You are on page 1of 19

Penggolongan

PenggolonganBahan
BahanKimia
Kimia
Rumah
RumahTangga
Tangga
bahan
bahankimia
kimiadalam
dalamrumah
rumahtangga
tanggadikelompokkan
dikelompokkanmenjadi
menjadi
dua
duaberdasarkan
berdasarkansifatnya,
sifatnya,yaitu:
yaitu:
A. Bahan Kimia Alami

B. Bahan Kimia
Sintetis

Yang termasuk bahan kimia alami adalah
bahan-bahan yang berasal dari alam dan di
dalamnya terkandung senyawa-senyawa
kimia, misalnya kunyit, bawang, sereh,
daun jeruk, jahe dan lain-lain.

Yang termasuk bahan kimia
sintesis adalah bahan-bahan
yang berasal dari bahan dari
senyawa kimia buatan

BAHAN BAHANKIMIA KIMIARUMAH RUMAH TANGGA TANGGA Penggolongan Bahan Kimia Rumah Tangga Berbagai jenis bahan kimia yang kita gunakan dirumah dapat dikelompokkan berdasarkan penggunaannya yaitu : Bahan pembersih Bahan pemutih Bahan pewangi Bahan pembasmi serangga .

Bahan kimia yang termasuk dalam kelompok ini yang dapat membantu proses pencucian yaitu melepaskan kotoran dari tempatnya menempel dan menahan agar kotoran yang telah terlepas tetap tersuspensi .Bahan pembersih Bahan pembersih adalah bahan kimia dalam rumah tangga yang bermanfaat sebagai pembersih.

pencermerlang. redoposisi. Pemuat Pemuatanti antiredoposisi. Contoh Bahan Kimia Pembersih : Natrium Natrium Palmilat Palmilat  Sabun Natrium Komposi si  Detergen Natrium Kernelate Kernelate Natriun NatriunStereat Stereat Gliserin Gliserin Reaksi Reaksidalam dalampembuatan pembuatansabun: sabun: Gliserin Gliserin++NaOH NaOH(soda (sodaapi)  api)  gliserol  gliserol++natrium natrium karboksilat (sabun) karboksilat (sabun) Akil AkilBenzen. Bahan Bahanpencermerlang. pewangi pewangi Komposi si Reaksi Reaksipembentukan pembentukandetergen: detergen: Lauril Laurilalkohol alkohol++asam asamsulfat sulfat     lauril  laurilhidrogen hidrogen sulfat sulfat Lauril Laurilhidrogen hidrogensulfat sulfat++Soda Sodaapi  api  Detergen  Detergen ..Con’t.Sulfonat.. Benzen. Sulfonat.

Contoh Bahan Kimia Pembersih : Natrium Natrium Palmilat Palmilat  Shampo Natrium Natrium Komposi si Kernelate Kernelate Natriun NatriunStereat Stereat Gliserin Gliserin Reaksi Reaksidalam dalampembuatan pembuatansabun: sabun: Gliserin + NaOH (soda api)  Gliserin + NaOH (soda api)  gliserol  gliserol++natrium natrium karboksilat karboksilat(sabun) (sabun) ..Con’t..

Prinsip Kerja Sabun dan Detergen:  Air dan lemak/kotoran tidak bercampur.Con’t... sehingga lemak/kotoran dapat dihilangkan dari tempatnya menempel.  Bagian lipophob atau bagian hidrophil bersifat polar sehingga dapat melarut dalam air yang juga bersifat polar. .  Dengan adanya sabun atau deterjen maka air dan lemak/kotoran dapat bercampur.  Sabun maupun deterjen memiliki dua bagian.  Bagian lipophil atau hidrophob bersifat non polar sehingga dapat bercampur dengan lemak-lemak atau kotoran. yaitu bagian lipophob dan bagian lipophil.

Pemutih Pemutihberdasarkan berdasarkanwujudnya wujudnyadapat dapatdibedakan dibedakanmenjadi menjadidua dua:: 1. pada umumnya masyarakat mengenal sebagai kaporit. Kaporit dapat dimanfaatkan dalam mensterilkan air dari bakteri.Bahan pemutih Bahan pemutih adalah senyawa kimia yang biasa dipergunakan dan dimanfaatkan selain sebagai pemutih pada bahan tertentu juga sebagai penghilang noda maupun desinfektan. . Padat(bubuk putih) Sebagai kalsium hipoklorit dengan rumus kimianya Ca(OCl)2 .

. parfum (jika diperlukan) dan air...Con’t. Alkyl sulphate dalam merek dagang sering disebutemal-70 ditambahkan dan berfungsi sebagai penghilang noda (stain remover). 2. Di pasaran produk pemutih cair biasanya mengandung natrium hipoklorit dengan konsentrasi sekitar 12%-13%. Cair Pemutih cair biasa disebut sebagai natrium hipoklorit (NaOCl) Selain dalam komposisi senyawa tersebut pemutih cair umumnya juga mengandung : alkyl sulphate.

pelembut pakaian.Con’t. detergen. Pewangi atau parfum adalah hasil percampuran berbagai macam bahan pewangi (fragrance) yang bersifat mudah menguap. sampo. pembersih kaca. pengharum ruangan bahkan untuk memberikan aroma wangi  pada badan manusia. Produk yang sering ditambahkan bahan pewangi antara lain adalah sabun. pelarut. air airsuling(5%suling(5%20%) 20%)dan fragrance (10%-30%)) dan fragrance (10%-30%)) ... Komposisi Komposisipewangi pewangiumumnya umumnya adalah adalah etil etilalkohol alkohol(50%-90%) (50%-90%) difungsikan difungsikan sebagai sebagaipelarut.

mata. mulut dan tenggorokan..Con’t. kerusakan kerusakanvita vitasuara. Selain memberikan manfaat wangi. mengantuk dan defresi mengantuk dan defresi Efek EfekSamping Samping:: Memiliki Memilikiefek efeknarkotik narkotik dan daniritasi iritasimata.. Aseton Aseton Benzaldehid Benzaldehid Efek EfekSamping Samping: : Menyebabkan Menyebabkankekeringan kekeringan mulut dan tenggorokan. mulut dan mulut dan tenggorokan tenggorokan . suara. kandungan yang terdapat dalam parfum juga memiliki efek samping.kulit. kulit.

Namun Namunmasih masihbanyak banyakproduk produkinsektisida insektisidayang yang difungsikan dalam dunia pertanian. nyamuk. Dursban. . Insektisida Insektisida Insektisidaadalah adalahbahan bahankimia kimiapembasmi pembasmi serangga. serangga dan hewan pengganggu tanaman. ruangan.Pestisida Pestisida adalah termasuk bahan kimia yang dipergunakan untuk membasmi hama.Dursban. Kandungan bahan kimia aktif dalam Kandungan bahan kimia aktif dalaminsektisida insektisida adalah transflutrin. misalnya: difungsikan dalam dunia pertanian. TI. khususnya pada jenisanti anti nyamuk bakar diambil khasiatnya melalui nyamuk bakar diambil khasiatnya melalui asapnya asapnyayang yangmenyebar menyebarke keseluruh seluruhruangan. Pestisida Pestisidadapat dapatdibedakan dibedakanmenjadi menjadi:: 1. khususnya pada jenis adalah transflutrin.Shenphos Shenphos56 56TI. Regent. serangga. misalnya: Regent. Insektisida Insektisidadi didalam dalamrumah rumahtangga tanggabiasanya biasanya difungsikan difungsikanuntuk untukmembasmi membasminyamuk. gulma.

Kasumina. Daconi. Daconi. pertanian. Nemispor.baktocine. Kasumina. M-45. Starner. 2.2. Fungisida Con’t.. Agrept. . Fungisida Adalah Adalahjenis jenispestisida pestisidayang yangdipergunakan dipergunakanuntuk untuk membasmi membasmijamur jamuratau atau parasit.formycine. Contoh Contoh produk produk bakterisida: bakterisida: Agrept. Bakterisida Adalah Adalah pestisida pestisida pembasmi pembasmi bakteri bakteri dalam dalam  dunia  dunia pertanian.  parasit. 3. Starner.baktocine.. formycine. Contoh Contohproduk produkfungisida fungisida::Dithane DithaneM-45. Nemispor.

tikus. Contoh produk nematosida: Furadan Contoh produk nematosida: Furadan33G. petrokum. Nematisida Adalah Adalahjenis  jenis pestisida pestisidapembasmi pembasmicacing.klerat. .. Fungisida Con’t.petrokum. G. Rugby 10G. 7.. cacing. Rodentisida Adalah Adalahpestisida pestisidapembasmi pembasmi tikus. Rugby 10G.2. 4. Atasi. Contoh Contohproduk produkmisalnya: misalnya: Ratgon. 5. Herbisida Adalah Adalahsenyawa senyawaatau ataumaterial materialyang yang disebarkan disebarkanpada padalahan lahanpertanian pertanian untuk untukmenekan menekanatau ataumemberantas memberantas tumbuhan tumbuhanyang yangmenyebabkan menyebabkan penurunan hasil (gulma). klerat. Ratgon. penurunan hasil (gulma).Atasi.

Benzil asetat bersifat karsinogenik. dan uapnya dapat mengiritasi mata. etil asetat. Di dalam parfum. mata.Efek Samping Penggunaan Bahan Efek Samping Penggunaan Bahan Kimia Rumah Tangga Kimia Rumah Tangga EFEK NEGATIF dari zat-zat pembersih yakni sangat mengganggu habitat dan kelangsungan hidup biota perairan. Benzaldehida memiliki efek narkotik dan iritasi pada kulit. benzaldehida. dll. kerusakan pita suara. selain etil alkohol sebagai pelarut sering ditambahkan zatzat seperti: aseton. benzil alkohol. cairannya dapat meresap ke dalam system tubuh melalui kulit. merusak hati. Benzil alkohol menyebabkan iritasi saluran pernapasan bagian atas dan penurunan tekanan darah. Etil asetat bersifat seperti narkotik. benzil asetat. Zat-zat ini memiliki efek negatif bagi kesehatan. dan tenggorokan. Aseton dapat menyebabkan kekeringan mulut dan tenggorokan. . mulut. dan depresi. dan menyebabkan anemia. mengantuk.

AA Fragrance BB Pigmen CC Surfaktan DD Desinfektan ....1. Bahan kimia utama pada bahan pembersih disebut dengan .

.. Bahan aktif pada cairan pemutih adalah .2.. AA Natrium klorida BB Magnesium sulfat CC Natrium hipoklorit DD Kalsium karbonat .

...3. AA Fragrance BB Pigmen CC Surfaktan DD Desinfektan pada . Bahan kimia utama parfum adalah .

. AA Kerusakan ginjal BB Kerusakan hati CC Kerusakan Kulit DD Kerusakan Mata . Produk pemutih dapat menyebabkan kerusakan ..4..

Senyawa DDT yang terdapat dalam tubuh dalam jumlah tertentu AA dapat mengakibatkan .. BB Kelumpuhan CC Keracunan DD Gangguan pernapasan ..5..