You are on page 1of 53

Migrasi dan Urbanisasi

A - Permasalahan Migrasi
B - Teori Migrasi
C - Pengungsi
D - Urbanisasi
Sumber : Dr Jean-Paul Rodrigue, Hoefstra University

A Permasalahan Migrasi
 1. Tipe Migrasi
 2. Migrasi selektif
 3. Aliran Pemikiran

1

Types of Migration

 Emigrasi dan imigrasi
 Perubahan tempat tinggal.
 Berhubungan dengan asal
dan tujuan.

A Problems or
benefits?

Emigrant

 Memerlukan informasi
tentang:
 Penduduk dan kondisinya.
 Dua tempat yang berbeda.
 Dua kali waktu yang berbeda.

 Durasi:
Immigrant

B

Problems or
benefits?

 Tetap.
 Musiman / sementara

 Pilihan / kendala:
 Meningkatkan kehidupan
seseorang.
 Tinggalkan kondisi tak
nyaman / Kondisi terancam.

 Gross migration

Gross migration

 Total jumlah penduduk
masukdan keluar pada suatu
wilayah.
 Level of population turnover.
 Tingkat pergantian penduduk

 Net Migration

Immigration
Emigration

 Selisih antara immigration (inmigration) dan emigration (outmigration).
 Nilai positif:
 Lebih banyak yang datang
 Pertumbuhan penduduk.
 44% di North America dan 88%
di Europe.

 Nilai negatif :

Net migration

 Lebih banyak penduduk yg
pergi.
 Pertumbuhan menurun.

 Migrasi International
 Melewati batas negara.
 Mudah dikontrol dan diawasi
 Peraturan untuk pengawasan/ pencegahan pergerfakan
penduduk.

 Sebelum Perang Dunia I
 Kebijakan yang terbuka.
 Banyak negara yg membuka diri untuk migrasi sebagai
buruh.
 Kebanyakan dari negara berkembang ke negara maju.

 Tahun 1920 dan 1930 an
 Penutupan pintu migrasi.
 Tahun depresi ekonomi.
 Deportasi imigran.

Rute Migrasi Dunia sejak 1700 European African (slaves) Indian Chinese Japanese Majority of population descended from immigrants .

 Setelah Perang Dunia II  Pergantian Kebijakan.  Pertumbuhan ekonomi di US dan peningkatan migrasi masuk. Tinggal US yang relatif terbuka.5 juta pekerja asing  10%-12 % kekuatan buruh. France dan Germany mendatangkan 2.  Program pekerja tamu. .  Di 1973. Proporsi migrasi masuk dari negara berkembang antara 12% 88 %.  Rekonstruksi di Europe membutuhkan pekerja.  Setelah 1973     Goncangan harga minyak dan resesi Eropa menjadi tertutup.

1990-95 .Annual Net International Migration Totals and Migration Rates by Continent.

Major International Migration Patterns. Early 1990s .

International Migration: Main Destination Countries. 1997 .

000s) .US Immigration and Emigration by Decade: 190198 (in 1.

Region of Birth of the ForeignBorn Population: 1850 to 2000 .

Top 10 Countries of Origin for US Legal Immigrants. 1998 .

1990-2050 .US Population by Race and Ethnicity.

Illegal Aliens in the United States by Country of Origin. 1996 (in 1.000s) .

Konflik warga .  Faktor-faktor:     Pencari kerja Pensiun. Menempuh pendidikan. Migrasi Internal  Dalam satu negara.  Pergerakan di antar negara bagian atau provinsi.  Pemerintah kecil dalam pengawasan.  Melewati batas intrawilayah.

Migration by Major Metropolitan Areas in the United States.000s) . 1990-98 (in 1.

 Membeli rumah baru dalam satu kota/ kabupaten.  Sering migrasi lokal pada tingkat yang tinggi. .  Sulit diteliti karena kesalahan data sensus.Types of Migration  Migrasi Lokal Central City Suburb  Tidak melewati batas negara bagian atau provinsi.  Perubahan pendapatan atau cara hidup.

 Ruang aktivitas. Permanent place of residence .  Siklus migrasi.  Migrasi periodik.  Ulang-alik.  Sulit dihitung.  Belanja.  Selalu dilakukan/ harian.  Pelajar/ militer. Vacation  Turis atau perjalanan bisnis.Types of Migration Shopping Work Leisure Education  Migrasi Sementara  Migran selalu menjaga rutenya.

. Migrasi sirkuler Spring Summer Fall / Winter  Tipe migrasi sementara.  Dihubungkan dengan pekerja/ buruh pertanian  Migrasi karena panen pertanian yang pindah dari satu tempat ke tempat lain.  Sangat umum di US (buruh tani Meksiko) dan di Eropa Barat.

Situasi perpecahan atau pemisahan wilayah. Wajib Militer.  Migrasi sukarela paling baik dari migrasi lainnya.     Pengungsian. Anak-anak migran. . Migrasi Sukarela  Migran yang memutuskan untuk pindah.  Migrasi yang tak disengaja (Involuntary)  Kekuatan migrasi yang migran tidak punya peran dalam prosesnya  Perbudakan  Sekitar 11 juta budak Afrika dibawa ke Amerika.

 Tingkat pendidikan yang tinggi dicapai oleh sebagian besar imigran kontemporer Asia ke Amerika Serikat dan Kanada .  Tidak terwakili dari bagian sumber populasi  Terutama berlaku pada tahap awal dari proses migrasi.  Studi dan pensiun juga usia tertentu migrasi.  Sekolah-migrasi spesifik  Mungkin ciri beberapa migrasi (memiliki atau kekurangan).2 Migrasi Selektif  Konteks  Banyak migrasi yang selektif.  Migrasi internasional cenderung untuk melibatkan orang-orang muda.  Kelompok dominan adalah antara 25 dan 45.  Usia-migrasi spesifik  Satu kelompok usia yang dominan dalam migrasi tertentu.

Populasi Piramida Lahir Penduduk Asli dan Asing. Amerika Serikat. 2000 (dalam%) Foreign Born Male Female Native Age Male Female .

Terutama dari Asia Tenggara dan Rusia.000 .  Mengirimkan uang kembali ke rumah.000 wanita per tahun mengiklankan diri untuk menikah.000 tersedia di Internet setiap saat. Sex-migrasi spesifik  Migrasi mungkin didominasi laki-laki atau perempuan. Sekitar 10.  Wanita Filipina 17-30 ke Hong Kong dan Jepang  Surat pengantin pesanan     100.150.  Laki-laki China untuk membangun rel kereta api di AS barat selama 1800an.  Wanita seringkali mendominasi pedesaan untuk migrasi perkotaan. Berasal dari tempat-tempat di mana pekerjaan dan kesempatan pendidikan bagi perempuan yang langka dan upah rendah. .  Cari pekerjaan sebagai pembantu rumah tangga atau di pabrik-pabrik baru.

tingkat tinggi dan tingkat rendah. Mengakibatkan merekrut luar negeri (lihat brain drain). Pekerjaan dibayar rendah (upah minimum) bahwa kebanyakan orang tidak mau (pertanian dan jasa)  Biaya imigrasi untuk negara tuan rumah  Pada jangka panjang. Tidak cukup yang terlatih personil di AS. imigran kontribusi lebih dari pada biaya mereka.  Memberikan kontribusi terhadap kepimpinan AS di tingkat internasional . Imigrasi dan pekerjaan      Terkait dengan sektor ekonomi. Dua kelas utama.  Tinggi biaya di awal.

 Pada tahun 1999.3 Alur Pikir (Brain Drain)  Definisi  Berkaitan dengan migrasi selektif pendidikan tertentu.  Kehilangan pemimpin potensial dan berbakat.  Aspek Positif     Untuk negara atau wilayah penerima.000 posisi terampil tetap terisi di AS. Mendapatkan tenaga kerja yang berkualitas.  Dapat menjadi manfaat dan masalah.  Aspek Negatif  Pendidikan dan biaya kesehatan tidak dibayar kembali.  Jangka panjang berdampak pada pertumbuhan ekonomi . Tidak harus membayar biaya pendidikan dan kesehatan. 340. Sering dimulai dengan pengalaman seseorang sebagai mahasiswa asing.

 Kebanyakan lulusan lembaga yang berorientasi penelitian memiliki sekitar 40% mahasiswa asing.. .  Faktor utama dibelakang alur pikir.  Pasar tenaga kerja tertentu tidak cukup besar.  Sumber daya dan teknologi mungkin tidak tersedia di sana.000 tetap luar negeri. Banyak migran otak menguras memiliki keterampilan khusus yang mereka tidak dapat digunakan di rumah.  Banyak mahasiswa asing tidak kembali ke negara asal mereka setelah pendidikan mereka.000 siswa di luar negeri China telah kembali sementara 250.  Sering tidak bisa memanfaatkan apa yang telah mereka pelajari  Sejak tahun 1978 sekitar 130.

1998 10 = paling mungkin .Kemungkinan dari Sumberyang terdidik untuk tinggal.

H-1B Visa Bekerja oleh Pekerjaan Utama. 19992000 .

H-1B Visa Bekerja menurut Tingkat Pendidikan. 1999-2000 .

Pendekatan ekonomi  3.DayaTarik  2. Teori Daya Dorong . Penjelasan Perilaku untuk Migrasi .B Teori Migrasi  1.

 Tingginya kejahatan  Represi atau bencana baru-baru ini (misalnya.  Ketersediaan Lapangan kerja tinggi dan upah yang lebih tinggi.  Positif atau faktor daya tarik di tujuan potensial.  Gaya hidup yang lebih menarik.  Kemiskinan yang jumlah besar.1 Teori Daya Dorong. kekeringan atau gempa bumi).Tarik  Konteks  Migrasi sebagai respon dari pengambil keputusan individu.  Tinggi pengangguran dan sedikit kesempatan.  Negatif atau faktor pendorong dari daerah asal. keamanan yang lebih dan terjaga.  Politik kebebasan. dll .

 Argumen ini tidak selalu benar karena seorang migran tidak dapat benar-benar diinformasikan.  Peraturan Imigrasi dan kebijakan dari negara tujuan  Masalah persepsi  Menganggap perilaku rasional pada bagian dari migran.  Kata kuncinya adalah persepsi faktor penarik. .  Ketika informasi migran adalah sangat tidak akurat. migrasi kembali mungkin menjadi salah satu hasil. Intervensi hambatan  Biaya Migrasi / transportasi.  Keputusan dibuat berdasarkan persepsi realitas di tujuan relatif terhadap realitas yang dikenal pada sumbernya.  Informasi tidak pernah komplit.

Pull Theory Intervening obstacles Origin Positive factors Neutral factors Negative factors Destination .Push .

Daya Dorong-Tarik Faktor Siswa Cina Memutuskan untuk tinggal di Amerika Serikat. 1997 .

Daya Dorong-Tarik Faktor Siswa Cina Memutuskan untuk Kembali ke Cina. 1997 .

 Terutama kasus di tingkat nasional.  $ 58 milyar pada tahun 1996. .  Dipercepat dengan globalisasi ekonomi.2 Pendekatan Ekonomi  Mobilitas tenaga kerja Labor shortages High wages Migration  Masalah utama di belakang migrasi.  Pengiriman uang Surplus labor Low wages  Modal dikirim oleh pekerja yang bekerja di luar negeri untuk keluarga / kerabat di rumah.  Menyeimbangkan perbedaan geografis dalam pasokan tenaga kerja dan permintaan.

Worker’s Remittances. 1995-1997 (1. top 10 countries.000 of $US) .

karir.  Pensiun sering membawa perubahan besar. dan keluarga yang stabil. fleksibilitas berkurang dan meningkatkan inersia.  Kemudian dalam hidup.berorientasi daerah .3 Penjelasan Perilaku Migrasi  Faktor Siklus Hidup Stay with parents Move to college 25 First job Marriage Promotion 50 Children leave home Retirement 75 Loss of mobility  Migrasi terkait dengan peristiwa dalam kehidupan seseorang.  Migrasi besar orang pensiunan telah terjadi langsung pada ketenangan.  Orang-orang di usia 30-an adalah yang paling mobile  Pendidikan.

Mobilitas dengan Usia Migran. 1989-1990 . AS.

 Masing-masing membawa kontribusi untuk memahami mengapa orang bergerak. lebih inovatif dan lebih mudah beradaptasi.  Dapat digunakan untuk menjelaskan dinamika relatif dalam beberapa masyarakat. . beberapa yang pergi dan tinggal?  Migran cenderung lebih berani mengambil resiko. seperti Amerika Serikat sejak tahun 1800-an.  Ringkasan  Tidak ada satu teori migrasi memadai dapat menjelaskan fenomena yang besar di seluruh dunia. di antara penduduk di lingkungan yang sama (faktor-faktor pendorong yang sama).  Non-migran cenderung lebih hati-hati dan konservatif. lebih termotivasi. Migran sebagai risiko yang harus diambil  Mengapa.

Definisi  2.C Pengungsi  1. Evolusi kontemporer .

". . agama.  Tidak ada kesepakatan internasional untuk melindungi orangorang yang melintasi batas-batas untuk kelangsungan hidup ekonomi mereka.  ". karena ketakutan yang beralasan dianiaya dengan alasan apapun ras. anggota dari kelompok sosial tertentu atau opini politik..1 Definisi  Definisi PBB  Konvensi 1951 Mengenai Status Pengungsi dan Protokol 1967 tentang Status Pengungsi. kebangsaan... tidak mau memanfaatkan dirinya dari perlindungan negara itu ... berada di luar negeri kebangsaannya... setiap orang yang. karena seperti takut. dan tidak dapat atau.  Masalahnya terletak pada definisi siapakah pengungsi itu.

 Perlindungan oleh suatu negara tidak terlihat alternatif nya  Pemerintah mungkin penganiaya atau tidak mampu melindungi warganya dari penganiayaan . Kondisi untuk memenuhi syarat untuk mendapatkan status pengungsi  Penganiayaan politik harus dibuktikan.  Pengungsi dalam negeri tidak memenuhi syarat.  Sebuah perbatasan internasional harus menyeberang.

 Hancurnya lahan pertanian dan ternak  .  Sumber Daya:     Bencana alam.  Ditandai tinggal terus di lokasi tersebut tidak akan berkelanjutan  Mozambique. Perubahan iklim. .  Render continued residence in that particular location unsustainable. Kontaminasi (polusi) dari lingkungan. February 2000:  Banjir membuat 1 juta orang kehilangan tempat tinggal. Lingkungan pengungsi  "Orang yang tidak bisa lagi mendapatkan penghidupan yang aman di tanah air tradisional mereka karena apa yang terutama faktor lingkungan dari lingkup yang tidak biasa ". Manusia perubahan ke lingkungan.

000 pada akhir abad ke-17.  Pergi ke Inggris.  Biasanya dalam jumlah kecil dan sering memiliki sumber daya yang substansial yang tersedia bagi mereka.  Sebelum dan selama Perang Dunia II  Pengungsi terutama elit politik melarikan diri dari represi pemerintah baru. Jerman. Belanda. dan koloni Inggris di Amerika Utara.  Biasanya bisa diharapkan untuk memulangkan setelah perang berakhir . sekitar 12% dari penduduk Eropa mengungsi.  Sekitar 200.  Perang-menggerakkan pengungsi. Swiss. yang menggulingkan mereka.2 Evolusi Kontemporer  Asal mulanya  Para pengungsi pertama yang tercatat adalah Huguenot Protestan yang meninggalkan Prancis untuk menghindari penganiayaan agama.

 Pasca Perang Dunia II  Perubahan pola arus pengungsi.  Kondisi ini menghasilkan jenis baru arus pengungsi. Afrika.  Kondisi politik di banyak negara-negara yang baru merdeka  Multi-etnis sifat negara-negara bagian.  Perang Dingin juga meningkat ketidakstabilan politik di sejumlah negara.  Ketidakstabilan politik di Amerika Latin meningkat karena kesenjangan sosial yang luas yang ada di wilayah itu. dan Karibia.  Political unrest in many newly independent states.  De-kolonisasi di Asia.  Hasil gambar dari garis batas kolonial oleh orang Eropa.  Besar dan jangka panjang (atau permanen) .

 Terus meningkat.  Kurang dari 20% untuk Uni Eropa.  Hanya bagian kecil dari pencari suaka diberikan status pengungsi.  Beralih ke suaka sebagai satu-satunya cara untuk mendapatkan status hukum.  Pengungsi Ekonomi . pengungsi tidak lagi diterima. terutama di negara maju. Isu-isu saat ini  Pengungsi adalah isu kontroversial. .

Pengungsi Menerima Bantuan PBB. Total Dunia1961-2001 (dalam jutaan) .

1989-2000 .Evolution of Refugee Population.

1998-99 .Terutama Asal Pengungsi.

1999 .Suaka Negara lebih dari 1 Juta Pengungsi dan Memindahkan Penduduk Internal .

January 1995 .Negara yang memindahkan Penduduk Internal dalam jumlah besar.