You are on page 1of 13

NUTRISI SEBAGAI TERAPI DAN JENIS DIET

PADA PENYAKIT ANEMIA
Kelompok 6

Diyah Purnomowati
(15.031)
Ibnu Khusni Mubarrok (15.053)
Kartika Sari
(15.057)
Nuzul Khalimatun N.
(15.083)
Reksy Nur Huda Putra
(15.093)
Shoffa Lu’luil Ulya
(15.102)
Tri Caesar Hastyorini
(15.105)

Pengertian Anemia Anemia adalah suatu kondisi tubuh yang terjadi ketika sel-sel darah merah (eritrosit) dan/atau Hemoglobin (Hb) yang sehat dalam darah berada dibawah nilai normal (kurang darah). .

. akibatnya terjadi gejala anemia. atau hemoglobin. Jadi. jika seseorang kekurangan sel darah merah.Pengertian Hemoglobin Hemoglobin adalah bagian utama sel darah merah yang berfungsi mengikat oksigen. maka selsel dalam tubuh tidak mendapatkan oksigen yang cukup.

6. 2. 5. 3. 7. Gejalanya dapat berupa : Asimtomatik : terutama bila anemia terjadi dalam waktu yang lama Letargi Nafas pendek atau sesak. terutama saat beraktfitas Kepala terasa ringan Palpitasi : sensasi detak jantung yang cepat / tidak menentu Pucat Kekebalan Tubuh Menurun . Gejala Anemia Anemia yang terjadi dalam waktu lama membuat konsentrasi Hb dalam jumlah yang sangat rendah sebelum gejalanya muncul.• 1. 4.

kekurangan nutrisi. ulser kronis. Kehilangan darah dalam jumlah besar.Penyebab Anemia • Penyebab umum anemia : 1. contohnya akibat perdarahan akut. contohnya pada penyakit anemia aplastik. 2. Penurunan produksi eritrosit. talasemia. . Peningkatan destruksi eritrosit. menstruasi. perdarahan kronis. contohnya pada penyakit gangguan sistem imun. 3. dan trauma.

dsb. terluka. Penyebab Anemia Karena Kehilangan Darah Sel darah merah dapat hilang ketika seseorang mengeluarkan darah atau berdarah oleh sebab apapun seperti kecelakaan.Penyebab Anemia 1. .Anemia yang disebabkan oleh kehilangan darah Anemia yang disebabkan oleh kerusakan sel darah merah.

maka dapat pecah secara prematur. sehingga menyebabkan anemia hemolitik. Kondisi yang terkait dengan penyebab anemia ini antara lain : Masalah Sumsum tulang dan stem cell Kondisi kesehatan lain. Penyebab Anemia Karena Rusaknya Sel Darah Merah Ketika sel-sel darah merah rapuh dan tidak dapat menahan stres rutin dari sistem peredaran darah. .Penyebab Anemia 2.

Klasifikasi Anemia akibat Gangguan Eritropoesis 1.Anemia 2.Anemia 3.Anemia Defisiensi Besi Megaloblastik Aplastik Mieloptisik .Anemia 4.

Anemia normositik : contohnya yaitu anemia akibat penyakit kronis seperti gangguan ginjal. 3. 2. anemia akibat konsumsi alcohol.Anemia makrositik : penyebab utama yaitu anemia Pernisiosa.Anemia mikrositik : penyebab utamanya yaitu defisiensi besi dan talasemia (gangguan Hb).• Klasifikasi anemia berdasarkan ukuran sel 1. dan anemia megaloblastik. .

vitamin B12. Dilakukan transfusi darah. vitamin-vitamin. Pemberian eritropoietin (hormon yang berperan pada proses hematopoiesis) yang berfungsi untuk membentuk sumsum tulang pada proses hematopoiesis. 4.Pengobatan Berikut pengobatan yang dapat dilakukan pada penderita anemia : 1. dan mineral lain yang dibutuhkan. Pemberian suplemen besi. . Pemberian kortikosteroid atau obat-obatan lain yang dapat menekan sistem imun. 2. 3.

kacangkacangan.produk susu. .Makan-makanan yang tinggi asam folat dan vitamin B12. Suplemen zat besi hanya boleh dikonsumsi atas anjuran dokter.dan kanker jenis tertentu.Menjalani diet dengan gizi seimbang 2.Asupan zat gizi yang terlalu berlebihan bisa membahayakan yang menyebabkan sirosis.diabetes.Penatalaksanaan 1.kardiomiopati. seperti ikan . 3.daging.sayuran berwarna hijau tua .jeruk dan bijibijian.

Penatalaksanaan 4.Kenali tanda-tanda komplikasi.Konsultasi kembali jika gejala anemia menetap dan untuk mengetahui factor penyebab. 6. .Batasi minum alcohol dan pada ibu hamil dianjurkan untuk mengkonsumsi suplemen asam folat untuk mencegah terjadinya anemia defisiensi asam folat. 5.

TERIMA KASIH .