You are on page 1of 7

ANTIBIOTIK ALAMI UNTUK MENGATASI ANEKA PENYAKIT

A. Antibiotik
Antibiotik merupakan segolongan senyawa alami atau sintesis yang memiliki
Kemampuan untuk menekan atau menghentikan proses biokimiawi didalam suatu
organisme, khususnya proses infeksi bakteri. Antibiotik juga yaitu substansi yang mampu
menghambat pertumbuhan serta reproduksi bakteri dang fungi.
Maraknya penyakit infeksi, terutama pada anak membuat sebagian besar orang panik
dan khawatir. Tidak sedikit penderita yang dibawa ke dokter untuk mendapatkan obat.
Parahnya lagi, mereka merasa tenang saat dokter meresepkan antibiotik, meski
penyakitnya disebabkan oleh virus. Satu golongan antibiotik tertentu hanya mampu
membunuh jenis bakteri tertentu. Karena itu, pemberian antibiotik secara irasional dapat
menimbulkan terjadinya mutasi atau munculnya strain bakteri yang kebal terhadap suatu
antibiotik.
1. Jenis dan cara kerja antibiotik
Antibiotik berbeda dengan desinfektan dalam hal cara kerja. Cara desinfektan
membunu bakteri adalah menciptakan lingkungan tidak wajar bagi kehidupan bakteri,
sedangkan cara kerja antibiotik adalah menghentikan proses metabolisme suatu bakteri.
 Antibiotik bersifat bakterisidal, yaitu antibiotik yang bersifat destruktif atau merusak
suatu bakteri
 Antibiotik bersifat bakteriostatik, yaitu antibiotik yang bekerja menghambat
pertumbuhan atau perkembangbiakan suatu bakteri.
Antibiotik dibedakan menjadi lima, sebagai berikut:
 Antibiotik penghambat reaksi kimia dinding sel bakteri. Obat antibiotik yang
termasuk kedalam golongan ini antara lain penisilin, sefalosporin, basitrasin,
vankomisin, ristosetin, dan sikloserin.
 Antibiotik penghambat reaksi kimia asam nukleat sel mikroba. Obat antibiotik yang
termasuk kedalam golongan penghambat sintesis asam nukleat sel mikroba adalah
rifampisin dan asam nalidiksat.
 Antibiotik penghambat reaksi kimia protein. Obat antibiotik yang termasuk kedalam
golongan penghambat sintesis protein adalah aminoglikosit, makrolit, linkomisin,
tetrasiklin dan kloramfenikol.
 Antibiotik penghambat fungsi membran sel. Contoh antibiotik penghambat fungsi
membran sel antara lain ionimycin.
 Antibiotik penghambat metabolisme sel mikroba. Conto antibiotik penghambat
metabolisme sel mikroba adalah sulfa atau sulfonamid, trimetophrim, dan asam paminosalisilat.

2. Bahaya penggunaan antibiotik secara irasional

terapi hepatitis kronis. Bacillus subtillis. Dari penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa meniran lebih efektif untuk mengobati penyakit yang disebabkan oleh keempat bakteri tersebut. Cara paling baik dan mudah membuat bakteri menjadi resisten terhadap antibiotik adalah “ memperlakukan mereka secara salah”. anti-tuberkulosis. dan porphromonas ginggvalis. Akhirnya. Meniran (Phylantus Niruri) Inggris menjuliki meniran dengan stonerbreaker. Saat antibiotik dikonsumsi tidak tepat waktu. dan sebagai komponen obat diabetes melitus. batukdan lepra.Yunani Dioscorides menyatakan bahwa bawang putih dapat digunakan untuk mengobati gigitan ular.Penyakit kulit. Tanaman obat bersifat antibiotik Antibiotik tidak hanya sebatas pis atau kapsul yang diberikan dokter atau dibeli di apotek. B. Berikut tiga kerugian akibat konsumsi antibiotik yang tidak benar. meniran tealah digunakan sebagaianti radang. Khususnya sebagai anti bakteri. 1. Temulawak (curcuma xanthorriza) Ekstrak rimpang temulawak ternyata mampu membunuh bakteri jahat pada gigi. E. Bahkan . meningkatkan daya tahan tubuh. Bawang putih (Allium Sativum) Hippocrates. merekomendasikan bawang putih untuk mengobati infeksi paru. bakteri menjadi kebal jika tidak tuntas mengonsumsi obat antibiotik.Konsumsi antibiotik harus benar. maka semua bakteri penyebab infeksi tidak terbunuh. Beberapa tanaman herbal di sekitar kita ternyata memiliki efek serupa dengan obat-obatan antibiotik komersial. Actinomyces viscosus. radang pencernaan di usus besar. Senyawa aktif dalam bawang putih segar yang dihancurkan memiliki sifat sebagai antibakteri. Daun meniran yang diekstrak mengunakan methanol memiliki efek anti bakteri paling tinggi terhadap bakteri Staphylococcus aureus. 3.  Bakteri semakin kebal terhadap antibiotik. dan nieteralin. bapak kedokteran barat. Penelitina di laboratorium mengatakan bahwa ekstrak bawang putih mampu meningkatkan sel kekebalan tubuh. Senyawa aktif yaang berada dalam tanaman meniran yaitu phylanthin. kanker.coli.dari namanya sudah bisa ditebak bahwa maniran telah digunakan sebagai penghancur batu ginjal. 2. hypophylanthin. dan mengatasi infeksi saluran pernapasan akut. infeksi dapat kembali muncul di tempat yang sama bahkan muncul di tempat lain. Selain itu bukti ilmia tentang manfaat meniran sudahBanyak dipublikasikan. Artinya. Senyawa . Secara empiris. yaitu Staphylococcus.mengobati inveksi liver. dan Psudomonas aeruginosa. Antibiotik yang dikonsumsi tidak tepat waktu dan tidak tepat sasaran dapat menyebabkan kerugian bagi konsumennya.  Infeksi berulang. niranthin. Pelarut asam urat. dan gangguan pencernaan.

asma. L-asperuloside. proteus sp. Jahe (Zingiber Officinale) Senyawa penting yang terkandung di dalm jahe antara lain minyak asiri (βbisabolen. Manfaat babandotan yang telah terbukti secara ilmiah adalah sebagai obat anti – inflamasi. kalium. radaang. gusi dan tenggorokan manusia yeng sehat. sallmonela. acubin. Akhinya. fosfor. Bubuk jahe seberat satu gram dapat menghilangkan rasa mual termaksuk mual pasca-operasi. streptococcus dan salmonella typhii.MH. vitamin B6. Senyawa aktif di dalam jahe mampu menghambat pertumbuhan bakteri-bakteri jahat. seperti Staphylococcus. Staphylococcus. Actinomyces viscosus merupakan bakteri gram positif. sel bakteri mengerut dan mati. Spesies bakteri dapat menyebabkan infeksi aktinomikosis granulomatosa dan membentuk abses di mulut (benjolan disekitar gusi yang berisi nanah). kandungan fitokimia dala buah mengkudu yang bersifat sebagai anti bakteri adalah antrakuinon. Rasa dan aroma pedas pada jahe disebabkan oleh kandungan senyawa gingerol dan volatil.coli dan sallmonela. Aktinomikosis bisa juga disebabkan oleh trauma. dan demam. 7. Keempat senyawa tersebut telah terbukti dapat membunuh beberapa bakteri penyebaba infeksi. anaerobik. linabol geranial. phellandren. 5. enzim proteolitik. dan asam linoleat. shigella. atau saluran pencernaan. vitamin C. pseudomonas yang tumbuh disaluran pernafasan dan pencernaan Babandotan banyak digunakan sebagai obat luka. berserabut dan bagian flora normal mulut manusia.coli. paru-paru. Sambiloto (Andrographis paniculata) . E. Bakteri ini dapat tumbuh di daerah sekitar gigi. dan alizarin. Bahkan infeksi ini dapat masuk ke saluran pencernaan hingga mencapai usus buntu. citral. oleoresin. pseudomonas. Sebuah penelitian menyatakan bahwa jahe memiliki khasiat untuk mencegah penyakit dan membuang racun (profilaksis dan detoksifikasi). limonel. demam. 4. beri-beri.aktif xanthorrizol di dalam temulawak membuat proteinketiga sel bakteri diatas mengalami denaturasi. diare. pakar herbal dan ketua himpunan pengobatan tradisional dan akupuntur indonesia. Pada penelitian in vivo menunjukan bahwa senyawa aktif 8-gingerol dan 10gingerol di dalam jahe mampu menghambat perbanyakan bakteri jahat di dalam usus besar. kalsium. daun pohon mengkudu digunakan untuk mengobati sakit perut. e-coli. akar tanaman babandotan mampuh mengatasi disentri. seperti E. 6. Selain itu. magnesium. Menurut profesor. dan zingeberen). seperti ekstrasi gigi atau pendarahan gusi. hepatitis dan ganguan saluran pernafasan. Mengkudu (morinda citrifolia) Masyrakat awam telah memanfaatkan ekstrak mengkudu atau air rebusan mengkudu sebagai obat diabetes. Babandotan (Ageratum conyzoides) Penelitian diberbagai negara menyatakan bahwa babandotan yang diekstrak menggunakan alkohol efektif manghambat pertumbuhan bakteri Staphylococcus. cineol. dan gatal-gatal. Hembing Wijayakusuma.

11. polifenol. Kayu manis sering digunakan sebagai bumbu. di antaranya βsitosterol. obat penurun panas. antidiare dan antiinfeksi. quercetin.senyawa kimia yang terkandung di dalam daun beluntas meliputi minyak asiri. perut kembung. Beberapa senyawa tersebut terbukti memiliki aktivitas antikanker. Lidah buaya (Aloevera Linn. dan aldehid. Beluntas (Pluchea indica) Pemanfaatan daun beluntas sebagai salah satu tanaman obat oleh masyarakat tradisional. atau asma. neoandrographolide. 9. alkohol. 10. imunostimulan. hiperosida. dan insektisida. vitamin B1. Kandungan giberelin dan beberapa polisakarida yang berperan aktif mengatasi masalah seperti mengobati penyakit tukak lambung atau luka pada tenggorokan. andrographolid. 12didehydroandrographolide. dan B1 didalamnya mampu memperbaiki fungsi penglihatan pada penderita diabetes melitus.Tanaman herbal ini telah digunakan secara empiris untuk menurunkan kadar gula darah dan menurunkan tekanan darah. kalium. aucubin. quercitrin. KH. Selain itu kayu manis juga memiliki efek farmakologis yang dibutukan dalmpembuatan obat-obatan seperti obat antirematik . Mimba (Azadiracta indica) Daun mimba mengandung senyawa-senyawa bermanfaat. Daun beluntas digunakan sebagai obat untuk mehilangkan bau badan dan bau mulut.penyakit kardiovaskuler. 12. nimbolida. polisakarida. atau obat karena memiliki bau aromatik. Selain itu vitamin A. Daun sendok (plantago mayor L) Senyawa kimia yanga ada di dalam daun sendok antara lain plantangin. atrakuinon. dan tamin. parfum. Selain itu. anti-inflasi. kalsium. 6-desacetylbimbin. dan homoandrographolide) serta flavonoid alkane. Kayu manis (Cinnamomum burmanni) Kayu manis dikenal sebagai rempah-rempah. C. enzim. penambah nafsu makan. beberapa produsen tanman obat telah banyak yang menggunakan sambiloto sebagai campuran obat hiperurisemia (kadar asam urat tinggi dalam darah). asam amino. dan nimbin. demam. aloe barbadensis Mill) Senyawa aktif di dalam lidah buaya sengat banyak. A serta mineral kalium. natrium. Kandungan rhinantin berfungsi sebagai agen andrenegikunyuk menghilangkan nyeri otot. 14-deoxy-11. dan obat diare. 8. Lidah buaya digunakan sebagai obat diabetes karena kandungan mukopolisakarida di dalamnya. sambiloto juga banyak digunakan sebagai obat anti kanker. flavonoid. lemak. saponin. Mimba digunakan untuk menyembukan penyakit kulit. diantaranya saponin. Kayu manis juga digunakan untuk mengobati diare. anti virus. Didalam sambilito terkandung senyawa berkhasiat. dan hormon. azadirachtin. mangan. Bahkan. obat batuk. C. keton. seperti lakton (deoxyandrographolid. antibakteri. Daun sendok juga bersifat hepatoprotektor dan menormalkan fungsi hati. rutin. vitamin. seng. flavonoid.

Ramuan herbal untuk sinusitis Bahan  10 gram sambiloto  20 gram daun sendok  20 gram kunir putih  1 liter air (5 gelas air) Cara membuat  Rebus semua bahan di atas api kecil hingga tersisa dua gelas air rebusan.  Minum satu gelas air rebusan tiga kali sehari (pagi. memarkan  2 batang kayu manis (1x2 cm)  10 lembar daun beluntas  200 ml air Cara membuat  Rebus semua bahan di atas api kecil hingga tersisa dua gelas air rebusan. Ramuan herbal untuk Paringitis Bahan  10 gram sambiloto  10 gram kunyit  10 gram pegagan  20 gram daun sendok  1 liter air (5 gelas) Cara membuat  Rebus semua bahan di atas api kecil hingga tersisa dua gelas air rebusan.  Tambahkan gula merah secukupnya jika suka. siang dan sore ) satu jam sebelum makan atau dua jam sesedah makan. Ramuan herbal 1. 3. 4. Ramuan herbal untuk bronkitis Bahan  2 ruas jari jahe. kupas .  Minum satu gelas air rebusan dua kali sehari (pagi dan sore ) satu jam sebelum makan atau dua jam sesedah makan 2. siang dan sore ) satu jam sebelum makan atau dua jam sesedah makan. Ramuan herbal untuk Influenza Bahan :  10 gram daun sambiloto kering  20 gram daun sendok kering  800 ml air (4gelas air) Cara membuat  Rebus semua bahan di atas api kecil hingga tersisa dua gelas air rebusan.C. Minum ramuan ini 5-7 hari. .  Minum satu gelas air rebusan tiga kali sehari (pagi. Minum ramuan ini 5-7 hari.  Tambahkan gula merah secukupnya jika suka.  Tambahkan gula merah secukupnya jika suka.

7. Ramuan herbal untuk grastritis Bahan  20 gram daging lida buaya Cara membuat  Blender daging lidah buaya hingga halus.  Tambahkan gula merah secukupnya jika suka. Ramuan herbal untuk infeksi kulit Bahan  10 gram daun sendok. Cara membuat  Tumbuh daun sendok hingga halus. Ramuan herbal untuk tifoid Bahan  10 gram sambiloto  10 gram temulawak  10 gram kunyit  1liter air Cara membuat  Rebus semua bahan di atas api kecil hingga tersisa dua gelas air rebusan.  Tambahkan gula merah secukupnya jika suka. ANTIBIOTIK ALAMI UNTUK MENGATASI ANEKA PENYAKIT .  Minum satu gelas air rebusan tiga kali sehari (pagi. Minum ramuan ini 5-7 hari. Minum satu gelas air rebusan dua kali sehari (pagi dan sore ) satu jam sebelum makan atau dua jam sesedah makan. lalu borehkan pada bagian yang gatal. Minum ramuan ini 5-7 hari. sebelum makan 6. tambahkan madu jika suka  Minum eramuan 2 kali sehari. siang dan sore ) satu jam sebelum makan atau dua jam sesedah makan. 5. cuci bersih.

DISUSUN OLEH : APRIANSYAH ABDURRAHMAN NIM : PO3131113003 KELAS : III A GIZI POLITEKNIK KESEHATAN KEMENKES GORONTALO TA. 2015/2016 .