You are on page 1of 40

KELAS XI-IIS-2

KELOMPOK 2
CHOLIS ARISKI
(Ketua)
DWI ARI BASKORO
SELAMET RIDHO
ESRIL Praniko
FIDI WIDIANTO
PUSTIKA DEWI
KEVIN NOVENDRA
MASWIN

REVOLUSI PERANCIS

2

Peta Negara Perancis

3

Penjelasan Umum
Revolusi Perancis adalah Sebuah
revolusi besar yang mengubah
tatanan pemerintahan dan
kemasyarakatan yang terjadi di
Perancis dipelopori oleh warga kota
(borjuis) yang berkeinginan
menggantikan peranan kaum
bangsawan dan gereja dalam
pemerintahan maupun
perekonomian.

4

KEADAAN MENJELANG REVOLUSI 5 .

Louis XIV (1643-1715) Louis-Dieudonné (5 September 16381 September 1715)  Dia dijuluki sebagai Raja Matahari atau Louis Yang Agung  Semboyannya L'État. c'est moi (Negara adalah Saya)  6 .

Lanjutan Louis XIV  Pada masa Louis XIV. dan Pajak anggur (aide) 7 . namun membuat rakyat sengsara  Louis XIV mendirikan Istana Versailes yang dibiayai dari pajak masyarakatnya  Pajak tanah (taille). Perancis mencapai puncak kejayaan. Pajak gandum (gabele).

Istana Versailles 8 .

 Taman Istana Versailles  Langit-langit Istana Versailles 9 .

golongan II (bangsawan). golongan I (rohaniwan).Lanjutan Louis XIV  Pada masa ini.dan golongan III (rakyat biasa)  Golongan I dan II memiliki hak istimewa seperti bebas pajak dan dapat menarik pajak dari rakyat 10 . masyarakat terbagi menjadi tiga golongan.

Legislatif. Baron de La Brède et de Montesquieu (18 Januari 1689 –  10 Februari 1755) Trias Politica (Eksekutif. Yudikatif) 11 .MONTESQUIEU   Charles-Louis de Secondat.

28 Juni 1712 – Ermenonville. 2 July 1778) Teori tentang kedaulatan rakyat atau Demokrasi Buku yang terkenal adalah Du Contract Social 12 .JEAN JACQUES ROUSSEAU    Jean Jacques Rousseau (Geneva.

dan kebebasan sipil.VOLTAIRE   François-Marie Arouet (21 November 1694 – 30 Mei 1778 Pendapatnya : hakhak manusia. termasuk kebebasan beragama dan hak mendapatkan pengadilan yang patut 13 .

Raja Perancis sering berfoya-foya sehingga pada masanya Louis XVI terbebani dengan banyak hutang .Louis XVI (1774-1792) 14  Louis XVI (23 Agustus 1754 –21 Januari 1793)  Sejak Louis XIV.

Perancis memberikan bantuan terhadap Amerika (Perang Kemerdekaan Amerika) di pimpin oleh Laffayete Awalnya.Lanjutan Louis XVI 15   Pada masa ini. Louis XVI di sukai rakyatnya. namun karena sikapnya yang absolut dan ketidaksanggupannya mengatasi masalah krisis ekonomi maka rakyat membencinya .

16 Oktober 1793) Istri dari Louis XVI Dia dijuluki sebagai Madam Devisit karena suka menghabiskan uang negara untuk kepentingan pribadi 16 . 2 November 1755-Paris.Marie Antoniete Maria Antonia Josepha von Habsburg-Lothringen (Vienna.

Penyebab Revolusi Perancis Kekuasaan Raja yang absolutisme Munculnya tokoh-tokoh pembaharuan Rakyat dibebani pajak (Golongan III). sedangkan bangsawan terutama Louis XVI berfoya-foya Adanya pengaruh dari Perang Kemerdekaan Amerika 17 .

Memerintah tanpa DPR. 2. Sistem pemerintahan yang absolut. hidup didalam kemewahan. golongan tersebut memiliki sifat menunjung tinggi azas kebersamaan dan . 4. 3. dan setiap saat dikelilingi wanita cantik. Memerintah tanpa UUD. Raja Louis XIV terkenal dengan ucapan L’etat C’est Moi (negara adalah saya). Memerintah tanpa kepastian dan kekuasaan hukum. Golongan yang menentangnya adalah kaum borjuis yang disebut juga golongan III. artinya kekuasaan tidak dibatasi UndangUndang Dasar. Memerintah tanpa anggaran belanja yang pasti. Hal ini menjelaskan bahwa ia adalah raja yang absolut paling berkuasa saat itu.KONDISI PERANCIS SEBELUM REVOLUSI POLITIK Sejak pemerintahan Louis XIII. Ciri-ciri Pemerintahan Raja Louis XIV yang absolut: 1. Perancis menjalankan pemerintahan yang absolut. menyebabkan banyak pihak yang diam-diam menentangnya.

Hasil pajak itu tidak digunakan untuk kepentingan negara melainkan untuk kepentingan raja dan kerabata istana. rakyat menjadi menderita karena dibebani berbagai pajak yang sangat tinggi seperti pajak tanah (taille). . pajak gandum (gebele). Itu menyebabkan terjadinya perbedaan kelas sosial antara rakyat dan keluarga istana.KONDISI PERANCIS SEBELUM REVOLUSI EKONOMI Pada masa pemerintahan Louis XIV. rakyat justru menderita akibat pajak tinggi yang dikenakan. Perancis mencapai puncak kejayaannya. Akan tetapi. Bagi mereka itu merupakan suatu pemerasan secara halus oleh raja. dan pajak anggur (aide). SOSIAL Pada saat keluarga istana hidup bergelimang kemewahan.

3. Keuangan negara Perancis yang kacau. 2. Banyaknya jenis pajak yang memberatkan rakyat. Pemerintahan Raja Louis XVI yang absolut.SEBAB-SEBAB TERJADINYA REVOLUSI PERANCIS SEBAB UMUM 1. Beredarnya isu bahwa Raja Louis XVI akan menggunakan kekerasan untuk membubarkan badan konstituante yang sedang melaksanakan sidang. . SEBAB KHUSUS 1.

Jalannya Revolusi Perancis 21 .

kelompok pertama (para rohaniwan).Etats-Généraux (5 Mei 1789-17 Juni1789) Pembentukan Etats-Généraux menyebabkan berkembangnya keprihatinan pada pihak oposisi Terdiri dari 3 kelompok. kelompok kedua (para bangsawan). kelompok ketiga (rakyat) Setiap kelompok mendapat satu suara 22 .

lanjutan Etats-Généraux “Komite Tiga Puluh” mulai melakukan perlawanan dengan meminta kelompok ketiga digandakan dan pemungutan suara dilakukan per kepala Necker menyetujui pendapat “Komite Tiga Puluh” namun untuk pemungutan suara per kepala dia serahkan kepada pertemuan 23 .

pada tanggal 17 Juni 1789 mengganti Etats-Généraux menjadi Dewan Nasional 24 .lanjutan Etats-Généraux Pada sidang Etats-Généraux. terjadi kekacauan dan Raja tidak bisa mengatasi sehingga sidang di bubarkan Golongan III tetap menjalankan sidang.

Sumpah Lapangan Tenis Ditandangani oleh 576 anggota dari 577 anggota Golongan III “Dewan Nasional tidak akan bubar sebelum Perancis mempunyai UUD” 25 .

maka Dewan Nasional berubah nama menjadi Dewan Konstituante Saat itu pula tersiar kabar Raja menyiapkan pasukan yang menyebabkan rakyat marah dan menyerbu penjara Bastille 26 .Dewan Konstituante Sejak kejadian sumpah “Lapangan Tenis” Dewan Nasional akhirnya bertugas membuat UUD.

Penyerbuan ke Penjara Bastille (14 Juli 1789) 27 .

Lanjutan Penyerbuan ke Penjara Bastille Tanggal 14 Juli 1789. rakyat perancis menyerbu penjara Bastille Penjara Bastille berisi tahanan politik dan rakyat Perancis yang menentang Penguasa Penjara Bastille dianggap sebagai lambang ke absolutismean Raja Perancis Tanggal 14 Juli 1789 dijadikan 28 .

Semboyan Revolusi Perancis Fraternite (persaudaraan) Egalite (persamaan) Liberte (kebebasan) 29 .

 para pengusaha. Hal ini kemudian  memunculkan paham liberalisme. dan  pedagang. Liberte (Kemerdekaan) Semboyan liberte adalah suatu cita-cita  kebebasan dan kemerdekaan. 30 . warga kota. yang waktu  itu menjadi dasar perjuangan kaum  borjuis. Mereka memiliki jiwa bebas  berusaha.SAMBUNGAN SEMBOYAN REVOLUSI PRANCIS 1.

Pada tahap selanjutnya.  Egalite (Persamaan) Dalam tahap selanjutnya. 31 . semboyan ini berkembang menjadi nasionalisme.  Fraternite (Persaudaraan) Semboyan fraternitemerupakan semboyan yang berusaha menanamkan sekaligus memupuk rasa persaudaraan dan rasa persatuan di antara sesama warga suatu negara.2. 3. bahkan sampai jauh di luar Eropa termasuk di Indonesia. egalite mendorong berkembangnya nilai-nilai demokrasi yang dianut oleh negara-negara Eropa.

Akibat Revolusi Perancis 32 Tanah milik para bangsawan dan orang-orang gereja di sita dan dijadikan milik negara Istana para bangsawan dihancurkan Dihapusnya hak-hak istimewa golongan I dan II dan penghapusan Feodalisme .

Gaullotine 33 Alat ini di buat oleh Joseph Gaullotine (dokter hewan) Alat ini di gunakan untuk memenggal Louis XVI beserta istri Alat ini bertujuan untuk mengurangi penderitaan para narapidana .

Lanjutan Akibat Revolusi Perancis 34 • Pada tanggal 27 Agustus 1789. • Pada tanggal 14 Juli 1790 UUD Perancis disahkan. sehingga pemerintahan Perancis telah berubah menjadi Monarki Konstitusional . Dewan Konstituante mengumumkan pernyataan Hak Asasi Manusia dan Warga (Declaration des Droits de I’home et du Citoyen) sebagai dasar dari pemerintahan baru.

akhirnya dia ditangkap dan dihukum dengan Guillotine juga .Pemerintahan Teror 35 Pada bulan Juli 1793-juli 1974 Robespierre mengadakan teror Semua golongan yang menentangnya di basmi Beribu-ribu orang dihukum mati dengan Guillotine Rakyat merasa kesal dengan Robespierre.

Napoleon Bonaparte berhasil merebut kekuasaan Perancis dan mendirikan pemerintahan konsulat . seorang komandan pasukan Perancis berhasil dalam penyerangan keluar Perancis Tahun 1799.Pemerintahan Directoire (1795-1799) 36 Pemerintahan ini dipimpin oleh 5 direktur Pemerintahan ini berhasil menggagalkan serbuan asing ke Perancis Napoleon Bonaparte.

Napoleon dinobatkan menjadi Kaisar Perancis oleh Paus VII .Pemerintahan Konsulat (1802) 37 Pemerintahan konsulat dipegang oleh 3 konsulat dan Napoleon menjadi konsul pertama Napoleon ahli dalam siasat perang dan tata negara Pada tanggal 2 Desember 1804.

DAMPAK REVOLUSI PERANCIS 38 Penghapusan feodalisme Berkembangnya ide supremasi hukum Munculnya ide pemerintahan republik Berkembangnya paham demokrasi Menyebarnya paham liberalisme Meluasnya paham nasionalisme Timbulnya ide tentang aksi revolusioner .

Munculnya paham demokrasi Semangat demokrasi yang berkembang di kalangan tokoh pergerakan nasional Indonesia nampak pada usulan Budi Utomo agar dibentuk Volksraad .Pengaruh Revolusi Perancis terhadap Indonesia 39 1. Munculnya paham Nasionalisme Revolusi Perancis telah mengilhami perjuangan bangsa-bangsa terjajah di Asia-Afrika termasuk Indonesia 2.

40 TERIMA KASIH ATAS PERHATIANNYA .