You are on page 1of 16

Capital 3. Coverage 6.1. Character 2. Condition Prinsip 6 C 5. Collateral . Capacity 4.

Kemampuan debitur untuk menjalankan usahanya dengan baik dan dapat menghasilkan keuntungan. watak/sifat pribadi positif. CAPITAL Your customer’s ability to pay. Yaitu keyakinan Bank bahwa debitur/nasabah mempunyai moral. Kemampuan debitur membayar kembali kewajiban-nya kepada bank tercermin dari dana / modal sendiri yang dimiliki oleh debitur. . kooperatif dan rasa tanggung jawab.CHARACTER Your customer’s willingness to pay. CAPACITY Your customer’s ability to run his business at a profit.

Antara lain perubahan lingkungan bisnis. produk. namun agar menjadi bankable harus ada jaminan yang cukup. dll.CONDITION These are factors which your customer has no control over. . COVERAGE Apakah memiliki jaminan yang cukup untuk meyakinkan bahwa bisnis debitur tetap dapat berjalan ? Apakah pemilik dan key person diasuransikan ? COLLATERAL Jaminan bermanfaat sebagai jalan keluar kedua “second way out” apabila usaha-usaha yang dibiayai dengan kredit tersebut gagal. kompetisi. suku bunga. bencana alam. industri. pasar. Jaminan tidak akan memperbaiki tingkat feasibility suatu proyek.

. merupakan faktor yang dominan. maka akan menimbulkan kesulitan bagi bank. sebab walaupun debitur mampu membayar kewajibannya tetapi tidak mempunyai itikad baik.

yaitu adanya keyakinan dari pihak Bank bahwa si peminjam mempunyai moral. watak ataupun sifat sifat pribadi yang positif dan kooperatif dan juga mempunyai rasa tanggung jawab. Manfaat dari penilaian soal karakter adalah untuk mengetahui sampai sejauh mana tingkat kejujuran dan integritas serta niat baik yaitu kemauan untuk memenuhi kewajiban-kewajibannya kepada bank. .  Dasar dari suatu pemberian kredit adalah atas dasar kepercayaan.

 Memintakan informasi dari bank lain.  .  Penelitian reputasi calon debitur tersebut di lingkungan usahanya.  Memintakan informasi kepada asosiasiasosiasi usaha dimana calon nasabah tersebut bergabung.Sebagai alat untuk memperoleh gambaran tentang karakter dari calon debitur tersebut dapat ditempuh melalui upaya sebagai berikut :  Meneliti daftar riwayat hidup calon debitur.

tidak berusaha untuk mengembangkannya. The Image Builder Tipe ini lebih senang dianggap berhasil. dibandingkan dengan keberhasilan yang diperolehnya.  4. oleh karena itu selalu berminan untuk menciptakan produk baru. The Innovator Tipe ini ingin selalu di barisan terdepan dalam persaingan.  The Empire Builder Tipe ini mempunyai karakter sebagai pencari bisnis baru. The High Liver Tipe ini bertujuan menarik manfaat sebanyak mungkin untuk kepentingan pribadinya. dan berorientasi pada pertumbuhan. dan ingin dipuji di masyarakat. dan cara pelayanan baru. Dia cenderung melakukan pengeluaran yang terlalu banya.1. pasar baru.  2.  5. agresif. pamer. The Stagnant Manager Tipe ini lebih senang memelihara perusahaan seperti yang ada saat ini. .  3.

 Pertama kali dilakukan. debitur introvert atau ekstrovert? Ciri-cirinya : .

.

.

.

.

.

apakah gaji selalu tepat waktu . Informasi dari pesaing tentang etika bisnisnya Informasi dari masyarakat lingkungan perusahaan. apakah pernah bermasalah Informasi dari supplier. apakah pernah nunggak bayar Informasi dari pelanggan.       Mewawancarai debitur melihat daftar ID BI. Mengorek info karyawannya. bagaimana kualitas layanannya.

Terima kasih .