You are on page 1of 10

APLIKASI WAREHOUSE MANAGEMENT SYSTEM

BERBASIS WEB MENGGUNAKAN PHP & MYSQL
Sri Rahardjo, Leli safitri
Fakultas Ilmu Komputer, Universitas Gunadarma
Jl. Margonda Raya 100 Depok 16424

srirahardjo1904jco@gmail.com, leli.s@staff.gunadarma.ac.id

Aplikasi warehouse management system berbasis web menggunakan php &
mysql menyajikan proses perancangan sistem manajemen gudang (WMS) yang
berupa barang masuk , barang keluar dan stock yang masih tersedia. Perangkat
lunak yang digunakan untuk membuat aplikasi ini yaitu menggunakan
pemrograman PHP yang dihubungkan dengan MYSQL sebagai tempat
penyimpanan data (database), serta XAMPP sebuah software web server apache
yang didalamnya sudah tersedia database server mysql dan support php
programming. XAMPP merupakan server yang dapat dijalankan komputer tanpa
memerlukan sambungan internet. Server dikomputer ini disebut dengan Local
Server (LocalHost) yang mana server ini nantinya akan kita install Website
Hosting yang sudah memiliki sistem CMS (Content Management System).
Dengan dibuatnya aplikasi berbasis web ini diharapkan dapat mengetahui dalam
pencatatan data jumlah barang masuk dan keluar, mempermudah mengetahui
kategori barang, pemasukan data, penghapusan data, pengubahan data, pencarian
data laporan, yang pada akhirnya data-data tersebut dapat dilihat dan terkontrol
dalam bentuk laporan yang dengan mudah karena sudah terhubung ke database.
Kata Kunci : Aplikasi Warehouse Management Sistem, PHP,MYSQL

Latar Belakang Masalah
Dalam perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi yang semakin pesat
ini, teknologi informasi sangatlah dibutuhkan untuk menunjang dalam
pengambilan keputusan.
Perkembangan teknologi informasi itu sendiri mempengaruhi pula
berkembangnya berbagai macam software untuk mengimbangi teknologi
hardware itu sendiri. Keadaan tersebut yang nantinya akan menciptakan suatu
teknologi yang dapat melakukan pemrosesan data secara cepat dan akurat.

Sistem pergudangan yang saat ini berjalan masih memiliki beberapa kekurangan seperti pelaporan data stock yang masih manual sehingga menyebabkan produktifitas karyawan tidak maksimal. Penulis melakukan penulisan dalam beberapa tahap yaitu : 1. Penulis berharap dengan adanya aplikasi ini dapat membantu dan memudahkan pengguna untuk menyajikan informasi barang yang akurat serta menyajikan laporan yang cepat sesuai dengan kebutuhan perusahaan. Metode Penelitian Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu studi pustaka. PT. serta beberapa sumber dari jurnal dan buku-buku referensi. Oleh karena itu.penulis berusaha untuk mendapatkan serta mengumpulkan data yang lengkap guna peyusunan penulisan ini. Identifikasi masalah Di dalam menyusun penulisan ini.informasi yang biasanya didapatkan dengan cara manual sudah tidak digunakan lagi secara maksimal dalam memenuhi kebutuhan perusahaan akan adanya informasi yang akurat dan cepat. wawancara dari pihak gudang . serta pengumpulan data melalui studi kepustakaan melalui media cetak maupun elektronik yang dapat dijadikan acuan pembahasan masalah.Dalam sebuah perusahaan industri yang menghasilkan output dalam jumlah yang besar sangatlah memerlukan adanya gudang untuk menyimpan barang tersebut. Analisis Data . Untuk pengumpualan data ini dilakukan menggunakan beberapa metode. 2. Dalam gudang inventori sangatlah dibutuhkan informasi berupa data stok barang yang akurat dan tidak memerlukan waktu yang lama untuk mengambil informasi tersebut. Tujuan dari penulisan ini yaitu memanfaatkan teknologi yang sedang berkembang untuk membuat aplikasi warehouse management system berbasis web menggunakan php & mysql.Frisian Flag Indonesia adalah perusahaan yang berdiri sejak tahun 1922 merupakan produsen produk-produk nutrisi berbasis susu untuk anakanak Indonesia dengan merek Frisian Flag. adapun metode yang peneliti gunakan dalam mengumpulkan data-data adalah dengan cara observasi .

3. Aplikasi ini dapat membantu dan memudahkan pengguna untuk menyajikan informasi barang yang akurat serta menyajikan laporan yang cepat sesuai dengan kebutuhan perusahaan. transaksi . PHP untuk bahasa pemrograman . 4. Implementasi Pada tahap ini penulis membuat sistem informasi dengan software pendukung. dan MYSQL untuk databasse-nya. penulis mencari dan merangkum kepustakaan yang dapat menunjang pengerjaan penulisan ini. Penelitian yang dilakukan dengan mempelajari buku-buku karya ilmiah.Pada tahap ini. Analisis sistem merupakan penguraian dari suatu sistem informasi yang utuh ke dalam bagian-bagian komponennya dengan maksud untuk mengidentifikasikn dan mengevaluasi permasalahan-permasalahan. Aplikasi ini adalah aplikasi yang digunakan untuk memberikan informasi tentang pergerakan stock barang yang ada diwarehouse. dan laporan transaksi Analisis Pada setiap pembuatan sebuah aplikasi diperlukan analisis sistem terlebih dahulu. literatur serta dokumentasi yang ada kaitannya dengan penelitian ini yang penulis pergunakan sebagai bahan acuan dalam pemecahan masalah. Selain itu penulis juga menggunakan Adobe photoshop untuk mengolah gambar. dan situs web. Pembahasan Dalam penulisan ini sistem aplikasi yang akan dibuat adalah aplikasi warehouse management system berbasis web. Aplikasi ini mempunyai beberapa menu utama yaitu user management . Software yang digunakan adalah XAMPP yang mencakup : Apache untuk web server . master data . Perancangan Aplikasi Pada tahap ini dilakukan perancangan aplikasi berbasis web dan membuat rancangan tampilan yang memudahkan dalam pembuatan interface dari apliakasi yang dibuat. kesempatan- . Selanjutnya menguji sistem informasi yang telah dibuat. Pembuatan aplikai ini menggunakan php untuk membuat halaman web dan mysql sebagai database dari program.

hambatan-hambatan yang terjadi dan kebutuhan-kebutuhan yang diharapkan sehingga dapat diusulkan perbaikan-perbaikannya.kesempatan. perancangan tampilan. atasan serta bagi perusahaan. Dengan menggunakan struktur navigasi yang tepat maka suatu aplikasi multimedia mempunyai suatu pedoman dan arah informasi yang jelas. Struktur Navigasi Struktur navigasi adalah urutan alur informasi dari suatu aplikasi multimedia. Struktur Navigasi User Administrator . Perancangan Aplikasi Dalam perancangan aplikasi ini penulis akan membuat dengan beberapa tahap seperti perancangan struktur navigasi. UML . langkah pertama yang dilakukan adalah menganalisa seberapa pentingnya kebutuhan aplikasi warehouse management system bagi karyawan . karena ada beberapa faktor seperti pencatatan stock barang yang dilakukan masih dengan cara manual ( menggunakan form ) dan membutuhkan waktu yang lama untuk mendapatkan laporan informasi stock aktual. Gambar 1. perancangan database serta bagaimana cara upload web kedalam hosting agar dapat digunakan secara online. Dalam pembuatan aplikasi ini jenis stuktur navigasi yang digunakan adalah struktur navigasi campuran.

Rancangan Use Case Diagram . Struktur Navigasi User Gudang Rancangan Use Case Diagram Secara garis besar Use case mendeskripsikan sebuah interaksi antara satu atau lebih aktor dengan sistem informasi yang akan dibuat.Gambar 2. Insert <<extend>> Edit <<extend>> User Management <<extend>> Delete Insert <<extend>> <<extend>> Edit Master Data <<extend>> Delete <<extend>> Barang Masuk Transaksi Admin <<extend>> Barang Keluar Gudang Laporan <<extend>> Laporan Transaksi Profil Info Change Password <<extend>> <<extend>> Logout Gambar 3.

.Rancangan Activity Diagram Secara garis besar Activity Diagram menggunakan workflow (aliran kerja) atau aktivitas dari sebuah sistem atau proses bisnis. Rancangan Activity Diagram Rancangan Halaman Menu Login Pada saat pertama aplikasi ini dijalankan maka aplikasi ini akan menampilkan menu login yang berfungsi untuk masuk kedalam menu utama dari aplikasi ini dengan mengisikan username dan password yang telah dibuat didalam database aplikasi ini. Login Masukan Username & Password Jika Gagal Jika Benar Menu Utama User Management Insert Update Transaksi Master Data Delete Insert Update Delete Barang Masuk Barang Keluar Laporan Laporan Transaksi Profil Info Change Password Keluar Gambar 4. Didalam tampilan login terdapat dua user yaitu user administrator dan user gudang.

Pembuatan Database Untuk membuat database baru masukan script berikut : . mulai dari pembuatan database hingga ke pembuatan table-tabel yang digunakan di dalam aplikasi.Gambar 5. Rancangan Halaman Menu Utama User Administrator Pembuatan Aplikasi Pada bagian ini dilakukan proses pembuatan database. Rancangan Halaman Menu Login Gambar 6.

nama_barang varchar(40). kode_barang int(40). Pembuatan Tabel Data Barang Untuk membuat tabel data barang masukan script berikut: CREATE TABLE data_barang (kode_barang int(20) primary key not null. jenis_barang varchar(11)). Tabel Data Persediaan Untuk membuat tabel data persediaan masukan script berikut: CREATE TABLE data_persediaan (kode_barang varchar(40) primary key not null. tgl date. jumlah int(10)). stok_awal varchar(10). stok_tersedia varchar(20)).CREATE DATABASE wms Pembuatan Tabel Barang Keluar Untuk membuat tabel barang keluar masukan script berikut: CREATE TABLE barang_keluar (id_keluar int(20) primary key not null. nama_karyawan varchar(50). keluar varchar(10). Pembuatan Tabel Barang Masuk Untuk membuat tabel barang masuk masukan script berikut: CREATE TABLE barang_masuk (id_masuk int(20) primary key not null. jumlah int(10)). masuk varchar(10). Pembuatan Tabel User Login Untuk membuat tabel user login masukan script berikut: CREATE TABLE user_login (ID int(11) primary key not null. password varchar(20). login_hash varchar(30)). username varchar(20). kode_barang int(40). . tgl date.

web menggunakan php & mysql. Aplikasi dapat membantu dan memudahkan pengguna untuk menyajikan informasi barang yang akurat serta menyajikan laporan yang cepat sesuai dengan kebutuhan perusahaan.php . Pada menu login terdapat dua jenis user yang dapat digunakan yaitu user administrator dan user gudang Implementasi Dan Uji Coba Aplikasi Pada tahapan ini penulis melakukan implementasi aplikasi warehouse management system berbasis web.Untuk membuat halaman login . aplikasi berbasis web menggunakan bahasa pemrograman PHP dan dikoneksikan dengan database MySQL. Pada halaman login terdapat username dan password dimana terdapat dua jenis user untuk menjalankan aplikasi ini yaitu user administrator dan user gudang.maka tahapan selanjutnya adalah pembuatan aplikasi. pertama-tama buat file index. Gambar 7.Pembuatan Halaman Web Setelah perancangan selesai dikerjakan. . menu Login Kesimpulan Berdasarkan program yang telah dibuat dan pengujian yang telah dilakukan . Implementasi dilakukan untuk menguji aplikasi yang telah dikembangkan Halaman Menu Login Halaman menu login adalah tampilan awal ketika aplikasi ini pertama kali dijalankan.

2005 [6] Peranginagin.wikipedia. Yogyakarta [7] Sidik. Yogyakarta. Jakarta . Jakarta.net. 2004. 2008 . Kasiman. Informatika . .org/wiki/Adobe_Dreamweaver. Graha Ilmu Yogyakarta. Jakarta.Informatika.MySQL untuk pengguna. Addison. Hasan Shadily .Penerbit Andi. Analisa Design dan Pemrograman Berorientasi Objek dengan UML dan Visual Basic. Penerbit Andi. Duta Nusantara..DAFTAR PUSTAKA [1] Hariyanto. Andi. Betha. Yogyakarta. Aplikasi dalam persediaan barang. Bambang. 2004. 2006.Pengenalan Sistem Informasi. Administrator. 2007. [5] Munawar . 2005. Edisi pertama. [9] URL: http://id. [8] Syukur. [2] Hermawan. Membuat Website Dinamis dengan PHP . Abdul. 2001.Sistem Manajemen Basis Data : Pemodelan. Julis.dan Terapanya.2004. Gramedia.Bandung. Aplikasi Web dengan PHP dan MySQL. Bandung.Edisi 1. Edisi ke tujuh. dan Pengembang Aplikasi Web. [3] Jusuf . Permodelan Visual dengan UML .Perancangan. 15 Mei 2014 [10] Wesley. Muhammad. [4] Kadir. Pengenalan Sistem Basisdata. Ir. Penerbit.