You are on page 1of 10

MANAJEMEN HUMAS DAN KRISIS

Membangun Citra dan Reputasi Perusahaan bag. 1

Aulia Gharsina Larasati
Bella Nursepta Yosephin Munthe
Devina Febriana
Fitri Alvionita

tipu muslihat. keluarga. - Kejatuhan presiden AS Richard Nixon.A. upaya tutup menutupi. Skandal ini terdiri atas perpecahan-perpecahan. rekaman tidak legal dan katakata makian yang dihapus. Melalui laporan keuangan perusahaan . dana untuk menyogok. Seseorang maupun sebuah organisasi atau perusahaan tidak hanya harus peka. yang kala itu menduduki peringkat ke-7 perusahaan terbesar di AS terbelit skandal penipuan pada para investornya. dan sejauh ini satu-satunya yang "dipaksa" mengundurkan diri dari jabatannya. - Perusahaan Enron. pegolf Tiger Woods memberikan pelajaran berharga. Berikut ini adalah beberapa kisah seseorang atau perusahaan yang layak untuk dijadikan sebuah pelajaran karena tidak sedikit orang atau perusahaan telah kehilangan reputasinya karena berbagai macam hal. daftar hitam. jika seseorang atau suatu perusahaan memikirkan mengenai betapa sulit dan lamanya membangun reputasi maka seseorang atau perusahaan tersebut akan melakukan hal-hal untuk menjaga reputasinya. adalah skandal politik terhebat di abad 20. disebabkan ia berbohong kepada publik dan berusaha menutupi skandal Watergate. If you think about that. bahwa reputasi puluhan tahun yang terbangun lewat kerasnya perjuangan dan raihan prestasi dapat hancur dalam hitungan detik. kurang lebih terdapat sembilan perusahaan yang merugi akibat skandal tersebut. - Di akhir 2009. dan juga corporate yang selama ini menjadi sponsor baginya. Akibatnya. Kerugian bagi perusahaan yang disponsori Tiger Woods tersebut mencapai US$ 12 miliar. Terungkapnya skandal perselingkuhannya dengan 13 wanita berdampak buruk bagi diri. paranoia presiden. Richard M. you’ll do things differently. Watergate.” Membangun reputasi memerlukan waktu yang sangat lama dan untuk menghancurkannya hanya memerlukan waktu sekejap saja.Nixon menjadi presiden pertama. Reputation Lost Seperti yang dikatakan Warren Buffet “it takes 20 years to build a reputation and five minutes to ruin it. tetapi juga harus mempertimbangkan dengan baik perbuatan dan perkataannya yang mungkin akan berpengaruh di mata publik dan mempengaruhi reputasinya.

dan menafsirkan informasi sensoris guna memeberikan gambaran dan pemahaman tentang lingkungan Persepsi meliputi semua sinyal dalam sistem saraf. Tapi sayang. mengenali. percipio) adalah tindakan menyusun. Persepsi . Enron sukses mendapatkan guyuran dana segar dari para investor.yang cerah. Persepsi. Citra perusahaan di mata public dapat dilihat dari pendapat atau pola pikir komunal pada saat mempersepsikan realitas yang terjadi. kesuksesan perusahaan energi raksasa itu akhirnya ambruk karena serangkaian penipuan di pihak manajemen. Satu hal yang perlu di pahami sehubung dengan terbentuknya sebuah citra perusahaan adalah adanya persepsi yang berkembang dibenak public terhadap realitas. B. Pada 2 Desember 2001 Enron melaporkan perusahaannya telah jatuh bangkrut. Public relations adalah bidang yang berkaitan dengan mengelola citra dan reputasi seseorang maupun sebuah lembaga di mata publik. Menurut Robbins (2003:97). dan Realitas Dibalik kesuksesan yang di raih oleh setiap perusahaan tidak akan pernah terlepas dari peran public relation yang berperan sebagai perantara antara internal dan eksternal perusahaan serta menjalin hubungan baik antara perusahaan dengan mitra perusahaan. tapi juga mengukur dampak dari isu atau krisis yang terjadi. persepsi merupakan kesan yang diperoleh oleh individu melalui panca indera kemudian di analisa (diorganisir). yang merupakan hasil dari stimulasi fisik atau kimia dari organ pengindra. Citra. Seorang public relations tidak hanya bertugas mempertahankan reputasi perusahaannya. PR juga dituntut untuk dapat melakukan evaluasi atas upaya yang dilakukan dalam membangun reputasi perusahaan. Kehancuran perusahaan atau orangorang ternama seolah menjadi tonggak bagi kesadaran baru tentang pentingnya mengelola reputasi. diintepretasi dan kemudian dievaluasi. Selain mengelola reputasi. Persepsi (dari bahasa Latin perceptio. sehingga individu tersebut memperoleh makna. Citra dan reputasi perusahaan dibangun melalui kegiatan public relations.

2.merek iklan. Oleh karena itu sangat layak kalau citra di pandang sebagai salah satu asset terpenting yang dimiliki oleh perusahaan atau organisasi. ide-ide dan kesan seseorang terhadap suatu objek. pendapat. Dengan demikian persepsi merupakan proses perlakuan individu yaitu pemberian tanggapan. Mendapat posisi dalam persaingan.organizes. Realitas dalam PR adalah apa yang tertulis di media. dan tingkah laku atau disebut sebagai perilaku individu. tokoh masyarakat dan para opinion leader 5. Stimuli adalah setiap input yang dapat di tangkap oleh indera. karena bergantung pada kemampuan dan keadaan dari masing-masing individu. didengar. Persepsi di definisikan sebagai “perception is the process by which individual selects. Hal yang perlu dipahami sehubungan dengan terbentuknya citra perusahaan adalah adanya persepsi. Citra perusahaan di pandang sebagai salah satu faktor penting yang dapat mempengaruhi efektifitas pemasaran. 4. atau penginterprestasian terhadap apa yang dilihat. dan lain-lain. Citra.mempunyai sifat subjektif. seperti produk. 1965). Sikap dan tindakan seseorang terhadap suatu objek sangat ditentukan oleh citra objek tersebut. atau yang sering disebut sebagai picture in our heads (dunia dalam persepsi kita) (Water Lippman. arti. and interprets information inputs to creat a meaningful picture of the world”. 3. harga. gambaran. dapat diartikan sebagai interpretasi dari suatu realita berdasarkan persepsi kita. . yaitu : 1. atau dirasakan oleh indranya dalam bentuk sikap. Citra merupakan seperangkat keyakinan. mengorganisasi. Citra terbentuk dari sebuah informasi yang kemudian membentuk sebuah ‘realita kedua’. Suatu proses dimana seseorang menyeleksi. dengan pemerintah. Menurut Zinkhan ada beberapa alasan yang mendasari pentingnya perusahaan membangun dan mengelola citra perusahaan. dan menginterpretasi stimulus kedalam suatru gambaran dunia yang menyeluruh.kemasan. Dapat merangsang penjualan Dapat menbangun nama baik perusahaan Mempengaruhi investor dan lembaga – lembaga keuangan Memajukan hubungan baik oleh suatu komunitas. sehingga akan ditafsirkan berbeda oleh individu yang satu dengan yang lain.

atau televise. Citra menurut Frank Jeffkins itu ada beberapa jenis. yaitu 1. pengertian citra adalah total persepsi terhadap suatu objek yang dibentuk dengan memproses informasi terkini dari beberapa sumber setiap waktu. Memahami Citra Frank Jeffinkins dalam bukunya PR Technique. mengorganisasi dan menginterpretasi informasi-informasi yang masuk kedalam pikirannya menjadi sebuah gambar yang memiliki arti. Menyimpulkan bahwa secara umum citra diartikan sebagai kesan seseorang/individu tentang suatu yang muncul sebagai hasil dari pengetahuan dan pengalamannya. 2. binatang atau benda sebagai hasil lukisan. 2. Penampilan secara optis dari suatu objek seperti yang dipantulkan oleh sbuah cermin 3. persepsi adalah sebuah proses yang dimana seseorang melakukan seleksi. Citra yang berlaku ( the current image) . Citra perusahaan adalah persepsi yang berkembang dalam benak public mengenai realitas yang terlihat dari perusahaan itu. pengetahuan atau pemahaman yang dimiliki dalam kalangan organisasinya mengenai pendapat atau pandangan dari pihak luar. Perwakilan atau representasi secara mental dari sesuatu baik manusia benda atau lembaga yang mengandung kesan tertentu. citra (image) didefinisikan sebagai berikut: 1. perekaman oleh kamera foto. Secara sederhana persepsi adalah pandangan seseorang dalam menafsirkan suatu peristiwa berdasarkan informasi yang di terimanya untuk mendapatkan citra yang di inginkan. Gambaran antara fisik yang menyerupai kenyataan seperti manusia. Menurut Onong Uchjana Effendi. Citra bayangan (the mirror image) Citra ini menjelaskan bahwa pandangan orang dalam perusahaan mengenai pandangan masyarakat tentang organisasinya.Adapun menurut Kotler. perusahaan harus memahamisecara persis proses yang terjadi ketika public menerima informasi mengenai kenyataan yang terjadi. Jadi. Citra ini biasanya hanya berbentuk ilusi saja sebab dari kurangnya informasi. C. film.

dan kualitas produk. Citra ini juga belum tentu sesuai dengan kenyataannya dan citranya juga cenderung negative. Citra ini belum tentu sama dengan citra yang sebenarnya. Citra perusahaan (corporate image) Citra ini adalah citra dalam suatu organisasi secara keseluruhan. Konsep citra dalam bisnis berkembang dan menjadi perhatian para praktisi-praktisi public relation.Citra ini merupakan pandangan orang luar mengenai suatu organisasi. Citra majemuk Citra yang satu ini adalah citra yang ditimbulkan dengan melihat banyaknya jumlah pegawai. Citra perusahaan ( corporate image) Menurut PR. 5. 3. keuangan. Apabila suatu organisasi memiliki citra yang baik maka itu sangat menguntungkan dan sebaliknya juga apabila organisasi memiliki yang citra yang buruk maka akan memberikan kerugian. atau seberapa banyak perwakilan yang muncul untuk mewakili suatu organisasi. Apabila bersikap dengan baik maka akan mendapatkan citra yang baik tetapi apabila sikapnya kurang baik maka citra yang didapatkan adalah negative. Citra yang diharapkan ( the wish image) Citra ini adalah citra yang diinginkan oleh perusahan. Biasanya citra ini diharapkan bisa terwujud dan bisa lebih baik citra yang sebenarnya. Citra yang baik dan buruk Sebuah citra itu memiliki positif dan negativenya. Apabila memiliki citra yang baik makan reputasi juga akan baik. Perusahaan merupakan akumulasi dari berbagai dimensi citra. cabang perusahaan. 4. 6. sesuai dengan apa yang kita tunjukkan kepada pihak luar. 2. Mengkomunikasikan citra lewat media . Sasaran penting dari strategi komunikasi PR adalah untuk menyampaikan pesan-pesan secara tepat sasaran sehingga mampu menghimpun awareness dari public dan menumbuhkan citra positif dari konsumen terhdap perusahaan. apabila suatu pegawai dari perusahaan itu banyak maka perusahaan itu akan mendapatkan banyak citra juga. Biasanya berbentuk sejarah kinerja perusahaan. Persepsi masyarakat terhadap perusahaan didasari atas apa yang mereka ketahui atau kira tentang perusahaan yang bersangkutan. 1. Smith mendefinisikan citra perusahaan sebagai jumlah persepsi terhadapat suatu perusahaan.

Disana tempatnya sangat berbeda tempat berbelanja lainnya. Setiap perusahaan harus memiliki citra dimata masyarakat. Misalnya di Ikea Alam Sutra. pernyataan yang lebih berbeda dengan yang lain. karena citra mempunyai dampak persepsi konsumen dan operasi organisasi dalam berbagai hal. Proses pembentukan perusahaan Proses pembentukan citra itu ada banyak bentuknya. Peran citra bagi perusahaan Citra merupakan aset penting bagi sebuah perusahaan. 3.Lewat media. atau buruk. Media Menggunakan media bisa dengan membuat iklan yang menyampaikan suatu cerita. Misalnya sepatu merk Nike yang memberikan sponsor ke setiap kegiatan olahraga. Proses model ini adalah pembentukan citra. Menurut buku Kotler (2000:338) media utama utama yang digunakan unuk mengkomunikasikan citra adalah :  Lambang Citra bisa diperkuat dengan lambing-lambang. salah satuya adalah PR digambarkan sebagai input-output. citra dapat disebarluaskan. sedangkan input adalah stimulus yang diberikan dan output adalah tanggapan atau . Citra bisa berupa baik. Tetapi juga jangan asal dalam memberi sponsor. Manfaat citra bagi perusahaan Banyak juga perusahaan yang acuh tak acuh terhadap suatu citra perusahannya. Dari lambang tersebut itu dapat  mengambarkan suatu citra. Peristiwa Perusahaan bisa membangun identitas dengan mensponsori suatu kegiatan. Perusahan tidak menyadari betapa pentingnya suatu citra. Dampak citra berpengaruh dalam keberhasilan suatu perusahaan. Ini bisa dengan membuat brosur yang unik dan bagus agar citra yang dibentuk juga bagus sesuai dengan  keinginan perusahaan Suasana Memberikan ruang fisik yang membuat suatu organisasi atau perusahaan tersebut beda dengan yang lain. agar produk atau perusahaannya dikenal dengan orang luar. 5. Misalkan saja Starbuck Coffe yang memiliki lambang yang unik dan berwarna hijau. Citra yang ditimbulkan dari Ikea adalah hidup mandiri dan  kreatif. Membuat sebuah ciri khas agar bisa membuat citra yang baik. Perusahaan merasa citra itu sangat penting adalah ketika terjadi masalah atau krisis terhadap perusahaannya. sedang. 4.

namun mempunyai dampak yang sangat besar bagi perusahaan. performa yang tidak baik. tenaga. Reputation : Why its Important? Tidak ada satu perusahaan pun yang menginginkan reputasi mereka hancur di mata para konsumennya. . peran PR sangat penting dan menentukan dalam menciptakan reputasi perusahaan. dan dana. Sebut saja kasus yang menimpa RS Omni Internasional yang secara masif menyita perhatian publik. manajemen perusahaan harus menjalankan strategi komunikassi yang bertujuan untuk membangun citra atau reputasi sebuah perusahaan. aset perusahaan yang tidak tampak. Pengelolaan reputai sebenarnya bukanlah sepenuhnya tanggung jawab seorang PR. kehancuran reputasi perusahaan dapat terjadi karena beberapa sebab. perselisihan. Namun sudah menjadi tugas PR untuk menjaga komunikasi dengan seluruh stakeholder perusahaan.perilaku tertentu. Di samping itu. ketidakmampuan manajemen. Citra itu sendiri digambarkan melalui persepsi-kognisi-motivasi-sikap. Hal ini merupakan peran dan fungsi PR dalam perusahaan. informasi. pikiram. Banyak perusahaan gagal dalam menjaga reputasinya di mata public. Stimulus dari PR itu bisa dari seberapa banyak berita. D. Ini merupakan team work. Eksistensi sebuah perusahaan sangat dipengaruhi oleh loyalitas public sebagai khalayak sasarannya. Reputasi yang baik perlu dibangun dengan usaha keras yang tentunya memerlukan waktu. Di sini jelas. bukan one man show. Seperti konflik internal. Reputasi adalah sebuah intangible asset. Dalam lingkungan bisnis yang terus berubah dan berkembang sesuai dengan perkembangan zaman. Model pembentukan citra menunjukkan bahwa bagaimaana stimulus yang berasal dari luar organisasi dan memengaruhi respon public. peristiwa yang diterima atau dialami public yang semuanya akan membentuk suatu persepsi terhadap citra seseorang. Karena tidaklah mudah untuk melakukan recovery ketika perusahaan tersebut mengalami krisis. dan masih banyak lagi.

” Saat ini teknik pencitraan reputasi menjadi suatu ide yang dengan lahap dikonsumsi oleh para pebisnis. Raja Grafindo Presana : Jakarta ONLINE https://randydiansyah. Crisis Public Relation. pekerja. Mengelola reputasi bukanlah pekerjaan yang muda. apakah reputasi itu? Reputasi merujuk pada pandangan orang atau khalayak tentang karakter atau kualitas kepribadian kita. Kehilangan reputasi jauh lebih mudah dibanding usaha membangunnya.wordpress. atau siapa pun. pemimpin. PT. 2011.com/2015/06/14/abad-potret-dunia-meninjau-kembali-maknacitra-dan-realita/ . DAFTAR PUSTAKA BUKU Nova.Namun. untuk memperoleh dan melindungi kepentingan tertentu. Thomas Fuller (1654-1734) mengatakan “Reputasi yang baik adalah suatu tanggung jawab besar. Firsan.

com/budimaa/kiprah-richard-nixon-dan-belajar-dari-skandal-watergatebagian-pertama_54ff8900a333117c4a51076c http://bisnis.blogspot.html http://arziqimahlil-blog.co.blogspot.co.id/2014/05/citra-dalam-public-relations.kompasiana.com/read/2031867/enron-skandal-besar-perusahaan-energi-yang-cekikinvestor .id/2011/11/publik-relation.liputan6.http://publik-relation.html http://www.