You are on page 1of 15

Bahaya Minuman Keras Bagi Kesehatan

Minuman keras yang disingkat dengan miras merupakan minuman yang mengandung alkohol. Dengan
kenikmatannya yang banyak menimbulkan kesenangan semu, minuman ini berhasil menjadi gaya
hidup di dunia termasuk di Indonesia. Tak jarang, minuman beralkohol biasa disajikan dalam perayaan
tertentu atau pesta yang meriah. Walaupun termasuk minuman mewah, sayangnya minuman keras ini
bisa membahayakan kesehatan bagi yang mengkonsumsinya.
Golongan Minuman Keras
Pada umumnya minuman keras diklasifikasikan menjadi 3 golongan. Golongan itu antara lain:
1. Golongan A yakni minuman keras dengan kadar alkohol 1% hingga 5% seperti minuman bir
dan green sand.
2. Golongan B yakni minuman keras dengan kadar alkohol 5% hingga 20% seperti minuman
martini dan wine atau anggur.
3. Golongan C yakni minuman keras dengan kadar alkohol 20% hingga 50% seperti whisky dan
brandy.
Bisnis minuman keras merupakan bisnis yang sangat menguntungkan. Seperti halnya rokok dan
narkoba, konsumen yang kian meningkat membuat pekerja yang terlibat didalamnya mencetak
keuntungan yang sangat besar. Walaupun konsumennya banyak, namun tentu saja konsumen tersebut
merasakan gejala-gejala awal yang membahayakan dan tidak mengenakkan.
Efek Minuman Keras Jangka Pendek
Gejala bahaya yang ditimbulkan pada awalnya oleh minuman keras antara lain:
1.
2.
3.
4.
5.

Mulut Terasa Kering
Jantung Berdegup Lebih Kencang
Menimbulkan Rasa Mual
Kesulitan Bernafas
Sering buang air kecil

Gejala-gejala diatas bisa dirasakan dalam beberapa menit. Namun, efek yang diberikan bisa berbedabeda tergantung dari kadar alkohol dari minuman keras yang diminum. Setelah mabuk, nantinya akan
timbul perasaan yang membuat peminumnya seolah-olah merasa hebat sampai rasa malupun akan
hilang dengan sendirinya. Pikiran mereka terasa plong dan rileks.

Salah satunya adalah kerusakan mata yang bisa saja terjadi. Dengan mengkonsumsi minuman keras. 4. Minuman keras dapat menyebabkan Penurunan Fungsi Indra Meminum minuman keras juga dapat menimbulkan fungsi indra menjadi menurun. Bahaya minuman keras sangat mematikan. monopouse pada wanita akan terjadi lebih cepat karena konsumsi minuman keras yang berlebihan. 3. namun para ahli kesehatan tetap menyarankan wanita hamil untuk tidak mengkonsumsinya. . Cacat Pada Janin Penelitian menunjukkan bahwa mengkonsumsi minuman berarkohol dalam jumlah tertentu bisa menyebabkan kecacatan pada bayi. mengkonsumsi terlalu banyak alkohol dalam minuman keras. apalagi jika sedang dalam masa kehamilan 3 bulan pertama. kesehatan mental bisa terganggu hingga menyebabkan perubahan pola tingkah laku. 6. lever mengalami pembengkakan karena mengandung banyak air didalamnya. Jika hal ini terjadi. adapun masalah kesehatan yang dialami oleh peminum minuman keras yang rutin seperti: 1. Yah. Oleh karena itu. 8. seseorang ternyata akan lebih mudah terkena osteoporosis. Peminum minuman keras atau pemabuk bisa terancam masalah kesehatan yang serius jika mengkonsumsi minuman keras apalagi jika dikonsumsi secara rutin. 5. Mempercepat Monopouse Salah satu hal yang membuat organ reproduksi tidak berjalan maksimal adalah karena bisa mengkonsumsi alkohol. Hal ini terjadi karena minuman alkohol bisa menguras cadangan kalsium yang dimiliki oleh tubuh. Akibatnya mata bisa mengalami kebutaan secara permanen.Senikmat apapun yang dirasakan oleh peminum. dapat membuat para wanita merasa kesakitan atau nyeri saat haid datang. Hal ini karena kadar lkohol yang ada pada minuman tersebut. Sebab. Mengalami Nyeri Saat Haid Bagi wanita juga sangat tidak dianjurkan untuk mengkonsumsi minuman keras. Hal ini dilakukan untuk mencegah kelahiran bayi secara prematur atau keguguran 7. 2. Sehingga. Minuman keras menyebabkan kerusakan Otak Kerusakan otak yang bisa diakibatkan dari meminum minuman keras adalah menurunnya fungsi otak hingga resiko depresi dan frustasi kian meningkat. hal tersebut bisa membahayakan lever. Minuman keras menyebabkan lever membengkak Penelitian menunjukkan bahwa 10% hingga 20% penyakit lever bisa terjadi dikarenakan mengkonsumsi alkohol. Walaupun ada beberapa penelitian yang belum bisa membuktikan kecacatan pada janin jika mengkonsumsi minuman keras. tentu tak lepas dari masalah kesehatan yang akan dihadapinya. Terkena Kanker Hati Minuman keras juga dapat memicu terjadinya kanker hati. Hal ini bisa terjadi akibat penurunan fungsi hati yang ditimbulkan oleh minuman keras jika diminum. Osteoporosis Penyakit osteoporosis merupakan hal yang tidak diinginkan sebab bisa menimbulkan cacar permanen bahkan kematian karena patah tulang. alkohol bisa memicu lever untuk bekerja lebih ekstra untuk menyaring cairan tersebut.

Agar tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan akibat meminum minuman keras. Bukan hanya orang lain. 14. Kematian Bisa mengalami kematian saat mabuk mendadak karena serangan jantung. bagi mereka yang meminum minuman keras sebanyak 2 atau 3 minuman dalam sehari. Diutamakan juga untuk memilih makananan yang mengandung kalsium yang baik agar penyakit osteoporosis tidak datang menghampiri. 13. Tentu saja jika hal ini terjadi. Selain masalah kesehatan diatas. Kecanduan Karena meminum minuman keras dapat menciptakan sensasi yang nikmat. Makanan penuh gizi itu antara lain sayuran. Salah satunya adalah dengan memberikan pendidikan tentang minuman keras yang ternyata lebih bermanfaat dibandingkan dengan melarang penjualan minuman keras melalui sejumlah regulasi. komplikasi. meminum minuman keras juga bisa mengakibatkan hal-hal negatif lainnya. Namun jika sudah terlanjur mengkonsumsi minuman keras secara rutin. Cara lain yang bisa dilakukan adalah dengan mengkonsumsi makanan penuh gizi. Ingat. salad dan buah. dirinya pun bisa celaka atas perbuatannya sendiri. Lambung bisa mengalami kelainan. bahaya minuman keras bagi kesehatan sangat mematikan. Kematian tidak langsung pun bisa terjadi seperti kecelakaan saat berkendara dan darah tinggi. Adapun hal negatif lain yang bisa diakibatkan oleh minuman keras antara lain: 11. Hal ini terjadi akibat peminum kehilangan akal sehat. Sebab. Kerusakan Sistem Pencernaan Peminum minuman keras dalam jangka panjang akan sangat beresiko terkena peradangan kronis terhadap saluran pencernaannya. Pdahal. Oleh karena itu tak jarang peminum minuman keras mendekam di penjara. . maka penyembuhan bisa dilakukan dengan mengikuti terapi.9. maka mengkonsumsi minuman keras dapat mengakibatkan seseorang menjadi kecanduan. 10. maka kesehatan dapat terganggu mulai dari fisik hingga mental si peminum. 12. Bahkan. Selain itu ia juga dapat menyebabkan asam lambung naik yang dapat berdampak pada kematian. testosteron sangat diperlukan untuk kelangsungan kinerja osteoblas. Melakukan Hal-Hal Berbahaya Tanpa sadar. Over Dosis Jika minuman keras diminum bersamaan dengan obat-obatan yang berbahaya. maka efek yang terjadi bisa berkali-kali lipat. mengkonsumsi alkohol secara berlebihan dapat membuat mereka kekurangan testosteron. peminum minuman keras bisa saja melukai seseorang yang berada di sekitarnya. maka perlu penanganan awal agar tindakan meminum minuman keras dapat dicegah. Salah satu terapi yang bisa digunakan adalah dengan menulis. termasuk usus yang sel-selnya bisa berubah menjadi sel-sel ganas. menulis merupakan salah satu cara yang bisa membuat seseorang lepas dari masalah. bisa terjadi over dosis dengan tingkat yang parah. Berefek Negatif Terhadap Hormon Untuk para pria.

Bahaya Merokok Bagi Kesehatan Tubuh Pastinya anda sudah tidak asing lagi dengan adanya peringatan “Dilarang Meroko”. Zat ini juga dikaitkan dengan berbagai jenis kanker seperti kanker ginjal dan leukimia. Terdapat sekitar 4000 bahan kimia yang terkandung didalam rokok. Gas ini bisa bereaksi dengan oksigen. Hal tersebut membuat Anda cepat lelah. Zat yang bersifat candu ini juga bisa mempercepat detak jantung. khususnya jantung. Selain serangan jantung. Beberapa diantaranya sebagai berikut : . Zat ini akan mengendap di paru-paru Anda dan berdampak negatif pada kinerja rambut kecil yang melapisi paru-paru. • Gas oksidan. terdapat juga beberapa dampak yang dapat membahayakan tubuh yang diakibatkan dari merokok. • Benzene. Contohnya zat nikotin. • Tar. Perokok berisiko dua hingga empat kali lebih tinggi menderita penyakit jantung. Ketika merokok. Ada banyak Bahan-bahan berbahaya yang terkandung pada sebatang rokok. zat itu bisa mengurangi kadar oksigen yang akan masuk ke darah. Ratusan di antaranya merupakan zat beracun dan sekitar 70 bahan di dalamnya bersifat kanker. Anda akan lebih mungkin terkena serangan jantung. Ketika nikotin masuk ke tubuh. Padahal rambut tersebut bertugas untuk membersihkan kuman dan hal lainnya keluar dari paruparu Anda. Saat merokok. merusak pembuluh darah dalam jantung. kandungan tar di dalam rokok akan ikut terisap. antara lain : • Karbon monoksida. Anda akan turut memasukkan zat-zat berbahaya yang bisa berdampak buruk pada tubuh. Risiko lebih tinggi lagi jika Anda perokok wanita yang sedang mengonsumsi pil KB. Ketika Anda merokok. menaikkan tekanan darah. Zat yang kerap ditemukan pada asap knalpot mobil ini bisa mengikat diri pada hemoglobin dalam darah secara permanen sehingga menghalang penyediaan oksigen ke tubuh. Keberadaannya pada tubuh lebih meningkatkan risiko stroke dan serangan jantung akibat penggumpalan darah. Zat yang ditambahkan ke dalam bahan bakar minyak ini bisa merusak sel pada tingkat genetik. dan mempercepat pembekuan darah yang bisa memicu serangan jantung. Sepertinya peringatan tersebut tidak mengherankan jika kita mengetahui dampak negatif pada tubuh yang ditimbulkan akibat merokok.

emfisema. serta dapat menghancurkan penglihatan sentral tajam. termasuk kemandulan. serangan jantung mungkin dapat terjadi. yangg merusak makula. pankreas. 4.Menyebabkan Kebutaan Bahaya merokok dapat meningkatkan resiko degenerasi makula yaitu penyebab kebutaan yang dialami pada orang tua. Kondisi seperti ini merupakan penumpukan zat lemak pada arteri. tetapi dengan gejala yang jauh lebih buruk pada kemudian hari. Penyakit Jantung Merokok dapat menimbulkan aterosklerosis atau terjadi pengerasan pada pembuluh darah. stroke.Diabetes Menurut Cleveland Clinic. Pada sebuah riset menunjukkan bahwa bukan perokok yang tinggal bersama perokok memiliki resiko 24% lebih tinggi untuk terkena penyakit kanker paru-paru dibandingkan bukan perokok pada umumnya. Menurut American Cancer Society. Jantung dipaksa untuk bekerja lebih keras dan tekanan ekstra yang pada akhirnya menyebabkan angina atau nyeri dada. faring. dan perut. Bahaya rokok juga menyebabkan komplikasi dari diabetes. serviks. seperti penyakit jantung. serta sindrom kematian mendadak bayi. Resiko kematian karena faktor kanker paru-paru dapat 23 kali lebih tinggi pada pria perokok dan 13 kali lebih tinggi pada wanita yang merokok dibandingkan pada mereka yang bukan tidak merokok. Jika salah satu arteri atau bahkan lebih menjadi benar-benar terblokir. semakin besar pula kesempatan untuk mengembangkan penyakit jantung atau stroke. atau bronkitis kronis dapat meningkat karena kebiasaan merokok. orang yang telah berumur 40 tahun dapat menderita emfisema atau bronkitis.1. Penyakit paru-paru Risiko terkena penyakit seperti pneumonia. bayi lahir dengan berat badan rendah. esopagus. Dalam studi yg diterbitkan ‘Archives of Ophthalmology’ orang yang merokok 4 kali lebih mungkin dibandingkan dengan orang-orang yang bukan perokok untuk mengembangkan degenerasi makula. Penyakit ini disebut sebagai penyakit paru obstruktif kronik (PPOK). pita suara. Bahaya merokok juga dapat menyebabkan kanker kantung kencing. penyakit ginjal. kematian janin. 5.Kanker Merokok dapat menyebabkan sekitar 90% kematian akibat kanker paru-paru pada pria serta 80% pada wanita. penyakit pembuluh darah. 6. 7. . 2. penyakit mata.Gangguan Janin Kebiasaan merokok juga akan berdampak buruk terhadap kesehatan reproduksi dan janin yang terdapat dalam kandungan. pusat retina. 3. Semakin banyak rokok yang telah dihisap dan semakin lama seseorang tersebut merokok. Hal ini yang dapat menyebabkan penyakit jantung. keguguran. Sekitar 90% kematian karena penyakit paru-paru kronis disebabkan karena merokok. dan masalah kaki. rongga mulut. ginjal. lemak dan plak memblok aliran darah serta dapat membuat penyempitan pembuluh darah. kebiasaan merokok dapat meningkatkan resiko terkena diabetes.Gangguan Pernapasan Bahaya merokok dapat meningkatkan resiko kematian karena penyakit paru-paru yang kronis sampai 10 kali lipat. Penyakit paru-paru tersebut dapat berlangsung dan bertambah buruk seiring dari waktu ke waktu sampai orang tersebut akhirnya meninggal karena kondisi tersebut.

Dengan merokok. 9. perokok juga mengalami tingkat stres yang lebih tinggi dibandingkan mereka yang tidak merokok.8. dan nafas. Selama ini mungkin Anda mengira merokok bisa membuat lebih rileks.Impotensi Rokok adalah faktor resiko utama penyakit pembuluh darah perifer yang akan mempersempit pembuluh darah pembawa darah ke seluruh tubuh. Tidak hanya Anda. merokok sama saja seperti menabung racun pada tubuh yang sedikit demi sedikit bisa menumpuk jika dilakukan terus-menerus. keyakinan serta motivasi yang kuat anda juga bisa terbebas dari kecanduan merokok. atau mengalami gangguan tidur yang ditandai dengan sulit bernapas pada malam hari kemudian merasa kelelahan di pagi hari. lebih mudah lelah. kanker leher. Perlu diingat. Bayangkan betapa bahayanya hidup anda dan keluraga karena terbebas dari jeratan bahaya merokok bagi kesehatan tubuh. Anda menganggap kandungan nikotin bisa menenangkan pikiran Anda. Efek rokok yang bisa Anda rasakan sehari-hari adalah batuk-batuk. orang-orang terdekat pun akan merasakan efeknya karena menghirup asap rokok yang beracun. risiko menderita penyakit pun akan lebih tinggi pada masa tua. kanker paru-paru. tapi ternyata itu salah. Semoga saja informasi yang telah saya sampaikan ini dapat membuat anda tersadar betapa bahayanya merokok bagi kesehatan tubuh kita. dan dengan keinginan. Pembuluh darah pada alat reproduksi pria kemungkinan dapat terpengaruh karena merupakan pembuluh darah yang berukuran kecil dan dapat mengakibatkan disfungsi impoten. penyakit gigi. . Itulah informasi seputar Bahaya Merokok Bagi Kesehatan Tubuh. Selain penyakit pada fisik. lebih rentan terhadap infeksi.Penyakitmulut Penyakit mulut yang disebabkan karena rokok antara lain seperti kanker mulut. namun kebiasaan merokok bisa sangat mengganggu dan mengurangi kualitas hidup Anda sehari-hari. Memang tidak semua perokok akan meninggal karena penyakit jantung. atau stroke. Dengan begitu. Yang membuat perokok gelisah dan cemas adalah gejala putus obat terhadap nikotin. kecanduan terhadap nikotin akan terpenuhi dan perokok merasa seperti rokok tersebut menurunkan stres. sesak napas. Jutaan orang di dunia berhasil untuk berhenti merokok.

menyebutkan bahwa jumlah perokok aktif di Indonesia mencapai 75% atau 141 juta orang. mereka menganggap bahwa merokok adalah merupakan ciri kejantanan yang membanggakan. Merokok merupakan kegiatan yang masih banyak dilakukan oleh banyak orang. Mereka yang menjadi perokok karena dipengaruhi oleh teman-temannya sejumlah 70%. 2% diantaranya hanya coba-coba. 14 tahun (22%). 13 tahun (23%). sampai dirasa memberikan rasa kesegaran dan kepuasan tersendiri sehingga setiap harinya harus menyisihkan uang untuk merokok. Dari segi pemerintahan. Apalagi sudah menjadi masalah nasional. dari data WHO jumlah perokok di dunia ada sebanyak 1. oleh karena itu merokok harus dihentikan sebagai usaha pencegahan sedini mungkin. karena berkaitan dengan banyak faktor yang saling memicu. dan mampu banyak menyerap tenaga kerja. Anak-anak sekolah yang masih berpakaian seragam sekolah juga ada yang melakukan kegiatan merokok. Sementara itu. dan bahkan internasional. pemerintah memperoleh pajak pemasukan rokok yang tidak sedikit jumlahnya. Jika pabrik rokok ditutup harus mencarikan pemasukan dana dari sumber lain dan mengalihkan para pekerja pabrik rokok yang tidak sedikit jumlahnya (sulit pemecahannya). Di tempat-tempat yang telah diberi tanda “dilarang merokok” sebagian orang ada yang masih terus merokok. Hal ini menjadi sulit. sehingga seolah sudah menjadi lingkaran setan. . Survei yang diadakan oleh Yayasan Jantung Indonesia tahun 1990 yang dikutip oleh Saifuddin Azwar[1] mengatakan bahwa Menunjukkan data pada anak-anak berusia 10-16 tahun sebagai berikut : angka perokok <10 tahun (9%). walaupun sering ditulis di surat-surat kabar. khususnya remaja pria. 12 tahun (18%). Selain itu. sehingga mereka yang tidak merokok malah justru diejek. Kelompok lain. Merokok merupakan salah satu masalah yang sulit dipecahkan. Di tinjau dari segi kesehatan merokok harus dihentikan karena menyebabkan kanker dan penyumbatan pembuluh darah yang mengakibatkan kematian. menurut data survei kesehatan rumah tangga 2002 seperti yang tercatatat dalam koran harian Republika tanggal 5 juni 2003. dan 4 juta orang di antaranya meninggal setiap tahun. mereka merasakan nikmatnya begitu nyata. majalah dan media masa lain yang menyatakan bahayanya merokok.1 miliar orang. Di pihak perokok sendiri. dan 15-16 tahun (28%).Pengaruh Negatif Rokok bagi Kesehatan di Kalangan Remaja Latar belakang dari permasalahan rokok yaitu semakin meningkatnya perokok di usia remaja yang berdampak negative bagi kesehatan remaja.

dan melakukan apa yang dilakukan oleh kelompok. Dalam pikiran remaja. ada sesuatu yang lain yang sama pentingnya dengan kedewasaan. Pada saat anak duduk di sekolah menengah atas. Menurut mereka merokok merupakan lambang pergaulan bagi mereka. selain itu juga. (3)Mengetahui tentang konsep penyelesehan masalah rokok dikalangan remaja. Kita sering melihat di jalan atau tempat yang biasanya dijadikan sebagai tempat “nongkrong” anak-anak tingkat sekolah menengah banyak siswa yang merokok.Dewasa ini di Indonesia kegiatan merokok seringkali dilakukan individu dimulai di sekolah menengah pertama. yakni solidaritas kelompok.” Pada masa remaja. Sebagai seorang remaja mereka menggunakan berbagai cara agar terlihat dewasa. Adapun rumusan masalh sbagai berikut. rokok merupakan lambing kedewasaan. Ini berarti bahwa tindakan merokok diawali dari adanya suatu sikap. Individu remaja tersebut mulai merokok karena individu dalam kelompok remaja tersebut tidak ingin dianggap sebagai orang asing. ada juga pelajar pria mengatakan bahwa pria menjadi perokok setelah melihat iklan rokok. Seperti halnya yang diungkapkan oleh Hurlock B Elizabeth[2] bahwa “Remaja ingin mencoba melakukan apa yang sering dilakukan oleh orang dewasa. dengan sembunyi-sembunyi remaja pria mencoba merokok karena seringkali mereka melihat orang dewasa melakukannya. setuju atau tidak setuju terhadap respon yang datang dari luar dalam hal ini adalah rokok. yaitu kecenderunga seseorang untuk menerima atau menolak. kebanyakan pada siswa laki-laki merokok merupakan kegiatan yang menjadi kegiatan sosialnya. Sitepoe[1] menyebutkan bahwa alasan utama menjadi perokok adalah karena ajakan teman-teman yang sukar ditolak. bahkan mungkin sebelumnya. (1)Apa keistimewaan rokok sehingga remaja mengkonsumsi rokok?(2) Apa saja dampak dari merokok?(3) Bagaimana cara agar remaja dapat lepas dari rokok? Karya tulis ini bertujuan (1) Memberikan gambaran tentang bahaya rokok. Apabila dalam suatu kelompok remaja telah melakukan kegiatan merokok maka individu remaja merasa harus melakukannya juga. (2)Untuk mengetahui tentang kebiasaan merokok pada remaja. . Berdasarkan latar belakang diatas maka saya menilai sangat diperlukan kegiatan penyuluhan guna peningkatan pengetahuan remaja mengenai bahaya rokok sehingga mampu mendorong remaja Indonesia untuk hidup bebas rokok dan dapat menbantu Indonesia untuk berhenti merokok. Hampir semua orang mulai merokok dengan alasan yang sedikit sekali kaitannya dengan kenikmatan. bukan karena individu tersebut menyukai rokok.

Lepas dari permasalahan itu. cukup hanya dengan fermentasi. Sebenarnya mereka sadar bahwa kondisi semacam ini akan memperburuk bagi generasi bangsa karena telah menciptakan kebingungan publik. Artis tersebut kedapatan sedang mengadakan pesta dengan menggunakan obatobat terlarang. Padahal sebelumnya akan dibuat undang-undang anti miras yang konon belum rampung-rampung juga. yang akan saya garis bawahi di sini adalah. Dan ada juga oknum yang membuatnya secara legal. belum lama ini kita dengar akan dibuat undang-undang yang mengatur tentang santet. kita mengenalnya dengan minuman oplosan. muda dan sukses berkarier. Pada beberapa daerah ada masyarakat yang membuatnya karena sudah terbiasa mengkonsumsinya biasanya disajikan untuk pesta-pesta adat. yang memiliki begitu banyak potensi tapi dengan mudahnya disiasiakan atau dirampas untuk kepentingan pribadi. Persoalannya menjadi berbuntut panjang lantaran jenis narkoba yang dikonsumsi oleh artis tersebut belum ada undang-undang yang mengaturnya. Apalagi miras dan minol adalah jenis minuman yang sangat mudah dibuat. Dengan begitu akan terbentuk pola pikir masyarakat untuk mencari-cari barang haram dan mengkonsumsinya secara bebas selama belum ada undang-undang yang mengaturnya. . Seperti misalnya. Begitulah potret wajah negri ini. Jangankan sampai ditetapkan. Tanpa terkecuali termasuk minuman keras ( miras ) dan minuman berakohol ( minol ).Waspada! Bahaya Miras dan Minol Rasanya persoalan bangsa ini semakin hari semakin menumpuk. Terutama dalam bidang perundang-undangan. Jika sudah berada pada posisi seperti ini siapa yang harus disalahkan ? Sementara anak bangsa terus tumbuh dan berkembang. Angota dewan benar-benar diuji kecerdasannya dalam hal memilah dan milih mana undang-undang yang harus didahulukan dan mana yang tidak. Pokok Masalah Tiga bulan yang lalu pemirsa televisi telah dikejutkan oleh penggrebekan seorang artis ganteng. Satu masalah belum selesai sudah datang masalah yang lain lagi. digodok aja belum. Mereka lupa bahwa di era digital sekarang ini segala pernyataan dan pola laku mereka disaksikan oleh khalayak dan tunas-tunas bangsa. Prosesnya pun sederhana. Kesimpang siuran yang terjadi telah membentuk sebuah opini masyarakat bahwa jika belum ada undangundangnya maka artis tersebut tidak bersalah dan bebas dari hukuman. Dan sampai pada hari ini ke dua undang-undang tersebut belum terealisasi karena sudah tertimbun oleh permasalahan baru yaitu Ujian Nasional (UN) yang karut marut. Opini masyarakat ini berujung pada pembenaran tentang “Penggunaan barang haram” boleh dikonsumsi selama itu tidak ada undangundangnya. Bagi saya ini adalah waktu yang tepat untuk menegaskan pada masyarakat atas kekisruhan yang terjadi beberapa bulan lalu itu. Karena secara tidak langsung kasus yang dihadapi oleh artis tersebut membawa dampak negatif bagi masyarakat Indonesia pada umumnya dan penggemarnya pada khususnya. bahwa ada atau tidaknya undang-undang bukan berarti tiap orang boleh leluasa mengkonsumsi barang haram tersebut. dan belum ada yang terselesaikan dengan tuntas.

Bukan perkara mudah memang tapi harus dilaksanakan. baik terhadap diri sendiri mau pun lingkungannya. Hampir kebanyakan masyarakat tahu betul atas bahaya yang ditimbulkan jika mengkonsumsi miras dan minol. bisa di sekolah dan di tempat komunitas seperti olah raga. Hal ini dimaksudkan untuk menghindari kejenuhan yang merupakan sifat remaja. Bisa diarahkan ke lembaga Usaha Kecil Menengah ( UKM ) milik pemerintah. Bahkan edukasi keagamaan merupakan hal yang paling penting dari semua edukasi. Edukasi dua arah ini adalah antara pengguna/pemakai dengan penyalur/pedagang/pembuat. namun mewaspadai bahayanya harus tetap dilakukan. musik dan komunitas lainnya. Terutama bagi remaja yang masih memiliki sifat kepolosan dan pencarian jati diri. pembuatan minuman alkohol oplosan. Sekali pun banyak masyarakat yang sudah mengetahui bahaya miras dan minol. Bagi para remaja kampanye anti miras harus diselingi dengan membuat suatu kegiatan. Sedangkan edukasi pada masyarakat. mustahil rasanya jika si artis buta terhadap bahayanya mengkonsumsi barang haram tersebut. Itulah sebabnya diperlukan edukasi dua arah agar apa yang kita takutkan tidak terjadi baik pada saat ini mau pun masa yang akan datang. pemerintah harus mengusahakan secara maksimal. setidaknya masyarakat dituntut berperan aktif untuk mengawasi dan melaporkan jika mereka melihat adanya kegiatan seperti : penimbunan miras dan minol. Bukan lagi hanya pada diri sendiri tapi juga masyarakat dan bangsa. Edukasi Agama Hal yang tak kalah penting dalam mengedukasi Anti Miras dan Minol adalah edukasi keagamaan. Untuk masalah usaha ini. dan pesta miras. Edukasi kepada para penyalur/pedagang/pembuat adalah dengan memberikan jalan keluar bagi peluang usaha yang halal dan tidak merugikan. Bukan hanya terbatas pada teori saja tapi sampai pada tahap pelaksanaan. Kedua kelompok ini harus benar-benar dicerdaskan dan diberi semacam sengatan agar menimbulkan efek jera. Artikel Tentang Bahaya Merokok Bahaya merokok . Demikian pula dengan para fansnya atau masyarakat pada umumnya. Dengan begitu kelompok ini akan menghentikan usaha haramnya tersebut dan beralih pada usaha yang baik. maka dampak buruk yang ditanggung cukup besar. Jika salah sedikit saja dalam mengarahkan dan memberi petunjuk pada remaja. Kampanye Anti Miras dan Minol harus terus digulirkan. Lantas apakah masyarakat dan pemerintah harus berhenti sampai di sini saja ? Itu bukan sebuah jawaban yang tepat.Edukasi Dua Arah Sebenarnya masyarakat sudah banyak yang mengetahui dampak negatif dari mengkonsumsi miras dan minol. Edukasi kepada para pengguna/pemakai terutama bagi remaja harus dilakukan secara kontinyu. Seperti contoh kasus di atas.

ZAT-ZAT BERACUN PADA ROKOK Rokok mengandung kurang lebih 4000 lebih elemen-elemen dan setidaknya 200 diantaranya berbahaya bagi kesehatan. di kaki. Gas CO adalah sejenis gas yang tidak memiliki bau. Di otak. Perokok akan merasakan kenikmatan. Nikotin Nikotin adalah merupakan candu yang sangat kuat. Hal itulah yang menyebabkan mengapa sekali merokok susah untuk berhenti. dan semuanya diserap. sehingga setiap ada asap rokok disamping kadar oksigen udara yang sudah berkurang. Nikotin yang terkandung di dalam asap rokok antara 0. di ginjal. dalam sebatang rokok juga mengandung bahan-bahan kimia lain yang tak kalah beracunnya. yaitu arus yang tengah atau mid-stream. toleransi dan keterikatan fisik. dibensokarbasol. sedangkan arus pinggir (side – stream) akan tetap berada diluar. Pada paru. dan karbon monoksida. di saluran peranakan. Hasil pembusukan panas dari nikotin seperti dibensakridin. Penyempitan pembuluh darah akan terjadi dimana-mana. Bila proses spasme berlangsung lama dan terus menerus maka pembuluh darah akan mudah rusak dengan terjadinya proses aterosklerosis (penyempitan). Gas CO yang dihasilkan sebatang rokok dapat mencapai 3 – 6%. nikotin juga memiliki karakteristik efek adiktif dan psikoaktif.Karbon monoksida (CO). di ari-ari pada wanita hamil. nikotin. nikotin dapat menghambat aktivitas silia. Zat-zat beracun yang terdapat dalam rokok antara lain adalah sebagai berikut : 1.Bahaya merokok bagi kesehatan. sehingga di dalam cairan darah atau plasma antara 40 – 50 ng/ml. atau orang yang berada dalam satu ruangan.5 – 3 ng. ditambah lagi sel darah merah akan semakin kekurangan oksigen. Oleh orang yang merokok atau orang yang terdekat dengan si perokok. 2. Sel tubuh yang menderita kekurangan oksigen akan berusaha meningkatkan yaitu melalui kompensasi pembuluh darah dengan jalan menciut atau spasme. Mereka juga tidak bisa memastikan kadar nikotin yang sama pada setiap batang rokok yang anda hisap. oleh karena yang diangkut adalah CO dan bukan O2 (oksigen). Unsur ini dihasilkan oleh pembakaran yang tidak sempurna dari unsur zat arang atau karbon. Sesudah itu perokok tidak akan menelan semua asap tetapi ia semburkan lagi keluar. dan nitrosamin-lah yang bersifat karsinogenik. kecemasan berkurang. di paru. . Nikotin rokok mengandung lebih banyak zat addictive (zat yang menyebabkan kecanduan) daripada heroin ataupun kokain. Seorang yang merokok hanya akan menghisap 1/3 bagian saja. Seperti halnya heroin dan kokain. Perusahaan-perusahaan rokok seringkali memanipulasi kadar nikotin pada rokok yang mereka produksi agar memberikan rasa yang tetap sama. Nikotin bukan merupakan komponen karsinogenik. gas ini dapat di hisap oleh siapa saja. Selain itu. Racun utama pada rokok adalah tar. Gas CO mempunyai kemampuan mengikat hemoglobin (Hb) yang terdapat dalam sel darah merah (eritrosit) lebih kuat dibanding oksigen. di jantung.

Kadmium Kadmium adalah zat yang dapat meracuni jaringan tubuh terutama ginjal. 7. Amoniak Amoniak merupakan gas yang tidak berwarna yang terdiri dari nitrogen dan hydrogen. Jantung tidak diberikan kesempatan istirahat dan tekanan darah akan semakin meninggi. trombosit akan menggumpal dan akhirnya akan menyumbat pembuluh darah yang sudah sempit akibat asap yang mengandung CO yang berasal dari rokok. Cairan ini sangat tajam dan menusuk baunya. 5. Zat ini tajam baunya dan sangat merangsang. Cairan ini sangat mengganggu kesehatan. 6. akrolein ini adalah alcohol yang cairannya telah diambil. Zat ini dapat menyebabkan seseorang seperti merasa digigit semut. Efek lain merangsang berkelompoknya trombosit (sel pembekuan darah).5-35 mg per batang.Tar adalah sejenis cairan kental berwarna coklat tua atau hitam yang merupakan substansi hidrokarbon yang bersifat lengket dan menempel pada paru-paru. . Tar Tar adalah sebuah zat yang dihasilkan dalam pembakaran tembakau (rokok biasa) dan bahan tanaman lain (rokok herbal) ketika seseorang merokok. Kadar tar pada rokok antara 0. berakibat timbulnya hipertensi. Asam Format Asam format merupakan sejenis cairan tidak berwarna yang bergerak bebas dan dapat membuat lepuh. Tar merupakan suatu zat karsinogen yang dapat menimbulkan kanker pada jalan nafas dan paru-paru. Akrolein Akrolein merupakan zat cair yang tidak berwarna seperti aldehid. Begitu kerasnya racun yang ada pada ammonia sehingga jika masuk sedikit pun ke dalam peredaran darah akan mengakibatkan seseorang pingsan atau koma. Artinya. 3. Zat ini sedikit banyak mengandung kadar alcohol. 4. Ia merupakan campuran dari beberapa zat yang bersama-sama membentuk suatu massa yang dapat melekat di paru-paru.Paru paru perokok Efek nikotin menyebabkan perangsangan terhadap hormon kathekolamin (adrenalin) yang bersifat memacu jantung dan tekanan darah.

16. 14. Zat ini dapat digunakan mengubah sifat alcohol sebagai pelarut dan pembunuh hama. Nitrous Oxid Nitrous oxide merupakan sejenis gas yang tidak berwarna. Nitrous oxide ini adalah sejenis zat yang pada mulanya dapat digunakan sebagai pembius waktu melakukan operasi oleh dokter. 15. Gas ini juga sangat beracun keras terhadap semua organisme hidup. 12. tidak berbau dan tidak memiliki rasa. serta diperoleh dari tar arang. Piridin Piridin adalah sejenis cairan tidak berwarna dengan bau tajam. Dalam asap rokok yang membara karena diisap. dan bila terhisap dapat menyebabkan hilangnya pertimbangan dan menyebabkan rasa sakit. Meminum atau menghisap methanol mengakibatkan kebutaan dan bahkan kematian. Zat ini adalah senyawa organic yang beracun.8. Hidrogen sulfida Hidrogen sulfida adalah sejenis gas yang beracun yang gampang terbakar dengan bau yang keras. Zat ini merupakan zat yang paling ringan. Zat ini menghalangi oksidasi enzim (zat besi yang berisi pigmen). Asetol Asetol adalah hasil pemanasan aldehid (sejenis zat yang tidak berwarna yang bebas bergerak) dan mudah menguap dengan alcohol. tembakau terbakar kurang sempurna sehingga menghasilkanCO (karbon mono oksida). Zat ini beracun dan membahayakan karena fenol ini terikat ke protein dan menghalangi aktivitas enzim. Hidrogen Sianida/HCN Hidrogen sianida merupakan sejenis gas yang tidak berwarna. 11. Metanol Metanol adalah sejenis cairan ringan yang mudah menguap dan mudah terbakar. yang disamping asapnya . mudah terbakar dan sangat efisien untuk menghalangi pernapasan dan merusak saluran pernapasan. Fenol Fenol adalah campuran dari kristal yang dihasilkan dari distilasi beberapa zat organic seperti kayu dan arang. Formaldehid Formaldehid adalah sejenis gas tidak berwarna dengan bau tajam. 9. Akibat negatif dari rokok. 13. Metil Klorida Metil klorida adalah campuran dari zat-zat bervalensi satu antara hydrogen dan karbon merupakan unsurnya yang utama. 10. Gas ini tergolong sebagai pengawet dan pembasmi hama. Sedikit saja sianida dimasukkan langsung ke dalam tubuh dapat mengakibatkan kematian. sesungguhnya sudah mulai terasa pada waktu orang baru mulai menghisap rokok. Sianida adalah salah satu zat yang mengandung racun yang sangat berbahaya.

dan tar tersebut tertimbun disaluran itu yang menyebabkan : . Tar. tar dan nikotine (yang terjadi juga dari pembakaran tembakau tersebut) dihirup masuk ke dalam jalan napas.Batuk-batuk atau sesak napas . Pada seorang perokok tidak akan sampai terjadi keracunan CO. CO. .Tar yang menempel di jalan napas dapat menyebabkan kanker jalan napas. namun pengaruh CO yang dihirup oleh perokok dengan sedikit demi sedikit. dan Nikotin tersebut berpengaruh terhadap syaraf yang menyebabkan : . lidah atau bibir Nikotin Nikotin merangsang bangkitnya adrenalin hormon dari anak ginjal yang menyebabkan : .Meningkatkan tekanan darah serta kadar kholesterol dalam darah. akan berkurang daya angkutnya bagi oksigen dan orang dapat meninggal dunia karena keracunan karbon mono oksida.Jantung berdebar-debar . darah orang yang kemasukan CO banyak.Cita rasa / selera makan berkurang . Karbon mono oksida lebih mudah terikat pada hemoglobin daripada oksigen Oleh sebab itu. tang erat dengan terjadinya serangan jantung Gas CO (Karbon Mono Oksida) Gas CO juga berpengaruh negatif terhadap jalan napas dari pembuluh darah. tangan gemetar (tremor) .Ibu-ibu hamil yang suka merokok dapat kemungkinan keguguran kandungannya Tar dan Asap Rokok Tar dan asap rokok merangsang jalan napas. dengan lambat namun pasti akan berpengaruh negatif pada jalan napas.sendiri.Gelisah.