You are on page 1of 18

TEKNIK AKUNTANSI

SEKTOR PUBLIK

SULAMAN ALPARIZI (A1C014013) (A1C014036) (A1C014039) (A1C211147) .NAMA KELOMPOK  1. FEBRI ROSDIANINGSIH  5. RAHMAT HIDAYATULLAH (A1C013121)  6. FARIDA ULFA  4. BAIQ DEVIN ARMIENDA  3. ANDIKA WAGEARSO (A1C014007)  2. ZIADATUL IRMAYANTI (A1C013151)  7.

Informasi ini disajikan dalam laporan keuangan yang terdiri dari neraca. laporan perubahan posisi keuangan serta catatan atas laporan keuangan. laporan laba rugi.  Pengertian akuntansi Akuntansi merupakan kegiatan jasa yang berfungsi menyediakan informasi keuangan suatu badan usaha tertentu. laporan laba ditahan.A. .

disajikan secara cepat dalam hal kinerja dan posisi keuangan entitas. Relevan dengan pengambilan keputusan bagi para pemakai. lengkap dalam semua hal yang material. Informasi yang relevan harus mempunyai seperangkat standar yang jelas dengan tujuan akuntansi dan berlandaskan pada konsep-konsep yang jelas serta dapat diterima umum. dan e. 2. netral yang berarti bebas dari bias dan kesalahan. kehati-hatian (prudent).  Kebijakan Akuntansi (Accounting Policies) Dalam IPSAS( internasional public sector accounting standart ) NO. mencerminkan substansi ekonomi atas kejadian-kejadian dan transaksitransaksi dan tidak hanya bentuk formalitasnya. b. c. 1 paragraf 37 disebutkan bahwa manajemen harus memilih dan menerapkan kebijakan akuntansi entitas dan meyakinkan bahwa laporan keuangan telah memberikan informasi sebagai berikut : 1.B. d. Reliabel (dapat dipercaya) yang berarti informasi harus : a. .

 5. Informasi dikatakan material jika salah saji laporan keuangan dapat mepengaruhi pengambilan keputusan bagi para pemakai laporan keuangan.      Faithul Representation Informasi yang mengenai transaksi atau kejadian lainnya secara tepat harus disajikan sesuai dengan substansi transaksi dan kejadian lainnya.  4. relevance.  2. Dengan demikian. .  3.C. lampiran IPSAS No. para pemakai laporan keuangan diharapkan dapat dimengerti atau memahami artinya. reliability. and comparability. Untuk tujuan ini. dan masa yang akan dating.      Reliability Informasi yang reliabel (dapat dipercaya) adalah informasi yang bebas dari bias dan kesalahan material. 1 menyajikan karakteristik kualitatif agar laporan keuangan menjadi informasi yang berguna bagi para pemakai laporan keuangan. Karakteristik kualitatif tersebut adalah understandbility.      Dapat dimengerti (Understandability) Informasi harus dapat dimengerti oleh para pemakai laporan keuangan.      Relevance Informasi harus relevan bagi para pemakai laporan keuangan sehingga informasi dapat digunakan untuk mengevaluasi masa lalu.  1. para pemakailaporan keuangan diasumsikan mempunyai pengetahuan atas aktivitas dan lingkungan entitas yang beroperasi dan mau mempelajari informasi tersebut. masa sekarang.  Karakteristik laporan keuangan Selanjutnya.      Materiality Informasi yang relevan dipengaruhi oleh sifat dan materialnya. Informasi yang relevan adalah informasi yang disajikan tepat waktu. serta tidak hanya bentuk formalitasnya saja.

  .      Substance Over Form Informasi akuntansi disajikan secara jujur atas transaksi dan kejadian yang harusnya disajikan. seperti aktiva dan pendapatan yang tidak dinilai terlalu tinggi (overstated) dan kewajiban atau beban yang tidak dinilai terlalu rendah (understated).       Perbandingan laporan keuangan dengan entitas yang berbeda dan b. bukan hany mengikuti aspek formalitasnya saja. Transaksi atau kejadian tersebut disajikan sesuai dengan substansinya dan realitas ekonomi. Laporan keuangan dikatakan tidak netral jika informasinya telah dipilih dan dirancang untuk memengaruhi pengambilan keputusan agar dapat mencapai hasil yang telah ditetapkan sebelumnya. Substansi transaksi dan kejadian lainnya tidak selalu konsisten dengan aspek formalitasnya. 6.  10.      Perbandingan laporan keuangan atas periode waktu yang sama.      Neutrality Informasi yang netral adalah informasi yang bebas dari bias.  7.  9.      Prudence Kehati-hatian meruoakan pelaksanaan pertimbangan yang memerlukan pembuatan estimasi menurut kondisi ketidakpastian. Perbandingan tersebut meliputi : a.  8.  Comparability Informasi dalam laporan keuangan dapat diperbandingkan ketika para pemakai laporan keuangan mampu mengidentifikasi kesamaan dan perbedaan antara informasi tersebut dan informasi laporan lainnya.      Completeness Informasi laporan keungan harus disajikan secara lengkap dengan batas materialitas dan biaya.

  Basis Akuntansi  Basis akuntansi yang digunakan dalam laporan keuangan pemerintah adalah basis kas untuk mengikuti pendapatan. daerah atau entitas pelaporan. basis akrual digunakan untuk pengakuan asset. Meskipun demikian. penyajian laporan realisasi anggaran tetap berdasarkan basis kas. belanja. Belanja diakui pada saat kas dikeluarkan.  Basis kas untuk laporan realisasi anggaran berarti bahwa pendapatan diakui pada saat kas diterima di rekening kas umum Negara. kewajiban. dan ekuitas dana. kewajiban. maupun dalam pengakuan aset. dan ekuitas dana diakui dan dicatat pada saat terjadinya transaksi tanpa memperhatikan saat kas diterima atau dibayar. kewajiban.  Entitas pelaporan yang menyajikan laporan kinerja keuangan menyelenggarakan akuntansi dan penyajian laporan keuangan dengan menggunakan basis akrual sepenuhnya. belanja. dan pembiayaan dalam laporan realiasai anggaran. dan ekuitas dalam neraca. Basis akrual untuk neraca berarti asset. Entitas pelaporan tidak menggunakan istilah laba.D. dan pembiayaan. Sementara itu. baik dalam pengakuan pendapatan. .

     Prinsip-prinsip Dasar Akuntansi     Prinsip Prinsip Prinsip Prinsip biaya historis pengakuan pendapatan penandingan pengukuran penuh .E.

F. Teknik akuntansi keuangan sektor publik Terdapat beberapa teknik akuntansi keuangan yang dapat diadopsi sektor publik yaitu:  1)     Akuntansi Anggaran  2)     Akuntansi Komitmen  3)     Akuntansi Dana  4)     Akuntansi Kas  5)     Akuntansi Akrual   .

Hal ini disebabkan oleh suatu fakta bahwa perbedaan intrinstik antara jasa yang diberikan dalam organisasi yang berbeda telah tercermin dalam anggaran mereka. pengendalian. .    Akuntansi anggaran Akuntansi anggaran ( budgetary accounting ) mengacu pada praktik yang dilakuakan oleh banyak organisasi sektor publik. Ide dibalik akuntansi anggaran ini adalah untuk kemudahan. Tujuan praktik ini adalah untuk menekankan peranan anggaran dalam siklus perencanaan. Kesulitan biasanya muncul karena organisasi yang berbeda biasanya mengadopsi format pelaporan yang berbeda pula. khususnya pemerintah dalam upaya menyajikan akun-akun operasinya dengan menggunakan format yang sama dengan anggarannya.1. dan pertanggungjawaban.

.Hasil yang lebih bermakna dapat diperoleh dengan membuat akunakun anggaran yang diklasifikasikan dengan cara tertentu yang spesifik terhadap jasa tertentu namun hal ini menyebabkan ketidakseragaman dalam format akuntansi anggaran. Ada masalah signifikan bahwa organisasi yang berjenis sama dan memberikan jasa yang sama mungkin memiliki perlakuan yang berbeda walaupun akuntansi anggaran telah diadopsi oleh mereka.

. namun pada saat yang lebih awal. Akuntansi komitmen mengakui transaksi ketika organisasi telah memiliki komitmen untuk melaksanakan transaksi tersebut. juga bukan pada saat faktur diterima atau dikirimkan.  Akuntansi komitmen Akuntansi komitmen ( commitment accounting ) dapat digunakan bersama. terutama bagi pemegang anggaran. Ini berarti bahwa transaksi tidak diakui ketika ada penerimaan atau pengeluaran kas. akuntansi komitmen ini dapat menjadi sangat penting. baik dengan basis akuntansi kas maupun akrual.2. yaitu pada saat pesanan dibuat atau diterima.

Pesanan yang diterima yang berhubungan dengan pendapatan. Tentu saja manajer yang berhati-hati akan mengetahui bahwa akun-akun tersebut tidak memasukan pesanan yang telah dibuat namun fakturnya belum diterima.Kritik atas akuntansi komitmen  Fungsi utama dari akuntansi komitmen adalah dalam kontrol anggaran. tidak akan di catat samapi faktur dikirimkan. manajemen dapat dengan mudah menjadi terlalu terpaku atau terlalu berkomitmen ( over commited) kepada anggarannya. mereka perlu mengetahui seberapa besar anggaran yang telah menjadi komitmen dalam hubungan dengan pesanan yang dibuat. maka akuntansi komitmen berfokus pada pesanan yang telah dibuat. Agar manajer dapat mengendalikan anggaran mereka.  Karena berkaitan dengan fungsi utamanya. Gagasannya adalah bahwa akun-akun bulanan yang mencatat hanya faktur yang diterima atau dibayar memberikan hanya sedikit nilai terhadap proses pengambilan keputusan. dan akan membuat catatan meraka sendiri mengenai hal ini sehingga mereka tidak membuat anggaran mereka over committed. Kalau manajer hanya menerima akun-akun yang mencakup penerimaan dan pembuatan faktur saja. Masalah pengendalian anggaran tidak mempengaruhi pendapatan dengan cara yang sama seperti halnya pengendalian anggaran memenuhi beban. .

Dengan latar belakang seperti itu perusahaan swasta dapat menggunakan sumber daya yang dimiliki untuk keperluan apapaun yang penting bagi meraka adalah adanya laba yang berbeda dengan organisasi sektor publik dimana sumber daya yang ada harus digunakan dengan tujuan tertentu. organisasi sektor publik mempunyai tujuan-tujuan yang spesifik.3.    Akuntansi dana  Sumber daya keuangan berupa dana yang disediakan untuk digunakan oleh organisasi nirlaba atau institusi pemerintah biasanya mempunyai keterbatasan penggunaan dalam arti danadana tersebut dibatasi penggunaannya untuk tujuan atau aktivitas tertentu yang terkadang merupakan syarat dari pihak eksternal yang merupakan penyedia dana.  Tidak seperti perusahaan swasta yang mencari laba. .

Akuntansi kas Penerapan akuntansi kas.4. pendapatan dicatat pada saat kas diterima dan pengeluaran dicatat pada saat kas dikeluarkan. dan objektif. program. actual. Namun. . Dengan cash basis tingkat efisiensi dan efektifitas suatu kegiatan. aktivitas tidak dapat diukur dengan baik. GAAP tidak membenarkan pencatatan dengan dasar kas karena tidak dapat mencerminkan kinerja yang sesungguhnya. Kelebihan cash basis adalah mencerminkan pengeluaran yang riil.

 Expense adalah jumlah sumber daya yang dikonsumsi selama periode akuntansi. komprehensif.5. Teknik akuntansi akrual diyakini dapat menghasilkan laporan keuangan yang lebih dapat dipercaya. bukan expense . dan relevan untuk pengambilan keputusan ekonomi. expenditure yang diukur. sedangkan expenditure difokuskan pada general fund.    Akuntansi akrual  Akuntansi akrual dianggap lebih baik daripada akuntansi kas. Expenditure adalah jumlah kas yang dikeluarkan dan atau dialokasikan selama periode akuntansi. politik.  Basis akrual diterapkan agak berbeda antara properiority fund (full accrual) dan governments fund (modified accrual) karena biaya (expense) diukur dalam properiority fund. Karena governments fund tidak memiliki catatan modal dan utang (dicatat dan dikategorikan dalam aktiva tetap dan utang jangka panjang). akurat. social.

efisiensi.Akuntansi berbasis akrual membedakan antara penerimaan kas dan hak untuk mendapatkan kas. Perlu analisis yang mendalam dan kompleks terhadap berbagai faktor lingkungan yang mempengaruhinya. pengenalan terhadap accrual basis memberikan kotribusi yang kurang signifikan terhadap transparasi. serta pengeluaran kas dan kewajiban untuk membayarkan kas. dengan system akrual pendapatan dan biaya diakui pada saat diperoleh (earned) atau terjadi (incured) tanpa memandang apakah kas tersebut diterima atau dikeluarkan Beberapa kasus menunjukkan bahwa reformasi ke arah accrual basis ternyata tidak seluruhnya menjamin keberhasilan. dan efektifitas organisasi publik di Negara tersbut. Kasus yang terjadi di Italia. Oleh karena itu. salah satunya adalah faktor sosiologi Negara tersebut .

SEKIAN DAN TERIMAKASIH .