You are on page 1of 5

SOAL

:
1. Jelaskan definisi dari distress spiritual menurut nanda!
a. distres spiritual adalah gangguan dalam prinsip hidup yang meliputi
seluruh kehidupan seseorang
b. distres spiritual adalah kegagalan individu dalam menemukan arti
c. Distres spiritual adalah kerusakan kemampuan dalam mengalami dan
mengintegrasikan arti dan tujuan hidup seseorang dengan diri sendiri,
orang lain, seni, music, literature, alam dan kekuatan yang lebih besar
dari dirinya
d. distres spiritual adalah dukungan sosial dalam memahami keyakinan
klien
2. Jelaskan penyebab distres spiritual Menurut Vacarolis (2000) !
a. Pengkajian Sosial Budaya , Pengkajian Psikologis , Pengkajian Fisik
b. Pengkajian Fisik  Abuse , Pengkajian Psikologis  Status mental,
mungkin adanya depresi, marah, kecemasan, ketakutan, makna nyeri,
kehilangan kontrol, harga diri rendah, dan pemikiran yang
bertentangan, Pengkajian Sosial Budaya  dukungan sosial dalam
memahami keyakinan klien (Spencer, 1998).
c. Pengkajian Fisik  Abuse
d. Pengkajian Sosial Budaya  dukungan sosial dalam memahami
keyakinan klien (Spencer, 1998).
3. Karakteristik Distres Spritual menurut Nanda (2005) meliputi empat
hubungan dasar, sebutkan sesuai dengan susunannya !
a. Ungkapan kekurangan -Hubungan dengan orang lain -Hubungan
dengan seni, musik, literatur, dan alam - Hubungan dengan kekuatan
yang lebih besar dari dirinya

d. sebutkan poin-poin yang terdapat dalam Hubungan dengan kekuatan yang lebih besar dari dirinya. dan alam d. Hubungan dengan kekuatan yang lebih besar dari dirinya .Ungkapan kekurangan -Hubungan dengan seni. kecuali ! a. c. depresi. b. literatur. Ketidakmampuan untuk berdo’a Ketidakmampuan untuk berpartisipasi dalam kegiatan keagamaan Mengungkapkan terbuang oleh atau karena kemarahan Tuhan kecemasan dan perubahan kepribadian termasuk halusinasi 6. kecuali ! a. kecuali ! a. Mengungkapkan terbuang oleh atau karena kemarahan Tuhan b.Hubungan dengan seni. Ungkapan kekurangan .Hubungan dengan orang lain . Poin apa saja yang terdapat pada Hubungan dengan seni. dan alam . d. kecuali ! . musik. nyeri dan lama gagguan kecemasan dan perubahan kepribadian termasuk halusinasi 5. Pada Karakteristik Distres Spritual menurut Nanda (2005) meliputi empat hubungan dasar. dan alam. musik. literatur. Tidak tertarik dengan alam d. menulis) c. literatur.b.Hubungan dengan seni. perubahan status mental.Hubungan dengan kekuatan yang lebih besar dari dirinya c.Hubungan dengan kekuatan yang lebih besar dari dirinya -Hubungan dengan orang lain . Hubungan dengan orang lain . lama gagguan Perdamaian/ketenangan dan Penerimaan masalah ingatan. musik. c. b. mendengarkan musik. literatur. Sebutkan beberapa gejala dari penyakit distress spiritual. Tidak tertarik dengan bacaan keagamaan 7.Ungkapan kekurangan . dan alam 4. Ketidakmampuan untuk mengungkapkan kreativitas (bernyanyi. musik. Sebutkan poin dari Hubungan dengan orang lain.

c. d. Jelaskan definisi dari distress spiritual menurut nanda! . d. Dalam hubungan dengan diri terdapat poin Ungkapan kekurangan sebutkan salah satunya ! a. Cinta. b. b. Penilaian Terhadap Stressor.a. c. Menolak berhubungan dengan tokoh agama Menolak interaksi dengan tujuan dan keluarga Mengungkapkan terpisah dari sistem pendukung Mengungkapkan tidak adanya pengasingan diri 8. b. Arti dan tujuan hidup Perdamaian/ketenangan Memaafkan diri sendiri dan Koping yang buruk Penerimaan. terbagi atas lima sebutkan. Sebutkan poin dari Hubungan dengan diri. c. Harapan. c. Ungkapan kekurangan dan Marah Memaafkan diri sendiri Kesalahan Koping yang buruk 9. b. kecuali ! a. d. Respon Kognitif Respon Afektif Respon Fisiologis Respon diri KUNCI JAWABAN: 1. d. 10. kecuali ! a.

sebutkan poin-poin yang terdapat dalam Hubungan dengan kekuatan yang lebih besar dari dirinya. Pada Karakteristik Distres Spritual menurut Nanda (2005) meliputi empat hubungan dasar. Pengkajian Sosial Budaya  dukungan sosial dalam memahami keyakinan klien (Spencer. Pengkajian Psikologis  Status mental. Karakteristik Distres Spritual menurut Nanda (2005) meliputi empat hubungan dasar. music. Mengungkapkan tidak adanya pengasingan diri .C. harga diri rendah. Poin apa saja yang terdapat pada Hubungan dengan seni. Distres spiritual adalah kerusakan kemampuan dalam mengalami dan mengintegrasikan arti dan tujuan hidup seseorang dengan diri sendiri. makna nyeri. dan alam. 3. dan pemikiran yang bertentangan. orang lain. Ungkapan kekurangan -Hubungan dengan orang lain -Hubungan dengan seni. Sebutkan poin dari Hubungan dengan orang lain. dan alam . kehilangan kontrol. kecemasan dan perubahan kepribadian termasuk halusinasi 6. ketakutan. Pengkajian Fisik  Abuse . 1998). Sebutkan beberapa gejala dari penyakit distress spiritual. musik. mungkin adanya depresi. kecuali ! D. kecuali ! D . alam dan kekuatan yang lebih besar dari dirinya 2. Perdamaian/ketenangan dan Penerimaan 5. kecemasan. kecuali ! A. literature. sebutkan sesuai dengan susunannya ! A. Mengungkapkan terbuang oleh atau karena kemarahan Tuhan 7. literatur. musik.Hubungan dengan kekuatan yang lebih besar dari dirinya 4. seni. marah. literatur. Jelaskan penyebab distres spiritual Menurut Vacarolis (2000) ! B. kecuali ! B.

8. kecuali ! D. Dalam hubungan dengan diri terdapat poin Ungkapan kekurangan sebutkan salah satunya ! C. kecuali ! B. Sebutkan poin dari Hubungan dengan diri. Memaafkan diri sendiri 9. terbagi atas lima sebutkan.Penilaian Terhadap Stressor. Respon diri . Memaafkan diri sendiri dan Koping yang buruk 10.