You are on page 1of 12

BUKU PANDUAN

CCTV ATM Text Inserter

PT. ASABA
2009

1 Instalasi Text Inserter Windows 2. TROUBLE SHOOTING .3 Installasi Kamera III.2 Instalasi Text Inserter OS/2 2.2 Diagram 1.DAFTAR ISI I.1 Diskripsi 1. INSTALASI Text Inserter 2. PENDAHULUAN.3 Setting dan Manual DVR II. 1.

2Diagram Pemasangan 1. dan Text Inserter include di dalam DVR 1. Diagram Windows KAMERA Kabel Coaxial Kamera Com DVR Kabel Data RS 232 Text Inserter DVR RECORDER COM / serial ATM ATM 2. Kamera. yang diambil dari journal dan merekam menu pada layar ATM. PENDAHULUAN 1. Diagram OS/2 KAMERA Black Box OS/2 Kabel Data journal ATM Com DVR COM / serial ATM ATM Kabel Coaxial Kamera DVR RECORDER . Perangkat ini secara umum terdiri dari 2 (dua) bagian yaitu : 1. Perangkat ini dapat merekam keadaan dalam ruangan sekaligus dapat merekam data transaksi. mencatat dan merekam keadaan/ aktifitas nasabah yang melakukan transaksi di ATM dan yang disertai dengan perlengkapan Text Inserter. DVR recorder.1Deskripsi CCTV (Circuit closed TV) ATM adalah perangkat / alat yang digunakan untuk mengamati.I. 2.

Setelah harddisk ke detect dengan DVR maka DVR akan menampilkan Command Format dan lalu pilih “Sure” dan tekan Enter. .1. Tombol Enter Setelah menekan tombol menu akan menampilkan menu “password” Bar input password “88888888” Lalu pilih “OK” dan kemudian akan tampil menu setting. Pasang kembali atap DVR dan pasang bautnya kembali 5.2 Menu Operation DVR Untuk merubah setting DVR tekan Tombol Menu di panel depan DVR.3Settingan dan Manual DVR 1.3. Apabila DVR belum terpasang Harddisk maka langkah – langkah yang harus dilakukan adalah 1. Kemudian pasang kabel data harddisk dan power harddisk 4. Pasang Harddisk sata ke tempat harddisk DVR dan kunci dengan baut harddisk 3. 7. Untuk mengecek harddisk sudah ter Format masuk Menu 1. Buka baut DVR dan dorong atapnya ke belakang 2. Setelah langkah 1 sampai 4 selesai dan benar di lakukan maka langkah selanjutnya adalah menghidupkan DVR dan tunggu DVR mendetect Harddisk 6.1 Format harddisk Langkah ini adalah awal dari settingan DVR yang mutlak harus dilakukan untuk mensinkronkan harddisk dengan DVR.3.

Live 6.3 Menu Utama DVR Setelah kita mengaktifkan DVR dan masuk ke menu password maka langkah selanjutnya adalah masuk di Menu Utama DVR. Pilih DVR id untuk menentukan id dari DVR. Preview 12. Pilih Brightness untuk menentukan tingkat kecerahan gambar yang dihasilkan dengan menekan tanda “-“ atau “+”. P. 4. Record 7. Pilih “Time Adjust” lalu klik tombol menu. 2. Untuk Video Format: kita pilih “PAL” dengan cara kita tekan enter yang ada di panel depan dvr. Backup 3.3. hingga tampil seperti gambar dibawah.T. Menu Utama Terdiri dari : 1. Exception 10.Z 11. Network 8. Basic 5. 3.4 Basic Setting (Basic) Setelah kita pilih menu “Basic” maka tampilan akan seperti dibawah ini : Setiap kolom harus kita isi sesuai standart BNI adalah 1. . Tools 4. Exit 1. lalu kita Masukkan tanggal dan jam setelah selesai input pilih “OK”. User 2. Menu Utama adalah kumpulan menu-menu setting-an dvr. Aktifkan Enable System Log hingga terdapat tanda “√” seperti gambar diatas. Alarm Set 9.1.3. 5. Lalu akan kembali ke Menu Basic.

ini akan mengaktifkan buzzer pada saat tidak ada sinyal video yang masuk ke teminal in AV pada DVR.Name input kita isi nomor mesin ATM BRI 3. CH1 3. CH4 2. 4.5 Live Setting Tampilan Live setting 1. Video Loss.Untuk Mask Detection. dan Motion Detection di contreng kolomnya seperti gambar diatas. 1.Note : Setelah selesai dari Menu Basic kita pilih Menu “Exit” di Menu Utama dan pilih “Yes” untuk Menyimpan setting-an kita seperti gambar dibawah. .Disebelah kanan Video Loss terdapat tombol Alarm yang berarti kita akan merubah settingan Video Loss.Channel Untuk setting channel terbagi 4 channel yaitu : 1. Lalu pindah ke AREA kemudian kllik.3. Centang triger record no 1 dan buzzer. CH3 2. maka akan menampilkan gambar yang gridlinenya kotak-kotak lalu disetiap kotak tekan enter sampai semua kotak berwarna merah. kemudian kita pilih “High”. CH2 4.Kolom Motion Detection kita klik lalu akan menampilkan menu. 5.

1. From : 00 : 00 dan To : 23 : 59.Sebelah “Area” terdapat tombol “Alarm” untuk mensetting Motion Detection.3. Note : Setelah selesai dari Menu Basic kita pilih Menu “Exit” di Menu Utama dan pilih “Yes” untuk Menyimpan setting-an kita seperti gambar dibawah.Schedule Area Motion detection Motion adalah jadwal perekaman yang dapat di Set menurut Hari dan Jam serta mengaktifkan “Active” dengan memberikan tanda “√” dengan Date : Mon-Sun. Area yang tidak dimotion detection 7.6Record Set Adalah menu setting yang menentukan hasil rekaman DVR yang di dalamnya terdapat kualitas gambar Frame Rate. .6.

setelah itu pilih tombol Backup maka proses backup berjalan sampai keluar menu Backup Succes. Untuk Schedule Record i Periode : Mon. 1.Sun Beg time: o End time: 23 :59 Select : channel 1 Note : Setelah selesai dari Menu Basic kita pilih Menu “Exit” di Menu Utama dan pilih “Yes” untuk Menyimpan setting-an lalu masuk ke menu exit dan restart DVR kita seperti gambar dibawah. Lalu pilih select untuk menentukan channel yang ingin diambil datanya (Chanel yang aktif) kemudian pilih media “USB”.Lalu isi frame rate 15/0. Setelah settingan selesai aktifkan record dengan menekan tombol Alert dan Timing di display DVR. .3.7Back UP Untuk melakukan Backup kita pilih Menu Backup di menu Utama lalu kita input From Time (Tanggal dan jam) yang ingin kita ambil datanya dan input To tanggal dan jam yang menjadi akhiran From time.

. Untuk menjalankan sistem ini harus melalui tahapan yang harus kita perhatikan. Apabila sudah melihat hasil rekaman yang kita inginkan maka untuk mengembalikan seperti sediakala hanya dengan menekan Tombol Play di panel DVR. Tombol Previuos untuk melihat slide sebelumnya Tombol Next untuk melihat slide berikutnya Setelah memilih Hasil Data Rekaman dan tanggal yang diinginkan maka tampilan seperti di bawah ini : Data hasil rekaman setelah dipilih akan berubah menjadi warna kuning 4. tombol percepatan playback Tombol 8 2.8 Play Back Pada sistem PlayBack berfungsi untuk melihat hasil rekaman yang disimpan di dalam media Harddisk.1. Selanjutnya tekan tombol play. seperti : 1.3. Setelah itu akan tampil menu seperti di bawah ini Tombol ini untuk mencari tanggal yang akan di cari Hasil data rekaman Tombol Play untuk melihat hasil dari data yang kita pilih 3. Tekan tombol 8 pada panel DVR.

kemudian pindahkan kursor ke sebelah kanan lalu tekan enter. 5. Tahap berikutnya akan masuk ke Directory List C\:[USB] lalu tekan enter sampai berwarna kuning kemudian pilih Tombol Ok. Sedangkan Schedule Motion Date harus MON-SUN From 00-00 To 23-59 dan aktivekan dengan mencontrengnya. masuk menu basic (menu pertama dari kiri atas) dengan menekan enter. Note : Setelah selesai pilih OK dan pilih Menu Exit untuk SAVE parameter yang sudah kita ubah. 6. 4. Karena DVR telah di Update maka settingan Rekaman akan hilang menjadi settingan pabrikan. Masuk Ke Menu “ TOOLS ” lalu pilih “Update Fireware” dengan menekan Tombol enter. Masukkan USB yang ada software update DVR “upcmsdvr_hi11_印度叠加_20110715_hi3511.nya. Selanjutnya pilih file Update DVR “upcmsdvr_hi11_印度叠加_20110715_hi3511. Restart DVR dengan masuk Menu Exit dan pilih Restart DVR. setelah itu akan muncul update mode dengan pilihan “ Network atau USB Stick “ lalu pilih USB Stick dengan tombol enter.SAVE. Kemudian jangan lupa untuk me. . 3. Setelah Restart DVR maka tulisan Menu akan berubah menjadi huruf Cina dan untuk merubah menjadi language inggris. 2.Update DVR (FONT KECIL) Ada beberapa tahapan untuk melakukan Update Software DVR Yaitu : 1.bin “ lalu pilih Tombol Ok.bin “ke dalam Port USB. NOTE : File Update DVR harus di simpan di luar Folder dengan kata lain harus di simpan di ROOT usb. Kemudian tunggu sampai indikator Download selesai. Maka dari itu kita harus menyetting kembali dengan cara masuk Menu LIVE dan contreng video lost dan motion detection lalu setting alarm dan area motion.

Untuk Setting P. dan device type = user Device. Lalu SAVE parameternya dengan masuk Menu Exit.Z ATM Windows adalah untuk Port = RS 232.Jangan lupa untuk mematikan Buzzer-nya Setelah itu tekan tombol dipanel DVR “Alert dan Timing” untuk merecord (menyimpan ) hasil rekaman.Z ada dua tipe yaitu : Settingan P. dan device type = user Device. .Z ATM OS/2 adalah untuk Port = RS 232. Setelah itu SAVE kembali settingan dengan masuk Menu Exit.T. Boud Rate=9600.T. Kemudian Setting Record hanya mengubah Frame rate dari 25/s menjadi 15/s. 8.T. 7. Settingan P. Boud Rate=38400.

cek kabel camera ke dvr. cek kabel data Cek conector camera (BNC) +++++++++ The end +++++++++ . updata swr Minimal data harus 8192 image II 1 2 3 4 PROBLEM TEXT INSERTING Alat tidak menyala Gambar tidak keluar Alat tidak mengeluarkan text Gambar rusak Cek tegangan. Periksa kabel hardisk. cek tegangan camera Cek settingan dip switch. Cek flashdisk. cek conector BNC Periksa hardisk apakah sudah terpasang sempurna. Cek hardisk. cek tegangan power supply Cek camera. cek kabel. kabel data. Baik kabel data. cek kabel power Cek camera.III. kabel power. TROUBLESHOTING NO PROBLEM / MASALAH PENYELESAIAN I PROBLEM DVR 1 2 DVR tidak menyala Gambar camera tidak keluar 3 Tidak dapat merekam video 4 5 6 7 DVR Looping Booting Hardisk terdeteksi erorr Flash disk error Data tidak bisa diputar Cek kabel power. kabel power.