tentang salah satu tema yang telah disampaikan misalnya pohibiting.

 :Bahasa Inggris : VII/1 : 11 : 2 x 45 menit Standar Kompetensi Memahami makna dalam percakapan transaksional dan interpersonal sangat sederhana untuk berinteraksi dengan lingkungan terdekat Mengungkapkan makna dalam percakapan transaksional dan interpersonal sangat sederhana untuk berinteraksi dengan lingkungan terdekat Kompetensi Dasar Merespon makna dalam percakapan transaksional (to get things done) dan interpersonal (bersosialisasi) yang menggunakan ragam bahasa lisan sangat sederhana secara akurat. lancar. dan berterima untuk berinteraksi dengan lingkungan terdekat yang melibatkan tindak tutur: meminta dan memberi informasi 25 .   B.Rencana Pelaksanaan Pembelajaran Mata Pelajaran Kelas/Semester Pertemuan ke Alokasi Waktu A. lancar. lancar. dan berterima untuk berinteraksi dengan lingkungan terdekat yang melibatkan tindak tutur: meminta dan memberi informasi  Mengungkapkan makna dalam percakapan transaksional (to get things done) dan interpersonal (bersosialisasi) dengan menggunakan ragam bahasa lisan sangat sederhana secara akurat. dan berterima  Mengungkapkan makna dalam percakapan transaksional (to get things done) dan interpersonal (bersosialisasi) dengan menggunakan ragam bahasa lisan sangat sederhana secara akurat.

Rasa hormat dan perhatian ( respect ) 3.C. Tanggung jawab ( responsibility ) 5. G. Made. Materi Pokok  Meminta dan memberi informasi Mis. Where do you go to school? B: SMP Swastiastu. benda di kelas dan letaknya. umur. Dapat dipercaya ( Trustworthines) 2. A: Where is that? B: It’s in Bali. Tekun ( diligence ) 4. berangkat ke sekolah dan sebagainya berpasangan. Asking for information: what time do you go to school? 26 . Metode Pembelajaran/Teknik: Three-phase technique Langkah-langkah Kegiatan  Kegiatan Awal (10’)  Guru mengabsen siswa  Siswa mereview ungkapan-ungkapan yang digunakan untuk meminta dan memberi infomasi tentang nama orang. Berani ( courage ) D. Asking time. Tujuan Pembelajaran  Siswa dapat merespon ungkapan meminta dan memberi informasi  Siswa dapat. Konfirmasi  Siswa diminta untuk membuat dialog singkat tentang Where do you go to school?. Indikator   Merespon ungkapan meminta dan memberi informasi Menggunakan ungkapan meminta dan memberi informasi Karakter yang dikembangkan 1. F. A: Hi.  Kegiatan Inti (70’) Eksplorasi  Siswa mendengarkan dialog singkat dan mempraktekkannya dengan teman  Siswa melakukan tanya jawab berdasarkan situasi yang tersedia Elaborasi  Siswa berkelompok melakukan tanya-jawab tentang tempat tinggalnya  Siswa mendiskusikan ungkapan digunakan untuk meminta informasi tentang waktu  Siswa mengerjakan latihan tentang waktu  Siswa mendengarkan dialog singkat berikutnya dan mempraktekkannya dengan teman  Siswa melakukan tanya jawab mengenai waktu bangun tidur. menggunakan ungkapan meminta dan memberi informasi E.

Sumber/Bahan/Alat  Buku EOS 1  Kaset/CD  Tape Script dari EOS 1 I. lancar. dan berterima untuk berinteraksi dengan lingkungan terdekat yang melibatkan tindak tutur: meminta dan memberi informasi 27 . NIP.  : Bahasa Inggris : VII/1 : 12 : 2 x 45 menit Standar Kompetensi Memahami makna dalam percakapan transaksional dan interpersonal sangat sederhana untuk berinteraksi dengan lingkungan terdekat Mengungkapkan makna dalam percakapan transaksional dan interpersonal sangat sederhana untuk berinteraksi dengan lingkungan terdekat Kompetensi Dasar Merespon makna dalam percakapan transaksional (to get things done) dan interpersonal (bersosialisasi) yang menggunakan ragam bahasa lisan sangat sederhana secara akurat.   B. Guru Mata ______________________ __________________ NIP. Kegiatan Akhir (10’)  Siswa menjawab pertanyaan guru mengenai waktu H.…. Rencana Pelaksanaan Pembelajaran Mata Pelajaran Kelas/Semester Pertemuan ke Alokasi Waktu A. Penilaian  Teknik: Tes lisan  Bentuk: Responding Mengetahui Kepala Sekolah Pelajaran ………………….

misalnya waktu berangkat sekolah  Siswa diarahkan pada topik simple present tense  Kegiatan Inti (70’) Eksplorasi  Siswa diberi pertanyaan mengenai simple present tense dan membuat rumusan singkat tentang simple present tense Elaborasi  Siswa mendiskusikan penggunaan simple present tense  Siswa mengerjakan latihan-latihannya  Siswa mendengarkan percakapan dan melengkapinya  Siswa menjawab pertanyaan mengenai percakapan tersebut Konfirmasi  Siswa melakukan tanya-jawab berdasarkan pertanyaan yang tersedia. lancar.  Siswa dipilih secara acak untuk melaporkannya dengan lisan  Siswa mendapat feedback dari guru  Kegiatan Akhir (10’)  Siswa mengulang kembali penggunaan simple present tense  Siswa mendapat tugas berkelompok untuk melaporkan kegiatan mereka sehari-hari 28 . lancar. dan berterima  Mengungkapkan makna dalam percakapan transaksional (to get things done) dan interpersonal (bersosialisasi) dengan menggunakan ragam bahasa lisan sangat sederhana secara akurat. Tujuan Pembelajaran  Siswa dapat merespon ungkapan meminta dan memberi informasi  Siswa dapat. Mengungkapkan makna dalam percakapan transaksional (to get things done) dan interpersonal (bersosialisasi) dengan menggunakan ragam bahasa lisan sangat sederhana secara akurat. G. menggunakan ungkapan meminta dan memberi informasi E. Materi Pokok  Grammar pit stop: the simple present tense Grammar pit stop: the simple present tense I get up at 5 o’clock I study from 7 to 8 F. Indikator   Merespon ungkapan meminta dan memberi informasi Menggunakan ungkapan meminta dan memberi informasi D. dan berterima untuk berinteraksi dengan lingkungan terdekat yang melibatkan tindak tutur: meminta dan memberi informasi C. Metode Pembelajaran/Teknik: Three-phase technique Langkah-langkah Kegiatan  Kegiatan Awal (10’)  Guru mengabsen siswa  Guru menyakan kembali rutinitas yang dilakukan tiap siswa.

  B.…. :Bahasa Inggris : VII/1 : 13 : 2 x 45 menit Standar Kompetensi Memahami makna dalam percakapan transaksional dan interpersonal sangat sederhana untuk berinteraksi dengan lingkungan terdekat Mengungkapkan makna dalam percakapan transaksional dan interpersonal sangat sederhana untuk berinteraksi dengan lingkungan terdekat Kompetensi Dasar 29 . Guru Mata Pelajaran ______________________ NIP. Rencana Pelaksanaan Pembelajaran Mata Pelajaran Kelas/Semester Pertemuan ke Alokasi Waktu A. Sumber/Bahan/Alat  Buku EOS 1  Kaset/CD  Tape Script dari EOS 1 I. __________________ NIP.H. Penilaian  Teknik: Responding  Bentuk: pertanyaan lisan Mengetahui Kepala Sekolah ………………….

dan berterima untuk berinteraksi dengan lingkungan terdekat yang melibatkan tindak tutur: meminta dan memberi informasi  Mengungkapkan makna dalam percakapan transaksional (to get things done) dan interpersonal (bersosialisasi) dengan menggunakan ragam bahasa lisan sangat sederhana secara akurat. dan berterima untuk berinteraksi dengan lingkungan terdekat yang melibatkan tindak tutur: meminta dan memberi informasi C. dan berterima  Mengungkapkan makna dalam percakapan transaksional (to get things done) dan interpersonal (bersosialisasi) dengan menggunakan ragam bahasa lisan sangat sederhana secara akurat. Merespon makna dalam percakapan transaksional (to get things done) dan interpersonal (bersosialisasi) yang menggunakan ragam bahasa lisan sangat sederhana secara akurat. menggunakan ungkapan meminta dan memberi informasi E. Tekun ( diligence ) 2. lancar. lancar. Materi Pokok  Music Corner : every body hurts  Let’s read and write F. Langkah-langkah Kegiatan  Kegiatan Awal (10’)  Guru mengabsen siswa  Guru mereview penggunaan simple present tense  Kegiatan Inti (70’) Eksplorasi  Siswa berkelompok memberitahukan kegiatan sehari-hari mereka Elaborasi  Tiap kelompok memperhatikan  Siswa memberikan komentar mengenai kekurangan dan kelebihan tiap kelompok  Siswa mendengarkan lagu dan melengkapi liriknya Konfirmasi  Siswa mendiskusikan isi liriknya 30 . Metode Pembelajaran/Teknik: Three-phase technique G. Berani ( courage ) Tujuan Pembelajaran  Siswa dapat merespon ungkapan meminta dan memberi informasi  Siswa dapat. Tanggung jawab ( responsibility ) 3. Merespon ungkapan meminta dan memberi informasi Menggunakan ungkapan meminta dan memberi informasi Karakter yang dikembangkan 1. Indikator   D. lancar.

 Kegiatan Akhir (10’)  Siswa bernyanyi bersama  Siswa mendapat tugas untuk membawa 5 jenis pengumuman H.…. Sumber/Bahan/Alat  Buku EOS 1  Kaset/CD  Tape Script dari EOS 1 I. Penilaian  Teknik: Unjuk kerja  Bentuk: Percakapan Mengetahui Kepala Sekolah Pelajaran …………………. Rencana Pelaksanaan Pembelajaran Mata Pelajaran Kelas/Semester Pertemuan ke Alokasi Waktu A. Guru Mata ______________________ __________________ NIP. NIP. :Bahasa Inggris : VII/1 : 14 : 2 x 45 menit Standar Kompetensi 31 .

Rasa hormat dan perhatian ( respect ) 3. Tanggung jawab ( responsibility ) 5. Tekun ( diligence ) 4.00. Berani ( courage ) Tujuan Pembelajaran  Siswa dapat mengidentifikasi informasi pengumuman  Siswa dapat membuat pengumuman Materi Pokok Pengumuman tertulis Announcement To all first grade students. F.30 at Pancasila swimming pool Music Every Sunday 12. lancar dan berterima yang berkaitan dengan lingkungan terdekat  Mengungkapkan makna gagasan dalam teks tulis fungsional pendek sangat sederhana dengan menggunakan ragam bahasa tulis secara akurat.16. G. please join on of these extracurricular activities: Swimming Every Friday 15. Memahami makna dalam teks tulis fungsional pendek sangat sederhana yang berkaitan dengan lingkungan terdekat  Mengungkapkan makna dalam teks tulis fungsional pendek sangat sederhana untuk berinteraksi dengan lingkungan terdekat B. lancar dan berterima untuk berinteraksi dengan lingkungan terdekat  Mengungkapkan langkah retorika dalam teks tulis fungsional pendek sangat sederhana dengan menggunakan ragam bahasa tulis secara akurat. Kompetensi Dasar  Merespon makna yang terdapat dalam teks tulis fungsional pendek sangat sederhana secara akurat. lancar dan berterima untuk berinteraksi dengan lingkungan terdekat C.00 at school convention hall. Dapat dipercaya ( Trustworthines) 2. E. Metode Pembelajaran/Teknik: Three-phase technique Langkah-langkah Kegiatan  Kegiatan Awal (10’)  Guru mengabsen siswa  Siswa memberi nama pada benda sesuai dengan gambar yang tersedia  Kegiatan Inti (70’) 32 .30 – 14. Mengidentifikasi informasi pengumuman Membuat pengumuman Karakter yang dikembangkan 1. Indikator   D.

Guru Mata Pelajaran ______________________ NIP. Sumber/Bahan/Alat  Buku EOS 1  Kaset/CD  Tape Script dari EOS 1 I.…. Penilaian  Teknik: Unjuk kerja  Bentuk: Pengumuman Tertulis Mengetahui Kepala Sekolah ………………….Eksplorasi  Siswa membaca sebuah pengumuman Elaborasi  Siswa menjawab pertanyaan mengenai pengumuman tersebut  Siswa mengidentifikasi bagian-bagian dari pengumuman yang dibawanya Konfirmasi  Siswa membuat pengumuman  Kegiatan Akhir (10’)  Siswa mendapat tugas rumah mengerjakan latihan berikutnya H. Rencana Pelaksanaan Pembelajaran Mata Pelajaran Kelas/Semester Pertemuan ke :Bahasa Inggris : VII/1 : 15 33 . __________________ NIP.

Berani ( courage ) Tujuan Pembelajaran Siswa dapat merespon ungkapan meminta dan memberi informasi dan mengungkapkan kesantunan Siswa dapat menggunakankan ungkapan meminta dan memberi informasi dan mengungkapkan Kesantunan Materi Pokok  Meminta dan memberi informasi Shanti: Good morning.. Rasa hormat dan perhatian ( respect ) 3. Are you Ms Komala.   E. ma’am. I’am 34 . the Indonesian teacher? B. Shanti. . lancar. dan berterima untuk berinteraksi dengan lingkungan terdekat yang melibatkan tindak tutur: meminta dan memberi informasi dan mengungkapkan kesantunan  Mengungkapkan makna dalam percakapan transaksional (to get things done) dan interpersonal (bersosialisasi) dengan menggunakan ragam bahasa lisan sangat sederhana secara akurat. dan berterima untuk berinteraksi dengan lingkungan terdekat yang melibatkan tindak tutur: meminta dan memberi informasi dan mengungkapkan kesantunan C.. Tekun ( diligence ) 4. dan berterima  Merespon makna dalam percakapan transaksional (to get things done) dan interpersonal (bersosialisasi) yang menggunakan ragam bahasa lisan sangat sederhana secara akurat. Dapat dipercaya ( Trustworthines) 2. A: Excuse me. Yes. Standar Kompetensi  Memahami makna dalam percakapan transaksional dan interpersonal sangat sederhana untuk berinteraksi dengan lingkungan terdekat  Mengungkapkan makna dalam percakapan transaksional dan interpersonal sangat sederhana untuk berinteraksi dengan lingkungan terdekat B. Kompetensi Dasar  Mengungkapkan makna dalam percakapan transaksional (to get things done) dan interpersonal (bersosialisasi) dengan menggunakan ragam bahasa lisan sangat sederhana secara akurat. lancar. Tanggung jawab ( responsibility ) 5. I’m Rahman Hidayat. : 2 x 45 menit Merespon ungkapan meminta dan memberi informasi dan mengungkapkan kesantunan Menggunakankan ungkapan meminta dan memberi informasi dan mengungkapkan Kesantunan Karakter yang dikembangkan 1. I’m Shanti from EOS Rahman Hidayat: Good morning. Indikator   D. sir.Alokasi Waktu A. lancar.

.. Langkah-langkah Kegiatan  Kegiatan Awal (15’)  Guru mengabsen siswa  Siswa mendengarkan percakapan dan melengkapinya  Siswa menjawab pertanyaan mengenai isi percakapan tersebut  Kegiatan Inti (65’) Eksplorasi  Siswa membaca percakapan tentang orang-orang disekitarnya  Siswa membuat model percakapan yang sama berdasarkan situasi yang tersedia Elaborasi  Siswa membaca dan mempelajari penggunaan Ma’am dan Sir  Siswa mendengarkan percakapan berikutnya  Siswa mengidentifikasi informasi tertentu dari percakapan tersebut  Siswa mempelajari penggunaan demonstrative pronouns Konfirmasi  Siswa membuat percakapan dengan model yang ada  Siswa melakukan tanya-jawab tentang orang di sekitarnya  Kegiatan Akhir (10’)  Siswa mendapat pertanyaan dari guru H. ………………….. Guru Mata NIP. Penilaian  Teknik: Unjuk kerja  Bentuk: Percakapan Mengetahui Kepala Sekolah Pelajaran ______________________ __________________ NIP. 35 .…. Metode Pembelajaran/Teknik: Three-phase technique G. F. Sumber/Bahan/Alat  Buku EOS 1  Kaset/CD  Tape Script dari EOS 1 I.

Kompetensi Dasar  Mengungkapkan makna dalam percakapan transaksional (to get things done) dan interpersonal (bersosialisasi) dengan menggunakan ragam bahasa lisan sangat sederhana secara akurat. Tekun ( diligence ) 4. Tanggung jawab ( responsibility ) 5. Berani ( courage ) D. where’s the principal’s office? B: It’s over there F. Metode Pembelajaran/Teknik: Three-phase technique 36 . lancar. lancar. A:Excuse me. dan berterima untuk berinteraksi dengan lingkungan terdekat yang melibatkan tindak tutur: meminta dan memberi informasi C. Indikator   Merespon ungkapan meminta dan memberi informasi Menggunakankan ungkapan meminta dan memberi informasi Karakter yang dikembangkan 1. dan berterima  Merespon makna dalam percakapan transaksional (to get things done) dan interpersonal (bersosialisasi) yang menggunakan ragam bahasa lisan sangat sederhana secara akurat. : Bahasa Inggris : VII/1 : 16 : 2 x 45 menit Standar Kompetensi  Memahami makna dalam percakapan transaksional dan interpersonal sangat sederhana untuk berinteraksi dengan lingkungan terdekat  Mengungkapkan makna dalam percakapan transaksional dan interpersonal sangat sederhana untuk berinteraksi dengan lingkungan terdekat B.Rencana Pelaksanaan Pembelajaran Mata Pelajaran Kelas/Semester Pertemuan ke Alokasi Waktu A. Tujuan Pembelajaran  Siswa dapat merespon ungkapan meminta dan memberi informasi  Siswa dapat menggunakankan ungkapan meminta dan memberi informasi E. Rasa hormat dan perhatian ( respect ) 3. Dapat dipercaya ( Trustworthines) 2. Materi Pokok  Meminta dan memberi informasi Mis. lancar. dan berterima untuk berinteraksi dengan lingkungan terdekat yang melibatkan tindak tutur: meminta dan memberi informasi  Mengungkapkan makna dalam percakapan transaksional (to get things done) dan interpersonal (bersosialisasi) dengan menggunakan ragam bahasa lisan sangat sederhana secara akurat.

…. Guru Mata NIP. 37 . yang dipilih secara acak oleh guru  Kegiatan Akhir (10’)  Siswa mendapat feedback dari guru H. Langkah-langkah Kegiatan  Kegiatan Awal (10’)  Guru mengabsen siswa  Siswa menjawab pertanyaan guru mengenai letak ruangan-ruangan di sekolahnya  Kegiatan Inti (70’) Eksplorasi  Siswa membaca ungkapan yang digunakan untuk mendeskripsikan letak ruangan Elaborasi  Siswa membaca percakapan singkat tentang meminta dan memberi informasi tentang letak sebuah ruangan  Siswa berpasangan membicarakan letak ruangan berdasarkan peta yang diberikan  Siswa mendengarkan percakapan dan mengidentifikasi perbedaan informasi tersebut dengan percakapn yang tertera pada buku Konfirmasi  Siswa melaporkan ulang deskripsi mengenai sebuah sekolah  Siswa mendeskripsikan sekolahnya. …………………. Penilaian  Teknik: Unjuk kerja  Bentuk: Monologue Mengetahui Kepala Sekolah Pelajaran ______________________ __________________ NIP.G. Sumber/Bahan/Alat  Buku EOS 1  Kaset/CD  Tape Script dari EOS 1 I.

Indikator   D.Rencana Pelaksanaan Pembelajaran Mata Pelajaran Kelas/Semester Pertemuan ke Alokasi Waktu A. dan berterima  Merespon makna dalam percakapan transaksional (to get things done) dan interpersonal (bersosialisasi) yang menggunakan ragam bahasa lisan sangat sederhana secara akurat. Tekun ( diligence ) 4. Kompetensi Dasar  Mengungkapkan makna dalam percakapan transaksional (to get things done) dan interpersonal (bersosialisasi) dengan menggunakan ragam bahasa lisan sangat sederhana secara akurat. lancar. Rasa hormat dan perhatian ( respect ) 3. Dapat dipercaya ( Trustworthines) 2. lancar. Standar Kompetensi  Memahami makna dalam percakapan transaksional dan interpersonal sangat sederhana untuk berinteraksi dengan lingkungan terdekat  Mengungkapkan makna dalam percakapan transaksional dan interpersonal sangat sederhana untuk berinteraksi dengan lingkungan terdekat B. : Bahasa Inggris : VII/1 : 17 : 2 x 45 menit Merespon ungkapan meminta dan memberi informasi Menggunakankan ungkapan meminta dan memberi informasi Karakter yang dikembangkan 1. Tanggung jawab ( responsibility ) 5. lancar. Berani ( courage ) Tujuan Pembelajaran 38 . dan berterima untuk berinteraksi dengan lingkungan terdekat yang melibatkan tindak tutur: meminta dan memberi informasi  Mengungkapkan makna dalam percakapan transaksional (to get things done) dan interpersonal (bersosialisasi) dengan menggunakan ragam bahasa lisan sangat sederhana secara akurat. dan berterima untuk berinteraksi dengan lingkungan terdekat yang melibatkan tindak tutur: meminta dan memberi informasi C.

39 . Langkah-langkah Kegiatan Kegiatan Awal (10’)  Guru mengabsen siswa  Siswa mendengarkan kosa kata dan melafalkannya  Kegiatan Inti (70’) Eksplorasi  Siswa membaca jadwal pelajaran dan menjawab pertanyaannya Elaborasi  Siswa membuat jadwal pelajarannya  Siswa mendengarkan interview dan melengkapinya  Siswa melengkapi timetable berdasarkan percakapan yang didengarnya  Siswa melakukan tanya-jawab berdasarkan timetable yang tersedia Konfirmasi  Siswa melakukan tanya jawab mengenai jadwal mereka sehari-hari berpasangan  Kegiatan Akhir (10’)  Siswa mendapat pertanyaan mengenai jadwal mereka Sumber/Bahan/Alat  Buku EOS 1  Kaset/CD  Tape Script dari EOS 1 I.  H.….  Siswa dapat merespon ungkapan meminta dan memberi informasi Siswa dapat menggunakankan ungkapan meminta dan memberi informasi  Materi Pokok Meminta dan memberi informasi Mis. Metode Pembelajaran/Teknik: Three-phase technique G. Penilaian  Teknik: Tes lisan  Bentuk: Jawaban lisan/responding Mengetahui Kepala Sekolah Pelajaran ______________________ __________________ NIP. …………………. A: What subject do yoou have on Monday? B: I have Indonesian E. Guru Mata NIP. F.

dan berterima untuk berinteraksi dengan lingkungan terdekat yang melibatkan tindak tutur: meminta dan memberi informasi  Mengungkapkan makna dalam percakapan transaksional (to get things done) dan interpersonal (bersosialisasi) dengan menggunakan ragam bahasa lisan sangat sederhana secara akurat. Rasa hormat dan perhatian ( respect ) 3. dan berterima  Merespon makna dalam percakapan transaksional (to get things done) dan interpersonal (bersosialisasi) yang menggunakan ragam bahasa lisan sangat sederhana secara akurat. lancar. Tekun ( diligence ) 4. Indikator   Merespon ungkapan meminta dan memberi informasi Menggunakankan ungkapan meminta dan memberi informasi Karakter yang dikembangkan 1.Rencana Pelaksanaan Pembelajaran Mata Pelajaran Kelas/Semester Pertemuan ke Alokasi Waktu A. : Bahasa Inggris : VII/1 : 18 : 2 x 45 menit Standar Kompetensi  Memahami makna dalam percakapan transaksional dan interpersonal sangat sederhana untuk berinteraksi dengan lingkungan terdekat  Mengungkapkan makna dalam percakapan transaksional dan interpersonal sangat sederhana untuk berinteraksi dengan lingkungan terdekat B. lancar. Tanggung jawab ( responsibility ) 5. lancar. Dapat dipercaya ( Trustworthines) 2. dan berterima untuk berinteraksi dengan lingkungan terdekat yang melibatkan tindak tutur: meminta dan memberi informasi C. Berani ( courage ) D. Tujuan Pembelajaran  Siswa dapat merespon ungkapan meminta dan memberi informasi  Siswa dapat menggunakankan ungkapan meminta dan memberi informasi 40 . Kompetensi Dasar  Mengungkapkan makna dalam percakapan transaksional (to get things done) dan interpersonal (bersosialisasi) dengan menggunakan ragam bahasa lisan sangat sederhana secara akurat.

41 . Sumber/Bahan/Alat  Buku EOS 1  Kaset/CD  Tape Script dari EOS 1 I. G. A: What’s your favorite subject? B: I like English very much F. Materi Pokok  Meminta dan memberi informasi Mis.E. __________________ NIP.…. Metode Pembelajaran/Teknik: Three-phase technique Langkah-langkah Kegiatan  Kegiatan Awal (10’)  Guru mengabsen siswa  Siswa mendengarkan percakapan dan melengkapinya  Kegiatan Inti (70’) Eksplorasi  Siswa mempraktekkan percakapan  Siswa membaca ungkapan yang digunakan untuk menyatakan kesukaan atau sebaliknya Elaborasi  Siswa mendengarkan percakapan singkat dan mempraktekkannya  Siswa membuat dialog singkat berdasarkan clues yang diberikan Konfirmasi  Siswa melakukan polling mengenai pelajaran yang disukainya  Siswa melaporkan hasil pollingnya  Kegiatan Akhir (10’)  Siswa mendapat pertanyaan dari guru mengenai pelajran yang disukainya H. Penilaian  Teknik: Tes lisan  Bentuk: Jawaban lisan/responding Mengetahui Kepala Sekolah …………………. Guru Mata Pelajaran ______________________ NIP.

Standar Kompetensi  Memahami makna dalam percakapan transaksional dan interpersonal sangat sederhana untuk berinteraksi dengan lingkungan terdekat  Mengungkapkan makna dalam percakapan transaksional dan interpersonal sangat sederhana untuk berinteraksi dengan lingkungan terdekat B. dan berterima untuk berinteraksi dengan lingkungan terdekat yang melibatkan tindak tutur: meminta dan memberi informasi C. Berani ( courage ) Tujuan Pembelajaran  Siswa dapat merespon ungkapan meminta dan memberi informasi  Siswa dapat menggunakankan ungkapan meminta dan memberi informasi Materi Pokok 42 . dan berterima  Merespon makna dalam percakapan transaksional (to get things done) dan interpersonal (bersosialisasi) yang menggunakan ragam bahasa lisan sangat sederhana secara akurat. :Bahasa Inggris : VII/1 : 19 : 2 x 45 menit Merespon ungkapan meminta dan memberi informasi Menggunakankan ungkapan meminta dan memberi informasi Karakter yang dikembangkan 1. lancar. dan berterima untuk berinteraksi dengan lingkungan terdekat yang melibatkan tindak tutur: meminta dan memberi informasi  Mengungkapkan makna dalam percakapan transaksional (to get things done) dan interpersonal (bersosialisasi) dengan menggunakan ragam bahasa lisan sangat sederhana secara akurat. lancar. Dapat dipercaya ( Trustworthines) 2. Indikator   D.Rencana Pelaksanaan Pembelajaran Mata Pelajaran Kelas/Semester Pertemuan ke Alokasi Waktu A. Tanggung jawab ( responsibility ) 5. Rasa hormat dan perhatian ( respect ) 3. E. Tekun ( diligence ) 4. lancar. Kompetensi Dasar  Mengungkapkan makna dalam percakapan transaksional (to get things done) dan interpersonal (bersosialisasi) dengan menggunakan ragam bahasa lisan sangat sederhana secara akurat.

Guru Mata Pelajaran ______________________ NIP. __________________ NIP. Sumber/Bahan/Alat  Buku EOS 1  Kaset/CD  Tape Script dari EOS 1 I. Metode Pembelajaran/Teknik: Three-phase technique G.…. 43 . Langkah-langkah Kegiatan  Kegiatan Awal (10’)  Guru mengabsen siswa  Siswa menjawab pertanyaan guru mengenai kegiatan mereka sehari-hari  Kegiatan Inti (70’) Eksplorasi  Siswa mendengarkan percakapan dan melengkapinya  Siswa merubah percakapan menjadi teks tertulis Elaborasi  Siswa membuat kalimat berdasarkan gambar yang tersedia  Siswa berpasangan membicarakan kegiatan mereka sehari-hari  Siswa membaca penggunaan adverbs of frequency Konfirmasi  Siswa menyusun jumbled words menjadi kalimat yang baik  Kegiatan Akhir (10’)  Siswa mereview penggunaan adverbs of frequency H. A: Where do you go to school? B: I study in Cardigan School F. Penilaian  Teknik: Tes lisan  Bentuk: Jawaban lisan/responding Mengetahui Kepala Sekolah …………………. Meminta dan memberi informasi Mis.

dan berterima untuk berinteraksi dengan lingkungan terdekat yang melibatkan tindak tutur: meminta dan memberi informasi  Mengungkapkan makna dalam percakapan transaksional (to get things done) dan interpersonal (bersosialisasi) dengan menggunakan ragam bahasa lisan sangat sederhana secara akurat. 44 . dan berterima  Merespon makna dalam percakapan transaksional (to get things done) dan interpersonal (bersosialisasi) yang menggunakan ragam bahasa lisan sangat sederhana secara akurat. : Bahasa Inggris : VII/1 : 20 : 2 x 45 menit Standar Kompetensi  Memahami makna dalam percakapan transaksional dan interpersonal sangat sederhana untuk berinteraksi dengan lingkungan terdekat  Mengungkapkan makna dalam percakapan transaksional dan interpersonal sangat sederhana untuk berinteraksi dengan lingkungan terdekat B. lancar.Rencana Pelaksanaan Pembelajaran Mata Pelajaran Kelas/Semester Pertemuan ke Alokasi Waktu A.  Materi Pokok Adverbs of frequency I always listen to EOS. Berani ( courage ) Tujuan Pembelajaran  Siswa dapat merespon ungkapan meminta dan memberi informasi  Siswa dapat menggunakankan ungkapan meminta dan memberi informasi E. Kompetensi Dasar  Mengungkapkan makna dalam percakapan transaksional (to get things done) dan interpersonal (bersosialisasi) dengan menggunakan ragam bahasa lisan sangat sederhana secara akurat. Dapat dipercaya ( Trustworthines) 2. Merespon ungkapan meminta dan memberi informasi Menggunakankan ungkapan meminta dan memberi informasi Karakter yang dikembangkan 1. lancar. Tanggung jawab ( responsibility ) 5. dan berterima untuk berinteraksi dengan lingkungan terdekat yang melibatkan tindak tutur: meminta dan memberi informasi C. lancar. Tekun ( diligence ) 4. Indikator   D. Rasa hormat dan perhatian ( respect ) 3.

Guru Mata Pelajaran ______________________ NIP.We often go out with our friends.  H. Penilaian  Teknik: Tes tulis  Bentuk: teks deskripsi sederhana Mengetahui Kepala Sekolah …………………. F. __________________ NIP 45 . Langkah-langkah Kegiatan Kegiatan Awal (10’)  Guru mengabsen siswa  Siswa memberikan contoh-contoh kalimat yang menggunakan adverbs or frequency  Kegiatan Inti (70’) Eksplorasi  Siswa mendengarkan monologue dan mengidentifikasi frequency-nya  Siswa melakukan tanya-jawab berpasangan berdasarkan keterangan yang tertera di buku Elaborasi  Siswa melengkapi teks tentang frequency kegiatannya  Siswa menulis teks tentang frequency kegiatan temannya  Siswa menuliskannya di papan tulis Konfirmasi  Siswa mengevaluasi pekerjaan temannya  Kegiatan Akhir (10’)  Siswa menjawab pertanyaan dari guru tentang frekuensi kegiatannya Sumber/Bahan/Alat  Buku EOS 1  Kaset/CD  Tape Script dari EOS 1 I. He never drinks coffe.…. Metode Pembelajaran/Teknik: Three-phase technique G. They sometimes have dinner in a restaurant.

lancar. G. :Bahasa Inggris : VII/1 : 21 : 2 x 45 menit Standar Kompetensi  Memahami makna dalam percakapan transaksional dan interpersonal sangat sederhana untuk berinteraksi dengan lingkungan terdekat  Mengungkapkan makna dalam percakapan transaksional dan interpersonal sangat sederhana untuk berinteraksi dengan lingkungan terdekat B. lancar. Indikator   Merespon ungkapan meminta maaf Menggunakankan ungkapan meminta maaf D. lancar. Metode Pembelajaran/Teknik: Three-phase technique Langkah-langkah Kegiatan  Kegiatan Awal (10’)  Guru mengabsen siswa 46 . dan berterima untuk berinteraksi dengan lingkungan terdekat yang melibatkan tindak tutur: meminta maaf C. Kompetensi Dasar  Mengungkapkan makna dalam percakapan transaksional (to get things done) dan interpersonal (bersosialisasi) dengan menggunakan ragam bahasa lisan sangat sederhana secara akurat. I’m sorry for breaking your ruler F.Rencana Pelaksanaan Pembelajaran Mata Pelajaran Kelas/Semester Pertemuan ke Alokasi Waktu A. Materi Pokok  Meminta Maaf Mis. dan berterima  Merespon makna dalam percakapan transaksional (to get things done) dan interpersonal (bersosialisasi) yang menggunakan ragam bahasa lisan sangat sederhana secara akurat. Tujuan Pembelajaran  Siswa dapat merespon ungkapan meminta maaf  Siswa dapat menggunakankan ungkapan meminta maaf E. dan berterima untuk berinteraksi dengan lingkungan terdekat yang melibatkan tindak tutur: meminta maaf  Mengungkapkan makna dalam percakapan transaksional (to get things done) dan interpersonal (bersosialisasi) dengan menggunakan ragam bahasa lisan sangat sederhana secara akurat.

Sumber/Bahan/Alat  Buku EOS 1  Kaset/CD  Tape Script dari EOS 1 I. Siswa mendapat pertanyaan dari guru ungkapan apa saja yang digunakan untuk meminta maaf  Kegiatan Inti (70’) Eksplorasi  Siswa mendengarkan dan mempelajari dialog singkat tentang ungkapan meminta maaf Elaborasi  Siswa membaca ungkapan-ungkapan yang digunakan untuk meminta maaf  Siswa melengkapi dialog singkat dengan ungkapan yang tepat  Siswa membuat percakapan dengan menggunakan ungkapan meminta maaf Konfirmasi  Siswa melafalkan kosakata dan kalimat yang didengarnya  Siswa melakukan intonation game  Kegiatan Akhir (10’)  Siswa mendapat tugas dari guru untuk mencari informasi apa saja yang dibutuhkan untuk membuat kartu perpustakaan H. __________________ NIP. Rencana Pelaksanaan Pembelajaran Mata Pelajaran Kelas/Semester Pertemuan ke Alokasi Waktu :Bahasa Inggris : VII/1 : 22 : 2 x 45 menit 47 . Guru Mata Pelajaran ______________________ NIP.…. Penilaian  Teknik: Unjuk kerja Bentuk: Percakapan Mengetahui Kepala Sekolah ………………….

Rasa hormat dan perhatian ( respect ) 8. A: How can I get a library card?B: fill out this from F. lancar. Dapat dipercaya ( Trustworthines) 7. Tekun ( diligence ) 9. dan berterima untuk berinteraksi dengan lingkungan terdekat  Mengungkapkan makna tindak tutur dalam teks lisan fungsional pendek sangat sederhana secara akurat. dan berterima untuk berinteraksi dengan lingkungan terdekat  Mengungkapkan makna gagasan dalam teks lisan fungsional pendek sangat sederhana secara akurat. lancar.A. dan berterima untuk berinteraksi dengan lingkungan terdekat  Merespon makna gagasan yang terdapat dalam teks lisan fungsional pendek sangat sederhana secara akurat. Berani ( courage ) D. lancar. Standar Kompetensi  Memahami makna dalam teks lisan fungsional pendek sangat sederhana untuk berinteraksi dengan lingkungan terdekat  Mengungkapkan makna dalam teks lisan fungsional pendek sangat sederhana untuk berinteraksi dengan lingkungan terdekat B. Materi Pokok  Instruksi Mis. Tanggung jawab ( responsibility ) 10. lancar. Metode Pembelajaran/Teknik: Three-phase technique G. Kompetensi Dasar  Merespon makna tindak tutur yang terdapat dalam teks lisan fungsional pendek sangat sederhana secara akurat. Indikator    Merespons makna instruksi Mengidentifikasi informasi instruksi Memberi instruksi Karakter yang dikembangkan 6. dan berterima untuk berinteraksi dengan lingkungan terdekat C. Langkah-langkah Kegiatan  Kegiatan Awal (10’)  Guru mengabsen siswa  Siswa menyebutkan hal-hal yang diperlukan untuk membuat kartu perpustakaan 48 . Tujuan Pembelajaran  Siswa dapat merespon makna instruksi  Siswa mengidentifikasi informasi instruksi  Siswa dapat memberi instruksi E.

Rencana Pelaksanaan Pembelajaran Mata Pelajaran Kelas/Semester Pertemuan ke Alokasi Waktu :Bahasa Inggris : VII/1 : 23 : 2 x 45 menit 49 . Penilaian  Teknik: Unjuk kerja Bentuk: Percakapan Mengetahui Kepala Sekolah ………………….…. Kegiatan Inti (70’) Eksplorasi  Siswa mendengarkan percakapan dan melengkapinya Elaborasi  Siswa mediskusikan isi percakapan  Siswa menjawab pertanyaan mengenai percakapan tersebut  Siswa menyusun percakapan Konfirmasi  Siswa membuat percakapn yang menjelaskan prosedur pembuatan kartui perpustakaan  Siswa mendengarkan lagu dan melengkapinya  Kegiatan Akhir (10’)  Siswa bernyanyi bersama H. __________________ NIP. Guru Mata Pelajaran ______________________ NIP. Sumber/Bahan/Alat  Buku EOS 1  Kaset/CD  Tape Script dari EOS 1 I.

G. tekanan dan intonasi yang berterima yang berkaitan dengan lingkungan terdekat  Merespon makna yang terdapat dalam teks tulis fungsional pendek sangat sederhana secara akurat. Metode Pembelajaran/Teknik: Three-phase technique Langkah-langkah Kegiatan  Kegiatan Awal (10’)  Guru mengabsen siswa 50 . Standar Kompetensi  Memahami makna dalam teks tulis fungsional pendek sangat sederhana yang berkaitan dengan lingkungan terdekat  Mengungkapkan makna dalam teks tulis fungsional pendek sangat sederhana untuk berinteraksi dengan lingkungan terdekat B. How can I get a library card? F. Dapat dipercaya ( Trustworthines) 2. Rasa hormat dan perhatian ( respect ) 3. lancar dan berterima untuk berinteraksi dengan lingkungan terdekat  Mengungkapkan langkah retorika dalam teks tulis fungsional pendek sangat sederhana dengan menggunakan ragam bahasa tulis secara akurat. lancar dan berterima untuk berinteraksi dengan lingkungan terdekat C. lancar dan berterima yang berkaitan dengan lingkungan terdekat  Mengungkapkan makna gagasan dalam teks tulis fungsional pendek sangat sederhana dengan menggunakan ragam bahasa tulis secara akurat.A. Indikator    Membaca nyaring teks pengumuman Mengidentifikasi informasi pengumuman Membuat pengumuman Karakter yang dikembangkan 1. Kompetensi Dasar  Membaca nyaring bermakna kata. Tanggung jawab ( responsibility ) 5. frasa. Tujuan Pembelajaran  Siswa dapat membaca nyaring teks pengumuman  Siswa dapat mengidentifikasi informasi pengumuman  Siswa dapat nembuat pengumuman E. Tekun ( diligence ) 4. dan kalimat dengan ucapan. Berani ( courage ) D. Materi Pokok  Instruksi Mis.

Guru Mata Pelajaran ______________________ NIP. Sumber/Bahan/Alat  Buku EOS 1  Kaset/CD  Tape Script dari EOS 1 I. Rencana Pelaksanaan Pembelajaran 51 . Siswa menjawab pertanyaan guru mengenai pengumuman yang pernah mereka baca  Kegiatan Inti (70’) Eksplorasi  Siswa membaca nyaring pengumuman singkat  Siswa mendapat feedback mengenai intonasi bacaannya  Siswa menjawab pertanyaan mengenai pengumuman tersebut Elaborasi  Siswa melengkapi bagian pengumuman yang hilang  Siswa mengidentifikasi persamaan dan perbedaan jenis-jenis pengumuman  Siswa membuat kesimpulan mengenai bagian-bagian yang diperlukan untuk membuat pengumuman yang baik Konfirmasi  Siswa membuat pengumuman  Kegiatan Akhir (10’)  Siswa mendapat tugas mengerjakan latihan selanjutnya H. __________________ NIP. Penilaian  Teknik: Unjuk kerja Bentuk: Percakapan Mengetahui Kepala Sekolah ………………….….

Rasa hormat dan perhatian ( respect ) 3. Tanggung jawab ( responsibility ) 5. A: Who’s this? B: That’s my mother F. lancar. Metode Pembelajaran/Teknik: Three-phase technique G. :Bahasa Inggris : VII/1 : 24 : 2 x 45 menit Kompetensi Dasar  Merespon makna dalam percakapan transaksional (to get things done) dan interpersonal (bersosialisasi) yang menggunakan ragam bahasa lisan sangat sederhana secara akurat. Standar Kompetensi  Memahami makna dalam percakapan transaksional dan interpersonal sangat sederhana untuk berinteraksi dengan lingkungan terdekat  Mengungkapkan makna dalam percakapan transaksional dan interpersonal sangat sederhana untuk berinteraksi dengan lingkungan terdekat B. Berani ( courage ) D. dan berterima untuk berinteraksi dengan lingkungan terdekat yang melibatkan tindak tutur: meminta dan memberi informasi Indikator  Merespon ungkapan meminta dan memberi informasi  Menggunakan ungkapan meminta dan memberi informasi Karakter yang dikembangkan 1. Langkah-langkah Kegiatan  Kegiatan Awal (10’)  Guru mengabsen siswa  Siswa menyebutkan keluarga yang ada di rumahnya  Kegiatan Inti (70’) 52 . dan berterima untuk berinteraksi dengan lingkungan terdekat yang melibatkan tindak tutur: meminta dan memberi informasi  Mengungkapkan makna dalam percakapan transaksional (to get things done) dan interpersonal (bersosialisasi) dengan menggunakan ragam bahasa lisan sangat sederhana secara akurat.Mata Pelajaran Kelas/Semester Pertemuan ke Alokasi Waktu A. Materi Pokok Meminta dan memberi informasi Mis. Tekun ( diligence ) 4. lancar. Tujuan Pembelajaran  Siswa dapat merespon ungkapan meminta dan memberi informasi  Siswa dapat menggunakan ungkapan meminta dan memberi informasi E. C. Dapat dipercaya ( Trustworthines) 2.

Sumber/Bahan/Alat  Buku EOS 1  Kaset/CD  Tape Script dari EOS 1 I. Penilaian  Teknik: Tes tulis Bentuk: Latihan Mengetahui Kepala Sekolah ………………….….Eksplorasi  Siswa mendengarkan percakapan dan melengkapinya Elaborasi  Siswa mendiskusikan isi percakapan tersebut  Siswa mengidentifikasi perbedaan percakapan antara yang ada dibuku dan kaset  Siswa mengelompokkan nama-nama keluarga  Siswa mengisi puzzle Konfirmasi  Siswa mempelajari penggunaan possessives with apostrophe (‘) s  Siswa mengerjakan latihannya  Kegiatan Akhir (10’)  Siswa mereview penggunaan possessives with apostrophe (‘) s  Siswa mendapat tugas untuk membuat family tree H. __________________ NIP. Guru Mata Pelajaran ______________________ NIP. Rencana Pelaksanaan Pembelajaran 53 .

Berani ( courage ) D. Tekun ( diligence ) 4. Tanggung jawab ( responsibility ) 5. :Bahasa Inggris : VII/1 : 25 : 2 x 45 menit Standar Kompetensi  Memahami makna dalam percakapan transaksional dan interpersonal sangat sederhana untuk berinteraksi dengan lingkungan terdekat  Mengungkapkan makna dalam percakapan transaksional dan interpersonal sangat sederhana untuk berinteraksi dengan lingkungan terdekat B. dan berterima untuk berinteraksi dengan lingkungan terdekat yang melibatkan tindak tutur: meminta dan memberi informasi  Mengungkapkan makna dalam percakapan transaksional (to get things done) dan interpersonal (bersosialisasi) dengan menggunakan ragam bahasa lisan sangat sederhana secara akurat. dan berterima untuk berinteraksi dengan lingkungan terdekat yang melibatkan tindak tutur: meminta dan memberi informasi Indikator  Merespon ungkapan meminta dan memberi informasi  Menggunakan ungkapan meminta dan memberi informasi Karakter yang dikembangkan 1. lancar.Mata Pelajaran Kelas/Semester Pertemuan ke Alokasi Waktu A. Materi Pokok Meminta dan memberi informasi Mis. Tujuan Pembelajaran  Siswa dapat merespon ungkapan meminta dan memberi informasi  Siswa dapat menggunakan ungkapan meminta dan memberi informasi E. A: Who’s this? B: That’s my mother F.  Merespon makna dalam percakapan transaksional (to get things done) dan interpersonal (bersosialisasi) yang menggunakan ragam bahasa lisan sangat sederhana secara akurat. Metode Pembelajaran/Teknik: Three-phase technique G.  Langkah-langkah Kegiatan Kegiatan Awal (10’)  Guru mengabsen siswa  Siswa menyebutkan kembali nama-nama keluarga inti dan besar 54 . Rasa hormat dan perhatian ( respect ) 3. Kompetensi Dasar C. lancar. Dapat dipercaya ( Trustworthines) 2.

: Bahasa Inggris : VII/1 : 25 : 2 x 45 menit Standar Kompetensi 55 . __________________ NIP. Guru Mata Pelajaran ______________________ NIP. Penilaian  Teknik: Unjuk kerja Bentuk: Percakapan dan penjelasan family tree Mengetahui Kepala Sekolah …………………. Rencana Pelaksanaan Pembelajaran Mata Pelajaran Kelas/Semester Pertemuan ke Alokasi Waktu A.H.  Kegiatan Inti (60’) Eksplorasi  Siswa mendengarkan monolog dan melengkapi family tree yang ada pada buku teks Elaborasi  Siswa mendengarkan teks berikutnya dan melengkapi tabel  Siswa berkelompok menjelaskan family tree yang mereka buat  Siswa mendengarkan percakapan berikutnya dan melengkapinya Konfirmasi  Siswa memberi label berdasarkan percakapan yang didengarnya  Siswa memberi label pada tiap gambar  Kegiatan Akhir (20’)  Siswa bermain guessing games berkelompok Sumber/Bahan/Alat  Buku EOS 1  Kaset/CD  Tape Script dari EOS 1 I.….

 Memahami makna dalam percakapan transaksional dan interpersonal sangat sederhana untuk berinteraksi dengan lingkungan terdekat  Mengungkapkan makna dalam percakapan transaksional dan interpersonal sangat sederhana untuk berinteraksi dengan lingkungan terdekat B. Tujuan Pembelajaran  Siswa dapat merespon ungkapan meminta dan memberi informasi  Siswa dapat menggunakan ungkapan meminta dan memberi informasi E. Kompetensi Dasar C. lancar.   Langkah-langkah Kegiatan Kegiatan Awal (10’)  Guru mengabsen siswa  Siswa menyebutkan kembali nama-nama keluarga inti dan besar Kegiatan Inti (60’) Eksplorasi  Siswa mendengarkan monolog dan melengkapi family tree yang ada pada buku teks  Siswa mendengarkan teks berikutnya dan melengkapi tabel Elaborasi  Siswa berkelompok menjelaskan family tree yang mereka buat 56 . Dapat dipercaya ( Trustworthines) 2. dan berterima untuk berinteraksi dengan lingkungan terdekat yang melibatkan tindak tutur: meminta dan memberi informasi Indikator  Merespon ungkapan meminta dan memberi informasi  Menggunakan ungkapan meminta dan memberi informasi Karakter yang dikembangkan 1. Berani ( courage ) D. Metode Pembelajaran/Teknik: Three-phase technique G. Tanggung jawab ( responsibility ) 5.  Merespon makna dalam percakapan transaksional (to get things done) dan interpersonal (bersosialisasi) yang menggunakan ragam bahasa lisan sangat sederhana secara akurat. Materi Pokok Meminta dan memberi informasi Mis. A: Who’s this? B: That’s my mother F. dan berterima untuk berinteraksi dengan lingkungan terdekat yang melibatkan tindak tutur: meminta dan memberi informasi  Mengungkapkan makna dalam percakapan transaksional (to get things done) dan interpersonal (bersosialisasi) dengan menggunakan ragam bahasa lisan sangat sederhana secara akurat. Tekun ( diligence ) 4. lancar. Rasa hormat dan perhatian ( respect ) 3.

Kompetensi Dasar  Merespon makna dalam percakapan transaksional (to get things done) dan interpersonal (bersosialisasi) yang menggunakan ragam bahasa lisan sangat sederhana secara akurat.….  Siswa mendengarkan percakapan berikutnya dan melengkapinya Konfirmasi Siswa memberi label berdasarkan percakapan yang didengarnya Kegiatan Akhir (20’)  Siswa memberi label pada tiap gambar  H. Guru Mata Pelajaran ______________________ NIP. dan berterima untuk 57 . Sumber/Bahan/Alat  Buku EOS 1  Kaset/CD  Tape Script dari EOS 1 I. lancar. Penilaian  Teknik: Unjuk kerja Bentuk: Percakapan dan penjelasan family tree Mengetahui Kepala Sekolah …………………. :Bahasa Inggris : VII/1 : 26 : 2 x 45 menit Standar Kompetensi  Memahami makna dalam percakapan transaksional dan interpersonal sangat sederhana untuk berinteraksi dengan lingkungan terdekat  Mengungkapkan makna dalam percakapan transaksional dan interpersonal sangat sederhana untuk berinteraksi dengan lingkungan terdekat B. __________________ NIP. Rencana Pelaksanaan Pembelajaran Mata Pelajaran Kelas/Semester Pertemuan ke Alokasi Waktu A.

Dapat dipercaya ( Trustworthines) 2. lancar.   Langkah-langkah Kegiatan Kegiatan Awal (10’)  Guru mengabsen siswa  Siswa menebak nama pekerjaan yangn dideskripsikan oleh guru Kegiatan Inti (60’) Eksplorasi  Siswa melakukan guessing game tentang jenis-jenis pekerjaan  Siswa mempelajari model percakapan dan mempraktekkannya Elaborasi  Siswa membuat dialog singkat berdasarkan situasi yang tersedia  Siswa memasangkan pekerjaan dengan temapat dan tanggung jawabnya  Siswa mendengarkan percakapan berikutnya dan mempraktekkannya dengan temannya Konfirmasi  Siswa membuat dialog singkat berdasarkan gambar yang tersedia  Siswa melakukan survey kelas tentang pekerjaan orang tua mereka  Kegiatan Akhir (20’)  Siswa melaporkan survey yang dilakukan 58 . Tujuan Pembelajaran  Siswa dapat merespon ungkapan meminta dan memberi informasi  Siswa dapat menggunakan ungkapan meminta dan memberi informasi E. A: What does she do? B: a civil servant F. Tekun ( diligence ) 4.berinteraksi dengan lingkungan terdekat yang melibatkan tindak tutur: meminta dan memberi informasi  C. dan berterima untuk berinteraksi dengan lingkungan terdekat yang melibatkan tindak tutur: meminta dan memberi informasi Indikator  Merespon ungkapan meminta dan memberi informasi  Menggunakan ungkapan meminta dan memberi informasi Karakter yang dikembangkan 1. Tanggung jawab ( responsibility ) 5. Metode Pembelajaran/Teknik: Three-phase technique G. Mengungkapkan makna dalam percakapan transaksional (to get things done) dan interpersonal (bersosialisasi) dengan menggunakan ragam bahasa lisan sangat sederhana secara akurat. Materi Pokok Meminta dan memberi informasi Mis. Berani ( courage ) D. Rasa hormat dan perhatian ( respect ) 3.

:Bahasa Inggris : VII/1 : 27 : 2 x 45 menit Standar Kompetensi  Memahami makna dalam percakapan transaksional dan interpersonal sangat sederhana untuk berinteraksi dengan lingkungan terdekat  Mengungkapkan makna dalam percakapan transaksional dan interpersonal sangat sederhana untuk berinteraksi dengan lingkungan terdekat B. Penilaian  Teknik: Unjuk kerja Bentuk: Percakapan dan laporan survey Mengetahui Kepala Sekolah ………………….H. Sumber/Bahan/Alat  Buku EOS 1  Kaset/CD  Tape Script dari EOS 1 I. dan berterima untuk berinteraksi dengan lingkungan terdekat yang melibatkan tindak tutur: meminta dan memberi informasi  Mengungkapkan makna dalam percakapan transaksional (to get things done) dan interpersonal (bersosialisasi) dengan menggunakan ragam bahasa lisan sangat sederhana secara akurat. lancar. dan berterima untuk berinteraksi dengan lingkungan terdekat yang melibatkan tindak tutur: meminta dan memberi informasi 59 . __________________ NIP.…. Rencana Pelaksanaan Pembelajaran Mata Pelajaran Kelas/Semester Pertemuan ke Alokasi Waktu A. Guru Mata Pelajaran ______________________ NIP. lancar. Kompetensi Dasar  Merespon makna dalam percakapan transaksional (to get things done) dan interpersonal (bersosialisasi) yang menggunakan ragam bahasa lisan sangat sederhana secara akurat.

Berani ( courage ) D. Sumber/Bahan/Alat  Buku EOS 1  Kaset/CD  Tape Script dari EOS 1 I. Indikator  Merespon ungkapan meminta dan memberi informasi  Menggunakan ungkapan meminta dan memberi informasi Karakter yang dikembangkan 1. Tujuan Pembelajaran  Siswa dapat merespon ungkapan meminta dan memberi informasi  Siswa dapat menggunakan ungkapan meminta dan memberi informasi Materi Pokok Meminta dan memberi informasi Mis. E. Dapat dipercaya ( Trustworthines) 2.C. F. Penilaian  Teknik: Unjuk kerja Bentuk: Percakapan dan laporan survey 60 . Tanggung jawab ( responsibility ) 5. Tekun ( diligence ) 4. Rasa hormat dan perhatian ( respect ) 3. G. A: Where’s the kitchen? B: the kitchen is on the left side Metode Pembelajaran/Teknik: Three-phase technique Langkah-langkah Kegiatan  Kegiatan Awal (10’)  Guru mengabsen siswa  Siswa menyebutkan ruangan yang ada pada tiap rumah  Kegiatan Inti (70’) Eksplorasi  Siswa mendengarkan percakapan dan melengkapinya  Siswa mengidentifikasi percakapan tersebut Elaborasi  Siswa memasangkan nama ruangan dengan deskripsinya  Siswa memberi label pada tiap ruangan  Siswa melakukan guessing game tentang ruangan  Siswa mempelajari penggunaan present continuous Konfirmasi  Siswa mengerjakan latihannya  Kegiatan Akhir (10’)  Siswa mereview penggunaan present continuous H.

dan berterima untuk berinteraksi dengan lingkungan terdekat  Mengungkapkan makna gagasan dalam teks lisan fungsional pendek sangat sederhana secara akurat. Rencana Pelaksanaan Pembelajaran Mata Pelajaran Kelas/Semester Pertemuan ke Alokasi Waktu A. lancar. :Bahasa Inggris : VII/1 : 28 : 2 x 45 menit Standar Kompetensi  Memahami makna dalam teks lisan fungsional pendek sangat sederhana untuk berinteraksi dengan lingkungan terdekat  Mengungkapkan makna dalam teks lisan fungsional pendek sangat sederhana untuk berinteraksi dengan lingkungan terdekat Kompetensi Dasar  Merespon makna tindak tutur yang terdapat dalam teks lisan fungsional pendek sangat sederhana secara akurat. dan berterima untuk berinteraksi dengan lingkungan terdekat Indikator    Merespon makna daftar barang/benda (shopping list) Mengidentifikasi informasi suatu daftar barang/benda (shopping list) Menyebutkan daftar barang/benda shopping list Karakter yang dikembangkan 61 . __________________ NIP. dan berterima untuk berinteraksi dengan lingkungan terdekat  Merespon makna gagasan yang terdapat dalam teks lisan fungsional pendek sangat sederhana secara akurat. lancar. dan berterima untuk berinteraksi dengan lingkungan terdekat  Mengungkapkan makna tindak tutur dalam teks lisan fungsional pendek sangat sederhana secara akurat. B.…. Guru Mata Pelajaran ______________________ NIP. lancar.Mengetahui Kepala Sekolah …………………. C. lancar.

Langkah-langkah Kegiatan Kegiatan Awal (10’)  Guru mengabsen siswa  Siswa mereview kembali penggunaan present continuous  H. E. D. 3. 5. 2.  Kegiatan Inti (70’) Eksplorasi  Siswa menulis kalimat menggunakan present continuous berdasarkan gambar yang tertera  Siswa melakukan latihan berikutnya Elaborasi  Siswa bermain mime game  Siswa mendengarkan dan melafalkan kosakata  Siswa mendengarkan percakapan dan mengidentifikasi perbedaan yang ada di kaset dan di buku Konfirmasi  Siswa membaca percakapan sebelumnya dan mengidentifikasi list yang tersirat  Kegiatan Akhir (10’)  Siswa membuat shopping list berdasarkan situasi yang diberikan oleh guru Sumber/Bahan/Alat  Buku EOS 1  Kaset/CD  Tape Script dari EOS 1 I. Penilaian  Teknik: Tes lisan  Bentuk: Menyebutkan shopping list 62 .1. Dapat dipercaya ( Trustworthines) Rasa hormat dan perhatian ( respect ) Tekun ( diligence ) Tanggung jawab ( responsibility ) Berani ( courage ) Tujuan Pembelajaran  Siswa dapat merespon makna daftar barang/benda (shopping list)  Siswa dapat mengidentifikasi informasi suatu daftar barang/benda (shopping list)  Siswa dapat menyebutkan daftar barang/benda shopping list Materi Pokok Daftar barang/benda (shopping list) F. Metode Pembelajaran/Teknik: Three-phase technique G. 4.

…. C. B. dan berterima  Mengungkapkan makna dalam percakapan transaksional (to get things done) dan interpersonal (bersosialisasi) dengan menggunakan ragam bahasa lisan sangat sederhana secara akurat. lancar. :Bahasa Inggris : VII/1 : 29 : 2 x 45 menit Standar Kompetensi  Memahami makna dalam percakapan transaksional dan interpersonal sangat sederhana untuk berinteraksi dengan lingkungan terdekat  Mengungkapkan makna dalam percakapan transaksional dan interpersonal sangat sederhana untuk berinteraksi dengan lingkungan terdekat Kompetensi Dasar  Merespon makna dalam percakapan transaksional (to get things done) dan interpersonal (bersosialisasi) yang menggunakan ragam bahasa lisan sangat sederhana secara akurat. __________________ NIP.Mengetahui Kepala Sekolah …………………. lancar. dan berterima untuk berinteraksi dengan lingkungan terdekat yang melibatkan tindak tutur: mengucapkan terima kasih  Mengungkapkan makna dalam percakapan transaksional (to get things done) dan interpersonal (bersosialisasi) dengan menggunakan ragam bahasa lisan sangat sederhana secara akurat. Rencana Pelaksanaan Pembelajaran Mata Pelajaran Kelas/Semester Pertemuan ke Alokasi Waktu A. Guru Mata Pelajaran ______________________ NIP. lancar. dan berterima untuk berinteraksi dengan lingkungan terdekat yang melibatkan tindak tutur: mengucapkan terima kasih Indikator  Merespon ungkapan mengucapkan terima kasih 63 .

E. Metode Pembelajaran/Teknik: Three-phase technique Langkah-langkah Kegiatan  Kegiatan Awal (10’)  Guru mengabsen siswa  Siswa mendapat pertanyaan dari guru ungkapan apa saja yang digunakan untuk berterima kasih  Kegiatan Inti (70’) Eksplorasi  Siswa mendengarkan percakapan singkat dan mempraktekkannya  Siswa membaca ungkapan-ungkapan untuk berterima kasih Elaborasi  Siswa memasangkan pertanyaan dengan ungkapan berterima kasih yang tepat  Siswa berpasangan membuat percakapan berdasarkan situasi yang ada  Siswa dipilih secara acak untuk mempraktekkannya Konfirmasi  Siswa melafalkan kosa-kata dan kalimat yang didengarnya  Kegiatan Akhir (10’)  Siswa mereview pelajaran pada pertemuan ini H. A: Excuse me. next to the teacher’s office A: Thank you very much. Tekun ( diligence ) 4. D. G. Tanggung jawab ( responsibility ) 5. Penilaian  Teknik: Unjuk kerja Bentuk: Percakapan 64 . where’s the principal’s office? B: It’s over there. Dapat dipercaya ( Trustworthines) 2. Menggunakan ungkapan mengucapkan terima kasih Karakter yang dikembangkan 1. Rasa hormat dan perhatian ( respect ) 3. Sumber/Bahan/Alat  Buku EOS 1  Kaset/CD  Tape Script dari EOS 1 I. Berani ( courage ) Tujuan Pembelajaran  Siswa dapat merespon ungkapan mengucapkan terima kasih  Siswa dapat menggunakan ungkapan mengucapkan terima kasih Materi Pokok Mengucapkan terima kasih Mis. F.

Guru Mata Pelajaran ______________________ NIP. Rencana Pelaksanaan Pembelajaran Mata Pelajaran Kelas/Semester Pertemuan ke Alokasi Waktu A. lancar. lancar.…. lancar. dan berterima untuk berinteraksi dengan lingkungan terdekat Indikator  Merespon percakapan lewat telephone 65 . dan berterima untuk berinteraksi dengan lingkungan terdekat  Merespon makna gagasan yang terdapat dalam teks lisan fungsional pendek sangat sederhana secara akurat. lancar. dan berterima untuk berinteraksi dengan lingkungan terdekat  Mengungkapkan makna gagasan dalam teks lisan fungsional pendek sangat sederhana secara akurat.Mengetahui Kepala Sekolah …………………. : Bahasa Inggris : VII/1 : 30 : 2 x 45 menit Standar Kompetensi  Memahami makna dalam teks lisan fungsional pendek sangat sederhana untuk berinteraksi dengan lingkungan terdekat  Mengungkapkan makna dalam teks lisan fungsional pendek sangat sederhana untuk berinteraksi dengan lingkungan terdekat Kompetensi Dasar  Merespon makna tindak tutur yang terdapat dalam teks lisan fungsional pendek sangat sederhana secara akurat. dan berterima untuk berinteraksi dengan lingkungan terdekat  Mengungkapkan makna tindak tutur dalam teks lisan fungsional pendek sangat sederhana secara akurat. B. __________________ NIP. C.

Guru Mata Pelajaran 66 . Tujuan Pembelajaran  Siswa dapat merespon percakapan lewat telephone  Siswa dapat bercakap menggunakan telephone E. Tanggung jawab ( responsibility ) 5. Bercakap menggunakan telephone Karakter yang dikembangkan 1. Materi Pokok Percakapan melalui telephone F. Sumber/Bahan/Alat  Buku EOS 1  Kaset/CD  Tape Script dari EOS 1 I. Metode Pembelajaran/Teknik: Three-phase technique G. Dapat dipercaya ( Trustworthines) 2. Penilaian  Teknik: Unjuk kerja  Bentuk: Percakapan Mengetahui Kepala Sekolah …………………. Rasa hormat dan perhatian ( respect ) 3. Langkah-langkah Kegiatan  Kegiatan Awal (10’)  Guru mengabsen siswa  Siswa mendapat pertanyaan dari guru ungkapan yang digunakan untuk membuka dan menutup percakapan melalui telephone  Kegiatan Inti (70’) Eksplorasi  Siswa mendengarkan percakapan dan melengkapinya dengan kata yang tertera Elaborasi  Siswa mendiskusikan percakapan tersebut  Siswa dipilih secara acak untuk mempraktekkannya  Siswa berpasangan melengkapi percakapan selanjutnya Konfirmasi  Siswa membuat percakapan dan mempraktekkannya di depan kelas  Siswa mendengarkan lagu dan menyusun lirik  Kegiatan Akhir (10’)  Siswa bernyanyi bersama H. Tekun ( diligence ) 4. Berani ( courage ) D.….

lancar dan berterima yang berkaitan dengan lingkungan terdekat  Mengungkapkan makna gagasan dalam teks tulis fungsional pendek sangat sederhana dengan menggunakan ragam bahasa tulis secara akurat. Berani ( courage ) Tujuan Pembelajaran  Siswa dapat membaca nyaring teks deskripsi sederhana  Siswa dapat mengidentifikasi informasi teks deskripsi sederhana  Siswa dapat menulis teks deskripsi sederhana 67 . lancar dan berterima untuk berinteraksi dengan lingkungan terdekat  Mengungkapkan langkah retorika dalam teks tulis fungsional pendek sangat sederhana dengan menggunakan ragam bahasa tulis secara akurat. B. Tekun ( diligence ) 4. : Bahasa Inggris : VII/1 : 31 : 2 x 45 menit Membaca nyaring teks deskripsi sederhana Mengidentifikasi informasi teks deskripsi sederhana Menulis teks deskripsi sederhana Karakter yang dikembangkan 1. NIP. tekanan dan intonasi yang berterima yang berkaitan dengan lingkungan terdekat  Merespon makna yang terdapat dalam teks tulis fungsional pendek sangat sederhana secara akurat. Rencana Pelaksanaan Pembelajaran Mata Pelajaran Kelas/Semester Pertemuan ke Alokasi Waktu A. Standar Kompetensi  Memahami makna dalam teks tulis fungsional pendek sangat sederhana yang berkaitan dengan lingkungan terdekat  Mengungkapkan makna dalam teks tulis fungsional pendek sangat sederhana untuk berinteraksi dengan lingkungan terdekat Kompetensi Dasar  Membaca nyaring bermakna kata. dan kalimat dengan ucapan. Tanggung jawab ( responsibility ) 5. Rasa hormat dan perhatian ( respect ) 3.______________________ __________________ NIP. frasa. Dapat dipercaya ( Trustworthines) 2. lancar dan berterima untuk berinteraksi dengan lingkungan terdekat Indikator    D. C.

E. Materi Pokok Teks deskripsi sederhana F. Sumber/Bahan/Alat  Buku EOS 1  Kaset/CD  Tape Script dari EOS 1 I. 68 . Penilaian  Teknik: Tes tertulis  Bentuk: Membuat kalimat menggunakan Simple Present dan Present Continuous Mengetahui Kepala Sekolah …………………. Langkah-langkah Kegiatan  Kegiatan Awal (10’)  Guru mengabsen siswa  Siswa menyebutkan macam-macam pekerjaan dan memberikan deskripsi singkat  Kegiatan Inti (70’) Eksplorasi  Siswa membaca nyaring teks deskripsi  Siswa mengidentifikasi informasi teks tersebut Elaborasi  Siswa mengidentifikasi Simple Present dan Present Continuous dari teks tersebut  Siswa mempelajari perbedaan Simple Present dan Present Continuous Konfirmasi  Siswa mengerjakan latihannya  Kegiatan Akhir (10’)  Siswa mereview perbedaan Simple Present dan Present Continuous H. Guru Mata Pelajaran ______________________ NIP. Metode Pembelajaran/Teknik: Three-phase technique G.…. __________________ NIP.

B. Tekun ( diligence ) 4. C. Standar Kompetensi  Memahami makna dalam teks tulis fungsional pendek sangat sederhana yang berkaitan dengan lingkungan terdekat  Mengungkapkan makna dalam teks tulis fungsional pendek sangat sederhana untuk berinteraksi dengan lingkungan terdekat Kompetensi Dasar  Membaca nyaring bermakna kata. : Bahasa Inggris : VII/1 : 32 : 2 x 45 menit Membaca nyaring shopping list. frasa. Tanggung jawab ( responsibility ) 5. tekanan dan intonasi yang berterima yang berkaitan dengan lingkungan terdekat  Merespon makna yang terdapat dalam teks tulis fungsional pendek sangat sederhana secara akurat.Rencana Pelaksanaan Pembelajaran Mata Pelajaran Kelas/Semester Pertemuan ke Alokasi Waktu A. email dan post card sederhana Karakter yang dikembangkan 1. surat. Dapat dipercaya ( Trustworthines) 2. surat. Berani ( courage ) Tujuan Pembelajaran 69 . Rasa hormat dan perhatian ( respect ) 3. email dan postcard Membuat shopping list Menulis surat. lancar dan berterima yang berkaitan dengan lingkungan terdekat  Mengungkapkan makna gagasan dalam teks tulis fungsional pendek sangat sederhana dengan menggunakan ragam bahasa tulis secara akurat. dan kalimat dengan ucapan. email dan postcard Mengidentifikasi informasi shopping list. lancar dan berterima untuk berinteraksi dengan lingkungan terdekat Indikator     D. lancar dan berterima untuk berinteraksi dengan lingkungan terdekat  Mengungkapkan langkah retorika dalam teks tulis fungsional pendek sangat sederhana dengan menggunakan ragam bahasa tulis secara akurat.

postcard atau surat sederhana Mengetahui Kepala Sekolah …………………. email dan post card sederhana E. email dan postcard Siswa dapat membuat shopping list Siswa dapat menulis surat. surat. postcard dan surat sederhana Konfirmasi  Siswa menulis sebuah email. surat. Materi Pokok Shopping list. Guru Mata Pelajaran 70 . Sumber/Bahan/Alat  Buku EOS 1  Kaset/CD  Tape Script dari EOS 1 I. Metode Pembelajaran/Teknik: Three-phase technique G. Langkah-langkah Kegiatan  Kegiatan Awal (10’)  Guru mengabsen siswa  Siswa memberi label pada gambar  Kegiatan Inti (70’) Eksplorasi  Siswa membaca nyaring shopping list  Siswa mengidentifikasi informasi shopping list tersebut Elaborasi  Siswa membuat shopping list  Siswa membaca surat sederhana dan melengkapi family tree berdasarkan surat tersebut  Siswa membuat family tree tersebut  Siswa mengidentifikasi perbedaan email. email dan postcard Siswa dapat mengidentifikasi informasi shopping list.    Siswa dapat membaca nyaring shopping list. Penilaian  Teknik: Tes tertulis Bentuk: menulis sebuah email. postcard atau surat sederhana  Kegiatan Akhir (10’)  Siswa mendapat feedback dari guru  Siswa mendapat tugas mengerjakan latihan berikutnya H. email dan postcard F.…. surat.

71 . __________________ NIP.______________________ NIP.

Standar Kompetensi  Memahami makna dalam teks lisan fungsional dan monolog pendek sangat sederhana yang berbentuk descriptive dan procedure untuk berinteraksi dengan lingkungan terdekat 72 .RPP Rencana Pelaksanaan Pembelajaran EOS English on Sky 1 Semester 2 Rencana Pelaksanaan Pembelajaran Mata Pelajaran Kelas/Semester Pertemuan ke Alokasi Waktu : Bahasa Inggris : VII/2 :1 : 2 x 45 menit A.

Indikator     Merespon teks deskriptif Mendeskripsikan sesuatu Merespon secara interpersonal Menggunakan ungkapan merespon secara interpersonal Karakter yang dikembangkan 6. Mengungkapkan makna dalam teks lisan fungsional dan monolog pendek sangat sederhana berbentuk descriptive dan procedure untuk berinteraksi dengan lingkungan terdekat  Memahami makna dalam percakapan transaksional dan interpersonal sangat sederhana untuk berinteraksi dengan lingkungan terdekat  Mengungkapkan makna dalam percakapan transaksional dan interpersonal sangat sederhana untuk berinteraksi dengan lingkungan terdekat B. dan berterima untuk berinteraksi dengan lingkungan terdekat dalam teks berbentuk descriptive  Mengungkapkan makna dalam monolog pendek sangat sederhana dengan menggunakan ragam bahasa lisan secara akurat. dan berterima untuk berinteraksi dengan lingkungan terdekat yang melibatkan tindak tutur: merespon secara interpersonal  Mengungkapkan makna dalam percakapan transaksional (to get things done) dan interpersonal (bersosialisasi) sangat sederhana dengan menggunakan ragam bahasa lisan secara akurat. dan berterima untuk berinteraksi dengan lingkungan terdekat dalam teks berbentuk descriptive  Merespon makna dalam percakapan transaksional (to get things done) dan interpersonal (bersosialisasi) sangat sederhana secara akurat. lancar. lancar. lancar. lancar. Dapat dipercaya ( Trustworthines) 7.Tujuan Pembelajaran  Siswa dapat merespon teks descriptive 73 . Berani ( courage ) D. Tanggung jawab ( responsibility ) 10. Kompetensi Dasar  Merespon makna yang terdapat dalam monolog sangat sederhana secara akurat. Rasa hormat dan perhatian ( respect ) 8. Tekun ( diligence ) 9. dan berterima untuk berinteraksi dengan lingkungan terdekat yang melibatkan tindak tutur: merespon secara interpersonal C.

Penilaian  Teknik: Tes lisan  Bentuk: Menjawab pertanyaan Mengetahui Kepala Sekolah …………………. Siswa dapat mendskripsikan sesuatu E. Metode Pembelajaran/Teknik: Three-phase technique G. A: What does it look like?B: It’s nice. And now with Tigor B: Are you a clock? A: Yes. Materi Pokok Deskripsi sesuatu Mis. that’s right Respon secara interpersonal Mis.big and clean F. Um.…. guys.Langkah-langkah Kegiatan  Kegiatan Awal (10’)  Guru mengabsen siswa dan menanyakan kabar mereka  Siswa mendapat pertanyaan tentang bentuk ruang kelas mereka  Kegiatan Inti (70’) Eksplorasi  Siswa mendengarkan percakapan dan melengkapinya Elaborasi  Siswa mendiskusikan isi percakapan  Siswa melengkapi percakapan dan mempraktekkan dengan temannya  Siswa memasangkan gambar dengan namanya  Siswa mengidentifikasi makna dari beberapa kata  Siswa bermain vocabulary game Konfirmasi  Siswa membaca model dialog singkat dan mempraktekkannya  Siswa membuat dialog singkat berdasarkan gambar dan keterangan yang diberikan  Kegiatan Akhir (10’)  Siswa menebak nama benda yang dideskripsikan oleh gurunya H. A: Hi.. Guru Mata Pelajaran 74 . Today I’m visiting Nusantara Junior High School.Sumber/Bahan/Alat  Buku EOS 1  Kaset/CD  Tape Script dari EOS 1 I.

:Bahasa Inggris : VII/2 :2 : 2 x 45 menit Merespon teks descriptive Mendeskripsikan sesuatu Karakter yang dikembangkan 1. Rasa hormat dan perhatian ( respect ) 3. Dapat dipercaya ( Trustworthines) 2. dan berterima untuk berinteraksi dengan lingkungan terdekat dalam teks berbentuk descriptive  Mengungkapkan makna dalam monolog pendek sangat sederhana dengan menggunakan ragam bahasa lisan secara akurat. Tanggung jawab ( responsibility ) 5. Tekun ( diligence ) 4. __________________ NIP. Standar Kompetensi  Memahami makna dalam teks lisan fungsional dan monolog pendek sangat sederhana yang berbentuk descriptive dan procedure untuk berinteraksi dengan lingkungan terdekat  Mengungkapkan makna dalam teks lisan fungsional dan monolog pendek sangat sederhana berbentuk descriptive dan procedure untuk berinteraksi dengan lingkungan terdekat B. Indikator   D. Rencana Pelaksanaan Pembelajaran Mata Pelajaran Kelas/Semester Pertemuan ke Alokasi Waktu A. lancar. lancar. Kompetensi Dasar  Merespon makna yang terdapat dalam monolog sangat sederhana secara akurat. Berani ( courage ) Tujuan Pembelajaran  Siswa dapat merespon teks descriptive 75 .______________________ NIP. dan berterima untuk berinteraksi dengan lingkungan terdekat dalam teks berbentuk descriptive C.

I have numbers B: Are you a clock? A: Yes. A: I’m round. Siswa dapat mendeskripsikan sesuatu E.…. Sumber/Bahan/Alat  Buku EOS 1  Kaset/CD  Tape Script dari EOS 1 I. Metode Pembelajaran/Teknik: Three-phase technique G. Penilaian  Teknik: Tes tertulis Bentuk: Melengkapi percakapan Mengetahui Kepala Sekolah …………………. Materi Pokok Deskripsi sesuatu Mis. Guru Mata Pelajaran 76 . Langkah-langkah Kegiatan  Kegiatan Awal (10’)  Guru mengabsen siswa dan menanyakan kabar mereka  Siswa mendeskripsikan benda yang ditujuk oleh gurunya  Kegiatan Inti (70’) Eksplorasi  Siswa mendengarkan model dialog singkat dan mempraktekkannya  Siswa membuat dialog singkat dengan menyusun kata-kata yang tersedia  Siswa mendengarkan dialog singkat dan mempraktekkannya Elaborasi  Siswa berlatih membuat dialog singkat  Siswa membaca bagian-bagian dari sebuah tas  Siswa mendengarkan teks dan melengkapinya Konfirmasi  Siswa melafalkan kosakata yang didengarnya  Siswa mendapat feedback dari guru  Kegiatan Akhir (10’)  Siswa mereview pelajaran pada pertemuan ini H. that’s right F.

dan berterima untuk berinteraksi dengan lingkungan terdekat yang melibatkan tindak tutur: meminta dan memberi barang  Mengungkapkan makna dalam percakapan transaksional (to get things done) dan interpersonal (bersosialisasi) sangat sederhana dengan menggunakan ragam bahasa lisan secara akurat. :Bahasa Inggris : VII/2 :3 : 2 x 45 menit Standar Kompetensi  Memahami makna dalam teks lisan fungsional dan monolog pendek sangat sederhana yang berbentuk descriptive dan procedure untuk berinteraksi dengan lingkungan terdekat  Mengungkapkan makna dalam teks lisan fungsional dan monolog pendek sangat sederhana berbentuk descriptive dan procedure untuk berinteraksi dengan lingkungan terdekat  Memahami makna dalam percakapan transaksional dan interpersonal sangat sederhana untuk berinteraksi dengan lingkungan terdekat  Mengungkapkan makna dalam percakapan transaksional dan interpersonal sangat sederhana untuk berinteraksi dengan lingkungan terdekat B. dan berterima untuk berinteraksi dengan lingkungan terdekat dalam teks berbentuk descriptive  Merespon makna dalam percakapan transaksional (to get things done) dan interpersonal (bersosialisasi) sangat sederhana secara akurat. lancar. Indikator     Merespon teks descriptive Mendeskripsikan sesuatu Merespon ungkapan meminta dan memberi barang Menggunakan ungkapan meminta dan memberi barang 77 . __________________ NIP. lancar. Rencana Pelaksanaan Pembelajaran Mata Pelajaran Kelas/Semester Pertemuan ke Alokasi Waktu A. Kompetensi Dasar  Merespon makna yang terdapat dalam monolog sangat sederhana secara akurat. lancar.______________________ NIP. dan berterima untuk berinteraksi dengan lingkungan terdekat yang melibatkan tindak tutur: meminta dan memberi barang C. lancar. dan berterima untuk berinteraksi dengan lingkungan terdekat dalam teks berbentuk descriptive  Mengungkapkan makna dalam monolog pendek sangat sederhana dengan menggunakan ragam bahasa lisan secara akurat.

D.




E.

F.
G.

Tujuan Pembelajaran
Siswa dapat merespon teks descriptive
Siswa dapat mendeskripsikan sesuatu
Siswa dapat merespon meminta dan memberi barang
Siswa dapat menggunakan ungkapan meminta dan memberi barang

Materi Pokok
Deskripsi sesuatu
Mis.
A: I’m round. I have numbers
B: Are you a clock?
A: Yes, that’s right
Meminta dan memberi barang
Mis
A: I didn’t bring my pen. May I borrow yours?
B: Here you are
Metode Pembelajaran/Teknik: Three-phase technique
Langkah-langkah Kegiatan
 Kegiatan Awal (10’)
 Guru mengabsen siswa dan menanyakan kabar mereka
 Siswa mendeskripsikan benda yang ditujuk oleh gurunya
 Kegiatan Inti (70’)
Eksplorasi
 Siswa mendengarkan model dialog singkat dan melengkapinya
 Siswa mengidentifikasi benda yang dideskripsikan
Elaborasi
 Siswa mendengarkan percakapan dan melengkapinya
 Siswa menjawab pertanyaan mengenai percakapan tersebut
 Siswa mendengarkan dan mempraktekkan percakapan menggunakan
ungkapan meminta dan memberi barang
Konfirmasi
 Siswa membaca model dialog lain untuk meminta dan memberi barang
 Siswa berlatih membuat percakapan singkat
 Kegiatan Akhir (10’)
 Siswa mereview ungkapan yang digunakan untuk meminta dan memberi
barang

H.

Sumber/Bahan/Alat
 Buku EOS 1
 Kaset/CD
 Tape Script dari EOS 1

I. Penilaian
 Teknik: Tes lisan
 Bentuk: Responding

78

Mengetahui
Kepala Sekolah

…………………,….
Guru Mata Pelajaran

______________________
NIP.

__________________
NIP.

Rencana Pelaksanaan Pembelajaran
Mata Pelajaran
Kelas/Semester
Pertemuan ke
Alokasi Waktu
A.

Standar Kompetensi

Memahami makna dalam teks lisan fungsional dan monolog pendek
sangat sederhana yang berbentuk descriptive dan procedure untuk
berinteraksi dengan lingkungan terdekat

Mengungkapkan makna dalam teks lisan fungsional dan monolog pendek
sangat sederhana berbentuk descriptive dan procedure untuk
berinteraksi dengan lingkungan terdekat

B.

Kompetensi Dasar

Merespon makna yang terdapat dalam teks lisan fungsional pendek
sangat sederhana secara akurat, lancar, dan berterima untuk berinteraksi
dengan lingkungan terdekat

Mengungkapkan makna yang terdapat dalam teks lisan fungsional pendek
sangat sederhana dengan menggunakan ragam bahasa lisan secara
akurat, lancar, dan berterima untuk berinteraksi dengan lingkungan
terdekat

C.

Indikator



D.

:Bahasa Inggris
: VII/2
:4
: 2 x 45 menit

Merespon peringatan/notices sederhana
Memberikan peringatan/notices sederhana
Merespon ungkapan meminta dan memberi pendapat
Menggunakan ungkapan meminta dan memberi pendapat
Karakter yang dikembangkan
1. Dapat dipercaya ( Trustworthines)
2. Rasa hormat dan perhatian ( respect )
3. Tekun ( diligence )
4. Tanggung jawab ( responsibility )
5. Berani ( courage )
Tujuan Pembelajaran

79





E.

F.
G.

Siswa
Siswa
Siswa
Siswa

dapat
dapat
dapat
dapat

merespon peringatan/notices sederhana
memberikan peringatan/notices sederhana
merespon ungkapan meminta dan memberi pendapat
menggunakan ungkapan meminta dan memberi pendapat

Materi Pokok
 Notices
Mis. Don’t smoke here
 Meminta dan memberi pendapat
Mis
It’s very hot today!
Metode Pembelajaran/Teknik: Three-phase technique
Langkah-langkah Kegiatan
 Kegiatan Awal (10’)
 Guru mengabsen siswa dan menanyakan kabar mereka
 Siswa menyebutkan peringatan-peringatan yang ada di sekolah mereka
dan memberi pendapat tentang itu
 Kegiatan Inti (70’)
Eksplorasi
 Siswa mendengarkan model dialog singkat dan melengkapinya
 Siswa mencocokkan ungkapan dengan gambar notices yang tersedia
Elaborasi
 Siswa mendengarkan percakapan dan melengkapinya
 Siswa menjawab pertanyaan mengenai teks tersebut
 Siswa mendengarkan percakapan dan melengkapinya
 Siswa mendiskusikan isi tiap percakapan
Konfirmasi
 Siswa mengidentifikasi benda yang dideskripsikan
 Kegiatan Akhir (10’)
 Siswa menyimpulkan pelajaran yang dilakukan pada pertemuan ini

H.

Sumber/Bahan/Alat
 Buku EOS 1
 Kaset/CD
 Tape Script dari EOS 1

I. Penilaian
 Teknik: Tes lisan
 Bentuk: Responding
Mengetahui
Kepala Sekolah

…………………,….
Guru Mata Pelajaran

80

:Bahasa Inggris : VII/2 :5 : 2 x 45 menit Merespon teks descriptive Mendeskripsikan sesuatu Karakter yang dikembangkan 1. Standar Kompetensi  Memahami makna dalam teks lisan fungsional dan monolog pendek sangat sederhana yang berbentuk descriptive dan procedure untuk berinteraksi dengan lingkungan terdekat  Mengungkapkan makna dalam teks lisan fungsional dan monolog pendek sangat sederhana berbentuk descriptive dan procedure untuk berinteraksi dengan lingkungan terdekat B. E. Tanggung jawab ( responsibility ) 5. F. Indikator   D. lancar. Rencana Pelaksanaan Pembelajaran Mata Pelajaran Kelas/Semester Pertemuan ke Alokasi Waktu A. NIP. Berani ( courage ) Tujuan Pembelajaran  Siswa dapat merespon teks descriptive  Siswa dapat mendeskripsikan sesuatu Materi Pokok Teks descriptive Metode Pembelajaran/Teknik: Three-phase technique Langkah-langkah Kegiatan  Kegiatan Awal (10’) 81 . dan berterima untuk berinteraksi dengan lingkungan terdekat dalam teks berbentuk descriptive  Mengungkapkan makna dalam monolog pendek sangat sederhana dengan menggunakan ragam bahasa lisan secara akurat. dan berterima untuk berinteraksi dengan lingkungan terdekat dalam teks berbentuk descriptive C. lancar. G. Dapat dipercaya ( Trustworthines) 2.______________________ __________________ NIP. Tekun ( diligence ) 4. Kompetensi Dasar  Merespon makna yang terdapat dalam monolog sangat sederhana secara akurat. Rasa hormat dan perhatian ( respect ) 3.

 Guru mengabsen siswa dan menanyakan kabar mereka  Siswa menyebutkan benda-benda favorit mereka dan mendeskripsikannya  Kegiatan Inti (70’) Eksplorasi  Siswa menyusun kalimat menjadi teks utuh Elaborasi  Siswa mendengarkan teks tersebut dan mengecek jawaban mereka  Siswa mendengarkan teks descriptive berikutnya dan melengkapi tabel  Siswa berkelompok mendeskripsikan sesuatu Konfirmasi  Siswa melaporkan deskripsi mereka di depan kelas  Kegiatan Akhir (10’)  Siswa mendapat feedback dari guru H. __________________ NIP. Guru Mata Pelajaran ______________________ NIP. Penilaian  Teknik: Unjuk kerja Bentuk: Mendeskripsikan sesuatu Mengetahui Kepala Sekolah ………………….…. Sumber/Bahan/Alat  Buku EOS 1  Kaset/CD  Tape Script dari EOS 1 I. Rencana Pelaksanaan Pembelajaran Mata Pelajaran Kelas/Semester Pertemuan ke :Bahasa Inggris : VII/2 :5 82 .

lancar. Tanggung jawab ( responsibility ) 5. Tujuan Pembelajaran  Siswa dapat merespon teks descriptive  Siswa dapat mendeskripsikan sesuatu E. lancar.Alokasi Waktu A. dan berterima untuk berinteraksi dengan lingkungan terdekat dalam teks berbentuk descriptive  Mengungkapkan makna dalam monolog pendek sangat sederhana dengan menggunakan ragam bahasa lisan secara akurat. Rasa hormat dan perhatian ( respect ) 3. Materi Pokok Teks descriptive F. Berani ( courage ) D. Tekun ( diligence ) 4. Langkah-langkah Kegiatan  Kegiatan Awal (10’)  Guru mengabsen siswa dan menanyakan kabar mereka  Siswa menjawab pertanyaan guru mengenai perlengkapan sekolah mereka  Kegiatan Inti (70’) Eksplorasi  Siswa mendengarkan percakapan dan mempraktekkannya Elaborasi 83 . Kompetensi Dasar  Merespon makna yang terdapat dalam monolog sangat sederhana secara akurat. : 2 x 45 menit Standar Kompetensi  Memahami makna dalam teks lisan fungsional dan monolog pendek sangat sederhana yang berbentuk descriptive dan procedure untuk berinteraksi dengan lingkungan terdekat  Mengungkapkan makna dalam teks lisan fungsional dan monolog pendek sangat sederhana berbentuk descriptive dan procedure untuk berinteraksi dengan lingkungan terdekat B. Dapat dipercaya ( Trustworthines) 2. Metode Pembelajaran/Teknik: Three-phase technique G. dan berterima untuk berinteraksi dengan lingkungan terdekat dalam teks berbentuk descriptive C. Indikator   Merespon teks descriptive Mendeskripsikan sesuatu Karakter yang dikembangkan 1.

…. Sumber/Bahan/Alat  Buku EOS 1  Kaset/CD  Tape Script dari EOS 1 I. Penilaian  Teknik: Unjuk kerja  Bentuk: monologue Mengetahui Kepala Sekolah …………………. Guru Mata Pelajaran ______________________ NIP. Siswa melakukan class survey  Siswa berkelompok melakukan tanya-jawab tentang benda-benda favorit teman-temannya  Siswa menjawab pertanyaan mengenai diri sendiri  Siswa menggambar benda favoritnya dan mendeskripsikannya lisan Konfirmasi  Siswa mendengarkan lagu dan menyusun liriknya  Kegiatan Akhir (10’)  Siswa bernyanyi bersama H. : Bahasa Inggris : VII/2 :6 : 2 x 45 menit Standar Kompetensi  Memahami makna teks tulis fungsional dan esei pendek sangat sederhana berbentuk descriptive dan procedure yang berkaitan dengan lingkungan terdekat 84 . Rencana Pelaksanaan Pembelajaran Mata Pelajaran Kelas/Semester Pertemuan ke Alokasi Waktu A. __________________ NIP.

G. My classroom is the next to the library. B. It is a big and clean classroom. It has two white doors and six brown windows. I want to tell you about my classroom. Tujuan Pembelajaran  Siswa dapat merespon surat  Siswa dapat membaca nyaring surat  Siswa dapat menulis surat Materi Pokok A latter from EOS listener Jln Mawar 20 Medan Februari 4. The walls are green and there is a picture of them. dan berterima untuk berinteraksi dengan lingkungan terdekat Indikator  Merespon surat  Membaca nyaring surat  Menulis surat D. tekanan dan intonasi yang berterima  Mengungkapkan makna dalam teks tulis fungsional pendek sangat sederhana dengan menggunakan ragam bahasa tulis secara akurat. Mengungkapkan makna dalam teks tulis fungsional dan esei pendek sangat sederhana berbentuk descriptive dan procedure untuk berinteraksi dengan lingkungan terdekat Kompetensi Dasar  Merespon makna yang terdapat dalam teks tulis fungsional pendek sangat sederhana secara akurat. E. lancar. C. My friends and I like our classroom very much. There are twentytables and forty chairs. lancar dan berterima yang berkaitan dengan lingkungan terdekat  Membaca nyaring bermakna teks fungsional dan esei pendek dan sangat sederhana berbentuk descriptive dan procedure dengan ucapan. Please write and tell me about your classroom. 2007 Dear EOS listeners. Metode Pembelajaran/Teknik: Three-phase technique Langkah-langkah Kegiatan  Kegiatan Awal (10’)  Guru mengabsen siswa dan menanyakan kabar mereka  Siswa mendeskripsikan benda sesuai dengan gambar yang tertera 85 . Your truly. Tigor F.

 Kegiatan Inti (70’) Eksplorasi  Siswa mengidentifikasi nouns dan adjectives  Siswa mengidentifikasi nouns dan adjectives dalam kalimat  Siswa mendeskripsikan benda disekitar lingkungan mereka Elaborasi  Siswa mendiskusikan penggunaan noun phrases  Siswa mengerjakan latihannya  Siswa membaca nyaring surat  Siswa mengidentifikasi bagian-bagian dari surat Konfirmasi  Siswa menjawab pertanyaan mengenai surat tersebut  Siswa mengidentifikasi gambar sesuai surat yang ada  Siswa melengkapi surat  Kegiatan Akhir (10’)  Siswa mendapat tugas untuk menulis surat H. Rencana Pelaksanaan Pembelajaran Mata Pelajaran Kelas/Semester Pertemuan ke Alokasi Waktu A. Guru Mata Pelajaran ______________________ NIP. __________________ NIP. : Bahasa Inggris : VII/2 :7 : 2 x 45 menit Standar Kompetensi 86 .…. Penilaian  Teknik: Unjuk kerja  Bentuk: monologue Mengetahui Kepala Sekolah …………………. Sumber/Bahan/Alat  Buku EOS 1  Kaset/CD  Tape Script dari EOS 1 I.

Tekun ( diligence ) 4. Kompetensi Dasar  Merespon makna dan langkah retorika secara akurat. Indikator    D. Tanggung jawab ( responsibility ) 5. We call it a descriptive text. F. tekanan dan intonasi yang berterima  Mengungkapkan makna dan langkah retorika dalam esei pendek sangat sederhana dengan menggunakan ragam bahasa tulis secara akurat. Metode Pembelajaran/Teknik: Three-phase technique G. lancar dan berterima dalam esei sangat sederhana yang berkaitan dengan lingkungan terdekat dalam teks berbentuk descriptive  Membaca nyaring bermakna teks fungsional dan esei pendek dan sangat sederhana berbentuk descriptive dengan ucapan. Berani ( courage ) Tujuan Pembelajaran  Siswa dapat merespon teks descriptive  Siswa dapat mmbaca nyaring teks descriptive E. Descriptive text to describe something. Rasa hormat dan perhatian ( respect ) 3. lancar dan berterima untuk berinteraksi dengan lingkungan terdekat dalam teks berbentuk descriptive C. Dapat dipercaya ( Trustworthines) 2. someone. Langkah-langkah Kegiatan  Kegiatan Awal (10’)  Guru mengabsen siswa dan menanyakan kabar mereka  Siswa mengetahui bahwa pada pertemuan ini akan mempelajari generik struktur teks deskriptif  Kegiatan Inti (70’) Ekplorasi  Siswa membaca penjelasan generik struktur teks deskriptif 87 . Memahami makna teks tulis fungsional dan esei pendek sangat sederhana berbentuk descriptive dan procedure yang berkaitan dengan lingkungan terdekat  Mengungkapkan makna dalam teks tulis fungsional dan esei pendek sangat sederhana berbentuk descriptive dan procedure untuk berinteraksi dengan lingkungan terdekat B. Mengidentikasi teks descriptive Membaca nyaring teks descriptive Menulis teks descriptive Karakter yang dikembangkan 1. Materi Pokok Teks descriptive The previous latter describes Tigor’s classroom. or place.

Guru Mata Pelajaran ______________________ NIP. Siswa menganalisa bagian-bagian teks  Siswa menganalisa tata bahasanya Elaborasi  Siswa membaca nyaring teks deskriptif  Siswa menjawab pertanyaan mengenai teks tersebut  Siswa menganalisa bagian-bagian teks tersebut  Siswa menganalisa tata bahasanya Konfirmasi  Siswa menyusun kalimat –kalimat menjadi teks deskriptif  Kegiatan Akhir (10’)  Siswa mereview generic struktur dan tata bahasa teks deskriptif H. __________________ NIP. Sumber/Bahan/Alat  Buku EOS 1  Kaset/CD  Tape Script dari EOS 1 I. Penilaian  Teknik: Unjuk kerja  Bentuk: analisa teks Mengetahui Kepala Sekolah ………………….…. Rencana Pelaksanaan Pembelajaran Mata Pelajaran Kelas/Semester Pertemuan ke Alokasi Waktu A. :Bahasa Inggris : VII/2 :8 : 2 x 45 menit Standar Kompetensi  Memahami makna teks tulis fungsional dan esei pendek sangat sederhana berbentuk descriptive dan procedure yang berkaitan dengan lingkungan terdekat 88 .

Berani ( courage ) Tujuan Pembelajaran  Siswa dapat merespon teks descriptive  Siswa dapat membaca nyaring teks descriptive  Siswa dapat menulis teks descriptive E. Indikator    D. Kompetensi Dasar  Merespon makna dan langkah retorika secara akurat. Metode Pembelajaran/Teknik: Three-phase technique G. B. Tanggung jawab ( responsibility ) 5. Langkah-langkah Kegiatan  Kegiatan Awal (10’)  Guru mengabsen siswa dan menanyakan kabar mereka  Siswa mereview generik struktur dan tata kebahasaan teks deskriptif  Kegiatan Inti (70’) Eksplorasi  Siswa berkelompok membuat teks deskriptif sesuai situasi yang diberikan Elaborasi  Tiap kelompok menuliskan hasil deksripsinya di papan tulis  Siswa mendapatkan feedback dari guru  Siswa bermain guessing game 89 . Dapat dipercaya ( Trustworthines) 2. lancar dan berterima dalam esei sangat sederhana yang berkaitan dengan lingkungan terdekat dalam teks berbentuk descriptive  Membaca nyaring bermakna teks fungsional dan esei pendek dan sangat sederhana berbentuk descriptive dengan ucapan. lancar dan berterima untuk berinteraksi dengan lingkungan terdekat dalam teks berbentuk descriptive C. Materi Pokok Teks descriptive F. tekanan dan intonasi yang berterima  Mengungkapkan makna dan langkah retorika dalam esei pendek sangat sederhana dengan menggunakan ragam bahasa tulis secara akurat. Rasa hormat dan perhatian ( respect ) 3. Mengungkapkan makna dalam teks tulis fungsional dan esei pendek sangat sederhana berbentuk descriptive dan procedure untuk berinteraksi dengan lingkungan terdekat Mengidentifikasi teks descriptive Membaca nyaring teks descriptive Menulis teks descriptive Karakter yang dikembangkan 1. Tekun ( diligence ) 4.

menulis teks deskriptif dan mengerjakan latihan berikutnya H.Konfirmasi  Siswa menulis teks deskriptif singkat tentang benda mereka  Kegiatan Akhir (10’)  Siswa mendapat tugas untuk mengubah teks deskriptif lisan menjadi tertulis. : Bahasa Inggris : VII/2 :9 : 2 x 45 menit Standar Kompetensi  Memahami makna dalam teks lisan fungsional dan monolog pendek sangat sederhana yang berbentuk descriptive dan procedure untuk berinteraksi dengan lingkungan terdekat  Memahami makna dalam percakapan transaksional dan interpersonal sangat sederhana untuk berinteraksi dengan lingkungan terdekat  Mengungkapkan makna dalam percakapan transaksional dan interpersonal sangat sederhana untuk berinteraksi dengan lingkungan terdekat 90 . Guru Mata Pelajaran ______________________ NIP. Sumber/Bahan/Alat  Buku EOS 1  Kaset/CD  Tape Script dari EOS 1 I. Penilaian  Teknik: Unjuk kerja Bentuk: Hasil tulisan Mengetahui Kepala Sekolah …………………. Rencana Pelaksanaan Pembelajaran Mata Pelajaran Kelas/Semester Pertemuan ke Alokasi Waktu A.…. __________________ NIP.

Berani ( courage ) Tujuan Pembelajaran Siswa dapat merespon teks descriptive Siswa dapat mendeskripsikan sesuatu Siswa dapat merespon ungkapan meminta dan memberi fakta Siswa dapat menggunakan ungkapan meminta dan memberi fakta Materi Pokok Teks descriptive Meminta dan memberi fakta Mis. dan berterima untuk berinteraksi dengan lingkungan terdekat yang melibatkan tindak tutur: meminta dan memberi fakta  Mengungkapkan makna dalam monolog pendek sangat sederhana dengan menggunakan ragam bahasa lisan secara akurat. dan berterima untuk berinteraksi dengan lingkungan terdekat dalam teks berbentuk descriptive C. B. Kompetensi Dasar  Merespon makna yang terdapat dalam monolog sangat sederhana secara akurat. Dapat dipercaya ( Trustworthines) 2. lancar. A: What does your brother look like? B: He has curly hair Metode Pembelajaran/Teknik: Three-phase technique 91 . lancar. Rasa hormat dan perhatian ( respect ) 3. Tanggung jawab ( responsibility ) 5. Mengungkapkan makna dalam teks lisan fungsional dan monolog pendek sangat sederhana berbentuk descriptive dan procedure untuk berinteraksi dengan lingkungan terdekat Merespon teks descriptive Mendeskripsikan sesuatu Merespon ungkapan meminta dan memberi fakta Menggunakan ungkapan meminta dan memberi fakta Karakter yang dikembangkan 1. dan berterima untuk berinteraksi dengan lingkungan terdekat yang melibatkan tindak tutur: meminta dan memberi fakta  Mengungkapkan makna dalam percakapan transaksional (to get things done) dan interpersonal (bersosialisasi) sangat sederhana dengan menggunakan ragam bahasa lisan secara akurat. lancar. dan berterima untuk berinteraksi dengan lingkungan terdekat dalam teks berbentuk descriptive  Merespon makna dalam percakapan transaksional (to get things done) dan interpersonal (bersosialisasi) sangat sederhana secara akurat. lancar.     E. Indikator     D. F. Tekun ( diligence ) 4.

Guru Mata Pelajaran ______________________ NIP.…. Penilaian  Teknik: Responding  Bentuk: Melengkapi percakapan Mengetahui Kepala Sekolah …………………. Langkah-langkah Kegiatan  Kegiatan Awal (10’)  Guru mengabsen siswa dan menanyakan kabar mereka  Siswa menyebutkan artis favorit mereka  Kegiatan Inti (70’) Eksplorasi  Siswa mendengarkan dialog singkat dan melengkapinya  Siswa mendeskripsikan artis-artis yang tertera pada buku  Siswa memberi label bagian-bagian tubuh manusia Elaborasi  Siswa melakukan tanya jawab tentang bagian-bagian tubuh  Siswa mengerjakan puzzle  Siswa bermain game Simon says Konfirmasi  Siswa mendengarkan dan mengidentifikasi informasinya  Siswa mendengarkan dan melengkapi percakapan  Siswa mengidentifikasi informasi yang dimaksud  Kegiatan Akhir (10’)  Siswa menyimpulkan pelajaran yang dilakukan pada pertemuan ini H.G. __________________ NIP. Rencana Pelaksanaan Pembelajaran Mata Pelajaran Kelas/Semester Pertemuan ke Alokasi Waktu :Bahasa Inggris : VII/2 : 10 : 2 x 45 menit 92 . Sumber/Bahan/Alat  Buku EOS 1  Kaset/CD  Tape Script dari EOS 1 I.

lancar. lancar. dan berterima untuk berinteraksi dengan lingkungan terdekat yang melibatkan tindak tutur: menyatakan suka atau tidak suka  Mengungkapkan makna dalam percakapan transaksional (to get things done) dan interpersonal (bersosialisasi) sangat sederhana dengan menggunakan ragam bahasa lisan secara akurat. lancar. Rasa hormat dan perhatian ( respect ) 3. dan berterima untuk berinteraksi dengan lingkungan terdekat dalam teks berbentuk descriptive  Merespon makna dalam percakapan transaksional (to get things done) dan interpersonal (bersosialisasi) sangat sederhana secara akurat. Tanggung jawab ( responsibility ) 5. Tekun ( diligence ) 4. lancar. Merespon teks descriptive Mendeskripsikan sesuatu Merespon ungkapan menyatakan suka atau tidak suka Menggunakan ungkapan menyatakan suka atau tidak suka Karakter yang dikembangkan 1. Dapat dipercaya ( Trustworthines) 2. Indikator     D. Kompetensi Dasar  Merespon makna yang terdapat dalam monolog sangat sederhana secara akurat. dan berterima untuk berinteraksi dengan lingkungan terdekat yang melibatkan tindak tutur: menyatakan suka atau tidak suka  Mengungkapkan makna dalam monolog pendek sangat sederhana dengan menggunakan ragam bahasa lisan secara akurat. Standar Kompetensi  Memahami makna dalam teks lisan fungsional dan monolog pendek sangat sederhana yang berbentuk descriptive dan procedure untuk berinteraksi dengan lingkungan terdekat  Memahami makna dalam percakapan transaksional dan interpersonal sangat sederhana untuk berinteraksi dengan lingkungan terdekat  Mengungkapkan makna dalam percakapan transaksional dan interpersonal sangat sederhana untuk berinteraksi dengan lingkungan terdekat  Mengungkapkan makna dalam teks lisan fungsional dan monolog pendek sangat sederhana berbentuk descriptive dan procedure untuk berinteraksi dengan lingkungan terdekat B. dan berterima untuk berinteraksi dengan lingkungan terdekat dalam teks berbentuk descriptive C. Berani ( courage ) Tujuan Pembelajaran  Siswa dapat merespon teks descriptive 93 .A.

Sumber/Bahan/Alat  Buku EOS 1  Kaset/CD  Tape Script dari EOS 1 4. Metode Pembelajaran/Teknik: Three-phase technique 2. She’s great 1. Materi Pokok  Teks descriptive  Menyatakan suka atau tidak suka  Mis. A: Do you like Mulan Kwok? B: Yes. Siswa dapat mendeskripsikan sesuatu  Siswa dapat merespon ungkapan menyatakan suka atau tidak suka  Siswa dapat menggunakan ungkapan menyatakan suka atau tidak suka E. Guru Mata Pelajaran 94 . Penilaian  Teknik: Unjuk kerja Bentuk: Percakapan Mengetahui Kepala Sekolah …………………. Langkah-langkah Kegiatan  Kegiatan Awal (10’)  Guru mengabsen siswa dan menanyakan kabar mereka  Siswa mendeskripsikan fisik seseorang  Kegiatan Inti (70’)  Siswa membaca kata-kata yang digunakan untuk mendeskripsikan fisik seseorang  Siswa mencocokkan gambar dengan deskripsinya  Siswa mendengarkan percakapan dan mengidentifikasi orang yang dideskripsikan  Siswa mengidentifikasi fisik artis-artis yang tertera pada buku  Siswa mendengarkan dialog singkat yang berisi ungkapan menyatakan suka atau ketidaksukaan  Siswa membaca ungkapan menyatakan suka atau ketidaksukaan  Siswa mencocokkan adjectives dengan artinya  Siswa membaca dialog singkat dan berlatih membuatnya berdasarkan gambar yang tersedia  Kegiatan Akhir (10’)  Siswa menyimpulkan pelajaran yang dilakukan pada pertemuan ini 3.….

Berani ( courage ) D. __________________ NIP. Tanggung jawab ( responsibility ) 5.______________________ NIP. dan berterima untuk berinteraksi dengan lingkungan terdekat dalam teks berbentuk descriptive C. Tujuan Pembelajaran  Siswa dapat merespon teks descriptive  Siswa dapat mendeskripsikan sesuatu E. Dapat dipercaya ( Trustworthines) 2. Rasa hormat dan perhatian ( respect ) 3. dan berterima untuk berinteraksi dengan lingkungan terdekat dalam teks berbentuk descriptive  Mengungkapkan makna dalam monolog pendek sangat sederhana dengan menggunakan ragam bahasa lisan secara akurat. Tekun ( diligence ) 4. Rencana Pelaksanaan Pembelajaran Mata Pelajaran Kelas/Semester Pertemuan ke Alokasi Waktu A. Materi Pokok  Teks descriptive 95 . Kompetensi Dasar  Merespon makna yang terdapat dalam monolog sangat sederhana secara akurat. lancar. Indikator   Merespon teks deskriptif Mendeskripsikan sesuatu Karakter yang dikembangkan 1. :Bahasa Inggris : VII/2 : 11 : 2 x 45 menit Standar Kompetensi  Memahami makna dalam teks lisan fungsional dan monolog pendek sangat sederhana yang berbentuk descriptive dan procedure untuk berinteraksi dengan lingkungan terdekat  Mengungkapkan makna dalam teks lisan fungsional dan monolog pendek sangat sederhana berbentuk descriptive dan procedure untuk berinteraksi dengan lingkungan terdekat B. lancar.

Metode Pembelajaran/Teknik: Three-phase technique Langkah-langkah Kegiatan  Kegiatan Awal (10’)  Guru mengabsen siswa dan menanyakan kabar mereka  Siswa menjawab pertanyaan guru tentang pakaian yang dipakai temannya  Kegiatan Inti (70’) Eksplorasi  Siswa mendengarkan percakapan dan menunjukkan gambar yang sesuai dengan isi percakapan  Siswa memberi label pada gambar Elaborasi  Siswa mengelompokkan kata  Siswa mendeskripsikan gambar yang tertera Konfirmasi  Siswa mendengarkan dan melafalkan kosakata  Kegiatan Akhir (10’)  Siswa menyimpulkan pelajaran yang dilakukan pada pertemuan ini H. Sumber/Bahan/Alat  Buku EOS 1  Kaset/CD  Tape Script dari EOS 1 I. Penilaian  Teknik: Unjuk kerja  Bentuk: Percakapan Mengetahui Kepala Sekolah …………………. G.F. __________________ NIP. 96 . Guru Mata Pelajaran ______________________ NIP.….

Langkah-langkah Kegiatan  Kegiatan Awal (10’)  Guru mengabsen siswa dan menanyakan kabar mereka. Kompetensi Dasar  Merespon makna yang terdapat dalam monolog sangat sederhana secara akurat.Rencana Pelaksanaan Pembelajaran Mata Pelajaran Kelas/Semester Pertemuan ke Alokasi Waktu A. Tujuan Pembelajaran  Siswa dapat merespon teks descriptive  Siswa dapat mendeskripsikan sesuatu E.  Siswa mendeskripsikan teman sebangkunya. Indikator   Merespon teks deskriptif Mendeskripsikan sesuatu D. :Bahasa Inggris : VII/2 : 12 : 2 x 45 menit Standar Kompetensi  Memahami makna dalam teks lisan fungsional dan monolog pendek sangat sederhana yang berbentuk descriptive dan procedure untuk berinteraksi dengan lingkungan terdekat  Mengungkapkan makna dalam teks lisan fungsional dan monolog pendek sangat sederhana berbentuk descriptive dan procedure untuk berinteraksi dengan lingkungan terdekat B.  Kegiatan Inti (70’) Eksplorasi  Siswa mendengarkan percakapan dan menunjukkan gambar yang sesuai dengan isi percakapan 97 . Metode Pembelajaran/Teknik: Three-phase technique G. dan berterima untuk berinteraksi dengan lingkungan terdekat dalam teks berbentuk descriptive C. lancar. dan berterima untuk berinteraksi dengan lingkungan terdekat dalam teks berbentuk descriptive  Mengungkapkan makna dalam monolog pendek sangat sederhana dengan menggunakan ragam bahasa lisan secara akurat. Materi Pokok  Teks deskriptif F. lancar.

…. Siswa mendengarkan teks dan melengkapi tabel Elaborasi  Siswa mendengarkan percakapan dan melengkapinya  Siswa menggambarkan bentuk orangnya sesuai dengan deskripsi pada percakapan itu  Siswa mengidentifikasi perbedaan anatara teks deskriptif yang tertera pada buku dan monologue pada kaset Konfirmasi  Siswa menjawab pertanyaan tentang deskripsi yang didengarnya  Kegiatan Akhir (10’)  Siswa menyimpulkan pelajaran yang dilakukan pada pertemuan ini H. Guru Mata Pelajaran ______________________ NIP. : Bahasa Inggris : VII/2 : 13 : 2 x 45 menit Standar Kompetensi 98 . Penilaian  Teknik: Unjuk Kerja  Bentuk: Responding Mengetahui Kepala Sekolah …………………. Sumber/Bahan/Alat  Buku EOS 1  Kaset/CD  Tape Script dari EOS 1 I. __________________ NIP. Rencana Pelaksanaan Pembelajaran Mata Pelajaran Kelas/Semester Pertemuan ke Alokasi Waktu A.

Tujuan Pembelajaran  Siswa dapat merespon teks descriptive  Siswa dapat mendeskripsikan sesuatu E. lancar. Materi Pokok  Teks descriptive F. Tanggung jawab ( responsibility ) 5. Metode Pembelajaran/Teknik: Three-phase technique G. dan berterima untuk berinteraksi dengan lingkungan terdekat dalam teks berbentuk descriptive C. Langkah-langkah Kegiatan  Kegiatan Awal (10’)  Guru mengabsen siswa dan menanyakan kabar mereka  Siswa menebak murid yang dideskripsikan oleh guru  Kegiatan Inti (70’) Eksplorasi  Siswa bermain ten questions game  Siswa berpasangan melakukan tanya-jawab berdasarkan situasi yang diberikan Elaborasi  Siswa dipilih secara acak untuk mempraktekkannya  Siswa membuat percakapan berdasarkan situasi yang diberikan  Siswa melakukan guessing game 99 . Memahami makna dalam teks lisan fungsional dan monolog pendek sangat sederhana yang berbentuk descriptive dan procedure untuk berinteraksi dengan lingkungan terdekat  Mengungkapkan makna dalam teks lisan fungsional dan monolog pendek sangat sederhana berbentuk descriptive dan procedure untuk berinteraksi dengan lingkungan terdekat B. Rasa hormat dan perhatian ( respect ) 3. Dapat dipercaya ( Trustworthines) 2. Tekun ( diligence ) 4. dan berterima untuk berinteraksi dengan lingkungan terdekat dalam teks berbentuk descriptive  Mengungkapkan makna dalam monolog pendek sangat sederhana dengan menggunakan ragam bahasa lisan secara akurat. lancar. Kompetensi Dasar  Merespon makna yang terdapat dalam monolog sangat sederhana secara akurat. Berani ( courage ) D. Indikator   Merespon teks deskriptif Mendeskripsikan sesuatu Karakter yang dikembangkan 1.

Penilaian  Teknik: Unjuk Kerja  Bentuk: Percakapan Mengetahui Kepala Sekolah …………………. Standar Kompetensi  B. :Bahasa Inggris : VII/2 : 14 : 2 x 45 menit Merespon makna dan langkah retorika secara akurat.….Konfirmasi  Siswa mendengarkan lagu dan menyusun liriknya  Kegiatan Akhir (10’)  Siswa bernyanyi bersama H. Sumber/Bahan/Alat  Buku EOS 1  Kaset/CD  Tape Script dari EOS 1 I. __________________ NIP. Memahami makna teks tulis fungsional dan esei pendek sangat sederhana berbentuk descriptive dan procedure yang berkaitan dengan lingkungan terdekat Kompetensi Dasar  C. Guru Mata Pelajaran ______________________ NIP. Rencana Pelaksanaan Pembelajaran Mata Pelajaran Kelas/Semester Pertemuan ke Alokasi Waktu A. lancar dan berterima dalam esei sangat sederhana yang berkaitan dengan lingkungan terdekat dalam teks berbentuk descriptive Indikator 100 .

Tanggung jawab ( responsibility ) 5. Metode Pembelajaran/Teknik: Three-phase technique G. Guru Mata Pelajaran 101 . Tekun ( diligence ) 4. Langkah-langkah Kegiatan  Kegiatan Awal (10’)  Guru mengabsen siswa dan menanyakan kabar mereka  Siswa melengkapi tabel dengan kosakata untuk mendeskripsikan sesuatu  Kegiatan Inti (70’) Eksplorasi  Siswa memberi label nouns atau adjectives pada kosakata Elaborasi  Siswa membuat kalimat berdasarkan gambar yang tersedia  Siswa mempelajari penggunaan noun phrases  Siswa mengerjakan latihan C dan D halaman 168 Konfirmasi  Siswa membuat kalimat dengan noun phrases  Kegiatan Akhir (10’)  Siswa mereview penggunaan noun phrases H.…. Tujuan Pembelajaran  Siswa dapat mengidentifikasi teks deskriptif  Siswa dapat menulis teks deskriptif E. Penilaian  Teknik: Tes tertulis  Bentuk: Latihan noun phrases Mengetahui Kepala Sekolah …………………. Materi Pokok  Teks descriptive F. Sumber/Bahan/Alat  Buku EOS 1  Kaset/CD  Tape Script dari EOS 1 I.Mengidentifikasi informasi teks deskriptif Karakter yang dikembangkan 1. Berani ( courage ) D. Dapat dipercaya ( Trustworthines) 2. Rasa hormat dan perhatian ( respect ) 3.

Rencana Pelaksanaan Pembelajaran Mata Pelajaran Kelas/Semester Pertemuan ke Alokasi Waktu A. Standar Kompetensi  B.______________________ NIP. Tanggung jawab ( responsibility ) 5. Memahami makna teks tulis fungsional dan esei pendek sangat sederhana berbentuk descriptive dan procedure yang berkaitan dengan lingkungan terdekat Kompetensi Dasar C. __________________ NIP. Dapat dipercaya ( Trustworthines) 2. Berani ( courage ) Tujuan Pembelajaran  Siswa dapat mengidentifikasi informasi teks deskriptif  Siswa dapat membaca nyaring teks deskriptif Materi Pokok Teks deskriptif 102 . tekanan dan intonasi yang berterima Indikator   E. : Bahasa Inggris : VII/2 : 14 : 2 x 45 menit Mengidentifikasi informasi teks deskriptif Membaca nyaring teks deskriptif Karakter yang dikembangkan 1. Rasa hormat dan perhatian ( respect ) 3. lancar dan berterima dalam esei sangat sederhana yang berkaitan dengan lingkungan terdekat dalam teks berbentuk descriptive  Membaca nyaring bermakna teks fungsional dan esei pendek dan sangat sederhana berbentuk descriptive dan procedure dengan ucapan. D.  Merespon makna dan langkah retorika secara akurat. Tekun ( diligence ) 4.

__________________ NIP. G. 103 . Penilaian  Teknik: Tes tertulis  Bentuk: analisa deskriptif Mengetahui Kepala Sekolah …………………. Guru Mata Pelajaran ______________________ NIP. Sumber/Bahan/Alat  Buku EOS 1  Kaset/CD  Tape Script dari EOS 1 I. H.F. Metode Pembelajaran/Teknik: Three-phase technique Langkah-langkah Kegiatan  Kegiatan Awal (10’)  Guru mengabsen siswa dan menanyakan kabar mereka  Siswa mereview generik struktur dan tata kebahasaan teks deskriptif  Kegiatan Inti (70’) Eksplorasi  Siswa membaca nyaring teks deskriptif  Siswa menjawab pertanyaannya Elaborasi  Siswa membaca penjelasan teks deskriptif  Siswa mempelajari penggunaan relational verbs  Siswa melengkapi surat dengan relational verbs  Siswa menganalisa bagian dari teks deskriptif  Siswa menganalisa tata kebahasaan teks deskriptif Konfirmasi  Siswa mengidentifikasi infromasi teks deskriptif  Kegiatan Akhir (10’)  Siswa menyimpulkan pelajaran yang dilakukan pada pertemuan ini.….

  E. Tekun ( diligence ) 3. F. Kompetensi Dasar  Merespon makna dan langkah retorika secara akurat. Indikator   D. Rasa hormat dan perhatian ( respect ) 2. lancar dan berterima untuk berinteraksi dengan lingkungan terdekat dalam teks berbentuk descriptive C. Tanggung jawab ( responsibility ) 4. lancar dan berterima dalam esei sangat sederhana yang berkaitan dengan lingkungan terdekat dalam teks berbentuk descriptive  Mengungkapkan makna dan langkah retorika dalam esei pendek sangat sederhana dengan menggunakan ragam bahasa tulis secara akurat.Rencana Pelaksanaan Pembelajaran Mata Pelajaran Kelas/Semester Pertemuan ke Alokasi Waktu A. Standar Kompetensi  Memahami makna teks tulis fungsional dan esei pendek sangat sederhana berbentuk descriptive dan procedure yang berkaitan dengan lingkungan terdekat  Mengungkapkan makna dalam teks tulis fungsional dan esei pendek sangat sederhana berbentuk descriptive dan procedure untuk berinteraksi dengan lingkungan terdekat B. Berani ( courage ) Tujuan Pembelajaran Siswa dapat mengidentifikasi informasi teks deskriptif Siswa dapat menulis teks deskriptif Materi Pokok Teks deskriptif Metode Pembelajaran/Teknik: Three-phase technique Langkah-langkah Kegiatan  Kegiatan Awal (10’) 104 . : Bahasa Inggris : VII/2 : 15 : 2 x 45 menit Mengidentifikasi informasi teks deskriptif Menulis teks deskriptif Karakter yang dikembangkan 1. G.

Rencana Pelaksanaan Pembelajaran Mata Pelajaran Kelas/Semester Pertemuan ke Alokasi Waktu : Bahasa Inggris : VII/2 : 16 : 2 x 45 menit 105 . H.…. and write about your favorite star. Sumber/Bahan/Alat  Buku EOS 1  Kaset/CD  Tape Script dari EOS 1 I. Penilaian  Teknik: Tes tertulis  Bentuk: teks deskriptif Mengetahui Kepala Sekolah …………………. aswer the following questions. Guru Mata Pelajaran ______________________ NIP. __________________ NIP.  Kegiatan Akhir (10’)  Siswa mendapat tugas seperti yang tertera pada star on the week yang meliputi: read the following text carefully. Guru mengabsen siswa dan menanyakan kabar mereka  Siswa mereview generik struktur dan tata kebahasaan teks deskriptif  Kegiatan Inti (70’) Eksplorasi  Siswa berkelompok membuat word web untuk mendeskripsikan seseorang aktris/aktor Elaborasi  Siswa membuat percakapan berdasarkan word web  Siswa menyusun kalimat menjadi teks deskriptif yang utuh  Siswa mengidentifikasi teks deskriptif Konfirmasi  Siswa mengerjakan latihan: separating two text and let’s construct texts.

A.

Standar Kompetensi

Memahami makna dalam teks lisan fungsional dan monolog pendek
sangat sederhana yang berbentuk descriptive dan procedure untuk
berinteraksi dengan lingkungan terdekat

Mengungkapkan makna dalam teks lisan fungsional dan monolog pendek
sangat sederhana berbentuk descriptive dan procedure untuk
berinteraksi dengan lingkungan terdekat

B.

Kompetensi Dasar

Merespon makna yang terdapat dalam monolog sangat sederhana secara
akurat, lancar, dan berterima untuk berinteraksi dengan lingkungan
terdekat dalam teks berbentuk procedure

Mengungkapkan makna dalam monolog pendek sangat sederhana dengan
menggunakan ragam bahasa lisan secara akurat, lancar, dan berterima
untuk berinteraksi dengan lingkungan terdekat dalam teks berbentuk
procedure

C.

Indikator

Mengidentifikasi informasi teks prosedur
Menulis teks prosedur
Karakter yang dikembangkan
1. Rasa hormat dan perhatian ( respect )
2. Tekun ( diligence )
3. Tanggung jawab ( responsibility )

D.

Tujuan Pembelajaran
 Siswa dapat mengidentifikasi informasi teks prosedur
 Siswa dapat menulis teks prosedur

E.

Materi Pokok
Teks prosedur

F.
G.

Metode Pembelajaran/Teknik: Three-phase technique
Langkah-langkah Kegiatan
 Kegiatan Awal (10’)
 Guru mengabsen siswa dan menanyakan kabar mereka
 Siswa ditanya oleh guru apakah bisa membuat layangan dan
prosedurnya
 Kegiatan Inti (70’)
Eksplorasi
 Siswa mendengarkan percakapan dan melengkapinya
 Siswa menjawab pertanyaan mengenai percakapan tersebut
 Siswa mencocokkan gambar dengan instruksi yang tepat
Elaborasi
 Siswa melakukan mime game
 Siswa mempelajari pengunaan adverbs of manner
 Siswa mendengarkan percakapan dan melengkapinya

106

 Siswa mengidentifikasi adverbs of manners dari percakapan tersebut
 Siswa mendiskusikan informasi dari percakapan tersebut
Konfirmasi
 Siswa mencocokkan gambar dengan dialog-dialog yang ada
 Kegiatan Akhir (10’)
 Siswa mereview penggunaan adverbs of manner
H.

Sumber/Bahan/Alat
 Buku EOS 1
 Kaset/CD
 Tape Script dari EOS 1

I. Penilaian
 Teknik: Unjuk kerja
 Bentuk: Percakapan

Mengetahui
Kepala Sekolah

…………………,….
Guru Mata Pelajaran

______________________
NIP.

__________________
NIP.

Rencana Pelaksanaan Pembelajaran
Mata Pelajaran
Kelas/Semester
Pertemuan ke
Alokasi Waktu
A.

:Bahasa Inggris
: VII/2
: 17
: 2 x 45 menit

Standar Kompetensi

Memahami makna dalam percakapan transaksional dan interpersonal
sangat sederhana untuk berinteraksi dengan lingkungan terdekat

Mengungkapkan makna dalam percakapan transaksional dan
interpersonal sangat sederhana untuk berinteraksi dengan lingkungan
terdekat

107

B.

Kompetensi Dasar

Merespon makna dalam percakapan transaksional (to get things done) dan
interpersonal (bersosialisasi) sangat sederhana secara akurat, lancar, dan
berterima untuk berinteraksi dengan lingkungan terdekat yang
melibatkan tindak tutur: meminta dan memberi jasa

Mengungkapkan makna dalam percakapan transaksional (to get things
done) dan interpersonal (bersosialisasi) sangat sederhana dengan
menggunakan ragam bahasa lisan secara akurat, lancar, dan berterima
untuk berinteraksi dengan lingkungan terdekat yang melibatkan tindak
tutur: meminta dan memberi jasa

C.

Indikator

D.

Merespon ungkapan meminta dan memberi jasa
Menggunakan ungkapan meminta dan memberi jasa
Karakter yang dikembangkan
1. Dapat dipercaya ( Trustworthines)
2. Rasa hormat dan perhatian ( respect )
3. Tekun ( diligence )
4. Berani ( courage )

Tujuan Pembelajaran
 Siswa dapat merespon ungkapan meminta dan memberi jasa
 Siswa dapat menggunakan ungkapan meminta dan memberi jasa

E.

Materi Pokok
Meminta dan memberi jasa
Mis.
A: Can you help me?
B: Would you take some dictionaries from the library

F.
G.

Metode Pembelajaran/Teknik: Three-phase technique
Langkah-langkah Kegiatan
 Kegiatan Awal (10’)
 Guru mengabsen siswa dan menanyakan kabar mereka
 Siswa menyebutkan ungkapan-ungkapan yang digunakan untuk meminta
dan memberi jasa

Kegiatan Inti (70’)
Eksplorasi
 Siswa mendengarkan percakapan dan mempraktekkannya
Elaborasi
 Siswa membuat dialog singkat berdasarkan model
 Siswa bermain please game
 Siswa melafalkan kata-kata yang didengarnya
Konfirmasi
 Siswa melengkapi kalimat dengan rima yang sama

 Kegiatan Akhir (10’)
 Siswa menyimpulkan pelajaran hari ini

108

lancar. Guru Mata Pelajaran ______________________ NIP. Sumber/Bahan/Alat  Buku EOS 1  Kaset/CD  Tape Script dari EOS 1 I. Rencana Pelaksanaan Pembelajaran Mata Pelajaran Kelas/Semester Pertemuan ke Alokasi Waktu A. Penilaian  Teknik: Unjuk kerja  Bentuk: Percakapan Mengetahui Kepala Sekolah ………………….H. Kompetensi Dasar  Merespon makna yang terdapat dalam monolog sangat sederhana secara akurat. dan berterima untuk berinteraksi dengan lingkungan terdekat dalam teks berbentuk procedure 109 .…. __________________ NIP. : Bahasa Inggris : VII/2 : 18 : 2 x 45 menit Standar Kompetensi  Memahami makna dalam teks lisan fungsional dan monolog pendek sangat sederhana yang berbentuk descriptive dan procedure untuk berinteraksi dengan lingkungan terdekat  Mengungkapkan makna dalam teks lisan fungsional dan monolog pendek sangat sederhana berbentuk descriptive dan procedure untuk berinteraksi dengan lingkungan terdekat B.

dirt. Berani ( courage ) Tujuan Pembelajaran  Siswa dapat merespon teks prosedur  Siswa dapat menjelaskan suatu prosedur Materi Pokok Teks prosedur In previous conversation. put the pot in a place with enough sunshine. Tanggung jawab ( responsibility ) 5. 5. Indikator   D. after that. and a pot. F. Rasa hormat dan perhatian ( respect ) 3. Then. Now. 2. we need seeds. Below are some sentences with conjunctions from the conversation. 4. Metode Pembelajaran/Teknik: Three-phase technique Langkah-langkah Kegiatan  Kegiatan Awal (10’)  Guru mengabsen siswa dan menanyakan kabar mereka  Siswa ditanya mengenai sebuah prosedur  Kegiatan Inti (70’) Eksplorasi  Siswa mendengarkan percakapan dan melengkapinya  Siswa menjawab pertanyaan mengenai percakapan tersebut Elaborasi  Siswa mempelajari penggunaan conjunctions dan action verbs pada teks prosedur  Siswa mengidentifikasi conjunctions pada kalimat  Siswa mengidentifikasi pada kalimat action verbs  Siswa mendengarkan percakapan dan melengkapinya  Siswa mempraktekkannya 110 . Mengungkapkan makna dalam monolog pendek sangat sederhana dengan menggunakan ragam bahasa lisan secara akurat. water. Pay attentions to the undelined words 1. These words are called conjunctions or connectives. Finally. put 3 seeds in each hole. E. certain words were used to show a sequence of action and activities. Dapat dipercaya ( Trustworthines) 2. G. dig 3 holes with your finger one inch in dirt. 3. dan berterima untuk berinteraksi dengan lingkungan terdekat dalam teks berbentuk procedure Merespon teks prosedur Menjelaskan suatu prosedur Karakter yang dikembangkan 1. First. Tekun ( diligence ) 4. put some dirt to the pot carefully. lancar. C.

Sumber/Bahan/Alat  Buku EOS 1  Kaset/CD  Tape Script dari EOS 1 I.Konfirmasi  Siswa mengurutkan gambar sesuai dengan percakapan yang didengarnya  Siswa mendengarkan teks prosedur berikutnya dan menjawab pertanyaannya  Kegiatan Akhir (10’)  Siswa mereview penggunaan conjunctions dan action verbs pada teks prosedur H.…. : Bahasa Inggris : VII/2 : 19 : 4 x 45 menit Standar Kompetensi  Memahami makna dalam teks lisan fungsional dan monolog pendek sangat sederhana yang berbentuk descriptive dan procedure untuk berinteraksi dengan lingkungan terdekat 111 . Guru Mata Pelajaran ______________________ NIP. Rencana Pelaksanaan Pembelajaran Mata Pelajaran Kelas/Semester Pertemuan ke Alokasi Waktu A. Penilaian  Teknik: Unjuk kerja  Bentuk: Percakapan Mengetahui Kepala Sekolah …………………. __________________ NIP.

Kompetensi Dasar  Merespon makna yang terdapat dalam teks lisan fungsional pendek sangat sederhana secara akurat. Dapat dipercaya ( Trustworthines) 2. dan berterima untuk berinteraksi dengan lingkungan terdekat  Mengungkapkan makna yang terdapat dalam teks lisan fungsional pendek sangat sederhana dengan menggunakan ragam bahasa lisan secara akurat. Submit it before March 4th. B. F. lancar. Berani ( courage ) Tujuan Pembelajaran Siswa dapat merespon pengumuman Siswa dapat memberikan pengumuman Materi Pokok Teks prosedur Announcement Due to the long holliday. dan berterima untuk berinteraksi dengan lingkungan terdekat C.   E. Metode Pembelajaran/Teknik: Three-phase technique Langkah-langkah Kegiatan  Kegiatan Awal (10’)  Guru mengabsen siswa dan menanyakan kabar mereka  Siswa ditanya pengumuman apa yang pernah dibaca  Kegiatan Inti (70’) Eksplorasi  Siswa membaca model percakapan tentang sebuah pengumuman  Siswa menjawab pertanyaan mengenai percakapan tersebut Elaborasi  Siswa mengidentifikasi pengumuman yang dibaca oleh guru  Siswa berkelompok memberikan pengumuman singkat  Siswa lain mendengarkan informasi yang diberikan Konfirmasi 112 . lancar. Mengungkapkan makna dalam teks lisan fungsional dan monolog pendek sangat sederhana berbentuk descriptive dan procedure untuk berinteraksi dengan lingkungan terdekat Merespon pengumuman Memberikan pengumuman Karakter yang dikembangkan 1. all first grade students have to complete their english home work from page 158-167. Tekun ( diligence ) 3. Indikator   D. Tanggung jawab ( responsibility ) 4. G.

Guru Mata Pelajaran ______________________ NIP. Penilaian  Teknik: Unjuk kerja  Bentuk: Percakapan dan memberikan pengumuman Mengetahui Kepala Sekolah …………………. : Bahasa Inggris : VII/2 : 20 : 2 x 45 menit Standar Kompetensi  Memahami makna dalam teks lisan fungsional dan monolog pendek sangat sederhana yang berbentuk descriptive dan procedure untuk berinteraksi dengan lingkungan terdekat  Mengungkapkan makna dalam teks lisan fungsional dan monolog pendek sangat sederhana berbentuk descriptive dan procedure untuk berinteraksi dengan lingkungan terdekat  Memahami makna dalam percakapan transaksional dan interpersonal sangat sederhana untuk berinteraksi dengan lingkungan terdekat 113 .…. __________________ NIP. Sumber/Bahan/Alat  Buku EOS 1  Kaset/CD  Tape Script dari EOS 1 I. Siswa diminta untuk membuat pengumuman tentang sebuah acara di sekolah.  Kegiatan Akhir (10’)  Siswa mendapat feedback dari guru tentang membuat monolog prosedur yang baik H. Rencana Pelaksanaan Pembelajaran Mata Pelajaran Kelas/Semester Pertemuan ke Alokasi Waktu A.

lancar. dan berterima untuk berinteraksi dengan lingkungan terdekat yang melibatkan tindak tutur:meminta klarifikasi C. Rasa hormat dan perhatian ( respect ) 2. dan berterima untuk berinteraksi dengan lingkungan terdekat dalam teks berbentuk procedure  Merespon makna dalam percakapan transaksional (to get things done) dan interpersonal (bersosialisasi) sangat sederhana secara akurat. dan berterima untuk berinteraksi dengan lingkungan terdekat dalam teks berbentuk procedure  Mengungkapkan makna dalam monolog pendek sangat sederhana dengan menggunakan ragam bahasa lisan secara akurat.     E. lancar. Kompetensi Dasar  Merespon makna yang terdapat dalam monolog sangat sederhana secara akurat. A: Press the End key to hang up B: Like this? Metode Pembelajaran/Teknik: Three-phase technique Langkah-langkah Kegiatan  Kegiatan Awal (10’)  Guru mengabsen siswa dan menanyakan kabar mereka 114 . Tekun ( diligence ) 3. Berani ( courage ) Tujuan Pembelajaran Siswa dapat merespon teks prosedur Siswa dapat menjelaskan sutau prosedur Siswa dapat merespon ungkapan meminta klarifikasi Siswa dapat menggunakan ungkapan klarifikasi Materi Pokok Teks prosedur Meminta klarifikasi Mis. B. dan berterima untuk berinteraksi dengan lingkungan terdekat yang melibatkan tindak tutur: meminta klarifikasi  Mengungkapkan makna dalam percakapan transaksional (to get things done) dan interpersonal (bersosialisasi) sangat sederhana dengan menggunakan ragam bahasa lisan secara akurat. F. G. Mengungkapkan makna dalam percakapan transaksional dan interpersonal sangat sederhana untuk berinteraksi dengan lingkungan terdekat Merespon teks prosedur Menjelaskan suatu prosedur Merespon ungkapan meminta klarifikasi Menggunakan ungkapan klarifikasi Karakter yang dikembangkan 1. lancar. Indikator     D. lancar.

Siswa ditanya pengumuman apa yang pernah dibaca

 Kegiatan Inti (70’)
Eksplorasi
 Siswa menyusun kalimat tentang prosedur pemakaian cellphone
 Siswa mengidentifikasi ungkapan meminta klarifikasi
Elaborasi
 Siswa mencocokkan gambar dengan prosedur memakai telepon umum
 Siswa membuat percakapan tentang prosedur memakai telepon umum
dan menggunakan ungkapan klarifikasi
Konfirmasi
 Siswa membuat monolog tentang prosedur memakai telepon umum
 Kegiatan Akhir (10’)
 Siswa menyimpulkan kegiatan pada pertemuan ini
H.

Sumber/Bahan/Alat
 Buku EOS 1
 Kaset/CD
 Tape Script dari EOS 1

I. Penilaian
 Teknik: Unjuk kerja
 Bentuk: Percakapan
Mengetahui
Kepala Sekolah

…………………,….
Guru Mata Pelajaran

______________________
NIP.

__________________
NIP.

Rencana Pelaksanaan Pembelajaran
Mata Pelajaran
Kelas/Semester
Pertemuan ke
Alokasi Waktu
A.

: Bahasa Inggris
: VII/2
: 21
: 2 x 45 menit

Standar Kompetensi

Memahami makna dalam teks lisan fungsional dan monolog pendek
sangat sederhana yang berbentuk descriptive dan procedure untuk
berinteraksi dengan lingkungan terdekat

115

B.

Kompetensi Dasar

Merespon makna yang terdapat dalam monolog sangat sederhana secara
akurat, lancar, dan berterima untuk berinteraksi dengan lingkungan
terdekat dalam teks berbentuk procedure

Mengungkapkan makna dalam monolog pendek sangat sederhana dengan
menggunakan ragam bahasa lisan secara akurat, lancar, dan berterima
untuk berinteraksi dengan lingkungan terdekat dalam teks berbentuk
procedure

C.

Indikator

D.

E.
F.
G.

Mengungkapkan makna dalam teks lisan fungsional dan monolog pendek
sangat sederhana berbentuk descriptive dan procedure untuk
berinteraksi dengan lingkungan terdekat

Merespon teks prosedur
Menjelaskan suatu prosedur
Karakter yang dikembangkan
1. Dapat dipercaya ( Trustworthines)
2. Rasa hormat dan perhatian ( respect )
3. Tekun ( diligence )
4. Tanggung jawab ( responsibility )
5. Berani ( courage )

Tujuan Pembelajaran
 Siswa dapat merespon teks prosedur
 Siswa dapat menjelaskan suatu prosedur
Materi Pokok
Teks prosedur
Metode Pembelajaran/Teknik: Three-phase technique
Langkah-langkah Kegiatan
 Kegiatan Awal (10’)
 Guru mengabsen siswa dan menanyakan kabar mereka
 Siswa ditanya hal-hal penting apa saja yang perlu diberitahkan untuk
menjelaskan suatu prosedur
 Kegiatan Inti (70’)
Eksplorasi
 Siswa membaca model penjelasan suatu prosedur berbentuk percakapan
 Siswa mengidentifikasi generik struktur dan tata bahasanya
 Siswa mengidentifikasi tahap-tahap yang digunakan pada teks prosedur
Elaborasi
 Siswa menggambarkan tahapan tersebut unutk illustrasi
 Siswa berkelompok menjelaskan cara membuat segelas teh
Konfirmasi
 Siswa mendengarkan lagu dan melengkapi liriknya
 Kegiatan Akhir (10’)

116

 Siswa bernyanyi bersama
 Siswa mendapat tugas untuk menjelaskan prosedur suatu masakan pada
pertemuan berikutnya
H.

Sumber/Bahan/Alat
 Buku EOS 1
 Kaset/CD
 Tape Script dari EOS 1

I. Penilaian
 Teknik: Unjuk kerja
 Bentuk: Monolog
Mengetahui
Kepala Sekolah

…………………,….
Guru Mata Pelajaran

______________________
NIP.

__________________
NIP.

Rencana Pelaksanaan Pembelajaran
Mata Pelajaran
Kelas/Semester
Pertemuan ke
Alokasi Waktu
A.

:Bahasa Inggris
: VII/2
: 22
: 2 x 45 menit

Standar Kompetensi

Memahami makna dalam teks lisan fungsional dan monolog pendek
sangat sederhana yang berbentuk descriptive dan procedure untuk
berinteraksi dengan lingkungan terdekat

Mengungkapkan makna dalam teks lisan fungsional dan monolog pendek
sangat sederhana berbentuk descriptive dan procedure untuk
berinteraksi dengan lingkungan terdekat

B.

Kompetensi Dasar

Merespon makna yang terdapat dalam monolog sangat sederhana secara
akurat, lancar, dan berterima untuk berinteraksi dengan lingkungan
terdekat dalam teks berbentuk procedure

117

Tanggung jawab ( responsibility ) 5. F. Dapat dipercaya ( Trustworthines) 2. C. Mengungkapkan makna dalam monolog pendek sangat sederhana dengan menggunakan ragam bahasa lisan secara akurat.   E. dan berterima untuk berinteraksi dengan lingkungan terdekat dalam teks berbentuk procedure Merespon teks prosedur Menjelaskan suatu prosedur Karakter yang dikembangkan 1. Tekun ( diligence ) 4. Sumber/Bahan/Alat  Buku EOS 1  Kaset/CD  Tape Script dari EOS 1 118 . lancar. Indikator   D. Rasa hormat dan perhatian ( respect ) 3. Berani ( courage ) Tujuan Pembelajaran Siswa dapat merespon teks prosedur Siswa dapat menjelaskan suatu prosedur Materi Pokok Teks prosedur Metode Pembelajaran/Teknik: Three-phase technique Langkah-langkah Kegiatan  Kegiatan Awal (10’)  Guru mengabsen siswa dan menanyakan kabar mereka  Siswa ditanya hal-hal penting apa saja yang perlu diberitahukan untuk menjelaskan suatu prosedur  Kegiatan Inti (70’) Eksplorasi  Siswa menjelaskan suatu prosedur secara bergantian Elaborasi  Siswa lain memperhatikan dan memberikan komentar terhadap performa temannya Konfirmasi  Siswa mendapat feedback dari guru mengenai kekurangan dan kelebihan performa siswa  Kegiatan Akhir (10’)  Siswa menyimpulkan hal-hal penting yang dilakukan untuk menjelaskan suatu prosedur H. G.

  B. lancar dan berterima untuk berinteraksi dengan lingkungan terdekat dalam teks berbentuk procedure C. Dapat dipercaya ( Trustworthines) 2. Tekun ( diligence ) 4.…. Penilaian  Teknik: Unjuk kerja  Bentuk: Percakapan dan monolog Mengetahui Kepala Sekolah …………………. Rencana Pelaksanaan Pembelajaran Mata Pelajaran Kelas/Semester Pertemuan ke Alokasi Waktu A. : Bahasa Inggris : VII/2 : 23 : 2 x 45 menit Standar Kompetensi Memahami makna teks tulis fungsional dan esei pendek sangat sederhana berbentuk descriptive dan procedure yang berkaitan dengan lingkungan terdekat Mengungkapkan makna dalam teks tulis fungsional dan esei pendek sangat sederhana berbentuk descriptive dan procedure untuk berinteraksi dengan lingkungan terdekat Kompetensi Dasar  Merespon makna dan langkah retorika secara akurat. Rasa hormat dan perhatian ( respect ) 3. Tanggung jawab ( responsibility ) 119 . lancar dan berterima dalam esei sangat sederhana yang berkaitan dengan lingkungan terdekat dalam teks berbentuk procedure  Mengungkapkan makna dan langkah retorika dalam esei pendek sangat sederhana dengan menggunakan ragam bahasa tulis secara akurat.I. Guru Mata Pelajaran ______________________ NIP. Indikator   Mengidentifikasi informasi teks prosedur Menulis teks prosedur Karakter yang dikembangkan 1. __________________ NIP.

Rencana Pelaksanaan Pembelajaran 120 . Penilaian  Teknik: Tes lisan  Bentuk: Responding Mengetahui Kepala Sekolah …………………. Metode Pembelajaran/Teknik: Three-phase technique Langkah-langkah Kegiatan  Kegiatan Awal (10’)  Guru mengabsen siswa dan menanyakan kabar mereka  Siswa menyebutkan prosedur untuk meraut pensil  Kegiatan Inti (70’) Eksplorasi  Siswa melengkapi prosedur meraut pensil dengan kata yang tepat  Siswa mengidentifikasi action verbs pada kalimat Elaborasi  Siswa mempelajari penggunaan imperative sentences  Siswa mengidentifikasi action verbs pada kalimat  Siswa mencocokkan gambar dengan instruksi yang tepat Konfirmasi  Siswa bermain game Simon says  Kegiatan Akhir (10’)  Siswa melakukan instruksi yang diberikan oleh guru H. G. Guru Mata Pelajaran ______________________ NIP. Sumber/Bahan/Alat  Buku EOS 1  Kaset/CD  Tape Script dari EOS 1 I. Berani ( courage ) D.5. Tujuan Pembelajaran  Siswa dapat mengidentifikasi informasi teks prosedur  Siswa dapat menulis teks prosedur E.…. __________________ NIP. Materi Pokok Teks prosedur F.

lancar dan berterima dalam esei sangat sederhana yang berkaitan dengan lingkungan terdekat dalam teks berbentuk procedure  Mengungkapkan makna dan langkah retorika dalam esei pendek sangat sederhana dengan menggunakan ragam bahasa tulis secara akurat. lancar dan berterima untuk berinteraksi dengan lingkungan terdekat dalam teks berbentuk procedure Indikator D.Mata Pelajaran Kelas/Semester Pertemuan ke Alokasi Waktu A. Mengungkapkan makna dalam teks tulis fungsional dan esei pendek sangat sederhana berbentuk descriptive dan procedure untuk berinteraksi dengan lingkungan terdekat    F. Tekun ( diligence ) 4.   B. Standar Kompetensi Memahami makna teks tulis fungsional dan esei pendek sangat sederhana berbentuk descriptive dan procedure yang berkaitan dengan lingkungan terdekat Kompetensi Dasar C. Dapat dipercaya ( Trustworthines) 2. Berani ( courage ) Tujuan Pembelajaran Siswa dapat mengidentifikasi teks prosedur Siswa dapat menulis teks prosedur Materi Pokok Teks prosedur Metode Pembelajaran/Teknik: Three-phase technique Langkah-langkah Kegiatan  Kegiatan Awal (10’)  Guru mengabsen siswa dan menanyakan kabar mereka  Siswa mereview penggunaan action verbs dan imperative sentences  Kegiatan Inti (70’) Eksplorasi  Siswa mempelajari penggunaan adverbs dan conjunctions 121 . Rasa hormat dan perhatian ( respect ) 3. Merespon makna dan langkah retorika secara akurat. Tanggung jawab ( responsibility ) 5.   G. :Bahasa Inggris : VII/2 : 24 : 2 x 45 menit Mengidentifikasi teks prosedur Menulis teks prosedur Karakter yang dikembangkan 1. E.

__________________ NIP Rencana Pelaksanaan Pembelajaran Mata Pelajaran Kelas/Semester Pertemuan ke Alokasi Waktu A.…. Penilaian  Teknik: Unjuk kerja  Bentuk: Responding Mengetahui Kepala Sekolah …………………. Siswa mencocokkan verbs dengan adverbs-nya Elaborasi  Siswa diminta membaca kalimat dan menggaris bawahi conjuctions  Siswa menyusun kalimat menjadi teks prosedur yang utuh  Siswa membaca teks Konfirmasi  Siswa menjawab pertanyaan mengenai teks tersebut  Siswa melengkapi teks prosedur dengan before atau after  Kegiatan Akhir (10’)  Siswa mereview penggunaan adverbs dan conjunctions H. Sumber/Bahan/Alat  Buku EOS 1  Kaset/CD  Tape Script dari EOS 1 I.   B. Guru Mata Pelajaran ______________________ NIP. :Bahasa Inggris : VII/2 : 25 : 2 x 45 menit Standar Kompetensi Memahami makna teks tulis fungsional dan esei pendek sangat sederhana berbentuk descriptive dan procedure yang berkaitan dengan lingkungan terdekat Mengungkapkan makna dalam teks tulis fungsional dan esei pendek sangat sederhana berbentuk descriptive dan procedure untuk berinteraksi dengan lingkungan terdekat Kompetensi Dasar  Merespon makna dan langkah retorika secara akurat. lancar dan berterima dalam esei sangat sederhana yang berkaitan dengan lingkungan terdekat dalam teks berbentuk procedure 122 .

lancar dan berterima untuk berinteraksi dengan lingkungan terdekat dalam teks berbentuk procedure Mengidentifikasi informasi teks prosedur Menulis teks prosedur Karakter yang dikembangkan 1. Sumber/Bahan/Alat  Buku EOS 1  Kaset/CD  Tape Script dari EOS 1 123 . Mengungkapkan makna dan langkah retorika dalam esei pendek sangat sederhana dengan menggunakan ragam bahasa tulis secara akurat. E. Indikator   D. Tanggung jawab ( responsibility ) 5. Dapat dipercaya ( Trustworthines) 2. Berani ( courage ) Tujuan Pembelajaran  Siswa dapat mengidentifikasi informasi teks prosedur  Siswa dapat menulis teks prosedur Materi Pokok Teks prosedur Metode Pembelajaran/Teknik: Three-phase technique Langkah-langkah Kegiatan  Kegiatan Awal (10’)  Guru mengabsen siswa dan menanyakan kabar mereka  Siswa menyebutkan bagian-bagian apa saja yang terdapat pada teks prosedur  Kegiatan Inti (70’) Eksplorasi  Siswa membaca penjelasan bagian-bagian teks prosedur  Siswa menganalisa generik struktur dan tat kebahasaan teks prosedur Elaborasi  Siswa memberi label pada teks prosedur  Siswa menjawab pertanyaan  Siswa menyusun tahapan pada teks prosedur  Siswa mengidentifikasi generik strukturnya dan tata bahasanya dengan pertanyaan yang diberikan Konfirmasi  Siswa berkelompok menjelaskan cara membuat kartu ulang tahun  Kegiatan Akhir (10’)  Siswa mendapat feedback dari guru H. Tekun ( diligence ) 4. Rasa hormat dan perhatian ( respect ) 3. G. C. F.

Guru Mata Pelajaran ______________________ NIP.I. C.   B.…. __________________ NIP. lancar dan berterima dalam esei sangat sederhana yang berkaitan dengan lingkungan terdekat dalam teks berbentuk procedure  Mengungkapkan makna dan langkah retorika dalam esei pendek sangat sederhana dengan menggunakan ragam bahasa tulis secara akurat. Rencana Pelaksanaan Pembelajaran Mata Pelajaran Kelas/Semester Pertemuan ke Alokasi Waktu A. lancar dan berterima untuk berinteraksi dengan lingkungan terdekat dalam teks berbentuk procedure Indikator 124 . Penilaian  Teknik: Unjuk kerja  Bentuk: Analisa teks Mengetahui Kepala Sekolah …………………. :Bahasa Inggris : VII/2 : 26 : 2 x 45 menit Standar Kompetensi Memahami makna teks tulis fungsional dan esei pendek sangat sederhana berbentuk descriptive dan procedure yang berkaitan dengan lingkungan terdekat Mengungkapkan makna dalam teks tulis fungsional dan esei pendek sangat sederhana berbentuk descriptive dan procedure untuk berinteraksi dengan lingkungan terdekat Kompetensi Dasar  Merespon makna dan langkah retorika secara akurat.

E. Rasa hormat dan perhatian ( respect ) 3. Penilaian  Teknik: Unjuk kerja  Bentuk: Hasil Tulisan 125 . Mengidentifikasi informasi teks prosedur Menulis teks prosedur Karakter yang dikembangkan 1. Tekun ( diligence ) 4. Dapat dipercaya ( Trustworthines) 2. Sumber/Bahan/Alat  Buku EOS 1  Kaset/CD  Tape Script dari EOS 1 I. F. G. Berani ( courage ) Tujuan Pembelajaran  Siswa dapat mengidentifikasi informasi teks prosedur  Siswa dapat menulis teks prosedur Materi Pokok Teks prosedur Metode Pembelajaran/Teknik: Three-phase technique Langkah-langkah Kegiatan  Kegiatan Awal (10’)  Guru mengabsen siswa dan menanyakan kabar mereka  Siswa mereview penjelasan tentang generik struktur dan tata bahasa teks prosedur  Kegiatan Inti (70’) Eksplorasi  Siswa membaca teks prosedur pada hal 202  Siswa menjawab pertanyaan mengenai teks tersebut Elaborasi  Siswa menulis teks prosedur berdasarkan gambar yang tersedia Konfirmasi  Siswa menulis teks prosedur sesuai topik yang dipilih  Kegiatan Akhir (10’)  Siswa mendapat feedback dari guru H. Tanggung jawab ( responsibility ) 5.  D.

Mengetahui Kepala Sekolah ………………….…. __________________ NIP. Guru Mata Pelajaran ______________________ NIP. 126 .