You are on page 1of 20

STRUKTUR

ORGANISASI
Oleh : Kelompok 4

OUTLINE
1. PENGERTIAN ORGANISASI
2. BENTUK-BENTUK ORGANISASI
3. CONTOH STRUKTUR ORGANISASI

sedemikian sehingga merupakan suatu sistem penugasan pekerjaan diantara kelompok orang melalui tahapan tertentu.PENGERTIAN ORGANISASI Menurut Jhon D Millet organisasi adalah kerangka struktur dimana pekerjaan dari banyak orang dilakukan guna untuk mencapai tujuan bersama. .

3. Organisasi Organisasi Organisasi Organisasi garis garis dan staf fungsional komite/panitia . 2.Bentuk-bentuk organisasi 1. 4.

CONTOH STRUKTUR ORGANISASI PT KALTIM PRIMA COAL BERSAUDARA PT MIFA .

.

.PT Kaltim Prima Coal PT Kaltim Prima Coal (KPC) adalah perusahaan yang bergerak dalam bidang pertambangan dan pemasaran batubara untuk pelanggan industri baik pasar ekspor maupun domestik.

938 hektar. KPC mengelola area konsesi pertambangan dengan luas mencapai 90.Dari kantor pusat kami di Sangatta. dan Balikpapan. Dengan didukung oleh lebih dari 5.200 orang karyawan dan 21.500 personel dari kontraktor dan perusahaan terkait. Propinsi Kalimatan Timur dan kantor perwakilan di Jakarta. Kabupaten Kutai Timur. Samarinda. . KPC mampu mencapai kapasitas produck batubara lebih dari 50 juta ton per tahun.

.

Job Description of PT Kaltim Prima Coal .

Adri Kurnia General Manager Legal Mr. Muhammad Rudy Chief Operating Officer Mr. Huzainsyah Akma General Manager External Affairs & Sustainable Development Mr. Hendrawan General Manager Business & Performance Improvement Mr. Asmit Abdullah General Manager Supply Chain . Shane Bennett General Manager Mining Development Mr. Khudori General Manager Human Resources Mr. Saptari Hoedaja Chief Executive Officer Mr.Job Description of PT Kaltim Prima Coal Mr. Ashok Mitra Chief Finance Officer Mr.

Mr. Armstrong Tobing General Manager Contract Mining Mr. Immanuel Manege General Manager Health Saety Environment & Security Mr. Herlan Siagian General Manager Marketing Mr. Rio Supin General Manager Finance Mr. Hendro Ichwanto GM Mining Operation Division Mr. Untung Prihardiyanto GM Mining Support Division Mr. Bartley Hopkins Head of Project Expansion Team .

komite audit. KPC tidak memiliki anggota komisaris independen. KPC memiliki sejumlah komite-komite. . dan pengawas dan pengendali internal.• PT KALTIM PRIMA COAL menggunakan bentuk struktur oragnisasi komite. karena tidak ada anggota Dewan Komisaris dan Direksi dengan jabatan rangkap.yaitu: komite eksekutif. Untuk membantu tugas Dewan Komisaris dalam menjalankan fungsi pengawasan terhadap kinerja perusahaan secara menyeluruh.

.

.PT Mifa Bersaudara PT Mifa Bersaudara adalah merupakan salah satu anak perusahaan dari PT Media Djaya Bersama yang menjalankan tugas usaha dalam bidang pertambangan dan penjualan batubara.

Mifa memiliki Izin Usaha pertambangan Operasi Produksi dengan luas wilayah 3. tinggal .PT Mifa bersaudara berjarak 15 km arah Barat Laut dari Meulaboh. Namun. Mifa mulai berproduksi pada tahun 2012 dengan jumlah karyawan 600 orang. kabupaten Aceh Barat. saat ini jumlah karyawan sepertiga dari sebelumnya.134 Ha samai tahun 2025.

.

General Manager membawahi manager-manager dari departemen/divisi. . Bertugas menyusun rencana kerja. mengelola. Direktur bertugas menjalankan dan memimpin perseroan terbatas. mengawasi. dan mengevaluasi kerja.• Komisaris adalah pengawas tertinggi • President Direktur memiliki saham perusahaan dan bertugas • • • • mengepalai semua prosedur yang berjalan dalam suatu perusahaan. Superitendent menduduki posisi tertinggi dalam manajemen tambang dan bertanggung jawab terhadap manajemen yang ada di atasnya. mengarakan. Manager bertugas memiliki tanggung jawab pada satu bagian fungsional pada suatu perusahaan atau organisasi.

hal tersebut ditunjukkan dengan struktur organisasi yang dibagi berdasarkan pembagian tugas dan tanggung jawab yang dimiliki masingmasing direksi. .• PT Mifa Bersaudara menggunakan bentuk struktur organisasi fungsional. Dimana pimpinan utama diduduki oleh seorang direktur.

TERIMAKASIH .